Persentasi coelenterata

download Persentasi coelenterata

of 17

  • date post

    09-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    3.497
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of Persentasi coelenterata

BIOLOGI Coelenterata

Hidup di air tawar atau air laut.Cara hidup Hydrozoa yaitu dengan berkoloni atau hidup solider bentuk polip & medusa.Organisme ini mempunyai bentuk tubuh seperti silinder dan dapat bergerak di bebatuan untuk menangkap makanan. Setelah berhasil menangkap makanannya maka, dimasukannya kedalam tubuh melalui HIPOSTOM.Perkembangbiakannya dilakukan secara Aseksual dan Seksual. Contoh hydrozoa yaitu : Hydra dan Obelia.

Hydrozoa

Main PageHydrozoaAnthozoaScyphozoaMempunyai rongga tubuh yang berfungsi sebagai alat pencernaan dan alat peredaran.Mempunyai dua bentuk, yaitu medusa yang bebas berenang dan polip yang hidup menetap.Alat geraknya berupa tentakel, yang terdapat pada seluruh permukaan tubuh, yang juga digunakan sebagai alat penangkap mangsa dan alat pertahanan.Memiliki tiga lapisan embrional (triploblastik), yaitu ektoderm, endoderm, dan mesoglea.Mempunyai knidoblast, yaitu sel ektoderm yang berduri dan yang berisi racun yang disebut nematocyst.

Main Characteristic of CoelenterataWhat is CoelentrataMain Characteristic of CoelenterataThe Habitat of CoelenterataMore About CoelenterataMain PageCoelenterata tergolong hewan metazoa yang bersifat diploblastik, yaitu tersusun atas dua lapisan jaringan, lapisan ektoderma dan lapisan endoderma.Lapisan ektoderma disebut lapisan epidermis.Lapisan endoderma disebut lapisan gastrodermis (lapisan dalam), berfungsi sebagai usus atau perut Coelenterata hidup bebas secara heterotrof, dan memangsa plankton dan hewan kecil di air.

More About CoelenterataWhat is CoelentrataMain Characteristic of CoelenterataThe Habitat of CoelenterataMore About CoelenterataMain Page1. Body Layer (Lapisan tubuh) :EPIDERMIS yaitu,Tubuh filum Coelenterata disusun atas lapisan ektodermis, dibagian luarGASTRODERMIS yaitu, lapisan endodermis di bagian dalam filum coelenterataMESOGLEA yaitu, lapisan non-selular diantara lapisan ektodermis dan endodermis2. Part of body (Bagian tubuh) : Mouth digunakan untuk memasukan makananTentakel mempunyai nematosista(sel penyengat untuk menamgkap mangsa)Gastrovaskuler(rongga usus)berfungsi untuk mencerna makanan danmengedarkannya keseluruh tubuhNerve diffusive system (sistem saraf difus) terbentuk dari serat-serat sarafberbentuk jala tanpa pusat saraf, berfungsi sebagai alat pengindra dan pengaturpergerakan tubuh.

The Explain About the PictureCoelenterata s PictureThe Explain About the PictureMain PageGo to Classification of Coelenterata

Anthozoa berasal dari kata anthos yang berarti bunga dan zoon yang berarti hewan.Ciri-ciri AnthozoaHewan berbentuk mirip bunga, memiliki warna beraneka ragamMemiliki tentakel dalam jumlah banyak, kelipatan 8.Hewan ini hidup di air laut yang jernih.Tidak memiliki bentuk medusa dan ada juga yang berbentuk polip yang sangat langka.Sekeliling tubuhnya mempunyai kerangka kapur, keratin, dan zat kitin. Pekembangbiakan secara aseksual dan seksual Mulut dan rongga tubuhnya di hubungkan oleh Stomodeum dan pada dindingnya terdapat sifanoglifa untuk mengalirkan air.

ANTHOZOAMain Page

HydrozoaAnthozoaScyphozoaSimetri tubuh radial, tetapi pada beberapa jenis ada yang simetri bilateral.Tidak ada pembagian tubuh anterior dan posteriorSistem pencernaan belum sempurna; Memiliki mulut, tetapi tidak beranusPenyokong tubuhnya berupa kerangka hidrostatik, yaitu rongga yang berisi cairan.Ada yang berkelamin dua dan berkelamin satu.Berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatifBernapas dengan menggunakan seluruh permukaan tubuh. Memiliki sistem saraf difus berupa jala.

What is CoelentrataMain Characteristic of CoelenterataThe Habitat of CoelenterataMore About CoelenterataMain PageGo to Body Structure of CoelenterataBody Sturcture of CoelenterataMain PageCoelenterata s PictureThe Explain About the Picture8Ciri-ciri :Cara hidup, bentuk dominan yaitu medusa.Berukuran besar, banyak di pantai-pantai sebagai ubur-ubur. Dan Hidup di lautAlat pencernaannya berupa saluran bercabangBagian tepinya di kelilingi TentakelDisekitar mulutnya terdapat empat lengan yang dilengkapi dengan NEMATOKIST Sistem saraf berbentuk anyamanKerugian : Dapat mengeluarkan racun yang sangat gatal, dampaknya kulit tersebut akan melepuh.Contoh Schyphozoa :Aurelia aurita atau ubur-ubur.

SCYPHOZOA

HydrozoaAnthozoaScyphozoaCoelenterata Reproduction Reproduction Cycle of CoelenterataThe Explanation About the Cycle

Reproduksi aseksual dilakukan dengan pembentukan tunas yang berbentuk polip. Tunas tumbuh dan membentuk koloni.Reproduksi seksual dilakukan dengan pembentukan gamet melalui peleburan inti sperma dan inti ovum. Sperma dihasilkan oleh testis, sedangkan ovum dihasilkan oleh ovarium. Testis biasanya terbentuk di dekat tentakel, ovarium terbentuk di dekat kaki. Sperma yang telah masak dikeluarkan ke dalam air, dan berenang menuju ovum.Jika sperma bertemu ovum, terjadilah fertilisasi dan menghasilkan sel zigot. Gamet dihasilkan oleh seluruh coelenterata berbentuk medusa dan beberapa berbentuk polipThe Explanation About the Cycle