NFComNews-Edisi-1-Mei-Juni-2011

8
Technology u Open Source u Education Edisi 01 Tahun I, Mei - Juni 2011 “Menimbang Sertifikasi IT” Bagi perusahaan, melakukan sertifikasi/memiliki karyawan yang bersertifikasi penting, karena sertifikasi memberikan keunggulan kompetitif dibanding perusahaan lain, memberikan pelayanan pada tingkat yang lebih tinggi sehingga dalam perusahaan dapat mencapai tujuannya yaitu profit. Kedua, sebagai alat yang penting untuk mempertahankan dan mendapatkan SDM bidang ICT. Sebab menurut survey, SDM yang memiliki sertifikasi IT lebih loyal dan kurang suka berganti pekerjaan. Nah, Sertifikasi IT adalah suatu cara untuk mempertahankan SDM berkompetensi, berfungsi sebagai pembeda tingkat kemampuan Sertifikasi merupakan standardisasi secara profesional bagi mereka yang kompeten di bidang pekerjaan masing-masing yang dikelola dan dibina oleh Organisasi Profesi bukan Pemerintah. Sertifikasi juga harus memenuhi persyaratan kualitas profesi yang telah ditetapkan. Bersambung ke hal-7 Content “Menimbang Sertifikasi IT” Mengapa Sertifikasi Kompetensi itu Penting? Press Release Selamat Datang di Rumah Linux Gaji Seorang IT Certified Achievers of The Month NFCom Event Ads - Contact Page 1 2 3 5 6 6 7 8 NEWS antara staf senior (lama) dan staf baru, juga dapat digunakan sebagai skala pembanding untuk kemampuan teknis antar staf. Selain itu, Sertifikasi IT memungkinkan pemilihan yang lebih baik dalam proses rekruitmen, memberikan perusahaan sebuah standar kemampuan yang konsisten dan biasanya SDM yang memiliki sertifikasi mampu melakukan fungsi pekerjaan dengan lebih baik dibanding yang belum. Kemana untuk Sertifikasi? Perlu dipahami dulu beberapa jenis sertifikasi IT yaitu berdasarkan

description

 

Transcript of NFComNews-Edisi-1-Mei-Juni-2011

Page 1: NFComNews-Edisi-1-Mei-Juni-2011

NF Computer NEWSEdisi 01 Tahun I, Mei - Juni 2011 1

Technology u Open Source u Education

Edisi 01 Tahun I, Mei - Juni 2011

“Menimbang Sertifikasi IT”

Bagi perusahaan, melakukan sertifikasi/memiliki karyawan yang bersertifikasi penting, karena sertifikasi memberikan keunggulan kompetitif dibanding perusahaan lain, memberikan pelayanan pada tingkat yang lebih tinggi sehingga dalam perusahaan dapat mencapai tujuannya yaitu profit.

Kedua, sebagai alat yang penting untuk mempertahankan dan mendapatkan SDM bidang ICT. Sebab menurut survey, SDM yang memiliki sertifikasi IT lebih loyal dan kurang suka berganti pekerjaan. Nah, Sertifikasi IT adalah suatu cara untuk mempertahankan SDM berkompetensi, berfungsi sebagai pembeda tingkat kemampuan

Sertifikasi merupakan standardisasi secara profesional bagi mereka yang kompeten di bidang pekerjaan masing-masing yang dikelola dan dibina oleh Organisasi Profesi bukan Pemerintah. Sertifikasi juga harus memenuhi persyaratan kualitas profesi yang telah ditetapkan.

Bersambung ke hal-7

Content

“Menimbang Sertifikasi IT”

Mengapa Sertifikasi Kompetensi itu Penting?

Press Release

Selamat Datangdi Rumah Linux

Gaji Seorang IT Certified

Achievers of The Month

NFCom Event

Ads - Contact

Page

1

2

3

5

6

6

7

8

NEWS

antara staf senior (lama) dan staf baru, juga dapat digunakan sebagai skala pembanding untuk kemampuan teknis antar staf.

Selain itu, Sertifikasi IT memungkinkan pemilihan yang lebih baik dalam proses rekruitmen, memberikan perusahaan sebuah standar kemampuan yang konsisten dan biasanya SDM yang memiliki sertifikasi mampu melakukan fungsi pekerjaan dengan lebih baik dibanding yang belum.

Kemana untuk Sertifikasi?Perlu dipahami dulu beberapa

jenis sertifikasi IT yaitu berdasarkan

NFCom

Page 2: NFComNews-Edisi-1-Mei-Juni-2011

NF Computer NEWS Edisi 01 Tahun I, Mei - Juni 2011 2

Mengapa Sertifikasi Kompetensi itu Penting

Sertifikasi kadang diartikan sebagai sebuah hambatan berbisnis atau bekerja, terutama jika sertifikasi itu dijadikan keharusan terhadap sebuah barang, jasa, atau

kompetensi seseorang untuk digunakan dalam kegiatan yang bermanfaat di dunia bisnis/kerja. Salah satu pertanyaannya, mengapa perlu sertifikasi kalau “kita” sudah yakin bahwa barang, jasa, atau kompetensi orang itu “jelas-jelas” bermanfaat? Dua kata dalam tanda petik “kita” dan “jelas-jelas” itulah jawabnya.

Istilah-istilah SertifikasiTulisan ini hanya mengupas

sertifikasi kompetensi. Yang dimaksud kompetensi di sini adalah kompetensi kerja, yakni spesifikasi atau ciri-ciri dari pengetahuan, keterampilan atau keahlian, dan sikap dalam suatu bidang kerja, serta penerapannya secara efektif dalam pekerjaan sesuai dengan standar kerja yang dipersyaratkan. Sertifikasi kompetensi adalah proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan objektif melalui uji kompetensi, dengan mengacu pada standar kompetensi kerja yang berlaku nasional maupun internasional. Uji kompetensi adalah proses penilaian (assessment) secara teknis maupun non teknis dengan bukti yang relevan untuk menentukan seseorang sudah kompeten atau belum. Sumber: Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Tujuan SertifikasiSertifikasi kompetensi di

perlukan antara lain untuk menunjukkan bahwa “kita” sepakat “jelas-jelas” telah ada standar kompetensi SDM untuk suatu bidang kerja. “Kita” di sini bisa mencakup semua orang yang terkait di bidang kompetensi kerja

tertentu. Misal seorang pelamar kerja ingin diakui sebagai orang yang kompeten dalam pekerjaan instalasi Linux oleh manajer SDM perusahaan yang dilamarnya, maka “kita” adalah pelamar dan manajer SDM tersebut. Pengakuan itu dapat berupa ujian saat proses penerimaan karyawan atau berupa sertifikasi kompetensi yang “jelas-jelas” menunjukkan pelamar berkompeten untuk menginstal Linux.

Sebagai contoh, salah satu standar kerja seorang tenaga helpdesk atau administrator sistem operasi Linux BlankOn adalah mampu menginstal Linux BlankOn pada sebuah komputer. Seseorang

disebut memiliki kompetensi sebagai administrator Linux BlankOn jika dia memahami pengetahuan tentang cara menginstal Linux BlankOn,

mampu menginstal sistem itu dengan prosedur yang benar, dan memiliki sikap yang baik terhadap aturan yang berlaku umum seperti tidak melanggar hak cipta Linux BlankOn, dan lain-lain. Untuk membuktikan kompetensinya itu, dia dapat mengikuti ujian sertifikasi kompetensi Linux BlankOn. Jika dia lulus, maka dia berhak diakui sebagai orang yang berkompeten. Dan jika belum lulus, maka dia perlu belajar dan meningkatkan keterampilannya lebih lanjut, kemudian kembali mengikuti ujian sertifikasi hingga lulus.

Manfaat SertifikasiSertifikasi ini bukan berarti

mengabaikan cara lain untuk menunjukkan kompetensi seseorang. Misal, seseorang yang melamar kerja dapat diuji oleh orang yang akan menggunakan jasa keahliannya, atau memiliki bukti-bukti selain sertifikat bahwa dia telah berkompeten di bidang kerja yang akan dijalankannya. Sertifikasi kompetensi hanya

Bersambung ke hal-7

NFCom Focus

RusmantoDirektur LP3T Nurul Fikri/NF ComputerPimred InfoLinux, Aktivis Linux [email protected]

Page 3: NFComNews-Edisi-1-Mei-Juni-2011

NF Computer NEWSEdisi 01 Tahun I, Mei - Juni 2011 3

Pesantren yang dikelola bersama antara Yayasan Profesi Terpadu Nurul Fikri

(LP3T-NF) dan YAYASAN LAZIS PT PLN

yang terletak di belakang Masjid Kubah

Emas Cinere Depok ini istimewa karena tiga hal:

1. kurikulumnya mencakup teknologi, kewirausahaan/kepemimpinan, dan akhlak mulia.

2. perangkat lunak yang digunakan dan dipelajari berbasis Open Source.

3. semua santrinya berasal dari keluarga dhuafa atau fakir-miskin.

Setahu saya, ini satu-satunya pesantren “Open Source untuk Fakir-miskin” yang ada didunia.

Tiga latar belakang pendirian pesantren ini adalah:1. kurangnya pemimpin yang memiliki wawasan

iptek dan berakhlak mulia,2. kurangnya tenaga ahli di bidang TI berbasis

Open Source.3. Sedikitnya keluarga fakir-miskin

yang memiliki kesempatan menjadi ahli TI dan

pemimpin diberbagai lini kehidupan.

Menurut kami,

anak dari keluarga fakir-

miskin juga punya hak dan kewajiban menjadi

teknokrat, yakni pemimpin formal (birokrat) maupun non

formal yang dijadikan pemimpin karena penguasaannya dibidang IC T (Teknologi).

Pada tanggal 26 Maret 2011, bertempat di NF Computer Depok, diselenggarakan ujian sertifikasi LPIC-1, yaitu terdiri dari Exam 101 dan Exam 102 dari LPI yang pertama kalinya.

Ujian ini istimewa, sebab merupakan ujian pertama yang sistemnya ujian tertulis offline sehingga semua peserta (ada 10 peserta) harus datang ke NF Com Depok untuk ujian, bukan ke testing center seperti Prometrics atau Pearson Vue. Soal ujian juga dikirim langsung dari representatif LPI Asia di Hongkong dan dikawal oleh proctor (pengawas yang ditunjuk langsung oleh LPI).

Dari sisi biaya, tentu lebih hemat, dan dari sisi psikologis juga lebih siap sebab peserta bisa memanfaatkan waktu ujian sebaik mungkin untuk

mengisi jawaban mulai soal pertama hingga terakhir dan waktu tersisa bisa digunakan untuk mengecek

jawaban.Hasil ujian tertulis

ini rencananya akan diumumkan langsung ke mailbox akun para peserta yang sudah terlebih dahulu mendaftar di situs www.lpi.org.

Terimakasih atas kerjasama semua pihak, yaitu Proctor dari ITB

Bandung, Prof Soegijardjo, panitia yaitu NF Computer Depok, dan para peserta yang telah tertib dalam melaksanakan ujian ini.

Semoga dikesempatan yang akan datang, lebih banyak lagi peserta yang bisa memanfaatkan momen ujian tertulis yang jadwalnya lebih ketat ini.

PressReleaseLP3T-NF Depok

Ujian Sertifikasi LPIC-1 Linux Professional Institute di NF Computer

LP3T-NF Cinere Pesantren Teknologi Informasi Berbasis “Open Source”

Page 4: NFComNews-Edisi-1-Mei-Juni-2011

NF Computer NEWS Edisi 01 Tahun I, Mei - Juni 2011 4

Akhir tahun 2010 ditutup dengan gemilang oleh LP3T Nurul Fikri (Lazim disebut NF Computer) dengan dibukanya satu lagi cabang baru LP3T-NF di Kota Padang. Pusat pendidikan dan pelatihan teknologi informasi berbasis Linux dan Windows ini dibuka di Jalan Hamka No 11 Kota Padang, persis di depan Basko Grand Mall.

Grand opening pada tanggal 4 Desember 2010 dihadiri oleh direktur LP3T Nurul Fikri sekaligus bapak Linux Indonesia, Rusmanto. Acara opening tersebut diisi dengan seminar mengenai “solusi software legal dan halal” yang dihadiri oleh pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum yang tertarik dan ingin berkomputer dengan legal dan halal.

Dalam rangka promo cabang baru, NF memberikan diskon khusus 50% untuk setiap pendaftar kursus.

Selain itu, gratis “coaching clinic” mengenai Linux dan permasalahannya, termasuk masyarakat dapat membawa laptopnya untuk di-instal Linux sekaligus diajarkan singkat mengenai sistem operasi Linux.

Semoga LP3T-NF Cabang Kota Padang ini dapat berkontribusi signifikan terhadap penguasan IT di Padang dan sekitarnya. Pada saat dibuka, kelas-kelas yang sudah terisi adalah untuk kursus Linux, Office, dan Merakit PC (PC Assembling dan LAN).

Seminar pengenalan Linux dan Linux Multimedia di Universitas Darma Persada (UNSADA) Jaktim pada tanggal 30 Maret 2011 sangat meriah.

D a l a m kesempatan tersebut, tim LP3T-NF Jaktim dikomandoi Pak Muhtarom ikut memeriahkan seminar dengan membagi-bagikan voucher diskon kursus bagi yang beruntung. Antusiasme peserta tak hanya seputar materi yang disampaikan pembicara, namun juga mengunjungi dan bertanya-tanya mengenai Linux di stand LP3T-NF Jaktim yang standby di lokasi.

Acara seminar tersebut juga meriah, karena menampilkan hiburan anak-anak pengamen jalanan

yang terorganisir, bernyanyi dengan apik sekali dan mengundang tepuk tangan yang gegap gempita dari

semua peserta seminar. Terbukti, pengamen jalanan pun bisa berkolaborasi dengan teknologi dan mau untuk berubah dan menatap masa depan lebih baik lagi.

T e m a n - t e m a n UNSADA sungguh patut diacungi jempol

mengundang para pengamen jalanan tersebut yang ternyata menampilkan performa yang menarik, cantik dan memuaskan semua peserta yang hadir, dengan lagu-lagu khas, lagu ciptaan mereka sendiri.

PressReleaseLP3T-NF Jakarta Timur

Mengenal Linux dan Pengamen Jalanan

LP3T-NF Padang

NF Computer Buka Cabang di Padang

Page 5: NFComNews-Edisi-1-Mei-Juni-2011

NF Computer NEWSEdisi 01 Tahun I, Mei - Juni 2011 5

Tren teknologi IT merupakan salah satu khasanah penting yang dibawa oleh LP3T Nurul Fikri atau lazim disebut NF Computer. Demikian juga, dengan dibukanya cabang baru NF Computer di kawasan Grogol Jakarta barat, tepatnya di Ruko Apartemen Taman Gloria, Jl Kiyai Tapa No 215 D pada hari Minggu, 20 Maret 2011.

Komitmen teknologi berbasis Open Source dan pendidikan pelatihan profesional ini turut dikemukakan oleh Bpk Rusmanto, yang kita kenal sebagai “Bapak Linux Indonesia” dan pemimpin redaksi Majalah InfoLinux. Dalam kapasitasnya sebagai tokoh IT nasional dan sekaligus Direktur LP3T Nurul Fikri, Pak Rus menyatakan sekali lagi bahwa kehadiran NF Computer untuk menjembatani pengetahuan IT bagi khalayak ramai dimanapun berada dan tak mengaitkan pelatihan pendidikan dengan unsur SARA, sebab pelatihan ini untuk semua masyarakat negeri ini agar bisa maju. Hal ini sejalan dengan semangat Indonesia Go Open Source (IGOS).

Selain pembukaan yang disertai pengguntingan pita, Grand Opening Cabang Jakbar ini juga menyelenggarakan Seminar IT Series dengan tema “Tren Teknologi IP” dan “Zimbra Mail Server” oleh pembicara praktisi handal dibidangnya. Acara seminar ini disambut antusias oleh peserta yang hadir, yang berasal dari beragam latar belakang mulai pelajar, mahasiswa, profesional IT maupun karyawan swasta non IT yang berminat mendalami IT. Acara Grand Opening ditutup dengan bermacam doorprize yang menarik.

Sebagai lembaga pelatihan dan pendidikan yang berpengalaman sejak 1994 berdiri dan memulai pelatihan pada tahun 1998, Pengalaman, profesionalitas dan Kualitas LP3T Nurul Fikri sudah teruji. Dengan dibukanya kursus komputer profesional LP3T Nurul Fikri yang berbasis Linux dan Windows di kawasan Jakbar ini, semoga semakin banyak khalayak yang dapat mempelajari komputer dan aplikasinya mulai dari Office dan OpenOffice, Web Programming, Jaringan maupun Grafis spesial di Linux.

PressReleaseLP3T-NF Jakarta Barat Kursus Komputer Profesional di Jakarta Barat

Selamat Datang di Rumah Linux

Selamat bergabung dengan

keluarga besar NF Computer!

Nurul Fikri Computer yang

mengusung pelatihan dan

pendidikan teknologi informasi

terpercaya dan profesional. Kami

bahagia, dapat menghadirkan

Newsletter ini kehadapan Anda,

valuable customer yang senantiasa

mendukung kami untuk selalu

menyelenggarakan pelatihan dan

pendidikan IT yang berguna bagi

bangsa ini, dengan usaha terbaik.

Newsletter yang kami beri

judul sederhana, “NFCom News”

ini adalah salah satu upaya kami

dalam berkomunikasi dengan

Anda, keluarga besar NF Computer.

Isi utama dari NFCom News

antara lain info-info update di

bidang teknologi informasi dan

komunikasi (ICT), juga berbagai

info tips trik seputar IT dan yang

terkait. Kami juga memberikan

informasi terkait program-program

yang dapat Anda manfaatkan, para

member NF Computer.

Edisi pertama ini kami

menginformasikan mengenai

“sertifikasi IT” dan berbagai info-

info menarik lainnya yang dapat

Anda manfaatkan. Mudah-

mudahan, edisi perdana ini

mendapat sambutan yang baik,

kritik saran terkait penerbitan

Newsletter yang sudah Anda

terima ini sangat kami tunggu.

Wassalamu’alaikum wr wb

Welcome to the home of Linux. Your Home. Your Acitivity. Your Future.

Unggul SagenaRedaksi NFComNewsMarcomm NF [email protected]

Page 6: NFComNews-Edisi-1-Mei-Juni-2011

NF Computer NEWS Edisi 01 Tahun I, Mei - Juni 2011 6

Berikut ini adalah daftar sertifikasi yang membuat seorang

profesional IT diganjar dengan gaji termahal sedunia (USD).

Hasil survey di dunia bisnis oleh organisasi ZDNET’s Tech

Republic :

1. PMI Project Management Professional (PMP) rata-rata gaji

pertahun $101,695.

2. PMI Certified Associate in Project Management (CAPM)

rata-rata gaji pertahun $101,103.

3. ITIL (IT Infrastructure Library) v2 – Foundations rata-rata

gaji pertahun $95,415.

4. Certified Information Systems Security Professional (CISSP)

rata-rata gaji pertahun $94,018.

5. Cisco CCIE Routing & Switching Certification rata-rata gaji

pertahun $93,500.

6. Cisco CCVP – Certified Voice Professional rata-rata gaji

pertahun $88,824.

7. ITIL v3 – ITIL Master rata-rata gaji pertahun $86,600.

8. MCSD – Microsoft Certified Solution Developer rata-rata

gaji pertahun $84,522.

9. Cisco CCNP – Cisco Certified Network Professional rata-

rata gaji pertahun $84,161.

10. Red Hat RHCE – Red Hat Certified Engineer rata-rata gaji

pertahun $83,692.

11. MCITP – Microsoft Certfified IT Professional (Enterprise)

rata-rata gaji pertahun $82,941.

12. Cisco CCSP – Cisco Certified Security Professional rata-rata

gaji pertahun $80,000.

13. MCAD – Microsoft Certfified Applications Developer rata-

rata gaji pertahun $79,444.

14. MCITP – Microsoft Certfified IT Professional (Database)

rata-rata gaji pertahun $77,000.

15. MCDBA – Microsoft Certified Database Administrator rata-

rata gaji pertahun $76,960.

Gaji SeorangIT Certified

NFComAchieversof The Month

Toto HarjendroStaf Pengajar

LPIC-1 Certified dari LPI(Linux Professional Institute) Canada(Maret 2011)

Dudi FitriahardiStaf Pengajar

LPIC-1 Certified dari LPI(Linux Professional Institute) Canada(Maret 2011)

Nanang KuswanaStaf Pengajar DPS

Pemenang Lomba Penulisan Artikel Blog “Perubahan Iklim“ BPPT-UN (Januari 2011)

Nah, bayangkan saja, jika 1 dolar = Rp 9000 maka mulai

700 jutaan hingga hampir 1 milyar penghasilan saudara-

saudara kita IT professional yang beruntung menduduki top

15 diatas. Hmm.. menarik bukan?

Ada jenis sertifikasi lain yang terkenal dengan sebutan

“hands-on programs” dimana ujian sertifikasi ini tak hanya

tertulis dan multiple choice (pilihan berganda) akan tetapi

Anda harus melakukan tes, performance-based testing,

bahkan kadang praktikum. Oleh karena itu, model sertifikasi

ini sering juga disebut “laboratory exams” alias ujian lab. Top

9 sertifikasi yang seperti ini ditempati :

1. Certified Professional Information Technology Consultant

(CPITC)

2. Cisco Career Certifications (Associate, Professional and

Specialist)

3. Cisco Certified Internet-work Expert (CCIE)

4. Novell Certified Linux Engineer (CLE)

5. Novell Certified Linux Professional (CLP)

6. Oracle Database 10g Administrator Certified Master (OCM)

7. Oracle Database 10g Administrator Certified Professional

(OCP)

8. Red Hat Certified Engineer (RHCE)

9. Red Hat Certified Technician (RHCT)

Page 7: NFComNews-Edisi-1-Mei-Juni-2011

NF Computer NEWSEdisi 01 Tahun I, Mei - Juni 2011 7

.....Menimbang Sertifikasi IT (Sambungan dari hal 1)

.....Mengapa Sertifikasi Kompetensi itu Penting? (Sambungan dari hal 2)

sumbernya ada dua, vendor, dan non-vendor (vendor neutral). Contoh vendor neutral alias open standard - seperti : compTIA, LPI, dsb. Sertifikasi ini umum, tak spesifik produk tertentu. Lalu yang berdasarkan Vendor seperti Cisco mengeluarkan sertifikasi CCNA, CCND dan seterusnya, Microsoft dengan MCSA, MCSE dan seterusnya, juga Oracle dengan OCP, OCA dan seterusnya.

Kedua, berdasarkan tempat berlakunya, ada sertifikasi nasional dan internasional. Nasional non-vendor, melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Republik Indonesia yang dibentuk langsung dibawah presiden. Untuk sertifikasi di bidang IT, yang ditunjuk adalah LSP Telematika dan LSP TIK. Nasional vendor, misalnya BlankOn Linux yg bisa mengeluarkan sertifikasi, dan produk lokal lainnya. Sedangkan internasional adalah sertifikasi yang dikeluarkan dan diakui secara global di dunia internasional.

Untuk melakukan sertifikasi IT, tentu perlu adanya persiapan dan pelatihan terlebih dahulu. Oleh karena itu lembaga pelatihan terkait sertifikasi banyak muncul. Cara belajarnya bisa sendiri (Self-study), langsung ke vendor pada webiste (online/e-learning) atau melalui berbagai partner dari sertifikasi tersebut yang sudah approved dan authorized (diakui) oleh vendor.

Ini penting karena jika tujuannya sertifikasi, maka perlu mempelajari hal-hal dan tip trik yang langsung mengarah ke soal-soal ujian sertifikasi. Misalnya untuk Approved Training Partner (ATP) LPI di Indonesia, LP3T Nurul Fikri/NF Computer adalah satu-satunya.

Memang sertifikat keahlian belum menjamin bahwa orang yang punya sertifikat itu lebih jago dibandingkan dengan orang yang tidak memilikinya. Namun Jika kita tidak memiliki sertifikat, bagaimana seorang bisa tahu kalo kita mampu. Sedangkan dalam proses pencarian SDM, tak cukup banyak waktu untuk melakukan testing dan mengenal lebih dalam semua applicants.

Jadi, dengan sertifikasi, peluang untuk dipanggil oleh perusahaan besar lebih tinggi. Selain itu, gaji yang lebih tinggi pun terbuka lebar. Untuk perusahaan sendiri (IT entrepreneur) modal sudah punya sertifikasi juga membuat brand perusahaan lebih baik. (red)

salah satu alat atau cara untuk memudahkan banyak pihak yang terkait dalam proses penugasan atau pemanfaatan tenaga kerja.

Perusahaan atau institusi yang sedang mencari tenaga kerja dimudahkan karena tidak perlu mengadakan ujian kompetensi. SDM pencari kerja dimudahkan untuk menunjukkan keahliannya dalam melamar kerja sesuai kompetensi yang dimilikinya. Pengembang software/hardware atau produsen dimudahkan dalam mendata berapa jumlah SDM yang telah kompeten dalam penggunaan produknya. Negara pun dimudahkan dalam menyusun program kerja karena memiliki data ketersediaan SDM yang kompeten di berbagai bidang kerja. (rus)

EDU TECHNO FAIR

Seminar - IT Series

Kupas TuntasSertifikasi ITNasional & Internasional

The IT Device Trend 2011:The Real ConvergenceFinally Comes!(Kupas Tuntas Android & Tablet)

n LP3T-NF Depok>> Sabtu, 4 Juni 2011

n LP3T-NF Cinere>> Sabtu, 25 Juni 2011

n LP3T-NF Jakarta Barat>> Sabtu, 2 Juli 2011

n LP3T-NF Jakarta Selatan>> Sabtu, 2 Juli 2011

n LP3T-NF Bekasi>> Sabtu, 23 Juli 2011

n LP3T-NF Jakarta Timur>> Minggu, 31 Juli 2011

NFComEvents

Sabtu, 28 Mei 2011

Workshop& Training Linux(Animasi, Grafis & Multimedia)

Minggu, 29 Mei 2011

Workshop& Training Linux (Tip Trik Linux)

WAKTU: l Sesi 1 (13.00 s.d. 15.00 WIB) l Sesi 2 (16.00 s.d. 18.00 WIB.)

LOKASI: Depok Town Square (Detos)Panggung Utama (Main Hall)Lantai Dasar

• Peserta disarankan membawa Laptop sendiri.

• Tempat terbatas!• CD Linux & Majalah IT• Bersertifikat & Doorprize

serta berbagai Kuis Menanti Anda!.• Pendaftaran di LP3T-NF Depok atau via

online http://www.nurulfikri.com/registrasi.

LINUX COACHING & INSTALL GRATISSETIAP RABU & KAMIS,

SABTU & MINGGU di Bulan MeiJam 11.00 - 20.00 WIB

di Booth NF Computer!

GRATIS

Page 8: NFComNews-Edisi-1-Mei-Juni-2011

NF Computer NEWS Edisi 01 Tahun I, Mei - Juni 2011 8

CONTACTLP3T-NF DepokJl. Margonda Raya No. 522, Depok 16424 - Jawa BaratTelp. 021-7874223, 7874224 Fax. 021-7874225YM: nf_comp_depok

LP3T-NF CinereJl. Cinere Raya Blok D No.6, Depok - Jawa BaratTelp. 021-754 5181, 71096406 Fax. 021-7548254YM: nf_comp_cinere

LP3T-NF Jakarta SelatanJl. Mampang Prapatan Raya No. 17A - DKI JakartaTelp. 021-7947115, 7975235 Fax. 021-7901993YM: nf_comp_jaksel

LP3T-NF Jakarta TimurJl. Paus Raya No. 92F (Dekat Terminal )Rawamangun - DKI JakartaTelp. 021-47884891Fax. 0 21-47883282YM: nf_comp_jaktim

LP3T-NF Jakarta BaratJl. Kyai Tapa, Ruko ApartemenTaman Gloria No. 215D - GrogolDKI JakartaTelp. 021-5601884 Fax. 021-56945236YM: nf_comp_jakbar

LP3T-NF BekasiJl. A. Yani - Ruko Sentra NiagaKalimalang B.I/12 (Seberang Islamic Centre/ Samping BCP) - Bekasi - Jawa BaratTelp. 021-8853537, 23742542 Fax. 0 21-8853537 YM: nf_computer_bekasi

LP3T-NF PadangJl. Hamka No. 11, Kel. Air Tawar BaratPadang - Sumatra BaratTelp. 0751-40144YM: nf_comp_padang

DPS LP3T-NFJl. Margonda Raya No. 522 Depok 16424 - Jawa BaratTelp. 021-7874223-24Fax. 021-7874225CP: Arief SetiadiYM: nurulfikridps

Website:http://www.nurulFikri.com

E-Mail:[email protected]

HOTLINE:021-91394780021-33185441

SMS Only:0816 1314 000

SPACEIKLAN SPACE

IKLANSPACEIKLAN

REDAKSIPemimpin Umum: Rusmanto Maryanto Pemimpin Redaksi: Unggul Sagena Sidang Redaksi: Taufan Widyapratama (Risbang), Mgs. Hendri (PNFS), Rifat (LP3T-NF Depok), Adi Warsito (LP3T-NF Cinere), Davied Wismanindra (LP3T-NF Jaksel), Mukhtarom (LP3T-NF Jaktim), Irham Maulana (LP3T-NF Jakbar) Desain & Tata Letak: Daseh Hidayat

ALAMAT REDAKSIGEDUNG NF COMPUTER, Jl. Margonda Raya No. 522 - Depok 16424, Jawa BaratTelp. (021) 7874223, 7874224 Fax. (012) 7874225