kayak gitu tapi dia gak pernah balas ¢â‚¬“oh iya...

download kayak gitu tapi dia gak pernah balas ¢â‚¬“oh iya gitu¢â‚¬â€Œ gak/ putus ... ... 110 ¢â‚¬“nah apa toh kak¢â‚¬â€Œ

of 47

  • date post

    30-Nov-2020
  • Category

    Documents

  • view

    0
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of kayak gitu tapi dia gak pernah balas ¢â‚¬“oh iya...

  • 109

    Lampiran 1

    (Transkip Wawancara Partisipan Pertama)

    Nama (Inisial) : AN

    Usia : 25 tahun

    Jenis Kelamin : Perempuan

    Pekerjaan : Mahasiswa

    Status : Kekerasan psikologis (diselingkuhi dan dibohongi)

    Ketrangan : P :Peneliti

    AN : Partisipan

    I Isi Wawancara K

    Wawancara Pertama

    Tempat wawancara : Halaman fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan/

    Selasa, 19 Februari 2019 (11.00-11.30)

    P Bagaimana cerita hubungan berpacaran mu? 1

    AN

    Pacar ku kan ini aa dia kan, kan aku pacaran sama pacar ku nih udah dari

    SMA kelas 2/ lalu kan ini pas aku pacaran SMA kelas 2 memang ada

    putusnya nyambung tapi biasa aja sih maksudnya kan karna ada

    permasalahan sepele aku orangnya kayak gimana ya egois mau dibilang

    egois juga gak/ udah lah kalau dicuekin kayak gitu ya udah aku putus aja

    kayak gitu tapi dia gak pernah balas “oh iya gitu” gak/ putus tapi gak resmi

    gitu jadi pas mau di sini-sini putus nyambung ya/ pas disini aku bulan eh

    tahun kemarin sekitar bulan juni kayak gitu lah/ ada dia selingkuh sama

    ada ditempatku juga toh ada kakak tingkat toh jadi dia itu kakak tingkat/

    dia kakak tingkat trus dekat juga sama aku lalu dia kan posting status

    inisial nama ini HR tapi aku feeling ku feeling nya tu langsung ke pacar ku

    ini nah kok bisa tapi gak mungkin lah gak mungkin kayak gitu lalu pas ini

    dia chating kan chat itu “dek kakak tu mau omong sesuatu tapi jangan

    marah ya” langsung aku bilang “apa kak gak apa-apa kak” kayak gitu

    “omong aja gak apa-apa kak” “tapi kamu jangan marah” kayak gitu-gitu

    2

    LAMPIRAN

  • 110

    “nah apa toh kak” nanti dikit lagi telpon lalu langsung dia bilang kata “dek

    sebenarnya kakak minta maaf” gitu-gitu “kakak tu pacaran sama cowo mu”

    gila itu uhhhhhhhhh aku tuh waduh kayak kesambet pokoknya sakit hati

    orang kalau nampar tu gak sadar tapi gak kerasa kalau orang nampar gitu

    jadi gak sadar gimana-gimana gak tau/ trus abis itu dia bilang gak aku oh

    iya kak aa tinggalkan saya toh misalnya saya pengen sendiri, wa pacar ku

    kenapa gini-gini pkoknya udah ancam trus dia bilang “mao omong tapi apa

    takut gitu” kan soalnya kan aku orang gimana ya kalau udah kayak gitu

    uhhahh meledak/ jadi pas itu langsung dia bilang “mao omong tapi takut”

    kayak gitu/ oh gitu jadi kan udah setia disini kenapa kamu pacar lain

    misalnya kan kalau gak bisa LDR ya udah kayak gitu ya udah sakit hati

    dan satu-satunya cara kan aku orangnya kalau orang sudah omong gitu

    kalau untuk cewe-cewe lain sih rata-rata disana tu dong (mereka) saling

    ancam mengancam gitu kalau beta tu seng jadi langsung kayak menutup

    diri trus tinggal dikamar nangis trus itu rasa langsung menghilang/

    pokoknya tapi semenjak satu hal itu tidak boleh liat pokoknya nama pun

    nda boleh namanya pun nda boleh rasanya tu langsung kayak sakit hati

    gitu, ihhh pengen cabik-cabik tapi gak bisa.

    P Sejak kapan mereka seperti itu? 3

    AN

    Katanya mereka pacaran udah 4 bulan baru ketahuan mereka omong kan,

    oh jadi gitu biasa-biasa aja oh eh ya udah menghilang, menghilang tu

    menghilang dari medsos, kalau tau itu dari bulan juli/ pas tau itu langsung

    sa putusin/ trus sa menghilang dari medsos itu sampai tanggal 1 desember

    baru sa muncul, trus baru itu hanya pake, sa kan ganti nomor juga, sa ganti

    nomor trus saya tutup media sosial jadi pas saya pake wa mereka pas 1

    desember ni sa kirain sakit hati bakalan hilang pada hal nda, saya semakin

    tersiksa/ jadi pokoknya mereka tu kan masukin saya ada di grup pemuda

    pelajar toh, jadi ada namanya jadi sa keluar, pokoknya sa sensitif sekali,

    jadi mau blokir juga di FB nanti mereka bilang kayak anak kecil nda

    dewasa jadi saya tutup, jadi saya tidak pake instagram, saya tidak tahu cara

    blokir, sa hapus itu foto-foto semuanya, jadi udah mau masukin-masukin

    4

  • 111

    password supaya salah-salah toh jadi keblokir gitu tapi nda bisa ya sudah

    cewenya itu cari beta untuk minta maaf dah, sa tu orangnya kalau udah

    benci orang nda bisa, jadi salah satu solusinya menurut beta tu menghilang

    dari dunia medsos dan tidak boleh ketemu itu perempuan

    P Apakah salah satu dari mereka pernah hubungin kamu? 5

    AN

    Waktu itu cewenya mau dekat toh “haii dek gimana kabarnya” “baik kak”

    udah itu aja/ tapi mau chating dia itu kayak mau rasa benci/ kalau dari

    mantan cowo ku minta maaf gitu-gitu kan tapi udah lah io sudah apa sudah

    terlanjur toh misalnya tak usah lai/ maksudnya kan apa dia cuman apa ya

    kayak pacaran main-main aja gitu dengan itu cewe tapi serius sama saya

    gitu dong kata “gila kow” kayak gitu saya bilangnya “ishh gila ko ini”

    “nda” lalu ya sudah apa kan keluarga ku keluarga nya kan sudah tau saya

    toh, saya minta putus, mamanya tu langsung telpon, jadi waktu kita ada

    masalah tu mamanya masuk juga gitu, jadi maksudnya bukan masuk ikut

    campur tapi kayak nepon kenapa gini-gini kayak gitu

    6

    P Bagaimana dengan mantan mu? 7

    AN

    Dia sempat minta balikan tapi aku gak mau/ sempat 5 kali aku langsung

    bilang “nda usah lae” maksudnya kan udah ini kan memang awalnya kan

    selingkuhnya biasa-biasa aja cuman memang sakit tapi ini lebih sakit, sakit

    sekali maksudnya kan ya kan sudah ku bilang dari awal toh, aku tuh

    orangnya ya nda apa-apa aku ngerti kalau LDR kayak gimana-gimana, nda

    apa-apa tapi aku maunya tau nya dari dia yang omong langsung ke saya

    jangan orang lain duluan itu lebih bahaya jadi pernah kan aku bilang kan,

    saya juga pernah bilang “jangan pernah ada orang lain duluan ke saya” itu

    pasti masalahnya pasti lebih besar kayak gitu trus dia bilang “oh ya sudah”

    pada hal dia kan udah tau kalau kayak gitu tapi dilanggar, mungkin dia

    mau coba-coba mencobai saya/ trus abis itu kemarin dia punya pacar, trus

    pacarnya tu dm di intagram, langsung karena aku emosi “saya tidak akan

    pernah ambil pacarmu, pacarmu yang kejar-kejar saya” saya bilang gitu,

    dia bilang “jangan pernah hubungi pacarku lagi” ya sudah saya bilang

    kayak gitu/ langsung itu cowo marah diantara semua mantan-mantanya itu

    8

  • 112

    pacarnya yang sekarang hubungi itu biasa aja tapi kalau saya itu “jangan

    hubungi dia, jangan sentuh-sentuh dia” kayak gitu/ pernah mau sempat ku

    hubungi tapi udah ku blokir sih

    P Bagaimana dengan perasaan mu setelah tau kamu dibohongi? 9

    AN

    Galau sakit hati oh tidak bisa dijelaskan, sakit banget ya ampun, marah trus

    nangis pokoknya kayak gimana-gimana ee/ saya luapkan amarah ya nangis

    trus jalan/ hapus-hapus foto, pokonya hapus semua, hapus chating,

    pokoknya kan suka di screnshot2 gitu itu aku hapus trus ganti kontak, trus

    hapus no nya kan, pokoknya dia kan mau makan atau apa gitu kan foto ku

    hapus semuanya, adiknya berteman dikontak saya hapus semuanya, nda ku

    blokir sih mereka bisa hubungin aku tapi aku hapus nomonya, maksudnya

    mereka yang duluan hubungi saya duluan saja, karena kan aku udah gak

    sama kakaknya jadi komunikasinya dibatesin aja kayak gitu.

    10

    P Bagaimana dengan perasaan yang lain kamu rasakan juga? 11

    AN

    Jengkel ada, sakit hati puji tuhan udah berkurang masih ada dikit dan aku

    orangnya pendendam/ jadi aku tu putusnya, mungkin aku orangnya susah

    move on dari dia mungkin karena udah lama kali ya/ itu kalau putus itu

    balikannya kan lama, kan aku menata hati ku, jadi kan aku kayak

    lampiaskan dengan cara pacaran sama orang lain yang teman dekatnya,

    tapi bertahanya cuman paling 2 minggu nggak sampe satu bulan kayak gitu

    trus udah langsung putus kayak gitu/ orang-orangnya disana juga/ jadi aku

    balas dendam gitu, jadi kan kalau dia selingkuh gitu udah putus, nanti

    pacaran sama teman dekatnya gitu, jadi kalau teman dekatnya dekat trus

    kayak nyaman, mungkin nyaman sesaat kali ya, ya udah tapi bertahannya 2

    minggu nggak 1 bulan/ trus biar dia (mantan pacarnya) merasakan sakit

    hati yang sama saya rasakan kayak gitu/ itu ku lakukan setelah dia

    selingkuh sih, sebelumnya sih gak/ pacaran melampiaskan udah tiga kali

    dan putusnya karna hal sepele, jadi bagi aku putus nyambung udah biasa

    aja sih, soalnya kita gak putus serius sampe gimana, soalnya dia tau aku

    orang kayak gimana kan, aku orang emosional jadi kalau misalnya

    dihubungan kita itu putus itu bukan putus yang beneran gitu, putus keluarin

    12

  • 113

    emosi jadi kayak keluarin kata-kata kasar, nah gitu aja gak yang gimana-

    gimana gitu

    P Bagaimana dengan perlakuan dia selama berpacaran? 13

    AN

    Perlakuan dia selama pacaran baik sih, gak kasar, gak kasar fisik/ tapi itu

    aku kaget pas yang selingkuhan/ kalau yang kata-kata kasar mungkin aku

    yang mulai duluan bentak-bentak gitu sih “ih nananananan ya udah”

    cuman nadanya yang tinggi sih/ kalau ngintimidasi gak pernah kayak

    ngancam-ngancam gak pernah

    14

    P Emosi seperti apa yang kamu alami setelah tau dia sepert