Prinsip Kerja Alat Penetromter Koehler K96500

8
Prinsip Kerja Alat K95500 Digital Penetrometer & Data Acquisition Software Oleh : Enang Kholis ([email protected] ) Sebuah penetrometer berbasis mikroprosesor baru sarat dengan fitur- fitur canggih untuk memberikan kemudahan operasi dan pengukuran konsistensi dari produk minyak bumi. Kontrol mikroprosesor menyediakan berbagai macam pilihan pengukuran dan pelaporan, dan operasi yang disederhanakan oleh empat preset diprogram pengguna yang memfasilitasi menurunkan ujung penetrator ke permukaan sampel. Prinsip operasi dari penetrometer yang sangat mudah. Penetrasi pengukuran adalah kedalaman dalam sepersepuluh milimeter dimana mana suatu penetran standar seperti kerucut atau jarum tengelam menjadi zat semi-padat di bawah kondisi yang ditentukan dari ukuran sampel, penetrant berat badan, geometri, dan waktu. Jika sampel sampel berbentuk cairan lembut maka penetran akan lebih yang tenggelam ke dalam sampel dan dengan demikian jumlah penetrasinya lebih akan tinggi akan.

Transcript of Prinsip Kerja Alat Penetromter Koehler K96500

Page 1: Prinsip Kerja Alat Penetromter Koehler K96500

Prinsip Kerja AlatK95500 Digital Penetrometer & Data Acquisition Software

Oleh : Enang Kholis ([email protected])

Sebuah penetrometer berbasis mikroprosesor baru sarat dengan fitur-fitur canggih untuk memberikan kemudahan operasi dan pengukuran konsistensi dari produk minyak bumi. Kontrol mikroprosesor menyediakan berbagai macam pilihan pengukuran dan pelaporan, dan operasi yang disederhanakan oleh empat preset diprogram pengguna yang memfasilitasi menurunkan ujung penetrator ke permukaan sampel.

Prinsip operasi dari penetrometer yang sangat mudah.

Penetrasi pengukuran adalah kedalaman dalam sepersepuluh milimeter dimana mana suatu penetran standar seperti kerucut atau jarum tengelam menjadi zat semi-padat di bawah kondisi yang ditentukan dari ukuran sampel, penetrant berat badan, geometri, dan waktu. Jika sampel sampel berbentuk cairan lembut maka penetran akan lebih yang tenggelam ke dalam sampel dan dengan demikian jumlah penetrasinya lebih akan tinggi akan.

penetrometer digital berbasis mikroprosesor dari Perusahaan Instrumen Koehler adalah alat otomatis dan membuat tes ini menjadi lebih mudah dilakukan.

Page 2: Prinsip Kerja Alat Penetromter Koehler K96500

Operator dapat memilih interval waktu yang mereka inginkan untuk drop penetran, di mana waktu standar 5 detik. Jarum penetrasi atau kerucut ditempatkan pada permukaan sampel baik menggunakannilai preset atau -nilai yang ditetapkan, dan tes dapat dimulai dengan menekan sebuahtombol.

Sampel juga dapat disimpan pada suhu tetap menggunakan penetrometer bath K95600 ( accessories ),

penetrometer bath K95600

yang juga tersedia dari Koehler. Bath ini membantu dalam melakukan tes di berbagaisuhu. Sebuah pendingin atau periode stabilisasi suhu juga dapat diprogram dalampenetrometer oleh operator untuk menunda pelepasan penetran ke sampel.

Setelah pentrant dilepaskan, jatuh ke sampel di bawah pengaruh gravitasi.Penetrometer juga digunakan unutk aplikasi dalam berbagai industri yang berbeda untuk mengukurkonsistensi berbagai produk yang berbeda.

Setiap standar pengujian internasional telah dikembangkan dengan penetrants tertentu, di mana masing-masing memiliki penetran bentuk yang berbeda dan berat berdasarkan produk yang diuji.

Tabel 1 dibawah menunjukan daftar penetrants yang berbeda, standar tes, dan produk yang diuji menggunakan penetrometer tersebut.

Misalnya, aspal keras atau pasta kosmetik mungkin membutuhkan jarum tajam dengan berat tambahan untuk memadai menembus sampel dan memberikan hasil berarti .

Penting untuk diingat bahwa pengukuran penetrasi adalah jarak yang ditempuh oleh penetran dalam sampel di bawah pengaruh gravitasi untuk periode waktu tetap . Jika hasilnya terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka saat penetrasi dan

Page 3: Prinsip Kerja Alat Penetromter Koehler K96500

beratdari penetran tersebut (1-250 g) dapat dimodifikasi.

Hasil tipikal adalah 50-600 penetrasi unit, setara dengan 5 sampai 60 mm.Penetrometer ini juga berguna untuk pengendalian kualitas. Misalnya, untuk kontrol kualitas adonan biskuit, tes dilakukan dengan penetran dipilih

dari Tabel 1 dan hasilnya dicatat. Setiap batch berikutnya kemudian dapat diperiksa konsistensinya dengan menggunakan instrumen.

Tes ini dapat dijalankan di laboratorium atau bahkan di pabrik pabrik akan memberikan pemeriksaan kontrol kualitas yang cepat .

Alat ini dapat diprogram dengan range pengukuran yang lebih tinggi dan lebih rendah, dan kemudian pengguna dapat di ingatkan oleh melalui alarm terdengar jika hasilnya berada di luar batas yang dapat diterima.

Tujuan mengukur konsistensi

penetrometer telah digunakan dalam industri minyak selama beberapa tahun,Contohnya adalah pengukuran grease . Grease adalah contoh yang baik untuk dipertimbangkan dalam menjelaskan alasan untuk mengukur konsistensi. Grease tersedia dalam konsistensi mulai dari bahan hampir cairan untuk semi-cairan untuk membentuk blocktype gemuk. Konsistensi produk harus sesuai untuk aplikasi. Sebuah grease yangterlalu keras tidak mungkin memberi hasil yang memadai untuk daerah-daerah yang perlu dilumasi. Di sisi lain, jika grease terlalu lembut, mungkin bocor jauh dari area yang akan dilumasi. Pemompaan darigrease juga merupakan fungsi dari konsistensi, dengan gemuk lembut yang dipompa penggunaan jadi lebih mudah. Dengan demikian, penting untuk menentukan konsistensi produk dalam rangka untuk itu harus digunakan benar dalam setiap aplikasi yang diberikan. Seperti ditunjukkan di atas, contoh untuk grease bisa melampaui ke industri lain juga, seperti dengan industri makanan dan pengolahan adonan biskuit. Penggunaan penetrasi untuk mengukur properti ini praktis dan mudah, dan dapat dilakukan di luar ruangan (dengan daya baterai) atau laboratorium.

KesimpulanMakalah ini menjelaskan fleksibilitas penetrometer dan menguji beragam produk yang dapat digunakan untuk mengukur konsistensi. Instrumen otomatis adalah penting untuk mengukur ketebalan atau konsistensi produk seperti gemuk pelumas,adonan, coklat, pasta kosmetik, daging buah, silikon, cat, dan banyak produk lainnya

Page 4: Prinsip Kerja Alat Penetromter Koehler K96500
Page 5: Prinsip Kerja Alat Penetromter Koehler K96500
Page 6: Prinsip Kerja Alat Penetromter Koehler K96500
Page 7: Prinsip Kerja Alat Penetromter Koehler K96500