Ms. Word 2010.docx

of 51/51
ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI Microsoft Office Word 2010 MICROSOFT OFFICE WORD 2010 1. Mengenal Microsoft Word 2010 Word 2010 adalah sedikit berbeda dari versi sebelumnya, bahkan jika Anda telah menggunakan Word sebelumnya, Anda harus mengambil beberapa waktu untuk membiasakan diri dengan antarmuka. Toolbar sama dengan yang di Word 2007, dan mereka termasuk Ribbon dan Quick Access Toolbar. Tidak seperti Word 2007, perintah seperti Open dan Print ditempatkan di Backstage view, yang menggantikan Tombol Microsoft Office. 2. Memulai Microsoft Word 2010 a. Menggunakan Start Menu untuk memulai Word Jika pada komputer Anda belum dipasang ikon Microsoft Word pada Desktop , maka Anda dapat menemukan ikon Microsoft Word pada start menu berikut tahapannya: Hidupkan komputer Anda dan log on Klik tombol start menu Lalu pilih PROGRAM (XP) atau All Program (Vista/Windows 7) kemudian cari nama Microsoft Office, kemudian tekan Microsoft Office Word. b. Menekan shortcut pada desktop Tekan dua kali (double click) pada ikon Microsoft Word. Klik sekali pada Quicklaunch (XP/Vista) atau pin Microsoft Word pada taskbar (Windows 7). Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi Ihsan 1 Lembaga Pendidikan Komputer Profesional
  • date post

    12-Aug-2015
  • Category

    Documents

  • view

    239
  • download

    6

Embed Size (px)

Transcript of Ms. Word 2010.docx

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

MICROSOFT OFFICE WORD 2010 1. Mengenal Microsoft Word 2010 Word 2010 adalah sedikit berbeda dari versi sebelumnya, bahkan jika Anda telah menggunakan Word sebelumnya, Anda harus mengambil beberapa waktu untuk membiasakan diri dengan antarmuka. Toolbar sama dengan yang di Word 2007, dan mereka termasuk Ribbon dan Quick Access Toolbar. Tidak seperti Word 2007, perintah seperti Open dan Print ditempatkan di Backstage view, yang menggantikan Tombol Microsoft Office. 2. Memulai Microsoft Word 2010 a. Menggunakan Start Menu untuk memulai Word Jika pada komputer Anda belum dipasang ikon Microsoft Word pada Desktop, maka Anda dapat menemukan ikon Microsoft Word pada start menu berikut tahapannya: Hidupkan komputer Anda dan log on Klik tombol start menu Lalu pilih PROGRAM (XP) atau All Program (Vista/Windows 7) kemudian cari

nama Microsoft Office, kemudian tekan Microsoft Office Word. b. Menekan shortcut pada desktop Tekan dua kali (double click) pada ikon Microsoft Word. Klik sekali pada Quicklaunch (XP/Vista) atau pin Microsoft

Word pada taskbar (Windows 7).

c. Menekan dua kali file dokumen langsung pada Windows Explorer Jika anda sedang berada dalam Windows Explorer, anda bisa langsung mengklik dua kali (double click) pada file .doc atau .docx

3. Cara Menutup Microsoft Word a. Menekan tombol close Dengan cara menekan tombol close yakni tombol bertanda X pada bagian kanan atas jendela Microsoft Word Anda.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

1

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

b. Menekan kombinasi tombol alt+F4 Apabila Anda bermaksud keluar dari Microsoft Word dengan menggunakan keyboard caranya tekan kombinasi tombol alt+F4. Sebenarnya kombinasi ini tidak hanya digunakan untuk menutup Microsoft Word saja, tetapi hampir semua program di OS Windows dapat ditutup dengan kombinasi tombol ini. 4. Mendelete proses Microsoft Word pada Task Manager Jika Microsoft Word yang Sedang anda pakai terjadi hang dan tidak dapat keluar dengan menekan tombol close atau dengan kombinasi alt+F4 maka untuk menutupnya bisa menggunakan Task Manager (tekan kombinasi ctrl + alt + DEL), kemudian kemudian pada tab pilih processes cari tersebut proses dan yang tekan bernama WINWORD.EXE tombol End Process.

proses

Tampilan Microsoft Word 2010 1. Ribbon Sistem Ribbon tab baru diperkenalkan di Word 2007 untuk menggantikan menu tradisional. Ribbon ini berisi semua perintah yang Anda perlukan untuk melakukan tugas umum yang berisi beberapa tab, masing-masing dengan beberapa kelompok perintah, dan Anda dapat menambahkan tab Anda sendiri yang berisi perintah favorit yang memiliki panah di pojok kanan bawah dan dapat Anda klik untuk melihat perintah bahkan lebih dari satu perintah.

Program tertentu, seperti Adobe Acrobat Reader, dapat menginstal tab tambahan untuk Ribbon. Tab ini disebut Add-in.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

2

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

2. Untuk Minimalkan dan Maksimalkan Ribbon: Ribbon ini dirancang untuk lebih mudah digunakan, namun Anda dapat memilih untuk menguranginya jika terlalu banyak menutupi ruang layar. Klik panah di sudut kanan atas dari Ribbon untuk menguranginya.

Untuk memaksimalkan Ribbon, klik panah lagi. Ketika Ribbon diminimalkan, Anda dapat membuatnya muncul kembali dengan mengklik tab. Namun, Ribbon akan menghilang lagi ketika Anda tidak menggunakannya. 3. Customize Ribbon: Anda dapat menyesuaikan Ribbon dengan menciptakan tab sendiri dengan perintah yang diinginkan. Perintah selalu ditempatkan dalam suatu kelompok, dan Anda dapat membuat grup sebanyak yang diinginkan agar tampilan tab terorganisir. Jika Anda ingin, bahkan dapat menambahkan perintah ke salah satu tab default, selama membuat grup custom dalam tab. Klik kanan Ribbon dan pilih Customize Ribbon. Sebuah kotak dialog akan muncul.

Klik kanan Ribbon untuk menyesuaikannya. Klik New Tab. Tab baru akan dibuat dengan sebuah grup baru di dalamnya. Pastikan grup baru dipilih.Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

3

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

Pilih perintah dari daftar di sebelah kiri, kemudian klik Tambah. Anda juga dapat menarik perintah secara langsung ke dalam grup. Ketika Anda selesai menambahkan perintah, klik OK.

Jika Anda tidak melihat perintah yang Anda inginkan, klik pada Pilih perintah dari: kotak drop-down dan pilih Semua Perintah.

4. Backstage Backstage memberi Anda berbagai pilihan untuk menyimpan, membuka file, mencetak, atau berbagi dokumen. Berikut ini adalah tampilan Backstage: Klik tab File.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

4

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

Anda dapat memilih pilihan di sisi kiri halaman. Untuk kembali ke dokumen, klik tab apapun pada Ribbon.

Teks Dasar Microsoft Word 2010 1. Untuk Menyisipkan Teks:111

Gerakkan mouse Anda ke area pengetikan. Klik mouse. Maka titik penyisipan muncul.

2. Cara Mengapus Teks: Tempatkan titik penyisipan di sebelah teks yang ingin Anda hapus. Tekan tombol Backspace pada keyboard untuk menghapus teks ke kiri dari titik penyisipan. Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus teks di sebelah kanan titik penyisipan. 3. Cara Memilih Teks: Tempatkan titik penyisipan di sebelah teks yang ingin Anda pilih. Klik mouse, dan sementara menekannya, tarik mouse ke teks untuk memilihnya. Lepaskan tombol mouse. Anda telah memilih teks. Sebuah kotak yang telah disorot akan muncul pada teks.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

5

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

Bila Anda memilih teks atau gambar di Word, toolbar melayang-layang dengan pilihan format muncul. Hal ini membuat perintah format menjadi

mudah diakses dan dapat menghemat waktu Anda. Jika toolbar tidak muncul pada awalnya, coba pindahkan mouse ke bagian lain teks yang telah dipilih.

4. Cara mengcopy dan Paste Teks Pilih teks yang ingin Anda salin. Klik perintah Copy pada tab Home. Juga dapat mengklik kanan pada teks yang telah dipilih. Klick copy.

Tempatkan titik penyisipan di tempat yang diinginkan.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

6

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

Klik perintah Paste pada tab Home. Maka teks akan muncul.

5. Cara Memotong dan Menempel Teks: Pilih teks yang ingin Anda salin. Klik perintah Cut pada tab Home. Anda juga dapat klik kanan pada teks yang telah dupilih lalu klick kanan dan pilih cut.

Kemudian pilih area untuk menempelkan teks. Lalu tekan tombol Ctrl+V (pada keyboard).

6. Cara Mengcut (potong) Tempatkan titik penyisipan pada teks yang diinginkan (memilih teks). Klik perintah Paste pada tab Home. Teks akan muncul.

Anda juga dapat memotong, menyalin dan paste dengan mengklik kanan dokumen dan memilih tindakan yang diinginkan dari menu drop-down. Bila Anda menggunakan metode ini untuk paste, Anda dapat memilih dari tiga pilihan yang menentukan bagaimana teks akan diformat (Jaga Sumber Format/keep source formating, Gabung Format/merge formating dan Simpan Teks Saja/keep text only). Anda dapat mengarahkan kursor mouse ke ikon masing-masing untuk melihat apa yang akan tampak sebelum Anda mengklik pilihan tersebut.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

7

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

7. Cara Mendrag dan Drop Teks: Pilih teks yang ingin Anda salin. Klik dan drag teks ke lokasi yang Anda inginkan untuk memunculkannya. Kursor akan memiliki tanda persegi panjang di bawahnya yang menunjukkan bahwa Anda sedang memindahkan teks.

8. Cara Menyeret dan Menjatuhkan Teks Pilih teks yang diinginkan dengan cara mendrag dan/atau drop. Pilih area untuk menjatuhkan teks. Lepaskan tombol mouse dan teks akan muncul. Jika teks tidak muncul di lokasi yang tepat Anda ingin, Anda dapat mengklik tombol Enter pada keyboard untuk memindahkan teks ke baris baru yang diinginkan.

9. Cara Mencari dan Ganti Ketika Anda bekerja dengan dokumen lama, bisa sulit dan memakan waktu untuk mencari kata tertentu atau frase. Word secara otomatis dapat mencari dokumen Anda menggunakan fitur Cari, dan bahkan memungkinkan Anda untuk mengubah kata-kata atau frase menggunakan Ganti.

10. Cara Mencari Teks:1

Dari tab Home, klik perintah Find. Navigasi Panel akan muncul di sisi kiri layar.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

8

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

Klik perintah find. Ketik teks yang ingin Anda cari di lapangan di bagian atas panel Navigasi. Jika teks ditemukan dalam dokumen, maka akan ditandai dengan warna kuning,dan preview akan muncul di panel Navigasi. Jika teks muncul lebih dari sekali, Anda dapat mengklik tanda panah pada panel Navigasi untuk melangkah melalui hasil. Anda juga dapat mengklik preview hasil pada panel navigasi untuk melompat ke lokasi hasil dalam dokumen Anda.

Navigasi panel

Ketika Anda menutup panel Navigasi, hanya dengan menyorotnya panel navigasi akan hilang.

11. Ganti Teks Dari tab Home, klik perintah Replace. Cari dan Ganti kotak dialog akan muncul.

Klik Perintah Ganti.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

9

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

Ketik teks yang ingin Anda cari. Ketik teks yang ingin Anda ganti. Klik Find Next dan kemudian Ganti untuk mengganti teks. Anda juga dapat mengklik Replace All untuk mengganti semua contoh dalam dokumen.

kotak dialog Cari dan Ganti

12. Mengatur Ukuran Kertas Berikut akan diuraikan cara mengatur atau mengubah ukuran kertas:

Pada ribbon pilih tab Page Layout. Pada Group Page Setup pilihlah Size, lalu pilihlah ukuran kertas sesuai keinginan Anda. Bila pada daftar tersebut tidak ada ukuran kertas yang kita inginkan kita bisa membuatnya sendiri dengan memilih pilihan More paper size pada bagian Size tersebut.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

10

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

Bila anda memilih More paper size maka akan muncul jendela pengaturan ukuran kertas, anda tinggal menentukan lebar (Width) dan tinggi (Height) kertas sesuai ukuran kertas yang kita miliki, sebagai contoh ukuran kertas F4 adalah Weight = 21.5 cm dan Height = 33 cm. bila ukuran lebar dan tinggi sudah ditentukan Anda tinggal menekan tombol OK untuk menerapkannya pada dokumen.

13. Menyimpan File Sangat penting untuk tahu bagaimana cara menyimpan dokumen Anda bekerja dengan sering menyimpan dokumen Anda membantu untuk menjaga Anda dari kehilangan pekerjaan Anda, dan menggunakan Save As memungkinkan Anda untuk mengedit dokumen sementara meninggalkan salinan asli tidak berubah. Ada banyak cara berbagi dan menerima dokumen. Apakah Anda men-download dokumen? Menyimpannya untuk pertama kalinya? Menyimpannya sebagai nama lain? Berbagi dengan seseorang yang tidak memiliki Word 2010, dll? Semua ini akan mempengaruhi bagaimana Anda menyimpan dokumen Word Anda. Dalam pelajaran ini Anda akan mempelajari bagaimana menggunakan Save dan Save As, bagaimana cara menyimpan sebagai dokumen 97-2003 dan bagaimana untuk menyimpan sebagai PDF.

a) Menggunakan Save As Perintah: Save As memungkinkan Anda untuk memilih nama dan lokasi untuk dokumen yang akan disimpan. Ini berguna jika Anda pertama kali membuat dokumen atau jika Anda ingin menyimpan versi yang berbeda dari dokumen sekaligus mempertahankan dokumen asli. Berikut ini adalah cara menyimpan dokumen dengan menggunakan Save As: Klik tab File. Pilih Save As.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

11

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

Pada kotak dialog Save As. Pilih lokasi di mana Anda inginmenyimpan dokumen. Masukkan nama untuk dokumen dan klik Simpan.

Tampilan kotak dialog Save As

b) Menggunakan Komando Hemat: Klik perintah Save pada Quick Access Toolbar.

Dokumen akan disimpan di lokasi yang sama dan dengan nama file yang sama. Jika Anda menyimpan untuk pertama kalinya dan memilih Save, maka kotak dialog Save As akan muncul. 14. AutoRecover Word secara otomatis menyimpan dokumen Anda ke folder sementara saat Anda melakukan sebuah pekerjaan (mengetik atau mengedit). Jika Anda lupa untuk menyimpan perubahan Anda, atau jika crash Word, Anda dapat memulihkan file yang disimpan otomatis. Buka dokumen yang sebelumnya ditutup tanpa menyimpan.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

12

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

Pada tampilan Backstage, klik Info. Jika ada versi disimpan otomatis dari file Anda, Maka akan muncul di bawah tampilan Versi. Klik pada file tersebut untuk membukanya.

15. Membuka file yang Disimpan otomatis berikut ini cara penggunaan menyimpan perubahan dokumen yang disimpan secara otomatis: Klik Restore dan kemudian Klik OK.

16. Mengembalikan file Secara default, Word autosaves setiap 10 menit. Jika Anda mengedit dokumen kurang dari 10 menit, Word tidak dapat membuat versi simpan otomatis.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

13

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

17. Format File Ke Dalam Versi Lain1

Anda dapat berbagi dokumen dengan siapa saja yang menggunakan Word 2010 atau 2007 (menggunakan format file/versi yang sama). Namun, jika versi Word menggunakan format file yang berbeda (contohnya Word 97 atau 2003) maka Anda harus menyimpannya sebagai Dokumen 97-2003 Word. a. Menyimpan dokumen ke dalam versi 97-2003 : Klik tab File. Pilih Save As. Pada Save As type drop-down, pilih 97-2003 Document.

Pilih lokasi Anda inginkan untuk menyimpan dokumen. Masukkan nama dokumen/file. Klik Simpan.

b. Menyimpan dokumen ke dalam versi PDF: Klik tab File. Pilih Save As. Pada tampilan Simpan pilih PDF.

Pilih lokasi Anda inginkan untuk menyimpan dokumen. Masukkan nama untuk dokumen. Klik tombol Simpan.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

14

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

18. Membuat nomor halaman Dalam membuat sebuah buku, skripsi, proposal atau apalah namanya yang berupa naskah dengan banyak halaman, biasanya disertai dengan halaman daftar isi yang memuat topik atau bahasan yang ada dalam buku atau skripsi tersebut dan dicantumkan juga nomor halaman atau page number.

Dalam aturan pemberian nomor halaman terdapat dua format nomor halaman, yaitu format nomor halaman dengan angka romawi kecil, dan penomoran halaman dengan menggunakan angka standart. Penomoran halaman dengan angka romawi kecil yaitu i, ii, iii, dst biasanya diberikan mulai halaman judul, abstrak, halaman pengesahan, halaman motto, sampai dengan halaman daftar isi atau kata pengantar. Sedangkan normor halaman yang menggunakan angka standard 1, 2, 3, dst diberikan pada halaman Bab I Pendahuluan dan seterusnya. Biasanya aturan letak memberikan nomor halaman juga berbeda. Halaman judul sampai dengan kata pengantar yang menggunakan angka romawi kecil biasanya terletak di bagian footer dan center (berada di tengah-tengah). Sedangkan halaman BAB I Pendahuluan dan seterusnya menggunakan angka standard dan nomor halamannya terletak pada footer sebelah kanan (right) kecuali pada setiap halaman BAB berada pada header (atas) sebelah kanan. Untuk mengatur seperti tersebut diatas, biasanya penulis atau yang mengetik naskah membagi menjadi dua atau tiga file yang terdiri dari file yang berisi halaman judul dan satunya lagi file dengan halaman dengan nomor angka standard (BAB I, dst). Namun hal tersebut dapat kita jadikan menjadi satu file saja yang terdiri dari halaman dengan nomor romawi dan halaman dengan nomor angka standard. Untuk itu anda harus membuat section break. Dan berikut ini caranya : 1. Ketik semua naskah buku, skripsi, proposal, laporan dan sebagainya. 2. Untuk membuat nomor halaman romawi pada halaman judul sampai kata pengantar, klik insert, pada group menu Header&Footer klik Page Number kemudian pilih Bottom of page dan pilihPlain number 2

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

15

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

3. Maka halaman 1 akan terlihat pada halaman judul. Untuk merubah angka standard menjadi angka romawi, klik pada page number dan pilih Format page-numbers.

4. Pada number format pilih i,ii,iii,. Dan klik OK, maka nomor halaman akan berubah dari angka 1menjadi i (angka romawi 1)

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

16

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

5. Sampai disini semua halaman menggunakan angka romawi kecil. 6. Untuk membuat halaman BAB I Pendahuluan dan seterusnya menjadi angka standard dimulai dari angka 1 tanpa merubah format nomor halaman sebelumnya, maka halaman BAB I harus dibuatsection break. Caranya adalah letakkan kursor pada halaman BAB I atau halaman yang nomor halamannya akan dirubah. Kemudian klik Ribbon Page Layout, dan klik Breaks pada group menu Page setup. Kemudian klik atau pilih Next page. Sampai disini new section break telah terbentuk.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

17

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

7. Klik ganda pada Footer / nomor halaman BAB I, pada ribbon design, group menu navigation, nonaktifkan tombol Link to previous. Klik tombol tersebut sehingga tidak berwarna kuning lagi.

8. Hapus nomor halaman tersebut, kemudian pada ribbon design, group menu Header&Footer klik page number. Dan pilih format page numbers.

9. Pada number format ubah i,ii,iii,. Menjadi 1,2,3, kemudian pada pilihan start at pilih 1 dan klik OK.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

18

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

10. Sampai di sini sudah berubah, yaitu halaman judul sampai dengan kata pengantar menggunakan format nomor halaman menggunakan angka romawi kecil sedangkan pada halaman BAB I Pendahuluan menggunakan nomor halaman angka standart. 11. Untuk pengaturan letak halaman pada prinsipnya menggunakan cara yang sama yaitu menghilangkan fungsi link to previous dan start at pilih secara manual halaman yang anda butuhkan. Setelah pengaturan diatas, maka dalam satu file nomor halaman berbedabeda formatnya, ada nomor halaman dengan format angka romawi i,ii,iii, dan ada juga nomor halaman yang menggunakan angka standart / Arabic 1,2,3, 19. Cara membuat sampul buku (cover page template) di word 2010 Microsoft Word 2010 sudah menyediakan fasilitas untuk membuat cover buku yang menarik. Cover buku tersebut telah dilengkapi dengan gambar background yang bagus serta erdapat teks boks yang bisa digunakan untuk mengetik teks /judul buku dan deskripsi buku. Cover buku ini bisa jadi alternatif buat para ikhwan yang masih pemula yang kesulitan membuat cover buku menggunakan software Adobe Photshop , Corel Draw atau software pengolah grafis lainnya. Untuk membuat cover buku menggunakan word bisa ikuti langkah-langkah berikut: 1. Di Menu Bar pilih Insert- Cover page , klik panah segitiga (dropdown button) pada Cover page maka akan muncul beberapa template yang tesedia, pilih salah satu template sampul buku tersebut Dalam contoh ini saya menggunakan template "Motion"

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

19

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

2. Akan tampil di lembar kerja halaman cover buku yang bisa di edit. Klik salah satu text box maka akan muncul border berupa garis putus-putus , ketik teks yang akan dijadikan sampul buku misalnya "Belajar Microsoft Word 2010 di Webkomputer.com

20. Membuat /menyisipkan shape ke halaman word (insert auto shape) Dengan menggunakan fitur autoshape yang tersedia di word, kita dapat dengan mudah membuat atau menyisipkan shape/bentuk-bentuk grafis yang sudah baku seperti bentuk kotak, lingkaran, elips, panah, bintang, dan berbagai format autoshape lainnya. Untuk menampilkan shapes di di lembar kerja word silahkan ikuti langkah langkah berikut:

1. Di Menu Bar pilih Insert Pada ribbon menu pilih toolbar Shapes , selanjutnya pilih salah satu shape yang ada, dalam contoh ini menggunakan bentuk bintang (5point star). 2. Double klik pada lembar kerja /halaman kerja word. Akan muncul gambar seperti di bawah ini.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

20

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

a. Untuk memperbesar ukuran shape arahkan ponter mouse ke pojok kanan bawah, setelah muncul panah dua arah berwarna putih, drag mouse (geser sambil menekan mouse) hingga didapatkan ukuran yang diinginkan. b. Jika ingin menyisipkan teks ke dalam shape bintang, pada toolbar di bagian shape style pilih icon kotak yang berisi huruf abc. Kemudian ketik teks yang akan ditampilkan dalam autoshape, misalnya "bintang kejora".

3. Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini

21. Membuat bingkai bergambar di word (border art word 2010) Selain membuat bingkai standar di word, kita juga dapat membuat bingkai artistik. Jika bingkai standar terbuat dari garis-garis putus /solid/shadow , maka bingkai artistik akan terbuat dari gambar gambar icon yang telah tersedia di word. Dengan menggunakan border art tampilan halaman lebihDisusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

21

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

menarik. Untuk menghias halaman word dengan bingkai artistik bisa ikuti langkah berikut;

1. Pada Menu bar pilih tab "Page Layout"

2. Di window "Borders and Shading" pilih tabulasi "Page Border" di bagian Art pilih salahsatu gambar yang ada dengan menggunakan tombol dropdown list.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

22

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

3. Hasilnya terlihat seperti di bawah ini:

22. Membuat smart art di word (pola artistik) Smart art adalah salah satu fitur yang menarik pada mirosoft word 2010.Dengan smart art dapat dibuat gambar-gambar artistik dengan polapola dan motif yang sangat menarik. Dalam conth ini akan menggunakan pola panah (arrow) dengan tambahan tombol dan tulisan (teks) yang menjadi label setiap button (tombol). Untuk membuat gambar artistik menggunakan smart art , lakukan langkahlangkah berikut: 1. Di Menu bar pilih Insert - Smart Art. Pada windows "Choose a smartart graphic" pilih salah satu item yang ada dalam contoh ini menggunakan "Process" - Pola panah.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

23

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

2. Di bagian Type your text here ketik kata/teks yang diinginkan, misalnya Word , setelah selesai tekan enter untuk pindah ke teks berikutnya Excel enter, Powerpoint enter, dst

3. Jika ingin memilih style yang lain, bisa gunakan salah satu model yang ada di SmartArt style. 23. Menggunakan autocorrect untuk mempercepat pengetikan di word 2010 Salah satu cara untuk mempercepat ketikan di word adalah dengan menggunakan fasilitas autocorrect. Fitur autocorrect ini bermanfaat jika dalam sebuah ketikan banyak terdapat kata/frase yang sering berulang. Kata yang sering berulang tersebut , misalnya "panduan microsoft word 2010", maka dengan menggunakan autocorrect dapat dipersingkat menjadi "panduan" , sehingga disaat kita mengetik kata panduan kemudian menekan spasi maka secara otomatis word akan mengubah menjadi "panduan microsoft word 2010". Anda dapat membuat beberapa daftar kata sesuai kebutuhan sehingga dengan bantuan autocorret dapat mempercepat ketikan. Untuk lebih detailnya silahkan ikuti langkah langkah berikut: 1. Di menu bar pilih "File" kemudian "Options".

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

24

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

2. Pilih "Proofing" selanjutnya klik tombol "Autocorrect Options". 3. Pilih tabulasi Autocorrect. Isi teks box Replace dengan "belajar" selanjutnya di bagian with isi dengan "belajar microsoft word 2010". Selanjutnya klik tombol Add. (Anda bisa menambahkan kata/frase lain, sesuai kebutuhan).

4. Di lembar kerja word ketik kata "belajar" selanjutnya tekan spasi maka secara otomatis akan menampilkan belajar microsoft word 2010

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

25

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

24. Cara menyisipkan worksheet excel di word 2010 Salah satu fitur yang tersedia di microsoft word 2010 adalah fasilitas untuk menyisipkan spreadsheet/worksheet excel ke dokumen word. Ada beberapa keuntungan yang bisa dilakukan dengan worksheet excel tersebut, diantaranya rumus-rumus yang tersedia di microsoft excel dapat digunakan di worksheet excel yang terpasang di lembar kerja word. Sehingga dapat mempermudah perhitungan pada tabel worksheet di word. Untuk menyisipkan worksheet excel di word 2010, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Pada Menu Bar pilih Insert - Table - Excel Spreadsheet

2. Akan muncul object worksheet excel di lembar kerja word. Klik salah satu sel, kemudian ketik sebuah teka atau angka (lihat tabel pada gambar langkah 3). Untuk berpindah sel gunakan tombol panah (di keyboard) atau tombol tab Setelah selesai mengetik klik area di luar worksheet. Untuk mengedit tabel worksheet , double klik pada area worksheet, kemudian arahkan mouse /kursor ke sel yang akan diedit. Contoh tabelnya bisa dilihat di bawah ini.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

26

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

25. Merapikan ketikan menggunakan tabulasi di word 2010 Terkadang disaat mengetik surat lamaran kerja atau membuat curriculum vitae (biodata pribadi) terdapat format titik dua yang yang berulang hingga beberapa baris. Biasanya beberapa pengguna word menggunakan tabel kemudian menghilangkan bordernya sehingga ketikan lebih rapi dan tanda titik dua-nya sejajar secara vertikal. Selain itu dapat juga digunakan tabulasi (tab) seperti pada contoh di bawah ini : Untuk membuatnya cukup mudah: 1. Klik pada ruler (horizontal ruler), jika ruler belum tampil bisa mengaktifkannya dengan melihat panduannya disini ruler word 2010 Setelah mengklik pada ruler maka akan tampil tanda siku-siku menandakan batas /titik tabulasi , buat dua tabulasi (klik dua kali pada ruler di tempat yang berbeda, tab pertama merupakan batas untuk titik dua, kemudian tab kedua merupakan batas untuk penulisan huruf setelah titikdua. 2. Selanjutnya ketik "Nama" kemudian tekan tombol tab (di keyboard) maka kursor akan berpindah ke tab pertama, ketik ":" selanjutnya tekan tab pada keyboard maka kursor berpindah ke tab kedua ketik "Sandi" kemudian tekan enter. 3. Ulangi langkah 2 diatas , ketik "Alamat" kemudian tab ketik ":" kemudian tab ketik "Jl. Gn Api" 4. Ulangi langkah di atas hinga selesai.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

27

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

26. Memasukkan Gambar Untuk memasukkan gambar yang dipindai di dokumen Word 2010, ikuti langkah-langkah berikut ini: 1. Gunakan piranti lunak yang disertakan dengan pemindai untuk memindai dan menyimpan gambar ke komputer Anda. 2. Perhatikan lokasi dari gambar yang disimpan. 3. Buka Word 2010. 4. Klik Masukkan, kemudian pilih Gambar.

5. Di kotak Masukkan Gambar, jelajahi map yang berisi gambar yang disimpan. 6. Pilih gambar kemudian klik Masukkan.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

28

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

27. Cara menambah atau mengubah efek gambar Jika mengklik contoh yang ditampilkan di Gaya Gambar, Anda dapat memberikan berbagai efek ke gambar atau objek seperti bayangan.

Klik tombol (

) di sebelah kanan Gaya Gambar.

Terdapat banyak efek. Gaya gambar yang dapat berubah hanya dengan menunjuk contoh.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

29

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

Jika tidak menemukan gambar yang disukai, Anda dapat merubah Efek Gambar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, mengubah ukuran atau warna. Anda juga dapat mengkonfigurasi pemberian bayangan ke gambar.

Anda juga dapat menggunakan Tata Letak Gambar untuk secara otomatis memproses gambar berdasarkan tata letak yang telah disiapkan.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

30

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

Jika ingin menyetel halus tampilan gambar, klik kanan gambar kemudian klik Format Gambar, maka Anda akan dapat menyetel efek bevel atau 3D.

Haruskah Anda mengklik dua kali jika ingin memproses objek seperti persegi atau lingkaran? Benar. Setelah mengklik bangun, akan ditampilkan tab Format . Anda dapat memilih contoh dari Gaya Bangun atau juga dapat 31Lembaga Pendidikan Komputer Profesional

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi Ihsan

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

menggunakan Pengisi Bangun, Sempadan Bangun, dan Efek Bangun di sebelah kanan.

Dapatkah kotak teks diproses dengan cara yang sama? Tentu saja! Anda juga perlu tahu bahwa bangun dan kotak teks dapat dimodifikasi menjadi bangun lainnya nanti. Untuk melakukannya, pilih objek atau kotak teks, kemudian klik : di tab Format, klik Ganti Bangun. Pilih bangun favorit Anda setelah ditampilkan.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

32

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

28. Mail Merge Bagi seorang yang bekerja pada bidang tertentu membuat surat merupakan pekerjaan rutin yang hampir setiap hari dikerjakan. Untuk surat biasa mungkin tidak terlalu merepotkan, namun apabila harus membuat surat undangan yang jumlahnya puluhan atau bahkan ratusan dan harus dikirimkan ke banyak orang ini pekerjaan yang melelahkan. Namun pekerjaan ini akan menyenangkan apabila dikerjakan dengan memanfaatkan teknologi canggih yang disediakan Microsoft Office 2010 bernama Start Mail Merge. Dengan fitur Start Mail Mergetersebut pekerjaan membuat surat sebanyak apapun akan terasa menyenangkan dan cepat. Karena di sini Anda cukup membuat satu surat, kemudian alamat yang akan menerima surat tersebut dibuat secara terpisah dengan memanfaatkan aplikasi database lain atau fitur yang memang sudah tersedia di Microsoft Word 2010 itu sendiri.

Apakah Start Mail Merge? Fasilitas Mail Merge sebenarnya sudah disertakan Microsoft sejak aplikasi ini diperkenalkan beberapa tahun lalu, hanya saja di Microsoft Word 2010 fasilitas ini ditambah kemampuannya dan perintahnya juga ditambah dengan Start Mail Merge. Penambahan Start Mail Merge karena di sini sudah tersedia beberapa pilihan seperti Envelopes, Label, E-mail Message, Directory, dan fasilitas Wizard untuk membuat Mail Merge. Bagaimana memanfaatkan fitur Start Mail Merge tersebut? Sebagai gambaran langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut: 1. Jalankan Microsoft Word dan pilih Blank document seperti biasa. Selanjutnya Anda buat surat undangan yang akan disebarkan kepada

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

33

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

mereka yang akan diundang. Karena dalam surat undangan tersebut umumnya menggunakan alamat lengkap mulai dari nama, alamat, kota, kode pos, telpon dan sebagainya, maka dengan memanfaatkan fitur Start Mail Merge hal tersebut tidak perlu dibuat, jadi dalam hal ini Anda cukup membuat satu surat tanpa alamat. 2. Klik Menu Mailings, lalu klik Start Mail Merge, pilih dan klik Step by Step Mail Merge Wizard. Setelah itu disebelah kanan layar komputer Anda akan tampil pilihan Mail Merge dan klik Letters dan di jendela pilihan tersebut akan terlihat tahapan mulai darti Step 1-6, lalu Anda klik Next Starting document. Kemudian Anda klik tombol Next lagi sehingga akan tampil pilihan Select recipients. Jika alamat sudah tersedia di Server, di Microsoft Outlook, Anda tinggal klik saja pilihan tersebut. Namun apabila masih belum ada alamat yang akan dikirimi surat Anda pilih dan klik Type a new list . 3. Selanjutnya klik tombol Create. Setelah itu segera tampil jendela pengisian alamat, dan klik tombol Customize Columns untuk memudahkan penulisan alamat.

Agar tidak menyulitkan, sebaiknya field-field yang ada dalam kotak tersebut dihapus saja dengan menekan tombol Delete atau bisa juga memanfaatkan field tersebut namun Anda harus menggantinya dengan nama field yang sesuai dengan menggunakan pilihan Rename. Untuk mengisi field-field yang berhubungan dengan database alamat yang akan dibuat. Adapun langkah yang harus Anda kerjakan adalah sebagai berikut: 1. Klik Add untuk membuat field baru. Setelah Anda mengklik Add akan tampil jendela Add Field, ketikkan misalnya Nama, dan Klik OK, lalu klik lagi Add, lalu ketikkan Jalan dan klik OK lagi.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

34

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

2. Selanjutnya Anda klik lagi Add, lalu ketikkan Desa/Kelurahan, lalu klik OK dan klik lagi Add, lalu ketikkan Kecamatan, lalu klik OK. 3. Kemudian untuk melanjutkan Ana klik lagi Add, lalu ketikkanKota/Kabupaten, lalu klik tombol OK, dan klik lagi Add, lalu ketikkan Provinsi serta Anda klik OK. 4. Klik lagi Add, lalu ketikkan Kode Pos, lalu klik OK.

5. Dan seterusnya sesuai dengan field-field database alamat yang akan Anda buat. Selanjutnya Anda klik OK untuk menutup jendela tersebut. Agar data yang sudah dientri tidak hilang, maka sebaiknya Anda simpan database tersebut di folder yang sudah disediakan, misalnya di Data_Source dan berinama, misalnya LATIHAN.

6. Kembali ke surat yang sedang dikerjakan, kemudian Anda coba buka kembali file Mail Merge Anda dengan Select a defferent list atau jika baru saja membuat dokumen Source Anda bisa menggunakan pilihanEdit recifient list. Untuk kali ini Anda pilih saja Select A defferent list. Kemudian Anda akan dibawa ke MyDocument, dan lokasi atau tempat menyimpan dokumen Data_Source tersebut, Anda pilih dokumen yang akan digunakan, dalam contoh ini adalah fileALAMAT_MAIL yang

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

35

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

digunakan sebagai database alamat. Dari sini Anda klik nama file tersebut, dan klik Open. Database alamat sudah terbuka. Selanjutnya klik Edit untuk mulai memasukkan alamat-alamat perusahaan yang akan Anda kirimi surat sehingga database alamat tersebut terisi sesuai dengan keinginan Anda.

7. Untuk melanjutlan pekerjaan tersebut, selanjutnya Anda klik OK sekali lagi, lalu klik tombol Next: Write your letters di jendela Mail Merge. Selanjutnya klik pilihan More Items dari jendela Mail Merge. Setelah itu akan tampil field-field yang akan dimasukkan ke dalam surat Anda sebagai alamat yang akan dikirimi undangan. 8. Tempatkan pointer mouse Anda dilokasi untuk menempatkan nama dalam surat undangan yang sedang dikerjakan, lalu klik field Nama, dan klik Insert. Field nama segera masuk ke dalam surat Anda, lalu Enter dibelakang file tersebut. 9. Lalu klik Field Jalan, lalu klik Insert, Klik lagi Field Desa/Kelurahan, lalu klik Insert, dan seterusnya sampai dengan semua field masuk ke dalam surat undangan yang sedang dikerjakan tersebut. Selanjutnya klik tombol Close untuk menutup kotak dialog Insert Field tersebut. Anda bisa mengatur penempatan field yag sudah masuk ke dalam dokumen surat. Untuk melanjutnya klik tombol Next : Preview your directory, lalu klik Next : Complete the merge dan Anda kembali ke dokumen surat yang sedang ditangani.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

36

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas diharapkan Anda tidak akan mengalami kesulitan. Namun demikian Anda juga bisa juga menggunakan cara lain apabila dengan cara ini Anda masih kurang seuai dan ada beberapa kekeliruan. Namun demikian cara ini adalah yang paling umum dan mudah digunakan.

Perlu diketahui, apabila Anda akan mencetak surat undangan tersebut perhatikan apakah alamat sudah masuk seluruhnya atau belum. Jika belum masuk sebaiknya Anda entri seluruhnya sehingga tidak ada orang atau client yang tidak menerima surat undangan tersebut. Jumlah surat yang akan dicetak tentu akan sesuai dengan database alamat yang ada, semakin banyak data alamtnya, maka surat juga akan semakin banyak. Untuk melihat surat berikutnya Anda bisa menekan tombol panah ke kanan atau ke kiri. 29. Cara Menyimpan Dokumen Cara untuk menyimpan dokumen adalah sebagai berikut: 1. Klik menu File -> Save atau File -> Save As. sehingga muncul kotak dialogSave As berikut:

2. Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut: Save in : tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan. File name : ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

37

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

Save as type Word Document. Klik tab Save

: type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu

: untuk menyimpan dokumen tersebut.

3. Untuk menyimpan dokumen lama yang telah diedit, klik menu File -> Save. Apabila dokumen tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda, klik File -> Save As sehingga caranya sama seperti menyimpan dokumen baru. Apabila dalam menyimpan dokumen, nama yang digunakan sama dengan nama yang sudah ada di dalam folder, maka kotak konfirmasi seperti ini :

Replace exiting file: menimpa file yang sudah ada dengan dokumen baru. Save change with a different name: menyimpan dokumen baru dengan nama lain. Merge into exiting file: menggabungkan perubahan yang dilakukan kedalam file yang sudah ada. 4. Setelah selesai mengedit dokumen dan memastikan sudah menyimpannya, ada beberapa cara untuk menutup dokumen, yaitu: Klik menu File -> Close. Klik tombol Close Window yang terdapat di dalam Title Bar. 5. Dokumen yang telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara berikut: Klik menu File -> Open. Klik tombol Open yang terdapat di dalam Tool Bar. 6. Kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka. Agar file-file dokumen tertata rapi, hendaknya file disimpan di dalam folder sesuai kategori, ini juga dapat membantu saat hendak membuka file yangDisusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

38

ISLAMIC CENTER IBNU JAUZI

Microsoft Office Word 2010

telah tersimpan. Untuk membuat folder, lihat kotak dialog gambar 10, bedanya hanya klik kanan pada mouse lalu pilih New -> Folder.

Disusun oleh: Abu Rifqi Aohndi IhsanLembaga Pendidikan Komputer Profesional

39