OPREC Muhammad Luthfi Shidqi Teknik Kimia 2014

11

description

aas

Transcript of OPREC Muhammad Luthfi Shidqi Teknik Kimia 2014

TATA CARA PENGIRIMAN

a. File Formulir Pendaftaran yang sudah terisi dikirim ke email [email protected] dalam format PDF dengan nama file OPREC_Nama_Jurusan_Angkatan.b. Beserta Foto formal berlatar belakang merah atau biru dimensi 3 x 4 dengan nama file OPREC_Nama_Jurusan_Angkatan.c. File dikirim dalam satu email dengan subjek OPREC IATMI SMUI 2015_(Member/Staff/Member dan Staff)_Nama_Jurusan_Angkatand. Pengiriman email dapat dilakukan mulai tanggal 19 Januari sampai tanggal 28 Februari 2015 pukul 23.59.Catatan:

1. Untuk yang mendaftar sebagai member baru hanya diwajibkan untuk mengisi essay saja, sedangkan yang ingin mendaftar sebagai member baru sekaligus staff wajib mengerjakan essay dan motivation letter. Untuk yang ingin menjadi staff tapi telah menjadi member sebelumnya, hanya diwajibkan untuk mengerjakan motivation letter saja.

2. Untuk TTS Kemigasan Berhadiah tidak wajib untuk diisi, namun untuk yang mengisi paling banyak dan paling benar akan mendapatkan hadiah ;).(WAJIB DIISI)Nama: Muhammad Luthfi ShidqiAngkatan: 2014Jurusan: Teknik KimiaMotto: An action is the foundation of a success1. Sebutkan 3 pengalaman organisasi terakhir anda

Ketua OSIS SMA Muhammadiyah Pekanbaru (2012)

Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah Pekanbaru (2013)

Sekretaris Umum Remaja Masjid Asy-Syuhada (2013)

2. Sebutkan 3 kepanitiaan terakhir anda

Ketua Panitia Riau Expresi Road to School (2013)

Panitia Acara Perpisahan SMA Muhammadiyah Pekanbaru (2012)

Ketua Panitia Perpisahan SMA Muhammadiyah (2013)3. Sebutkan prestasi yang pernah anda raih dalam 5 tahun terakhir

Juara 1 Kelas X SMA Muhammadiyah Pekanbaru

Juara Umum Kelas XI s.d XII SMA Muhammadiyah PekanbaruJuara Harapan Olympiade Fisika se-Riau (2013)

Semifinal English Debate Competition UR (2013)

Juara Harapan lomba TIK UIN SUSKA (2013)FORMULIR PENDAFTARAN MEMBER IATMI 2015Syarat dan Kriteria Calon Member IATMI SMUI 2015:

Anggota IKM FTUI

Mahasiswa aktif Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia

Memiliki rasa keingintahuan yang tinggi pada dunia MIGAS

Berkeinginan untuk meningkatkan pengetahuan kemigasan dengan ikut serta dalam program kerja IATMI SMUI 2015A. ESSAYBuatlah Essay min. 200 kata max 500 kata.

Surat Cinta berisi hal-hal berikut:

1. Motivasi Anda menjadi bagian dari IATMI SMUI

2. Hal yang ingin ditingkatkan ketika telah menjadi member IATMI SMUI

3. Harapan Anda terhadap IATMI SMUIB. TEKA TEKI SILANGDI bawah ini terdapat teka teki silang yang sifatnya optional untuk kalian isi. Terdapat 10 clue menurun dan terdapat 10 clue mendatar. Jawablah dengan jawaban paling benar. Untuk kalian yang mengisi dengan benar dan cepat akan mendapatkan hadiah yang menarik. Selamat mencoba ( 1

4P9R

7DIRECTIONAL

RN

T7E3INPEX

9METANA1AN2L

MIP

IG8NOZZEL

N8K

5F6SEPARATOR

5BALASTL

IL

10SY4ALFI

A

L

2BA10MBANG

U

D

Presented by: Farandy Haris & Rizky Anggreiny (Keilmuan)

Horizontal

1. Ruang antara 2 objek konsentris

2. Ketua IATMI Pusat 2013-2015

3. Oil Company yang berasal dari Jepang

4. Ketua IATMI Pusat 2015-2017

5. Sistem yang mengatur gerak rotasi pada platform

6. Alat untuk memisahkan campuran fasa gas dan cair

7. Pengeboran yang dilakukan dengan memperhatikan jenis arahnya

8. Pipa berdiameter besar pada openhole

9. Hidrokarbon pada LNG

10. Jenis rig berbentuk kapal

Vertikal

1. Jenis batuan yang dihasilkan melalui endapan

2. Gas yang mengandung propana dan butane

3. Tes untuk menghasilkan kondisi stabil pada kurva IPR tanpa mengalirkan sumur pada waktu

Tertentu

4. Salah satu perusahaan yang melebur menjadi PERTAMINA

5. Ketua tim reformasi tata kelola migas

6. Gas rendah sulfur

7. Perusahaan Italia yang didirikan oleh Enrico Mathei

8. Alat yang digunakan untuk menerusak gerakan rotasi dari rotary table hingga ke drillstring

9. Satuan pengukuran angka oktan

10. Zat yang digunakan untuk mengangkat cutting

*Keterangan: Jawaban pada kolom TTS menggunakan istilah dalam bahasa inggris

FORMULIR PENDAFTARAN STAFF IATMI 2015Syarat dan Kriteria Calon Staff IATMI SMUI 2015:

Anggota IKM FTUI

Mahasiswa aktif Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia

Memiliki rasa keingintahuan yang tinggi pada dunia MIGAS

Berkeinginan untuk meningkatkan pengetahuan kemigasan dengan ikut serta dalam program kerja IATMI SMUI 2015 Tidak gampang mengeluh

Berkomitmen dan berdisiplin tinggi dalam memajukan IATMI SMUI

Menghargai dan memiliki manajemen waktu dengan baik

Mampu bekerjasama baik dalam tim serta bersahabat

A. MOTIVATION LETTER

Buatlah Motivation Letter max 500 kata. Berisi hal-hal berikut:

1. Motivas Anda menjadi staff IATMI SMUI 20152. Alasan memilih Departemen

3. Menjelaskan Departemen yang Anda pilih dan inovasi apa yang ingin dilakukan agar kebermanfaatan lebih dapat dirasa

4. Capaian yang ingin Anda raih dengan menjadi staff

Indonesia merupakan salah satu komoditi penghasil dan pengekspor minyak dan gas terbesar di dunia, namun hingga kini hiruk pikuk akan kelangkaan energy dan timpang tindihnya permasalahan migas di Indonesia menjadi yang paling utama. Memang kurangnya kewaspadaan dan dukungan bagi kemajuan terhalang oleh satu dan lain hal, namun Apa langkah dini yang dapat menggetarkan halangan tersebut? Dan bagaimana Solusi konkritnya?

IATMI SMUI (Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia Seksi Mahasiswa Universitas Indonesia) adalah salah satu klub peminatan departemen yang ada di DTK UI, pengembangan klub ini berfokus pada peningkatan SDM di dunia migas. Tentu, IATMI SMUI dirasa dapat membuka pintu gerbang kemashlahatan energy khususnya migas di Indonesia. motivasi tersendiri yang hadir dalam benak saya ketika nantinya dapat bergabung menjadi member IATMI SMUI adalah dapat menjadi kontributor penggerak kemajuan kemigasan di negeri ini serta memberikan suatu inovasi kreatif dan menutup kemungkinan negatif mengenai migas di indonesia, dan bagi lingkup internal motivasi saya ingin bergabung ialah agar dapat menjalin kekerabatan sesama baik di lingkup internal ataupun eksternal dan meningkatkan kecakapan diri (softskill), serta dapat membuka wawasan dan mahir dalam kegiatan atau perlombaan kemigasan nantinya.

Menjadi member IATMI SMUI adalah suatu kesempatan untuk menggali lebih dalam keilmuwan dibidang migas, serta ditinjau dari segi organisasi tentu diharapkan nantinya dapat meningkatkan kualitas klub baik dari segi visual, prestasi, dan komunikasi internal dengan keseriusan sebagai member IATMI SMUI, dengan langkah konkrit seperti pembaharuan program kerja dan inovasi yang dapat lebih fleksibel atau mudah diterima, agar kebermanfaatannya bagi pihak internal dan eksternal dapat semakin berkualiatas. bergabung dengan IATMI SMUI ditelaah banyak sekali manfaatnya bagi proses persiapan kerja khususnya yang sangat ingin berkecimpung di dunia migas.

Harapan bagi IATMI SMUI apabila diposisikan sebagai member ialah agar dapat meningkatkan kualitas internal IATMI, dengan berbagai metode dan sistem, seperti dapat diadakannya training center yang dapat menunjang kebutuhan wawasan keilmuwan anggota, mengadakan weekly sharing center atau guest lecture secara berkala yang mendukung bagi kemajuan anggota dan klub serta dapat menumbuhkan sedini mungkin sifat kekeluargaan dan profesionalisme dalam menjalankan suatu amanah yang diwadahi oleh IATMI SMUI.

Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Seksi Universitas Indonesia.

Ialah suatu klub peminatan departemen teknik kimia UI yang juga merupakan suatu alasan non-formal mengapa saya ingin sekali menjadi bagian dari DTK UI semenjak SMA dahulu, hal tersebut sangat terkait dengan cita cita saya yang sangat ingin bekerja nantinya disebuah industri migas, Alhamdulillah kini saatnya memulai langkah konkrit untuk mewujudkan angan dan cita tersebut.

Motivasi mendaftar sebagai calon staff IATMI SMUI adalah tidak lain karena besarnya minat dan keseriusan untuk mengembangkan pengetahuan kemigasan saya, serta tidak lari dari permasalahan negeri yang selalu saja berpolemik dengan kebijakan energy, harapan saya tentunya dapat menjadi kontributor ide dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan diwadahi oleh IATMI SMUI sebagai pembentuk ide tersebut.

Dept, Kurikulum dan Training dirasa departemen yang sempurna mengarah kepada pengembangan motivasi dan cita cita saya, selain itu kedua dept. tersebut juga memiliki kemanfaatan terlebih bagi member atau staff nantinya dan juga merupakan dept, yang vital bagi pengembangan klub IATMI SMUI kedepannya menurut saya.

Dept. Kurikulum adalah departemen yang berfokus pada pengembangan pengetahuan kemigasan pihak internal IATMI SMUI, Dept. Training adalah departemen yang lebih berpusat pada peningkatan persiapan internal IATMI dalam suatu kegiatan perlombaan kemigasan yang akan diikuiti. Capaian berupa inovasi yang kiranya dapat disampaikan lebih kepada peningkatan kualitas klub baik ditinjau dari internal IATMI SMUI, inovasi konkrit berupa pembaharuan sistem kerja atau proker, seperti mengadakan weekly training untuk internal IATMI SMUI, atau mengadakan suatu forum sharing center kemigasan yang diprioritaskan bagi pihak eksternal (Warga DTK, dan FT UI).

Apabila diterima menjadi Staff kerja IATMI SMUI capaian yang ingin saya peroleh tentu pengetahuan yang luas tentang dunia migas, dapat mengikuti banyak perlombaan yang dapat bermanfaat bagi saya dan kualitas klub, serta dapat menebar manfaat bagi warga DTK dengan sharing pengetahuan yang tentu juga dapat meningkatkan kualitas pihak ekstenal. namun, tidak lain dan tidak bukan adalah ingin mendapatkan kualitas diri yang lebih baik atau meningkatkan softskill diri. Serta menjalin dan memperkuat rasa kekeluargaan dengan diwadahi oleh suatu organisasi yang bernilai lebih ini bagi perluasan wawasan dan persiapan dunia kerja nantinya.