pkn klas 4

download pkn klas 4

of 19

  • date post

    29-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    125
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of pkn klas 4

RANGKUMAN PPKN KELAS IV

RANGKUMAN PPKN KELAS IVSEMESTER ISD/MI P P K N2012

I . LEMBAGA PEMERINTAHAN DESAA. DESA

1. Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas- batas wilayah untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan adat istiadat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Republik Indonesia

2. Dalam pemerintahan indonesia desa / kelurahan adalah lembaga pemerintahan yang paling bawah3. Pemerintahan desa terdiri atas pemerintah desa ( kepala desa dan perangkat desa ) dan badan permusyawaratan desa ( BPD ) Nama lain dari kepala desa dari berbagai daerah seperti :1. Madura :Patinggi2. Badui:puun / jaro3. Minagkabau:nagari

4 . Kepala desa adalah orang yang memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa dengan masa jabatan 6 tahun. Seorang kepala desa dipilih langsung oleh penduduk desa melalui voting.Kepala desa dibayar dengan tanah kas desa yang biasa disebut bengkok. Ia boleh mengerjakan tanah itu selama menjabat.

5. Tugas kepala desa yaitu sebagai penanggung jawab jalannya penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan masyarakat dan pembinaan organisasi kemasyarakatan yang ada didesa

6. Wewenang kepala desa yaitu menetapkan peraturan desa yang telah mendapat persetujuan bersama BPD

7. Perangkat desa merupakan orang-orang yang ditunjuk untuk membantu tugas keseharian kepala desa. Perangkat desa terdiri atas sekretaris desa, kepala urusan pemerintahan, kepala urusan pembangunan, kepala urusan kesejahteraan sosial desa, kepala urusan umum dan kepala dusun.

8. Sekretaris desa mempunyai tugas menyelenggarakan pelaksanaan administrasi pemerintahan ( surat-menyurat dan kearsipan serta pelayanan ketatausahaan ). Sekretaris desa diangkat oleh sekretaris daerah kabupaten/kota atas nama bupati / walikota.

9. Kepala urusan ( KAUR ) disebut juga pamong desa

10. Tugas kepala urusan (KAUR) pemerintahan yaitu bertanggung jawab atas pelaksanaan pembinaan wilayah dan masyarakat.

11. Kepala urusan (KAUR) pembangunan mempunyai tugas merencanakan dan mengawasi pelaksanaan pembangunan desa.

12. Kepala urusan (KAUR) keuangan mempunyai tugas khusus yakni menyusun rencana dan laporan keuangan desa. Ia merangkap pula menjadi bendahara desa yang mencatat keluar masuknya kas desa

13. Kepala urusan (KAUR) kesejahteraan sosial desa bertugas meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan melakukan pembinaan dibidang agama, kesehatan, pendidikan, olahraga, dan kesenian.

14. Kepala urusan (KAUR) umum bertanggung jawab atas pelaksanaan ketatausahaan, dokumentasi dan arsip serta memelihara dan menyiapkan perlengkapan rumah tangga.

15. Kepala dusun bertugas membantu pelaksanaan kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa diwilayah kerjanya.

16. Syarat-syarat menjadi pemilih dalam pemilihan kepala desa yaitu berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah dan tercatat sebagai warga desa tersebut dan berdomisili di desa tersebut sekurang-kurangnya 6 bulan.

17. PKK adalah organisasi para ibu di desa yang bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada ibu-ibu masyarakat desa18. Team penggerak pkk di desa/kelurahan yaitu istri dari kepala desa / lurah19. Karang taruna adalah organisasi pemuda ditingkat desa/kelurahan 20. Istilah kebayanan / bayan adalah istilah yang terdapat didesa yang berarti....21. KUA ( Kantor urusan agama ) adalah tempat untuk mengurus pernikahan maupun perceraian.

B. Pelayanan pemerintah desaPemerintah desa / kelurahan memberikan pelayanan adiminstrasi kependudukan seperti kartu keluarga ( yg dikeluarkan camat ), KTP, Surat kelahiran, kematian, dan surat pindah tempat tinggal serta pelayanan dibidan kesehatan seperti posyandu, raskin ( beras untuk rakyat miskin ), GNOTA ( Gerakan nasional orang tua asuh ) dan perpustakaan desa.

C. BADAN PERMUSYAWARATAN DESA ( BPD )

Fungsi / tugas badan permusyawaratan desa adalah menetapkan peraturan desa bersama kepala desa, membuat anggaran pendapatan dan belanja desa,mengawasi kinerja kepala desa dan menampung serta menyalurkan aspirasi masyarakat.Anggota BPD berasal dari wakil penduduk desa yang ditetapkan berdasarkan musyawarah dan mufakat dengan masa jabatan 6 tahun. Jumlah anggota BPD harus ganjil paling sedikit 5 orang dan paling banyak 11 orang.

D. Sumber pendapatan desa Pendapatan desa digunakan untuk pembangunan dan pengelolaaan desa demi kesejahteraan masyarakat. Sumber pendapatan desa berasal dari :1. Pendapatan asli desa yang berasal dari kekayaan desa atau hasil usaha desa2. Pajak daerah dan retribusi daerah kabupaten / kota3. Dana perimbangan keuangan pemerintah pusat4. Bantuan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota5. Hibah dan sumbangan pihak ketiga

D. Struktur pemerintahan Desa

Kepala desa

sekdessekdes

Kepala urusan keuanganKepala urusan kesejahteraan sosial (kesra)Kepala urusan (kaur) pembangunanKepala urusan ( kaur ) pemerintah

Kepala dusunKepala dusunKepala dusunKepala dusun

II . LEMBAGA PEMERINTAHAN KELURAHAN

A. KELURAHAN

1. Pemerintah kelurahan diselenggarakan oleh perangkat pemerintahan yakni para pegawai negeri sipil (PNS) yang ditunjuk pemerintah. Para perangkat pemerintahan kelurahan terdiri atas seoarang buruh, sekretaris kelurahan, dan dewan kelurahan.

2. Lurah adalah kepala pemerintahan sebuah kelurahan yang diangkat oleh bupati / walikota atas usul camat. Dengan masa jabatan selama 5 tahun, Seorang lurah bertanggung jawab kepada bupati / walikota melalui camat

3. Tugas lurah yaitu melaksanakan dan menyelenggarakan kegiatan pemerintahan di tingkat kelurahan dan berkewajiban melayani masyarakat serta bertanggung jawab atas ketenteraman dan ketertiban umum.

4. Sekretaris kelurahan bertugas melaksanakan adminstrasi pemerintahan seperti surat-menyurat dan kearsipan serta membantu lurah dalam pelayanan ketatausahaan.

5. Dewan kelurahan (dekel) bertugas membantu lurah untuk membina masyarakat misalnya untuk membina kesejahteraan keluarga dibentuklah PKK, untuk membina pemuda dibentuklah karang taruna.

6. Tabel perbedaan antara desa dan kelurahan

noPemerintah desaPemerintahan kelurahan

1Pemimpin didesa adalah kepala desaPemimpin dikelurahan adalah lurah

2Kepala desa menerima gaji berupa tanah kas desa yang disebut bengkokLurah menerima gaji dari pemerintah

3Kepala desa dibantu oleh sekretaris desa dan perangkat desaLurah dibantu oleh sekretaris kelurahan dan perangkat kelurahan

4Kepala desa dipillih langsung oleh penduduk desaLurah diangkat oleh bupati / walikota

5Kepala desa bukan seorang pegawai negeri sipilLurah adalah seorang pegawai negeri sipil (PNS)

6Memiliki badan permusyawaratan daerah (BPD)Memiliki Dewan kelurahan ( DEKEL)

7. Struktur pemerintahan kelurahan

lurah

Sekretaris kelurahanDewan kelurahan / perangkat kelurahan

RwRwRw

III. LEMBAGA PEMERINTAHAN KECAMATAN1. Kecamatan adalah suatu daerah yang menjadi bagian dari kabupaten / kota sebuah kecamatan membawahi beberapa desa / kelurahan.

2. Perangkat pemerintahan kecamatanPenyelengaraan pemerintah kecamatan dilakukan oleh perangkat pemerintah kecamatan seperti camat, sekretaris camat, seksi pembangunan, seksi pemerintahan, dan seksi kemasyarakatan.

3. Camat adalah pemimpin sebuah pemerintahan ditingkat kecamatan

4. Camat diangkat oleh bupati / walikota atas usul sekretaris daerah kabupaten / kota seorang camat merupakan pegawai negeri sipil yang menguasai teknis dan memenuhi persyaratan sesuai peraturan.

5. Tugas camat adalah menyelenggarakan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan dan bertanggung jawab

1. Melaksanakan penerapan dan penegakan peraturan perundan-undangan2. Melakukan pembinaan pemerintahan desa dan kelurahan3. Mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat4. Membina ketentraman dan ketertiban wilayah.6. sekretaris kecamatan ( sekcam ) bertugas untuk membantu camat untuk menyusun program, pedoman, petunjuk teknis pelaksanaan pemerintahan tingkat kecamatan, mengelola adminstrasi kepegawaian dan keuangan serta menata berkas / arsip.7. seksi pemerintahan bertanggung jawab terhadap camat dan memiliki tugas melakukan pembinaan ketertiban, ketentraman, dan perlindungan masyarakat serta melakukan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa / kelurahan.8. seksi pembangunan bertanggung jawab kepada camat dan memiliki tugas menyusun progaram pembangunan di tingkat kecamatan dan membina lembaga kemasyarakatan yang bergerak dibidang pembangunan.9. seksi kemasyarakatan bertanggung jawab kepada camat dan memiliki tugas mengumpulkan dan menganalisis data untuk pembinaan kesejahteraan sosial10.seksi dinas pendidikan berfungsi untuk melayani dan mengurus masyarakat dalam bidang pendidikan11.seksi dinas pekerjaan umum bertugas bidan pembangunan dan pemeliharanan jalan raya maupun jembatan12. seksi kependudukan bertugas melayani masyarakat dalam bidang kependudukan seperti pencatatan kelahiran maupun kematian dan mengurus pembuatan KTP

13. beberapa instansi yang berada di tingkat kecamatan:1.kepolisian sektor ( polsek ) dipimpin oleh Kapolsek ( kepala kepolisian sektor ) yang memiliki tugas memelihara keamanan di seluruh wilayah kecamatan2.komando Rayon Militer ( koramil ) dipimpin oleh danramil ( komandan rayon militer ), tugas koramil yaitu menyelenggarakan pembinaan teritorial yang meliputi pembinaan geografis, demografis, dan kondisi sosial. Contohnya membina hansip.3.Kantor urusan agama (kua) dipimpin oleh kepala kantor urusan agama, tugas kua yaitu mengurus masalah pernikahan dan perceraian4.kantor cabang dinas pendidikan dan kebudayaan dipimpin oleh kepala cabang dinas pendidikan dan kebudayaan. Tugasnya mengurus dan menyelenggarakan pendidikan disekolah dan berta