Pedlak Sapi Potong Penggemukan 2015

download Pedlak Sapi Potong Penggemukan 2015

of 90

description

Pedoman Umum Kementerian Pertanian Direktoran Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan

Transcript of Pedlak Sapi Potong Penggemukan 2015

  • KEMENTERIAN PERTANIAN

    REPUBLIK INDONESIA

    DIREKTORAT PAKAN TERNAK

    DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN

    DAN KESEHATAN HEWAN

    PEDOMAN PELAKSANAAN

    TAHUN 2015

    PENGUATAN PAKAN

    SAPI POTONG PENGGEMUKAN

  • iPedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    KATA PENGANTAR

    Pola pemeliharaan sapi potong di Indonesia 98% dilakukan secara tradisional oleh peternak dengan skala usaha kecil (pemilikan 2-3 ekor/keluarga).

    Intervensi pemerintah dibidang pakan dalam usaha penggemukan sangat dibutuhkan, karena dari hasil survey karkas yang telah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menunjukkan bahwa 85% ternak sapi potong yang dipelihara oleh peternak dalam kondisi sedang dan kurus, 30% berumur tua dan bobot potong 50 kg dibawah potensi sebenamya.

    Untuk itu melalui kegiatan penguatan pakan sapi potong penggemukan diharapkan bisa mendapatkan bobot potong yang lebih optimal yang selanjutnya dapat meningkatkan penyediaan daging.

    Pedoman pelaksanaan ini merupakan acuan bagi pelaksana kegiatanpenguatan pakan sapi potong penggemukan baik di pusat, daerah serta bagi petugas pendamping dan kelompok penerima kegiatan ini.

    Jakarta, Januari 2015

    DIREKTUR JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN

    Ir. Syukur Iwantoro, MS, MBA

  • iiiPedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    DAFTAR ISI

    KATA PENGANTAR ....................................................................... iDAFTAR ISI ................................................................................... iiiDAFTAR LAMPIRAN ..................................................................... iv

    BAB I PENDAHULUAN ............................................................. 11. Latar Belakang .......................................................... 12. Tujuan ....................................................................... 23. Sasaran ..................................................................... 24. Keluaran .................................................................... 3

    BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN ........................................... 51. Prinsip Pelaksanaan ................................................ 52. Pelaksana ................................................................. 73. Lokasi Kegiatan......................................................... 114. Kriteria Kelompok Penerima ..................................... 125. Pemanfaatan Dana ................................................... 136. Tahap Pelaksanaan................................................... 14

    BAB III INDIKATOR KEBERHASILAN ......................................... 19

    BAB IV PENDAMPINGAN dan PEMANTAUAN .......................... 21

    BAB V PELAPORAN ................................................................... 23

    BAB VI PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN ......... 25

    BAB VII PENUTUP ........................................................................ 29

    LAMPIRAN .................................................................................... 31

  • iv Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    DAFTAR LAMPIRAN

    Lampiran-1 Rencana Target dan Lokasi Kegiatan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015 ....... 33Lampiran-2 Laporan Triwulan Penguatan Pakan Sapi Potong

    Penggemukan Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota TA. 2015 .................................................................... 36Lampiran-3 Kartu Record ............................................................. 37Lampiran-4 Jenis Rumput dan Legum serta Cara Perbanyakannya .... 41Lampiran-5 Penggemukan Sapi Potong ..................................... 42Lampiran-6 Budidaya Kebun Rumput .......................................... 49Lampiran-7 Cara Penanaman Rumput Unggul dan Legume ....... 55Lampiran-8 Cara Panen Rumput dan Legume ............................ 58Lampiran-9 Jenis Benih/Bibit Hijauan Pakan Ternak ................... 61

  • 1Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    PEDOMAN PELAKSANAANPENGUATAN PAKAN SAPI POTONG PENGGEMUKAN

    TAHUN 2015

    BAB I PENDAHULUAN

    1. Latar Belakang

    Daging sapi merupakan komoditi pangan asal ternak yang strategis karena ternak sapi potong dipelihara oleh 6,2 Juta rumah tangga peternak (PSPK, 2011). Peningkatan jumlah penduduk di perkotaan dan pendapatan masyarakat kelas menengah merupakan segmen utama dalam peningkatan konsumsi daging sapi, sementara masyarakat lainnya beberapa waktu terakhir ini cenderung mengubah pola konsumsi daging kepada daging unggas akibat terus meningkatnya harga daging sapi di pasaran.

    Salah satu program utama yang sudah dicanangkan oleh Kementerian Pertanian adalah program pencapaian swasembada daging sapi/kerbau, tahun 2014 (PSDSK-2014) merupakan tekad bersama dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan asal ternak berbasis sumberdaya lokal. Dengan mempertimbangkan beberapa hal, terutama sudah semakin tipisnya gap antara permintaan daging sapi dengan ketersediaannya di dalam negeri, maka program PSDSK akan dilanjutkan sampai tahun 2015. Pencapaian target swassembada merupakan dambaan seluruh masyarakat, agar kita tidak lagi tergantung kepada impor daging dan sapi bakalan, sehingga Indonesia menjadi negara berdaulat pangan asal ternak.

  • 2 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Upaya pencapaian target swasembada daging sapi akan dilakukan dengan peningkatan populasi dan peningkatan produktifitas ternak. Pola pemeliharaan sapi di Indonesia 98% dilakukan secara tradisional oleh peternak dengan skala usaha kecil (pemilikan 2-3 ekor/keluarga). Hasil survey karkas yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menunjukkan bahwa 85% ternak sapi potong yang dipelihara oleh peternak tersebut ada dalam kondisi sedang dan kurus; sekitar 30 % berumur tua; dan bobot potong 50 kg di bawah potensi sebenarnya.

    Melihat fakta tersebut, pemerintah mempertimbangkan untuk melakukan beberapa upaya terobosan agar sapi yang akan dipotong dapat mencapai berat yang optimal melalui kegiatan penguatan pakan sapi potong penggemukan yang diberikan selama satu siklus penggemukan.

    2. Tujuan

    Tujuan dari kegiatan penguatan pakan sapi potong Penggemukan :

    a. Meningkatkan penyediaan pakan yang berkualitas pada ternak sapi potong penggemukan.

    b. Meningkatkan produktivitas ternak melalui penguatan pakan yang sesuai dengan standar dan kebutuhan hidup ternak.

    3. Sasaran

    Sasaran dari kegiatan penguatan pakan sapi potong penggemukan adalah:

    a. Meningkatnya penyediaan pakan berkualitas pada ternak sapi potong penggemukan sejumlah 20.500 ekor

  • 3Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    b. Meningkatnya produktivitas ternak melalui penyediaan penguatan pakan sesuai dengan standar dan kebutuhan ternak pada 410 kelompok ternak sapi potong penggemukan

    4. Keluaran

    Keluaran kegiatan penguatan pakan sapi potong penggemukan adalah :

    a. Tersedianya pakan sapi potong penggemukan sejumlah 13.530 Ton untuk 20.500 ekor di 410 Kelompok

    b. Adanya peningkatan rata-rata pertambahan bobot badan hidup sesuai dengan jenis sapi, yaitu :

    Sapi lokal/Bali : rata rata 0,6 0,8 kg/ekor/hari Sapi lokal (PO) : rata rata 0,8 kg/ekor/hari

    Sapi persilangan : rata rata 1,2 kg/ ekor/hari

  • 5Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    BAB IIPELAKSANAAN KEGIATAN

    1. Prinsip Pelaksanaan

    a. Penguatan pakan sapi potong penggemukan adalah penyediaan pakan berkualitas berupa pakan konsentrat dan HPT pada kelompok/ gabungan kelompok peternak sapi potong penggemukan.

    b. Jenis dan jumlah pakan konsentrat yang diberikan kepada peternak yaitu pakan konsentrat sapi potong penggemukan, dengan jumlah pemberian sesuai dengan kebutuhan jenis ternak.

    c. Penguatan pakan diberikan pada 50 ekor sapi potong penggemukan per kelompok/gabungan kelompok, dengan kisaran umur 1,5 2,5 tahun, dan kisaran bobot badan awal sesuai dengan jenis sapi yaitu :

    Sapi Lokal/Bali : minimal 180 kg

    Sapi PO : minimal 200 kg

    Sapi Persilangan : minimal 300 kg

    d. Dengan adanya penguatan pakan, peternak mensubstitusi pakan yang biasa digunakan oleh peternak, sehingga terjadi peningkatan penggunaan pakan yang berkualitas.

    e. Kelompok yang dapat menerima penguatan pakan adalah kelompok peternak/gabungan kelompok peternak yang mempunyai ternak sapi potong penggemukan sebagai usaha, dan diutamakan yang merupakan kelompok binaan SMD (Sarjana Membangun Desa), yang cukup berkembang usahanya.

  • 6 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    f. Pakan konsentrat diadakan oleh Satker Daerah (Provinsi/ Kabupaten/ Kota), kemudian didistribusikan sesuai kebutuhan kelompok.

    g. kelompok peternak / gabungan kelompok peternak melakukan pencatatan antara lain : identitas ternak, pemberian pakan, dan pertambahan bobot badan hidup, sebagai bahan evaluasi pencapaian indikator kegiatan.

    h. Sebagai salah satu persyaratan keberhasilan kegiatan, kelompok peternak/gabungan kelompok peternak menyediakan pakan hijauan yang berkualitas dengan melakukan pengolahan lahan, penanaman, dan pemeliharaan serta pemanenan.

    i. Pengawasan mutu pakan dilakukan oleh pengawas mutu pakan/petugas pengawas mutu pakan di provinsi/ kabupaten/ kota agar pakan yang didistribusikan ke kelompok peternak /gabungan kelompok peternak sesuai dengan yang dipersyaratkan.

    j. Pendampingan dan pemantauan serta evaluasi dilakukan oleh tim pusat, tim daerah dan dapat melibatkan komisi ahli pakan atau instansi terkait lainnya jika diperlukan.

    k. Dengan bervariasinya kondisi di masing-masing daerah, petunjuk pelaksanaan/petunjuk teknis yang dikeluarkan dapat disesuaikan dengan kearifan lokal, dengan tetap mengutamakan tercapainya sasaran kegiatan dalam meningkatkan produksi daging sapi.

    l. Agar kegiatan dilaksanakan dengan cermat, memegang prinsip kehati-hatian, dan menghindari praktek kolusi korupsi dan nepotisme (KKN).

  • 7Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    2. Pelaksana

    a. Pusat

    Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, dalam hal ini Direktorat Pakan Ternak selaku penanggung jawab kegiatan mempunyai tugas :

    1) Membuat pedoman pelaksanaan;

    2) Melakukan sosialisasi kegiatan;

    3) Melakukan koordinasi dengan pihak terkait;

    4) Melakukan pendampingan dan pemantauan;

    5) Melakukan evaluasi.

    b. Provinsi

    Dinas Peternakan atau Dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan provinsi yang merupakan satuan kerja (satker) dari kegiatan ini, mempunyai tugas :

    1) Melakukan koordinasi dengan pihak/ instansi terkait di pusat/ provinsi/ kabupaten/ kota;

    2) Menyusun petunjuk pelaksanaan (juklak) yang merupakan penjabaran dari pedoman pelaksanaan yang berisi antara lain :

    Pola usaha penggemukan,

    Jenis dan spesifikasi pakan yang akan diadakan,

    Tahapan pelaksanaan,

    Pengelolaan administrasi kelompok,

    Sistem Pengendalian Intern, dll.

  • 8 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    3) Membentuk tim teknis/ tim pembina provinsi;

    4) Melakukan verifikasi kelompok berdasarkan hasil CP/CL yang dilakukan oleh Kabupaten/ Kota;

    5) Menetapkan lokasi dan kelompok penerima, berdasarkan usulan tim teknis yang ditetapkan dengan Surat Keputusan pejabat yang berwenang;

    6) Melaporkan lokasi dan kelompok penerima kepada Direktorat Pakan Ternak;

    7) Melakukan pengadaan barang (Pakan Konsentrat) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dalam pengadaan pakan tersebut antara lain harus memenuhi hal-hal sebagai berikut :

    Memiliki hasil pengujian mutu pakan dari lab terakreditasi, dengan jenis parameter pengujian minimal yaitu : Kadar Air (maksimal 14%), Kadar Protein Kasar (minimal 13%) Abu (maksimal 12%), Lemak Kasar (maksimal 7%) dan Neutral Detergent Fiber (NDF) (maksimal 37%);

    Harus diberi tanda khusus pada kemasan seperti PAKAN PESANAN KHUSUS DILARANG DIPERJUALBELIKAN ;

    Produsen pakan harus melaporkan produksinya ke dinas peternakan atau dinas yang membidangi fungsi peternakan provinsi/ kabupaten/ kota dengan tembusan ke Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan c.q Direktorat Pakan Ternak; dan

    Mengutamakan penggunaan bahan pakan lokal

    8) Melakukan serah terima barang kepada masyarakat/ kelompok sesuai dengan peraturan yang berlaku

  • 9Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    9) Melakukan pendampingan, pemantauan dan evaluasi;

    10) Membuat dan mengirimkan laporan ke Direktorat Pakan Ternak sesuai dengan format terlampir.

    c. Kabupaten/ Kota

    Dinas Peternakan atau Dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten/Kota yang merupakan satuan kerja (satker) dari kegiatan ini, mempunyai tugas :

    1) Melakukan koordinasi dengan pihak/ instansi terkait di pusat/ provinsi/ kabupaten/ kota;

    2) Menyusun petunjuk pelaksanaan/ teknis (juklak/juknis) yang berisi antara lain :a. Pola usaha penggemukan,b. Jenis dan spesifikasi pakan yang akan diadakan,c. Tahapan pelaksanaan,d. Pengelolaan administrasi kelompok,

    e. Sistem Pengendalian Intern,dll.

    3) Membentuk tim teknis;

    4) Melakukan verifikasi kelompok berdasarkan hasil CP/CL yang dilakukan oleh tim teknis;

    5) Menetapkan lokasi dan kelompok penerima, berdasarkan usulan tim teknis yang ditetapkan dengan Surat Keputusan pejabat yang berwenang;

    6) Melaporkan lokasi dan kelompok penerima kepada Dinas Peternakan Provinsi dan Direktorat Pakan Ternak;

    7) Melakukan pengadaan barang (pakan konsentrat) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dalam pengadaan pakan

  • 10 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    tersebut antara lain harus memenuhi hal-hal sebagai berikut :

    Memiliki hasil pengujian mutu pakan dari laboratorium terakreditasi, dengan jenis parameter pengujian minimal yaitu : Kadar Air (maksimal 14%), Kadar Protein Kasar (minimal 13%) Abu (maksimal 12%), Lemak Kasar (maksimal 7%) dan Neutral Detergent Fiber (NDF) (maksimal 37%);

    Harus diberi label khusus pada kemasan seperti PAKAN PESANAN KHUSUS DILARANG DIPERJUALBELIKAN;

    Produsen pakan harus melaporkan produksinya ke dinas peternakan atau dinas yang membidangi fungsi peternakan Provinsi/Kabupaten/Kota dengan tembusan ke Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan c.q Direktorat Pakan Ternak;

    Mengutamakan penggunaan bahan pakan lokal.

    8) Melakukan serah terima barang kepada masyarakat/ kelompok sesuai dengan peraturan yang berlaku;

    9) Melakukan pendampingan, pemantauan dan evaluasi;

    10) Membuat dan mengirimkan laporan ke Dinas Peternakan Provinsi dengan tembusan ke Direktorat Pakan Ternak sesuai dengan format terlampir.

    d. Kelompok

    Kelompok penerima adalah kelompok yang telah diseleksi dan diverifikasi oleh tim teknis dan ditetapkan oleh pejabat yang berwenang.

    Kelompok mempunyai kewajiban :

    1) Menyusun rencana kebutuhan kelompok (RKK) dibantu oleh tim teknis kabupaten/ kota / petugas lapang yang melaksanakan fungsi peternakan setempat.

  • 11Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    2) Menerima dan mendistribusikan pakan ke anggota sesuai dengan jadwal dan RKK;

    3) Menyediakan pakan hijauan berkualitas selama program kegiatan diberikan;

    4) Melaksanakan kegiatan peningkatan pengetahuan peternak di kelompok;

    5) Melakukan pembenahan pembukuan/ pencatatan ternak/ administrasi kelompok;

    6) Melakukan pencatatan terhadap pemberian pakan dengan menggunakan format yang telah ditetapkan dalam pedoman ini;

    7) Melakukan penimbangan sapi untuk mengetahui bobot awal dan pertambahan bobot badan hidup setiap bulan 1 (satu) kali;

    8) Bersedia tidak menjual sapi potong yang mendapatkan penguatan pakan sampai dengan program selesai;

    9) Bersama dengan petugas lapang membuat dan mengirimkan laporan ke Dinas Kabupaten/ kota dengan tembusan ke Provinsi.

    3. Lokasi Kegiatan

    Lokasi kegiatan penguatan sapi potong penggemukan diprioritaskan pada lokasi :

    - Sentra sapi potong,

    - Cukup tersedia lahan untuk penyediaan sumber hijauan pakan ternak yang berkualitas, dan

    - Mempunyai akses pasar / pembeli / Rumah Potong Hewan (RPH).

  • 12 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Target kegiatan penguatan pakan sapi potong penggemukan pada tahun 2015 dialokasikan pada 410 lokasi di 14 Provinsi sebagaimana tercantum pada Lampiran-1.

    4. Kriteria Kelompok Penerima

    Kriteria kelompok penerima adalah :

    Kelompok peternak / gabungan kelompok peternak yang masih aktif dan terdaftar di Dinas Peternakan atau dinas yang melaksanakan fungsi peternakan di tingkat Kabupaten/Kota dan Badan Penyuluhan setempat;

    Mempunyai struktur organisasi, tertib administrasi dan aktif menjalankan usahanya;

    Anggota kelompok mempunyai sapi potong penggemukan dalam usahanya;

    Dalam mengusahakan ternaknya diutamakan secara berkoloni

    Kelompok peternak/gabungan kelompok peternak berkomitmen untuk menanam HPT berkualitas (rumput dan atau leguminosa). Apabila ternak sudah mulai digemukkan sebelum HPT yang ditanam bisa menghasilkan/berproduksi, maka kelompok berkewajiban memberikan HPT secara swadaya terlebih dahulu sesuai kebutuhan sapi yang dimilikinya.

    Dapat mengakses pasar/ diakses oleh pembeli/ RPH;

    Mempunyai potensi untuk dikembangkan lebih lanjut;

    Diutamakan kelompok binaan SMD (Sarjana Membangun Desa) setempat; dan

    Bersedia diarahkan dan dibina oleh tim Pembina/ Pendamping dari dinas provinsi/kabupaten/kota untuk pengembangan usaha sapi potong penggemukan.

  • 13Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    5. Pemanfaatan Dana

    Pemanfaatan dana kegiatan penguatan pakan sapi potong penggemukan, sesuai dengan DIPA masing-masing Satker, yaitu :

    a. Pengadaan Pakan Konsentrat

    Pengadaan pakan konsentrat disesuaikan dengan rencana kebutuhan kelompok dan anggaran. Rencana Kebutuhan Kelompok berdasarkan jenis dan jumlah ternak yang dipelihara oleh kelompok dalam satu siklus penggemukan. yaitu :

    - Sapi Lokal/Bali diberikan pakan konsentrat 4 kg/ekor/hari selama 165 Hari

    - Sapi PO diberikan pakan konsentrat 5 kg/ekor/hari selama 132 Hari

    - Sapi Persilangan diberikan pakan konsentrat 6 kg/ ekor/hari selama 120 Hari

    b. Penyediaan Pakan Hijauan

    Penyediaan pakan hijauan akan diperkuat dengan kegiatan penanaman HPT berkualitas (rumput dan/ atau leguminosa), kegiatan meliputi : pengadaan bibit HPT (stek/pols), pengadaan pupuk (organik dan/kimia), pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan, dan pemanenan. Pengadaan bibit sebanyak 20.000 stek setara untuk penanaman rumput gajah dengan luas 2 Ha (tidak harus dalam satu hamparan). Pelaksanaan kegiatan penyediaan hijauan agar mempertimbangkan musim/ketersediaan air

  • 14 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    c. Pengadaan peralatan dan mesin

    Pengadaan peralatan dan mesin disesuaikan dengan kebutuhan kelompok. Alat yang diadakan antara lain mesin chopper (1 unit) dan timbangan ternak digital lengkap dengan kandang jepit (1 unit). Apabila pada kelompok sudah memiliki alat chopper atau timbangan, maka dapat diganti dengan peralatan lain penunjang pakan.

    d. Operasional Dana operasional kelompok antara lain dapat digunakan

    untuk:

    1) Pengadaan vitamin, mineral, dan obat cacing untuk sapi potong;

    2) Pengadaan pita ukur / tongkat ukur (apabila diperlukan);

    3) Pelaksanaan peningkatan kemampuan peternak di kelompok;

    4) Penambahan fasilitas penyimpan pakan (misal : pembelian pallet);

    5) Biaya penandaan ternak;

    6) Biaya administrasi kelompok dipergunakan untuk pembelian alat tulis kantor, foto copy, pembuatan laporan kelompok dll.

    6. Tahap PelaksanaanTahapan pelaksanaan kegiatan penguatan pakan sapi potong penggemukan pada tahun 2015 meliputi :

    a. Persiapan Untuk mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan ini diperlukan

    berbagai persiapan oleh pusat dan daerah provinsi/ kabupaten/ kota sebagai berikut :

  • 15Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    1) Perencanaan Operasional

    Kegiatan penguatan pakan sapi potong penggemukan dituangkan di dalam pedoman pelaksanaan dan petunjuk pelaksanaan / petunjuk teknis.

    2) Sosialisasi kegiatan

    Sosialisasi kegiatan penguatan pakan sapi potong penggemukan dilaksanakan oleh tim pusat dan tim daerah pada kelompok penerima.

    b. Pembentukan Tim Pusat

    1) Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan, perlu dibentuk tim pusat oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

    2) Tim pusat terdiri dari unsur perwakilan sekretariat dan Direktorat teknis lingkup Ditjen PKH.

    3) Tugas Tim pusat meliputi kegiatan persiapan operasional, sosialisasi kegiatan, pendampingan dan pemantauan serta evaluasi pelaporan kegiatan.

    4) Dalam melakukan tugasnya, tim pusat berkoordinasi dengan tim di daerah provinsi dan kabupaten/ kota.

    c. Pembentukan Tim Teknis

    1) Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan, perlu dibentuk tim teknis (tim CP/CL dan Verifikasi) oleh Dinas Peternakan atau dinas yang membidangi fungsi peternakan dan keswan provinsi/ kabupaten/ kota sesuai satker yang bertanggung jawab terhadap kegiatan ini.

    2) Tim teknis terdiri dari unsur Dinas Peternakan provinsi/kabupaten/kota dan petugas lapang di lokasi kelompok

  • 16 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    (misal KCD/mantri tani/petugas pakan/ penyuluh) dapat juga melibatkan pihak perguruan tinggi setempat.

    3) Tim teknis bertugas dan bertanggungjawab terhadap kegiatan, mulai dari proses identifikasi dan seleksi (CP/CL), melakukan verifikasi kelompok berdasarkan hasil CP/CL yang dilakukan oleh Kabupaten/Kota, mengusulkan lokasi dan kelompok penerima berdasarkan hasil verifikasi kepada pejabat yang berwenang dan melakukan pendampingan dan pemantauan

    d. Pelaksanaan Kegiatan :

    1) Proses CP/CL dilakukan oleh tim teknis di kab/kota.

    2) Verifikasi dilakukan oleh tim teknis di satker.

    3) Penetapan lokasi/kelompok peternak terpilih.

    4) Workshop/ sosialisasi dilakukan di satker/ provinsi.

    5) Pengadaan pakan dilakukan oleh satker daerah (Prov/ Kab).

    6) Pendistribusian pakan ke kelompok peternak.

    7) Pelaksanaan pemberian pakan konsentrat di kelompok peternak selama kurang lebih 120 -165 hari sesuai dengan jenis ternak.

    8) Peternak dan kelompok masing-masing membuat pelaporan sesuai format.

    9) Pelaksanaan peningkatan kemampuan peternak di kelompok.

    10) Pengelolaan administrasi kelompok.

    11) Pengawasan mutu pakan dilakukan oleh pejabat fungsional pengawas mutu pakan/ petugas pengawas mutu pakan yang ditunjuk oleh dinas setempat.

  • 17Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    12) Pendampingan dan pemantauan dilakukan oleh tim pusat, tim provinsi dan kab/ kota minimal 2 kali (pada saat awal program dan akhir program).

    13) Melakukan serah terima barang kepada masyarakat/ kelompok sesuai peraturan yang berlaku.

    14) Evaluasi kegiatan dilakukan oleh tim pusat dan daerah.

    15) Pelaporan kegiatan oleh daerah dan pusat.

    16) Tata cara pelaksanaan kegiatan mengikuti peraturan/ketentuan yang berlaku pada tahun 2015.

  • 19Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    BAB IIIINDIKATOR KEBERHASILAN

    Indikator keberhasilan dari kegiatan penguatan pakan sapi potong penggemukan antara lain :

    1. Pemberian pakan yang berkualitas (PK min 13 %, NDF Maks 37%)

    2. Pertambahan Bobot Badan Hidup Sapi Potong Sebagai berikut :

    Sapi Lokal/Bali : rata rata 0,6 0,8 kg/ekor/hari

    Sapi lokal (PO) : rata rata 0,8 kg/ekor/hari

    Sapi persilangan : rata rata 1,2 kg/ ekor/hari

    3. Penjualan sapi didasarkan atas bobot badan hidup melalui penimbangan.

  • 21Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    BAB IVPENDAMPINGAN dan PEMANTAUAN

    1. Pendampingan dan pemantauan dilakukan pada tahun berjalan, dilaksanakan secara terkoordinasi antar instansi oleh Tim Pusat dan Tim daerah terhadap pelaksanaan kegiatan sesuai indikator yang telah ditetapkan.

    2. Pengawasan langsung maupun tidak langsung harus dilakukan oleh Dinas Peternakan atau yang membidangi fungsi peternakan di daerah.

    3. Dalam pengawasan pakan yang diadakan dalam kegiatan penguatan pakan sapi potong dilakukan penilaian kualitas pakan. Penilaian kualitas dalam pengawasan dapat dilakukan secara fisik maupun uji laboratorium. Ketidaksesuaian kualitas pakan akan ditindak lanjuti sesuai peraturan dan perundangan bidang pakan.

    4. Hasil pencapaian indikator kegiatan agar dianalisa dan dievaluasi menggunakan indikator yang telah ditetapkan dan dilaporkan ke Direktorat Pakan Ternak.

    5. Direktorat Pakan Ternak melakukan evaluasi pada akhir pelaksanaan program. Hasil evaluasi akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk penentuan program selanjutnya.

  • 23Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    BAB VPELAPORAN

    1. Pelaporan sangat diperlukan untuk mengetahui kemajuan kegiatan dan sebagai tolok ukur Direktorat Pakan Ternak untuk penilaian dan keberlanjutan kegiatan di provinsi/ kabupaten/ kota.

    2. Dinas Peternakan atau Dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan provinsi/kabupaten/kota agar membuat laporan setiap 3 (tiga) bulan sekali/triwulan dan mengirimkannya ke Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan up. Direktur Pakan Ternak (Lampiran-2) pada bulan Maret, Juni, Oktober dan Desember 2015.

    3. Laporan ke Direktorat Pakan Ternak dapat dikirim melalui email : [email protected]

  • 25Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    BAB VIPENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN

    Sistem Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

    Untuk memberikan keyakinan memadai bahwa pelaksanaan kegiatan penguatan pakan sapi potong penggemukan telah sesuai dengan tujuan dan sasaran kegiatan, maka pusat dan satker pelaksana di daerah melakukan pengendalian Kegiatan Penguatan pakan sapi potong Penggemukan melalui penerapan 5 (lima) unsur SPI yaitu : (1) Lingkungan Pengendalian, (2) Penilaian Risiko, (3) Kegiatan Pengendalian, (4) Informasi dan Komunikasi dan (5) Pemantauan.

    Identifikasi resiko menjadi salah satu hal penting dalam penerapan unsur SPI. Dalam pelaksanaan Kegiatan Penguatan pakan sapi potong Penggemukan beberapa daftar resiko berdasarkan tahapan pelaksanaan telah diidentifikasi sebagai antisipasi untuk mencegah potensi kegagalan pelaksanaan kegiatan, yaitu sebagai berikut :

  • 26 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    NO TITIK KRITIS POTENSI RESIKO

    1 Penyusunan Pedoman Pelaksanaan (Pedlak) , Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis)

    Pelaksanaan kegiatan tidak terarah.

    2 Sosialisasi yang dilakukan oleh Tim Pusat/Tim Provinsi/ Tim Teknis Kabupaten/Kota

    Sasaran tidak tepat

    Intensitas kurang

    Waktu tidak tepat

    Fasilitas kurang mendukung

    Pelaksana sosialisasi kurang kompeten

    3 Pelaksanaan seleksi calon penerima dan calon lokasi (CP/CL) yang dilakukan oleh Tim Teknis Kabupaten/Kota

    Data palsu/ tidak lengkap

    Petugas seleksi tidak kompeten

    Conflict of interest

    Intervensi eksternal

    4 Pelaksanaan verifikasi yang dilakukan oleh Tim Provinsi

    Data palsu/ tidak lengkap

    Petugas verifikasi tidak kompeten

    Conflict of interest

    Intervensi eksternal

    5 Penyediaan HPT Pengadaan bibit HPT tidak tersedia

    Penanaman Bibit HPT tidak sesuai dengan waktu musim tanam

    6 Pengadaan Sarana Penunjang (Timbangan dan Chopper)

    Pengadaan Timbangan dan Chopper terlambat

    Timbangan dan Chopper tidak sesuai dengan Spesifikasi, Kebutuhan, dan ketentuan

  • 27Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    NO TITIK KRITIS POTENSI RESIKO

    7 Proses pengadaan pakan konsentrat

    Produsen memalsukan data hasil uji kualitas pakan atau kualitas pakan konsentrat yang disalurkan tidak sesuai dengan yang dipersyaratkan.

    8 Penyaluran pakan konsentrat ke kelompok

    Penyaluran pakan dilakukan tanpa sepengetahuan Tim Teknis Kab/Kota

    Tidak adanya mekanisme penyaluran pakan yang jelas

    Jumlah pakan yang disalurkan tidak sesuai

    9 Pemberian pakan konsentrat pada ternak

    Pemberian pakan konsentrat tidak sesuai dengan GAFP

    10 Pencatatan pemberian pakan dan pengukuran pertambahan bobot hidup

    Pencatatan pemberian pakan dan pengukuran pertambahan bobot hidup tidak dilakukan

  • 29Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    BAB VIIPENUTUP

    Pedoman pelaksanaan kegiatan penguatan pakan sapi potong penggemukan ini merupakan pedoman yang dapat mendorong kelancaran pelaksanaan kegiatan di daerah. Untuk menjamin suksesnya program ini sangat dibutuhkan dukungan dari Pemerintah Daerah, Swasta dan Masyarakat berupa bimbingan teknis, pendanaan dan sosialisasi, sehingga kegiatan akan berdampak baik dan pada akhirnya tujuan kegiatan ini dapat tercapai sebagaimana yang diharapkan.

    DIREKTORAT PAKAN TERNAK

  • 31Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    LAMPIRAN

  • Lampiran 1RENCANA TARGET DAN LOKASI KEGIATAN**

    PENGUATAN PAKAN SAPI POTONG PENGGEMUKAN TAHUN 2015

    No. Provinsi Kabupaten AlokasiKelompokJumlah Total

    1 NTT * 1 Kab. Kupang 1315

    2 Kota Kupang 22 NTB * 1 Kab. Lombok barat 7

    40

    2 Kab. Lombok tengah* 53 Kab. Sumbawa* 64 Kab. Sumbawa Barat 25 Kab. Kota Bima 36 Kota. Mataram 47 Kab. Lombok Utara 28 Kab. Lombok Timur 89 Kab. Bima 3

    3 Bali * 1 Kab.Badung 2

    102 Kab.Tabanan 43 Kab.Bangli 24 Kab. Karangasem 2

    4 Jatim * 1 Kab. Lamongan* 10

    70

    2 Kab. Tuban 53 Kab. Nganjuk 54 Kab. Kediri 55 Kab. Jombang 56 Kab. Lumajang 57 Kab. Jember 58 Kab. Malang* 109 Kab. Situbondo 510 Kab. Bojonegoro 511 Kab. Banyuwangi* 512 Kab Magetan 5

    5 DIY * 1 Kab. Gunung Kidul* 7

    202 Kab. Sleman * 53 Kab. Bantul 54 Kab. Kulonprogo* 3

  • 33Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Lampiran 1RENCANA TARGET DAN LOKASI KEGIATAN**

    PENGUATAN PAKAN SAPI POTONG PENGGEMUKAN TAHUN 2015

    No. Provinsi Kabupaten AlokasiKelompokJumlah Total

    1 NTT * 1 Kab. Kupang 1315

    2 Kota Kupang 22 NTB * 1 Kab. Lombok barat 7

    40

    2 Kab. Lombok tengah* 53 Kab. Sumbawa* 64 Kab. Sumbawa Barat 25 Kab. Kota Bima 36 Kota. Mataram 47 Kab. Lombok Utara 28 Kab. Lombok Timur 89 Kab. Bima 3

    3 Bali * 1 Kab.Badung 2

    102 Kab.Tabanan 43 Kab.Bangli 24 Kab. Karangasem 2

    4 Jatim * 1 Kab. Lamongan* 10

    70

    2 Kab. Tuban 53 Kab. Nganjuk 54 Kab. Kediri 55 Kab. Jombang 56 Kab. Lumajang 57 Kab. Jember 58 Kab. Malang* 109 Kab. Situbondo 510 Kab. Bojonegoro 511 Kab. Banyuwangi* 512 Kab Magetan 5

    5 DIY * 1 Kab. Gunung Kidul* 7

    202 Kab. Sleman * 53 Kab. Bantul 54 Kab. Kulonprogo* 3

    Lampiran-1

  • 34 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    No Provinsi Kabupaten Alokasi KelompokJumlah Total

    6 Jateng * 1 Kab. Semarang* 8 702 Kab Karanganyar 42 Kab. Wonogiri 83 Kab. Sragen* 44 Kab. Grobogan 85 Kab. Banjarnegara 56 Kab.Brebes* 57 Kab.Boyolali* 88 Kab.Magelang* 59 Kab.Pati 510 Kab.Wonosobo 511 Kab.Klaten* 5

    7 Lampung* 1 Kab. Lampung Selatan 10 40

    2 Kab.Lampung Tengah 103 Kab.Tulang Bawang 54 Kab.Tulang Bawang Barat 55 Kab.Lampung Timur 10

    8 Sumbar* 1 Kab. LimapuluhKota 7 302 Kab. Padang Pariaman 23 Kab. Agam 64 Kab. Tanah Datar 55 Kota Payakumbuh 36 Kab. Solok 2

    9 Sulsel * 1 Kab Gowa 3 202 Kab Maros 33 Kab Barru* 44 Kab Wajo 25 Kab Bone 26 Kab Bulukumba 27 Kab Bantaeng 4

    Keterangan :*) satker mandiri**) sesuai RKAKL 2015

    No Provinsi KabupatenAlokasi Kelompok Jumlah Total

    10 Jabar * 1 Kab Majalengka 5 602 Kab Indramayu 33 Kab Cirebon* 84 Kab Ciamis* 55 Kab Tasikmalaya* 56 Kab Kuningan 57 Kab Bandung* 108 Kab Garut* 39 Kab Cianjur* 410 Kab Pangandaran 211 Kab Purwakarta 312 Kab Bogor 413 Kab Subang* 3

    11 Banten * 1 Kab Serang 1 52 Kota Serang 13 Kab Tangerang 3

    12 Kalsel * 1 Kab Tanah laut 7 102 Kab Banjar 3

    13 Sumut* 1 Kab Deli Serdang 3 102 Kab Langkat 23 Kab Serdang Bedagai 24 Kota Binjai 3

    14 Kalbar* 1 Kab.Kubu Raya 2 10

    2 Kab.Bengkayang 23 Kab.Sambas 14 Kab.Singkawang 2

    5 Kab.Mempawah 1

    JUMLAH410

  • 35Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    No Provinsi Kabupaten Alokasi KelompokJumlah Total

    6 Jateng * 1 Kab. Semarang* 8 702 Kab Karanganyar 42 Kab. Wonogiri 83 Kab. Sragen* 44 Kab. Grobogan 85 Kab. Banjarnegara 56 Kab.Brebes* 57 Kab.Boyolali* 88 Kab.Magelang* 59 Kab.Pati 510 Kab.Wonosobo 511 Kab.Klaten* 5

    7 Lampung* 1 Kab. Lampung Selatan 10 40

    2 Kab.Lampung Tengah 103 Kab.Tulang Bawang 54 Kab.Tulang Bawang Barat 55 Kab.Lampung Timur 10

    8 Sumbar* 1 Kab. LimapuluhKota 7 302 Kab. Padang Pariaman 23 Kab. Agam 64 Kab. Tanah Datar 55 Kota Payakumbuh 36 Kab. Solok 2

    9 Sulsel * 1 Kab Gowa 3 202 Kab Maros 33 Kab Barru* 44 Kab Wajo 25 Kab Bone 26 Kab Bulukumba 27 Kab Bantaeng 4

    Keterangan :*) satker mandiri**) sesuai RKAKL 2015

    No Provinsi KabupatenAlokasi Kelompok Jumlah Total

    10 Jabar * 1 Kab Majalengka 5 602 Kab Indramayu 33 Kab Cirebon* 84 Kab Ciamis* 55 Kab Tasikmalaya* 56 Kab Kuningan 57 Kab Bandung* 108 Kab Garut* 39 Kab Cianjur* 410 Kab Pangandaran 211 Kab Purwakarta 312 Kab Bogor 413 Kab Subang* 3

    11 Banten * 1 Kab Serang 1 52 Kota Serang 13 Kab Tangerang 3

    12 Kalsel * 1 Kab Tanah laut 7 102 Kab Banjar 3

    13 Sumut* 1 Kab Deli Serdang 3 102 Kab Langkat 23 Kab Serdang Bedagai 24 Kota Binjai 3

    14 Kalbar* 1 Kab.Kubu Raya 2 10

    2 Kab.Bengkayang 23 Kab.Sambas 14 Kab.Singkawang 2

    5 Kab.Mempawah 1

    JUMLAH410

  • 36 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Lampiran 2LAPORAN TRIWULAN

    PENGUATAN PAKAN SAPI POTONG PENGGEMUKANTINGKAT PROVINSI/KABUPATEN/KOTA

    TA. 2015Provinsi /Kabupaten/Kota : ....................................................

    Alokasi Dana 2015 : Rp. .............................................

    Dana APBD Pendukung : Rp. .............................................

    Jumlah Kelompok Penerima : ......... kelompok

    RKK Semua Kelompok : (harap lampirkan)

    1. PerkembanganPelaksanaan Kegiatan

    NoNama Kelompok

    Alamat

    Kelompok

    Perkembangan

    Pelaksanaan Kegiatan

    KelembagaanRealisasi

    Fisik

    (%)

    Realisasi

    Keuangan

    (Rp.)

    1.

    2.

    3.

    2. Permasalahan dan solusi

    ..

    Lampiran-2

  • 37Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Lampiran 2LAPORAN TRIWULAN

    PENGUATAN PAKAN SAPI POTONG PENGGEMUKANTINGKAT PROVINSI/KABUPATEN/KOTA

    TA. 2015Provinsi /Kabupaten/Kota : ....................................................

    Alokasi Dana 2015 : Rp. .............................................

    Dana APBD Pendukung : Rp. .............................................

    Jumlah Kelompok Penerima : ......... kelompok

    RKK Semua Kelompok : (harap lampirkan)

    1. PerkembanganPelaksanaan Kegiatan

    NoNama Kelompok

    Alamat

    Kelompok

    Perkembangan

    Pelaksanaan Kegiatan

    KelembagaanRealisasi

    Fisik

    (%)

    Realisasi

    Keuangan

    (Rp.)

    1.

    2.

    3.

    2. Permasalahan dan solusi

    ..

    NA

    MA

    PE

    TE

    RN

    AK

    :K

    on

    sen

    trat

    Hij

    auan

    1 2 3 4 5 6 7Pupuk y

    an

    g d

    igun

    akan

    NO

    MO

    R S

    API

    :8 9

    JE

    NIS

    SA

    PI

    :U

    MU

    R :

    10

    11

    TA

    NG

    GA

    L B

    ELI

    / T

    AN

    GG

    AL M

    ASU

    K :

    12

    13

    Cata

    tan

    lain

    HA

    RG

    A B

    ELI

    :14

    15

    BO

    BO

    T B

    AD

    AN

    AW

    AL :

    16

    17

    18

    Bula

    n K

    eT

    an

    ggal

    BB

    (K

    g)

    Para

    f19

    120

    2 3 4Pakan

    tam

    bah

    an

    lain

    5

    Cata

    tan

    Pem

    beri

    an

    Obat-

    obata

    n

    Cata

    tan

    - C

    ata

    tan

    la

    in

    ..

    ..

    ..

    ..

    ..

    ..D

    AT

    A P

    EN

    IMB

    AN

    GA

    N B

    OB

    OT

    BA

    DA

    N B

    ULA

    NA

    N

    ..

    Jum

    lah

    Pro

    duksi

    :

    ..

    Jen

    is H

    PT

    yan

    g d

    itan

    am

    ..

    ..

    DA

    TA

    PE

    MB

    ER

    IAN

    PA

    KA

    N

    IDE

    NT

    ITA

    S S

    API

    :Luas

    HPT

    .H

    a

    CA

    TA

    TA

    N

    Jen

    is P

    akan

    (kg)

    Min

    ggu

    FO

    RM

    AT

    PE

    NC

    AT

    AT

    AN

    SA

    PI

    KE

    LO

    MPO

    K :

    Lam

    pira

    n-3

    Kar

    tu R

    ecor

    d

  • 38 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    NA

    MA

    KE

    LOM

    PO

    K :

    ALA

    MA

    T K

    ELO

    MP

    OK

    :JE

    NIS

    TE

    RN

    AK

    : S

    AP

    I PE

    RS

    ILA

    NG

    AN

    / SA

    PI

    PO

    , SA

    PI B

    ALI

    *)

    12

    34

    51

    23

    45

    67

    89

    1011

    1213

    1415

    161 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50

    .,

    .-

    2015

    Ket

    ua K

    elom

    pok

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    --

    RE

    KA

    P D

    ATA

    KE

    LO

    MP

    OK

    BO

    BO

    T

    AK

    HIR

    / JU

    AL

    PB

    BH

    (12

    -5)/

    lam

    a pe

    mel

    ihar

    aan

    PE

    NJU

    ALA

    N (

    RP

    H/

    PE

    DA

    GA

    NG

    /JA

    GA

    L)H

    AR

    GA

    JU

    AL

    PE

    ND

    AP

    AT

    AN

    (1

    5-6)

    BO

    BO

    T B

    ULA

    NA

    N (

    Kg)

    NO

    .N

    AM

    A A

    NG

    GO

    TA

    NO

    MO

    R

    SA

    PI

    UM

    UR

    T

    ER

    NA

    KB

    OB

    OT

    A

    WA

    LH

    AR

    GA

    B

    ELI

  • 39Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    NA

    MA

    KA

    BU

    PA

    TE

    N :

    12

    34

    55

    612

    13

    14

    15

    16

    1 2 3 4 5 6 7 8 9

    10

    11

    12

    13

    14

    15

    16

    17

    18

    19

    20

    21

    22

    23

    24

    25

    26

    27

    28

    29

    30

    D

    ST

    .,

    .-2015

    Kepala

    Din

    as

    Kabupate

    n/

    Kota

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    ----

    --

    NO

    .N

    AM

    A K

    ELO

    MP

    OK

    ALA

    MA

    T

    KE

    LOM

    PO

    K

    RA

    TA

    -RA

    TA

    U

    MU

    R

    TE

    RN

    AK

    RA

    TA

    -RA

    TA

    B

    OB

    OT

    A

    WA

    L

    RA

    TA

    -RA

    TA

    H

    AR

    GA

    BE

    LI

    RE

    KA

    P D

    AT

    A K

    AB

    UP

    AT

    EN

    RA

    TA

    -RA

    TA

    B

    OB

    OT

    A

    KH

    IR/

    JUA

    L

    JEN

    IS S

    AP

    I (B

    ALI/

    PO

    / P

    ER

    SIL

    AN

    GA

    N)

    RA

    TA

    -R

    AT

    A

    PB

    BH

    PE

    NJU

    ALA

    N (

    RP

    H /

    P

    ED

    AG

    AN

    G/

    JAG

    AL)

    RA

    TA

    -RA

    TA

    H

    AR

    GA

    JU

    AL

    Rata

    -rata

    P

    EN

    DA

    PA

    TA

    N

    (15-6

    )

  • 40 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    12

    34

    56

    78

    910

    1112

    1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15

    .,

    .-2

    015

    Kepa

    la D

    inas

    Pro

    vins

    i

    ------

    ------

    ------

    ------

    ------

    ------

    ------

    ------

    ------

    ------

    ------

    ----

    PENJ

    UALA

    N (R

    PH

    / PED

    AGAN

    G/

    JAG

    AL)

    RATA

    -RAT

    A HA

    RGA

    JUAL

    RATA

    - RA

    TA

    PEND

    APAT

    AN

    REKA

    P DA

    TA P

    ROVI

    NSI

    NO.

    NAM

    A KA

    BUPA

    TEN

    JUM

    LAH

    KELO

    MPO

    K SA

    PI

    LOKA

    L

    JUM

    LAH

    KELO

    MPO

    K SA

    PI P

    ERSI

    LANG

    AN

    RATA

    -RAT

    A UM

    UR

    TERN

    AK

    RATA

    -RAT

    A BO

    BOT

    AWAL

    RATA

    -RAT

    A HA

    RGA

    BELI

    RATA

    -RAT

    A BO

    BOT

    AKHI

    R/ J

    UAL

    RATA

    -RAT

    A PB

    BH

  • 41Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Lampiran-4

    Jenis Rumput dan Legum serta Cara Perbanyakannya

    Jenis Rumput dan Legum Nama lokalCara perbanyakan

    Benih/biji Stek/pols

    A. Rumput :1. Andropogon gayanus2. Andropogon nodosis3. Brachiaria decumbens4. Brachiaria ruziziensis5. Chloris gayana6. Digitaraia decumbens7. Hyparrhenia rufa8. Melinis minutiflora9. Panicum coloratum10. Panicum maximum11. Panicum muticum12. Paspalum dilatatum13. Paspalum notatum14. Pennisetum landestinum15. Pennisetum purpureum16. Pennisetum purpureum cv

    mott17. Pennisetum pediselatum18. Setaria sphacelata19. Sorghum sudanense

    Rumput galegaRumput bangbangRumput bedeRumput ruziRumput rhodesRumput pangolaRumput janggutRumput bauRumput kolorBenggalaKolo jonoRumput australiaRumput dahliaRumput kikuyuRumput gajahRumput gajah odot

    Rurmput indiaRumput padiRumput sudan

    Benih/biji-

    Benih/bijiBenih/bijiBenih/biji

    -Benih/bijiBenih/bijiBenih/bijiBenih/biji

    --

    Benih/biji---

    Benih/bijiBenih/bijiBenih/biji

    Stek/polsStek/polsStek/polsStek/polsStek/polsStek/polsStek/polsStek/polsStek/polsStek/polsStek/polsStek/polsStek/polsStek/polsStek/polsStek/pols

    Stek/polsStek/polsStek/pols

    B. Leguminosa :1. Pueraria javanica2. Pueraria triloba3. Calopogoniummucunoides4. Centrosema pubescens5. Centrosema plumieri6. Flemingia congesta7. Clytoria ternatea8. Stylosanthes glacilis9. Sesbania glandiflora

    -KudzuKalopoSentro kecilSentro besarHahapaan-StyloTuri

    Benih/bijiBenih/bijiBenih/bijiBenih/bijiBenih/bijiBenih/bijiBenih/bijiBenih/biji

    -Stek

    ----

    stek-

  • 42 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Lampiran-5

    Penggemukan Sapi Potong

    A. PENDAHULUAN

    Usaha peternakan sapi potong mayoritas masih dengan pola tradisional dan skala usaha sambilan. Hal ini disebabkan oleh besarnya investasi jika dilakukan secara besar dan modern, dengan skala usaha kecilpun akan mendapatkan keuntungan yang baik jika dilakukan dengan prinsip budidaya modern. dengan prinsip K-3 (Kuantitas, Kualitas dan Kesehatan) membantu budidaya penggemukan sapi potong baik untuk skala usaha besar maupun kecil.

    B. PENGGEMUKAN

    Penggemukan sapi potong adalah pemeliharaan sapi dewasa dalam keadaan kurus untuk ditingkatkan berat badannya melalui pembesaran daging dalam waktu relatif singkat ( 4 bulan)

    1. Pemilihan Bakalan.

    Bakalan merupakan faktor yang penting, karena sangat menentukan hasil akhir usaha penggemukan. Pemilihan bakalan memerlukan ketelitian, kejelian dan pengalaman.

    Ciri-ciri bakalan yang baik adalah :

    Jenis kelamin jantan.

    Bentuk tubuh panjang, bulat dan lebar,

  • 43Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Tubuh kurus, tulang menonjol, tetapi tetap sehat (kurus karena kurang pakan, bukan karena sakit).

    Pandangan mata bersinar cerah dan bulu halus.

    Kotoran normal

    badannya silindris dan rusuknya cembung, bentuk muka panjang, bulu pendek dan tidak berminyak, punggung lurus, dan rangkanya besar

    Sehat dan tidak cacat..

    Umur sapi bakalan sekitar 1.5 - 2.5 tahun. Kalau masih terlalu muda, makanan yang dikonsumsinya cenderung untuk pertumbuhan bukan untuk penumpukan daging, sehingga waktu memeliharanya menjadi lebih lama. Sedangkan sapi bakalan yang berumur lebih kecil dari 3 tahun, pertambahan bobotnya sudah lambat.

    Kunci sukses utama menggemukan sapi potong adalah bakalannya

  • 44 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    C. TATA LAKSANA PEMELIHARAAN

    1. Perkandangan.

    Secara umum, kandang memiliki dua tipe, yaitu individu dan kelompok. Pada kandang individu, setiap sapi menempati tempatnya sendiri berukuran 2,5 X 1,5 m. Tipe ini dapat memacu pertumbuhan lebih pesat, karena tidak terjadi kompetisi dalam mendapatkan pakan dan memiliki ruang gerak terbatas, sehingga energi yang diperoleh dari pakan digunakan untuk hidup pokok dan produksi daging tidak hilang karena banyak bergerak. Pada kandang kelompok, bakalan dalam satu periode penggemukan ditempatkan dalam satu kandang. Satu ekor sapi memerlukan tempat yang lebih luas daripada kandang individu. Kelemahan tipe kandang ini yaitu terjadi kompetisi dalam mendapatkan pakan sehingga sapi yang lebih kuat cenderung cepat tumbuh daripada yang lemah, karena lebih banyak mendapatkan pakan.

    Karena yang digemukkan adalah sapi jantan, maka kandang yang digunakan, terutama tiang-tiangnya harus kokoh. Di situlah nantinya sapi akan ditambatkan. Ukuran kandang 10 x 4 meter persegi. Kandang jangan diberi dinding karena akan menghambat aliran udara. Atap terbuat dari genteng agar saat matahari terik, kondisi kandang tidak terlalu panas. Lantai kandang sebaiknya disemen dan agak tinggi dari sekitarnya, agar tidak becek di kala hujan dan mengotori badan sapi.

    Kandang selalu dibersihkan, sehingga tidak ada lalatnya. Perlu diketahui ada beberapa jenis lalat bisa menularkan penyakit, seperti penyakit antraks. Kotoran sapi dan sisa makanannya ditempatkan jauh dari kandang. Lebih baik lagi kalau ditimbun, agar baunya berkurang dan juga tidak menjadi tempat berkembang biaknya bibit penyakit.

  • 45Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    2. Pakan.

    Berdasarkan kondisi fisioloigis dan sistem pencernaannya, sapi digolongkan hewan ruminansia, karena pencernaannya melalui tiga proses, yaitu secara mekanis dalam mulut dengan bantuan air ludah (saliva), secara fermentatif dalam rumen dengan bantuan mikrobia rumen dan secara enzimatis setelah melewati rumen.

    Penelitian menunjukkan bahwa penggemukan dengan mengandalkan pakan berupa hijauan saja, kurang memberikan hasil yang optimal dan membutuhkan waktu yang lama. Salah satu cara mempercepat penggemukan adalah dengan pakan kombinasi antara hijauan dan konsentrat. Cara pemberian pakan yaitu dengan memberikan pakan konsentrat terlebih dahulu dengan tujuan untuk memberi pakan mikrobia rumen, sehingga ketika pakan hijauan masuk rumen, mikrobia rumen telah siap dan aktif mencerna hijauan.

    Kebutuhan pakan (dalam berat kering) tiap ekor adalah sekitar 2-3% berat badannya. Hijauan yang digunakan adalah rumput-rumputan maupun leguminosa sebagai pakan berkualitas tinggi (rumput gajah, setaria kolonjono, dll).

    Penentuan kualitas pakan tersebut berdasarkan tinggi rendahnya kandungan nutrisi (zat pakan) dan kadar serat kasar. Pakan hijauan yang berkualitas rendah mengandung serat kasar tinggi yang sifatnya sukar dicerna karena terdapat lignin yang sukar larut oleh enzim pencernaan.

    Untuk menjamin peningkatan berat badan sapi setiap hari, maka jumlah pakan yang diberikan harus cukup jumlah dan gizinya. Yang biasa diberikan para peternak berupa hijauan untuk setiap ekornya 30-40 kg per hari setiap sore hari.

  • 46 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    sedangkan paginya diberi konsentrat yang terdiri dari 40 kg bekatul, 0.25 kg garam, dan 6 ember air setiap ekor sapi. Ada juga yang memberi makanan tambahan berupa molasse blok yang dibuat dari campuran gaplek, biji randu, urea, dedak dan mineral.

    Konsentrat dan makanan tambahan akan mempercepat laju penambahan berat badan, juga penguat tubuh sapi, di samping sebagai variasi makanan yang bisa menambah nafsu makan sapi. Sebaiknya jumlah hijauan, konsentrat dan makanan tambahan yang diberikan setiap hari tidak berubah selama 6 bulan masa penggemukan. Malah ada kecenderungan jumlah pakan yang dikonsumsi sapi semakin berkurang.

    Pakan harus Baik dan Cukup

  • 47Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    D. PENGENDALIAN PENYAKIT

    Dalam pengendalian penyakit, yang lebih utama dilakukan adalah pencegahan penyakit daripada pengobatan, karena penggunaan obat akan menambah biaya produksi dan tidak terjaminnya keberhasilan pengobatan yang dilakukan. Usaha pencegahan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan sapi adalah :

    a. Pemanfaatan kandang karantina. Sapi bakalan yang baru hendaknya dikarantina pada suatu kandang terpisah, dengan tujuan untuk memonitor adanya gejala penyakit tertentu yang tidak diketahui pada saat proses pembelian. Disamping itu juga untuk adaptasi sapi terhadap lingkungan yang baru. Pada waktu sapi dikarantina, sebaiknya diberi obat cacing karena berdasarkan penelitian sebagian besar sapi di Indonesia (terutama sapi rakyat) mengalami cacingan. Penyakit ini memang tidak mematikan, tetapi akan mengurangi kecepatan pertambahan berat badan ketika digemukkan. Waktu mengkarantina sapi adalah satu minggu untuk sapi yang sehat dan pada sapi yang sakit baru dikeluarkan setelah sapi sehat. Kandang karantina selain untuk sapi baru juga digunakan untuk memisahkan sapi lama yang menderita sakit agar tidak menular kepada sapi lain yang sehat.

    b. Menjaga kebersihan sapi bakalan dan kandangnya. Sapi yang digemukkan secara intensif akan menghasilkan kotoran yang banyak karena mendapatkan pakan yang mencukupi, sehingga pembuangan kotoran harus dilakukan setiap saat jika kandang mulai kotor untuk mencegah berkembangnya bakteri dan virus penyebab penyakit.

    c. Vaksinasi untuk bakalan baru. Pemberian vaksin cukup dilakukan pada saat sapi berada di kandang karantina.

  • 48 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Vaksinasi yang penting dilakukan adalah vaksinasi Anthrax.Beberapa jenis penyakit yang dapat meyerang sapi potong adalah cacingan, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), kembung (Bloat) dan lain-lain.

    Di samping itu setiap hari harus diperhatikan kesehatan sapi. Jika ada sapi yang menunjukkan gejala terserang penyakit, segera diobati. Karena pengobatan pada gejala awal lebih mudah, daripada mengobati sapi yang telah terserang berat oleh penyakit yang dapat mengakibatkan kematian. Bisa juga sapi hanya hilang nafsu makannya tetapi bukan terserang bibit penyakit, ini perlu segera diberi obat penambah nafsu makan. Sehingga tidak terjadi penurunan jumlah makanan yang akibatnya penambahan berat badan juga berkurang.

    E. PRODUKSI DAGING

    Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi daging adalah

    1. Pakan.Pakan yang berkualitas dan dalam jumlah yang optimal akan berpengaruh baik terhadap kualitas daging.

    2. Faktor Genetik.Ternak dengan kualitas genetik yang baik akan tumbuh dengan baik/cepat sehingga produksi daging menjadi lebih tinggi.

    3. Jenis Kelamin.Ternak jantan tumbuh lebih cepat daripada ternak betina, sehingga pada umur yang sama, ternak jantan mempunyai tubuh dan daging yang lebih besar.

    4. Manajemen.Pemeliharaan dengan manajemen yang baik membuat sapi tumbuh dengan sehat dan cepat membentuk daging, sehingga masa penggemukan menjadi lebih singkat.

  • 49Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Lampiran-6

    Budidaya Kebun Rumput

    Langkah-langkah yang harus diperhatikan agar budidaya rumput yang kita kelola menghasilkan hijuan yang optimum :

    A. Pemilihan lokasi

    B. Pemilihan bibit dan bahan penanaman

    C. Pengolahan tanah dan penanaman

    D. Pemeliharaan

    E. Pemanenan

    F. Peremajaan

    A. Pemilihan Lokasi

    Faktor-faktor yang penting diperhatikan dalam menentukan lokasi penanaman rumput unggul :

    (1). Kesuburan tanah dan topografi

    Tanah dengan kualifikasi bagus saat ini diprioritaskan untuk tanaman pangan guna mencukupi kebutuhan hidup pokok manusia, sedangkan lahan yang tersisa digunakan untuk menanam hijauan makanan ternak dengan perbaikan perlakuan tanah dan pemupukan. Sedangkan topografi berpengaruh terhadap cara pengolahan tanah dan pola penanaman hijauan.

    (2). Sumber air

    Air diperlukan untuk sebagai perantara tanaman mengambil unsur hara dari tanah dan mendistribusikannya ke seluruh

  • 50 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    jaringan sebagai bahan baku dalam proses fotosintesa untuk kelangsungan produksi hijauan.

    (3). Sarana dan prasarana komunikasi dan transportasi

    Kelancaran sarana dan prasarana dari lokasi penanaman ke pemasaran dan tempat pembelian bahan dan alat penanaman akan menentukan efisiensi usaha tani.

    B. Pemilihan bibit dan bahan penanaman

    Penggunaan bibit yang bermutu akan menghasilkan efisiensi waktu, tenaga, biaya dan kelangsungan pertumbuhan dari rumput. Hal yang perlu diperhatikan :

    (1). Bibit sesuai dengan iklim dan lingkungan setempat

    (2). Mudah dibudidayakan dan dikembangkan

    (3). Menghasilkan produksi yang tinggi

    Bahan penanaman yang biasa digunakan adalah stek, stolon dan pols :

    (1). Stek adalah batang rumput yang cukup umur, dipotong-potong sepanjang 20-30 cm dan terdiri 2-3 buku, dapat lebih tahan lama bila disimpan di tempat sejuk

    (2). Stolon adalah potongan batang rumput yang menjalar dipermukaan tanah dan membentuk tunas/anakan

    (3). Pols adalah sobekan rumput yang terdiri dari 2 3 anakan

    C. Pengolahan tanah dan penanaman

    Awal pertumbuhan rumput yang baik sangat tergantung pada pengaruh dari luar, waktu penanaman dan pengolahan tanah pada

  • 51Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    tanah tanpa irigasi dilakukan pada musim hujan. Diperhitungkan juga jarak waktu antara pengolahan dan penanaman rumput.

    Pengolahan tanah bertujuan untuk mempersiapkan media tumbuh yang optimum bagi suatu tanaman. Adapun urutannya sebagai berikut :

    (1). Pembersihan lahan. Membersihkan lahan terhadap pohon, semak belukar atau tanaman lainnya.

    (2). Pencangkulan/pembajakan. Bertujuan memecah lapisan tanah menjadi bongkahan untuk mempermudah penggemburan selanjutnya. Dengan membalik lapisan tanah tersebut dan membiarkan beberapa saat, diharapkan mineralisasi bahan organik berlangsung lebih cepat karena aktifitas micro organisme dipergiat, sehingga tanah menjadi masak. Diusahakan kedalaman pencangkulan 40 cm.

    (3). Penggemburan/penggaruan. Tujuan untuk menghancurkan bongkahan besar menjadi struktur yang lemah dan sekaligus membebaskan tanah dari sisa perakaran tumbuh-tumbuhan liar. Bersamaan dengan penggemburan perlu dilakukan pemupukan dasar (N, P dan K) dengan kebutuhan per hektar 80 kg TSP, 60 kg KCl dan 110 kg urea. Pada tanah yang miring, penggemburan dilakukan menurut kontur (contour) tanahnya, hal ini untuk memperkecil kemungkinan erosi. Setelah itu dibiarkan dahulu tanah tersebut 7 hari.

    Metode penanaman yang di lakukan :

    (1). Stek, penanamannya dengan cara memasukkan bagian dari panjang stek dengan kemiringan 30o atau dapat juga ditanam seperti tanaman tebu, yaitu stek dimasukkan kedalam tanah secara terlentang.

  • 52 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Jarak tanam :

    Tanah subur : 50 cm x 50 cm, 60 cm x 60 cm

    Tanah sedang : 75 cm x 75 cm

    Tanah kurang subur : 1 m x 1 m

    (2). Stolon, menanam dengan menimbuni bagian stolon yang berjarak 30 60 cm dari buku. Jarak tanam bervariasi, 90 cm x 60 cm, 90 cm x 90 cm dan 60 cm x 120 cm.

    (3). Pols (anakan), menanamnya seperti menanam padi, dengan kebutuhan setiap lubang 2 anakan. Jarak tanam bervariasi, 30 cm x 30 cm, 40 cm x 40 cm dan 50 cm x 30 cm.

    D. Pemeliharaan

    (1). Perawatan rumput dapat dilakukan dengan pendangiran 3 - 4 kali per tahunnya atau pendangiran dilakukan setiap kali pemangkasan dan atau tergantung dari kondisi daerah masing-masing.

    (2). Adapun pendangiran rumput ini dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu : dengan cara membersihkan tanamanan liar, baru kemudian penggemburan tanah disekitarnya atau langsung dilaksanakan penggemburan tanah dengan cara pencangkulan disekitar rumpun rumput dengan membalikkan tanah tersebut.

    (3). Pemupukan

    Pemupukan bertujuan untuk memberikan zat zat makanan pada tanaman, mempertahankan kesuburan tanah dan memperbaiki struktur tanah

    (4). Pengairan dilakukan 7 hari setelah dilaksanakannya pemupukan. Dalam pelaksanaan ini harus diperhatikan

  • 53Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    jangan sampai kedapatan air yang menggenang sebab dapat menyebabkan kerusakan tanaman dan bahkan kematian tanaman.

    E. Pemanenan

    Pada musim penghujan secara umum rumput sudah dapat dipanen pada usia 40 - 45 hari. Sedangkan pada musim kemarau berkisar 50 - 55 hari. Lebih dari waktu tersebut, kandungan nutrisi semakin turun dan batang semakin keras sehingga bahan yang terbuang (tidak dimakan oleh ternak) semakin banyak.

    Sedangkan mengenai panen pertama setelah tanam dapat dilakukan setelah rumput berumur minimal 60 hari. Apabila terlalu awal, tunas yang tumbuh kemudian tidak sebaik yang di panen lebih dari usia 2 bulan.

    Pada pemotongan batang rumput sebaiknya ditinggalkan 10 cm dari permukaan tanah. Pemotongan batang tanaman yang terlalu pendek menyebabkan semakin lambatnya pertumbuhan kembali, namun jika batang yang ditinggalkan terlalu panjang maka tunas batang saja yang akan berkembang sedangkan jumlah anakan akan berkurang.

    Pemanenan juga dapat dilakukan dengan cara renggutan langsung oleh ternak, metode ini biasanya di lakukan pada jenis-jenis rumput yang tidak terlalu tinggi, tumbuhnya menjalar di tanah. Hal yang penting adalah populasi ternak yang harus disesuaikan dengan luasan lahan rumput agar tidak terjadi renggutan yang berat dan injakan yang parah.

  • 54 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    F. Peremajaan

    Peremajaan rumput dapat dilakukan setelah tanaman tersebut mencapai umur 3 4 tahun atau setinggi-tingginya 4,5 tahun. Hal ini tergantung situasi dan konsidi daerahnya. Sedangkan pelaksanaannya dapat dilakukan secara bertahap, yaitu diantara rumpun lama ditanam stek atau pols baru, setelah tanaman tresebut mulai tumbuh dengan baik, maka rumpun lama dibongkar. Begitu seterusnya sehingga kebutuhan runput potongan tetap tersedia.

  • 55Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Lampiran-7

    Cara Penanaman Rumput Unggul dan Legume

    1. Pengolahan tanah

    Adalah suatu perlakuan mekanis terhadap tanah dengan tujuan menciptakan sifat fisik dari tanah yang baik bagi kehidupan dan pertumbuhan tanaman

    a. Pembersihan tanah, tujuannya adalah membersihkan lahan dari tanaman liar yang akan menganggu pertumbuhan rumput. Hal yang penting juga adalah mempertahankan beberapa tanaman sebagai peneduh ternak dan pencegah erosi.

    b. Pembajakan tanah, bertujuan memecah lapisan tanah menjadi bongkah-bongkah agar proses mineralisasi bahan-bahan organic berlangsung dengan cepat.

    c. Penggaruan dan pembuatan bedengan, bertujuan menghancurkan bongkahan-bongkahan padat menjadi struktur remah sekaligus membersihkan sisa-sisa perakaran dari tanaman liar. Sebelum proses ini tanah dapat diberikan pemupukan awal dengan pupuk organic (pupuk kandang) ataupun anorganik (N,P,K)

    2. Penanaman

    Penanaman biasanya dimulai pada awal musim hujan, setelah pengolahan tanah selesai.

  • 56 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Metode penanaman :

    a. Penanaman dengan stek (Rumput Gajah, Rumput Raja)

    Cara penanaman :

    1. Pilih batang rumput yang tidak terlalu tua, potong dengan ukuran 20-30 cm (ada 2-3 buku)

    2. Tancapkan stek batang dengan posisi miring 30-400 dengan 2 buku masuk ke dalam tanah dan 1 buku di atas permukaan tanah.

    3. Dengan jarak tanam 50 cm dalam barisan, dalam luasan 1 hektar memerlukan sekitar 20.000 batang.

    4. Perkuat stek batang dengan cara diinjak agar tidak mudah rebah.

    b. Penanaman dengan pols/sobekan rumpun (R. Benggala)

    Cara penanaman :

    1. Buat lubang penanaman dengan dalam 20-25 cm, jarak tanam 60 x 60 cm, atau disesuaikan dengan kondisi lahan

    2. Pilih rumpun yang sehat dengan pertumbuhan yang bagus, terdiri 2-3 batang, pastikan kondisi akarnya baik, tanam di lubang yang telah dibuat kemudian tanahnya dipadatkan.

    3. Sebelum di tanam pangkas daunnya untuk mengurangi penguapan, dan lakukan pengairan atau penyiraman bila tidak ada hujan.

  • 57Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    c. Penanaman dengan Stolon (Rumput Bintang Afrika)

    Cara penanaman :

    1. Pilih stolon yang sehat dan mempunyai mata tunas dan perakaran yang baik

    2. Letakkan di tanah dengan jarak tanam 1 m antara larikan, dan jangan timbuni semua stolon dengan tanah, tetapi timbuni dengan jarak 30 60 cm dari mata tunas untuk mempercepat pertumbuhan.

    3. Padatkan dengan cara diinjak.

    d. Penanaman dengan biji / stek batang (Gamal)

    Cara penanaman :

    1. Penanaman dengan biji, dilakukan secara langsung dengan system baris, biji ditanam dengan kedalaman kurang dari 2,5 cm, jarak antara baris penanaman 1,5 4 cm. Penanaman sebaiknya dilakukan pada waktu musim hujan.

    2. Penyemaian di dalam polybag. Penanaman sebaiknya di dalam polybag, biji yang akan di tanam di masukkan ke dalam polybag dengan kedalam 2,5 cm. Setelah tinggi tanaman 30 40 cm tanaman di pindahkan ke dalam lubang penanaman.

    3. Perbanyakan dengan stek batang sepanjang 1 m,di tanam dengan kedalaman 15 cm pada awal musim hujan. Tunas akan tumbuh setelah 4 minggu.

  • 58 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Lampiran-8

    Cara Panen Rumput dan Legume

    Tanda tanda biji rumput untuk siap panen :

    1. Biji rumput sudah sempurna dan masak

    2. Biji mulai gugur dan rontok tertiup angin atau di makan burung

    3. Bila dipegang biji terasa keras karena biji sudah terisi

    Cara panen rumput

    A. Menggunakan kantong plastic

    a. Siapkan kantong plastic pembungkus

    b. Kumpulkan batang dipangkal biji dan diikat, kemudian masukkan plastic pembungkus sampai menutupi semua biji

    c. Ikat plastic pembungkus

    d. Biarkan sampai biji masak dan gugur sendiri dalam plastic

    e. Amati biji yang mulai gugur dalam plastic kemudian potong batang biji tersebut

    f. Bersihkan biji rumput yang menempel pada plastic pembungkus

    B. Cara manual/dipotong langsung

    a. Potong langsung pada pangkal biji dengan sabit kemudian dikumpulkan dalam karung

    b. Hasil panen dilayukan di atas terpal selama 3-4 hari

  • 59Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    c. Kemudian tangkai biji dipukul pukul menggunakan kayu sampai biji gugut

    d. Biji yang gugur dipisahkan dari potongan batang dan kotoran lainnya

    e. Biji yang telah bersih dijemur selama 3 hari sampai kadar air 11%

    Tanda biji legume siap panen

    1. Warna polong buah berubah dari hijau menjadi coklat atau kecoklatan

    2. Pecahnya buah polong

    3. Bentuk biji lengkap dan sempurna

    Cara panen legume

    1. Untuk biji yang sudah tua di petik satu per satu

    2. Biji dikumpulkan kemudian dijemur selama 2-3 hari di atas terpal

    3. Pisahkan biji dari kulitnya dengan cara dipukul dengan menggunakan kayu, kemudian ampas kulitnya dibuang

    Cara Penyimpanan Biji rumput dan legume

    1. Bersihkan biji legume menggunakan tampi atau kipas pemutar sampai benar benar bersih dan diuji kadar airnya dengan alat Moisture meter.

    2. Biji dibungkus menggunakan kantong plastic kemudian di tutup rapat atau dijahit dan selanjutnya disimpan dalam rak penyimpanan

    3. Biji legume harus disimpan dalam suhu rendah atau suhu kamar

  • 60 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Cara perkecambahan pada biji legume

    1. Biji legume direndam di dalam air panas bersuhu 80oC atau dimasak selama 3-5 menit. Perendaman ini disesuaikan dengan besar kecilnya biji legume tersebut.

    2. Kemudian saring biji legume

    3. Setelah biji legume disaring, angin-anginkan biji tersebut di atas kertas Koran atau terpal selama 1 hari

  • 61Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Lampiran-9

    JENIS BENIH/BIBIT HIJAUAN PAKAN TERNAK

    A. Rumput

    1. Brachiaria brizantha

    Nama umum : Rumput Bebe

    Daerah asal : Afrika Tropis

    Fungsi tanaman

    - rumput potongan

    - padang penggembalaan

    - baik unyuk hay dan silase

  • 62 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Gambaran umum

    - tanaman semak tinggi mencapai 120 cm

    - batangnya tegak dengan tangkai bunga bisa mencapai 180 cm

    - daunnya panjang dan tipis

    Persyaratan tumbuh

    - sangat cocok untuk daerah tropis lembab dengan musim kering kurang dari 6 bulan

    - tinggi tempat 0 3000 m dpl

    - tumbuh dengan baik pada berbagai jenis tanah termasuk tanah berpasir dan tanah masam dengan Ph 3,5 4

    - berkembang baik pada berbagai jenis tanah termasuk tanah berpasir dan tanah masam dengan Ph 3,5 4

    - berkembang baik sekali pada tanah yang subur

    - pertumbuhan kurang pada tanah yang drainasenya buruk

    - suhu optimal optimal : 30 -350

    - Biji yang baru dipanen lambat pertumbuhannya karena mempunyai sifat dorminansi. Dorminansi dapat ditanggulangi dengan perendaman dalam asam atau biji disimpan dulu selama 6-8 bulan.

    - Kombinasi yang baik dengan Arachis pintoi, Centrosema pubescens, Desmodium ovalifolium dan Stylosanthes spp.

    Perbanyakan

    - Dengan biji

    - Dengan sobekan rumpun

    - Dengan stek batang

    Produksi

    - Produksi bahan kering = 20 ton/ha

    - Produksi benih = 100-500 kg/ha

  • 63Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    2. Brachiaria decumbens

    Nama umum : Rumput Bede, Rumput Signal

    Daerah asal : Afrika Tropis

    Fungsi tanaman

    - Penutup tanah

    - Rumput potongan

    - Padang penggembalaan

    - Dibuat hay

    Gambaran umum

    - Tanaman berumur panjang

    - Menjalar dengan stolon membentuk hamparan lebat setinggi 80-150 cm

    - Daun berbulu warna hijau gelap

    - Bunga tersusun dalam malai yang menyerupai bendera

    - Tahan penggembalaan berat

  • 64 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Persyaratan tumbuh

    - tumbuh pada ketinggian 1.200-1.750 m diatas permukaan laut

    - Curah hujan 1.500 mm atau lebih.

    - Struktur tanah ringan, sampai berat

    - Sangat rensponsif terhadap pemupukan nitrogen

    - Mampu tumbuh pada lereng terjal

    - Tidak tahan genangan air

    Pengelolaan

    - Tumbuh pada ketinggian 1.200-1.750 m diatas permukaan laut

    - Curah hujan 1.500 mm atau lebih.

    - Struktur tanah ringan, sampai berat

    - Sangat rensponsif terhadap pemupukan nitrogen

    - Mampu tumbuh pada lereng terjal

    - Tidak tahan genangan air

  • 65Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    3. Brachiaria humidicola

    Nama umum : Rumput BH

    Daerah asal : Afrika Tropis

    Fungsi tanaman

    - Penutup tanah,

    - Penahan erosi

    - Padang penggembalaan

    Gambaran umum

    - Menyebar dengan stolon dan rizoma

    - Membentuk hamparan lebat

    - Sangat tahan penggembalaan berat

  • 66 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Persyaratan tumbuh

    - Tumbuh pada ketinggian 1.000-2.000 m diatas permukaan laut

    - Curah hujan 1.299 mm/tahun.

    - Tolerans terhadap kesuburan tanah yang rendah

    - Tahan terhadap genangan air

    - Tolerans terhadap panas, kekeringan dan dapat tumbuh kembali setelah pembakaran terbakar

    - Responsif terhadap pemupukan N

    - Dapat beradaptasi pada semua jenis tanah

    - pH tanah rendah (asam) sampai tinggi (basa)

    Pengelolaan

    - Berkembang dengan biji

    - Dapat ditanam bersama Siratro dan Centro yang paling baik dengan Arachis pintoi

    Perbanyakan

    - Dengan sobekan rumput (pols), jarak tanam 1x2 m

    - Dengan biji 2-5 kg/ha.

    Produksi

    - Benih 200 kg/ha biji

    - Hijauan 25 ton bahan kering/ha

  • 67Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Pengelolaan

    - biji yang baru dipanen berdaya kecambah buruk, tetapi pertumbuhan biji akan menjadi baik (70%) setelah penyimpanan selama 6-18 bulan di tempat kering.

    - Daya tumbuh biji kering rata-rata rendah yaitu 15 % (ditanam segera setelah panen), pernah dilaporkan mencapai 95 %.

    - pemotongan pertama setelah 4-6 bulan.

    - pemotongan selanjutnya dengan interval 4-6 bulan (musim hujan) dan 60 hari sekali dimusim kemarau.

    - Pembongkaran tanaman setelah 5-7 tahun

    Perbanyakan dengan biji 3,5 4 kg/ha

    Produksi

    - hijauan 2-9 ton bahan kering/ha/thn (tanpa pemupukan), bisa mencapai 24 ton BK/ha/thn dengan pemupukan lengkap

    - Produksi benih bervariasi 150-1500 kg/ha tergantung kultivar dan kondisi pertumbuhan.

  • 68 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    4. Panicum maximum

    Nama umum : Rumput benggala, rumput guinea

    Daerah asal : Afrika Timur dan Afrika Tengah

    Fungsi tanaman

    - Padang penggembalaan

    - Rumput potong

    Gambaran umum

    - Tumbuh tegak membentuk rumpun

    - Dapat mencapai tinggi 2.4 m

    - Sistim perakaran baik dan dalam

    - Tahan naungan

    - Tahan api

    - Daun panjang, hijau dan permukaannya luas

    - Bunga membentuk malai

  • 69Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Persyaratan tumbuh

    - Tumbuh baik pada daerah lembab tropis

    - Curah hujan lebih dari 1.015 mm/tahun.

    - Dapat beradaptasi pada berbagai tipe tanah tetapi tumbuh sangat pada tanah dengan kesuburan sedang dan tinggi dan drainasi baik

    Pengelolaan dapat ditanam bersama Siratro dan leguminosa lainnya

    Perbanyakan

    - dengan biji 2,2 kg/ha jika ditanam bersama tanaman lain

    - 6,7 biji/ha untuk tanaman murni

  • 70 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    5. Pennisetum purpureum

    Nama umum : Rumput gajah, rumput napier

    Daerah asal : Afrika Subtropis

    Fungsi tanaman

    - sebagai penutup tanah

    - rumput potongan

    - dibuat silase,

    Gambaran umum

    - tumbuh tegak, membentuk rumpun dengan tinggi dapat mencapai 1,8 3,6 m, berumur panjang

    - Sistim perakaran kuat dan dalam

    - Batang tebal dan kera

    - Daun relatif besar, tepinya tebal mengkilap.

  • 71Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    - Bunga tersusun dalam tandan dengan panjang 30 cm, berwarna keemasan

    - Mampu bersaing dengan rumput lain

    - Kurang tahan terhadap genangan air

    - Menghendaki tingkat kesuburan tanah yang tinggi

    - Responsif terhadap pemupukan

    Persyaratan tumbuh

    - Tumbuh pada ketinggian 0 -3.000 m diatas permukaan laut.

    - Curah hujan 1.500 mm/tahun.

    Pengelolaan

    - Ditanam dalam larikan dengan jarak 90 -120 cm, kedalaman 15 cm

    - Bila ditanam bersama Centro, jarak tanam 60-90 cm

    - Jumlah benih Centro 2-3 kg/ha, ditanam diantara larikan

    - Perlu pemupukan dan pendangiran

    - Pemotongan setiap 40 hari pad musim hujan dan 90 hari sekali musim hujan dan 90 hari sekali pada musim kemarau

    Perbanyakan dengan stek batang 2.000 batang/ha

    Produksi

    - Benih yang baik baru dapat diperoleh pada ketinggian lahan lebih dari 1.000 m, diatas permukaan laut tetapi daya tumbuhnya rendah produksi hijauan 100-200 ton/ha/tahun.

    - Hijauan 25 ton bahan kering/ha

    - 60-100 ton hijauan/ha/tahun

  • 72 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    B. Tanaman Leguminosa

    1. Arachis pintoi

    Nama umum : Kacang Arachis, Kacang Pinto

    Daerah asal : Brazil

    Fungsi tanaman

    - Penutup tanah,

    - pasture dibawah tanaman perkebunan

    - Padang penggembalaan campuran

    Gambaran umum

    - Tanaman tahunan, mirip kacang tanah

    - Perakaran dalam kuat, akarnya berkembang dengan banyak cabang, lunak dan membentuk lapik tebal sampai kira-kira 20 cm, tinggi batang 50 cm

  • 73Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    - Daun terdiri atas 4 lembar, bila ditanam pada daerah yang disinari cahaya matahari penuh, berwarna hijau pucat, bila ditanam dibawah naungan berwarna hijau gelap, warna bunga kuning.

    Persyaratan tumbuh

    - Dapat tumbuh pada tanah liat berpasir dengan pH rendah, kesuburan rendh dan mengandung aluminium tinggi

    - Toleransi sedang terhdapa aluminium

    - Toleransi tinggi terhadap Mn

    - Kurang Toleransi terhadap tanah bergaram

    Pengelolaan

    - Biji yang masih segar mempunyai tingkat dormancy yang tinggi dan dapat dikurangi dengan mengeringkan antara 35-45 derajat C selama 10 hari.

    - Biji ditanam dengan kedalaman 2-6 cm

    Perbanyakan

    - Dapat ditanam dengan biji atau polong (10 -15 kg)

    - Dengan stek batang

    - Dapat ditanam bersama dengan rumput BD, rumput bahia dan kikuyu.

  • 74 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    2. Calliandra calotyrsus

    Nama umum : Kaliandra

    Daerah asal : Amerika Tengah

    Fungsi tanaman

    - sebagai hijauan potongan

    - kayunya sebagai kayu bakar, dan dapat digunakan untuk pulp (pembuatan kertas)

    - sebagai penahan erosi dan meningkatkan kesuburan tanah

    Gambaran umum

    - berbentuk pohon/semak kecil, tinggi antara 4- 6 m

    - diameter batang mencapai 30 cm

    - kulit pohonnya hitam kecoklatan

  • 75Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    3. Centrosema pubescens

    Nama umum : CentroDaerah asal : Amerika Selatan

    Fungsi tanamanSebagai penutup tanah, tanaman sela dan pencegah erosi

    Gambaran umum- tumbuhan menjalar, memanjat dan melilit- batang agak berbulu, tidak berkayu- berdaun tiga pada setiap tangkai daun- bentuk helai daun oval/agak elips- bunga relatif besar tersusun dalam tandan, warna bunga

    ungu terang sampai ungu muda atau putih

    Persyaratan tumbuh dapat ditanam bersama rumput benggala, molasses dan kolonjonoPerbanyakan tanaman- Dengan biji 3 5 kg/ha- Sebelum ditanam, biji sebaiknya direndam air hangat 30

    menit Produksi benih 300kg/ha

  • 76 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    4. Desmanthus virgatus

    Nama umum : Mimosa, Lamtoro mini

    Daerah asal : Amerika

    Gambaran umum

    - tanaman semak dengan tinggi 0,5 3 m

    - tumbuh tegak, berakar dalam

    - daun bersirip ganda warna bunga putih sampai krem

    - buah berwarna merah kecoklatan mengkilat terdiri dari 20 30 biji

    Persyaratan tumbuh

    - dapat beradaptasi di daerah tropis maupun subtropis

    - curah hujan 250 2.000 mm

    - tinggi tempat 0 2.000 m dari permukaan laut

    - dapat tumbuh baik pada tanah netral sampai alkalis

    - dapat beradaptasi terhadap penggembalaan berat

  • 77Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Pengelolaan

    harus dipotong/digembala secepatnya

    Perbanyakan

    - dengan biji 2 6 kg/ha

    - bijinya keras, sehingga harus diskarifikasi secara mekanik, digosok dengan kertas amplas atau direndam dengan air panas sebelum disemaikan

    Produksi rata rata 7,6 ton bahan kering, tetapi dilaporkan dapat mencapai 23 ton/ha (hawai) dan 70 ton/ha (Australia)

    5. Gliricidia sepium

    Nama umum : Gamal

    Daerah asal : Amerika Selatan

  • 78 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Fungsi tanaman

    - Sebagai tanaman naungan/pelindung, pagar hidup

    - Penunjang tanaman lain (vanili dan merica)

    - Tanaman batas pemilikan tanah (pagar) yang tidak mengganggu tanaman pertanian

    Gambaran Umum

    - berbentuk pohon dengan ukuran sedang

    - Tumbuh tegak, akar dapat menembus tanah cukup dalam

    - Cirri khas tanaman ini adalah warna hijau daun yang terang pada bagian permukaan dan agak pucat pada bagian belakang

    - Bunganya keungungan

    - Pertumbuhan vegetatof gamal cukup baik karena pertumbuhan tunas setelah pemangkasan setiap pohon rata-rata 20 tunas

    - Tahan terhadap musim kemarau panjang (4-6 bulan)

    Persyaratan tumbuh

    - dapat tumbuh pada beberapa jenis tanah, termasuk tanah yang kurang subur

    Ketinggian tempat mencapai 0 1300 m dari permukaan laut

    - Curah hujan 650 3500 mm

    - Dapat tumbuh pada tanah yang masam

  • 79Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Pengelolaan tanaman

    - sebagai pagar ditanam dengan jarak tanam 25 cm

    - sebagai hijauan potongan, tanaman dipangkas dengan tinggi pangkas 1 m

    - tidak seperti leguminosa yang lain, biji gamal tidak membutuhkan perlakuan skarifikasi, ditanam sedalam 2 3 cm dalam kantong plastic (polybag, yang sudah diisi campuran tanah dan pupuk kandang

    - Batang/stek yang akan digunakan sebaiknya bagian bawah setiap cabang yang cukup tua

    - panjang stek yang dipergunakan antara 30 100 m penampang/garis tengah batang antar 2 - 6 cm

    - cara tanam tegak dan kedalaman tanam 20 cm kulit batang jangan tergores

    - umur pangkas pertama 12 bulan dan pangkas berikutnya setiap 6 12 minggu

    Perbanyakan tanaman

    - Tanaman ini dapat dikembangkan melalui 2 cara yaitu dengan menggunakan biji dan batang (stek)

    - Bila dikembang biakkan dengan biji hasilnya lebih memuaskan, tetapi membutuhkan persiapan yang lama

    - Tingkat pertumbuhan penanaman stek 55%

    - Produksi hijauan sebanyak 5 kg/pohon (interval potong 3 bulan)

  • 80 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    6. Leucaena leucocephala

    Nama umum : Lamtoro gung

    Daerah asal : Amerika Tengah dan Selatan

    Fungsi tanaman

    - Padang penggembalaan dan hijauan potongan

    - Penghasil kayu bangunan, bahan bakar dan pagar

    - Dapat digunakan untuk reboisasi, reklamasi tanah tandus/kritis

    Gambaran umum

    - Berbentuk pohon, dapat mencapai tinggi lebih dari 10 m, dengan diameter batang 20 cm

    - Pada musim kemarau daun-daun akan gugur dan apabila air cukup tersedia akan tumbuh kembali

    - Berakar dalam dan pada akar serabut kecil dekat permukaan tanah terdapat bintil bintil akar yang berisi bakteri (rizobium)

  • 81Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    yang mampu mengikat nitrogen dan udara sebagai zat makanan yang sekaligus dapat menyuburkan tanah

    - Berbunga dan berbuah sepanjang tahun dengan warna bunga putih kekuningan berbentuk bola

    Persyaratan tumbuh

    - Tumbuh baik pada ketinggian 0 700 m diatas permukaan laut

    - Menghendaki drainase yang baik

    - Pertumbuhan waktunya lambat, sampai umur 6 minggu tingginya hanya 30 cm, setelah itu pertumbuhannya cepat dan pada saat umur 6 bulan tingginya mencapai 2 m

    - Dapat tumbuh pada tanah yang kurang subur

    - Kurang tahan terhadap tanah asam

    - Dapat tumbuh pada struktur tanah sedang sampai berat

    Pengelolaan tanaman

    - Pada awal penanaman perlu perawatan yang intensif

    - Pemangkasan pertama dapat dilkukan setelah tanaman mencapai tinggi 1,5 2 m dan pemangkasan berikutnya setiap 4 bulan

    - Tinggi pemangkasan 0 -1 m dari permukaan tanah

  • 82 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Perbanyakan

    - Dengan menggunakan biji (1-2kg/ha)

    - Karena biji lamtoro masih cukup keras, maka untuk mempercepat perkecambahan, perlu perlakuan khusus (baik direndam air panas, dikikir ataupun dengan cara kimia yaitu menggunakan asam sulfat pekat)

    - Biji ditanam sedalam 2- 3 cm, kemudian ditutup dengan tanah

    - Jika penanaman dilakukan dengan persemaian, maka semaikan dengan menggunakan kantong-kantong plastic yang isinya campuran tanah dan pupuk

    - Produksi benih : 300 kg biji/ha

    - Produksi hijauan : 1-1,5 kg/pohon (setiap 4 bulan)

  • 83Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    7. Sesbaniagrandiflora

    Nama umum : turi

    Daerah asal : diduga dari daerah Asia Tenggara

    Fungsi tanaman

    - Daun dan bunganya dapat digunakan untuk pakan ternak

    - Bunga dan buahnya dapat dikonsumsi manusia

    - Tanaman peneduh dan penunjang tanaman lain (panili dan lada)

    - Bunga dan buahnya dapat dikonsumsi manusia

    - Kayunya untuk bahan bakar dan dapat digunakan untuk pulp (pembuatan kertas)

    - Extrak dari daun, bunga, kulit dan akar dapat untuk obat tradisional penyakit malaria

  • 84 Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pakan Sapi Potong Penggemukan Tahun 2015

    Gambaran umum

    - Tumbuh tegak dapat mencapai tinggi sampai 15 m dengan diameter batang bawah 30 cm

    - Cabangnya sedikit, bentuk buah panjang seperti kacang panjang dengan warna hijau pada waktu masih muda, dan coklat kekuningan pada saat sudah masak

    Persyaratan tumbuh

    - Tumbuh baik pada dataran rendah sampai dengan ketinggian 800 m dari permukaan laut, peka terhadap suhu dingin

    - Curah hujan antara 2.000-4.000mm/tahun

    - Tidak tumbuh dengan baik pada tanah kritis, toleran terhadap tanah basa dan agak asam, tumbuh di daerah tropis yang lembab

    - Dapat ditanam pada areal khusus di Australia dan india perhektar luasan mencapai 3.000 pohon

    Pengelolaan tanaman

    - Biji tidak perlu perlakuan khusus, pertumbuhan vegetative kurang, biasanya ditanam pada daerah batas saluran irigasi, jalan dan pematang sawah

    - Jarak tanam 2 m

    - Perbanyakan tanaman dengan menggunakan biji

    Produksi

    - hijauan 27 kg/pohon/th

    - kayu 20 25