No. : 055/Corsec-SIH/VI/2020€¦ · No. : 055/Corsec-SIH/VI/2020 Tangerang, 15 Juni 2020 Kepada...

2
No. : 055/Corsec-SIH/VI/2020 Tangerang, 15 Juni 2020 Kepada Yth. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Gedung Sumitro Joyohadikusumo, Lantai 3 Jl. Lapangan Banteng Timur 2-4 Jakarta – 10710 Up. Yth. Bapak Ir. Hoesen, M.M. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Perihal : Bukti Iklan Pemanggilan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Siloam International Hospitals Tbk Dengan hormat, Bersama ini kami sampaikan bukti Iklan Pemanggilan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Siloam International Hospitals Tbk di Investor Daily tertanggal 15 Juni 2020. Demikian kami sampaikan. Atas perhatian Bapak, kami mengucapkan terima kasih. Tembusan: 1. Direksi PT Bursa Efek Indonesia 2. Direksi PT Kustodian Sentral Efek Indonesia 3. Direksi PT Sharestar Indonesia 4. Direksi The Indonesia Capital Market Institute (TICMI)

Transcript of No. : 055/Corsec-SIH/VI/2020€¦ · No. : 055/Corsec-SIH/VI/2020 Tangerang, 15 Juni 2020 Kepada...

Page 1: No. : 055/Corsec-SIH/VI/2020€¦ · No. : 055/Corsec-SIH/VI/2020 Tangerang, 15 Juni 2020 Kepada Yth. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Gedung Sumitro Joyohadikusumo, Lantai 3 Jl. Lapangan

No. : 055/Corsec-SIH/VI/2020 Tangerang, 15 Juni 2020 Kepada Yth. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Gedung Sumitro Joyohadikusumo, Lantai 3 Jl. Lapangan Banteng Timur 2-4 Jakarta – 10710 Up. Yth. Bapak Ir. Hoesen, M.M.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Perihal : Bukti Iklan Pemanggilan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Siloam International Hospitals Tbk Dengan hormat,

Bersama ini kami sampaikan bukti Iklan Pemanggilan Rapat Umum Pemegang

Saham Tahunan PT Siloam International Hospitals Tbk di Investor Daily tertanggal 15

Juni 2020.

Demikian kami sampaikan. Atas perhatian Bapak, kami mengucapkan terima kasih.

Tembusan: 1. Direksi PT Bursa Efek Indonesia 2. Direksi PT Kustodian Sentral Efek Indonesia 3. Direksi PT Sharestar Indonesia 4. Direksi The Indonesia Capital Market Institute (TICMI)

Page 2: No. : 055/Corsec-SIH/VI/2020€¦ · No. : 055/Corsec-SIH/VI/2020 Tangerang, 15 Juni 2020 Kepada Yth. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Gedung Sumitro Joyohadikusumo, Lantai 3 Jl. Lapangan

senin 15 juni 2020

3 TELCOMMUNICATION

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian BUMN, dan Telkom Indonesia, akan terus mengembangkan dan menambahkan beberapa fitur baru untuk memudahkan pengguna apl ikasi Pedul i Lindungi dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan, pengembangan aplikasi selan-jutnya yang pertama akan di-arahkan untuk menambah fitur QR Code untuk digital diary perjalanan pengguna.  Pada minggu ketiga Juni ini, fitur tersebut diharapkan sudah bisa diluncurkan.

“QR Code untuk WNI dan WNA yang memasuki wilayah yurisdiksi nasional kita, batas negara di tujuh pintu, atau gate imigrasi, dan dengan secara langsung ditetapkan sebagai ODP,” jelas Johnny,

dalam ke terangannya, akhir pekan lalu.

Kemudian, rencana penamba-han teknologi Face Recognition untuk pengecekan suhu tubuh dan masker sebelum pengguna aplikasi masuk ke area publik, atau gedung yang diharapkan bisa diluncurkan pada pekan kedua Juli mendatang.

Seper ti kita ketahui, per-angkat ponsel fitur dikenal hanya bisa digunakan hanya bisa untuk berkirim SMS dan bertelepon yang bekerja pada jaringan 1-3G. Sedangkan untuk smartphone, ponsel ini bisa un-tuk lalu lintas data, atau internet, yang beroperasi di jaringan 4G LTE.

Selanjutnya, pengembangan aplikasi Peduli Lindungi untuk pengguna yang bukan pon-sel pintar (non-smar tphone) pada Minggu ketiga Juli 2020. Pengembangan ini perlu dilak-ukan karena jumlah pengguna non-smartphone di Tanah lebih

banyak daripada smartphone. Pemerintah juga akan mem-

bangun software development kit  (SDK) agar aplikasi Peduli Lindungi dapat dimanfaatkan di aplikasi (apps) lain pada Minggu keempat Juli 2020. Misalnya, aplikasi Peduli Lindungi bisa digunakan dan diintegrasikan pada aplikasi Gojek.

Chief Digital Innovation Of-ficer Telkom Indonesia Faizal Djoemadi menuturkan, aplikasi Peduli Lindungi saat ini sebe-narnya sudah menggunakan seluruh teknologi smartphone, mulai dari global positioning system (GPS), bluetooth, dan QR Code.

“Tapi, aplikasi ini bisa dikem-bangkan untuk manfaat yang lebih besar. Dan, kami, sebagai developer, membuka kesem-patan kepada para star t-up, atau pemilik aplikasi yang lain,” jelasnya, menegaskan kesediaan untuk berkolaborasi dengan anak negeri. (lm)

Konsep cloud kitchen, atau restoran yang mengandalkan pesanan saja (deli very-only) telah memudahkan usaha ku-liner untuk terus berkembang dan menjangkau lebih banyak pelanggan dengan standar ke-bersihan terbaik. Saat ini, Grab-Kitchen telah hadir di Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan Bali, dengan ratusan mer-chant tergabung sebagai mitra restoran.

Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia, Hadi Surya, mengatakan, GrabKitchen diperkenalkan di Indonesia pada 2018 melalui sebuah proyek pilot di Jakarta dan resmi dilun-curkan pada April 2019. Grab-Kitchen pun memperkenalkan konsep cloud kitchen pertama di Indonesia.

“Bagi mitra GrabFood yang sebagian besar UMKM, Grab-Kitchen menawarkan peluang ekspansi ke wilayah-wilayah baru serta membuka kesem-patan untuk menjangkau lebih banyak konsumen melalui pe-manfaatan teknologi dan data,” ujar Hadi, dalam keterangannya, akhir pekan lalu.

Menurut dia, konsep cloud ki tchen dar i GrabKitchen dapat membantu pelaku bis-nis kuliner menekan biaya operasional. Sebab, sebagian besar dari ke giatan cloud kit-chen merupakan layanan de-

livery-only, sehingga mereka t idak perlu mengeluarkan investasi besar untuk biaya sewa tempat.

Selain itu, para mitra usaha mendapatkan dukungan pema-saran dalam aplikasi GrabFood sebagai upaya untuk memini-malisasi sejumlah kendala yang umumnya dihadapi para peng-usaha makanan dan minuman ketika ekspansi, atau bahkan, memulai bisnisnya.

Berdasarkan data Badan Eko-nomi Kreatif (Bekraf), pada 2018, jumlah usaha kuliner di Indonesia mencapai 5,55 juta unit, atau 67,66% dari total 8,20 juta usaha ekonomi kreatif.

Rata-rata tingkat per tum-buhan usaha ekonomi kreatif selama tujuh tahun terakhir 9,82%. Di sisi lain, sekitar 60% usaha kuliner di Indonesia telah terkena pukulan telak akibat dampak buruk pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi. 

T idak hanya mendorong pertumbuhan bisnis UMKM, terutama di bidang kuliner, kehadiran GrabKitchen juga memberikan dampak positif pada perekonomian setempat.

Bagi konsumen, GrabKit-chen tidak hanya menyajikan sajian favorit lebih dekat dan higienis, tapi juga meman-jakan lidah dengan lebih ban-yak pilihan santapan berkat

fitur GrabKitchen All in One. Dengan fitur ini, pelanggan dapat memesan berbagai menu hidangan dari beberapa mer-chant sekaligus lewat satu lokasi hanya dengan satu kali order. 

Manfaat dan KebersihanSementara itu, Grab pun

menyampaikan beberapa con-toh mitra merchant GrabKitchen yang usaha kulinernya tetap bertahan dan terus berkem-bang pesat walaupun di tengah pandemi Covid-19 yang belum berlalu.

Berdiri sejak 1977, Restoran Mie Kedondong, milik Clarissa Suwijono di Surabaya, men-jadi satu dari ratusan UMKM yang memanfaatkan teknologi GrabKitchen. Mie Kedondong dikenal memiliki cita rasa yang gurih, lezat, dan dengan keru-puk pangsitnya yang meng-gugah selera yang digelutinya turun-temurun.

Di tengah pandemi Covid-19, Clarissa masih menjalankan bisnisnya dengan menguta-makan pesanan secara daring (online) agar terus bisa mela-yani kebutuhan pelanggan dan memberikan pemasukan bagi karyawannya. 

“GrabKitchen telah menjadi jembatan dan enabler bagi peng-usaha seperti kami, sehingga dapat terus melayani pelanggan dan menghidupi kar yawan,” tambah Clarissa.

Tidak hanya Mie Kedon-dong yang terus berjalan dan beradaptasi dengan kondisi Covid-19, restoran yang ter-letak di Bandung, Martabak Mertua, yang dikelola oleh Alan Okadanan juga mampu tetap bertahan.

Alan mengaku bahwa pen-dapatannya sedikit turun selama pandemi Covid-19. Tetapi, ia juga merasa sangat terbantu dengan kehadiran GrabKitchen untuk menopang keberlang-sungan bisnisnya.

“Saat ini, banyak sekali masya-rakat yang mungkin merasa ragu untuk membeli makanan di luar. Di Martabak Mertua, kami sangat memperhatikan aspek kebersihan makanan, begitu pula cabang kami di GrabKit-chen,” katanya.

Restoran yang pertama kali didirikan pada 2015 tersebut sudah bergabung dengan Grab-Kitchen selama kurang lebih enam bulan. Semenjak ber-gabung, Alan merasakan banyak manfaat yang didapatkan dari GrabKitchen, khususnya di masa pandemi Covid-19.

“Yang membuat saya sangat terbantu dari GrabKitchen ada-lah dari data yang dimiliki oleh Grab terkait pemilihan lokasi dan makanan apa saja yang diminati konsumen di daerah tersebut. Informasi tersebut sangat berguna bagi kami untuk menangkap peluang yang ada dan berkreasi dengan menu-menu kami,” jelas Alan. 

Jangkauan dan Efisien Lain lagi cerita Hendri Pra-

bowo, pemilik Ayam Geprek COC di Medan. Ia mengaku, pada bulan Ramadan, restoran-nya tersebut selalu ramai dengan pengunjung yang datang untuk berbuka puasa bersama. Tapi, pada Ramadan lalu berbeda ceritanya. Semua pelanggan harus memesan online.

“Kalau saya tidak bergabung dengan GrabKitchen, mung-kin restoran saya bisa tutup dan tidak ada kegiatan oper-asional. Berkat GrabKitchen, kami bisa ber tahan dengan pelanggan berbasis online dan terus menghidupi karyawan,” ujar Bowo. 

Di Bali, salah satu mitra merchant GrabKitchen, David Gunawan, juga sangat merasa bersyukur masih bisa berjualan di tengah pandemi Covid-19. Pemilik restoran Ayam Geprek Bu Deasy ini merasa telah tum-buh bersama Grab.

Oleh Abdul Muslim

JAKARTA – Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, yakin bahwa GrabKitchen dengan konsep cloud kitchen menjadi solusi untuk pengembangan bisnis kuliner di era baru (new normal) saat pandemi Covid-19 masih berlangsung di Tanah Air.

Wilayah Persebaran Bantuan

Kontribusi Pertamina Grupdalam Penanganan Covid-19

Total Pertamina Group

Medical

miliar295CSR, BL, donasi

miliar173Sarfas, sosialisasi, extra fooding

Pertamina

miliar17

miliar485

Anak Perusahaan

miliar330

miliar815

5.250.246Masker

buah

243.095bagi Petugas Medis

set APD

12.862Penyemprotan

Disinfektan

lokasi

89.824Face Shields

buah

237.900Rapid Test

unit

31.280Hand Sanitizer

liter30.913Desinfektan

liter

120.339Makanan Siap Saji/

Sembako

paket

310Ventilator

unit

8.280Wastafel Portabel

unit

1.112.154Sarung tangan

pasang3.788

Safety Bootpasang

7.486Safety Google

unit

Rp130Renovasi fasilitas

dan Alat Kesehatan

miliar

1.545.087bagi Petugas Medis,

AMT dan Petugas SPBU

vitamin

56Thermal Body Scanner

unit113

Disinfectan Chamber

unit

1.914Thermo Gun

unit

25Nurse Cap

boks

Rp815miliar

total

Data per 7 Juni 2020

Pertamina berkontribusi maksimal dalam upaya penanganan wabah covid-19 di Indonesia. Bantuan yang diberikan berupa alat kesehatan dan medis, paket makanan siap saji dan sembako, serta dukungan dengan melakukan pemberdayaan ekonomi terhadap masyarakat dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Selain berikan bantuan Pertamina juga melakukan alih fungsi rumah sakit Pertamina Jaya, Hotel Patra Comfort Jakarta dan Lapangan Sepak Bola Simprug menjadi RS Rujukan pasien Covid-19.

Pertamina group dan masyarakat di seluruh tanah air terus bergerak bahu-membahu membantu dalam penanganan covid-19 di Indonesia baik pada aspek kesehatan, sosial, maupun ekonomi.

Mari satukan energi,pulihkan Indonesia

PT SILOAM INTERNATIONAL HOSPITALS TBK(“Perseroan”)

PEMANGGILANRAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM TAHUNAN

Dengan ini Direksi Perseroan memanggil dan mengundang para pemegang saham Perseroan (“Pemegang Saham”) untuk menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“Rapat”); yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Selasa, 7 Juli 2020 Pukul : 09.00 WIB – selesai Tempat : Ruang Mahogany Hotel Aryaduta Lippo Village 401 Boulevard Jenderal Sudirman Lippo Village 1300, Tangerang 15811

Mata Acara : 1. Persetujuan dan pengesahan atas Laporan Tahunan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019 serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et de charge) kepada seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang dilakukan dalam tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019.2. Penetapan penggunaan laba Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019.3. Penunjukkan Kantor Akuntan Publik Terdaftar yang akan melakukan audit atas buku-buku Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020.4. Pengangkatan anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan termasuk Komisaris Independen Perseroan serta penetapan honorarium dan tunjangan lainnya anggota Dewan Komisaris Perseroan serta gaji dan tunjangan lainnya anggota Direksi Perseroan.5. Persetujuan Laporan penggunaan dana hasil Penawaran Umum Terbatas II.6. Persetujuan untuk memperpanjang penyerahan kewenangan kewenangan kepada Dewan Komisaris, sehubungan dengan rencana pembelian kembali saham Perseroan dalam rangka program MESOP yang telah disetujui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Perseroan tanggal 9 Desember 2019.

Catatan:

1. Pemanggilan Rapat ini untuk memenuhi ketentuan Pasal 21 ayat 4 Anggaran Dasar Perseroan dan Pasal 17 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (“POJK”) No. 15/POJK.04/2020 tanggal 20 April 2020 (“POJK No. 15/2020”) tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka dan Perseroan tidak mengirimkan surat undangan tersendiri kepada Pemegang Saham, sehingga iklan pemanggilan ini telah sesuai dengan ketentuan dan merupakan undangan resmi bagi Pemegang Saham Perseroan. Adapun penjelasan mata acara Rapat secara lengkap dapat diunduh melalui situs web Perseroan (https://www.siloamhospitals.com/id/contents/investor-relations/shareholder-information/shareholder-meetings/).

2. Pemegang Saham yang berhak hadir atau diwakili dalam Rapat adalah: a. untuk saham-saham Perseroan yang belum dimasukkan ke dalam Penitipan Kolektif: Pemegang Saham atau kuasa Pemegang Saham Perseroan yang sah yang nama-namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal 12 Juni 2020 sampai dengan pukul 16:15 WIB; b. untuk saham-saham Perseroan yang berada di dalam Penitipan Kolektif: Pemegang Saham atau kuasa Pemegang Saham yang namanya tercatat pada pemegang rekening atau bank kustodian di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (“KSEI”) pada tanggal 12 Juni 2020 sampai dengan pukul 16:15 WIB. Bagi pemegang rekening efek KSEI dalam Penitipan Kolektif diwajibkan memberikan Daftar Pemegang Saham yang dikelolanya kepada KSEI untuk mendapatkan Konfirmasi Tertulis Untuk Rapat (“KTUR”).

3. Bahwa berdasarkan: (i) Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-2019); (ii) Peraturan Menteri Kesehatan No. 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19); (iii) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 15/POJK.04/2020 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka; (iv) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 16/POJK.04/2020 tentang Pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka Secara Elektronik; dan (v) kewajiban Perseroan dalam memenuhi himbauan pemerintah untuk menerapkan pembatasan jarak fisik di ruangan Rapat; maka Perseroan sangat menghimbau kepada Pemegang Saham untuk menguasakan kehadirannya melalui pemberian kuasa kepada Biro Administrasi Efek (“BAE”) yang ditunjuk oleh Perseroan, yaitu PT Sharestar Indonesia. Bagi Pemegang Saham yang telah memberikan kuasa kepada BAE, dapat mengikuti pelaksanaan jalannya Rapat melalui sarana elektronik yang akan disediakan oleh KSEI yang dapat diakses melalui fasilitas eASY KSEI.

4. Bagi Pemegang Saham yang akan hadir secara langsung dalam Rapat, maka akan diberlakukan protokol yang sangat ketat dalam rangka penanganan Covid-19, mengacu kepada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

5. Pemegang Saham dihimbau untuk memperhatikan Tata Tertib Rapat yang telah tersedia pada situs web Perseroan (https://www.siloamhospitals.com/id/contents/ investor-relations/shareholder-information/shareholder-meetings/).

6. Sebelum memasuki ruangan Rapat, para Pemegang Saham atau kuasanya yang akan menghadiri Rapat dimohon untuk menyerahkan kepada petugas pendaftaran: a. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lainnya yang sah; b. Fotokopi anggaran dasar dan perubahan-perubahannya serta akta yang menyebutkan susunan Direksi dan Dewan Komisaris terakhir, bagi Pemegang Saham yang berbentuk badan hukum; c. KTUR, bagi Pemegang Saham dalam Penitipan Kolektif KSEI; d. Surat Pernyataan Kesehatan yang telah diisi dan ditandatangani di atas meterai. Formulir Surat Pernyataan tersedia di Situs Web Perseroan.

7. Sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19, Perseroan akan memfasilitasi penyelenggaran rapat sebagai berikut : a. Mekanisme Pemberian Surat Kuasa i) Perseroan menghimbau kepada Para Pemegang Saham dalam Penitipan Kolektif KSEI untuk memberikan kuasa secara elektronik (“e-Proxy”) kepada perwakilan yang ditunjuk oleh Biro Administrasi Efek Perseroan (PT Sharestar Indonesia) dalam fasilitas eASY.KSEI yang terdapat pada Situs Web Acuan Kepemilikan Sekuritas/Akses.KSEI (https://akses.ksei.co.id); ii) Selain pemberian kuasa secara elektronik/e-Proxy tersebut di atas, Pemegang Saham dapat mengunduh formulir Surat Kuasa yang tersedia dalam Situs Web Perseroan (https://www.siloamhospitals.com/id/contents /investor-relations/shareholder-information/shareholder-meetings/). Surat kuasa asli wajib disampaikan secara langsung atau dengan surat tercatat kepada Biro Administrasi Efek Perseroan, PT Sharestar Indonesia; iii) Informasi lebih lanjut mengenai panduan pemberian kuasa elektronik/e-Proxy dapat dilihat pada Situs KSEI (https://www.ksei.co.id/data/download-data-and-user-guide) dengan judul Panduan eASY.KSEI - Pemegang Saham b. Pemegang Saham atau kuasanya yang menghadiri Rapat diwajibkan untuk memenuhi seluruh prosedur, kebijakan dan pengaturan kesehatan lainnya yang ditetapkan oleh Perseroan dan manajemen bangunan tempat Rapat diadakan.

8. Pemegang Saham yang tidak dapat hadir, dapat diwakili oleh kuasanya yang sah dengan membawa Surat Kuasa yang sah atau dengan mengisi surat kuasa elektronik melalui fasilitas eASY.KSEI sebagaimana ditentukan oleh Direksi Perseroan, dengan ketentuan anggota Direksi, anggota Dewan Komisaris dan karyawan Perseroan boleh bertindak selaku kuasa Pemegang Saham Perseroan dalam Rapat ini, namun suara yang mereka keluarkan tidak diperhitungkan dalam pemungutan suara.

9. Bahan Mata Acara Rapat tersedia dan dapat diunduh dalam Situs Web Perseroan (https://www.siloamhospitals.com/id/contents/investor-relations/shareholder-informationshareholder-meetings/) dan/atau Situs Web Akses KSEI (fasilitas eASY.KSEI) sejak tanggal pemanggilan sampai dengan tanggal Rapat.

10. Untuk mempermudah pengaturan dan tertibnya Rapat, para pemegang saham atau kuasanya dimohon dengan hormat untuk hadir ditempat Rapat paling lambat 30 (tiga puluh) menit sebelum Rapat dimulai.

11. Pemerintah atau otoritas berwenang dapat sewaktu-waktu mengeluarkan kebijakan larangan pelaksanaan Rapat atau larangan atau pembatasan kepada Pemegang Saham untuk hadir secara langsung dalam Rapat sebelum atau pada hari pelaksanaan yang telah ditetapkan, hal ini sepenuhnya di luar tanggung jawab dan kewenangan Perseroan.

Tangerang, 15 Juni 2020PT SILOAM INTERNATIONAL HOSPITALS TBK

Direksi

Pameran Fotografi Secara DaringPeminat fotografi melihat pameran fotografi secara daring yang bertajuk “Before The Quarantine” di Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (13/6/2020). Pameran fotografi yang digelar oleh Kelompok Studi Mahasiswa Fotkom 401 UPN “Veteran” Yogyakarta yang digelar secara daring tersebut sebagai upaya untuk tetap berkreasi di tengah pandemi Covid-19.

aNT