penjelasan EKG

of 9/9
http://kursusekg-iv.blogspot.com/2009/02/iv3-pengaruh-obat-obatan-dan- elektrolit_22.html KURSUS EKG Bagian IV Pengaruh Obat-obatan Dan Gangguan Keseimbangan Elektrolit Terhadap EKG, Pembesaran Otot Jantung (Hypertrophy), Myocardiac Iscemia Dan Infarction Sunday IV.3. Pengaruh Obat-obatan dan Elektrolit Terhadap EKG 3.1. Pengaruh Gangguan Keseimbangan Elektrolit  Pada ekg Apa yang telah saya jelaskan pada t opik elektrofisiologi jantung, bahwa peranan elektrolit pada aktivitas bioelektrikal khususnya pada jantung sangatlah besar sekali. Dimana komponen elektrolit mempunyai peranan besar dalam proses elektrofisiologi pada jantung. Anda masih ingat dengan nama elektrolit yang mempunyai andi besar yaitu kalium, kalsium, natrium, dan magnesium. Yang harus anda identifikasi dari EKG untuk mengetahui gangguan keseimbangan elektrolit adalah hyperkalemia, hypokalemia, hypercalcemia dan hypocalcemia. 1. Hyperkalemia (lihat pada gb.49) ciri-cirinya : Gel T tinggi lebih dari 10 mm diprecordial lead atau lebih dari 5 mm di ekstremitas lead. Kalau tidak di obati, gambaran EKG akan terdapat PR interval memanjang, kemudian gel P menjadi datar dan komplek QRS menjadi lebar, kemudian berubah menjadi Ventrikel fibrilasi.
  • date post

    09-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    194
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of penjelasan EKG

http://kursusekg-iv.blogspot.com/2009/02/iv3-pengaruh-obat-obatan-danelektrolit_22.html

KURSUS EKG Bagian IVPengaruh Obat-obatan Dan Gangguan Keseimbangan Elektrolit Terhadap EKG, Pembesaran Otot Jantung (Hypertrophy), Myocardiac Iscemia Dan InfarctionSunday

IV.3. Pengaruh Obat-obatan dan Elektrolit Terhadap EKG

3.1. Pengaruh Gangguan Keseimbangan Elektrolit Pada ekg Apa yang telah saya jelaskan pada topik elektrofisiologi jantung, bahwa peranan elektrolit pada aktivitas bioelektrikal khususnya pada jantung sangatlah besar sekali. Dimana komponen elektrolit mempunyai peranan besar dalam proses elektrofisiologi pada jantung. Anda masih ingat dengan nama elektrolit yang mempunyai andi besar yaitu kalium, kalsium, natrium, dan magnesium.

Yang harus anda identifikasi dari EKG untuk mengetahui gangguan keseimbangan elektrolit adalah hyperkalemia, hypokalemia, hypercalcemia dan hypocalcemia.1. Hyperkalemia (lihat pada gb.49)

ciri-cirinya : Gel T tinggi lebih dari 10 mm diprecordial lead atau lebih dari 5 mm di ekstremitas lead. Kalau tidak di obati, gambaran EKG akan terdapat PR interval memanjang, kemudian gel P menjadi datar dan komplek QRS menjadi lebar, kemudian berubah menjadi Ventrikel fibrilasi.

Gb : 49

2. Hypokalemia (lihat gb.50)

Ciri-cirinya : Adanya gel U yang tingginya bisa sama dengan gel T, bahkan lebih tinggi dari gel T. Tiap pasien berbeda, artinya tidak smua pasien dengan kalium rendah akan menyebabkan munculnya gel U. Gel U muncul diawali dengan gel T yang datar atau inverted, sampai pada titik rendah nilai kaliumnya, sehingga akan muncul gel U. fungsi kalium : mkontraktilitas mikokardial aritmia, disritmia. Biasanya gel U paling mudah kita identifikasi di precordial lead.

Gb : 50

3. Hypercalcemia

Ciri-cirinya : QT interval memendek,yaitu tidak adanya ST segment

4. Hypocalcemia

Ciri-cirinya : QT interval memanjang, yaitu lebih dari normal ( > 0,46 detik).

3.2. Pengaruh Obat-obatan Pada EKG1. Digitalis Efek

Ciri-cirinya : Adanya ST segmen sag Gel T datar atau bisa juga bipasic QT interval pendek PR interval memanjang atau gambaran EKG AV blok first degree. Adanya gel U2. Quinidine Efek (lihat gb.51)

Ciri-cirinya : Biasanya akan mempengaruhi gel T dan QT interval Gel T lebar, datar, bahkan inverted.

Gb : 513. Procainamede Efek

Ditandai dengan komplek QRS yang lebar (baca kursus ekg bagian akhir/V.....)Posted by Abu Nazmah at 11:46 PM

http://abu-nazmah.blogspot.com/

http://www.kursusekg-iv.blogspot.com/

Bagian IVInfarctionTuesday

KURSUS EKG

Pengaruh Obat-obatan Dan Gangguan Keseimbangan Elektrolit Terhadap EKG, Pembesaran Otot Jantung (Hypertrophy), Myocardiac Iscemia Dan

IV.1. Myocardiac Ischemia & Myocardiac InfarctionTopik ini bagi saya pribadi adalah sangatlah menegangkan karena inilah topik yang ditunggu-tunggu saat kita mempelajari EKG. Ya boleh dikatakan topik ini adalah jantung dari kursus EKG. Seperti yang anda ketahui bahwa jantung merupakan organ tubuh yang sangat dan sangat vital sekali yang bertugas secara disiplin dan teratur memompakan darah keseluruh bagian tubuh dan jantung itu sendiri. Untuk menjaga continuitas kerja jantung secara maksimal atau adekuat, maka jantung harus mendapatkan pasokan darah (nutrisi) yang adekuat pula.Apabila pasokan atau aliran darah ke jantung mengalami penurunan atau tidak seimbangnya antara kebutuhan darah yang di butuhkan jantung dengan pasokan darah yang di alirkan ke jantung, maka jantung akan mengalami gangguan yang dinamakan dengan jantung iskemia. Dan apabila pasokan/aliran darah mengalami hambatan atau sumbatan, maka jantung akan mengalami gangguan yang dinamakan serangan jantung atau acut miokardiac infarction.

(A)

Gb : 40

Anda lihat ST segmen elevasi di lead II, III, aVF dan ST depresi V6, I, aVL

Gb : 41 ( AMI Inferior)

Read More ..Posted by Abu Nazmah at 2:02 PM 0 comments

Monday

IV.2. Hypertrophy Otot JantungHypertrophy otot jantung bisa diagnosis dengan EKG, depolarisasi otot jantung akan terekam oleh EKG dengan digambarkan oleh voltase yang berupa grafik EKG. Semakin besar otot jantung akan membutuhkan waktu yang lebih untuk didepolarisasi. Sehingga pada kasus hypertrophy, akan muncul voltase yang beda dengan normal. Semua tergantung dimana letak otot jantungnya yang akan didepolarisasi dan elektroda positip mana (lead) yang merekamnya. Ingat sistem hexaxial reference !

Gb : 48 Read More ..Posted by Abu Nazmah at 8:13 AM 0 comments

Sunday

IV.3. Pengaruh Obat-obatan dan Elektrolit Terhadap EKG

3.1. Pengaruh Gangguan Keseimbangan Elektrolit Pada ekg Apa yang telah saya jelaskan pada topik elektrofisiologi jantung, bahwa peranan elektrolit pada aktivitas bioelektrikal khususnya pada jantung sangatlah besar sekali. Dimana komponen elektrolit mempunyai peranan besar dalam proses elektrofisiologi pada jantung. Anda masih ingat dengan nama elektrolit yang mempunyai andi besar yaitu kalium, kalsium, natrium, dan magnesium.

Gb : 51 Read More ..Posted by Abu Nazmah at 11:46 PM 0 comments