Nu vs im & hti

download

of 24

Embed Size (px)

Transcript of Nu vs im & hti

Slide 1

NAHDHATUL ULAMA&GERAKAN ISLAM TRANSNASIONALYUANDA KUSUMALANDASAN PEMIKIRANHai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. (Al Hujurat : 13)

Sungguh ! Manusia tidak ada yang 100% benar dan tidak ada pula yang 100% salah. Tapi, di setiap kebenarannya selalu ada kesalahan dan di setiap kesalahannya selalu ada kebenaran (Plato)

"Setiap pertikaian muncul tidak karena rumitnya permasalahan. Tapi, disebabkan karena dua orang/kelompok yang bertikai tidak memahami sudut pandang lawannya. (Socrates)

LANDASAN PEMIKIRANUmat Islam terpecah pada beberapa mazhab. Baik itu mazhab itiqad, siyasy/politik, ataupun Fiqh/hukum. Yang perlu digaris bawahi sebelum melangkah lebih jauh adalah bahwa perbedaan mereka tidak mengenai masalah pokok Agama. Dengan kata lain, perbedaan mereka tidak tentang masalah rukun dan ushul agama. Tapi masalah furu/cabang.LANDASAN PEMIKIRANKUNCI MEMAHAMI PERGERAKANSejarah (kelahiran perkembangan - kekinian)Dasar pemikiranTujuanGerakan/program

RAGAM PERGERAKAN ISLAMMAZHAB ITIQADY:JabariyahQodariyahMurjiahMutazilahAsyariyahMaturidiyahSalafiyahBahaiyah

RAGAM PERGERAKAN ISLAM (SALAF)RAGAM PERGERAKAN ISLAMMAZHAB POLITIKSyiahKhawarij

RAGAM PERGERAKAN ISLAM (SALAF)RAGAM PERGERAKAN ISLAMRAGAM PERGERAKAN ISLAMMAZHAB FIQHAbu HanifahMalik ibn AnasSyafiiAhmad ibn HanbalDaud ibn Ali al Isfahani al ZahiriIbn Hazm al AndalusiIbn TaimiahImam Zaid ibn AliImam Jafar al Shadiq

RAGAM PERGERAKAN ISLAM (SALAF)RAGAM PERGERAKAN ISLAMRAGAM PERGERAKAN ISLAMIKHWANUL MUSLIMUN (POLITIK)HIZB TAHRIR (POLITIK)WAHABIRAGAM PERGERAKAN ISLAM (KHALAF)RAGAM PERGERAKAN ISLAMKONSEP DASAR PEMIKIRAN AL IKHWAN MUSLIMUNAl Ikhwanul Muslimin merupakan sebuah organisasi Islam berlandaskan ajaran Islam dengan pengaruh Shufi yang kuat.

Al Ikhwan al Muslimun memandang bahwa Islam adalah dien yang universal dan menyeluruh, bukan hanya sekedar agama yang mengurusi ibadah ritual (salat, puasa, haji, zakat, dll) saja. Dasar pemikiran ini menjadikan mereka menolak dengan keras paham sekularisme. Sebaliknya, dari dasar pemikiran ini, mereka berusaha mempopulerkan kembali konsep-konsep ke Islaman.

TUJUAN AL IKHWAN AL MUSLIMUNKREDO AL IKHWAN AL MUSLIMUNCAKUPAN PERGERAKAN AL IKHWAN AL MUSLIMUNAl Ikhwanul Muslimin tetap mengikuti perkembangan teknologi dan tidak meninggalkannya. Pokok-pokok pikiran Ikhwanul Muslimin banyak menginspirasi dan diterima oleh segala lapisan dan pergerakan Islam.

Ikhwanul Muslimin menekankan adaptasi umat Islam terhadap era globalisasi dan perkembangan zaman.

Pemikiran dan pergerakan Ikhwanul Muslimin mencakup delapan aspek yang mencerminkan luasnya cakupan Islam sebagai ideologi yang mereka anut,

CAKUPAN PERGERAKAN AL IKHWAN AL MUSLIMUNKONSEP DASAR PEMIKIRAN HIZB TAHRIR INDONESIAHizb Tahrir Indonesia merupakan sebuah organisasi Islam berlandaskan ajaran Islam.

Hizb Tahrir Indonesia memandang bahwa Islam adalah dien yang universal dan menyeluruh, bukan hanya sekedar agama yang mengurusi ibadah. Dasar pemikiran ini menjadikan mereka menolak dengan keras paham sekularisme. Sebaliknya, dari dasar pemikiran ini, mereka berusaha mempopulerkan kembali konsep-konsep ke Islaman.

TUJUAN HIZB TAHRIR INDONESIATAKTIK DAN STRATEGI HIZB TAHRIR INDONESIAKEKUATAN NUSTRUKTUR YANG MENGAKAR KEKUATAN NUKEKUATAN NU14 LEMBAGAKEKUATAN NUKEKUATAN NU2 LAJNAHKEKUATAN NU10 BANOMKELEMAHAN NUMANAJERIAL YANG LEMAH. MENYEBABKAN POTENSI DAN KEKUATAN YANG DIMILIKI TIDAK DAPAT MEMBUAHKAN HASIL YANG MAKSIMAL. BAIK ITU DI BIDANG EKONOMI, POLITIK, SOSIAL DAN HANKAM

Karena kelemahan manajerial ini kekuatan NU tercerai berai. Akibatnya, kelompok lain dalam hal ini gerakan islam transnasional yang memanfaatkan situasi tersebut. Baik dengan cara mengambil kader-kader muda potensial NU ataupun pengambilalihan aset-aset NU serta kesempatan dan peluang NU.

STRATEGI GERAKAN NUTRANSNASIONAL: ANCAMAN ATAU PELUANG ?SUDUT PANDANG MAKROSUDUT PANDANG MIKROKITA MEMILIKI COMMON PROBLEM DAN COMMON ENEMY YANG SAMA DENGAN GERAKAN ISLAM TRANSNASIONAL.

COMMON PROBLEM:KemiskininanKeterbelakangan iptek

COMMON ENEMY :Keterjajahan (Penjajah baik dalam maupun luar negeri).

DALAM PRESPEKTIF INI, GERAKAN ISLAM TRANSNASIONAL MERUPAKAN PELUANG BAGI NUVisi & misi gerakan Islam Transnasional adalah Mendirikan Daulah Khilafah dan Penerapan Syariah Islam. Hal tersebut bertentangan dengan NU yang memperjuangkan NKRI, UUD 45 dan Pancasila

Gerakan Islam Transnasional melanggar Terotori NU. Baik berupa pengambilalihan Masjid maupun kader muda NU.

DALAM PRESPEKTIF INI, GERAKAN ISLAM TRANSNASIONAL MERUPAKAN ANCAMAN BAGI NU

SOLUSI?