Pemaknaan Perilaku, Bella Tamara, FIKOM, ?· kelas.” 8 142 b. Memiliki kuasa atas junior “ Iya...

download
  • date post

    10-Mar-2019
  • Category

    Documents
  • view

    244
  • download

    0

Embed Size (px)

transcript

Teamproject2017DonyPratidanaS.Hum|BimaAgusSetyawanS.IIP

Hak cipta dan penggunaan kembali: Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, selama anda mencantumkan nama penulis dan melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang serupa dengan ciptaan asli.

Copyright and reuse: This license lets you remix, tweak, and build upon work non-commercially, as long as you credit the origin creator and license it on your new creations under the identical terms.

Pemaknaan Perilaku..., Bella Tamara, FIKOM, 2017

Pemaknaan Perilaku..., Bella Tamara, FIKOM, 2017

Pemaknaan Perilaku..., Bella Tamara, FIKOM, 2017

Pemaknaan Perilaku..., Bella Tamara, FIKOM, 2017

Pemaknaan Perilaku..., Bella Tamara, FIKOM, 2017

No Tema dan invariant consituent Transkip wawancara

Halaman Baris

1. Bullying untuk menunjukkan kekuasaan

a. Memperoleh hormat dari junior Yah contohnya itu kayak dia biar kayak dia panggil hormat abang gitu kakak gitu, supaya pokoknya tingkah lakunya gak konyol di depan kakak kelas, sewenang-wenangnya dia gitu.

6 91-93

Gak pernah sih, paling cuman kalau di kantin saling berhadapan muka terus dia kayak agak hormat gitu. 7 106-107

Yah, tergantung perilaku dia, misalkan dia bener-bener takut sama kakak kelas dia bakal hormat, gak berperilaku konyol, tingkah laku gak seenaknya dia, ada yang suka konyol gitu lah.

7 112-114

Yah seneng, enak juga, dianya nurut sama kita, tunduk sama kakak kelas. 8 142

b. Memiliki kuasa atas junior Iya kayak gitu kayak punya kuasa gitu di sekolahan, pokoknya gitu deh 3 36

:Saya mah ke adek kelas lah kan dia itu kalau lihat kita kayak jagoan, jadi mau deket atau kuy bareng juga mikir dulu. 11 184-185

Seneng lah, kan saya memang bully ya buat di pandang kayak gitu, gimana sih kalau kelihatan kayak jagoan gitu. 11 187-188

Yah suka, kan kelihatan keren aja di mata adek kelas, kelihatan kuasanya gitu. 12 205-206

Yah menurut saya ya gitu aja, kan dia adek kelas, buktinya kita suruh-suruh dia kan mau ya, ya dari situ aja udah kelihatan kalau kakak kelas lebih berkuasa.

12 210-212

Kalau prestasi jujur saya itu orangnya bloon, jadi gak mungkin, saya itu yang saya bisa ya itu. Cuma hal di luar otaklah, yang gitu, 12 217-220

Pemaknaan Perilaku..., Bella Tamara, FIKOM, 2017

saya dengan bully ya itu saya bisa, yang bisa buat saya lakuin, hal yang gak perlu otak buat nunjukkin kuasa saya.

c. Memperoleh dukungan dari teman sebaya Ya teman-teman saya sih cukup mendukung juga walaupun begitu, mereka kan tahu kalau dihormatin cukup enak gitu. 6 102-103

.terus kan memang teman-teman juga ada yang suka bully 10 168

Yah sama kayak saya, paling mereka nyuruh-nyuruh ledek-ledek, paling sering pake kata-kata kasar. 10 175-176

Ada sih, tapi gak parah, paling didorong gitu atau ditepok gitu tapi kenceng. 10 178-179

Yah kayak biasa, kalau saya bully adek kelas, ada yang ikut ketawa, ada yang juga emang suka bully, udah gitu juga kan pada diem aja ya, yah menurut saya mereka ikut mendukung.

11 191-193

2 Hubungan yang tidak seimbang

a. Ingin dihormati dan ditakuti Agar dihormati, itu agar adek kelas itu ngehormatin kakak kelasnya 2 27

Ya menurut saya sih gitu soalnya kan dia bawahan dari kakak kelas 3 30

.biar supaya dia tunduklah, tunduk ke kakak kelas, supaya dia hormatin kakak kelas. 5 68-69

Yah biar dia hormat, pokoknya biar dia selalu takut sama kakak kelasnya, biar dia tunduk ke kakak kelasnya gitu. 7 116-117

Yah enak aja, saya bully itu kita biasa jadi ditakutin ya, dihormati, ya enak rasanya, seneng gitu ada yang takut sama kita. 9 155-156

:Yah gak bisa, beda level donk, kan tetep aja kita kakak kelas ya kalau mau nongkrong atau curhat gitu tetep harus ada aturannya lah, kayak dia harus sopan, hormat sama saya itu kan emang baru

13 226-229

Pemaknaan Perilaku..., Bella Tamara, FIKOM, 2017

namanya adek kelas sama kakak kelas.

b. Yang tidak hormat akan diincar :Engak lah, paling kayak cuman yang menurut saya dia berperilaku konyol nanti saya incar gitu, pokoknya mah yang berperilaku konyol depan kakak kelasnya gitu.

7 120-122

Iya, pokoknya kayak sok sok paling dewasa gitu. 7 124 Takut akan dilapor sehingga tidak ada permainan fisik

a. Perkataan kasar Yah masih bully, tapi di bilang bully pake kekerasan sih ngak, paling cuma dari perkataan ngeledekin doang supaya dia itu tunduk adek kelasnya.

4 60-61

Paling cuman kayak disuruh, nyuruh-nyuruh gitu, kalau ngeledek paling gitu ya gimana sih apa ya, ya gitu deh pokoknya diledekin. 4 63-64

Ya gitu, kayak suruh beliin minum, atau suruh dia jajanin saya gitu, biasa suruh pijitin. 8 126-127

Kayak misalkan dia gendut saya manggilnya babi, kalau dia jelek bisa pantat panci gitu. 8 129-130

Lu babi! Sini lu! Mending beliin gua makan sono, lu mah jangan makan, kasian entar perut lu meledak lagi. 8 132-133

b. Takut jika bermain fisik

Gak selama ini saya hanya kata-kata, kalau fisik saya juga agak takut, walaupun ngerinya saya masuk ruang BK gitu, dilaporin orangtua, selama ini saya cuma main perkatan biar cuma sakit hati gitu.

6 97-99

Yah takutlah, kan namanya orangtuakan pasti juga marah lihat saya kayak gini bully anak orang, pasti ada rasa kecewa juga, kan orangtua maunya kita sekolah yang bener, ini malah bertingkah kayak jagoan.

12 201-203

Master Table of Themes for the Group

Informan Pertama Informan M.S.

Pemaknaan Perilaku..., Bella Tamara, FIKOM, 2017

No Tema dan Invariant Constituent Transkip Wawancara Halaman

Baris

1. Bullying bukan hal yang asing a. Teman-teman yang melakukan

tindakan yang sama Kalau menurut gua sih di setiap sekolah pasti ada aja yang namanya bully bullyan ya, apalagi di sekolahan gua itu kalau untuk bully kalau bagi gua sendiri nih ngebully itu junior udah pasti lah.

15 262-264

Hampir rata-rata di situ memang suka ngebully lah, contoh kayak temen-temen gua ngebully juniornya gitu, ya kayak gitu lah, yah gua juga termasuk sih yang kayak tadi gua bilang contoh-contohnya kali ya gua sebutin contohnya ni namanya si ato, anggap lah si ato nih, ato sini lu, to lu bau ketek amat hah muke lu muke gile ye sini sini sini sini, lu gua gebukin lu ama gua lu yah kayak gitu

15 266-271

Yah semua tahu, hampir semua yah pasti semua ngebully lah, semu yang gua liatin sih kayak gitu, tapi ada aja yang gak ngebully, itu mah pasti anak-anak alim lah, anak-anak yang kutu buku, kalau gua sih yang agak frontal yah.

20-21

381-384

Yah hampir-hampir miriplah, tapi gak semua berandalan sih, paling geng-geng gua aja, agak urak-urakkan lah.

23 439-440

Gua itu kalau sama orangtua dididik keras sama orangtua gua, terus sedangkan lingkungan temen-temen gua yah lebih frontallah, bandel-bandel contohnya ya kayak minum, obat-obatan terlarang, tapi gua sedikit doing nyobain itu pernah, soalnya apa yah, ya biar taulah, ya gua kebawa-bawa aja sih sampe sekarang ya bandel.

23 433-437

Pemaknaan Perilaku..., Bella Tamara, FIKOM, 2017

b. Pernah mengalami hal yang sama Di bully sih pasti pernah sama senior, pernah contonya kayak gitu-gitu juga, yang gua alamin yah gua lepas-lepasin ke junior gua semua.

18 336-337

Yah kalau istilah katanya mah sih dendam lah dendam gitu. 18 339 Sebenarnya sih gak enak, itu kan kalau dibully, tapi kalau ngebully

mah pasti luar biasa enak. 19 342-343

c. Banyak saksi bisu Yah pastilah, orang dia ibarat saksi-saksi mata lah, saksi dalam kelas, pasti tahu semua lah.

21 386-387

Paling dia diem aja, paling engga yah kita ancem, pokoknya cukup tau aja lah kalau ibarat kata-kata mah

21 390-391

2 Bullying merupakan tindakan yang wajar a. Bullying merupakan hal yang

wajar Gimana yah, yang namanya bully bagi gua hal yang wajar di masa-masa sekolah,ibarat kata itu apa yah, hal lain selain menuntut ilmu.

24 454-455

Ya menurut gua wajarlah, bagi gua wajar, ya gimana ya, sekarang nih ya kalau diem-dieman kan kaku lah ya, mending kita awali sama bully, kan dengan bully kita bisa kenal satu sama lain gitu.

24 457-459

Iya, kalau menurut gua bully lebih ke positif, banyak positif. 25 463 b. Pelepasan emosi .kepuasannya yang kita dapet mah pasti ada aja, bawaannya

happy yah gitu aja lah. 19 343-344

Iya seneng, untuk hiburan ya kepuasan sendiri sih, yah contohnya dengan ngebully ibarat kata kalau misalnya ada masalah dengan kita ngebully selesai semua masalah kita, jadinya sih kita happy enjoy yah kayak gitu lah

18 327-329

Pemaknaan Perilaku..., Bella Tamara, FIKOM, 2017

Yah mungkin ada juga ya, kan kadang-kadang lagi bete gitu, ya misalkan gua ketahuan ngerokok ama orangtua gua ya gua bakal di omelinkan, nah biasanya gua jadi makin seneng bully, emosi bete jadi hilang.

24 450-452

c. Tidak memiliki rasa takut Kalau gua nih, kalau gua sih jujur gak takut sama sekali sama yang namanya kayak giu yah yang penting mah gua sekarang puas di masa-masa sekolah gua gitu, gua mah cuma pengen lah nyari kepuasan selain nyari ilmu yah, kepuasan tapi kalau sampai urusan yang kayak gitu udah pusing dah

17-18

320-324

3. Bullying sebagai jembatan pertemanan a. Dilakukan secara personal Kalau gua sih lebih ke personal ya, soalnya kenapa yah, yah lebih

enak aja gitu. 17 302