Majalah Mutual edisi 40 - AJB Bumiputera 1912

76
Protect Produk dalam Negeri Hadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN – MEA 2016” Laksamana Madya TNI Widodo Wakil Kepala Staff TNI Angkatan Laut Edisi 40/ 2015 MUTUAL MEMBANGUN NILAI PEMEGANG POLIS BUMIPUTERA

description

Di edisi kali ini, redaksi mendapat kesempatan berbincang dengan Laksamana Madya TNI Widodo - Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal). Simak pendapatnya terhadap Bumiputera dan berbagai tantangan ke depan khususnya menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Simak juga kontribusi Bumiputera di industri asuransi jiwa bersama OJK dan AAJI melalui berbagai edukasi dan literasi keuangan yang dilaksanakan di sejumlah daerah.

Transcript of Majalah Mutual edisi 40 - AJB Bumiputera 1912

  • Protect Produk dalam Negeri Hadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN MEA 2016

    Laksamana Madya TNI WidodoWakil Kepala Staff TNI Angkatan Laut

    Edis

    i 40/

    201

    5MUTUALMEMBANGUN NILAI PEMEGANG POLIS BUMIPUTERA

  • mutual | Edisi 40 - 20152

  • 3mutual | Edisi 39 - 2015

    Sapa

    Transformasi Teknologi untuk Pencapaian Target Pemasaran

    Indra Catarya Situmeang - Direktur Teknik & Aktuaria

    BerTekAD mencapai hasil optimal sesuai target pendapatan premi tahun 2016 sebesar rp. 7,004 Triliun, Direktorat Teknik dan Aktuaria sejak tahun 2015 telah mencanangkan 5 pilar program, meliputi Modernisasi Proses Bisnis, Pemutakhiran Data Portofolio & Cadangan, Inovasi Produk yang kompetitif, Peningkatan Integritas Laporan keuangan dan Peningkatan Layanan Stakeholders.

    Selain mendukung pencapaian target pendapatan premi, Direktorat Teknik dan Aktuaria senantiasa didorong untuk terus bekerja keras untuk mencapai kelima pilar tersebut agar proses bisnis di Bumiputera yang akan memasuki usia 104 pada tahun 2016 nanti mampu bersaing di era MeA (Masyarakat ekonomi Asia) dengan kesiapan pemasaran yang dibekali teknologi terkini. Selain itu guna mendukung keberhasilan pemasaran, peran dan fungsi seluruh anggota organisasi sangatlah penting dengan memberikan motivasi kerja kepadsa seluruh anggota organisasi.

    Menindaklanjuti hasil rapimnas 2015, Direktorat Teknik dan Aktuaria melakukan konsolidasi tanggal 8 dan 9 Desember 2015 di Marlin Suite Putri Duyung Cottage Ancol untuk menyatukan langkah menghadapi Transformasi Distribution Channel dari Branch Office System (BOS) ke General Agency System Hybrid (GASH) yang dimulai 1 Januari 2015. kemudian tanggal 27 dan 28 Desember 2015 di Hotel Bumiwiyata Depok Direktur Teknik dan Aktuaria memanggil seluruh kepala Bagian Administrasi dan keuangan kantor Wilayah untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Transformasi dari BOS ke GASH serta langkah-langkah antisipasi yang diperlukan.

    Dibidang produk, kami terus meriset dan menggali kebutuhan masyarakat untuk menciptakan produk-produk baru dan merevitalisasi produk-produk yang saat ini masih dijual / existing. Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan nilai dan manfaat optimal bagi pemegang polis dan Bumiputera.

    Untuk memenuhi kebutuhan pasar pada segmen peminat asuransi jiwa berbasis Investasi, dipenghujung tahun 2015 ini kami menambahkan manfaat rider pada Mitra BP-Link yaitu BP PDCI (Proteksi Dini Critical Illness) dan BP ACI (Additional Critical Illness) dengan fasilitas layanan konsultasi kesehatan berkelas dunia Best Doctors yang memiliki jaringan di 70 negara.

    Selain peluncuran rider, kami juga telah menyusun beberapa agenda besar untuk ditindaklanjuti pada tahun 2016 sesuai kesepakatan dan komitmen rapat Pimpinan Nasional (rapimnas) 2015 yang menjadi tolok ukur perubahan dan transformasi di Bumiputera.

    Di industri, kami mendukung micro insurance yang digalakkan oleh OJk (Otoritas Jasa keuangan). Micro Insurance sangat baik untuk menumbuhkan kesadaran berasuransi dan memberikan perlindungan asuransi kepada masyarakat Indonesia sampai pada lapisan ke bawah. Untuk itu, kami bersama 27 perusahaan asuransi asuransi jiwa yang tergabung dalam AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia), membentuk konsorsium Asuransi Mikro Asuransi Penuh Cinta yang disingkat SiPeci. konsorsium SiPeci ini telah diresmikan oleh Hendrisman rahim, ketua AAJI dan diketuai oleh AJB Bumiputera 1912.

    Selain produk mikro SiPeci yang diwujudkan bersama di industri asuransi jiwa, kami juga memiliki produk micro insurance, dengan nama Mitra Asri (Asuransi rakyat Indonesia). Dengan premi minimal rp 50 ribu, Mitra Asri ini dapat melindungi seluruh keluarga. Mitra Asri ini, kami luncurkan sebagai tanggung jawab kami untuk memberikan perlindungan asuransi untuk masyarakat kecil sekaligus mendukung program OJk yang saat ini tengah mensosialisasikan produk-produk mikro.

    Mencermati suksesnya program SiMolek (Mobil Literasi dan edukasi) yang telah dijalankan Bumiputera bekerjasama dengan OJk, kami terinspirasi untuk mendukung pemasaran melalui Bumiputera Mobile Office yang siap melayani masyarakat di mana saja mulai input New Business hingga pencetakan polis.

    Dalam budaya kerja, saya selalu mengedepankan keterbukaan, profesionalisme, disiplin, jujur dan kerja keras. Tak ada yang saya manjakan di Bumiputera ini, walaupun itu dari unit kerja di Direktorat yang saya pimpin. Siapa pun di Bumiputera ini harus memberikan kontribusi positif melalui bidangnya masing-masing. kerjakerja.dan kerja.kadang hingga lewat malam dan kordinasi itu masih terus berlanjut. kami membuka diri dapat dihubungi bilamana diperlukan untuk membahas pekerjaan tidak hanya pada jam kerja. tiada hentinya saya mengajak tim untuk terus memberikan

    dukungan dan bantuan agar permasalahan dapat cepat mendapat solusi.

    kami ingin segera melihat perubahannya dengan apa yang telah kami susun strateginya, memberikan kontribusi kepada perusahaan Nasional milik bangsa Indonesia agar ditengok dan dipercaya oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dan itu bisa terukur dalam naiknya peringkat AJB Bumiputera 1912 dalam 10 besar perusahan asuransi terbaik.

    Program cashless dan sistem distribusi pemasaran General Agency yang dicanangkan operasionalnya pada 2016 bertumpu pada kesiapan Teknologi Informasi. Agen salah satu ujung tombak yang memegang peranan penting menunjang keberhasilan pemasaran asuransi di mana pun di dunia ini, penting sebagai penunjang proses bisnis. Sama halnya seperti Agen, Teknologi Informasi adalah dinamika yang tak henti untuk mengembangkan industri asuransi yang sudah sangat maju dan hampir ada di setiap pergerakan bidang usaha. Sistem General Agency ini memungkin pemegang polis juga berperan aktif sebagai bagian dari pemasaran Bumiputera yang disebut Financial Consultant.

    Dengan semangat dan optimis maka dalam kesempatan ini ijinkan saya mengucapkan Selamat Hari raya Natal dan Tahun Baru 2016, menyongsong tahun 2016 dengan semangat Transformasi Teknologi Untuk Berkontribusi pada Target Perusahaan untuk Bumiputera Jaya.***

  • DAFTAR

    I S I

    Bumiputera Luncurkan Rider BP PDCI & BP ACI

    10

    Kerjasama Cash Management Bumiputera dengan Bank Mandiri

    08

    Kerjasama Bumiputera dengan Universitas Tamansiswa Padang

    28

    Penandatanganan Kerjasama Bumiputera dengan Bank Maluku Malut

    09

    Peluncuran E-Learning Bumiputera37

    Laksamana Madya TNI Widodo - WakasalProtect Produk dalam Negeri Hadapi Masyarakat

    Ekonomi ASEAN 2016

    46

    Bijak Menggunakan Media Sosial62Best Doctors, Layanan Informasi Kesehatan Berkelas Dunia

    68

    Kaleidoskop 201570

    Cabang Bumiputera Cinde, Kantor Cabang Pilihan Gubernur Sumatera Selatan

    72

    Sidang Tahunan Tahun 2015 & Sidang Luar Biasa BPA

    26

    Pagelaran Asuransi Untuk Negeri Insurance Day 2015

    16

    November 2015, Wilayah Surabaya Raih 1.807 Polis Senilai Rp. 8,6 M

    14

    Pasar Rakyat Syariah Bumiputera & OJK Kediri19

    mutual | Edisi 39 - 20154

    Kol. Inf. Maulana Ridwan (Dandim) 0201/ BS Medan Bumiputera..., Solusi Permasalahan Masyarakat

    42

  • 5mutual | Edisi 39 - 2015

    Izin TerbitNo. 742/Sk/Ditjen PPG/STT/1980 Tanggal 03 Juni 1980

    Pelindung: Direksi AJB Bumiputera 1912

    Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: Puspita Pratiwi

    Redaktur Pelaksana: Primra Fakhda

    Redaksi: Sri Musjiningsih, rangga Wisnhu, rizky Yudha Pratama, ranti katriana, Dimas, Sharah, Angga, Afra, reza, Pingkan

    Artistik/Desain Grafis: rangga Wisnhu

    Foto-foto: rangga, rizky, Dimas, Angga, reza dan PrO Bumiputera

    Distribusi: Sharah Aisyah Pratiwi

    Alamat Redaksi: Departemen komunikasi AJB Bumiputera 1912Wisma Bumiputera Lt. 19 Jl. Jend. Sudirman kav. 75 Jakarta Telp. 021- 5224565, Fax. 021- 5224566

    e-mail: [email protected]. www.bumiputera.com

    Kontributor Wilayah: Bambang Suwignyo (Medan), Iramadani Aritonang (Pematang Siantar), Udmiral (Padang), Ira Novrianti (Pekanbaru), Poppy Lubis (Palembang), Bambang Tritamtomo (Jakarta I), Abdul karim (Jakarta II), Winda Lestari (Jakarta III), Sutisna (Jakarta IV), - (Bogor), Liza Novaria (Pontianak), Arpen rustam (Bandar Lampung), Heru Triantoro (Bandung), rina Asianthik (Purwokerto), Virgani Hershinta (Semarang), Deddy Dwi kurniawan (Yogyakarta), Muhamad Nur Fathoni (Kediri), Suprayitno (Malang), Udhy Pamungkas (Surabaya), Ni Made Yuni Ari Trisna (Denpasar), Dwiatmo A.S (Balikpapan), Anwar (Makasasar), Caesilia Lehan (Kupang), Nancy kristiani Lumintang (Manado), kurniawati (Nina) (Papua)

    Dar

    i Re

    daks

    i

    Tim Redaksi

    Pemegang Polis Bumiputera dan Keluarga Bumiputera.

    kehadiran MUTUAL edisi 40/2015 di penghujung tahun 2015 ini bertepatan dengan natal dan tahun baru. Perkanankan kami mengucapkan Selamat natal dan tahun baru 2016.

    Peran aktif Bumiputera mengedukasi masyarakat juga terus bergulir. Baik melalui even-even yang digagas OJk seperti Pasar keuangan rakyat maupun Customer Gathering yang mempererat hubungan pemegang polis dengan Bumiputera.

    Mengakhiri tahun 2015 ini agenda Bumiputera terbilang padat. Seperti melakukan penandatanganan Nota kesepahaman (Mou) dengan pihak ke tiga. Mulai dari Mou dengan Bank Mandiri untuk layanan perbankan yang mengakomodir pembayaran premi (ATM, Internet Banking, Credit Card, Debit Card, mesin eDC), dan pembayaran klaim. Serta MoU dengan Bank Maluku Malut dan kerjasama dengan Universitas Tamansiswa Padang.

    Di bidang pelayanan, untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat, Bumiputera juga telah menyempurnakan layanan kepada pemegang polis dengan meluncurkan 2 (dua) manfaat tambahan (rider) yaitu BP PDCI (Proteksi Dini Critical Ilness) dan BP ACI (Addditional Critical Illness). Manfaat tambahan ini ditujukan untuk memberikan solusi atas 53 penyakit kritis yang dapat dimanfaatkan oleh pemegang polis Mitra BP Link.

    Seperti apa kedekatan Bumiputera dengan kalangan TNI dan pemegang polis? Simak penuturan Wakil kepala Satuan TNI Angkatan Laut dan komandan kodim Medan serta beberapa pemegang polis setia Bumiputera.

    Salam hangat,

    Puspita PratiwiPemimpin redaksi

  • mutual | Edisi 40 - 20156

    Ekonomi Makro & Regulasi

    Fitch Ratings : Industri Asuransi RI Akan Tumbuh Stabil di 2016

    Agen Asuransi Kena PPN, Asuransi Bisa Lebih Mahal

    1001

    Asu

    rans

    i

    Perusahaan asuransi jiwa meminta Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mempertimbangkan bebas pajak pertambahan nilai (PPN) bagi agen asuransi. Bila permintaan itu dikabulkan, penetrasi asuransi jiwa terhadap jumlah penduduk diyakini akan semakin besar. De Yong Adrian, Direktur Pemasaran PT Asuransi Jiwasraya menjelaskan, wajib pajak (WP) agen asuransi memiliki dua sisi yang berbeda.

    Satu sisi, pengenaan pajak tidak membedakan profesi apapun. Sisi lain, semangat perusahaan asuransi jiwa dan

    Otoritas Jasa keuangan (OJk) mendorong terciptanya 10 juta agen asuransi akan terkendala. Industri asuransi jiwa meminta DJP tidak mengenakan pajak pertambahan nilai (PPN) atas penghasilan yang diterima agen asuransi. Alasannya, penghasilan agen asuransi saat ini tidaklah tetap. Sebelumnya, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) berkirim surat kepada Badan kebijakan Fiskal (BkF) tentang kejelasan hal pembayaran PPN atas penerimaan komisi yang diperoleh agen asuransi. AAJI meminta agen asuransi dengan penghasilan dibawah rp 4,8 M tidak dikenakan PPN. (infovesta.com)

    Lembaga pemeringkat, Fitch ratings memprediksi, industri perasuransian di Indonesia akan tumbuh stabil pada tahun 2016. Hal ini didukung pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan membaik. Fitch memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) riil Indonesia akan meningkat menjadi 5,3% pada tahun 2016 dan 5,5% pada 2017 dari 4,8% di tahun 2015. Fitch memandang rendahnya penetrasi asuransi dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan mendukung pertumbuhan asuransi jiwa. Secara umum, investasi yang konservatif untuk mengurangi volatilitas kinerja operasional perusahaan asuransi. Beberapa inisiatif regulator mengoptimalkan kapasitas reasuransi lokal bisa memperluas skala

    operasi sektor dan meningkatkan tingkat daya saing diantara pemain domestic. Meski demikian, mengelola akumulasi risiko dan meningkatkan manajemen risiko adalah kunci memastikan pemeliharaan margin underwriting yang sehat diantara perusahaan reasuransi. Direktur eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan, pada tahun depan AAJI menargetkan pertumbuhan premi bruto di angka 20 persen. Toga menjelaskan, untuk mencapai hal tersebut diperlukan pertumbuhan jumlah tenaga pemasar, pertumbuhan asuransi mikro, kondisi pasar modal, inovasi produk dan pertumbuhan masyarakat kelas menengah. (Beritasatu.com, 7/12)

    Bentuk perjanjian baku pada polis asuransi dinilai terlalu rumit dan berbelit-belit sehingga rentan terhadap pelanggaran hak konsumen, kata David M. L. Tobing, Anggota Badan Perlindungan konsumen Nasional. kebanyakan perjanjian baku

    memuat banyak pasal yang secara detil mengatur relasi antara pelaku usaha jasa keuangan (PUJk) dan pemilik polis tetapi kondisi ini justru memungkinkan hadirnya kontradiksi diantara sejumlah pasal yang tercantum pada polis. klausula

    baku merupakan salah satu aspek yang diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa keuangan (OJk) No. 1/POJk.07/2013 tentang Perlindungan konsumen Jasa keuangan dan Surat edaran OJk No. 12/Se.OJk.07/2014 tentang Perjanjian Baku.

    Apabila konsumen menemukan ketidakjelasan, PUJk wajib memberikan penjelasan atas istilah, frasa, kalimat maupun symbol, diagram dan tanda yang belum dipahami konsumen. Permasalahan sulitnya melakukan klaim asuransi masih menjadi permasalahan yang dilaporkan konsumen di industri asuransi kepada otoritas. (Bisnis Indonesia, 8/12, hal. 22)

  • mutual | Edisi 40 - 2015 7

    Inte

    raks

    iIn

    tera

    ksi

    Mencapai Pelayanan Excellent

    SeLAIN memiliki produk yang mampu bersaing di pasaran, sebuah perusahaan penyedia barang atau jasa harus memiliki pelayanan yang baik. kepuasaan pelanggan atau customer dapat diukur dan dilihat dari seberapa baik mereka terlayani. kesetiaan nasabah pun akan meningkat bilamana kepercayaan mereka dapat terus dijaga.

    CS atau lebih familiar disebut sebagai customer service merupakan orang yang paling pertama dijumpai ketika seorang pelanggan sedang terkait masalah. Posisi ini selalu dijadikan sebagai palang pintu untuk beragam keluhan sebelum akhirnya dilakukan eskalasi ke unit kerja terkait.

    AJB Bumiputera 1912 sebagai perusahaan yang berhasil mengukuhkan posisinya di industri asuransi selama 103 tahun, harus dapat memberikan pelayanan kepada pemegang polis dengan sebaik-baiknya. Jika merujuk pada syarat umum polis maka pemegang polis adalah sebagai pemilik perusahaan, sudah sepantasnya mereka mendapatkan layanan yang excellent.

    Perbaikan dalam kualitas dan manfaat produk asuransi, serta memberikan value for money yang lebih untuk pelanggan dibanding perusahaan asuransi lain adalah satu aspek yang mendorong tercapainya pelayanan excellent.

    Dikutip dari majalah SWA bahwa ada lima paradigma kepuasan pelanggan, yaitu :

    1. DinamisIa bergerak mengikuti proses bisnis yang dijalankan. Apakah menjual produk/jasa, masing-masing memiliki tingkat krusial yang berbeda.

    2. Multi DimensiSeorang konsumen tidak hanya menilai satu aspek, dimensi, atau karakter barang/jasa yang dia konsumsi. Ia akan mengevaluasi banyak hal untuk mencapai sebuah kepuasan.

    3. Absurdkarena tidak ada yang mutlak bagi konsumen untuk mendapatkan kepuasan. Bahkan dalam beberapa kasus, yang diinginkan konsumen semakin irasional.

    4. Mengandung ExperienceArtinya, ketika konsumen berada dalam panggung perusahaan, maka pelayanan itu menimbulkan experience yang berbeda dan sangat mengesankan.

    5. Sangat MahalIa melahirkan loyalitas pelanggan. Suatu hal yang tidak ternilai harganya, karena menjadi kunci utama keberhasilan merk/produk.

    Pemegang polis merupakan aset yang harus dipelihara. Bukan hanya ketika saat penutupan asuransi, namun setelah menjadi Pemegang Polis pun ikatan kekeluargaan dengan mereka harusnya makin erat. Apalagi Bumiputera selama ini berkembang dengan kekuatan mitra kerja dan menjunjung tinggi mutualisme.

    Bumiputera tengah gencar menerapkan program cashless untuk transaksi pembayaran premi maupun pembayaran manfaat klaim. Hal ini sangat perlu

    disosialisasikan secara merata baik kepada kantor operasional maupun Pemegang Polis. konsisten dan komitmen dari pihak-pihak terkait akan turut mendukung keberhasilan program ini. Produk asuransinya boleh konvensional, namun pelayanan harus bergerak lebih modern dan fleksibel.***Dimas

  • mutual | Edisi 40 - 20158

    Kerjasama Cash Management Bumiputera dan Bank Mandiri

    Peri

    stiw

    a

    Bumiputera On Media

    AJB BUMIPUTerA 1912 bekerjasama dengan Bank Mandiri dalam melayani transaksi pembayaran guna meningkatkan efisiensi operasional Perusahaan. Penandatangan Nota kesepahaman kerjasama dilakukan oleh Ichsan M Nathin, Direktur Investasi dan keuangan Bumiputera dan Pahala N. Mansury, Direktur Treasury & Markets Bank Mandiri berlokasi di kantor Pusat Bank Mandiri Jakarta pada 30 November 2015.

    Melalui kerjasama ini, Bank Mandiri akan menyediakan layanan cash management berupa fitur mandiri Autodebit, e-cash, EDC dan Mandiri Money Transfer System untuk memudahkan pemegang polis dalam melakukan pembayaran premi polis ataupun proses pembayaran klaim Bumiputera. kerjasama ini akan melengkapi layanan pembayaran polis asuransi yang telah digunakan, melalui fitur Mandiri Bill Collection dengan menggunakan jaringan ATM dan Internet Banking.

    Industri asuransi memang salah satu industri yang memiliki potensi market besar dari premi yang dikumpulkan dan tentunya kedepan masyarakat akan semakin sadar akan produk asuransi. Asuransi merupakan produk yang semakin lama banyak digunakan bahkan kalau di negara-negara berkembang ukuran porsinya antara perbankan dengan ukuran penggunaan asuransi sudah dekat, semoga kedepan akan dapat diterapkan di Indonesia. Bumiputera adalah perusahaan yang tertua dan branding-nya pun di Indonesia sudah

    terkenal, tentunya kita pihak Bank Mandiri sangat gembira sekali dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman ini dan berharap kedepannya akan explore produk bersamasama, bukan hanya collections dari pembayaranpembayaran pemegang polis saja tapi juga kegiatan transaksional banking lainnya sehingga diharapkan bisa membantu pengelolaan dan mengurangi transaksi cash di Bumiputera, seperti misalnya mengenai layanan e-cash, merupakan salah satu transaksi layanan yang bisa dikembangkan di Bumiputera untuk solusi penggunaan transaksi yang sifatnya cash menjadi sesuatu yang sifatnya elektronik bukan hanya untuk nasabah yang memiliki account di Bank tapi juga untuk nasabahnasabah potensial yang belum memiliki rekening perbankan dengan kemudahan aplikasi yang dapat diunduh melalui Google Play, Appstore, Blackberry Appworld, kita berharap dengan adanya solusi ini dapat membantu pembayaran di Bumiputera. terang Pahala N. Mansury, Direktur Treasury & Markets Bank Mandiri.

    Di sisi lain, Ichsan M. Nathin - Direktur Investasi dan keuangan Bumiputera memaparkan bahwa pada prinsipnya Bumiputera akan melakukan transformasi menjadi Perusahaan modern, salah satunya pengelolaan cash management dari penggunaan cash basic yang diterapkan akan bertransformasi dengan cara dan teknologi yang baik.

    Sebagai Perusahaan lokal yang harus menghadapi era Masyarakat ekonomi Asean

    dengan bersamasama di tahun 2016, kami berharap Bank Mandiri dapat menjadi mitra Bumiputera, dan program yang berjalan nantinya dapat dilakukan secara simbiosis mutualisme. Perubahan ini pun akan kami edukasi dan sosialisasi terlebih dahulu secara bertahap di Bumiputera seluruh Indonesia. Pungkasnya.***Dhila

  • mutual | Edisi 40 - 2015 9

    Kerjasama Penjaminan Kredit Nasabah Bumiputera & Bank Maluku Malut

    Peri

    stiw

    a

    AJB BUMIPUTerA 1912 pada hari kamis, 12 November 2015 melakukan penandatangan Perjanjian kerjasama (PkS) Penjaminan kredit para debitur dengan PT Bank Maluku Malut. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Bumiputera, Ahmad Fauzie Darwis bersama Direktur Pemasaran PT Bank Maluku Malut, Aletha da Costa disaksikan oleh perwakilan dari kedua perusahaan di kantor Pusat AJB Bumiputera 1912, Jalan Jenderal Sudirman, kavling 75, Jakarta Pusat.

    kami berterima kasih terhadap Bank Maluku Malut atas kepercayaannya terhadap Bumiputera dalam penjaminan kredit nasabah. Semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat sebaik-baiknya kepada Bumiputera dan Bank Maluku Malut, ujar Ahmad Fauzie Darwis, Direktur Utama Bumiputera.

    Penandatanganan kerjasama ini merupakan komitmen bersama antara Bumiputera dan Bank Maluku Malut dalam meningkatkan kinerja realisasi kredit oleh Bank Maluku Malut sekaligus memberikan proteksi kepada debitur melalui asuransi kredit Bumiputera. Peningkatan kerjasama ini diharapkan dapat lebih dirasakan oleh masyarakat terutama Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam memanfaatkan produk-produk kredit/pembiayaan yang diberikan oleh Bank Maluku Malut, serta meningkatkan penetrasi pasar asuransi Bumiputera di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

    Dengan terjalinnya kerjasama strategis ini, memberikan kepastian dalam mengatasi masalah sekaligus juga meminimalisir risiko dalam memberikan penjaminan kredit kepada debitur kami, ujar Aletha da Costa, Direktur Pemasaran Bank Maluku Malut.*** Angga

  • mutual | Edisi 40 - 201510

    DI TeNGAH persaingan industri asuransi yang semakin kompetitif, Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 terus menunjukkan eksistensinya di industri asuransi jiwa nasional dengan terus berinovasi menghadirkan produk baru. Bertempat di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Bumiputera meluncurkan produk baru yaitu BP PDCI (Bumiputera Proteksi Dini Critical Illness) dan BP ACI (Bumiputera Additional Critical Illness) sebagai manfaat tambahan (rider) dari produk Mitra BP-Link.

    BP PDCI dan BP ACI memiliki manfaat yang sama. Perbedaannya BP PDCI memberikan manfaat asuransi sesuai dengan stadium penyakit kritis yang diderita seseorang, sedang BP ACI memberi manfaat asuransi bila seseorang menderita penyakit kritis pada stadium lanjut,ujar Ahmad Fauzie Darwis, Direktur Utama Bumiputera.

    Tertanggung rider BP PDCI dapat mengambil sebagian uang pertanggungan diawal sesuai stadium dan kondisi

    Perkenalkan Best Doctors di Indonesia Bumiputera Luncurkan Rider BP PDCI dan BP ACI

    penyakit yang dideritanya. Tujuannya agar tertanggung dapat melakukan pengobatan hingga penyakitnya sembuh atau tidak bertambah parah. Sedangkan tertanggung yang memiliki rider BP ACI, uang pertanggungan akan diberikan kalau tertanggung terdiagnosis menderita penyakit kronis. Tertanggung yang memiliki rider BP PDCI dan BP ACI berhak juga mendapatkan pelayanan Best Doctors berupa konsultasi penyakit ke dokter spesialis terbaik di dunia secara gratis melalui telepon ataupun e-mail. Hal ini sesuai dengan tujuan pembuatan manfaat rider yaitu agar tertanggung tahu tentang penyakitnya dan dapat berobat dengan tepat.

    Di Indonesia, akses layanan Best Doctors untuk pertama kalinya digunakan oleh Bumiputera. Melalui produk BP PDCI dan BP ACI kami berharap menjadi pionir pelayanan Best Doctors di Tanah Air, ujar Ahmad Fauzie Darwis menambahkan.

    Peri

    stiw

    a

    Sebagai Mitra dari Bumiputera di Indonesia, Best Doctors akan memberikan layanan konsultasi dengan paramedis di seluruh dunia yang terdaftar dalam Best Doctors. Layanan tersedia gratis untuk tertanggung, pasangan tertanggung dan anak tertanggung untuk segala kondisi medis. Layanan meliputi Interconsultation, Ask The Expert dan Ask The Best Doctors.***Angga

  • mutual | Edisi 40 - 2015 11

    Peri

    stiw

    a

    David Wright Head of Life Product Development Munich re

    Daniel Hutahaeanregional Manager Southeast Asia Munich re

    Suharsono Pemegang Polis

    Indra Catarya Situmeang Puspita Pratiwi

    Ahmad Fauzie Darwis

    Bumiputera On Media

  • mutual | Edisi 40 - 201512

    MeNINDAkLANJUTI pertemuan AJB Bumiputera 1912 dengan Wakil Gubernur DkI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat pada 29 Oktober 2015, kantor Wilayah Bumiputera Jakarta II melakukan sosialisasi Mitra Asri di jajaran Pemprov. DkI Jakarta. Sosialisasi Mitra Asri yang digelar di kantor Pemprov. DkI Jakarta pada 11 November 2015, dipimpin oleh kepala Wilayah Jakarta II, Taufik rahman Yudi didampingi kabag. Pemasaran Jakarta II - Tatag Suryanadi, kepala Cabang Pondok Indah - Agung Supriyanto, dan Agenyu Manager (AM) Pondok Indah Maria Sri Suwarsi. Sementara dari Pemprov. DkI Jakarta, dihadiri oleh Asisten Perekonomian Fanky Mangatas P. MM, kepala Biro Perekonomian Adi Ariantara, Ismarian kabag. HPTk Biro Perekonomian dan beberapa pejabat lainnya.

    Dalam pertemuan tersebut, Taufik rahman Yudi menyatakan ucapan terima kasih kepada jajaran Pemprov. DkI jakarta karena telah diberi kesempatan kepada Bumiputera untuk memperkenalkan produk Bumiputera, Mitra Asri sebagai asuransi mikro yang dapat melindungi seluruh anggota keluarga.

    Fanky Mangatas Asisten Perekonomian mengapresiasi Bumiputera dan menilai program Mitra Asri yang ditawarkan oleh Bumiputera sangat cocok dan melengkapi dengan program kesejahteraan Pemprov. DkI Jakarta. Memang kita sedang galak-galaknya memberikan kepada orang yang menjadi tanggung jawab pemerintah. Seperti rumah susun, kJP, BPJS, dsb. Dan memang program asuransi untuk keluarga

    Sosialisasi Asuransi di Pemprov. DKI Jakarta

    ini yang belum. Semoga ini nantinya dapat melengkapi kesejahteraan masyarakat.

    Selain untuk masyarakat umum, program Mitra Asri ini juga tak menutup kemungkinan untuk meng-cover seluruh pegawai pemprov. Dalam pertemuan ini, menurut etty A yang mewakili Badan kepegawaian Daerah (BkD) menyebutkan jumlah PNS DkI Jakarta tercatat berjumlah 72.000. Menurutnya, seluruh PNS DkI Jakarta akan memiliki Jaminan kecelakaan kerja (Jkk) dan Jaminan kematian (JkM) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 70/2015.

    etty A menjelaskan sebelum berlakunya PP No. 70 /2015 ini, PNS DkI memiliki jaminan serupa yang diatur dalam Pergub (Peraturan Gubernur). Berbeda dengan PP No.70/2015, dalam Pergub tersebut, jaminan tak hanya terbatas untuk PNS, namun keluarga PNS juga diberikan jaminan itu., lanjut etty.

    Dengan adanya program Mitra Asri yang ditawarkan oleh Bumiputera, BkD juga menilai cocok untuk melindungi keluarga PNS DkI Jakarta. Namun, keputusan tersebut merupakan wewenang Gubernur DkI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dipanggil, Ahok.

    Dalam sosialisasi ini, Tatag S., menjelaskan ada 2 pilihan paket yaitu paket A dan B. Untuk paket A, besar santunan / manfaat sama untuk setiap seluruh anggota keluarga, dan paket B, besar santunan besarnya proporsional antar anggota keluarga. Syaratnya pun sangat mudah hanya dengan melampirkan copy tanda pengenal seperti kTP / SIM dan kartu keluarga.

    Di akhir sosialisasi, Taufik rahman Yudi menyampaikan, melalui Mitra Asri ini adalah sebuah wujud komitmen Bumiputera untuk memperluas perlindungan bagi masyarakat menengah ke bawah dibuktikan melalui asuransi jiwa Mitra Asri.***rangga

    kantor Wilayah Jakarta II

    Peri

    stiw

    a

  • mutual | Edisi 40 - 2015 13

    kantor Wilayah Surabaya

    Penyerahan Klaim Meninggal alm. Andri Wijaya Poo Korban Kecelakaan Air Asia Surabaya - Singapore

    Peri

    stiw

    a

    PeSAWAT Air Asia QZ 8501 rute Surabaya Singapura yang mengangkut 162 penumpang dan awak, jatuh di Selat karimata kalimantan Tengah pada beberapa waktu lalu. Dari hasil identifikasi, ada 2 pemegang polis Bumiputera yang menjadi korban musibah tersebut. Yaitu Andri Wijaya Poo terdaftar di kC (kantor Cabang) Sidoarjo Waru dan The Meiji Tejakusuma di kC. Wonokromo Surabaya.

    Klaim Meninggal an. Andri Wijaya

    Menumpang Air Asia tujuan Surabaya Singapura, saat itu Andri Wijaya Poo bersama sang istri, Merry hendak berlibur tahun baru ke Singapura. Namun Tuhan mentakdirkan lain, Andri bersama sang istri turut menjadi korban kecelakaan Air Asia.

    Almarhum Andri Wijaya tercatat sebagai pemegang polis Bumiputera dengan produk Aneka Guna Prima. Manfaat klaim meninggal atas namanya telah ditransfer ke rekening ibunda Andri Wijaya Poo yaitu Woeng Dahlya Helen. Bukti transfer manfaat klaim tersebut diserahkan oleh edy Handoko, kepala Cabang Sidoarjo Waru kepada ibu almarhum Andri Wijaya Poo pada 24 November 2015 di kediaman Ibu Almarhum.

    Membuka kantor hukum sendiri, Andri Wijaya SH, MH & Associates, almarhum tercatat sebagai alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya, lulusan tahun 1996. Menurut sang ibu, Dahlya Helen mengenang anaknya, sebagai seorang yang santun dan memiliki tanggung jawab tinggi terhadap keluarganya, salah satunya dengan berasuransi.

    Klaim meninggal an. The Meiji Tejakusuma

    kisah sedih yang juga tak kalah mengharukan dari korban Air Asia ini adalah The Meiji Tejakusuma - pemegang polis Bumiputera yang tercatat di kantor Cabang Wonokromo Surabaya.

    Almarhumah meninggal bersama Ibunda - Jo Indri dan suami - Jie Charly Gunawan serta ketiga anaknya - Jie Stephanie Gunawan, Jie Steven Gunawan, Jie Stevie Gunawan, serta Christanto Leoma Hutama, kekasih Stephanie atau calon menantu Meiji dengan total rombongan sebanyak 7 orang di pesawat Air Asia QZ 8501 rute Surabaya Singapura.

    Manfaat klaim meninggal dari produk Bumiputera, Seumur Hidup Prima atas nama The Meiji Tejakusuma telah ditransfer ke rekening yang telah disepakati bersama oleh pihak suami (Jie Charly Gunawan) dan pihak istri (The Meiji Tejakusuma) pada 16 Oktober 2015.

    The Meiji Tejakusuma adalah seorang pengusaha pakaian dengan memegang merk pakaian Planet One. Sebanyak 17 outlet / toko fashion yang dimiliki The Meiji di Surabaya dan beberapa di kediri. The Meiji Tejakusuma adalah pemegang polis Bumiputera sejak tahun 1997. Selain kiprahnya dalam dunia bisnis, Meiji memiliki kesadaran terhadap asuransi yang sangat tinggi. Semasa hidupnya, The Meiji selalu merekomendasikan asuransi kepada keluarga besarnya hingga seluruhnya bergabung di Bumiputera.

    kepala Wilayah Surabaya, Laimin, mewakili Direksi dan seluruh karyawan Bumiputera menyampaikan duka cita atas musibah yang menimpa keluarga penumpang Air Asia QZ 8501. Terima kasih atas kepercayaan seluruh pemegang Polis. Bumiputera siap membayarkan kewajiban klaim meninggal atas nama pemegang polis Bumiputera yang menjadi korban kecelakaan tersebut., ujar Laimin. ***Udhy P - Pro Surabaya.

    Keluarga The Meiji Tejakusumakika: Kacab. Sidoarjo Waru serahkan berkas klaim kepada Ibunda Alm. Andry Gunawan

    Alm. Merry & Andri Wijaya Poo

  • mutual | Edisi 40 - 201514

    Peri

    stiw

    a

    MASIH hangat berita MUTUAL edisi lalu tentang Corporate Social Responsibility (CSr) di Surabaya. Dalam CSr tersebut Bumiputera bekerja sama dengan Pemerintah kota Surabaya dalam pembangunan 3 fasilitas umum di Surabaya dengan total nilai sebesar rp. 32.7 Miliar.

    Bagi Wilayah Surabaya sendiri, berita tersebut membawa hasil yang positif dan peningkatan yang signifikan pada perolehan bisnis yang diraih melalui kegiatan customer gathering. Masyarakat Surabaya makin percaya dan makin yakin untuk menaruh dananya di Bumiputera yang tahun depan genap berusia 104 tahun. Hal ini tergambar dari raihan SP dan Premi Pertama yang dihasilkan pada bulan November 2015.

    kepala Wilayah Surabaya, Laimin menjelaskan bahwa presentasi tentang kerjasama CSr Bumiputera dengan Pemerintah kota Surabaya yang direncanakan akan terealisasi di tahun 2016 menjadi bahasan utama yang sangat tepat dan pas untuk disampaikan dalam setiap kegiatan customer gathering.

    Mira Faricha Wati, kepala Bagian Pemasaran kantor Wilayah Surabaya pada November ini, Surabaya berhasil meraih total 1.807 Polis senilai rp. 8.6 Milyar.

    Customer gathering Wilayah Surabaya bagi calon pemegang polis kantor Cabang seputar Metro Surabaya secara rutin diselenggarakan di Mahameru resto Jl. Diponegoro Surabaya. Pada sesi customer gathering tanggal 21 Oktober 2015 turut

    November 2015, Wilayah Surabaya Raih 1.807 Polis senilai Rp 8,6 Milyar

    hadir pula salah seorang pemegang polis yang kebetulan sedang mencalonkan diri sebagai calon Walikota Surabaya yaitu Drs. rasiyo, M.Si, yang lebih dikenal masyarakat Surabaya selaku eks-Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur dan pernah menjabat sebagai kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. kehadirannya bukan dalam rangka berkampanye namun turut hadir memberikan testimoni dan pengalaman selama menjadi pemegang polis, sekaligus berkesempatan menyumbangkan sebuah lagu.

    Di bulan Desember 2015 kantor Wilayah Surabaya optimis dan yakin dengan CSr Bumiputera hasil customer gathering baik

    kantor Wilayah Surabaya

    SP maupun PP dari BPMaxi dan Mitra BPLink dapat lebih meningkat lagi. Selamat dan Sukses. ***Udhy P PrO Surabaya

    Laimin - Kepala Wilayah Surabaya

  • mutual | Edisi 40 - 2015 15

    Bumiputera Lindungi 4.000 Kepala Keluarga Kabupaten Kolaka Timur

    kantor Wilayah Makassar

    LAPANGAN Golf Paddy Valley Makassar menjadi saksi penandatanganan MoU antara Bumiputera Wilayah Makassar dengan Pemerintah kabupaten kolaka Timur yang dilaksanakan pada hari Jumat, 27 November 2015 sebagai tindaklanjut dari Audiensi yang dilakukan pada 10 Nopember 2015 lalu terkait kerjasama proteksi terhadap 4.000 kepala keluarga masyarakat miskin di kab. kolaka Timur.

    sesuai penandatanganan MOU kesepakatan antara Bumiputera kantor Cabang Asuransi kumpulan Palembang dengan PT. Perkebunan Nasional VII.

    105 polis dari 400 karyawan yang bekerja di PTPN VII, menurutnya perlu disosialisasikan secara terus menerus mengenai manfaat asuransi kepada karyawan di lingkungan PTPN VII maupun masyarakat Betung agar dapat meningkatkan minat dan perhatian terhadap asuransi. ***Poppylubis - PrO Palembang / Dhila

    Bumiputera Lindungi 105 Karyawan & KeluargaPT. Perkebunan Nasional VII

    kantor Wilayah Palembang

    Saya mendukung program asuransi Mitra Asri untuk masyarakat di kota Betung dan karyawan PT. Perkebunan Nasional - PTPN VII Betung, Urai Daniel Solihin - Manajer PTPN VII sewaktu acara ceremony penyerahan 105 polis Bumiputera produk Mitra Asri untuk para karyawan PTPN Betung yang berlangsung pada Oktober 2015 lalu.

    PTPN VII sebagai Perusahaan yang bergerak dibidang di bidang perkebunan karet, kelapa sawit, tebu dan teh dalam menjalankan Corporate Social Responsibility - CSr melalui program kemitraan Bina Lingkungan, dana yang terealisasi sebanyak tiga kali dalam setahun kepada masyarakat Betung akan diasuransikan ke Bumiputera

    Peri

    stiw

    a

    Bumiputera Wilayah Makassar dihadiri oleh Plt. kepala Wilayah Andi Adam Azis, kepala Bagian Pemasaran Jamaluddin AS, kepala Bagian Administrasi dan keuangan Wahida serta beberapa staf Administrasi dan Pemasaran dan dari pihak Pemerintah kab. kolaka Timur dihadiri oleh Bupati kolaka Timur Anwar Sanusi, kepala Dinas Sosial Narto dan kepala Bagian Hukum Surya Hatta.

    Dalam pertemuan tersebut, Bupati kolaka Timur Anwar Sanusi sangat gembira dengan adanya kesepakatan kerjasama ini, dimana program Asuransi yang ditawarkan oleh Bumiputera kali ini sangat peduli kepada masyarakat khususnya bagi masyarakat miskin karena dapat meringankan beban keluarga apabila ditinggalkan oleh salah seorang anggota keluarganya. Anwar Sanusi juga mengatakan bahwa kerjasama ini tidak akan berhenti sampai disini saja tapi akan

    berlanjut terus-menerus. Ia juga mengatakan bahwa Program Asuransi Mitra Asri dari Bumiputera ini akan kami perjuangkan untuk masuk dalam Anggaran Pemerintah kabupaten kolaka Timur tiap tahunnya.

    Pada kesempatan yang sama Plt. kepala Wilayah Makassar Andi Adam mengaku cukup gembira dengan adanya kesepakatan kerjasama ini. Beliau sangat mengapresiasi keputusan Pemerintah kabupaten kolaka Timur untuk mempercayakan proteksi jiwa bagi masyarakat miskin di kabupaten kolaka Timur kepada Asuransi Bumiputera dan juga berharap ke depan Bumiputera kantor Wilayah Makassar dan Pemerintah kabupaten kolaka Timur terus menjalin kerjasama yang tidak terbatas

    Mungkin saat ini kita sedang melakukan kerjasama untuk perlindungan Masyarakat miskin melalui program Mitra ASrI akan tetapi apapun yang dibutuhkan untuk perlindungan asuransi lainnya, kami siap dengan semua produk-produk asuransi yang tersedia di AJB Bumiputera 1912 ujar Andi Adam Azis. ***Wawan-PrO Makassar.

    Andi Adam Azis Anwar SanusiBupati kolaka Timur

  • mutual | Edisi 40 - 201516

    begitu sadar dan mengerti bahwa asuransi adalah bagian dari manajemen resiko dalam kehidupan sehari-hari.

    Pagelaran Asuransi Untuk Negeri ini dimeriahkan oleh artis ibukota seperti Nidji, Nenek Sahita, serta Desta dan Vincent. Acara dikemas dalam bentuk mini operet yang berjudul UNTUkMU. Operet ini menampilkan testimoni yang dibalut dengan penampilan Nenek Sahita dan penari latar yang menceritakan berbagai risiko yang bisa saja terjadi didalam hidup seperti bencana alam dan kematian. Operet dikemas melalui permainan dan tarian yang dibawakan dengan penuh energi oleh penampil. Cerita dalam operet UNTUkMU terbagi dalam tiga segmen cerita seperti bencana alam, kehilangan anggota keluarga dan sekolah wajib asuransi.

    Acara ditutup dengan penampilan band Nidji yang membawakan 5 lagu andalannya seperti kau & Aku, Laskar Pelangi, Biarlah, Hapus Aku dan Disco Lazy Time yang berhasil menambah semarak puncak Insurance Day 2015 Pagelaran Asuransi Untuk Negeri. ***Angga

    Pagelaran Asuransi

    Peri

    stiw

    a

    BerTeMPAT di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, pada hari Jumat 6 November 2015 berlangsung kegiatan puncak Insurance Day 2015 Pagelaran Asuransi Untuk Negeri. Puncak kegiatan hari asuransi yang jatuh pada 18 Oktober tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan baik dari asosiasi industri asuransi, pelaku usaha asuransi dan Otoritas Jasa keuangan (OJk).

    Acara dibuka lebih dahulu dengan sambutan dari reza Luthfi selaku ketua Panitia Insurance Day 2015. Dalam sambutannya reza Luthfi menyampaikan bahwa tema hari asuransi kali ini adalah Asuransi Untuk Negeri, dan dimotori oleh Dewan Asuransi Indonesia (DAI) yang merupakan umbrella dari Asosiasi Asuransi di Indonesia dan didukung oleh berbagai asosiasi dibawah naungan DAI seperti AAUI, AAJSI, AASI, APPArINDO, APkAI dan AAJI.

    Pada kesempatan tersebut turut pula hadir ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI) dan ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Hendrisman rahim dan ketua Dewan komisioner Otoritas Jasa

    keuangan (OJk), Muliaman D Hadad. Hendrisman rahim dalam sambutannya mengharapkan dukungan OJk dalam penyelenggaraan Insurance Day ditahun mendatang guna semakin meningkatkan kesadaran berasuransi masyarakat Indonesia.

    Muliaman D. Hadad menyampaikan bahwa OJk mencatat adanya peningkatan perkembangan asuransi tanah air, hal ini menjelaskan bahwa masyarakat mulai memahami bahwa asuransi merupakan bagian manajemen resiko yang harus mereka persiapkan dalam kehidupannya, baik sebagai proteksi diri, usaha dan lain-lain.

    Di akhir sambutannya, Muliaman D. Hadad juga menyampaikan bahwa OJk akan berupaya mendorong mendorong sisi suply dan demand di dalam bisnis jasa asuransi serta meminimalisasi kerugian antar pihak, sehingga masyarakat melek asuransi yang ingin dicapai oleh industri asuransi tanah air bersama-sama dengan OJk diharapkan akan menjadi kenyataan, sehingga masyarakat

  • mutual | Edisi 40 - 2015 17

    Peri

    stiw

    a

    reza LuthfiHendrisman rahimMuliaman D. Hadad

    Desta & VincentNidji Nenek Sahita

    Untuk Negeri

  • mutual | Edisi 40 - 201518

    Peri

    stiw

    a

    PerINGATAN Insurance Day 2015 se-kota Surabaya tahun ini tidak kalah meriah dibandingkan dengan tahun lalu.

    rangkaian acara diawali dengan Donor darah pada rabu, 21 Oktober 2015 bertempat di Gedung Lantai 2 ruang Pertemuan di Graha Bumiputera Jl. raya Darmo 155-159 Surabaya. Bekerja sama dengan PMI kotamadya Surabaya, terhimpun tidak kurang 150 kantong darah sehat dari pendonor. Acara yang dimulai pukul 08.00 sd. 12.00 diikuti hampir seluruh perwakilan perusahaan asuransi baik asuransi umum maupun asuransi jiwa se-kota Surabaya.

    Acara selanjutnya adalah Talk Show di kampus dengan tema Insurance Goes to Campus pada kamis, 22 Oktober 2015. Acara tersebut bertempat di Aula kampus STIe Perbanas Surabaya dihadiri tidak kurang 300 mahasiswa. Adapun pembicara selain dari OJk, juga dari perwakilan perusahaan asuransi umum dan dari asuransi jiwa diwakili oleh kepala Wilayah Bumiputera Surabaya, Laimin, dengan materi Peluang Enterpreneurship dari bisnis asuransi.

    Pada hari itu juga di malam harinya dimulai kegiatan Lomba Futsal antar perusahaan asuransi se-Surabaya, diikuti tidak kurang 50 perusahaan. Setelah kurang lebih 2 minggu kompetisi berjalan akhirnya Tim Futsal Bumiputera keluar sebagai juara II

    Semarak Insurance Day 2015 Di Kota Surabaya

    kantor Wilayah Surabaya

    dan berhasil meraih hadiah uang sebesar 1 juta rupiah.

    Jalan Sehat dan pengundian hadiah pada minggu, 1 November 2015 menjadi puncak acara dari peringatan Insurance Day 2015 di Surabaya. Acara diselenggarakan di halaman depan asuransi umum Tugu re, bersamaan dengan kegiatan Car Free Day hari minggu pagi yang rutin diadakan di sepanjang Jalan raya Darmo Surabaya. Peserta yang hadir dari seluruh insan

    asuransi se-Surabaya didampingi segenap keluarganya, berbaur dengan ribuan pengunjung Car Free Day.

    Acara diawali dengan senam aerobik enerjik dan show binaraga dari sponsor fitness centre. Seusai sambutan-sambutan maka barisan peserta Jalan Sehat diberangkatkan secara resmi oleh ketua Panitia Insurance Day Hadi Sutopo dari MSIG Insurance didampingi pihak OJk dan segenap pimpinan perusahaan asuransi di Surabaya.

    Setelah menempuh rute jalan sehat kurang lebih 3 km, peserta dihibur dengan music electone diselingi undian doorprize dengan hadiah utama sebuah motor matic, hingga usai acara pukul 11.00. ***Udhy P. - PrO Surabaya

  • mutual | Edisi 40 - 2015 19

    Pasar Rakyat Syariah KediriBumiputera bersama OJK

    kantor Wilayah kediri

    OTOrITAS JASA keUANGAN (OJk) menyelenggarakan Pasar rakyat Syariah (PSr) untuk pertama kali di kota kediri pada 24-25 Oktober 2015. even yang melibatkan Lembaga Jasa keuangan (LJk) ini bertempat di halaman Parkir VIP kediri Town Square, ini disambut antusias oleh masyarakat kediri.

    Acara dibuka Walikota kediri, Abdullah Abu Bakar didampingi kepala OJk kediri, Bambang Hermanto dan para pimpinan Lembaga Jasa keuangan dari Perbankan, Perasuransian, BPr, Pegadaian dan Pimpinan perusahaan setempat.

    Bumiputera yang turut berpartisipasi dalam ajang PrS ini di kunjungi oleh 641 orang. Selain mendapatkan edukasi asuransi dan mengetahui produk Bumiputera, pengunjung juga diundang untuk bergabung sebagai tenaga pemasaran, agen atau Financial Consultant (FC).

    kepala OJk kediri, Bambang Hermanto dalam sambutannya mengatakan Tujuan Penyelenggaraan Pasar rakyat Syariah OJk kediri adalah untuk membangun Corporate Brand dan meningkatkan loyalitas nasabah dalam pembelian produk produk jasa keuangan syariah serta mendorong pelayanan terhadap nasabah dan produkproduk syariah

    Bumiputera Wilayah kediri menurunkan tim pemasaran untuk melakukan edukasi kepada masyarakat. Di antaranya dari

    kantor cabang kediri Metro, cabang erlangga, cabang Gambiran, cabang Asruansi kumpulan (Askum), cabang prioritas Wilis dan cabang prioritas Brantas.

    Di laporkan, Bumiputera berhasil membuku premi sebesar rp.197.180.000,- untuk 22 polis dari masyarakat yang teredukasi. ***M.Nur Fathoni - PrO kediri.

    Bambang Hermanto

    Peri

    stiw

    a

  • mutual | Edisi 40 - 201520

    Edukasi Asuransi Pelajar di KupangBumiputera bersama OJK

    kantor Wilayah kupang

    BerTeMPAT di Aula Universitas katolik Widya Mandira kupang, Otoritas Jasa keuangan Provinsi Nusa Tenggara Timur menggandeng Bumiputera 1912 kantor Wilayah kupang mengadakan kegiatan edukasi dan Sosialisasi bagi pelajar SMP dan SMA dengan tema Mengenal OJk dan industri jasa keuangan.

    Acara ini digelar Sabtu, 14 November 2015, yang dhadiri seluruh siswa/i SMP katolik St. Theresia dan SMA katolik Giovani kupang.

    kegiatan ini dikemas secara menarik dengan pemutaran video/lagu literasi keuangan, diselingi dengan sesi tanya jawab sehingga pelajar turut aktif mengikuti kegiatan dan menyimak setiap video yang diputar.

    Turut hadir dalam kegiatan ini, kepala Sekolah SMP katolik St. Theresia dan kepala Sekolah SMA katolik Giovani kupang, yang didaulat untuk memberikan sambutan di awal kegiatan.

    Pembicara OJk Provinsi NTT, I Putu eka Putra Wijaya menyampaikan tugas OJk adalah mengatur dan mengawasi kegiatan jasa keuangan sekaligus melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat. Ia juga mengajak siswa/i untuk mulai belajar menabung, Adik-adik dapat uang saku dari papa mama, jangan dihabiskan, harus ditabung! Nanti bisa nabungnya ke bank atau ke asuransi. Menabung di bank itu untuk jangka pendek karena karena setiap saat uang yang tersimpan dapat kita gunakan. kalau untuk jangka panjang, adik-adik bisa menabung di asuransi karena selain mendapat manfaat tabungan, adik-adik juga mendapat manfaat perlindungan asuransi jiwa.

    Sosialisasi dilanjutkan oleh Bumiputera yang diawali dengan pemutaran video sejarah berdirinya Bumiputera.

    kabag Non konvensional, Petrus Damianus Wio mewakili Bumiputera menyampaikan kepada pelajar, Adik-adik, Bumiputera saat ini berusia 103 tahun, itu artinya perusahaan asuransi ini sudah sangat dipercaya dan dicintai masyarakat sehingga mampu bertahan sampai saat ini. Begitupun di Nusa Tenggara Timur, tuturnya.

    Diperkenalkan juga arti pentingnya asuransi, pengenalan asuransi dan produk-produk asuransi serta risiko yang bisa dijamin/dilimpahkan kepada pihak lembaga asuransi khususnya yang dipasarkan oleh Bumiputera dengan pemutaran video dan film pendek. Para siswa juga diberikan informasi mengenai definisi resiko, asuransi, manfaat asuransi, dan cara menjadi pemegang polis. Materi disampaikan dengan bahasa yang sederhana untuk mempermudah pelajar dalam memahami materi yang diberikan.

    Pada akhir sesi para siswa diberikan pertanyaan oleh Bumiputera untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka tentang materi yang diberikan. Dari jawaban yang disampaikan menunjukan para siswa memahami setiap materi yang diberikan. Dari jawaban yang disampaikan

    menunjukan para siswa memahami setiap materi.

    Di akhir kegiatan, dilakukan penyerahan buku Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan oleh OJk Provinsi NTT kepada pihak sekolah yang diberikan kepada kepala Sekolah SMP katolik St. Theresia dan SMA katolik Giovani kupang. ***Lya Lehan

    Foto bersama para siswa yang mendapat merchandise

    Peri

    stiw

    a

  • mutual | Edisi 40 - 2015 21

    BUMIPUTerA kantor Wilayah Surabaya kembali bekerjasama dengan OJk kantor regional 3 yang membawahi Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara untuk mengadakan kegiatan literasi dan edukasi keuangan khususnya masyarakat di kota Surabaya.

    Manfaatkan SiMOLEK (Mobil Edukasi dan Literasi) OJK

    kegiatan pertama adalah peminjaman 1 (satu) unit mobil SiMOLek sebagai sarana literasi dan edukasi keuangan masyarakat pada tgl. 21 sd. 27 November 2015. Sebanyak 12 kantor baik kantor Cabang maupun kantor Cabang Prioritas se-Metro Surabaya secara bergantian sesuai jadwal yang disusun melakukan kegiatan sosialisasi ke berbagai lokasi, antara lain instansi baik pemerintahan maupun swasta seperti di Mapolda Jatim, rumah sakit, di kampus, di pusat keramaian, Car Free Day, Taman Bungkul dan lain-lain.

    Menurut Mira Faricha Wati, kepala Bagian Pemasaran Bumiputera Wilayah Surabaya, tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Bumiputera dan OJk terus menerus bersinergi dalam upaya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengetahuan keuangan khususnya asuransi. Dan hasil positif pun didapat dari kegiatan ini yaitu data pengunjung sebanyak 302 orang, 21 SPAJ/ Case, dengan Premi Pertama sebesar rp. 250 Juta, dan hasil rekrutmen calon FC sebanyak 23 orang.

    Training of The Trainers

    kegiatan kedua adalah Bumiputera diminta untuk menjadi pembicara dalam kegiatan Training of The Trainers yang diadakan di Novotel Hotel Surabaya pada Minggu, 6 Desember 2015. Acara yang bertajuk Training of Trainers : Mengenal OJk dan Industri Jasa keuangan Bagi Guru ekonomi Se-Jawa Timur ini diikuti oleh 158 guru ekomoni SMA baik negeri maupun swasta se- Jawa Timur.

    Selama lebih kurang setengah hari dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore para guru secara bergantian menerima presentasi edukasi

    Pengoperasian Simolek & Training of The Trainers Bumiputera bersama OJK

    kantor Wilayah Surabaya

    dari pembicara yang diundang oleh OJk, antara lain dari Pegadaian, Bank Umum, dan dari OJk. Bumiputera selaku narasumber dari asuransi diwakili oleh Mira Faricha Wati.

    Materi yang disampaikan adalah Pentingnya Asuransi Jiwa dan Pemaparan Produk Mitra BPLink dan BPMaxi. Seusai presentasi para guru antusias untuk mengajukan pertanyaan baik asuransi secara umum maupun tentang Bumiputera, dan bagi mereka yang beruntung berhak mendapat souvenir dari Bumiputera. ***Udhy P - Surabaya.

    Mira Faricha Wati

    Peri

    stiw

    a

  • mutual | Edisi 40 - 201522

    MeDAN Bumiputera kembali mendukung kegiatan Pasar keuangan rakyat (Pkr) yang diprakarsai oleh Otoritas Jasa keuangan (OJk). kali ini Pkr diadakan di Lapangan Benteng Medan pada 25 Oktober 2015 lalu. Bumiputera bersama 52 Lembaga Jasa keuangan (LJk) lainnya hadir mengedukasi masyarakat Medan.

    Edukasi Masyarakat MedanBumiputera bersama OJK

    kantor Wilayah Medan - Pasar keuangan rakyat 2015

    Acara dimulai dengan senam bersama. Masyarakat terlihat antusias mengikuti acara meskipun masih terlihat kabut asap di wilayah Medan.

    kepala regional 5 Sumatra OJk, Ahmad Soekro Tratmono dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari

    diadakannya Pkr ini untuk meningkatkan literasi keuangan, mengenal OJk dan Lembaga Jasa keuangan ke masyarakat, serta memperluas jaringan jasa keuangan. Beberapa sudah dilakukan di kota lain seperti Solo, Aceh, Purwokerto, Makassar, dan Surabaya.

    Pj. Walikota Medan, randiman Tarigan, berharap agar Pkr ini menjadi media promosi dan edukasi kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga tercipta kemandirian. Acara ini juga turut dihadiri Gus Irawan, Wakil ketua komisi XI DPr rI, Adnan Djuanda, koordinator Lembaga Jasa keuangan Wilayah Barat OJk, Tengku eri, Pj. Gubernur Sumatera Utara, dan Lasmaida S. Gultom, Direktur Literasi dan edukasi keuangan OJk.

    Bumiputera menempati 1 (satu) booth berukuran 5m x 5m yang bersebelahan dengan booth Bank Indonesia. Booth Bumiputera terlihat nyaman dan atraktif sehingga cukup banyak dikunjungi masyarakat. Petugas Bumiputera pun bersemangat dalam menjelaskan dan mengedukasi pengunjung. Gus Irawan juga menyempatkan berkunjung ke booth Bumiputera untuk melihat kegiatan di sana.

    Selain pameran booth dari Lembaga Jasa keuangan, diadakan juga lomba untuk anak-anak seperti Lomba mewarnai anak

    Peri

    stiw

    a

  • mutual | Edisi 40 - 2015 23

    Peri

    stiw

    a

    bersama ibu, Lomba fashion show, ranking 1 dan Lomba tari tradisional. Acara semakin meriah oleh penampilan band lokal, Band Top 40.

    Tidak ketinggalan, penyelenggaraaan edukasi melalui 3 sesi Talkshow dari berbagai bidang keuangan melengkapi acara Pkr ini. Sesi Talkshow pertama disampaikan oleh Ibu Lasmaida S. Gultom, Direktur Literasi dan edukasi keuangan OJk, Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS), dan Bank Indonesia. Sesi Talkshow kedua yang bertema Uang Diatur Hidup Jadi makmur disampaikan oleh perwakilan dari industri perbankan oleh Bank Sumut, dari industri pembiayaan oleh Sunprima, dan dari PT Pegadaian serta dipandu oleh moderator dari Bank BrI.

    Bumiputera juga dipercaya oleh OJk menjadi narasumber Talkshow yang

  • mutual | Edisi 40 - 201524

    Peri

    stiw

    a

    disampaikan oleh Primra Fakhda, kepala Bagian komunikasi Organisasi, mewakili industri asuransi yang bertema Yang resmi Yang Bagus bersama narasumber lainnya dari industri sekuritas oleh Mandiri Manajemen Investasi dan dari industri Dana Pensiun oleh DPLk BrI dengan dipandu moderator dari Bursa efek Indonesia.

    Acara diakhiri dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba kemudian ditutup dengan ucapan terima kasih oleh Ibu Lasmaida S. Gultom kepada Lembaga Jasa keuangan dan pihak lain yang ikut menyukseskan acara dan mengedukasi masyarakat Medan. ***Afra

  • mutual | Edisi 40 - 2015 25

    Peri

    stiw

    a

  • mutual | Edisi 40 - 201526

    Peri

    stiw

    a

    Sidang Tahunan Tahun 2015 &Sidang Luar Biasa BPA Bumiputera

    SALAH SATU agenda akhir tahun Bumiputera adalah Sidang Tahunan dan Sidang Luar Biasa Badan Perwakilan Anggota (BPA). Pertemuan ini dilaksanakan pada 17-18 Desember 2015 di Hotel Bumiwiyata, Depok, Jawa Barat. Anggota BPA, komisaris, serta Direksi hadir dalam sidang dengan formasi lengkap.

    Maridasmo, Wakil Menteri keuangan (anggota BPA periode 2009-2014), juga turut hadir dalam Sidang tersebut sebagai Penasehat kehormatan.

    Adapun agenda dalam Sidang Tahunan kali ini adalah Laporan Direksi atas kinerja perusahaan, Pengesahan Anggaran kerja tahun 2016, Persetujuan rencana Bisnis 2016, Laporan Pengawasan dan Pemberian Nasihat Dewan komisaris, Tindak lanjut keputusan Sidang Tahunan ke II BPA tahun 2014 dan SLB BPA 30 Juli 2015. Sedangkan Sidang Luar Biasa beragendakan Pengukuhan Direksi dan Pembentukan Panitia Pemilihan BPA.

    rangkaian sidang dibuka pada tanggal 17 Desember ditandai dengan ketuk palu oleh Chaidir selaku ketua BPA dan pimpinan sidang. Agenda dihari itu menjadi pertemuan internal BPA & makan malam.

    keesokan harinya, Sidang dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Chaidir membuka sidang dengan mempersilahkan Direksi untuk menyampaikan laporan para Direksi terkait hasil rapat dengan OJk. Setelah itu, Sidang Tahunan Tahun 2015 dimulai hingga ditangguhkan untuk menjalani ibadah sholat Jumat sekitar pukul 11.30 WIB dan dilanjutkan pukul 13.00 WIB.

    Sidang Luar Biasa dimulai sekitar pukul 14.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB. Sidang ditutup dengan pelantikan Direktur Utama Bumiputera, Ahmad Fauzie Darwis oleh BPA.***rizky/reza

    Drh. Chaidir, MBAProf. Dr. Mardiasmo, MBA., Akt.

  • mutual | Edisi 40 - 2015 27

    SALAH SATU agenda tahunan Bumiputera adalah rapat Pimpinan Nasional (rapimnas). Pertemuan ini melibatkan setiap pimpinan dari setiap Direktorat. Pimpinan unit kerja, Divisi regional, hingga pimpinan dari kedelepan anak perusahaan dan dua yayasan hadir dalam dalam rapimnas 2015 yang berlangsung selama tiga hari di Hotel Bumiwiyata, Depok, Jawa Barat. kinerja, raihan, serta target di tahun mendatang tidak luput dari pembahasan di pertemuan yang bertemakan Hari ini, masa depan kita ini.

    Hari pertama, berbagai pembahasan terkait internal perusahaan menjadi agenda utama. Semua Direktur menyampaikan penilaian terhadap unit kerja dan sektor di Direktorat masing-masing. Dari semua penilaian tersebut, kesimpulan kinerja setiap sektor dinilai dan dikelompokkan ke dalam tiga cluster. Pencapaian positif yang diraih masing-masing sektor akan dikelompokkan pada cluster hijau, sementara pencapaian yang memenuhi target akan dikelompokkan ke dalam cluster kuning. Sedangkan cluster merah diperuntukkan bagi sektor yang meraih pencapaian kurang baik.

    Hari kedua, rapimnas 2015 kedatangan tamu istimewa yaitu H. Musthofa, Bupati

    Rapat Pimpinan Nasional 2015, Hari Ini, Masa Depan Kita

    kudus (periode 2013-2018). Ia berbagi cerita serta tips kepada peserta rapimnas 2015. Topik seperti restrukturisasi & transformasi, kredit usaha produktif, serta cara berpikir out of the box menjadi bekal berguna bagi para peserta. Mustofha juga mengunjungi Mobile Office edukasi dan Pemasaran Asuransi Bumiputera. Mobil ini berguna untuk memudahkan layanan bagi para pemegang polis Bumiputera, seperti misalnya pencetakan polis secara on the spot.

    Pada hari ketiga, tanpa kehadiran Direktur kepatuhan & Pengawasan Internal, Brata Antakusuma, kelima Direksi Bumiputera melakukan pertemuan dengan para pimpinan dari anak perusahaan dan yayasan. Pertemuan dengan anak perusahaan dan yayasan dimaksudkan demi tercapainya sinergi dengan induk perusahaan. Selain Unit kerja di tiap sektor Direktorat, anak perusahaan dan yayasan juga turut menyampaikan laporan serta target untuk tahun mendatang.

    Menjelang penutupan, unit kerja SDM melakukan serah terima jabatan beberapa pejabat Bumiputera yang meraih promosi dan mutasi. rapat Pimpinan Nasional 2015 ditutup oleh Direktur Utama, Ahmad

    Fauzie Darwis dengan harapan Bumiputera menjadi lebih baik, berlandaskan pada program kerja tahun 2016 yang telah disusun masing-masing sektor di setiap Direktorat.***rizky/Dimas/reza

    H. Musthofa

    Peri

    stiw

    a

  • mutual | Edisi 40 - 201528

    Peri

    stiw

    a Kerjasama Bumiputera dengan Universitas Tamansiswa Padang

    kantor Wilayah Padang

    BerTeMPAT di Hotel Pangeran Beach, Padang, Sabtu 31 Oktober 2015 dan bersamaan dengan digelarnya Wisuda Universitas Tamansiswa ke 49, Bumiputera menandatangani Perjanjian kerjasama dengan Universitas yang berpusat di Yogyakarta tersebut. Dalam Dies Natalis tahun ini Universitas Taman Siswa (Unitas) mewisuda sebanyak 113 orang. Bumiputera bekerjasama dengan Unitas dalam memfasilitasi pemasaran produk AJB Bumiputera 1912 kepada seluruh Anggota Universitas Tamansiswa seperti rektor, Dekan, Dosen dan untuk seluruh para mahasiswanya.

    Bumiputera diwakili langsung oleh kepala Wilayah Padang ramli Jamaluddin dan Universitas Tamansiswa oleh rektor Dr. Ir. Irwandi Sulin, MP. dalam kesempatan tersebut ramli Jamaluddin, menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan berharap menjajaki kerjasama lebih jauh kedepan.

    Sedangkan dari pihak Universitas Tamansiswa menyampaikan pentingnya manfaat yang bisa diperoleh dari kerjasama seperti ini, seperti Jaminan Hari Tua, investasi dan Beasiswa Berencana bagi rektor, Dekan dan Dosen yang sebagian sudah bersertifikasi. Sedangkan bagi Mahasiswa

    Asuransi kecelakaan diri memberikan manfaat biaya pengobatan bagi mahasiswa yang mengalami kecelakaan.

    Selain itu acara penandatangani kerjasama ini dihadari dan disaksikan oleh seluruh tamu undangan acara Wisuda seperti Anggota DPD rI Perwakilan Sumatera

    Barat, ketua DPrD Mentawai, ketua BNN Sumatera Barat, ketua kopertis Wilayah Sumatera Barat, rektor Unitas, seluruh Dosen Unitas juga seluruh keluarga besar peserta Wisudawan yang berjumlah kurang lebih 1000 orang. Tidak ketinggalan perwakilan dari beberapa media cetak lokal yang nampak hadir.***Udmiral/rizky

    Ramli JamaluddinDr. Ir. Iswandi Sulin, MP

  • mutual | Edisi 40 - 2015 29

    PEngurus Pusat Ikatan Purnabakti karyawan Bumiputera (IPB) beramah tamah degan Dewan Direksi Bumiputera. Pengurus IPB diterima di ruang rapat Wisma Bumiputera lantai 22 pada 14 Oktober 2015.

    Pengurus yang hadir antara lain ketua Umum IPB Imam Basuki, Wakil ketua Sukardi, Sekretaris Prasetya M. Brata , ketua IPB DPD DkI Jakarta Amri Sahri dan jajaran pengurus lainnya. Direksi yang hadir menyambut adalah Direktur Utama Fauzi Darwis, Direktur Pemasaran Nurseto, Direktur SDM Joko Triyogyanto dan Direktur Teknik Indra Situmeang.

    kunjungan ini untuk menjalin silaturahmi sekaligus perkenalan pengurus yang baru IPB terpilih di Musyawarah Nasional beberapa waktu yang lalu. Dalam sambutannya Imam Basuki menyampaikan terdapat peningkatan jumlah pengurus menjadi 23 orang dari sebelumnya hanya 12 orang.

    Perubahan signifikan Anggaran Dasar IPB adalah mengenai keanggotaan. Setiap karyawan yang pensiun otomatis menjadi anggota IPB. Dengan demikian jumlah anggota meningkat dari 600 menjadi 3.700 orang yang tersebar di 15 Dewan Pengurus Daerah, ujar Imam.

    Imam menambahkan walaupun purnabakti, tidak menyurutkan semangat IPB untuk berkontribusi dan peduli terhadap Bumiputera, salah satunya dengan menjaga citra positif perusahaan. Seperti yang

    Ramah Tamah Pengurus Baru IPB bersama Direksi Bumiputera

    tertuang di Pasal 6 Anggaran Dasar IPB. Fauzie Darwis, Direktur Utama menyampaikan, Bumiputera bisa eksis seratus tahun lebih karena produk konvensial dan loyalitas agen membela perusahaan ini. Tugas manajemen antara lain membina agen agar beradaptasi dengan teknologi dan produk baru. Manajemen juga telah memodifikasi produk dengan penambahan komisi agen (aqusition cost).

    Hasilnya? Tercatat peningkatan produksi sampai dengan 8,6%. Nurseto, Direktur Pemasaran menambahkan. Diwaktu yang sama, Mantan Direktur SDM yang sekarang menjadi Sekretaris Jenderal IPB Prasetya M. Brata menyatakan, IPB perlu memberikan sesuatu untuk almamaternya, dalam rapat perdana ada beberapa pemikiran yang dicatat oleh pengurus baru.

    Diluar banyak training yang bentuknya tidak mainstream, seperti team building, tim yang terdiri dari eksekutif perusahaan seperti direksi tidak perlu lagi dilapangan berpanas-panasan dan bermain flying fox atau sejenisnya, bisa dengan bersama-sama memasak disebuah cafe, itu contoh varian baru.

    Prasetya menggarisbawahi bahwa meningkatkan kualitas hidup pensiunan Bumiputera dengan baik bisa menjadi

    kampanye/propaganda yang baik ke masyarakat. Masyarakat akan melihat bahwasanya perusahaan dalam keadaan baik karena para purnawirawannya terlihat sejahtera dan bahagia. terakhir Prasetya menyitir sebuah frasa dari buku Sun Tzu The Art of War yakni Tetaplah menabuh genderang walaupun pasukanmu lemah, agar musuh-musuhmu tetap mendengar. ***rizky

    Peri

    stiw

    a

    Audiensi dengan IPB Bumiputera

  • mutual | Edisi 40 - 201530

    Peri

    stiw

    a Tabliqh Akbar & Penyerahan Santunan

    Berdoa, Bekerja dan Beramal

    Danbintal Islam Bumiputera

    kantor Wilayah Jakarta II

    BADAN Pembinaan Mental Islam Bumiputera (Danbintal Islam) mengadakan serangkaian kegiatan untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1437 H.

    rangkaian acara diantaranya; Workshop Marketing, Majelis Talim bagi Muslimah, Sumbangan untuk Yayasan dan Tabligh Akbar.

    Adapun durasi pelaksanaan dimulai sejak 24 Oktober sampai dengan 6 November 2015.

    Puncak acara ditandai dengan Tabligh Akbar pada 6 November 2015, bertempat di Masjid Daarut Tauhid, kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pemberi Tausiah kali ini adalah Ustadz Saptono Budi Satyo, Msi. Ustadz ini kesehariannya berkarir di PT. Bank Mandiri Syariah.

    Diantara tausiahnya Ustad Sapto menuturkan tentang pentingnya berhijrah bagi umat Islam, seperti yang dicontohkan Baginda rasul Muhammad SAW. Ustad Sapto juga bertutur bahwa Umat Muslim Indonesia harus menjadi pribadi yang Valuable, Rare, Immitable, Organize dan Competitor.

    Ustad juga menambahkan ada 300 juta judul buku diseluruh dunia,

    sejatinya umat muslim harus memperkaya pengetahuan dengan membaca, Dengan membaca kita mengenal dunia, dengan menulis kita dikenal dunia, kuncinya.

    Diakhir acara, ketua Umum Danbintal Islam Sugeng Widodo menyerahkan sejumlah bantuan berupa pakaian layak pakai, buku Iqra dan sejumlah uang tunai yang merupakan kumpulan dari donasi karyawan pusat Bumiputera.***rizky

    1 MUHArrAM 1437 Hijriyah merupakan Tahun Baru Islam 2015 yang jatuh pada rabu tanggal 14 Oktober 2015. Peringatan Tahun Baru Islam ini digunakan oleh kantor Wilayah Jakarta II Bumiputera dengan mengadakan santunan untuk anak yatim piatu dan siraman rohani / tausiyah oleh Dr. kH. Faisal Hamdani MA.

    Santunan diberikan oleh Taufik rahman Yudi untuk 31 anak yatim piatu dari Yayasan Nurul Hidayah. Dalam sambutannya,

    Taufik mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT atas terlaksananya kegiatan yang sangat positif ini. Bekerja saja tidak cukup, pun berdoa saja tidak cukup tanpa diiringi beramal. Alhamdulillah, keluarga besar Bumiputera khususnya kantor Wilayah Jakarta II dapat berbagi kebahagiaan di hari yang sangat istimewa ini, ujar Taufik. Menurut Taufik, kegiatan Islam di Wilayah Jakarta II cukup bervariatif. Seperti

    setiap hari berdoa bersama, setiap Jumat mengaji bersama dan mendoakan saudara, keluarga, orang tua. Selain itu, rutin di Hari raya Idul Adha secara sukarela, keluarga besar Jakarta II mengadakan pemotongan kurban berupa kambing ataupun sapi.

    Taufik berharap dengan dibentuknya Badan Pembinaan Mental (Danbintal) Islam lima bulan lalu di lingkungan Jakarta II yang diketuai oleh karim Amarullah, kegiatan Islami untuk peningkatan iman dan takwa semakin sering dilakukan. Taufik tak hentinya mengucap syukur dengan adanya berbagai kegiatan positif ini, Allah selalu memberikan kemudahan dalam berbagai hal. Sedikit demi sedikit perubahan yang positif sudah mulai nampak di Jakarta II. Dan ini terbukti rezeki yang diberikan Allah semakin banyak, ucap syukur Taufik.

    Peringatan Tahun Baru Islam yang diselenggarakan diadakan di kantor Wilayah Jakarta II ini dihadiri oleh seluruh staf kanwil Jakarta II, perwakilan dari kantor Cabang. dan kepala Wilayah Jakarta II Taufik rahman Yudi, kabag. Pemasaran Tatag Suryanadi, kabag SDM dan keagenan Adnan Sidiq, kabag keuangan Banu Banaryadi.***rangga

  • mutual | Edisi 40 - 2015 31

    Danbintal Bumiputera Serahkan Bantuan ke Pondok Pesantren Nuu Waar

    Peri

    stiw

    a

    DALAM rangka memperingati Tahun Baru Islam 1437 H, Badan Pembinaan Mental Islam (Danbintal Islam) Bumiputera mengadakan serangkaian acara, diantaranya adalah pengumpulan donasi bagi Yayasan Al Fatih kaafah Nusantara (AFkN) pengelola Pondok Pesantren Nuu Waar yang terletak dibilangan Cibitung, Bekasi.

    Danbintal mengunjungi langsung lokasi Pondok Pesantren di Cibitung pada Selasa 17 November 2015. Penyerahan 23 kardus pakaian dan 1 kardus buku dilakukan oleh ketua Danbintal Islam Bumiputera Sugeng Widodo, bantuan diterima langsung oleh Pengurus Pondok Pesantren yang diwakili oleh Ustad Musa beserta rekan-rekan.

    Pondok Pesantren Nuu Waar mengelola sekitar 200 orang santri yang tinggal di Pesantren tersebut. Sebagian Santri yang sudah kuliah masuk ke pondokan di hari Sabtu dan Minggu, Senin sampai dengan Jumat mereka bersekolah di kota Bekasi dan sekitarnya, demikian jelas Ustad Musa.

    Yayasan AFkN yang diprakarsai oleh Ustad Muhammad Zaaf Fadzlan rabbani Garamatan atau yang dikenal dengan nama Ustad Fadzlan, fokus terhadap penyebaran Agama Islam di Bumi Papua. Ustad Fadzlan telah memulai debut dakwahnya sejak tahun 1980-an. Saat itu, Ustadz Fadzlan sebagai

    mahasiswa di sebuah perguruan tinggi ternama di Makassar, Sulawesi Selatan. Selesai kuliah, ia lebih memilih menjadi Dai pedalaman. Bentuk keseriusannya dalam pembinaan masyarakat Papua, Ustad Fadzlan mendirikan Pondok Pesantren Nuu Waar di kampung Bunut, Desa Taman Sari, kecamatan Setu, kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

    Pria yang juga ketua TPF (Tim Pencari Fakta) komite Umat untuk Tolikara ini menambahkan, kerja dakwah merupakan bentuk nyata pengabdian umat di tengah masyarakat. Terlebih, katanya, persepsi masyarakat terhadap Papua sebagai daerah tertinggal, bodoh, dan perang suku. Perlu pengabdian yang serius agar harkat martabat di sana dapat terangkat dan berganti dengan kecerdasan, paparnya.

    Sugeng Widodo dalam sambutannya menyatakan mendukung kerja Yayasan AFkN dan bersama Danbintal Bumiputera akan menjalin hubungan baik tidak sampai disini saja. kami support dakwah dan program Pondok Pesantren Nuu Waar, adik-adik disini beruntung dan harus mengoptimalkan waktu menuntut ilmu, karena ilmu adalah penuntun kita dalam meraih kesuksesan, baik ilmu agama maupun pengetahuan umum, jelasnya menyemangati para santri. ***rizky

    Ustadz Muhammad Zaaf Fadlan Rabbani

    Sugeng Widodo

  • mutual | Edisi 40 - 201532

    Peri

    stiw

    a Untuk Menjadi Juara, Harus Memiliki Passion Yang Luar Biasa

    konsolidasi kantor Wilayah Purwokerto

    DIHADIrI oleh Direktur Pemasaran, Nurseto dan kepala Divisi Pemasaran regional II, Suwarno, kantor Wilayah Purwokerto menggelar konsolidasi pada Jumat, 22 September 2015 di Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas, Purbalingga. Selain kepala Wilayah, kepala Bagian dan kepala Cabang, acara diikuti oleh para mitra kerja terbaik di Wilayah Purwokerto, terdiri dari para Financial Consultant, Unit Manager serta Agency Manager.

    Untuk menjadi juara, seseorang harus memiliki passion untuk menjadi luar biasa dan memiliki belief system yang diterapkan ungkap Direktur Pemasaran dihadapan peserta konsolidasi. 13 (tiga belas) sikap diri yang harus diterapkan tersebut antara lain :

    1. Mempunyai mimpi besar, karena hakekat doa adalah mimpi.2. Bekerja sangat keras.3. Senantiasa fokus.4. Memiliki disiplin tinggi dalam mengatur waktu.5. Inovatif dan kreatif.6. Memiliki pikiran terbuka (open mind) serta responsif terhadap perubahan.7. Belajar secara terus menerus.8. Total terhadap apa yang dikerjakan.9. Tidak membiarkan ketakutan menghantui (tidak rendah diri).10. Menjaga momentum.11. Terus belajar dari kesalahan.12. Tidak mencampur adukan urusan pribadi dengan bisnis.13. Menganggap pekerjaan sebagai sebuah seni.

    Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan pula Deklarasi Agen Perubahan kantor Wilayah Purwokerto. Mewakili seluruh organisasi, tim inti yang terdiri dari kepala Wilayah, kepala Bagian, Staff Wilayah yang ditunjuk, kepala Cabang serta Agency Manager Cabang Prioritas mendeklarasikan kesiapan organisasi kantor Wilayah Purwokerto menuju Bumiputera sesuai Visi dan Misi Perusahaan.

    Pembacaan deklarasi dipimpin oleh kepala Cabang Asper Banjarnegara, emiyati, yang selanjutnya secara sombolis menyerahkan deklarasi yang telah ditandatangani kepada Direktur Pemasaran. Deklarasi Agen Perubahan menyasar 5 (lima) poin sasaran utama, sebagai berikut :

    1.Siap melakukan transformasi secara total, menuju Bumiputera yang kuat dan profesional, menjadi pemimpin pasar industri asuransi jiwa, serta bermanfaat dalam pembangunan dan pendidikan.

    2. Siap mengirimkan peserta di ajang Top Agent Awards 2016 untuk semua kategori kejuaran.

    3.Siap mengirimkan peserta terbanyak di ajang Tour Italy dan Umroh.

    4. Siap menciptakan Financial Consultant dari

    pemegang Polis sebanyak minimal 2.000 Financial Consultant setiap kantor Cabang.

    5. Siap menciptakan income sebesar 5 s.d. 10 Milyar setiap bulan per kantor Cabang.

    Sementara itu, berjaya sebagai mitra kerja terbaik kantor Wilayah Purwokerto Periode Juli s.d. September 2015, Dwi Ambarwati (kC. Asper Banjarnegara) dan Umaryamah (kC. Asper kebumen) sebagai Top Producer, sedangkan predikat Top Recruiter diraih oleh Alfiah (kC. Syariah Tegal). ***rina Asianthik - PrO Purwokerto

    Tim KC Purworejo

    Dir. Pemasaran - Nurseto

  • mutual | Edisi 40 - 2015 33

    Bogor Rekrut Generasi Mudakantor Cabang Syariah Bogor

    DALAM rangka meningkatkan performa bisnis maupun organisasi, kantor Cabang Syariah Bogor bertekad mencetak kader-kader pemasaran yang mumpuni dengan segmen pencari kerja dibawah usia 25 tahun. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui Job Fair 2016 yang dilaksanakan di Lapangan Futsal karadenan Square, Cibinong. Acara ini

    diselenggarakan oleh Dinas Sosial kabupaten Bogor Tenaga kerja dan Transmigrasi kabupaten Bogor pada 26-27 November 2015.

    Para pencari kerja yang mendaftar akan diseleksi dan dididik untuk fokus mencapai target produksi sekaligus meraih penghasilan yang mereka inginkan.

    Generasi muda saat ini menginginkan kepastian penghasilan, oleh karena itu, agar keinginan mereka tercapai, kami buat sistem kerja target oriented. Jika target tercapai

    maka penghasilan minimal 3 juta per bulan. Tapi jika tidak tercapai, akan diberikan secara proporsional. Seandainya pencapaian melebihi target, maka akan diberikan bonus yang proporsional pula, jelas Selvie Amalia, kepala Cabang Bumiputera Syariah Bogor.

    Pandji S, Sekretaris Daerah kabupaten Bogor menyambut baik kehadiran Bumiputera yang turut membuka lapangan pekerjaan. Ia berharap jumlah pengangguran yang tinggi dapat diserap oleh seluruh sektor usaha, salah satunya Bumiputera.

    Bumiputera Syariah Bogor membuka lowongan untuk 4 Agency Manager, 16 Unit Manager dan 60 Financial Consultant. Selama pelaksanaan 2 hari, terdaftar lebih dari 80 orang.

    Pada kesempatan yang sama, Agency Manager dan Unit Manager yang ada juga memberikan edukasi perencanaan keuangan serta perlindungan keluarga kepada para pengunjung. Sehingga sebagian berminat bergabung menjadi pemegang polis Bumiputera. Pengunjung yang masuk asuransi mendapatkan souvenir menarik. ***Selvie

    Peri

    stiw

    a

    Buka Pusat Layanan Agencykantor Wilayah Purwokerto

    MereSPON General Agency System Hybrid (GASH) yang akan menggantikan sistem operasional Branch Office System (BOS) per 1 Desember 2015, kantor Wilayah Purwokerto memperluas jaringan pemasaran melalui pembukaan pusat layanan agency.

    Minggu, 15 November 2015, Bumiputera kantor Wilayah Purwokerto meresmikan Pusat Layanan Agency Bumiputera Syariah klampok, Banjarnegara, di bawah Unit Manager kH. Drs. Dzy Maksum (ketua Pengurus Pusat Yayasan Nurul Hidayah, klampok, Banjarnegara) yang merupakan salah satu ulama serta tokoh masyarakat di wilayah kabupaten Banjarnegara.

    Turut hadir kepala Sub Bagian Pengawasan Bank 2, OJk Purwokerto, Bambang S. Antariksawan, SP, Se, MM.

    OJk menyambut baik dibukanya pusat layanan agency Bumiputera yang

    sejalan dengan Program Laku Pandai (Layanan keuangan Tanpa kantor dalam rangka keuangan Inklusi) yang telah dicanangkan oleh OJk , ungkap Bambang S. Antariksawan.

    Ditegaskan lebih lanjut dalam sambutannya bahwa literasi keuangan perlu dilakukan secara terus-menerus agar masyarakat terhindar dari praktek-praktek transaksi keuangan yang tidak bertanggung jawab dan lebih mengenal produk-produk, manfaat dan risiko atas berbagai pilihan investasi keuangan yang ada.

    kantor Wilayah Purwokerto telah meresmikan beberapa pusat layanan Agency, di klampok Banjarnegara, rembang, Purbalingga. Pusat Layanan Agency Bumiayu dan Brebes sebagai Pilot Project, ungkap Sucipto, kepala Wilayah Purwokerto. ***rina Asianthik - PrO Purwokerto

  • mutual | Edisi 40 - 201534

    Peri

    stiw

    a Re-Launching Mitra BP-Link Syariah di Kantor Wilayah Balikpapan

    kantor Wilayah Balikpapan

    PeLAkSANAAN Launching Produk BP Link Syariah berlangsung serentak di seluruh kantor Cabang dibawah koordinasi kantor Wilayah Balikpapan pada hari Jumat, 2 oktober 2015 di mulai pada pukul 08.00 Wita.

    Untuk zona Balikpapan acara launching dilaksanakan di ruang Pertemuan kanwil Balikpapan yang diawali dengan melaksanakan Sholat Dhuha berjamaah

    diikuti seluruh pejabat dan staf kanwil Balikpapan, kepala Cabang dan staf serta mitra kerja (kC.Pasar Baru, kC radio, kC Askum Balikpapan, kC Syariah Balikpapan).

    Usai Sholat Dhuha diakhiri dengan doa lalu dilanjutkan dengan Launching dan presentasi BP LINk SYArIAH yang disampaikan langsung oleh kepala Wilayah Balikpapan, Amancik SH, AAAIJ.

    Peserta sangat antusias mengikuti penjelasan dari kepala Wilayah sehingga berhasil meyakinkan mitra kerja bahwa produk BP Link Syariah sangat baik dan kompetitif untuk dipasarkan adapun yang membuat lebih bersemangat lagi ketika disampaikan tentang perubahan yang lebih baik atas remunerasi dari beberapa produk yang sedang dipasarkan, sehingga usai launching dan presentasi tersebut salah seorang mitra kerja ( Hj. Titin Sukemi dari kC radio) dengan iseng-iseng menawarkan produk tersebut kepada nasabah via sms dan saat itu pula memberikan keputusan bahwa dia (nasabah) tertarik dan bersedia ikut dengan program yang ditawarkan.

    Sesaat kemudian ruang pertemuan menjadi gaduh karena agen tersebut berteriak Pak, saya nutup BP Link Syariah dan segera membayar premi tunggal sebesar 50 juta rupiah melalui transfer dan saat itu pula kepala Wilayah memberikan reward langsung kepada agen yang bersangkutan. Peristiwa tersebut menjadi inspirasi dan motivasi kepada semua AM/UM dan FC yang hadir.*** Dwiatmo A.S. - PrO Balikpapan

    IKKBP Purwokerto dan Pelindo Cilacap Meriahkan Hari Ibu 2015 MeNGAMBIL tema Happy Mothers Day, Spread The Love For Children and Whole The World, IkkBP (Ikatan keluarga karyawan Bumiputera) Wilayah Purwokerto dan PerISPINDO (Persatuan Istri Pegawai Pelindo) III Cabang Tanjung Intan Cilacap melaksanakan acara peringatan Hari Ibu secara bersama-sama.

    eni Martiningrum, ketua PerISPINDO III Cab. Tanjung Intan Cilacap, dalam sambutannya berharap melalui Peringatan Bersama Hari Ibu tersebut dapat menjadi wahana bertukar ilmu yang bermanfaat bagi PerISPINDO maupun IkkBP. Tuti Sucipto, Pembina IkkBP Wilayah Purwokerto, sangat berharap kegiatan bersama antara IkkBP dan PerISPINDO tersebut menjadi awal silaturahmi yang senatiasa terjalin dengan baik, dan di masa yang akan datang, AJB Bumiputera 1912 bisa diterima dengan baik

    kantor Wilayah Purwokerto

    pula oleh keluarga besar PerISPINDO khususnya, dan PeLINDO III Cab. Tanjung Intan Cilacap pada umumnya.

    Turut hadir dalam acara yang digelar di Operation Room Gedung kantor Pelindo III Cabang Tanjung Intan Cilacap pada 12 Desember 2015, kepala Wilayah (Regional Agency Manager) Purwokerto, Sucipto dan General Manager PT. Pelindo III (Persero) Cab. Tanjung Intan Cilacap, yang diwakili oleh Manager SDM, Umum dan kesisteman, Tukul.

    Memeriahkan rangkaian acara, Ibu-ibu IkkBP dan PerISPINDO unjuk kebolehan dalam lomba merangkai daun dan lomba make up serta kreasi hijab. Acara diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para juara serta pemberian door prize kepada peserta. ***rina - PrO Purwokerto

  • mutual | Edisi 40 - 2015 35

    Peri

    stiw

    aBandung Kembangkan Layanan Agency Mitra BP Link Syariah

    kantor Wilayah Bandung

    DI Tahun 2016 banyak tantangan yang harus dihadapi, terutama karena kondisi ekonomi di akhir tahun 2015 yang masih lesu ditandai dengan meroketnya harga kebutuhan pokok, melemahnya nilai tukar rupiah, dan anjloknya harga saham serta mulai diberlakukannya Masyarakat ekonomi ASeAN (MeA) tahun 2016, sehingga di sisi lain hal ini sekaligus membuka peluang bagi perusahaan asuransi di kawasan ASeAN untuk berinvestasi di Indonesia.

    Dalam pemenuhan tuntutan kebutuhan Market Share asuransi di kalangan tersebut, dibutuhkan langkah-langkah inovatif dalam transformasi dan efisiensi di operasional kantor wilayah dan kantor cabang sebagai wujud dari eksistensi Bumiputera di ranah perasuransian Indonesia. Salah satu langkah strategis yang dimaksud adalah dengan melakukan perubahan struktur organisasi baik internal maupun eksternal. Fatoroni, kepala Bagian Pemasaran dan Nana Mulyana dari Wilayah Bandung mengunjungi Pondok Pesantren Sirna Miskin di Jalan kopo Belakang, No 427, Bandung untuk menjalin kerjasama dan mengembangkan sistem Agency BP Link Syariah.

    kunjungan ke Pondok Pesantren pada Senin, 23 November 2015, diterima langsung Pimpinan Pondok Pesantren Sirna Miskin, Saefurridjal, yang biasa disapa Haji Pepep.

    Fatoroni memaparkan sistem Agency BP Link Syariah dihadapan 200 tenaga pengajar dan 3000 santri yang berpeluang untuk menjadi Financial Consultant Bumiputera.

    edukasi dan pelatihan tentang sistem Agency BP Link Syariah harus terus dilakukan serius mengingat sistem yang tergolong baru ini, sekaligus untuk mengajak para Pendakwah, Dai, dan Guru pengajian menjadi kekuatan word of mouth marketing Bumiputera. ***Heru - PrO Bandung/Dimas

  • mutual | Edisi 40 - 201536

    BerTeMPAT di STIe Dharma Bumiputera, pada 10 Oktober 2015 diselenggarakan Seminar Enterpreneurship bertajuk Hari Gini Jadi karyawan. kegiatan Seminar ini diadakan oleh pengurus Ikatan Alumni (IkA) STIe Dharma Bumiputera dalam rangka memperingati hari jadi ke-5 pada 9 Oktober 2015.

    Seminar Enterpreneurship dibuka oleh ketua Umum IkA STIe Dharma Bumiputera, I Gede Sudarsana. Dalam sambutan I Gede menyampaikan terima kasihnya kepada manajemen STIe Dharma Bumiputera karena atas dukungannya, IkA STIe Dharma Bumiputera dapat melaksanakan Seminar Enterpreneurship Hari Gini Jadi karyawan. I Gede

    Seminar Enterpreneurship Hari Gini Jadi Karyawan

    Internet menjadi pembicara inti dalam kegiatan Seminar Enterpreneurship yang berlangsung sekitar 3 jam ini. Dalam materinya, Isah menceritakan bagaimana saat ini ditengah perkembangan teknologi begitu besarnya peluang bagi siapapun untuk memulai usaha. Ia pun mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk mulai berani mengambil keputusan, menciptakan peluang untuk usaha dan mulai meninggalkan mindset menjadi karyawan adalah segalannya.

    Yudhistira,Se dan Dwiyanto, Se alumni STIe Dharma Bumiputera tak ketinggalan membagikan pengalamannya dalam dalam merintis dan menjalankan usaha kepada peserta seminar yang hadir. Yudhis dan Dwi pun mengajak peserta untuk tidak takut dalam melakukan eksperimen, inovasi hingga dapat menciptakan sesuatu yang lebih baik.

    Seminar Enterpreneurship ditutup dengan pembacaan doa dan pemotongan kue ulang tahun oleh ketua Umum IkA STIe Dharma Bumiputera, I Gede Sudarsana dan ketua Yayasan Dharma Bumiputera, Prof. Dr. HC. Hafid Abbas.***Angga

    menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan seminar ini yaitu memberikan value terkait panca windu 5 tahun berdirinya IkA STIe Dharma Bumiputera.

    Pada kesempatan tersebut hadir pula ketua Yayasan Dharma Bumiputera, Prof. Dr. HC. Hafid Abbas. Dalam sambutannya Hafid Abbas mengharapkan dengan diadakannya Seminar Enterpreneurship ini dapat meningkatkan ilmu, kemandirian untuk kemulian dan kedamaian kepada seluruh insan yang hadir. Diakhir sambutannya, Hafid Abbas mengucapkan selamat atas refleksi yang indah di hari jadi ke-5 IkA STIe Dharma Bumiputera. Ia pun berharap semoga kegiatan ini dapat menggelorakan kembali apa yang menjadi mimpi dari ketiga pendiri AJB Bumiputera 103 tahun yang lalu untuk kepentingan STIe Dharma Bumiputera.

    Isah kambali, Founder komunitas Melek

    Peri

    stiw

    a

  • mutual | Edisi 40 - 2015 37

    Peluncuran E-Learning Bumiputera

    DALAM rangka pengembangan sumber daya manusia di Bumiputera, manajemen melalui Departemen SDM dan Departemen TI bekerjasama dengan PT. Bandung Teknopark, meluncurkan program E-Learning. Program ini adalah program pengembangan kompetensi dan pengetahuan pegawai Bumiputera berbasis teknologi.

    Bertempat di Gedung Wisma Bumiputera lantai 22, acara di hadiri oleh Dewan Direksi, nampak hadir Ahmad Fauzi Darwis Direktur Utama, Joko Triyogyanto Direktur SDM, Nurseto Direktur Pemasaran dan Jangkung raharjo Direktur Bandung Teknopark.

    E-Learning ini sendiri merupakan metode group/self learning dengan menggunakan fasilitas jaringan intranet di perusahaan. Fitur-fitur dari E-Learning sendiri adalah : Video on Demand, Download Materi, Virtual Class, Live Streaming, Pre Test, Post Test dan lain-lain.

    Sri Nurcahayati kepala Departemen SDM menyampaikan dalam sambutannya, Program ini diluncurkan karena pertimbangan waktu, biaya dan kantor yang tersebar se Indonesia. Program ini mewadahi beragam disiplin ilmu, sehingga pegawai diajak berpartisipasi aktif untuk saling sharing dan mempelajari beragam materi. Sedangkan Jangkung raharjo, Direktur Bandung Teknopark dalam kesempatan tersebut mengenalkan perusahaan yang dipimpinnya sebagai anak perusahaan Telkom dan berdiri sejak 1995. Saat ini kami juga dipercaya mensukseskan program Nawacita Presiden Jokowi, yakni membangun 100 Teknopark diseluruh Indonesia. Dengan diterapkannya E-Learning ini semoga bisa mempermudah proses pengembangan diri pegawai Bumiputera dan mereduksi cost biaya pendidikan, ujarnya diakhir sambutan.

    Menutup rangkaian sambutan, Direktur Utama menggaris bawahi Mau tidak mau kita harus menggunakan teknologi, E-learning tidak membutuhkan tempat dan ruang untuk bertemu. Dengan hampir 500 kantor cabang kita yang tersebar, tentunya ini sangat bermanfaat, semua orang bisa berkontribusi. Dirut menambahkan Ini adalah salah satu alat perubahan untuk bisa bersaing dengan industri dan program ini akan memudahkan kita untuk mencari referensi.***rizky

    Jangkung Raharjo

    Peri

    stiw

    a

  • mutual | Edisi 40 - 201538

    Bumiputera Edukasi Mahasiswa Universitas Negeri Manado

    kantor Wilayah Manado

    Peri

    stiw

    a

    kePALA Wilayah Manado, edy Suryatmo di-dampingi kepala Cabang Tomohon, Noudie Z. rawung menghadiri Ajang Pemilihan Nyong dan Noni Universitas Negeri Manado (Unima) di Manado Trade Center, kamis, 12 November 2015.

    Dalam ajang tersebut, Bumiputera mengedukasi asuransi untuk mahasiswa dan masyarakat yang meramaikan ajang pemilihan bergengsi yang diagendakan setahun sekali. Dalam kesempatan ini, ke-pala Wilayah menyerahkan Tropi Juara ke-

    pada pemenang Nyong Unima 2015, David kaunang dan Noni Unima 2015, Flamanda Tampomuri.

    Melalui ajang Pemilihan Nyong dan Noni UNIMA, Bumiputera bisa dikenal luas di kalangan muda dan mahasiswa, Mengin-gat mahasiswa adalah generasi muda yang menjadi pasar potensial ke depan. demiki-an edy Suryatmo.

    Acara ini disponsori langsung oleh Bumiputera kantor Wilayah Manado dan kantor Cabang Tomohon. Noudie Z. rawung menjelaskan.

    Harapan ke depan kerjasama Bumiputera dan Universitas Negeri Manado bisa berkesinambungan di tahun mendatang. Bumiputera kantor Cabang Tomohon sudah merealisasikan produk Mitra ASrI untuk 3.000 Mahasiswa tahun 2014 dan 4.500 Mahasiswa baru tahun 2015 dan mendapat support dari rektor dan Pembantu rektor 3. tambah rawung. ***Nancy - PrO Manado

    Sosialisasi dan Edukasi Asuransi Gereja Masehi Injili Bolangmongondow

    kantor Wilayah Manado

    kePALA Wilayah Bumiputera Manado edy Suryatmo bertemu dengan ketua Sinode Pdt. Christina r.P dan Sekretaris Sinode di Gereja Masehi Injili Bolangmongondow (GMIBM) di kotamobagu pada Jumat, 6 November 2015. Inti pertemuan untuk sosialisasi dan edukasi produk Bumiputera di kalangan jemaat dan pendeta Gereja. kedua pihak sepakat untuk melakukan kerjasama perlindungan asuransi untuk jemaat dan Pendeta GMIBM sekaligus merekrut Financial Consultant (FC) Unit Link. Sebanyak 126 Jemaat dan 123 Pendeta masuk asuransi Mitra Asri.

    Harapan kami kedepannya, seluruh Jemaat dan Pendeta Gereja MIBM bisa Ikut Program Asuransi Mitra Asri sekaligus sebagai FC. demikian edy Suryatmo. ***Nancy - PrO Manado / ranti

  • mutual | Edisi 40 - 2015 39

    Peri

    stiw

    a

    kantor Wilayah Pekanbaru

    UPAYA meningkatkan penetrasi pasar terus dilakukan tim Pemasaran Bumiputera. Salah satunya kantor wilayah Pekanbaru yang pada November 2015 lalu mengadakan Customer Gathering bertempat di Hotel Pangeran Pekanbaru dengan menghadirkan para Pemegang polis dan calon Pemegang polis untuk sosialisasi lagi produk - produk yang dipasarkan Bumiputera.

    Dari hasil Customer Gathering ini beberapa Pemegang polis berminat lagi membeli produk baru Bumiputera, salah satunya M.rasuli Dosen Universitas riau yang tertarik dengan BP Maxi dan langsung menandatangani SPAJ, serta beberapa calon Pemegang polis lainnya yang tertarik dengan produk Mitra BP Link. ***Ira Novrianti PrO Pekanbaru / Dhila

    Bumiputera Lindungi Dosen & Mahasiswa Universitas Tamansiswa Palembang

    kantor Wilayah Palembang

    UNIVerSITAS Tamansiswa Palembang merupakan bagian dari group Yayasan Tamansiswa adalah salah satu perguruan Nasional ternama di wilayah Palembang yang beroperasi sejak tahun 1932. Dalam membentuk lulusan yang memiliki keunggulan di bidang ilmu dan teknologi dengan semangat kewirausahaan, kemandirian yang Berbudaya dan berwawasan kebangsaan sebagai Visinya.

    Dr. H. kN. Sofyan Hasan, SH.MH sebagai rektor Universitas Tamansiswa termasuk figur yang open mind terhadap asuransi. Bahkan disela-sela kegiatan Ordik mahasiswa baru 2015-2016 ketika team Bumiputera mengunjungi sosok Tokoh ulama yang terpandang di kota Palembang ini menganggap Tamansiswa adalah bagian dari Bumiputera lantaran memiliki kesamaan sejarah berdirinya bertitik tolak dari perjuangan para Guru.

    Dari kesamaan history itu, Sofyan mempercayakan kepada Bumiputera untuk mengasuransikan para dosen di Universitas Tamansiswa Palembang