Prinsip Prinsip Geografi x4

download Prinsip Prinsip Geografi x4

of 17

  • date post

    13-Aug-2015
  • Category

    Documents

  • view

    85
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Prinsip Prinsip Geografi x4

GEOGRAFISMA NEGERI 2 SURABAYA

KELOMPOK 4 (04) (11) (18) (25) (32) (39)

Di dalam studi geografi, prinsip geografi merupakan dasar untuk mengkaji.Serta mengungkapkan fenomena, variabel, faktor faktor, dan masalah geografi

Prinsip geografi harus selalu di jadikan acuan untuk menganalisis fenomena dan fakta geografi yang sedang di pelajari

Prinsip prinsip Geografi :1. . Prinsip Distribusi ( Penyebaran ) Prinsip Distribusi atau Penyebaran menjadi prinsip utama

Di permukaan bumi terdapat berbagai fenomena dan fakta geografi, baik berkenaan dengan alam maupun mengenai manusia. Namun persebaran fenomena dan fakta tersebut tidak merata antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Guna melihat persebaran fenomena dan fakta geografi di permukaan bumi di perlukan peta. Melalui pengamatan dan penggambaran persebaran fenomena dan fakta geografi pada peta, selanjutnya di ungkapkan persoalan berbagai fenomena dan fakta geografi tersebut. Oleh karena itu, prinsip pesebaran dalam ruang merupakan kunci studi geografi selanjutnya.

Contohnya sebagai berikut : Gunung berapi di Indonesia tersebar di Sumatra, Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. Sebaran penduduk padat di Indonesia antara lain ada di Pulau Jawa, Bali, Lampung, Lombok, dan kota-kota besar di Indonesia. Sebarat pusat perdagangan di Indonesia antara lain ada di Jakarta, Surabaya, Medan, dan kota-kota besar di Indonesia.

Prinsip InterelasiInterelasi berarti saling berhubungan atau berkaitan. Apa yan g saling berhubungan? Hal yang berhubungan dapat berupa karakteristik, gejala, fakta, maupun peristiwa atau masalah.

Contoh prinsip interelasi : Wilayah sekitar gunung berapi merupakan lahan pertanian subur. Hal ini karena gunung berapi banyak mengeluarkan abu vulkanik yang sangat banyak mengandung nutrisi untuk tanaman. Umumnya penduduk di daerah pantai adalah nelayan

Prinsip DeskripsiDeskripsi artinya uraian atau penjelasan. Setiap fakta, gejala, karakteristiki, peristiwa maupun masalah dapat diuraikan atau dideskripsikan.

Contoh prinsip deskripsi : Pantai Kuta Pantai Kuta terletak di Pulau Bali. Walaupun di pantai air tanahnya tidaka sin, udaranya panas dan lembap. Ombak pantai Kuta cukup besar dan banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan asing maupun domestik untuk bermain selancar. Penduduk setempat banyak berjualan souvenir, makanan, minuman, serta banyak yang berprofesi sebagai guide.

Australia Australia adalah negara benua yang dengan ibukota di Canberra. Australia terbentang antara 150 LS dan 1130 BT hingga 1530 BT. Di sebelah utara beriklim tropis, sedangkan dibagian tengah beriklim subtropics, di bagian selatan beriklim sedang hingga dingin. Di bagian tengah banyak berupa pasir. Penduduk Australia hanya 19.485.000 jiwa pada tahun 2005. mayoritas penduduk Australi orang kulit putih turunan Inggris. Penduduk asli Australia adalah suku Aborigin yang populasinya kurang dari 300 ribu orang. Ekonomi Australia terutama ditopang oleh sumber daya alam yang berupa hasil tambang. Di samping itu negara kanguru tersebut merupakan ekspotir wol terbesar di dunia. Pada saat ini sektor pariwisata di Australia berkembang dengan pesat.

Prinsip Korologi Korologi adalah ilmu tentang wilayah-wilayah di permukaan bumi dengan perbedaan dan keterkaitan keruangannya. Prinsip korologi mempelajari gejala, fakta, dan masalah geografi ditinjau penyebarannya, interelasi, dan intereaksinya dalam ruang. Prinsip korologi merupakan prinsip geografi yang kompeherensif. Prinsip ini memadukan prinsip-prinsip persebaran, interlasi, dan deskripsi. Prinsip ini merupakan ciri dari geografi modern. Prinsip korologi pertama kali diperkenalkan oleh Alfred Hettner pada tahun 1905. korologi menurut Hettner sebagai ilmu tentang wilayah-wilayah di permukaan bumi dengan perbedaan dan relasi keruangannya.

Contoh prinsip korologi : Negara di kawasan Asia Tenggara yang menjadi penghasil padi cukup besar adalah Thailand dan Vietnam. Mengapa? Karena Thailand dan Vietnam adalah negara tropis yang curah hujannya mencukupi. Air permukaan cukup melimpah. Jumlah air cukup untuk mendukung irigasi lahan sawah yang subur. Sebagian besar wilayahnya berupa dataran rendah. Sangat cocok untuk pertanian padi sawah. Oleh karenanya negara-negara itu disebut sebagai negara lumbung padi.

Inti dari alinea tersebut mengkaitkan antara kesuburan lahan pertanian, ketersediaan air, irigasi, keluasan lahan pertanian, serta persyaratan yang sesuai untuk pertanian padi sawah.