My Creation

download My Creation

of 10

  • date post

    17-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    212
  • download

    0

Embed Size (px)

description

problem solving

Transcript of My Creation

PowerPoint Presentation

PENGUKURAN PROBLEM SOLVINGOLEH :ASMAWIHAMSULMUSTAKIMNOVIANTINURHIDAYAH

Kehidupan manusia tidak lepas dari masalah, begitu juga dengan remaja. Remaja memiliki banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari seperti misalnya dalam proses pergaulannya, mengerjakan tugas kuliah atau ketika mereka mendapat uang saku yang kurang. Meskipun problem solving merupakan sesuatu yang biasa dan aktivitas penting dalam kehidupan orang dewasa namun problem solving merupakan sesuatu yang lebih penting pada kehidupan remaja.LATAR BELAKANG

Pemecahan masalah (Problem Solving) merupakan tujuan yang prinsipil dalam proses pembelajaran, khususnya di bidang sains dan teknologi, juga merupakan salah satu variabel penting yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Selain itu dengan pemecahan masalah dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan sejumlah kemampuan dirinya. Memecahkan masalah menurut Gagne dan Nasution (dalam Janulis P. Purba 2010:2) dapat dipandang sebagai suatu proses dimana siswa menemukan kombinasi aturan-aturan yang telah dipelajarinya lebih dahulu yang digunakannya untuk memecahkan masalah yang baru yang di temui dalam kehidupan sehari-hari.LATAR BELAKANG

PROBLEM SOLVINGBuku Polya yang pertama yaitu How To Solve It (1945) menjadi rujukan utama dan pertama tentang berbagai pengembangan pembelajaran pemecahan masalah terutama masalah matematika. Menurut Polya (dalam Dindin Abdul M. L. 2009:4), solusi soal pemecahan masalah memuat empat langkah penyelesaian, yaitu :

pemahaman terhadap permasalahanPerencanaan penyelesaian masalahMelaksanakan perencanaan penyelesaian masalahMelihat kembali penyelesaian

PROBLEM SOLVINGMenurut Gagne (dalam Marzuki, 2012: 24), dalam pemecahan masalah biasanya ada lima langkah yang harus dilakukan, yaitu:

Menyajikan masalah.Menyatakan masalah. Menyusun hipotesis-hipotesis alternatif. Mengetes hipotesis dan melakukan kerja. Memeriksa kembali (mengecek).

PROBLEM SOLVINGMenurut James Karis (2011) di sebuah Website yang berjudul 2) A robust project management & problem solving process Sepuluh pemecahan masalah tahapan yang akan kita lalui dalam mengerjakan sebuah proyek, adalah sebagai berikut:Identifikasi Masalah.Tentukan Masalah.Menentukan Jika Dan Ketika Tindakan. Memahami Kepentingan setiap orang.Mengembangkan Alternatif. Analisis Resiko.Analisis Alternatif. Jual Solusi.Melaksanakan Solusi.Evaluasi.

PROBLEM SOLVING

PROBLEM SOLVINGMenurut Kerstin Petrick (2013) di sebuah Website yang berjudul The Problem Solving Cycle An effective step-by-step approach to find viable solutions Pilihan strategi yang tepat tergantung pada situasi yang unik. Bahkan, ada banyak proses pemecahan masalah yang berbeda. Namun, semua dari mereka terdiri dari serangkaian langkah-langkah. Hal ini berguna untuk melihat pemecahan masalah sebagai siklus sebagai masalah seringkali perlu beberapa upaya yang harus dipecahkan. Berikut ini, kami menyajikan tujuh langkah Model pemecahan masalah:

PROBLEM SOLVINGIdentifikasi masalah.Jelajahi kemungkinan strategi. Tetapkan tujuan.Lihatlah alternatif. Pilih solusi yang mungkin. Menerapkan solusi yang mungkin.Evaluasi.

PENGUKURAN PROBLEM SOLVINGIdentifikasi Masalah4:Anggota tim selalu berguna dan berpartisipasi penuh dalam perencanaan dan selesainya masalah yang akan dipecahkan.3:Anggota tim berpartisipasi dalam perencanaan dan mogok dari masalah yang akan dipecahkan dan berguna.2:Anggota tim berpartisipasi dalam perencanaan dan mogok dari masalah yang akan dipecahkan, tetapi sia-sia.1:Anggota tim pernah berpartisipasi dalam perencanaan dan mogok dari masalah yang akan dipecahkan, waktu yang terbuang, atau bekerja pada masalah yang tidak terkait.LANGKAH LANGAH PROBLEM SOLVING1234Identifikasi masalahJelajahi kemungkinan strategi.Tetapkan tujuanLihatlah alternatif. Pilih solusi yang mungkinEvaluasi