PERADABAN Sungai Eufrat dan Tigris

of 13/13
B. PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING (HWANG-HO) Letak Geografis Sungai Kuning atau Hwang-ho bersumber di daerah Pegunungan KwenLun di Tibet. Pertanian Pertanian Cina kuno sudah dikenal sejak zaman Neolithikum. Tanaman pangan utama yang diusahakan oleh masyarakat China adalah padi, buah- buahan, kacang-kacangan, sayur mayur dan lain-lain. Kemajuan pertanian pada masa pemerintahan Dinasti Chin antara lain : 1. Pertanian sudah diusahakan secara intensif 2. Pupuk sudah dikenal untuk menyuburkan tanah 3. Penggarapan lahan dilakukan secara teratur 4. Irigasi sudah tertata dengan baik
  • date post

    21-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    168
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of PERADABAN Sungai Eufrat dan Tigris

B.PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING (HWANG-HO)

B. PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING (HWANG-HO)Letak GeografisSungai Kuning atau Hwang-ho bersumber di daerah Pegunungan KwenLun di Tibet.

PertanianPertanian Cina kuno sudah dikenal sejak zaman Neolithikum. Tanaman pangan utama yang diusahakan oleh masyarakat China adalah padi, buah-buahan, kacang-kacangan, sayur mayur dan lain-lain. Kemajuan pertanian pada masa pemerintahan Dinasti Chin antara lain :1. Pertanian sudah diusahakan secara intensif2. Pupuk sudah dikenal untuk menyuburkan tanah3. Penggarapan lahan dilakukan secara teratur4. Irigasi sudah tertata dengan baikTeknologiBumi Cina mengandung berbagai barang tambang seperti batu bara, besi, timah, wolfram, emas, dan tembaga. Pembuatan barang-barang tersebut dan diperdagangkan sampai jauh ke luar wilayah Cina menunjukkan tingginya tingkat perkembangan teknologi masyarakat Cina.

Aksara dan BahasaMasyarakat Cina sudah mengenal tulisan yaitu tulisan gambar. Bahasa yang digunakan masyarakat Cina diberbagai provinsi wilayahnya berbeda-beda, sehingga orang Cina dari suatu provinsi tidak dapat berkomunikasi dengan orang Cina di provinsi lain.

AstronomiMasyarakat Cina sudah memiliki banyak ahli yang mempelajari ilmu astronomi. Pengetahuan itu untuk sistem pertanian, sistem penanggalan, pelayaran, serta pergantian musimPemerintahanSistem pemerintahan di Cina adalah pemerintahan Dinasti. Dinasti yang pernah berkuasa di Cina :1. Dinasti Syang2. Dinasti Chou3. Dinasti Han4. Dinasti Tang.

FilsafatFilsafat Cina berkembang pada masa Dinasti Chou.Tiga ahli filsafat Cina, yakni Lao Tse, Kong Fu Tse, dan Meng Tse.

Kebudayaana. Seni sastraContohnya : - Shih Ching (puisi klasik), - Shu Ching (sejarah klasik), - I Ching (perubahan-perubahan) - Chu Chin (musim semi dan musim gugur)b. Seni bangunanContohnya : - Tembok Besar Cina - Kuil - Istanac. Seni kerajinanContohnya : - Lukisan - KeramikKepercayaanBangsa Cina memiliki kepercayaan kepada para dewa. Dewa-dewa yang menerima pemujaan tertinggi adalaha. Feng Pa (dewa angin)b. Lei-Shih (dewa angin taufan)c. Tai-Shan ( dewa yang menguasai bukit suci)d. Ho-poC. PERADABAN LEMBAH SUNGAI EUFRAT DAN TIGRIS (MESOPOTAMIA)Letak GeografisMesopotamia berarti daerah yang terletak di antara dua aliran sungai, yakni Sungai Eufrat dan Sungai Tigris.

Penduduk dan MasyarakatDaerah-daerah di sekitar Mesopotamia didiami oleh bangsa-bangsa yang termasuk rumpun bangsa Semit. Kehidupannya bersifat seminomadik. Sekitar tahun 3000 SM, Mesopotamia didiami oleh bangsa Sumeria.

Pertanian dan PengairanOrang-orang Mesopotamia memanfaatkan banjir untuk pertanian dengan membuat sistem pengairan yang baik. Bendungan dan telaga buatan dibuat untuk menyalurkan dan menyimpan air yang berlebihan di masa banjir.Ilmu Pengetahuan dan TeknologiKeunggulan bangsa Mesopotamia:1. Bidang arsitektur2. Kemampuan mengolah logam3. Bidang ilmu pengetahuan4. Taman gantung yang dibangun oleh Bangsa Khaldea

AksaraOrang-orang Sumeria sudah mengenal abjad yang berupa huruf paku.

Penanggalan/KalenderPengetahuan tentang perputaran waktu dan musim berguna untuk bercocok tanam, perdagangan, dan sebagainya. Mereka membagi waktu dalam 24 jam menjadi 1 hari, 30 hari menjadi sebulan dan 12 bulan menjadi setahun.PerekonomianKedudukan wilayah bangsa Sumeria sangat strategis untuk perdagangan karena terletak antara Laut Tengah dan lembah Sungai Shindu.

PemerintahanBentuk pemerintahan di Mesotamia adalah kerajaan. Kerajaan yang pernah berkuasa :1. Kerajaan Sumeria2. Kerajaan Akkadia3. Kerajaan Babylonia Lama4. Kerajaan Assyria5. Kerajaan Babylonia baru6. Kerajaan PersiaTata KotaMasyarakat Mesopotamia sudah bisa membangun kota-kota dengan suatu perencanaan tata kota. Buktinya :1. Bangunan rumah dan gedung-gedung yang teratur dan rapi2. Jalan-jalan lurus dan lebar3. Di pinggir jalan terdapat selokan-selokan air4. Rumah-rumah dibangun dari batu bata merah

KepercayaanBangsa Sumeria memuja dewa-dewa seperti Dewa Anu (Dewa Langit), Dewa Enlil (Dewa Bumi), dan Dewa Ea (Dewa Air). Dewa yang memiliki peranan paling penting adalah Dewa Marduk. Bangsa Persia memuja Dewa Ahura Mazda (kebaikan) yang bermusuhan dengan Dewa Angro Mainyu (dewa kejahatan).

Peninggalan Kebudayaan1. Seni Bangunan2. Ilmu hitung3. Bangunan Kuil

D. PERADABAN LEMBAH SUNGAI NILLetak GeografisDaerah Mesir terletak di bagian utara benua Afrika. Di sebelah utara berbatasan dengan Laut Tengah, di sebelah timur berbatasan dengan Sudan, di sebelah barat berbatasan dengan Lybia.

Seni BangunanSekitar tahun 3000 SM, raja-raja Mesir membangun piramida-piramida. Piramida adalah kuburan raja-raja mesir kuno. Bangunan-bangunan lain yang ditemukan di Mesir adalah istana di Gizeh, Karnak-Luxor, dan Kuil Agung di Abu Simbel.

Pertanian dan PengairanPara petani Mesir mananam jelai, sekoi, gandum, dan bahan-bahan sandang. Petani-petani Mesir membuat terusan-terusan dan mengalirkan air ke ladang-ladang. Mereka membangun waduk-waduk tempat menyimpan air.Ilmu Pengetahuan dan TeknologiOrang-orang Mesir membuat mummi agar jasad orang yang meninggal tidak dapat rusak dan membusuk. Mummi orang kaya disimpan dalam kubur di batu-baut karang yang dihiasi dengan lukisan-lukisan pahat, sedangkan mummi raja-raja disimpan dalam piramida.

TulisanTulisan Mesir kuno terdiri dari jenis hieroglyph yang merupakan gambar.Kemudiab berkembang menjadi bentuk hieratis dan demotis yang bentuknya lebih sederhana.

Astronomi/Penanggalan Mereka sudah mengenal penanggalan berdasarkan peredaran matahari.Mereka sudah mengenal adanya tahun kabisat.Mereka menggunakan bintang sebagai patokan menentukan musim, saat bercocok tanam, dan sebagainya.PemerintahanSistem pemerintahan Mesir berbentuk kerajaan yang diperintah oleh raja dengan kekuasaan absolut atau mutlak. Kerajaan Mesir dibagi tiga zaman :a. Zaman kerajaan Mesir Tuab. Zaman kerajaan Mesir Pertengahan

KepercayaanMasyarakat Mesir memuja banyak dewa (polytheisme). Dewa-dewa yang dipuja bangsa Mesir :1. Dewa Osiris (dewa tertinggi)2. Dewa Thot (dewa pengetahuan)3. Dewa Anubis (dewa berkepala anjing atau dewa kematian)4. Dewa Apis (dewa berwujud sapi)5. Dewa Ra (dewa matahari) / Dewa Amon-Ra (dewa bulan-matahari)Peninggalan Kebudayaan1. Tulisan Hieroglyph2. Piramida3. Ilmu Hitung4. Sphinx5. Obelisk6. Mummi7. Kota-kota kuno di Mesir