PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

42
PKK (PELATIHAN KETRAMPILAN KOMPUTER) IKMI (IKATAN KELUARGA MUSLIM INDONESIA) 1st Meeting Seoul, 30 th of December 2012

description

Seminar Kewirausahaan Berbalut Teknologi Informasi adalah Seminar yang diadakan oleh PKK IKMI Guro bekerja sama dengan PERPIKA.

Transcript of PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

Page 1: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

PKK (PELATIHAN KETRAMPILAN KOMPUTER)IKMI (IKATAN KELUARGA MUSLIM INDONESIA)

1st Meeting

Seoul, 30th of December 2012

Page 2: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 2

Today’s Objectives

• Pengenalan Komputer;• Konsep Kewirausahaan;• Ekstraksi Ide Bisnis;• Aplikasi Microsoft Word.

Page 3: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 3

Pengenalan Komputer

Komputer berasal dari Bahasa Latin, computare, yang artinya menghitung.Komputer merupakan serangkaian perangkat elektronik yang dapat menerima data, kemudian mengolah, menyimpan, serta memberikan hasil pengolahan yang dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi manusia.Jenis-jenis komputer: • PC (Personal Computer)• Laptop• PDA (Personal Digital Assistant)• dll Personal ComputerLaptop

PDA

Page 4: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 4

Pengenalan Komputer

Komputer dapat melaksanakan fungsinya dengan baik apabila terdapat tiga unsur di bawah ini:1. Hardware (perangkat keras);2. Software (perangkat lunak);3. Brainware (operator).

Hardware

Brainware

Software

Page 5: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 5

Hardware

Hardware atau perangkat keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik.Menurut jenisnya hardware terbagi menjadi tiga:• Perangkat Input/Masukan: Hardware yang digunakan untuk memasukkan

input instruksi dari pengguna komputer.Contoh: Keyboard, Mouse, Joystick.

• Perangkat Pemrosesan: Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna komputer.Contoh: Prosesor, RAM.

• Perangkat Output/Keluaran: Hardware yang digunakan untuk meng-hasilkan suatu proses dari pengguna komputer.Contoh: Monitor, Speaker, Printer, Scanner.

Page 6: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

Pengenalan Komputer 6

Hardware

• Chasing KomputerChasing atau box komputer merupakan kotak tempat melekatnya komponen-komponen komputer.Bagian depan chasing biasanya adalah tempat untuk tombol power, tombol reset, tempat pembaca DVD, dan disket.Pada bagian belakang digunakan untuk menempatkan berbagai jenis port yang menghubungkan komputer dengan berbagai macam periferal.Chasing komputer bukanlah CPU!

Page 7: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

Pengenalan Komputer 7

Hardware

• Chasing Komputer

CD/DVD Room

Diskette Room

Tombol Power/Reset

Port USB

Port Audio (Mic.)

Port Audio (Speaker)

Chasing Komputer (Bagian Depan)

Page 8: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

Pengenalan Komputer 8

Hardware

• Chasing Komputer

Chasing Komputer (Bagian Belakang)

Port Power Supply

KipasPS2

(Keyboard)PS2 (Mouse)

Port Parallel

Port Audio(Mic.)

Port Audio (Line In)

Port Serial

Port VGA (Monitor)

LAN Port/Port Network (RJ-45)

Port Audio (Speaker)

Port USB

Port Modem Line (Telephone)

Page 9: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

Pengenalan Komputer 9

Hardware

• MotherboardMotherboard adalah suatu sirkuit board utama yang berguna untuk menempatkan komponen-komponen komputer, seperti processor, RAM, dan lain sebagainya.

Page 10: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

10

Hardware

• Processor atau CPU (Central Processing Unit)Processor merupakan pusat seluruh kerja komputer (otaknya komputer).Satuan kecepatan processor dalam MHz (Megahertz) atau GHz (Gigahertz) yang merupakan ukuran kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Semakin tinggi nilai MHz atau GHz semakin cepat kinerja komputer dalam mengolah data.

Jenis processor berdasarkan pabrikan:1. Intel : Atom, Celeron, Pentium, Dual-Core,

Core 2 Duo, Core i3, Core i5, Core i7.2. AMD : AMD K5, K6, Duron, Athlon, Sempron,

Opteron, Cadiz, Turion.3. Apple : A4, A5, A6.4. NVIDIA : GeForce, TEGRA

Pengenalan Komputer

Page 11: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

11

Hardware

• RAM (Random Access Memory)RAM atau Memory merupakan perangkat untuk tempat menyimpan data yang diakses oleh Processor.

Jenis RAM antara lain:1. SDRAM (Single Data Rate).2. DDR (Double Data Rate): DDR1; DDR2; DDR3.

DDR2 secara teori mempunyai data rate dua kali dengan spesifikasi yang sama dibanding DDR1. Begitu halnya dengan DDR3.

Masing-masing jenis RAM tidak saling kompatibel dan didesign dengan slot yang berbeda.Kapasitas RAM ditentukan oleh satuan Mb (Megabyte), bahkan sekarang sudah Gb (Gigabyte). Semakin besar kapasitas RAM semakin cepat kerja komputer. Kapasitas memory RAM biasanya 128 Mb, 256 Mb, 512 Mb, 1 Gb, 2Gb, bahkan sekarang ada yang 4Gb.

Pengenalan Komputer

Page 12: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

12

Hardware

• HarddiskHarddisk atau Hardrive merupakan tempat peyimpanan (storage) utama data-data yang tidak bersifat volatile, artinya meskipun tidak terdapat power (komputer mati) data tidak akan hilang dari hardisk tersebut.Harddisk yang paling banyak dipakai pada komputer ialah harddisk dengan ukuran 3.5 inchi dan 2.5 inchi untuk laptop).Kapasitas harddisk beragam dimulai dari 20Gb sampai 1000Gb atau 1Tb. Terdapat dua jenis interface koneksi dari harddisk yang sekarang paling banyak digunakan, Parallel-ATA (PATA/IDE) dan Serial-ATA (SATA).

Pengenalan Komputer

Page 13: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

13

Hardware

• Optical DriveOptical Drive ialah komponen input komputer yang berbasis piringan CD ataupun DVD.Terdapat beberapa jenis optical drive, tetapi yang sering dijumpai ada lima jenis, yaitu CD-ROM, CD-RW, DVD-ROM, DVD-Combo (DVD-ROM/CD-RW) dan DVD-RW.

Pengenalan Komputer

Page 14: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

14

Hardware

• KeyboardFungsi keyboard adalah mengirimkan perintah dari tiap huruf maupun angka yang kita ketikkan kemudian menyampaikannya ke CPU dan selanjutnya akan diubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga dapat dimengerti oleh CPU.

• MouseFungsi dari mouse adalah melakukan kegiatan yang disebut dengan klik kiri (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser (untuk memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah).

• JoystickJoystick dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

Pengenalan Komputer

Page 15: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

15

Hardware

• ScannerScanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Namun scanner hasilnya dapat ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.

• MonitorMonitor adalah alat output yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses komputasi. Instruksi-instruksi yang kita masukkan ke komputer, akan ditampilkan pada layar monitor.

• PrinterFungsi printer adalah untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis.

Pengenalan Komputer

Page 16: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

Pengenalan Komputer 16

Hardware

Pengecekan Hardware Komputer• Start -> My Computer -> Klik kanan -> Properties

Page 17: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

Pengenalan Komputer 17

Hardware

Pengecekan Hardware Komputer• Start -> Ketik run pada Search Programs and Files

-> Klik Run -> Ketik dxdiag

Page 18: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 18

Software

• OS (Operating System)OS merupakan suatu program yang berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan mesin (atau yang biasa disebut User Interface). Bisa dibayangkan jika kita menggunakan komputer tanpa suatu OS maka kita harus menggunakan bahasa mesin untuk berinteraksi dengan komputer.

Menurut jenisnya, OS dibagi menjadi tiga, yaitu:1. Windows;2. Macintosh;3. Linux.

Page 19: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

Pengenalan Komputer 19

Software

• OS (Operating System)1. Windows, mudah terserang virus (tingkat sekuritas yang rendah), tidak gratis,

bersifat close source yang berarti user tidak dapat melakukan perubahan pada system yang tersedia (telah dibuat peraturan bahwa siapa saja tidak boleh melakukan perubahan secara mendasar terhadap suatu program yang bersifat close source).

2. Macintosh, cenderung hanya dapat digunakan hanya pada mesin-mesin keluaran Apple saja (tidak terlalu kompitibel untuk semua mesin), harga yang mahal (dibandingkan denga keluaran windows Mac harga OS Mac cenderung lebih mahal), tidak kompitibel dengan beberapa program (dikarenakan banyak pembuat program yang mendesign programnya kedalam versi windows saja).

3. Linux, cara penginstallan program yang rumit (tidak dilengkapi dengan wizard pembantu intalasi), tidak semua program kompitibel dengan Linux, kurang bersifat user-friendly dikarenakan terkadang tampilannya kurang dimengerti oleh user (terutama user yang baru menggunakan OS ini), cenderung tidak stabil dikarenakan proses penyusunan bagian dari OS ini dilakukan secara terpisah-pisah.

Page 20: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 20

Windows Explorer

Pengenalan Direktori; Pengenalan Subdirektori Pengenalan File; Pengenalan Perintah dalam Windows Explorer:• Copy-Cut-Paste;• Send-to;• Rename;• Delete;• Create Shortcut.

Page 21: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 21

Bekerja atau Berwirausaha

Apakah Anda ingin kaya?

Ada 3 (tiga) cara menjadi kaya (Nugraha, 2008):1. Mewarisi kekayaan;2. Menikahi orang kaya;3. Menghasilkan uang.

Untuk nomor (1) dan (2) barangkali tergantung pada nasib. Namun untuk nomor (3) merupakan peluang yang dapat diperjuangkan bagi setiap orang. Kaya tidak harus secara materi, tetapi juga pribadi yang kaya yang dapat mengembangkan kekuatan diri sendiri tanpa batas untuk mencapai sesuatu.

Page 22: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 22

Bekerja atau Berwirausaha

Bagaimana Menghasilkan Uang?

MENJADI WIRAUSAHA MENJADI PEKERJA

Kelemahan Menjadi Wirausaha

Risiko ditanggung sendiri Risiko ditanggung perusahaan

Butuh modal/sumber daya yang kadang harus disiapkan sendiri

Modal/sumber daya sudah disiapkan oleh perusahaan

Dibutuhkan kemampuan membaca dan keberanian mengambil peluang untuk pengembangan usaha

Kemampuan semacam itu tidak mutlak dimiliki

Jika kurang/salah perhitungan dalam pengendalian keuangan akan berisiko pada kegagalan usaha

Pengendalian keuangan ada pada perusahaan

Page 23: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 23

Bekerja atau Berwirausaha

Bagaimana Menghasilkan Uang?

MENJADI WIRAUSAHA MENJADI PEKERJA

Keuntungan Menjadi Wirausaha

Tidak bergantung orang lain Bergantung orang lain

Dapat mengambil keputusan sendiri Tidak dapat mengambil keputusan sendiri

Kreativitas dan ide untuk maju terus berkembangan

Kreativitas dan ide kadang bergantung pada lingkungan kerja

Besarnya pendapatan diatur sendiri Besarnya pendapatan diatur perusahaan

Bebas dalam mengatur irama pekerjaan Bekerja dalam keteraturan (tidak bebas)

Fleksibel dalam waktu dan tempat Kaku baik dalam waktu dan tempat

Aturan menjadi mudah dan sederhana Aturan ketat, panjang, dan kadang rumit.

Page 24: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 24

Bekerja atau Berwirausaha

• 65% Suku Batak memiliki intensi menjadi wirausaha (Christian, 2003);• 35% Suku Bali memiliki intensi menjadi wirausaha (Joli, 2004);• 47% Etnis Tionghoa memiliki intensi menjadi wirausaha (Christine, 2004);• 52% Suku Jawa memiliki intensi menjadi wirausaha (Gerald, 2005).

Pertanyaannya adalah intensi yang cukup tinggi untuk menjadi wirausaha ternyata tidak dibarengi dengan perilaku wirausaha dalam bentuk mendirikan, mengelola, dan mengembangkan usaha. Artinya, ada faktor yang menyebabkan mengapa mereka hanya sekadar “menginginkan” tetapi tidak berani “memulai” atau “mewujudkan”.

Page 25: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 25

Bekerja atau Berwirausaha

Persentase Wirausahawan di Indonesia = 1.56%

Menteri Koperasi & UKM, Syarif Hasan, 2012

2.1% 4.0% 4.1% 7.2%

10.0%11.5%10.0%

Page 26: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 26

Analisis Diri

Satu hal yang seringkali diabaikan dalam pelatihan kewirausahaan adalah pentingnya menguji minat dan bakat seseorang.Meskipun pengembangan kewirausahaan menjadi suatu keharusan, akan tetapi tidak berarti bahwa semangat ini dapat diterapkan kepada setiap orang, karena pada dasarnya setiap manusia memiliki karakteristik atau tipologi kepribadian yang berbeda-beda.

Adapun cara untuk mengetahui kemampuan kewirausahaan adalah melalui tes minat dan bakat. Telah banyak metode dan alat tes yang dapat dipergunakan untuk mengetahui kemampuan kewirausahaan seseorang, namun kali ini kita akan menggunakan Tes Bakat Kewirausahaan (Enterprising Aptitude Test) yang telah dikembangkan oleh Ditjen PAUDNI (Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal & Informal) melalui Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Page 27: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 27

Analisis Diri

Klik http://www.infokursus.net/wirausaha/

Klik “Login & Daftar”

Page 28: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 28

Analisis Diri

Klik http://www.infokursus.net/wirausaha/

Isi Informasi Personal;Kemudian Klik Process

Login sesuai dengan Username & Password

Apabila berhasil akan muncul“Entry Data Sukses”

Page 29: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 29

Analisis Diri

Klik http://www.infokursus.net/wirausaha/

Jawab pertanyaan yang ada dengan memilih opsi yang disediakan:• Sangat Tidak Setuju;• Tidak Setuju;• Setuju;• Sangat Setuju

Setelah selesai memilihklik “Process”

Klik “Cetak Hasil”

Page 30: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 30

Analisis Diri

Klik http://www.infokursus.net/wirausaha/

Hasil Tes

Page 31: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 31

Membangun Jiwa Kewirausahaan

Wirausaha merupakan pengambil risiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan inovatif sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri dalam menghadapi tantangan/persaingan (Yusuf, 2006).

Membangun jiwa kewirausahaan harus dimulai dari adanya kesadaran bahwa jiwa kewirausahaan dapat ditumbuhkan melalui berbagai cara dan strategi. Wirausaha bukan semata-mata masalah bakat (meskipun bakat tetap merupakan faktor penting), tetapi juga sebuah motivasi, perjuangan dan keinginan yang kuat untuk mewujudkannya.

Wirausahawan Dilahirkan, Dicetak, atau Dibentuk oleh LingkunganUntuk menjadi wirausahawan tidak cukup hanya dengan bakat (dilahirkan) namun selanjutnya ia harus dicetak melalui pendidikan atau pelatihan, dan hidup di lingkungan yang berhubungan dengan dunia usaha.

Page 32: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 32

Jenis Usaha

“Seorang optimis melihat peluang dalam sebuah kesulitan, seorang pesimis melihat kesulitan dalam sebuah peluang” (Winston Churchill).

“Rahasia kesuksesan bagi setiap orang dalam hidup adalah menempati posisi siap ketika peluang datang” (Benjamin Desraili).

“Dalam keruwetan ada sesuatu yang simple, dalam pertentangan ada sebuah harmoni dan dalam sebuah kesulitan ada peluang” (Albert Einstein).

Page 33: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting 33

Jenis Usaha

Bidang-bidang dalam kewirausahaan dapat dikelompokkan menjadi empat bidang:

1.Technopreneur (Bidang Teknlogi)

3.Hanmadepreneur (Bidang Kerajinan Tangan)

2.Servicepreneur (Bidang Layanan Jasa)

Contoh: Bengkel Motor/Mobil; Toko/Service Alat Elektronik;Rental Komputer/Printer.

Contoh: Jasa Rias Pengantin; Salon Rambut & Kulit; Taylor & Modesté.

4. Agripreneur (Bidang Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Kehutanan, Perikanan, termasuk Kuliner)

Contoh: Mebel Ukir; Anyaman Rotan & Bambu; Paving, Buis Beton.

Contoh: Usaha Ternak Sapi; Usaha Budi Daya Jamur; Warung Makan.

Page 34: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting

Jenis Usaha

34

1. Pilih jenis usaha yang dikuasaiSetiap orang pasti mempunyai karunia atau kemampuan yang berbeda-beda, satu orang dengan orang yang lain, baik kemampuan yang dimiliki karena faktor pendidikan formal, keterampilan yang didapat dari hasil pelatihan atau kemampuan yang dimiliki dari bakat yang memang dimiliki sejak kecil. Kemampuan karena latar belakang pendidikan formal, misalnya sebagai Arsitek, Insinyur Sipil, Insinyur Mesin, Akuntan, Sarjana Hukum, Sarjana Komputer, atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang otomotif, elektro, dan lain sebagainya. Dengan latar belakang pendidikan formal tersebut ada beberapa contoh bidang usaha yang dapat dikerjakan, misalnya: Membuka biro jasa konsultan design bangunan, interior, taman, membuka jasa konsultan teknik atau kontraktor, membuka bengkel sepeda motor/mobil, mesin perkakas, membuat home industry untuk bahan-bahan pembersih, membuka biro jasa akuntan, jasa perijinan, membuat usaha pembibitan buah, sayur, pupuk organik, membuat pembibitan kolam ikan air tawar, ikan hias, membuat lembaga pelatihan komputer, rental komputer, menerima jasa pemasangan instalasi listrik, membuat usaha kuliner, makanan ringan, sirup, menerima jasa pembuatan design, jahit pakaian, menerima jasa pengetikan, pembuatan laporan keuangan, dan lain sebagainya.

Page 35: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting

Jenis Usaha

35

2. Pilih jenis usaha yang disukaiAnda dapat juga memilih jenis usaha yang sesuai dengan bidang yang anda sukai atau menjadi hobby, misalnya: Membuat sanggar senam dan fitness, membuat studio musik, karakoke, organ tunggal, rental sound system, menjual makanan, minuman, obat-obatan dan salon hewan, membuat salon kecantikan, Spa, pijat refleksi, menjual alat-alat pancing, umpan pancing, menjual atau menyewakan alat-alat perlengkapan mendaki gunung, travelling, survival, out bound training, dan lain sebagainya.

Page 36: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting

Jenis Usaha

36

3. Pilih jenis usaha yang sesuai dengan kondisi finansial (modal)Modal antara Rp. 100.000,- sampai dengan Rp. 1.000.000,- misalnya: Usaha penjualan bensin eceran, voucher handphone, makanan ringan (gorengan, pempek, rujak, asinan, pecel, gado-gado), minuman ringan (jus buah, sop buah, es campur), mainan anak-anak edukatif, aksesoris anak-anak (jepit, bando, pita), dan lain sebaginya.Modal antara Rp. 1.000.000,- sampai dengan Rp. 5.000.000,- misalnya: Usaha franchise makanan/minuman ringan, jasa laundry kiloan, catering, penjualan oleh-oleh atau souvenir, jasa pengetikan, jasa pembuatan merchandise (mug, pin, gantungan kunci, topi, jam dinding), jasa pencucian sepeda motor, jasa perbaikan dynamo, jasa Spa tradisional, jasa pijat refleksi, penjualan bibit tanaman, penjualan pupuk organik, dan lain sebagainya.Modal antara Rp. 5.000.000,- sampai dengan Rp. 10.000.000,- misalnya: Usaha franchise makanan/minuman, jasa bengkel sepeda motor/mobil, rental komputer, dan lain sebagainyaModal Rp. 10.000.000,- ke atas misalnya: Usaha franchise minuman/makanan, jasa bengkel mobil, salon mobil, pencucian mobil, rental studio music-sound system, warnet dan game on line, rumah makan, salon kecantikan dan Spa, peternakan hewan peliharaan atau ikan, dan lain sebagainya.

Page 37: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting

Jenis Usaha

37

4. Pilih jenis usaha yang bersifat sementara atau jangka panjangJenis usaha yang bersifat sementara, misalnya: • Berjualan makanan atau minuman pada saat ada event tertentu, misalnya pada saat bulan

puasa atau idul fitri, pada saat ada pameran, pertunjukan, perlombaan. • Penjualan buku-buku tulis pada saat tahun ajaran baru sekolah, penjualan pakaian muslim

pada bulan Ramadhan atau Idul Fitri, penjualan kambing atau Sapi pada saat Idul Adha.• Penjualan aksesoris atau pernak-pernik pada saat tahun baru. Pemesanan dan pengiriman

parsel pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Jenis usaha yang bersifat jangka panjang. Hampir setiap jenis usaha yang akan kita rintis dan kembangkan dengan harapan akan bersifat jangka panjang, misalnya rumah makan, usaha kos-kosan, usaha properti dan sebagainya.

Page 38: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting

Jenis Usaha

38

5. Pilih jenis usaha yang sesuai dengan potensi yang ada di daerahDiperlukan pengetahuan atau kepekaan dari untuk melihat potensi apa yang ada di sekitar yang dapat kita jadikan bidang usaha kita. Misalnya ada beberapa potensi alam yang bisa dikembangkan yaitu kelapa, pala, cengkih, dan hasil laut. Kelapa dapat menjadi: dari daun (sapu lidi, janur), dari sabut kelapa (coco fiber, coco pot), dari tempurung (arang tempurung, briket arang tempurung, asap cair), dari daging buah (es kelapa muda, santan, kopra, virgin coconut oil dan minyak kelapa), dari air kelapa (es kelapa muda, syrup air kelapa, nata de coco), dari batang (bahan bangunan, souvenir, alat masak, hiasan dinding).Lokasi juga dapat menjadi sumber usaha, misalkan lokasi yang dekat dengan kampus atau pabrik dapat dijadikan usaha kos-kosan. Lokasi yang dekat dengan tempat wisata dapat dijadikan tempat peristirahatan, restoran, dan lain sebagainya.

Page 39: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting

Jenis Usaha

39

6. Pilih jenis usaha yang berorientasi eksporAlternatif lain sebagai bahan pertimbangan adalah kita memilih jenis usaha yang berorientasi ekpor, dengan mempertimbangkan jenis usaha yang kita miliki dan negara mana yang dapat menjadi tujuan produk yang dihasilkan, misalnya :• Garmen atau konveksi ke Singapura, Timur Tengah, Afrika.• Barang-barang seni seperti lukisan dan kerajinan tangan ke Singapura, Australia, Belanda,

Amerika Serikat.• Barang-barang keramik ke Eropa, Italia, Jepang, Amerika Serikat.• Barang-barang furniture, baik dari bahan baku kayu, rotan maupun eceng gondok, ke

Jepang, Belanda, Amerika Serikat.• Hasil laut, baik berupa ikan, udang/lobster, tripang, kepiting ke Korea, Jepang.

Page 40: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting

Let’s Start!

40

Page 41: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

1st Meeting

Bisnisku

41

Jenis Usaha :

Lokasi :

Produk yang Ditawarkan :

Sasaran (Pelanggan) :

Modal :

Channeling :

Alasan & Motivasi :

Page 42: PKK-PERPIKA 1st Meeting 16122012

TERIMA KASIH

감사합니다