Materi PRSU Ke 44 2015

4
MATERI PENATARAN/PEMBEKALAN DALAM RANGKA PEKAN RAYA SUMATERA UTARA (PRSU) KE 44 OLEH : DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN DELI SERDANG SENIN, 9 MARET 2015 A. LATAR BELAKANG Undang – undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan, memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, memiliki hasil penjualan pertahun paling bayak Rp. 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah). Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang per orangan atau Badan Usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung. Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) sampai dengan Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, memiliki penjualan tahunan lebih dari Rp. 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah). Sampai dengan Rp. 2.500.000.000,- (dua milyar lima ratus juta rupiah). 1

Transcript of Materi PRSU Ke 44 2015

MATERI PENATARAN / PEMBEKALAN DALAM RANGKA PEKAN RAYA

MATERI PENATARAN/PEMBEKALAN DALAM RANGKA PEKAN RAYA SUMATERA UTARA (PRSU) KE 44OLEH : DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH

KABUPATEN DELI SERDANG

SENIN, 9 MARET 2015A. LATAR BELAKANG

Undang undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan, memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, memiliki hasil penjualan pertahun paling bayak Rp. 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah).

Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang per orangan atau Badan Usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung. Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) sampai dengan Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, memiliki penjualan tahunan lebih dari Rp. 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah). Sampai dengan Rp. 2.500.000.000,- (dua milyar lima ratus juta rupiah). Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) sampai dengan Rp. 10.000.000.000,- (sepuluh milyar rupiah).B.PENUMBUHAN DAN PENGEMBANGAN SENTRA USAHA KECIL DAN MENENGAH ( UKM).

Jumlah Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Deli Serdang lebih kurang 57.090. ( lima puluh tujuh ribu sembilan puluh) UKM. Usaha Kecil dan Menengah tersebar di 22 (dua puluh dua) kecamatan 5.370 (lima ribu tiga ratus tujuh puluh) UKM di antaranya merupakan penumbuhan Wirausaha Baru. Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di bagi dalam 4 (empat) sektor bidang usaha yakni : Sektor Pertanian, Sektor Perdagangan, Sektor Jasa dan Sektor Aneka Usaha. Disamping itu pembinaan dan pengembangan UKM dilakukan melalui Sentra. Sentra adalah merupakan kegiatan di Kawasan/Lokasi tertentu dimana terdapat UKM yang menggunakan bahan baku/sarana yang sama, menghasilkan produk yang sama / sejenis. Untuk Kabupaten Deli Serdang terdapat 5 (lima) sentra UKM yaitu: Sentra Ternak Puyuh di Kecamatan Batang Kuis, Sentra Batu Bata di Kecamatan Galang, Sentra Sabut Kelapa di Kecamatan Batang Kuis, Sentra Penangkar Tanaman di Kecamatan Tanjung Morawa, dan Sentra Opak Kecamatan Pancur Batu. Melalui Program sentra ini UKM lebih dapat berkembang baik dari segi Omzet maupun pemasaran. Sejauh ini para pelaku UKM yang mempunyai kridibilitas baik kuantitas maupun kualitas di promosikan melalui pameran-pameran seperti: Smesco di Jakarta, Batam Expo, PRSU dan Event-Event lain setiap tahunnya.C.KEMITRAAN DENGAN BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN).

Di Kabupaten Deli Serdang ada beberapa Mitra kerja untuk menjembatani perkuatan permodalan UKM diantaranya: PT Jasa Marga, PT Angkasa Pura II, Pertamina UPMS I Medan, PTP Nusantara II, PTP Nusantara III dan PTP Nusantara IV. Beberapa pelaku UKM telah di fasilitasi untuk mendapatkan bantuan pinjaman modal Usaha, sampai saat ini kurang lebih 84 (delapan puluh empat) UKM telah menerima pinjaman dana kemitraan tersebut. Disamping program Dana Kemitraan BUMN juga menyalurkan Dana Bina Lingkungan yang diperuntukkan untuk rumah-rumah ibadah dan kegitan sosial lainnya.

Demikian paparan ini kami sampaikan, sekian dan terima kasih...........2