Materi Kuliah Pancasila Yes

download Materi Kuliah Pancasila Yes

of 150

  • date post

    05-Aug-2015
  • Category

    Documents

  • view

    65
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of Materi Kuliah Pancasila Yes

Pancasila

Mengapa Pancasila perlu dipelajari ?

Syarat ilmu pengetahuan

Benarkah Pancasila Merupakan Kajian Ilmiah / Ilmu Pengetahuan ?

Pengertian Pancasila

Pancasila mula-mula terdapat dalam kepustakaan Budha di India

Ajaran budha bersumber dari kitab suci Tri Pitaka yang terditi atas tiga macam buku besar yaitu:

didalam ajaran Budha terdapat ajaran moral untuk mencapai Nirwana dengan melalui Shamadi, dan setiap golongan berbeda golongan berbeda kewajiban moralnya.

Pancasila Dalam Ajaran Budha:

Panatipada Veramani Sikhapadam samadiyani, Artinya: Jangan Mencabut nyawa makhluk Hidup/ dilarang membunuh) Dinna dana Veramani Shikapadam Samadiyani, Artinya: Jangan mengambil barang yang tidak diberikan/dilarang mencuri Kameshu Micchacara Veramani shikapadam samadiyani, artinya: janganlah berhubungan kelamin dengan orang yang bukan suami/istrinya/Zina Musawada veramani sikapadam samadiyani, artinya: janganlah berkata palsu/ dilarang berbohong Sura Meraya masjja pamada tikana veramani, artinya: janganlah meminum minuman yang memabokkan

ajaran Budha masuk ke Indonesia. Melalui kerajan-kerajaan besar di NUSANTARA.

Setelah majapahit runtuh dan agama Islam mulai masuk dan tersebar diseluruh Nusantara maka sisasisa pengaruh ajaran Moral Budha (Pancasila) masih juga dikenal didalam masyarakat jawa sampai sekarang yang disebut dengan istilah lima larangan atau MO LIMO karena lima larangan tersebut diawali dengan hurup M. yaitu:

SEJARAH PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA

Awal kelahiran Pancasila sebagai dasar negara dimulai pada saat terakhir pendudukan Fasisme Jepang di Indonesia sekitar tahun 1942. Disaat tentara jepang di Asia tenggara sudah mulai terdesak oleh tentara sekutu. Tahun 1943 kekuatan tentara jepang sudah mulai rapuh, sehingga dibeberapa medan pertempuran pihak sekutu dapat memukul mundur tentara jepang dengan sangat mudahnya. Dalam kondisi yang sangat terdesak seperti ini menimbulkan jepang berubah sikap politiknya

Jepang melancarkan politik merangkul bangsa Asia, dengan memberikan kemerdekaan kepad bangsa Birma, dan philipina dengan maksud agar kedua negeri tersebut bersedi mendukung jepang dalam menghadapi tentara sekutu. Dalam kesempatan yang baik ini dimanfaatkan oleh tokoh-tokoh bangsa indonesia untuk mendesak pemerintah jepang juga memberikan kemerdekaan kepada indonesia. Dan desakakn seperti ini ditanggapi secara serius oleh pemerintah jepang Untuk mewujudkan kesediaany itu, pada tanggal 7 september 1944 Perdana Menteri Koyso memberikan janji akan menghadiahkan kemerdekaan Indonesia

Dan untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan janji tersebut, pemerintahan pendudukan jepang di jawa membentuk sebuah badan yang diberi nama DOKURITSU ZYUNBI TYOSHAKAI atau Badan Persiapan Usaha-usaha Kemerdekan Indonesia (BPUPKI), yang beranggotkn 60 orang ditambah dengan 3 orng ketua yang salah satunya ada tokoh yang mewakili jepang yang bernama Iti Bangase. Dan ketua muda dijabat oleh Radjiman Wedyodiningrat dan Raden pandji Soeroso. Pd tanggl 18 Mei 1945, berteptn dengan hari kelhiran tenno haika seorang kaisar jepangBPUPKI dilantik oleh Letnan Jendral Kumakici Harada seorang tentara keenam belas jepang.

Dalam wktu yang relatif singkat sekitar 2 bulan sejak tanggal 18 mei smpi 17 juli 1945 dengan dua kali mas sidang telah dapat menyelesaiakan tugas berat. Yaitu berkenan dengan Dasr Negara dan Bentuk Negara. Dalam setiap sidang bukannya berjalan dengan mulusmulus saja tapi mereka juga menglami rintanganrintangan dlam diskusinya (dapt dibac dalam buku Risalah sidang) namun dapat diselesikan krena merek berpegang teguh pada prinsip demi perstuan dan kesatun dengan jiw yang amat besat demi kepentingan bangsa dan negara. Perdebatan terjadi antar dua golongan besar yaitu bung karno ,menyebutnya dengan golongan Kebangsaan dan golongan islam. Sebuatan seperti ini rasanya kurang enak mka akan lebih pas maka disebut

Dan harus diakui bahwa sebetulny semangat nasionalisme inipertam kali justru muncul dari kalangan muslim (santri). Dikalangan mereka sudah tumbul rasa patriotisme sejk lama yaitu sejak abad ke XVI (16)sejak kedatangan penjajah. Ketika itu mereka menganggap bahwa negari eropa datang ke Indonesia selain untuk mengambil rempah rempah jug akn menyebarkan agama nasrani kepada penduduk setempat. Dan kelompok santri tentunya sangat terusik. Sistem pondok pesantren adalah sistem pendidikan yang khas pad masa itu di Indonesia, dan sistem pendidikannya lebih bersifat religius, cenderung dogmatik, populis serta berorientasi kepada politik.

Fakta sejarah menunjukkan bahwa kedatangan bangsa eropa yaitu sepanyol,portugis, inggris, dan belanda kenegeri jajhannya tentu tidak lepas dari tiga motif yaitu: pertama motif ekonomi dan bentuk eksploitasi kekayaan alm bangsa terjajah, kedua motif politik dalam rangk melanggengkan kekuasaan dengan politik pecah belah atau sering disebut politik Devide et impera atau politik belah bambu.dan ketiga motif agama. Sehingga targetnya puj cukup jelas akan memerangi islam dan mengeruk kekayaan,

Kedua sistem pendidikan diatas maka mempengaruhi pola pikir kedua golongan tersebut.sehingga sering terjadi perbedan sampai pada sat perumusan dasara negara. Yang termanifestasikan dalam sidang-sidang BPUPKI.terutama dalam pembahasan dasar negara. Kalangan islam mengusulkan bahwa negara indonesia yang merdekaharus diletakkan pada diatas lendasan islam dengan disertai alasan bahwa mayoritas masyarakat indonesia beragama islam. Diantara yanga mengusulkan hal ini adalah seorang tokoh Muhammadiyah yaitu Kibagus hadikusumo (ketua umum Muhammadiyah)

dalam salah satu pidatonya kibagus dengan penuh keyakinan menghusulkan bahwa Islam harus dijadikan dasar negara RI. Dilain pihak golongan nasionalis, menyatakan bahwa negara indonesia harus diletakkan diatas dasar kebngsaan, yang oleh supomo dapat dikatakan dapat mengatasi segala golongan dan segala orang seorangmempersatukan diri dengan lapisan rakyat seluruhnya. Dan merka berpendapat bahw antara urusan agama dan urusan negara harus dipisahkan secara tegas sebagaimana

Menanggapi usulan dari golongan nasionalis tersebut, ki Bgus Hadikusuma menangkisnya dengan telak dengan mengutif salah satu kata-kata salah seorang anggota anggota BPUPKI yang secara terang-terangan memperlihatkan ketidak setujuan terhadap usulan negara yang berdasarkan asas islam. Bahwa dulu ada yang mengatakn agama itu suci dan luhur dan tinggi sehingga agar tetap suci janganlah agama dicampurnya dengan urusan negara. Usulan dasar negara baik yang berasal adari golongan nasionalis dan golongan islam ini berlangsung dengan perdebtan panjang sampai tanggal 1 Juni 1945.

Namun sayangnya sejarah mengenai hal ini sekarang sudah mulai hilang dari peredaran sehingga sulit untuk melacaknya. Pada tanggal 1 juni 1945 tersebut bung karno menyampaikan pidato yang cukup panjang sekitar 21 halaman dihadapn sidang badn penyelidik. Dqlam pidato yang kerap ditimpali dengan tepuk tangan tersebut untuk pertama kalinya ia memperkenalkan ap yang disebut Pancasila sekaligus beliau menyatakan bahwa pancasila ini dapat dijadikan asas kefilsafatan.

Pidato bung karno ini sebenarnya sebagai jalan untuk mencari titik kompromi antra ide dari dua golongn tersebut. Sehingga pada tanggal 1 juni 1945 banyak kalangan menyebutnya sebagai hari kelahiran pancasila, yang masih berupa konsep atau rancangan untuk diusulkan menjadi dasarnegara RI, dan bukan sama sekali sebgai lahirnya pancasila sebagai dasar negara.

Terdapat 7 rumusan pancasila yang ada dalam dokumen resmi, ntara lain: Rumusan Mohammad Yamin, yaitu: Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri kerakyatan,Kesejahteraan sosial.

Rumusan dari Bungkarno. Rumusan ini sebenarnya merupakan tanggapan tas permintaan dari Radjiman Widyadinngrat selaku ketua Badan Penyelidik. Bahwa penyelidik untuk menemukan, mendiskusikan danmmerumuskan dasar kefilsafatan dari pada indonesia merdeka. Sehingga rumusan bung karno adalh: Nasionalisme atau kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau peri kemanusiaan, mufakat atau demokrasi, kesejahteraan sosial, ketuhanan yang maha esa.

Kemudian bung karno mengusulkan alternatif yaitu pancasila dapat diringkas menjadi TRI SILA dengan memadukan sila pertama dan sila kedua menjadi sosio nasionalisme, sementara sila ketiga dan keempat menjadi sosio demokrasi dan ketuhana yang maha esa. Kalau sidang menghendki dapat diperas lagi menjadi EK SILA yaitu intisarinya adalah Gotong Royong sesuatu yang menimbulkan kebingunagn banyak orang karena Nilai Ketuhanan yang maha Esa tak tahu dimana rimbanya.

Rumusan Piagam Jakarta / jakarta Carter.segera setelah sidang pertama selesai berakhit, 38 anggota melnjutkan pertemuan, dan akhirnya membentuk panitia keci yang terdiri dari sembilan orang kemuadian disebut panitia sembilan.yang bertugas untuk merumuskan ide dasar dengan bahan-bahan yang dirumuskan dalam sidang BPUPKI pertama.

Sembilan tokoh tersebut secara representatif dapat mewakili kedua golongan tadi. Dari golongan nasionalis, yaitu Bung hatta, Mohammad Yamin,Ahmad Subardjo dan A.A. maramis sedangkan empat orang dari kalangan islam, yituH. Agus Salim, Abi Kusumo Tjokrosujoso. KH. Kahar muzakir (tokoh muhammadiyah)dan KH. Wahid Hasyim. (Tokoh NU).kedelapan ini dipimpin oleh bung karno sebagai nara sumber.

Dalam sidang ini mereka betul-betul menunjukkan sebagai seorang negarawan yang sangat demokratis. Akhirnya munculah rumusan yang lebih dikenal dengan piagam jakarta/jkarta carter. Yang isi rumusannya adalah sebagai berikut:

Ketuhanan dengan kewjiban menjalankn syriat Islam bgi pemeluk-pemeluknya. Kemanusiaan yang adil dan beradap Perstuan Indonesia Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratn perwakilan. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dalam sida