sepakbola makalah

download sepakbola makalah

of 39

  • date post

    24-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    39
  • download

    7

Embed Size (px)

description

makalah tentang sepakbola

Transcript of sepakbola makalah

KATA PENGANTAR

KATA PENGANTARDengan mengucap puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, maka penyusunan Makalah ini dapat terlaksana dengan baik sebagaimana yang diharapakan .

Adapaun maksud penyusanan Makalah ini adalah untuk melengkapi tugas-tugas Olahraga pada Sekolah Umum Tingkat Atas Negeri Tanjung Redeb Kabupaten Berau. Lebih jauh dari itu adala untuk menambah wawasan kita untuk hal yang erat hubungannya dengan kegiatan-kegiatan olahraga disekitar kita.

Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah perpartisipasi dalam pembuatan Makalah ini, baik dari pengumpulan data sampai pada tahap penyelesaian.

Akhirnya semoga Makalah ini dapat bermanfaat adanya, Amin.

Tanjung Redeb 2008

Penyusun

Helmy Suhendar

iiDAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL..i

KATA PENGANTAR...ii

DAFTAR ISI..iiPENDAHULUAN..ivPERMAINAN BOLA BESAR......1

1.1 Permainan Sepakbola

1.2 Permainan Bola Voli

1.3 Pemainan Bola Basket

1.4 Permainan Bola Tangan

PERMAINAN BOLA KECIL12

2.1 Permainan Softball

2.2 Permainan Baseball

PERMAINANPERORANGAN....................16

3.1 Permainan Bulu Tangkis

3.2 Permainan Tenis Meja

3.3 Permainan Tenis Lapangan

ATLETIK.22

4.1 Nomor Lari

4.1.1 Lari Jarak Pendek

4.1.2 Lari Jarak Menengah

4.1.3 Lari Jarak Jauh

4.1.4 Lari Estafet

4.1.5 Lari Gawang

iii4.2 Nomor Jalan Cepat4.3 Nomor Lempar

4.2.1 Tolak Peluru

4.2.2 Lempar Lembing (javelin throw)

4.2.3 Lempar Cakram (The Discus Throw)

4.4 Nomor Lompat

4.3.1 Lompat Jauh

4.3.2 Lompat Tinggi (High Jump)

4.3.3 Lompat Jangkit (Hop Step And Jump)

PENUTUP.29DAFTAR PUSTAKA30 iv

PERMAINAN BOLA BESAR

1.1 Permainan SepakbolaSejarah Sepakbola

Sepak bola dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Bukti ilmiah ini memperlihatkan, diCina sejak dinasti Han ada semacam sepakbola yang disebut tsu chu untuk melatih fisik para tentaranya. Di Jepang juga dikenal semacam tsu sejak 1500 tahun lalu. Di Yunani juga dikenal dengan nama epyskiros dan diromawi kondang engan nama harpastum yaitu permainan dengan bola kecil, umumnya beberapa permainan Yang berusaha menggiring bola ke piuhak lawan. Ada dugaan bahwa orang orang Romawi bahwa Permainan intu ke inggris.Kemudian inggris memulai perkembangan permainan dengan sempurna sehingga menjadi permainan sepak bola seperti sekarang. Tanggal 26 Oktober 1863 Berdirilah The Football Assoociation di Landon.Organisasi ini menyusun permainan sepak bola.Pada tanggal 21 mai 1904,berdiri pula Federasi sepak bola internasional (FIFA ) di Paris kemudian pada tahun1930 Julius Rimet Menyelenggarakan kejuaraan dunia pertama yang bertempat di Uruguai.

Tehnik Dasar Permainan Sepak Bola.Menendang Bola

Menendang bola adalah menyentuh,mendorong atau menyepak bola.Agar dapat menjadi pemain sepak bola yang berkualitas,seorang pemain perlu dan factor dan utama mengembangkan kemahiran dalam menendang bola.Tujuan dalam menendang bola .Tujuan dalam menendang bola dalam hal ini adalah untuk mengumpan, menembak ke gawang agar Ter jadi gol,dan untuk menghalau atau menyapu dalam rangka menggagalkan serangan atau permainan lawan.Ditinjau dalam perkenaan bagian kaki terhadap bola ,maka menendang dapat dibedakan menjadi 4 macam,yaitu menendang dengan:

1. Kaki bagian dalam

2. Kaki bagian luar

3. Punggung kaki

4. Punggung kaki bagian dalam

Mengontrol Bola

Mengontrol bola merupakan salah satu teknik dalam permainan sepakbola yang digunakan untuk menghentikan datangnya bola dengan cara menggunakan salah satu anggota badan (kaki,paha,badan) tujuan mengontrol bola adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk mengoper dan mengumpan bola.

Bagian anggota tubuh yang biasanya digunakan untuk mengoper bola biasanyaadalah kaki, paha, dan dada bagian kaki yang biasanya digunakan untuk mnghentikan bola adalah kaki bagian dalam, kaki bagian luar, punggung kaki, dan telapak kaki. 1Menggiring Bola

Begitu anda telah menguasai bola, mungkin anda ingin melakukan operan atau tembakan langsung tapi hala yang paling menarik dari bola adalah membiarkan bola tetap dalam kendali anda dan menggiringnya di lapangan. Bila anda memperhatikan penggiring bola yang baik, bola tersebut seolah olah menempel pada kakinya pada saat dia sedang lari. Tujuan inilah yang harus dicapai.

Menggiring bola adalah menendang (menyentuh,mendorong) bola perlahan sambil berjalan atau berlari. Adapupuntujuan dari mengiring bola adalah untuk :

1. Membawa bola kearah Gawang

2. Melewati lawan

3. Memperlambata atau mengatur irama permainan

Bagian kaki yang digunakan untuk menggiring bola adalah sama dengan bagian kaki untuk menendang bola 3. Peraturan Permainan Sepak Bola

a. Lapangan Sepak Bola1. Bentuk lapangan .Lapangan sepak bola berbentuk empat persegi panjang dengan panjang antara 91,8m-120m, lebarnya antara 46,9m-91,8 (untuk petandingan internasional panjang lapangan antara 100m-110m Danlebarnya antara 64,26m-73,44m).2. pembatasan lapangan. Lapangan permainan dibatasasi dengan garis yang jelas lebarnya tidak lebih 15cm. bendera sudut lapangan tidak lebih dari 1,5m. dan diletakkan pada keempat sudut lapangantitik tengah lapangan ditandai dengan titikyang jelas dan dikelilingi lingkaran tengah dengan jari-jari 9,15m.

3. garis kotak gawang. Didepan gawang terdapat garis gawang sepanjang 18,30m yang berjarak 5,5m didepan gawang.

4. daerah penalti. Pada setiap ujung lapangan digambar dua garis sejajar dengan panjang lapangna dan berjarak masing-masing 16,5m dari tiang gawang. Garis ini disatukan oleh sebuah garis lain yang panjangnya 40,3m sejajar dengan lebar lapangan sejauh 16,5m didepan gawang. Daerah yang diapit oleh garis ini disebut daerah tendangan hukuman. Didalam daerah hukuman terdapat sebuah titikyang jaraknya 11m dari titik tengah garis gawang.

5. daerah sudut pada setiap bendera sudut terdapat seperempat lingkaran yang berjari jari 1 meter.

6. Gawang. Gawnag diletakkan ditengah garis gawan, yang terdiri dari dua tiang tegak, yang tingginya 2,44m dan dihubungkan bdenan tiang horizontal (*yang panjangnya 7,32m). lebar tiang gawang tidak boleh lebih dari 15cm.

7. Bola. 1. Bola berbentuk bulat, bagian luar terbuat dari kulit atau bahan lain yang Tidak membahayakan

2. Keliling bola tidak lebih dari 71cm dantidak kurang dari 68cm.

3. berat bola tifak lebih dari 453 gram dan tidak kurang dari 396 gram

4. Tekanan udara 0,6-1,1 atmosfir

2 8. Jumlah Pemain. 1. Jumlah pemain 11 orang salah satu diantaranya sebagai penjaga

gawang. 2. Jumlah pemain cadangan dari setiap regu maksimal 7 orang

3. Nama pemain cadangan harus diserahkan ke panitia pertandingan

agar dapat ikut bertanding 9. Off Side. Pemain tidak diperkenankan memainkan bola pada saat bola sedang berada dalam posisi offside. Jika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibandingkan dengan bola pada saat bola tersebutsedang dioper kearah anda, kecuali terdapat dua orang pemain lawan atau lebih yang setidaknya berada sama dekatnya dari garis gawang mereka. Anda tidak dikatakan offside jika berada dalam daerah pertahanan daerah anda sendiri.

1.2 Permainan Bola Voli

Sejarah Bola Voli

Permainan bola voli dicip takan pad atahun 1895 oleh William G. Morgan , yaitu seorang Pembina pendidikan jasmani di YMCA (young Men Cristian Association) dikota Holyoke, Massachusetts,amerika Serikat. William G. Morgan memainkan permainan diudara dengan cara pukul memukul, melewati jarring yang dibentangkan dengan lapangan yang sama luasnya. Bola yang digunakan saat itu adalah dari bagian dalam bola basket dan jarring yang digunakan adalah jarring untuk main tennis .

Pada mulanya, permainan ini diberi nama minotte. Kemudian atas saran dari Dr. Halsted Springfield namanya diganti menjadi volley Ball yang artinya memvoli bola secara bergantian. Mula-mula permainan ini hanya dimainkan dikalangan YMCA tempat morgan bekerja, baru pada tahun 1922,YMCA berhasil 3

menyelenggarakan kejuaraan nasional bola voli yang pertama , dan berlangsung sampai tahin 1947. pada tahun 1948, dibenruklah organisasi bola voli didunioa dengan nama IVBF (Persatuanm Bola Voli Seluruh Indonesia) Di jakarta, Bersamaaan dengan kejuaraan nasional yang pertama.Teknik Permainan Bola Voli

a. Servis

servis adalah pukulan atau penyajian bola sebagai serangan pertama kali ke daerah lawan dan sebagai tanda permulaan permainan. Servis tidak hanya sebagai permulaan permainan ataupun sekedar menyajikan bola tetapi hendaknya diartikan sebagai serangan awal untuk mendapatkan angka agar regunya memperoleh kemenangan. Servis dilakukan oleh pemainbelakang kanan yang berada didaerah servis untuyk memukul bola yang diarahkan ke daerah lawan. Cara melakukan servis pada umumnya dapat dilakukan dengan 4 cara, yaitu:1. servis tangan bawah,2. servis mengambang,3. servis topspin,dan4. mengambang melingkar.1. Servis tangan bawah

servis tangan bawah adalah jenis yang paling mudah dilakukan dibandingkan dengan jenis servis yang lain . denagn demikian,servis tangan bawah merupakan servis yang pertama kaliu untuk dipelajari dan ditujukan bagi pemula. Kelemahan servis tanagn bawah asdalah mudah diterima dan ;linasannya melambung tinggi sehingga mudah diabtisipasi oleh lawan

2. Servis Mengambang

servis mengambang dipela