Pengertian voip+analisis

download Pengertian voip+analisis

If you can't read please download the document

  • date post

    13-Apr-2017
  • Category

    Internet

  • view

    1.053
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Pengertian voip+analisis

Pengertian VOIP

ANALISIS TENTANG VOIP

ALFAN KHUDORIXI TKJ A

Pengertian VOIPVoice over Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.

Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data networkterpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).Prinsip Kerja VOIP

Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.

Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima.

Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan software khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara.CARA KERJA VOIP

Hal yang menarik tentang VoIP adalah banyaknya cara untuk melakukan panggilan. Saat ini ada 3 jenis metode yg berbeda yang paling sering digunakan untuk melakukan layalan VoIP, yaitu :

1. ATA (Analog Telephone Adaptor) Cara yang paling sederhana dan paling umum adalah dengan menggunakan suatu alat yang disebut ATA. ATA memungkinkan kita untuk menghubungkan pesawat telepon biasa ke komputer atau disambungkan ke internet untuk dipakai VoIP. ATA adalah alat pengubah sinyal dari analog menjadi digital. Cara kerjanya adalah mengubah sinyal analog dari telepon dan mengubahnya menjadi data digital untuk di transmisikan melalui internet. Provider seperti VONAGE dan AT&T Callvantage membuat alat ATA dan memberikannya secara gratis kepada pelanggannya sebagai bagian dari service mereka. Mereka tinggal membuka ATA, memasang kabel telepon ke alat, dan VoIP sudah bisa digunakan. Beberapa jenis ATA dipaket dan dibundel beserta software tambahan yang harus diinstalkan pada komputer untuk melakukan konfigurasi ATA, tetapi pada umumnya itu hanya setting yang sangat gampang.

2. IP PhonesPesawat telepon khusus ini kelihatannya sama dengan telepon biasa. Tapi selain mempunyai konektor RJ-11 standar, IP Phones juga mempunyai konektor RJ-45. IP Phones menghubungkan langsung dari telepon ke router, dan didalam IP Phones sudah ada semua perangkat keras maupun lunak yang sudah terpasang didalamnya yang menunjang melakukan pemanggilan IP.

Tidak lama lagi, IP Phone nirkabel (wireless) akan tersedia, dan memungkinkan para pengguna untuk melakukan panggilan VoIP dari hotspot yang tersedia (Nokia 6300i sekitar Rp.2,6 jt).

3. Computer-to-Computer Cara ini jelas merupakan cara paling mudah untuk melakukan panggilan VoIP bahkan tidak usah membayar satu sen pun untuk melakukan panggilan SLJJ.

Ada beberapa perusahaan yang menawarkan program yang harganya murah bahkan gratis yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan VoIP. Yang harus disediakan hanya program (software), mikrofon, speaker, soundcard dan koneksi internet, lebih diutamakan koneksi internet yang relatif cepat seperti koneksi Kabel atau DSL. Selain biaya bulanan ISP, biasanya tidak ada lagi biaya untuk panggilan Computer-to-Computer, seberapa jauh pun jaraknya.

Contoh Aplikasi VOIP1. SkypeSkype adalah software aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna yang sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya Lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam feature yang dapat memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang memungkinkan pengguna untuk berhubungan dengan pengguna telepon konvensional dan telepon selular.Setiap pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem Skype, pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan password yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi.

2. NetmeetingAplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft yang merupakan salah satu aplikasi yang mendukung VoIP dan juga Video Conference.Aplikasi ini menggunakan protocol H.323 untuk Video dan Audio Conference.Sama dengan aplikasi lainnya tetap memerlukan registrasi untuk mendapatkan user id dan password, agar bisa berkomunikasi dengan para pengguna netmeeting lainnya. Aplikasi ini sudah include didalam system windows 95 sampai windows XP.

3. X-liteX-Lite adalah sebuah aplikasi opensource pendukung VoIP yang menggunakan teknologi SIP (Session Initiation Protocol). X-Lite di kembangkan pertama sekali oleh CounterPath ada 2 release yang telah dikeluarkan untuk aplikasi ini yang mempunyai perbedaan feature. X-Lite 2.0 digunakan untuk Macintosh dan Linux yang menggunakan X-Pro code base dan X-Lite 3.0 untuk windows yang menggunakan eveBeam code base. X-lite 2.0 hanya untuk suara saja sedangkan X-Lite 3.0 sudah memiliki feature suara, video dan instant messaging atau media untuk chatting.

4. Yahoo MessengerAplikasi ini sama secara garis besar memliki konsep atau cara kerja yang mirip dengan Skype , namun yahoo messenger kurang digemari yang dikarenakan menurut beberapa sumber yang penulis temukan kurangnya kualitas suara yang dihasilkan dibandingkan dengan Skype.

5. ooVooooVoo merupakan aplikasi mengagumkan yang sering digunakan untuk melakukan video call, bahkan untuk melakukan video call group juga bisa.

Aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk Windows, tetapi juga untuk Mac dan mudah diakses di iPhone bahkan Ponsel Android.

Sekarang, ooVoo adalah salah satu dari aplikasi video call gratis yang memiliki lebih dari 35 juta pengguna dan memiliki basis penggemar yang sangat besar. Di ooVoo, kita bisa video chat dengan 12 orang yang berbeda pada saat bersamaan, juga dapat digunakan merekam seluruh video chat.Contoh tampilan ooVoo :

6. Google HangoutsGoogle Hangouts adalah layanan video chat gratis dari Google yang memungkinkan face to face chatting dan chatting kelompok dengan 10 orang sekaligus. Kedengaranya agak mirip dengan Skype, dan Facebook Video Chat, tetapi Google Hangouts lebih berfokus pada face-to-face interaksi kelompok video chatting, dan menggunakan teknologi canggih.

7. iVisitiVisit memungkinkan anda untuk berbicara tatap muka dengan teman, keluarga dan rekan dari mana saja - gratis. iVisit adalah software atau aplikasi lain yang sangat berguna untuk melakukan panggilan video dua arah. Fitur terbaik dari iVisit termasuk video dan audio chatting, dan juga kita dapat berbagi dokumen saat panggilan dan juga kita dapat melihat desktop orang lain dengan siapa kita melakukan panggilan video call.

iVisit bekerja pada Peer to Peer teknologi jaringan. Ini merupakan perangkat lunak panggilan video unik yang sangat berguna untuk organisasi anda, karena dapat digunakan untuk melakukan video konferensi dengan sampai 8 user. iVisit bekerja pada semua komputer PC / laptop dan juga pada semua jenis perangkat mobil.

8. EkigaEkiga ( sebelumnya dikenal sebagai GnomeMeeting ) adalah aplikasi VoIP dan video conference untuk GNOME , dan juga berjalan pada Windows . Ekiga menggunakan H.323 dan SIP protocol, dengan dukungan audio dan video codec , dan dapat dioperasikan dengan software SIP compliant dan juga dengan Microsoft NetMeeting .

Mudah digunakan dalam video call dengan kualitas Graphical User Interface yang bagus. Ekiga memungkinkan panggilan video call ke telepon rumah dan ponsel juga. Fitur menakjubkan Ekiga adalah bahwa hal itu memungkinkan untuk dapat melakukan Call Holding , Call Transfering dan Call Forwarding.

Komponen VoIPUntuk dapat melakukan komunikasi menggunakan VoIP dibutuhkan beberapa komponen pendukung. Beberapa komponen yang harus ada dalam VoIP, yaitu : 1. Protocol 2. VoIP Server 3. Soft Switch 4. SoftPhone (Software) 5. VoIP Gateway

Protocol Yang Digunakan VOIPSecara umum, terdapat dua teknologi yang digunakan untuk VoIP, yaitu H.323 dan SIP. H323 merupakan teknologi yang dikembangkan oleh ITU (International Telecommunication Union). SIP (Session Initiation Protocol) merupakan teknologi yang dikemb