Pertemuan 9 rom

of 14 /14
Page 1 Memory « ROM » BY: JUMIATI 092904035 Pendidikan Teknik Informatika & Komputer Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Makassar

description

membahas tentang

Transcript of Pertemuan 9 rom

Page 1: Pertemuan 9 rom

Page 1

Memory « ROM »

BY:JUMIATI

092904035

Pendidikan Teknik Informatika & Komputer

Pendidikan Teknik ElektroUniversitas Negeri Makassar

Page 2: Pertemuan 9 rom

Page 2

ROM

• ROM (Read-Only Memory) adalah sekelompok media penyimpanan yang digunakan dalam komputer dan perangkat elektronik lainnya. Karena data yang tersimpan dalam ROM tidak dapat diubah (setidaknya tidak terlalu cepat atau mudah), ini terutama digunakan untuk mendistribusikan firmware (software yang sangat terkait erat dengan hardware tertentu, dan tidak mungkin sering membutuhkan update). Dan Tidak seperti RAM, ROM tidak dapat digunakan untuk menulis Data.

• Salah satu contoh ROM adalah ROM BIOS yang berisi program dasar system komputer yang mengatur / menyiapkan semua peralatan / komponen yang ada dalam komputer saat komputer dihidupkan.

Page 3: Pertemuan 9 rom

Page 3

FUNGSI ROM

• ROM digunakan untuk menyimpan firmware, perangkat komputer, sering ditemukan untuk menyimpan BIOS. Pada saat sebuah komputer dinyalakan BIOS tersebut dapat langsung dieksekusi dengan cepat tanpa harus menunggu untuk menyalakan perangkat media penyimpanan dahulu seperti yang umum terjadi pada alat penyimpanan lain selain ROM.

Page 4: Pertemuan 9 rom

Page 4

jenis ROM dan perkembangannya

• PROM (Programmable Read-Only Memory )• EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory)• EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only

Memory)• Flash memory

Page 5: Pertemuan 9 rom

Page 5

PROM

• PROM kependekan dari Programable Read Only memory. PROM adalah salah satu jenis ROM merupakan alat penyimpanan berupa memory yang hanya bisa dibaca isinya. PROM memang tergolong memory non volatil artinya program yang tersimpan didalamnya tidak akan hilang walaupun komputer dimatikan. Program yang tersimpan didalamnya bersifat permanen. Biasanya digunakan untuk menyimpan program bahasa mesin yang sudah menjadi bagian hhard ware (perangkat keras) komputer.

Page 6: Pertemuan 9 rom

Page 6

cont’d• PROM (Programmable Read-Only Memory ) atau FPROM (field

programmable read-only memory) atau biasa juga disebut NVM OTP (programmable non-volatile memory) adalah suatu bentuk memori digital pengaturan setiap bit dikunci oleh sekring atau antifuse. Prom seperti itu digunakan untuk menyimpan program secara permanen. Perbedaan utama dari ROM yang sangat terlihat adalah bahwa pemrograman diterapkan setelah perangkat dibangun. Singkatnya PROM adalah chip memori yang dapat menyimpan program. Tetapi sekali PROM digunakan, kita tidak akan dapat membersihkan dan menyimpan kembali data lainnya. Type jenis ini sering terlihat pada konsol permainan video, telepon genggam, radio frequency identification (RFID) tag, implantable peralatan medis, high-definition multimedia interface (HDMI) dan dalam banyak konsumen lain produk-produk elektronik dan otomotif.

Page 7: Pertemuan 9 rom

Page 7

EPROM

• EPROM kependekan dari Erasable Programmable Read Only Memory. EPROM berbeda dengan PROM. EPROM adalah jenis chip memory yang dapat ditulisi program secara elektris. Program atau informasi yang tersimpan didalam EPROM dapat dihapus bila terkena sinar ultraviolet dan dapat ditulisi kembali. Kesamaany dengan PROM adalah keduanya merupakan sejenis ROM, termasuk memory non volatile data yang didalmanya tidak dapat hilang walau komputer dimatikan.

Page 8: Pertemuan 9 rom

Page 8

Cont’d

• Alat yang dapat digunakan untuk menghapus isi chip EPROM adalah UV PROM eraser. Alat ini akan menyinarkan sinar ultraviolet ke memory tempat data disimpan dalam chip EPROM (disinarkan tapat pada lubang kuarsa bening) dengan demikian chip EPROM dapat digunakan kembali dan dapat diisikan informasi/program baru ke dalamnya. Informasi lain menyebutkan bahwa alat yang dapat digunakan untuk menghapus isi EPROM adalah EPROM Rewriter.

Page 9: Pertemuan 9 rom

Page 9

cont’d• EPROM (Erasable Programmable Read-Only

Memory) EPROM hanya membaca memori, adalah jenis chip memori yang mempertahankan data ketika catu daya dimatikan. Dengan kata lain, itu adalah non-volatile. Ini adalah sebuah array dari floating-gerbang transistor individual diprogram oleh perangkat elektronik yang memasok tegangan tinggi daripada yang biasanya digunakan dalam rangkaian digital Sekali diprogram, sebuah EPROM dapat dihapus hanya dengan mengekspos ke kuat sinar ultraviolet. Sinar UV yang biasanya memiliki panjang gelombang 253.7nm (untuk penghapusan optimal waktu) dan termasuk dalam kisaran UVC sinar UV. EPROMs mudah dikenali oleh kuarsa bercampur jendela transparan di bagian atas paket, melalui chip silikon yang terlihat, dan yang memungkinkan paparan sinar UV selama menghapus.

Page 10: Pertemuan 9 rom

Page 10

EEPROM

• EEPROM kependekan dari electrically Erasable Programmable Read Only Memory. Seperti halnya PROM dan EEPROM, EEPROM merupakan memory non-volatile. Informasi data atau program yang tersimpan didalamnya tidak akan hilang walaupun komputer dimatikan, dan tidak membutuhkan daya listrik untuk mempertahankan atau menjaga informasi atau program yang tersimpan di dalamnya. Eeprom adalah komponen yang banyak digunakan dalam komputer dan peralatan elektronik lain untuk menyimpan konfigurasi data pada peralatan elektronik tersebut.

Page 11: Pertemuan 9 rom

Page 11

Cont’d

• EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory, ditulis pula dengan E2PROM) adalah merupakan jenis non-volatile memori yang digunakan dalam komputer dan perangkat elektronik lainnya untuk menyimpan sejumlah kecil data yang harus disimpan ketika akan dihapus, misalnya, kalibrasi perangkat meja atau konfigurasi. EEPROM ini dapat dihapus dengan menggunakan adanya tegangan listrik.

• Ketika jumlah besar data statis untuk disimpan (seperti pada USB flash drive) jenis tertentu EEPROM seperti flash memori lebih ekonomis dari perangkat EEPROM yang lama. EEPROM direalisasikan sebagai array dari floating-gerbang transistor.

Page 12: Pertemuan 9 rom

Page 12

Kelebihan EEPROM

• EEPROM memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan EPROM. EEPROM dapat dihapus secara elektris menggunakan sinar ultraviolet, sehingga proses penghapusannya lebih cepat dibanding EPROM. Penhapusan juga dapat dilakukan secara elektrik dari papan circuit. Dengan menggunakan perangkat lunak EEPROM programmer alat yang dapat digunakan untuk menghapus isi EEPROM disebut EEPROM Rewriter. Produk EEPROM versi awal hanya dapat dihapus dan diisi ulang kurang lebih sebanyak 100 kali. Sedangkan produk-produk terbaru dapat dihapus dan diisi ulang (Erase Rewrite ) sampai ribuan kali (bahkan beberapa informasi menyebutkan mampu sampai 100 ribu kali).

Page 13: Pertemuan 9 rom

Page 13

Flash memory

• Flash memory yang dikenal pula dengan sebutan memory flash, adalah memory sejenis EEPROM yang memberikan banyak lokasi memory untuk dihapus atau ditulisi dalam suatu operasi pemrograman. Flash memory tetap dapat menyimpan data tanpa memerlukan penyediaan listrik. Penulisan ke dalam flash memory dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut EEPROM writer atau software yang dapat menulisi flash ROM. Sedangkan penghapusan datanya dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut EEPROM writer, atau langsung secara elektrik dari papan sirkuit dengan menggunakan software flash BIOS programmer. Memory jenis ini banyak digunakan dalam kartu memory, drive flash USB, kamera digital, pemutar MP3, hingga telepon genggam.

Page 14: Pertemuan 9 rom

Page 14

Sekian dan terima kasih