LKS BANGUN RUANG SISI DATAR - ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) ... Kerjakan soal...

download LKS BANGUN RUANG SISI DATAR -   ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) ... Kerjakan soal latihan di bawah ini secara individu di buku tugasmu. 1

of 46

  • date post

    18-Feb-2018
  • Category

    Documents

  • view

    1.375
  • download

    397

Embed Size (px)

Transcript of LKS BANGUN RUANG SISI DATAR - ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) ... Kerjakan soal...

  • Dyah Padmi | Universitas Negeri Yogyakarta

    LKS BANGUN RUANG SISI DATAR

    Peeliti : Dyah Padmi

    Pembimbing : Dr. Ariyadi Wijaya

    Validator : Ilham Rizkianto, M.Sc Himmawati P. L., M.Si

    Sampul : Dyah Padmi

    Tata Letak : Dyah Padmi

    i

  • Dyah Padmi | Universitas Negeri Yogyakarta

    KATA PENGANTAR

    Puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu wa Taala atas rahmat dan karuniaNya, sehingga Lembar Kegiatan Siswa (LKS) ini dapat diselesaikan dengan baik. Selesainya produksi LKS ini tidak lepas dari dukungan, bantuan, dan kerjasama pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu. LKS ini merupakan produk dari penelitian dengan judul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Hypothetical Learning Trajectory untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII yang dilakukan dalam rangka memenuhi sebagian persyaratan untuk mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan. LKS ini tentunya diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan prestasi belajar, dan membantu guru dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar. LKS ini tentu saja tidak lepas dari kekurangan. Oleh karena itu, peneliti memohon maaf atas kekurangan yang tidak berkenan dari LKS ini.

    Peneliti,

    Dyah Padmi

    ii

  • Dyah Padmi | Universitas Negeri Yogyakarta

    iii

    DAFTAR ISI

    KATA PENGANTAR ............................ ii

    DAFTAR ISI ................................iii

    PETUNJUK UMUM PENGGUNAAN LKS .............. 1

    LKS 1 ..................................... 2

    LKS 2 ..................................... 6

    LKS 3 ..................................... 11

    LKS 4 ..................................... 14

    LKS 5 ..................................... 17

    LKS 6 ..................................... 21

    LKS 7 ..................................... 25

    LKS 8 ..................................... 30

    LKS 9 ..................................... 32

    LKS 10..................................... 37

    DAFTAR PUSTAKA ............................ 40

  • PETUNJUK UMUM LKS

    1. Kegiatan dalam LKS ini dikerjakan secara berkelompok2. Soal latihan di dalam LKS pada dikerjakan secara individu di buku tugas masing-masing siswa3. Pada setiapkegiatan akan ada kalimat-kalimat instruksi agar siswa lebih mudah mengerjakannya4. Bertanyalah kepada rekan atau guru jika ada hal yang kurang dipahami5. Berdoalah sebelum mengerjakan

    Dyah Padmi | Universitas Negeri Yogyakarta

    1

    KOMPETENSI DASAR

    3.10 Menurunkan rumus untuk menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas), serta gabungannya

    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI3.10.1 Mendeskripsikan unsur-unsur kubus3.10.2 Mengidentifikasi unsur-unsur kubus3.10.3 Mengidentifikasi sifat-sifat kubus3.10.4 Mendeskripsikan diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal pada kubus3.10.5 Melukis diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal pada kubus3.10.6 Mengenali dan membuat jaring-jaring kubus3.10.7 Menemukan rumus luas permukaan kubus3.10.8 Menemukan rumus volume kubus3.10.9 Menyebutkan ciri-ciri dan unsur-unsur balok3.10.10 Menemukan rumus luas permukaan balok3.10.11 Menemukan rumus volume balok4.10.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan kubus4.10.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus4.10.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan balok4.10.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume balok

  • Anggota Kelompok:

    2. .................

    1. .................

    3. .................

    4. .................

    Sekilas

    Sejarah

    EUCLIDEuclid adalah seorang matematikawan terkenal dari Yunani. Dikatakan bahwa Euclid lahir sekitar tahun 300 SMdi kota Tyre, namun ia kemudian tinggal di Damaskus.Walaupun hanya sedikit yang diketahui orang tentangkehidupannya, Euclid telah memberikan kontribusi yang besardalam bidang matematika dan disebut sebagai Bapak Geometri.Buku Elements yang ditulisnya adalah buku yang paling berpe-ngaruh dalam pengajaran matematika sepanjang sejarah dantelah digunakan sebagai buku pegangan utama dalam matematikakhususnya geometri hingga awal abad ke-20.

    sumber: www.thefamouspeople.com

    Dyah Padmi | Universitas Negeri Yogyakarta

    1

  • LKS 1 | Unsur-Unsur dan Sifat-Sifat Kubus

    Dyah Padmi | Universitas Negeri Yogyakarta

    2

    Tujuan Pembelajaran:1. Siswa mampu mendeskripsikan unsur-unsur kubus2. Siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur kubus3. Siswa mampu mengidentifikasi sifat-sifat kubus

    Kegiatan 1.1

    Mari Mengingat

    B a n g u n d i a t a s a d a l a h b a n g u n r u a n g s i s i d a t a r b e r n a m a k u b u s .Kubus ABCD.EFGH di atas memiliki panjang rusuk yang sama, yaitu r. Secara umum kubus memiliki tiga unsur, yaitu titik sudut, rusuk, dan sisi. Amatilah gambar di atas dan diskusikan dengan teman sekelompokmu untukmenemukan arti dari unsur-unsur yang telah disebutkan di atas kemudian tuliskan hasildiskusi kelompokmu dalam tabel yang telah disediakan.

    A B

    CD

    E F

    GH

    sisi

    titik sudut

    rusuk

    No.NamaUnsur

    Artinya Menurut Kelompokmu Banyaknya

    1.

    2.

    3.

    Titiksudut

    Rusuk

    Sisi

    r

    r

    r

    MengenalKubusL

    Kaidah penulisan ruas garisdalam matematika adalahdengan menggunakan huruf kapital dan diberi garis di atasnya. Contoh: AB dibaca sebagai ruas garis AB.

    Nah, apakah menurutmu rusuk sebuah kubusjuga merupakan ruas garis?

  • Dyah Padmi | Universitas Negeri Yogyakarta

    3

    Kegiatan 1.2

    A B

    CD

    E F

    GH

    Di kelas VII kamu telah mempelajari kedudukan suatu garis, antara lain garis sejajar dan garis berpotongan. Namun, pada pembelajaran kali ini kamu diperkenalkan pada satu kedudukan garis pada bangun ruang, yaitu garis yang saling bersilangan. Dua buah garis dikatakan bersilangan jika kedua garis tersebut tidak sejajar dan berada pada bidang yang berbeda.

    Gambar di atas adalah kerangka kubus ABCD.EFGH. Rusuk-rusuk kubus ABCD.EFGHadalah ruas-ruas garis yang memiliki kedudukan satu sama lain, yaitu sejajar, berpotongan,dan bersilangan. Amati dan identifikasilah kedudukan masing-masing rusuk, kemudianjawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

    a. Rusuk AB sejajar dengan rusuk CD. Selain rusuk CD, rusuk mana lagi kah yang sejajar dengan rusuk AB?

    b. Rusuk AB berpotongan dengan rusuk AD dan BF. Selain rusuk AD dan BF, rusuk mana lagi kah yang berpotongan dengan rusuk AB?

    c. Rusuk AB bersilangan dengan rusuk GC dan FG. Selain rusuk GC dan FG, rusuk mana lagi kah yang bersilangan dengan rusuk AB?

    LKS 1 | Unsur-Unsur dan Sifat-Sifat Kubus

    d. Rusuk AB berada pada sisi yang sama dengan rusuk BC dan EF. Selain rusuk BC dan EF, rusuk mana lagi kah yang sebidang dengan rusuk AB?

  • Dyah Padmi | Universitas Negeri Yogyakarta

    4

    LKS 1 | Unsur-Unsur dan Sifat-Sifat Kubus

    Apa Kesimpulanmu?

    Setelah menyelesaikan dua kegiatan sebelumnya, apakah yang dapat kamu simpulkan mengenai pengertian unsur-unsur kubus? Tuliskan pada kolom di bawah.

    Kemudian mengenai kedudukan suatu rusuk kubus terhadap rusuk lainnya, kesimpulan apakah yang kamu dapatkan? Tuliskan pada kolom di bawah ini.

    Latih Dirimu 11. Buatlah garis penghubung antara pernyataan dan nama unsur yang menurutmu sesuai

    Aku adalah unsur kubus yang banyaknya 12 Aku adalah unsur kubus berbentuk bidang datar Aku adalah unsur kubus tempat bertemunya dua atau lebih rusuk

    Titik SudutRusukSisi

    Tahukah Kamu?Menamai suatu bangun ruang biasanya dimulai dari titik sudut sebelah kiri bawah, menggunakan huruf kapital sesuai urutan abjad, dan berlawanan dengan arah jarum jam.

  • Dyah Padmi | Universitas Negeri Yogyakarta

    5

    2. Berdasarkan ilustrasi kubus di atas, tentukanlah: a. Rusuk-rusuk yang berpotongan dengan rusuk FG

    b. Rusuk-rusuk yang berada pada sisi yang sama dengan rusuk HE

    c. Rusuk-rusuk yang sejajar dengan rusuk AD

    LKS 1 | Unsur-Unsur dan Sifat-Sifat Kubus

    A B

    CD

    E FGH

    ~Jika kamu tidak mau merasakan pahitnya belajar maka kamu akan

    merasakan pahitnya kebodohan~

    (Imam Syafii)

  • Tujuan Pembelajaran:1. Siswa mampu menyelesaikan persoalan berkaitan dengan kerangka kubus2. Siswa mampu mendeskripsikan diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal3. Siswa mampu melukis diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal pada kubus

    Petunjuk Khusus:1. Gunakan penggaris untuk melukis kubus, diagonal-diagonalnya, serta bidang diagonalnya2. Gunakan pensil warna untuk mewarnai bidang-bidang diagonal (jika ada)

    Kegiatan 2.1

    Cukupkah Uangnya?

    Maharani ditugaskan untuk membuat kerangka kubus yang terbuat dari kawat besi dengan panjang rusuk 15 cm. Harga kawat besi tersebut adalah Rp 8.000,00/meter dan kawat itu hanya dijual per meter. Maharani memiliki uang Rp 50.000,00 untuk membeli kawat. Jika Maharani harus membuat empat kerangka kubus, cukupkah uang tersebut untuk membeli kawat sesuai kebutuhan? Tuliskan perhitungan dan penjelasanmu dalam kolomdi bawah ini.

    Dyah Padmi | Universitas Negeri Yogyakarta

    6

    LKS 2 | Diagonal Sisi, Diagonal Ruang, dan Bidang Diagonal

  • LKS 2 | Diagonal Sisi, Diagonal Ruang, dan Bidang Diagonal

    Kegiat