Nama kelompok

Disusun Oleh : 1. Arum Herlianti Fadhila 2. Nova Muhdalifah 3. Novi Kusumawati 4. Putri Maulida 5. Zakia Nadalina Kelas : X RPL 1

Transcript of Nama kelompok

Page 1: Nama kelompok

Disusun Oleh :1. Arum Herlianti Fadhila2. Nova Muhdalifah3. Novi Kusumawati4. Putri Maulida5. Zakia Nadalina

Kelas : X RPL 1Sekolah : SMK NEGERI 1 DEPOK

Page 2: Nama kelompok

BAB IPENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Hal yang melatarbelakangi penulis mengikuti perjalanan kunjungan industri ke-Yogyakarta dan Jawa Tengah adalah untuk menambah pengetahuan penulis dan membuka pikiran penulis untuk lebih terbuka tentang dunia industri.

1.2 Tujuan Penulisan

Tujuan penulis membuat dan menyelesaikan laporan perjalanan ini adalah untuk mengikuti perkembangan teknologi dan dunia industri ke-Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dimana kunjungan peulis ini penuh dengan pengalaman berkesan dan pengetahunan yang sangat bermanfaat bagi penulis.

1.3 Metode Penulisan

Penulisan laporan perjalanan ini disusun dengan menggunakan metode karangan berbentuk narasi, karangan yang menceritakan semua hal yang penulis amati dan dapatkan dari kunjungan industri ke-Yogyakarta dan Jawa Tengah berupa pengalaman, kesan serta hasil pengamatan penulis.

Page 3: Nama kelompok

BAB IIPEMBAHASAN

1.1 Hari Pertama Pada tanggal 13 Januari 2013 Sebelum kami berangkat menuju ke Yogyakarta kami mempersiapkan semua yang akan kami bawa ke Yogyakarta kami membawa ;

- Perlengkapan solat- Pakaian yang akan kami pakai di sana- Sepatu dan sandal- Alat-alat mandi- Makanan ringan- Serta obat-obatan- Peralatan tulis

Setelah perlengkapan sudah siap, kami pun bergegas menuju ke RPH(Tempat Pemotongan Hewan). Disana tempat kami berkumpul. Setelah kami sampai di RPH, tepatnya jam 06.45 WIB. Kami semua menunggu bus tiba dan bus pun sudah tiba semua di RPH. Kami menggunakan bus PO.LIMAS AC 59 dan bernomer polisi 87679VB. Setelah itu kami masuk bus dan duduk sesuai keinginan masing-masing, tetapi sebelum berangkat kami di absen terlebih dahulu dan diberi pengarahan kemudian melakukan berdoa bersama. Doa bersama pun telah selesai kami siap berangkat menuju ke Yogyakarta melalui jalur Utara. Tepatnya kami berangkat pada pukul 08.00 WIB. Perjalanan dari Tapos sampai Yogyakarta memang memakan waktu yang sangat lama, tetapi suasana di bus membuat kami semangat di perjalanan menuju Yogyakarta karna di dalam bus kami bernyanyi-nyanyi, bercanda-canda, dan lain-lain.

Lalu didalam bus guru pembimbing membagikan snack untuk sarapan, ada yang

memakan snack ada yang tidur ada yang cuma berbincang-bincang dan juga ada yang bernyanyi, dll. Setelah beberapa jam perjalanan pada pukul 11.30 kami berhenti untuk istirahat dan makan siang di Rumah Makan Pringsewu. Setelah sampai di rumah makan pringsewu kami semua turun dari bus. Beberapa ada yang pergi ke toilet dan ada pula yang langsung mengantri untuk mengambil makanan. Setelah selesai makan ada yang foto-foto dan ada yang merekam tugas video dokumenter. Setelah kami makan dan beristirahat di rumah makan pringsewu kami langsung melanjutkan perjalanan.

Selama perjalanan kami banyak melihat pemandangan-pemandangan yang indah. Setelah beberapa lama di perjalanan kami pun berhenti kembali untuk melaksanakan ibadah shalat dzuhur dan ashar, disana kami shalat berjama’ah ada juga yang shalat sendiri. Setelah shalat kami foto-foto dan ada juga yang merekam video untuk tugas dokumenter. Kemudian kami melanjutkan perjalanan lagi menuju jogja. Tidak terasa waktu sudah malam kami pun berhenti lagi di rumah makan untuk makan malam di Rumah Makan Candi Sari Karangayar. Setelah semua selesai makan kami pun melanjutkan perjalanan menuju Hotel Amarta yang terletak di Jl. Wates.

Pada pukul 00.25 kami semua sampai di Hotel Amarta tempat kami akan menginap selama di Yogyakarta. Kemudian kami semua turun dari bus dan mengambil barang-barang didalam bagasi, lalu kami pun dikumpulkan oleh pembimbing untuk mengambil kunci kamar yang sudah di tentukan dan nantinya akan kami tempati. Setelah kami menerima kunci kamar kami langsung bergegas ke kamar yang sudah kami dapat. Sesampainya di kamar kami merapihkan barang-barang yang kami bawa dan membersihkan diri, ada yang mandi ada yang hanya sekedar membasuh wajahnya, dan melaksanakan ibadah shalat isya, setelah selesai shalat kamipun mulai beristirahat.

Page 4: Nama kelompok

2.2 Hari Kedua

Tanggal, 14 Januari 2013

Pagi haripun telah tiba dan kami bangun pukul 5 pagi, kemudian kami langsung bergegas kemar mandi , setelah selesai mandi kamipun solat subuh terlebih dahulu dan bersiap-siap untuk sarapan pagi. Kali ini kami sarapan di Hotel Amarta. Sarapan pagi pun telah selesai kami langsung masuk ke bus. Tempat yang ingin kami tuju hari ini yaitu UGM(Universitas Gajah mada),

Kraton,

Kasongan,

Page 5: Nama kelompok

dan Malioboro.

Tetapi tempat pertama yang ingin kami tuju adalah UGM(Universitas Gajar Mada). Lalu pukul 08.00 kita mulai berangkat menuju UGM, selama perjalanan menuju UGM kami di bus tidak hanya terdiam duduk di bangku saja tetapi kami bernyanyi-nyayi dengan lagu yang tidak membuat kita bosan. Dan itu yang membuat kami tambah bersemangat untuk menuju UGM dan bangga karna bisa mengunjungi tempat kuliah yang sangat terkenal di Kota Yogyakarta.

Tepat jam 09.00 kamipun sampai di UGM dan kami bergegas untuk turun dari bus, tetapi sebelum masuk ke UGM kami berkumpul terlebih dahulu untuk diberikan pengarahan, setelah selesai kami berjalan menuju gedung UGM. Disaat kami sedang berjalan tiba-tiba langkah kami dihentikan oleh salah satu dosen UGM karna ada kesalahan informasi dan seharusnya kami ditujukan ke sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada. Akhirnya kami kembali ke bus, dan menuju ke sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada, yang letaknya tidak begitu jauh dari UGM. Sekitar 30 menit kami diperjalanan menuju Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada.

Akhirnya perjalanan menuju Sekolah vokasi Universitas Gajah Mada pun sudah sampai tepatnya pada pukul 10.00. Kami langsung bersiap-siap turun dari bus untuk menuju gedung sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada. Dan akhirnya kami sudah sampai di depan gedung sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada, lalu kita pun masuk, tetapi sebelum masuk ke Lobi kami dipersilahkan untuk absen terlebih dahulu dan di beri snack. Setelah semuanya sudah masuk kami dipersilahkan duduk dengan keinginan masing-masing. Lalu kami mempersiapkan alat tulis untuk mencatat, karna didalam lobi kami tidak hanya duduk- duduk saja, tetapi kami diberikan materi dan diceritakan asal usul sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada didirikan.

Page 6: Nama kelompok

Dan ini gambar seorang dosen yang memberikan materi kepada kami

Setelah kami mengambil foto nya, lalu kami mencatat informasi yang dia sampaikan dan hasilnya yaitu : Sekolah Vokasi UGM adalah sekolah politeknik di UGM yang berdiri pada tahun 2009. Universitas Gajah Mada mempunyai 18 fakultas dan 2 sekolah, yaitu sekolah Vokasi dan Pasca Sarjana. Di Universitas Gajah Mada ada beberapa cara penerimaan Mahasiswa Baru untuk tahun 2012. Cara tersebut adalah:

50% => melalui jalur undangan 30% => melalui tes gelombang I

Misi UGM atau Sekolah Vokasi : Mengupayakan agar komputer dan sistem operasi dapat dikenal dan

dipahami oleh masyarakat.Profil Lulusan :

Progammer bersertifikasi Pengelola Basis Data Pengelola Perpustakaan Digital Progammer Sistem Operasi

Peminatan : Sistem Informasi Multimedia/Teknologi Game Manajemen Perpustakaan

Setelah selesai mencatan semua materi lalu kamipun di antar oleh salah satu dosen untuk melihat-lihat ruangan-ruangan yang ada didalam gedung sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada. Dan kami langsung mengikuti pengarahan dosen tersebut, didalam gedung kami dapat melihat ruangan-ruangan yang digunakan untuk proses belajar di sekaloah Vokasi , kami juga melihat beberapa Laboraturium dan ruang dosen.

Page 7: Nama kelompok

Dan kami mengambil beberapa gambar ruangan yang ada di sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada yaitu LAB Komputer ;

Dan akhirnya materi yang disampaikan pun sudah selesai, tetapi ada salah satu kakak kelas kami yang ingin bertanya kepada dosen, dan dosen tersebut menjawab semua pertanyaan-pertanyaan kakak kelas itu. Setelah selesai mendengarkan jawaban yang dijawab dosen tersebut dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh para dosen di UGM, kami pun berfoto bersama, dan ini adalah hasil dari foto kami ;

Page 8: Nama kelompok

Setelah sekitar 2 jam setengah kami di sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada, lalu kami melanjutkan perjalanan untuk menuju Rumah Makan Numani. Sesampainya disana kami semua makan bersama dan tidak lupa shalat zuhur. Makan siangpun sudah selesai dan kami melanjutkan perkjalanan kami menuju Karaton, saat tiba di lokasi ternyata Karatonnya sudah tutup, lalu kami diarahkan oleh penjaganya untuk mengunjungi museum kereta. Disana kita hanya berfoto-foto dan membuat dokumentasi. Dan ini salah satu hasil foto kami yaitu Kereta Karaton ;

Page 9: Nama kelompok

Selesai sudah kunjungan kami ke Karaton, lalu kami pun melnjutkan perjalanan menuju ke Pantai Parangtritis. Di Parang Tritis kami menikmati suasana Pantai, ombaknya yang begitu besar membuat pakaian-pakaian kami basah. Pemandangan disana begitu indah dan menakjubkan, airnya sangat bening.

Kami tidak begitu lama menghabiskan waktu di parang tritis, karena setelah itu kami langsung ke Malioboro. Tetapi sebelum ke Malioboro kami makan malam di RM Numani 1. Kemudian setelah itu kami ke Malioboro. Di malioboro kami hannya diberi waktu sampai jam 9 malam, di sana kami membeli oleh-oleh khas Yogyakarta. Namun sayangnya cuaca di malioboro kurang bersahabat karena hujan yang turun cukup deras. Setelah semua selesai berbelanja kami semua kembali ke bis dan bergegas untuk pulang ke hotel. Setelah sampai ke hotel kami pun packing untuk persiapan pulang besok.

Paginya kami sarapan pagi, dan bersiap untuk mengunjungi Jogja Medianet, setelah semua berkumpul kami berangkat menuju Jogja Medianet. Sesampainya di Jogja Medianet kami diberikan pengarahan tentang ilmu-ilmu yang ada di JMN dan disana kita diperlihatkan parabola yang berbagai macam dan ini gambar-gambarnya

Kemudian setelah dari Jogja Medianet kita melanjutkan perjalanan ke Bakpia Java untuk membeli oleh-oleh khas jogja. Setelah itu kami menuju ke Borobudur, di Borobudur kita hanya di beri waktu 20 menit, karena sudah sore dan Borobudur pun akan tutup. Disana kami berfoto-foto dengan kawan-kawan yang lain dan inilah hasil beberapa foto-foto di Borobudur

Page 10: Nama kelompok

Waktu berkunjung ke borobudur pun sudah habis harena saat kami ke sana hanya tersisa beberapa menit untuk melihat-lihat, akhirnya kami pun turun dari atas puncak candi untuk kembali ke bis dan melanjutkan perjalanan pulang.

Dalam perjalanan kami sempat berhenti di nagrek, di sana kami berhenti di salah satu masjid untuk shalat dan beristirahat.

Setelah itu kami menuju ke Jakarta untuk pulang. kami sampai di Jakarta (RPH) pukul 08.30 WIB, di sana para orang tua sudah menunggu kami, tapi ada juga beberapa yang pulang menggunakan kendaraan umum.

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Page 11: Nama kelompok

Sebagai kota pelajar Yogyakarta kaya akan ilmu dan juga kebudayaan yang harus di lestarikan. Kenjungan yang kami lakukan membawa hasil yang sangat besar, bermanfaat dan berharga bagi kehidupan kami kelak. Di Yogyakarta kami bayak belajar tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang belum pernah kami dapatkan sebelumnya.

3.2 Saran-saran

Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan saran agar:

1. Agar pendidikan dan teknologi yang ada di Yogyakarta dan dapat lebih dikembanngkan dan ditingkatkan lagi.2. kesan kunjungan industri yang kami lakukan kali ini banyak hal mengesakan yang tidak dapat kami lupakan.

Dengan ini kami akhiri laporan kunjungan industrii kali ke-Yogyakarta dan Jawa Tengah. Saya harap laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, karena saya telah berusaha dengan sebaik-baiknya.