Manado Post Rabu 20 Maret 2013

download Manado Post Rabu 20 Maret 2013

of 43

  • date post

    24-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    224
  • download

    6

Embed Size (px)

description

12.000 Pejabat di Sulut Terancam

Transcript of Manado Post Rabu 20 Maret 2013

  • Editor: Filip Kapantow

    TOMOHON- Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak akhirnya terpilih secara aklamasi, menjadi ketua Partai Golkar (PG) Kota Tomohon, saat musyawarah daerah luar biasa (Musdalub) di Fides Sport Club, Selasa (19/3), kemarin. Ya, sebanyak tujuh suara mencakup lima ketua kecamatan PG se-Tomohon, satu perwakilan

    Bayangan masuk ke istana presiden hampir selalu sulit. Tidak begitu di Palais de l'Elysee,

    Istana Presiden Perancis.

    Laporan Suhendro BoromaParis, Perancis

    DARI luar tampak angker. Pagar kokoh setinggi 3 meter mengelilingi. Pos-pos jaga ada di setiap jarak 10 meter. Tentara elit berseragam lengkap siap 24 jam. Puluhan bus parkir di jalanan berisi ratusan tentara siap bergerak dalam hitungan detik.

    Suasana itu rutin, standar di Palais de lElysee. Istana Presiden

    Perancis yang populer dengan sebutan Istana Elysee. Terletak di jantung kota Paris. Di depan jalan lebar yang menghubungkan Place de la Concorde dan Arc de Triomphe, gapura di Champs Elysees. Alamat resminya di 55 Rue du Faubourg Saint-Honore 75008 Paris.

    R A B U , 2 0 M A R E T 2 0 1 3 ECERAN: Rp4000,-EDISI NO: 7978

    ARTIS

    DPR RI

    Jauhkan PNS Dari Politisasi

    BirokrasiSETELAH otonomi daerah

    (Otda) bergulir awal 2000, bukan rahasia lagi usai pelantikan kepala daerah, para pejabat tak tenang. Hantu mutasi, bahkan non job, membayang.

    Fenomena yang terjadi sejak Otda itu dan salah dipersepsikan pimpinan daerah di republik ini, mengakibatkan seseorang memegang jabatan lebih kental nuansa like and dislike ketimbang penilaian kapabilitas personal. Ma-kanya, jangan heran ada orang yang sudah layak dan memenuhi syarat: pendidikan, pangkat/golongan, dan Diklat kepemimpinan, hanya terputar-putar di jabatan eselon IV atau eselon III. Masih untung kalau pegang jabatan, ada yang malah hanya staf. Bertahun-tahun bahkan puluh tahun, sampai pensiun.

    Sebelum Otda, nampak sekali karir birokrat berjalan sesuai kemampuan pribadi. Transfer pejabat dari provinsi ke kabupaten/kota, atau yang berprestasi di kabupaten/kota dipromosi ke provinsi sering terjadi. Belakangan ini, pejabat di provinsi, dan juga kabupaten/kota tidak ada yang ditransfer ke pusat. Sulut sangat-sangat minim mengirim pejabat daerahnya ke pusat dibanding daerah lain, seperti Sulsel. Pejabat daerah, jangankan ke pusat, ke provinsi saja mereka enggan. Tidak heran, pejabat di kabupaten/kota lebih banyak karirnya mentok di daerah itu.

    Inilah yang salah. Akhirnya yang terjadi adalah politisasi birokrasi. Tidak heran, di pemilihan kepala daerah pejabat dan PNS menjadi tim sukses. Setelah sang jagoan terpilih, mereka memegang jabatan. Kasihan birokrat profesional yang menjaga netralitas. Ada yang harus kehilangan jabatan gara-gara tidak menjadi tim sukses.

    Reformasi birokrasi lewat aturan baru yang sedang digodok, RUU Aparatur Sipil Negara (ASN), akan menjadi satu solusi menghindarkan politisasi birokrasi. Paling konkrit, seluruh kepala daerah harus segera meninggalkan praktik mempolitisasi PNS demi kepentingan politik. Ingat, ada lima Pilkada di Sulut pada 2013 ini. Mitra, Bolmut, Sitaro, Kotamobagu, dan Talaud. Semua incumbent maju. (***)

    Baca SIMPEL... Hal: 11

    Baca SULUT... Hal: 11

    Baca TIGA... Hal: 11

    Baca 12.000... Hal: 11

    Baca SARUNDAJANG... Hal: 11Baca EMAN... Hal: 11

    Baca PAUS... Hal: 11

    Baca TIKET... Hal: 11

    Baca AWARD... Hal: 11

    3,5 Jam di Istana Presiden Perancis

    Simpel, Presiden Jamu Tamu bak Sahabat

    Istimewa

    RAMAH: Presiden Perancis Francois Hollande ramah menjamu tamunya. Dari kiri ke kanan, Direktur Teknik Romdani Adang, GM Sales & Marketing Rudy Lumengkewas, Direktur Umum Edward Sirait, Presiden Hollande, Costumer Service Manager Lexi Malowa, Sekretaris Peru-sahaan Ade Simanjuntak, wartawan koran ini Suhendro Boroma, dan Manajer Kru Pesawat Capt Sogi Prakoso di Palais de lElyse, Istana Presiden Perancis, Senin (18/3) lalu.

    DONASI ANDA UNTUK KORBAN BANJIR DAN

    TANAH LONGSOR DAPAT DITRANSFER MELA-

    LUI REKENING DI BANK BRI DAN MANADO POST

    PEDULI BENCANA UNTUK MANADO. NOMOR

    REKENING 0054 01 089909 503 ATAU ANTAR

    LANGSUNG KE MANADO POST CENTER, RUKO

    MANTOS BLOK D 14/15, TERIMA KASIH

    SALDO KEMARIN Rp 59.055.013,-

    116. PINGKAN IVONE Rp 250.000,-

    SALDO TERAKHIR Rp 59.305.013,-

    MANADO POST-BRI PEDULI

    Editor: Tommy WaworundengPeliput: Tim MP

    JAKARTA Pemerintah pusat sudah memastikan akan membuka penerimaan jalur umum tahun ini. Kementerian Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) menunggu usulan formasi riil dari daerah

    Sulut Usulkan 3.000-an Formasi CPNS

    Paus Sapa Umat Katolik Indonesia

    Editor: Budi SiswantoPeliput: Lucky Mamahit/

    Martha Pasla

    MANADOUniversitas Sam Ratulangi (Unsrat) bersama Ke-menterian Luar Negeri (Kemenlu)

    menggelar seminar nasional bertema Penguatan Potensi Daerah dalam Pelaksanaan Diplomasi Publik In-donesia. Kegiatan itu dilangsung-kan di Aula Lantai IV Rektorat

    Sarundajang Bagi Ilmu di Unsrat

    SEMINAR: Gubernur didampingi Donald Rumokoy (ke dua dari kanan) saat membawakan materi dalam diskusi di Unsrat, Selasa (19/3) kemarin.

    Editor: Tommy Waworundeng

    VATIKAN-Langit di atas Roma nampak biru sempurna hari Selasa (19/3) saat Paus Fransiskus berkeliling di Lapangan Santo Petrus dengan naik kendaraan Vatikan untuk menyambut khalayak ramai yang berkumpul di sana untuk menghormatinya.

    Paus Fransiskus menyapa lang-sung umat usai upacara pentahbisan-nya sebagai Paus dalam Misa Resmi di Vatikan. Tak terkecuali, Paus

    juga memberkati umat Katolik dari Indonesia yang datang langsung ke Vatikan untuk mengikuti misa pentahbisan tersebut.

    Ribuan umat yang hadir juga melambai-lambaikan spanduk yang mengungkapkan dukungan pada pemimpin baru gereja mereka. Paus baru tersebut berhenti beberapa kali untuk memberkati anak-anak kecil dan pada satu kesempatan memberkati seorang

    12.000 Pejabat di Sulut

    Terancam

    dailymail online

    BERKATI INDONESIA: Paus Fransiskus saat menyapa umat Katolik asal Indonesia yang membawa bendera merah putih dan bertuliskan Indonesia di lapangan Santo Petrus, kemarin.

    Bakal Digusur Setelah ASN Berlaku

    Editor: Bahtin RazakPeliput: Tim MP

    JAKARTA Meski menuai protes, pemerintah pusat terus menggodok Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (RUU

    ASN). Kabar terakhir, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) siap melakukan pembahasan RUU dengan DPR.

    Kalau bisa dilaksanakan dalam masa sidang pertama, sehingga pada bulan April 2013 nanti dapat disahkan, ujar Wakil MenPAN-RB Eko Prasojo, di Jakarta. Menurut Prasojo, saat ini pembahasan di tingkat pemerintah

    Tiket Senayan Setara 204 Ribu

    Editor: Idham MalewaPeliput: Angel Rumeen

    PENYUSUTAN partai politik (Parpol) peserta pemilihan umum (Pemilu) dari 38 menjadi 11 parpol, bukan jaminan calon legislatif ke DPR RI mudah meraih bilangan pembagi pemilih (BPP).

    Menurut pengamat politik Fisip Unsrat Dr Michael Mamentu MA, di

    Editor: Stenly KowaasPeliput: Kim Tawaang

    MANADO Polda Sulut saat ini sedang menelusuri dengan intensif 12 kasus dugaan korupsi (lihat grafis). Tiga di antara 12 kasus tersebut adalah proyek dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Sulut.

    Sumber resmi Koran ini di Polda Sulut menyebutkan, hingga kini 12 kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan dan terus berproses. Kebanyakan kasus dilidik sejak tahun lalu, tapi

    Tiga Proyek Kemenpora di Sulut Dilidik

    Eman Nakoda Golkar

    Tomohon

    Jimmy Feidie Eman

    Michelle Yeoh

    Award Istimewa

    ADA yang istimewa bagi bintang film asal Malaysia, Michelle Yeoh, di ajang Penghargaan Film Asia ke-7 tahun ini. Aktris ini mendapat award ke-hormatan di tempat kariernya dimulai.

    Tahun lalu dia memer -a n k a n t o k o h Aung San Suu Kyi dalam film The Lady.

  • 01 ETALASE OK02 ekonomi dam bisnis03 ekonomi dam bisnis04-pembacamenulisss OKEEEE05 KOMBIS OK06-teropong07- politikapublika08 Adv09- Hukrim10 Mahkota11 Samb ETALASE OK12-nasionalinter13 KAPOL14 SAMBUNGAN KAPOL15 Bitung16 Talaud17-sangihe18 loker19- Sitaro20 minahasa22-mitra23 kotamobagu24- Bolmut25-bolmong26 Iklan27- Minut28-Minsel29 SPORTIVITAS30-allsport31-Healty32- Gadget33 tourism34-inspirasi35-forher36 Iklan 20 Mar 1337 Griya38- mhs39 - Jitu 20 maret 1340 Otomotif 20 Mar 1341-storia42 Show43-myschoolok44 xpresi