LIONMAG JULY 2011

88
i LIONMAG JULI 2011 PETITENGET MUSEUM BAHARI BROMO NAFAS LAUT DI GUDANG REMPAH DI TENGAH SABUK GUNUNG API SURGA BARU DI PULAU DEWATA SPECIAL : TUAK NIAS - MENANTI SETETES PENGHANTAR MIMPI THE INflIGHT MAGAzINE of lIoN AIR JUlI 2011 TIDAK UNTUK DIBAWA PUlANG

description

Petitenget | Bromo | Museum Bahari | Mainan Tradisional

Transcript of LIONMAG JULY 2011

Page 1: LIONMAG JULY 2011

iLIONMAG JULI 2011

PETITENGETMUSEUM BAHARI

BROMO

NAFAS LAUT DI GUDANG REMPAH

DI TENGAH SABUK GUNUNG APISURGA BARU DI PULAU DEWATA

SPECIAL : TUAK NIAS - MENANTI SETETES PENGHANTAR MIMPI

THE INflIGHT MAGAzINE of lIoN AIR JUlI 2011

TIDAK UNTUK DIBAWA PUlANG

Page 2: LIONMAG JULY 2011

ii LIONMAG JULI 2011

Page 3: LIONMAG JULY 2011

1LIONMAG JULI 2011

Page 4: LIONMAG JULY 2011

2 LIONMAG JULI 2011

LIONMAG JUlI 2011

8 NEWS AROUND

14 LEISURE

16 WISDOM IN THE AIR

20 ECONOMIC FILE

22 DESTINATION | MUSEUM BAHARI

28 TRAVELING | BRoMo

34 DESTINATION | BANTUl

38 SPECIAL | TUAK NIAS

46 DESTINATION | BAlI

50 AUTOMOTIVE

58 TIPS

60 AUTOMOTIVE

62 EVENT

64 POSTCARD

68 TIPS

70 GALLERY

82 LADY IN THE AIR

[ CONTENTS ]

DEBUR oMBAK DI PETITENGET

LOKASI: PANTAI PETITENGET, BALIFOTO : PAUL I. ZACHARIA

COVER HIT

www.issuu.com/lionmagazineCheck our Digital Copy @

Lionmag Inflight Mag

SPECIALSEPEDA50

DI kOTa bEsaR, ORang bERsEpEDa unTuk alasan

pERmaInan Dan OlaHRaga –mEskI sEbagIan

juga unTuk akTIVITas kERja aTau sEkOlaH.

kInI, fakTOR lIngkungan juga jaDI baHan

pERTImbangan. unIknya, banyak pabRIk mObIl

IkuT mEmbuaT sEpEDa.

Foto: MakhFudz Sappe

Page 5: LIONMAG JULY 2011

3LIONMAG JULI 2011

Page 6: LIONMAG JULY 2011

4 LIONMAG JULI 2011

YOUR [email protected]

Contributors

Campbell BridgeSehari- hari Campbell Bridge adalah seorang pengacara di Sidney, Australia. Hobinya pada fotografi telah membawanya pada setiap kesempatan di pelosok Asia Tengah, Himalaya, hingga Asia Tenggara. Dia sangat terpesona dengan budaya keramahan penduduk Indonesia. Sejak tahun 2007 telah aktif menulis kisah-kisah perjalanan di Majalah ini.

Toto SantikoFotografer lepas, tinggal di Jakarta. Mengawali karir di Surabaya, tahun 2000. Sebagai staf foto Harian Radar Surabaya. Tahun 2005 bergabung dengan Jiwa Foto Agency Jakarta. Sejumlah karyanya pernah dimuat media lokal maupun Internasional, seperti koran Tempo, National Geographic Indonesia dan Destin Asia.

Rahmad GunawanRahmad Gunawan saat ini beraktivitas di Galeri Foto Jurnalistik Antara. Ketertarikannya akan fotografi di mulai saat kuliah di Jurusan Seni Musik, fotografi dipelajari secara otodidak dengan referensi buku-buku foto dan informasi pendukung lainya.

Paul I. ZachariaPenggemar foto dan travel ini belajar memotret sejak usia 10 tahun, dan acap menjadi juri lomba foto lokal dan nasional sejak 1987. Sebagai fellow perdana di Indonesia dari lembaga fotografi Royal Photographic Society, Inggris.

Dear Lionmag,Kebetulan saya sering tugas ke luar kota dengan Lion Air. Saya senang membaca majalah Lionmag karena isinya bervariasi. Cuma kalau boleh usul mungkin perlu menambah konten yang berhubungan dengan wanita karena saya lihat masih kurang. Misal, rubrik fashion atau aksesoris wanita. Sherly – Manado

Dear Sherly,Penambahan konten seputar wanita seperti fashion memang sudah ada dalam rencana redaksi kami. Kami menunggu waktu yang tepat untuk mengeluarkannya, jadi tunggu saja ya.

SalamRedaksi

Dear Lionmag,Saya sangat tertarik dengan majalah Lionmag saat dalam perjalanan ke Surabaya. Saya mendapati di dalamnya ada artikel pendek tentang tempat makan. Ini menarik karena bisa jadi rekomendasi tempat makan yang enak. Kebetulan saya memiliki usaha restoran di Jakarta. Bagaimana ya agar restoran saya bisa diliput dan dimuat di Lionmag?Hendra – Jakarta

Dear Hendra,Untuk liputan maupun pemuatan restoran di majalah silahkan Bapak kirim email ke redaksi. Rapat redaksi akan mempertimbangkan masuk tidaknya restoran Bapak di Lionmag.

SalamRedaksi

Kepada Pimpinan Redaksi,Saya senang saat membaca Lionmag dalam penerbangan menuju Maumere. Saya transit di Denpasar dilanjutkan dengan pesawat Wing Air. Di dalam pesawat saya membaca majalah WINGS yang isinya menurut saya menarik. Kira-kira bisakah redaksi memuat tulisan tentang daerah Maumere, Ende, Tambulaka, Kupang dan sekitarnya?Vincentius - Maumere

Dear Vincentius,Daerah Kupang dan sekitarnya sudah pernah kami muat baik di Lionmag maupun WINGS. Tidak menutup kemungkinan kami muat kembali dengan segala informasi terbaru. Jadi ditunggu saja ya.

Salam

Redaksi

Page 7: LIONMAG JULY 2011

5LIONMAG JULI 2011

Page 8: LIONMAG JULY 2011

6 LIONMAG JULI 2011

PRESIDENTDIRECTORRusdi Kirana

DIRECTOROFPRODUCTIONCapt. Ertata Lananggalih

DIRECTOROFOPERATIONCapt. Adi Widjajanto

DIRECTOROFTECHNICSRomdani

DIRECTOROFCOMMERCEAchmad Hasan

DIRECTOROFGENERALAFFAIRS&FINANCEEdward Sirait

GMSALES&MARKETINGRudy Lumingkewas

GMSERVICEAri Azhari

PUBLISHER&EDITORINCHIEFMakhfudz Sappe

EDITORA Gener Wakulu, Ristiyono, Ed Zoelverdi, Priyanto Sismadi, Safari A. Husain

REPORTERWisnu Ridwan Maulana

MARKETINGMANAGERA Gener Wakulu

MARKETINGFransiska Ririn Tri Astuti, G. Hardianto, Rusman Madjulekka, Adriansyah, M. Lottong Makkaraka, Amrul Alam, Irma Herliana

DESIGNERGerald Manuel WangsasaputraRichard Archie F.M (Illustrator)

MARKETINGSUPPORTFarid K

FINANCEAde Kristanti

CIRCULATIONM. Solichin, Ashar Pudding

BALIREPRESENTATIVEFernandito Haka, Yurison Suryantara

PUBLISHEDBYPT BENTANG MEDIA NUSANTARA

ADVERTISINGTel.: +62 (21) 98494404Fax.: +62(21)3151668Email: [email protected]@lionmag.com

HOTLINE LIONMAG: 0821 10 88 22 00

ISSN: 1979-4185

Majalah LIONMAG terbit setiap bulan dan di distribusikan ke seluruh pesawat Lion Air. LIONMAG juga dapat dibaca di seluruh outlet The Coffee Bean, Walnut Cafe dan Dome Coffee.

COCKPIT’S NOTE

sElamaT DaTang bOEIng 737-900ER kE-50

Penumpang yang budiman, pada 30 Juni lalu Lion Air telah 11 tahun mengabdi dan melayani bangsa dan negara Indonesia tercinta dalam bidang transportasi udara. Rasa syukur dan terimakasih terutama kepada Tuhan YME atas segala anugerah yang dilimpahkan sehingga Lion Air tetap maju dan berkembang hingga sekarang. Kepada para pemimpin negeri yang telah menciptakan iklim ekonomi yang kondusif bagi para pelaku usaha dalam menjalankan roda bisnisnya, termasuk di dalamnya Lion Air. Rasa terima kasih juga kepada Menteri Perhubungan yang telah membina dan menaungi kami. Kepada seluruh staf dan karyawan Lion Air atas kerja kerasnya menjadikan Lion Air sukses seperti sekarang. Kami terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh staf dan karyawan. Kami juga berterima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat yang telah mempercayakan perjalanannya kepada Lion Air.

Di awal bulan ini kami kembali menerima armada pesawat Boeing 737-900ER langsung dari pabriknya di Amerika. Pesawat ini merupakan armada ke-50 dari total pesanan sebanyak 178 unit. Dengan terus bertambahnya pesawat baru akan semakin meningkatkan kualitas pelayanan dan semakin memperluas rute penerbangan. Apalagi di bulan Juli ini bertepatan dengan musim liburan sekolah sehingga yang berakibat pada hampir semua rute penerbangan mengalami lonjakkan jumlah penumpang. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kami untuk tetap bisa memberikan layanan terbaik kepada seluruh penumpang.

Selamat menikmati penerbangan Anda.

Salam,

Rusdi KiranaPresident Director

Page 9: LIONMAG JULY 2011

7LIONMAG JULI 2011

Page 10: LIONMAG JULY 2011

8 LIONMAG JULI 2011

NEWS AROUND

JAKARTA-KUALA LUMPUR MULAI Rp. 300.000

Kabar gembira bagi Anda yang ingin bepergian ke Kuala Lumpur karena mulai tanggal 29 Juni lalu Lion Air kembali membuka rute penerbangan ke Kuala Lumpur setiap hari. Dengan jadwal terbang

dari Jakarta pukul 09.05 dan tiba di Kuala Lumpur pukul 12.05. Sedang jadwal terbang dari Kuala Lumpur berangkat pukul 13.00 dan tiba di Jakarta pukul 14.00. Semua proses keberangkatan dan kedatangan di Kuala Lumpur berada di KLIA Main Terminal Building.

Perjalanan Anda akan terasa sangat nyaman karena pesawat yang digunakan adalah pesawat terbaru yaitu Boeing 737-900ER dan Boeing Sky Interior dengan tambahan beberapa fitur unggulan interior kabin pesawat tersebut adalah desain Pivot Bins baru dengan kapasitas yang lebih besar namun memberikan kesan yang lebih luas; Pola penataan lampu LED interior pada langit-langit dan dinding samping yang lebih menarik dan kontur yang lebih futuristik serta memberikan kesan yang lebih lapang; Sistem pencahayaan yang baru,

AlleirA BAtik SIAP KEMBANGKAN MOTIF KHAS SUMATERA UTARA

Alleira Batik siap mengembangkan dan mengkombinasikan motif batik lokal termasuk Sumatera Utara dengan motif dari Jawa yang memang sudah terkenal menjadi sebuah motif yang khas. Hal ini dikatakan Operation Director Alleira Batik Zakaria Hamzah di sela launching Butik Alleria Batik ke-14 di Jalan Iskandar Muda No. 15 , Medan. Sebelumnya Alleria Batik sudah ada di sejumlah kota besar termasuk di luar negeri seperti, Kuala Lumpur, Singapura dan Melbourne. Zakaria mengaku memang sudah mendengar bahwa Sumatera Utara memiliki corak batik sendiri. Karena itu merupakan hal menarik jika dikombinasikan dengan motif yang sudah ada selama ini menjadi ciri Alleria Batik yaitu bright colour.

Alleria Batik merupakan peleburan fashion batik kontemporer dengan desain yang modern. Ragam desain yang ditawarkanpun diproduksi dalam jumlah terbatas,sehingga koleksinya sangat eksklusif. Mengenai alasan pemilihan Sumatera Utara khususnya kota Medan sebagai butik ke-14 Alleria Batik, Zakaria mengatakan, Medan termasuk salah satu barometer fashion di Indonesia serta menjawab keinginan warga Kota Medan khususnya dan Sumatera Utara umumnya yang sudah menantikan batik berkelas.

Untuk tahap awal Alleria Batik menyediakan 800 pieces dengan harga bervariasi mulai Rp 500 ribu.

Anggota DPD RI Parlindungan Purba yang didaulat meresmikan sekaligus memberikan sambutan pada pembukaan butik Alleria Batik ke-14 itu mengatakan, Alleria Batik sangat menghargai budaya lokal yang kaya. Hadir pada peresmian itu anggota DPRD Sumut Brilian Moktar, Ketua Yayasan PRSU Pasununan Pasaribu, Pemimpin Perusahaan Harian Analisa Sutjito Sukirman, Konsul Kehormatan Belanda Ony Setiawan, mantan Sekda Medan Fitriyus dan lainnya.

memberikan pilihan nuansa pencahayaan berbeda, mulai dari efek penyambutan dengan warna soft blue, hingga warna matahari terbenam yang lembut, tenang dan santai. Selain itu, Boeing Sky Interior terbaru dilengkapi Passenger Service Unit baru serta pengurangan tingkat kebisingan akan memberikan suasana kabin pesawat yang lebih tenang.

Sebagaimana slogan Lion Air “We Make People Fly” untuk harga rute ini mulai dari Rp. 300.000 atau RM 88 sehingga akan sangat terjangkau bagi seluruh calon penumpang.

Page 11: LIONMAG JULY 2011

9LIONMAG JULI 2011

Page 12: LIONMAG JULY 2011

10 LIONMAG JULI 2011

NEWS AROUND

PeluncurAn Anmum essentiAl tAnPA GulA tAmBAhAn

Dalam memilih susu yang baik untuk anak jangan pernah coba-coba, pilihlah yang sudah pasti terdapat zat nutrisi di dalamnya. Seiring dengan dinamika perkembangan gaya hidup anak dan pola pemberian nutrisi pada anak, Fonterra Brands Indonesia memperkenalkan produk terbarunya, Anmum Essential Tanpa Gula Tambahan dengan penyempurnaan formulasi terbaru yang digelar di ruang Diamond 1, Hotel Nikko Jakarta, 15 Juni 2011.

Dikemas dalam bentuk talkshow yang menghadirkan dokter specialis anak endoktrin FKUI Jakarta dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K), dokter specialis tumbuh kembang anak dr. Rini Sekartini, Sp.A(K), ahli gizi Marudut, Bsc.MPS, dan dari Fonterra Brands Indonesia Presiden Direktur Maspiyono Handoyo, Direktur Marketing Anmum Vienno Monintja, dan Medical Marketing Manager dr. Muliaman Mansyur.

Maspiyono Handoyo menjelaskan, “Kehadiran produk ini merupakan komitmen Fonterra Brand untuk menciptakan dan menyempurnakan formulasi produk sesuai dengan kebutuhan terkini akan tumbuh kembang anak. Perkenalan Anmum Essential Tanpa Gula Tambahan ini sebagai alternatif solusi atas meningkatnya asupan gula tambahan berlebih dari makanan dan minuman yang dikonsumsi anak.” Untuk itu, kehadiran Anmum Essential Tanpa Gula Tambahan ini meyakinkan anda dalam memilih susu yang tepat dan aman untuk anak.

kAmPAnye sAve Our WOrld kemBAli diGelAr

Menyambut Hari Lingkungan yang jatuh tiap tanggal 5 Juni, AstraWorld kembali menggelar kampanye “Save Our World – Uji Emisi Gratis.” Program ini membantu pengendara mengontrol kadar gas buang kendaraannya. Bagi kendaraan yang gas buangnya sesuai ambang batas yang telah ditentukan, akan mendapatkan sertifikat dan stiker tanda lulus uji emisi.

“Kegiatan ini sebagai komitmen dan bentuk tanggung jawab Astra terhadap lingkungan serta dukungan kami kepada para pemilik mobil,” ujar Bambang Gunawan, Head of Customer Channels Management AstraWorld. Menurutnya, selain mengurangi polutan dari knalpot kendaraan ke udara bebas, dengan melakukan uji emisi berarti pengendara akan mengetahui kondisi mesin kendaraannya. “Emisi yang tinggi menandakan ketidaksempurnaan proses pembakaran mesin mobil,” lanjutnya. Karena itu, dalam kegiatan ini kendaraan-kendaraan yang tidak lulus uji emisi akan direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan di bengkel-bengkel terkait. Karena arti penting uji emisi, kegiatan ini didukung penuh oleh Auto 2000, Astraworld, Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta, PT. Citra Marga Nusaphala Persada dan yang lainnya.

BAnk sulut Best PerfOrmAnce OverAll 2011Bank Sulut mendapatkan penganugerahan predikat Performance Overall 2011 oleh majalah

Infobank pada Jumat, 16 Juni 2011, di salah satu hotel bintang di Jakarta. Penganugerahan tersebut diberikan atas eksistensinya yang terus bertambah.

Dengan survey yang dilakukan oleh media ekonomi ini bertajuk “Bank Service Excllence Monitor (BSEM) 2011” bersama Marketing Research Indonesia (MRI), membuktikan bahwa Bank Sulut merupakan salah satu bank dengan mutu pelayanan terbaik bersama bank papan atas nasional.

Pada peringatan ulang tahunnya yang ke-50, bank kebanggaan Sulawesi Utara dan Gorontalo ini sudah dinobatkan sebagai Bank Terbaik 2011 oleh Majalah Investor. “Bank Sulut mendapat penghargaan khusus sebagai bank dengan pertumbuhan kredit dan laba operasional terbesar”. Ujar Soebowo Musa CEO Kiran Resource, selaku ketua tim juri saat mengumumkan para peraih penghargaan Bank Terbaik 2011, pada Rabu, 1 Juni 2011, di Jakarta.

kutAi kArtAneGArA kOmitmen tinGkAtkAn sektOr PertAniAn

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah berkomitmen agar sektor pertanian

dalam arti luas menjadi salah satu sektor unggulan.Komitmen tersebut untuk mengurangi ketergantungan Pemkab terhadap hasil tambang. Hal tersebut dikatakan Bupati Kukar Rita Widyasari saat jumpa pers bersama Menteri Pertanian RI Suswono dan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak pada puncak Pekan Nasional Petani-Nelayan, Rabu (22/6) di GOR Aji Imbut Tenggarong Seberang. Dimana pembukaan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XIII pada 18 Juni lalu oleh Wakil Presiden RI Boediono ditandai dengan pemukulan gong sekaligus dimeriahkan dengan tari massal yang bertema “Alam Bertuah di Benua Etam”, menggambarkan kekayaan alam dan budaya kutai.

“Pertanian harus terus ditingkatkan, sesuai dengan visi misi arah pembangunan Kukar yang tertuang dalam Gerbang Raja yaitu peningkatan sektor agribisnis,” ujarnya. Rita juga mengatakan Pemkab berusaha agar kegiatan pertanian dalam arti luas bisa meningkat, sehingga panen melimpah dan berkualitas. Hal ini sesuai dengan cita-cita pemimpin Kukat terdahulu H Syaukani HR, yang menginginkan agar Kukar menjadi lumbung beras di Kaltim.

Page 13: LIONMAG JULY 2011

11LIONMAG JULI 2011

Page 14: LIONMAG JULY 2011

12 LIONMAG JULI 2011

MAROS MERAIH PENGHARGAAN ADIPURAPerjuangan Pemerintah Kabupaten

(Pemkab) bersama masyarakat Maros menata dan membersihkan Kota Maros berbuah manis. Maros akhirnya berhasil meraih sertifikat Adipura, padahal persiapan yang dibutuhkan untuk menghadapi penilaian Adipura hanya tujuh bulan. Selain itu Maros juga meraih penghargaan Best Effort. Penghargaan ini diberikan kepada daerah atas upaya peningkatan kualitas kebersihan untuk meraih Adipura.

Bupati Maros HM Hatta Rahman menuturkan sertifikat Adipura ini merupakan prestasi semua warga Maros yang telah turut membantu Pemkab menata dan membersihkan Maros. “Kami optimistis tahun-tahun mendatang akan meraih piala Adipura, karena banyaknya waktu untuk melakukan persiapan dan pembenahan beberapa titik yang masih mendapatkan nilai rendah dari tim penilai,” ungkap Hatta. “Warga Maros patut berbangga karena mendapatkan Piagam Adipura ketika kriteria dan syarat penilaian Adipura dinaikkan. Banyak daerah yang dulu mendapat piala dan piagam kini tidak dapat lagi karena naiknya kriteria penilaian,” lanjutnya.

Passing grade atau kriteria penilaian Adipura tahun ini dinaikkan. Untuk kota besar dari 71 menjadi 73 sedangkan untuk kota kecil dari 73 menjadi 75. Kriteria penilaian juga ditingkatkan, kalau tahun lalu hanya kebersihan, penghijauan dan lingkungan, tahun ini ditambah dengan kebersihan sungai, inovasi yang dilakukan pemerintah hingga pemanfaatan sampah. Bupati Maros menambahkan pihaknya sudah merencanakan persiapan pembenahan untuk penilaian Adipura 2011 mendatang. Beberapa program seperti Jumat Bersih tetap akan digalakkan ditambah dengan program baru seperti pemanfaatan pekarangan dan pembuatan hutan kota, perbaikan trotoar jalan dari batas kota sampai Maros. Selain itu, pembenahan tidak hanya untuk titik penilaian tapi secara menyeluruh. Bupati berharap dukungan warga Maros untuk tetap menjaga bahkan meningkatkan kebersihan agar sertifikat tersebut bisa menjadi piala Adipura di tahun mendatang.

SPEEDy FOTO CONTEST 2011

Home Speedy Home, sebuah tema produk Speedy terbaru bekerja sama dengan komunitas fotografi Telkom Foto 135, mengadakan Speedy Foto Contest yang bertemakan, “BERSAMA KELUARGA

JELAJAHI DUNIA TANPA BATAS”. Dari lomba ini terkumpul sekitar 4.660 foto yang dikirimkan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Penjurian dilakukan di Bandung dengan dewan juri Darwis Triadi, Adithya Zen, Fotografer dan Pakar Digital yang juga terkenal sebagai sutradara dalam pembuatan video klip. Makhfudz Sappe, Fotografer sekaligus Editor in Chief Lionmag. Arif Rudiana, Komunitas Fotografi TELKOM FOTO 135 dan Desnaidi Azis, Perwakilan PT. TELKOM. Dewan juri memutuskan Juara Pertama, A. A. Ngurah Gede Yudiantara dengan judul foto “Jelajahi Dunia Dimanapun Kapanpun”. Berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 20.000.000. Juara Kedua, A.A.Ngr. Anom Manik Agung dengan judul foto “Lihat….”. Berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 10. 000.000. Juara Ketiga, Mia Harjoni dengan judul foto “Semakin Dekat Berkat Speedy”. Berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 6.000.000. Semua pemenang selain mendapat hadiah uang tunai juga mendapat Gratis Langganan Speedy / YesTV 6 bulan.

Page 15: LIONMAG JULY 2011

13LIONMAG JULI 2011

It’s just a “click” awayH O T E L S

AvailableFACEBOOK and MOBILE booking

Wherever you go...

FREE

Internet Access

in all hotel’s premises

Page 16: LIONMAG JULY 2011

14 LIONMAG JULI 2011

LEISURE

HARI INTERNASIONAL PENjAGA PERDAMAIAN PBBHotel Sultan Jakarta bekerjasama dengan RRI World Service - Voice of Indonesia menyelenggarakan radio talk show Diplomatik Forum yang disiarkan secara live sehubungan dengan Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB. Acara ini diselenggarakan oleh United Nations Information Centre (UNIC) Jakarta, mempertemukan beberapa tokoh ikon kontribusi penjaga perdamaian PBB di Indonesia, termasuk Letnan Kolonel Nita Siahaan, MSc., wanita Indonesia pertama yang bergabung dengan PBB menjaga perdamaian operasi, dan CPT. Agus Yudhoyono, yang melalui layanan di Lebanon telah membuat Indonesia satu-satunya negara di dunia di mana Kepala Negara dan anaknya telah menjabat sebagai “baret biru” dalam pelayanan perdamaian dunia. Kepala Misi Penjaga Perdamaian dari Tentara Nasional Indonesia, Brigadir Jenderal I Gede Sunarta, anggota Komisi I Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Ibu Nurhayati Ali Asegaf, MSi, dan Ms Andy Yentriyani (Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan ) beserta narasumber. Acara ini juga dihadiri oleh H.E. Victor Zmeter, Duta Besar Lebanon, negara dimana jumlah terbesar pasukan perdamaian PBB Indonesia saat ini melayani.

RESTORAN BERBENTUK PERAHU DI BIRA

Bira sudah kita kenal dengan pasir putihnya yang membentang di sepanjang bibir pantainya. Kawasan yang terletak di semenanjung selatan Provinsi Sulawesi Selatan ini memang sudah terkenal –bahkan di dunia internasional untuk wisata bahari. Mulai dari rekreasi pantai hingga aktivitas snorkeling dan diving.

Untuk mendukung itu, Bira tentu perlu fasilitas akomodasi yang memadai. Tapi pengunjung Tanjung Bira kini tidak perlu kuatir, karena sebuah resto sekaligus hotel dengan 10 kamar yang semuanya view ke laut kini sudah berdiri di Bira. Letaknya bahkan sangat istimewa, menggantung persis di tebing yang menghadap ke laut lepas, Selat Selayar.

Uniknya pula, restaurant yang diberi nama d’prahu dibentuk menyerupai perahu Pinisi. Bahkan memang persis kapal tradisional Pinisi. Demikian pula dengan disain ruangan, perabot hingga lorong-lorong di dalamnya. Tentu saja hal tersebut merupakan nilai tambah bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana khas Bira, Sulawesi Selatan yang terkenal dengan pembuat perahu dan pelaut ulungnya.

AnDA ResoRtPantai Bira – Bulukumba Sulawesi Selatan

JAzz IN HARMONy

Hotel Santika Premiere Jakarta kembali sukses menggelar acara Jazz in Harmony. Acara yang diselenggarakan di The Harmony Restaurant itu dihadiri oleh para pecinta musik Jazz yang ingin menyaksikan secara langsung

penampilan para musisi Jazz Indonesia yang legendaris seperti Idang Rasjidi dan Margie Segers. Dengan diiringi band Syndicate, Idang berkolaborasi dan bernyanyi bersama Margie membawakan lagu-lagu Jazz lawas seperti ”Semua Bisa Bilang”. Tak cukup dengan berkolaborasi bersama Margie, Idang Rasjidi juga menghadirkan penyanyi Jazz berbakat lainnya yaitu Sastrani Titaranti dengan suara sopran nya yang luar biasa, juga Kemala Ayu dengan husky voice nya yang sangat khas.

Di sepanjang sisa tahun 2011 ini, Jazz in Harmony akan diadakan satu kali setiap bulannya, yaitu di Jumat terakhir. ”Kami sengaja menghadirkan bintang tamu yang berbeda untuk tampil bersama Idang pada setiap edisinya, agar pengunjung dapat menikmati performance yang berbeda dan acara tidak menjadi monoton” ujar Rizdania Herlendita selaku Public Relations Manager Hotel Santika Premiere Jakarta. Selain pengisi acara yang berbeda, menu buffet yang disajikan baik makanan Indonesia, Western dan Asian-nya juga bervariasi agar pengunjung tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Page 17: LIONMAG JULY 2011

15LIONMAG JULI 2011

Page 18: LIONMAG JULY 2011

16 LIONMAG JULI 2011

WISDOM IN THE AIR

W ill Smith mendapatkan nominasi Piala Oscar dan meraih pemeran utama pria terbaik versi Golden Globe untuk perannya sebagai Chris Gardner, seorang penjual

alat kesehatan yang mengalami kebangkrutan dan menjadi tuna wisma bersama anaknya yang masih kecil, Christoper Gardner, Jr. Film yang diangkat dari kisah nyata ini jauh dari hiruk pikuk tipikal film Hollywood yang syarat dengan aksi dan tampilan serba glamor. Dalam film yang dilakoni Will Smith beserta putranya, Jaden Smith, dua insan yang sempat mengecap manisnya kehidupan harus menghadapi realita pahit. Setelah menginvestasikan tabungan keluarga mereka untuk memborong portable bone scanner yaitu alat pengukur kepadatan tulang yang bisa dijinjing. Gardner benar-benar mengalami kebangkrutan karena penjualan alat tersebut tidak sebagus perhitungannya. Setelah gagal membayar angsuran rumahnya dan ditinggal oleh istrinya, Linda, Gardner dan putra kecilnya praktis hidup sebagai gelandangan. Dalam satu kesempatan singkat karena berbagi taksi dengan Dean Witter, seorang manajer investasi, Gardner berhasil menunjukkan kecerdasannya dengan memecahkan permainan kubus. Pertemuan singkat tersebut memberikan peluang bagi Gardner untuk magang sebagai pialang investasi meskipun ia harus membayar taksi karena Witter yang turun lebih dulu tidak memiliki uang kecil. Gardner terpaksa melarikan diri dari supir taksi tersebut namun dalam upaya tersebut ia kehilangan salah satu bone scanner yang hendak dijualnya.

Dengan kegigihan seorang pencari kerja, ketangguhan seorang ayah dan impian seorang manusia, Gardner melakukan berbagai upaya untuk bisa bersaing dengan sembilan belas orang pegawai magang lainnya, menghidupi anaknya, dan mencapai kebahagiaannya. Tahun yang berat itu dilalui Gardner dengan berebut ransum makanan dan tempat menginap di Glide Memorial United Methodist Church. Dalam satu kesempatan, karena tidak berhasil mendapat tempat menginap,

”... POVERTY IS A FUNCTION OF BAD LUCK AND BAD CHOICES, AND SUCCESS THE RESULT OF HEROIC TOIL AND DREAMS.”

Manohla Dargis – The new York TiMes

Gardner dan putranya terpaksa tidur di WC umum. Di sela-sela pertarungannya mempertahankan hidup dan menghidupi putra kecilnya, Gardner harus mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir menjadi pialang investasi yang seringkali harus ia lalui dengan penerangan yang sangat minim, kondisi fisik yang kelelahan serta perut yang lapar.

Titik terang dalam kehidupan Gardner diawali dengan ditemukannya bone scanner-nya yang hilang namun dalam kondisi rusak. Dengan menjual darah, Gardner akhirnya bisa membeli komponen yang rusak sehingga bone scanner-nya tersebut dapat berfungsi kembali. Ia pun berhasil menjual bone scanner terakhirnya itu dan mendapatkan tambahan sedikit uang untuk menyambung hidupnya. Singkat cerita, Gardner pun dipanggil menghadap para manajer di perusahaan investasi tempat ia magang dan ia pun dinyatakan lulus serta ditawari posisi sebagai salah satu broker investasi di perusahaan tersebut. Dengan berlinang air mata, Gardner berlari menemui anaknya dan memeluknya erat-erat. Seluruh perjalanan berat menelusuri rimba penderitaan telah berakhir dan kini tiba saatnya untuk mulai merintis kebahagiaan. Dalam epilog dijelaskan bahwa Gardner akhirnya berhasil mendirikan perusahaan investasi miliknya sendiri yang bernilai jutaan dolar.

Bahagia memang tidak identik dengan kaya. Namun tanpa kecukupan pangan, sandang dan papan, sulit bagi seseorang untuk bisa mengecap kebahagiaan. Ada yang disebut dengan

Menelusuri Jalan KebahagiaanOlEH: jEmy V. COnfIDO

Page 19: LIONMAG JULY 2011

17LIONMAG JULI 2011

Page 20: LIONMAG JULY 2011

18 LIONMAG JULI 2011

anak remaja di sana, Sung-Bong melakukan apa saja untuk menyambung hidup. Mulai dari tidur di WC umum hingga hidup di jalanan dengan menjajakan permen karet dan energy drinks. Sung-Bong juga mengambil ujian persamaan sebagai ganti karena ia tidak bisa mengenyam pendidikan sekolah dasar. Ia pun berhasil lulus dari Daejeon Arts High School di bidang seni namun tidak mampu melanjutkan pendidikannya ke tingkat profesional karena kondisi keuangannya. Namanya mencuat kepermukaan ketika ia muncul di acara Korea’s Got Talent. Dengan penampilannya yang sangat sederhana, Sung-Bong tampil di atas panggung dan sekilas menuturkan kisah hidupnya saat menjawab pertanyaan juri. Sesaat setelah melantunkan suaranya yang setipe dengan Andrea Bocelli, para juri dan ratusan penonton di studio tersentak. Jutaan lainnya yang menyaksikan lewat televisi dan You Tube pun terharu. Tak urung, Song Yun-Ah, juri yang merupakan aktris kebanggaan rakyat Korea itu pun menitikkan air mata. Hebatnya lagi, Sung-Bong berlatih menyanyi tanpa bimbingan pelatih. Ia hanya terinspirasi oleh seorang penyanyi di bar yang dilihatnya dari luar jendela.

Di tanah air kita, jutaan orang melangkah menelusuri jalan kebahagiaan setiap paginya. Mulai dari para top executive perusahaan besar, para pejabat kantor pemerintahan, para karyawan, para pedagang di pasar, toko-toko, dan kaki lima hingga para petugas parkir, pengemudi bus kota, bajaj dan ojek. Masih banyak lagi yang bisa kita tambahkan ke dalam daftar tersebut seperti para petugas satuan pengamanan, pedagang asongan hingga para pemulung. Perjalanan mencapai kebahagiaan seolah menjadi hakikat dan perjuangan setiap insan yang hidup di muka bumi ini dan mungkin tertulis dalam setiap dasar negara meskipun dengan kalimat yang berbeda-beda. Perjalanan yang sepertinya dirancang untuk tidak akan segera berakhir. Tidak juga bagi Sung-Bong, meskipun kelak ia memenangi reality show populer tersebut. Namun, seperti halnya Gardner, kita bisa berlari kepada orang-orang yang kita cintai dan memeluk mereka dengan berlinang air mata di saat kita menemukan titik terang dalam perjalanan yang menjadikan kita pahlawan di mata mereka tersebut. (www.jemyconfido.com)

WISDOM IN THE AIR

kebutuhan dasar manusia atau basic needs yang harus dipenuhi agar seseorang bisa hidup dengan layak. Selain ketiga hal di atas, kita bisa menambahkan keamanan, kesehatan, dan pendidikan untuk bisa hidup layak tersebut. Selanjutnya, kesempatan untuk menikmati hiburan, penerimaan di lingkungan sosial masyarakat dan pengakuan sebagai orang yang berhasil menjadi tiga hal lainnya yang juga ingin dinikmati dan dicapai oleh manusia pada umumnya agar merasa bahagia. Sungguh sebuah perjalanan yang tidak singkat dan tidak mudah untuk dilalui bagi sebagian besar orang. Dalam perjalanan yang seperti tak berujung tersebut, sebagian memilih menyerah, sebagian memilih untuk mencari jalan pintas dan sisanya tetap bertahan.

Bagi mereka yang bertahan seperti Gardner, mereka biasanya memiliki alasan yang sangat kuat untuk meninggalkan jurang nestapa. Alasan-alasan tersebut bervariasi mulai dari agar tidak lagi mengalami lapar, haus dan dinginnya malam hingga agar tidak dihina oleh orang lain. Namun dari berbagai alasan tersebut, alasan yang paling kuat adalah agar bisa membahagiakan orang yang dicintai. Dalam kasus Gardner, orang tersebut tidak lain adalah putranya tercinta. Chris Gardner bisa saja menjadikan alasan untuk meraih kebahagiaan tersebut sebagai pembuktian terhadap mantan istrinya yang meninggalkan dia di saat-saat terpuruk. Namun alasan seperti itu tidak akan memotivasi untuk bersikap positif di saat-saat ia berada dalam tekanan.

Gardner tentu bukanlah satu-satunya orang yang berkeinginan keras untuk menelusuri jalan panjang menuju kebahagiaan. Banyak kisah-kisah mengagumkan seperti itu dilalui oleh para pahlawan kebahagiaan. Sebut saja Hsieh Kun-San di Taiwan dan Choi Sung-Bong di Korea Selatan. Dengan kehilangan kedua kaki dan tangannya pada saat berusia dua belas tahun, Kun-San berhasil menjadi pelukis terkenal dan membangun keluarga yang bahagia serta dikarunai dua putri yang dibinanya dengan penuh kasih sayang. Perjuangan Choi Sung-Bong tak kalah inspiratif. Harus mengarungi kerasnya kehidupan ini sebatang kara sejak berusia lima tahun karena melarikan diri dari panti asuhan setelah dipukuli oleh anak-

Perjalanan mencapai kebahagiaan seolah menjadi hakikat dan perjuangan setiap insan yang hidup di muka bumi ini dan mungkin tertulis dalam setiap dasar negara meskipun dengan kalimat yang berbeda-beda.“ “

Page 21: LIONMAG JULY 2011

19LIONMAG JULI 2011

Page 22: LIONMAG JULY 2011

20 LIONMAG JULI 2011

ECONOMIC FILE

M elonjaknya harga-harga dunia komoditas sumber daya alam di tahun 2008 dan kemungkinan tetap tingginya harga dunia komoditas di masa datang mengundang kembali pemikiran peranan

sektor komoditas bagi pembangunan, khususnya negara-negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam seperti Indonesia. Satu dari banyak pertanyaan yang timbul adalah apakah Indonesia dapat terus menekankan pembangunannya kepada sektor manufaktur, atau mengalihkan perhatiannya kepada peningkatan produksi komoditas .

Tidak bisa dibantah bahwa peran sektor komoditas bagi ekonomi Indonesia sangat penting. Seperti ditunjukkan oleh penelitian Bank Dunia, pada beberapa dekade yang lalu Indonesia relatif berhasil memanfaatkan peningkatan harga minyak dunia untuk memberikan dampak yang besar bagi pembangunan ekonomi di Indonesia dan secara keseluruhan membantu menurunkan tingkat kemiskinan . Saat ini sektor komoditas menyumbang seperempat dari PDB dan lebih dari seperlima dari keseluruhan penerimaan pemerintah. Indonesia juga adalah salah satu eksportir komoditas terbesar dunia, suatu posisi yang dapat terus meningkat dengan besarnya sumber daya alam yang belum ditemukan maupun digunakan.

Akan tetapi, pembangunan yang didorong oleh sektor komoditas telah lama menjadi hal yang diperdebatkan para ekonom. Terdapat banyak contoh bahwa tingginya kebergantungan terhadap komoditas akan membawa dampak yang buruk, seperti dampak gejolak harga dan buruknya pengelolaan penerimaan negara dari sektor komoditas yang erat kaitannya dengan korupsi dan lemahnya institusi publik. Kekhawatrian lain dari ketergantungan terhadap sektor komoditas adalah munculnya ‘penyakit Belanda’ (Dutch disease) dimana peningkatan penerimaan sumber daya alam meningkatkan pendapatan, meningkatkan harga-harga, memperkuat kurs tukar dan menarik produksi ke sektor berbasis sumber daya alam yang berdampak pada rendahnya tingkat penciptaan lapangan kerja. Hal menyebabkan beberapa ekonom berpandangan bahwa Indonesia harus tetap mendorong pengembangan sektor manufaktur yang padat karya.

Sebaliknya, beberapa ekonom lain mengatakan bahwa secara ekonomi akan lebih baik bagi Indonesia menggunakan keunggulan sektor komoditas untuk menciptakan kesempatan pembangunan. Argumen ini dilandasi oleh adanya kesempatan

yang dapat diambil oleh Indonesia dengan tingginya harga-harga dunia komoditas seperti sekarang ini.

Harga-harga dunia komoditas yang tinggi dapat memberikan Indonesia kesempatan baru untuk membangun strategi pertumbuhan yang tinggi berskala luas, dan berkelanjutan. Beberapa negara dapat memanfaatkan sumber daya alam untuk memberikan pertumbuhan yang berkepanjangan tanpa menihilkan pembangunan sektor manufakturnya. Australia, Kanada, Swedia dan Amerika Serikat menunjukkan bahwa kekayaan sumber daya alam dapat mendorong strategi pertumbuhan ekonomi yang berskala luas. Dengan demikian, Indonesia juga memiliki cukup alasan untuk mengandalkan peran penerimaan dari sektor komoditas sumber daya alam untuk membangun ekonominya. Pemerintah seyogyanya dapat memanfaatkan keuntungan yang dihasilkan dari sektor komoditas dalam menerapkan strategi pembangunan berskala luas yang ambisius seperti peningkatan prasarana infrastruktur

Kunci dari keberhasilan pemanfaatan sektor komoditas bagi pembangunan terletak pada pelaksanaan kebijakan untuk menarik investasi dan diversifikasi ekonomi guna menghindari penyakit Belanda sekaligus mengurangi dampak siklus lonjakan harga komoditas. Oleh karena itu strategi ideal sebaiknya terfokus pada peningkatkan daya saing perekonomian, dengan penekanan khusus pada pembenahan rantai dan prasarana logistik, pemanfaatan PMA dalam meningkatkan keahlian, serta pengembangan industri ilmu pengetahuan, terutama dibidang-bidang di mana Indonesia memiliki keunggulan komparatif. Peningkatan daya saing tersebut juga dapat mencegah penyakit Belanda sehingga membantu penciptaan pekerjaan untuk menyerap sebanyak-banyaknya 1,5 juta atau lebih tenaga muda Indonesia yang masuk ke pasar tenaga kerja setiap tahunnya. Sementara itu gejolak kurs tukar valuta akibat fluktuasi harga dunia komoditas dapat diturunkan melalui penciptaan dana cadangan untuk mengamankan tingginya penerimaan dari tingginya harga komoditas.

Walaupun Indonesia telah memperoleh banyak keuntungan dari peningkatan harga komoditas pada beberapa tahun terakhir, kesempatan untuk memanfaatkan peningkatan harga dunia tersebut belum sepenuhnya dimanfaatkan guna meningkatkan daya saing perekonomian. Disatu pihak, keuntungan negara dari tingginya harga komoditas

MEMANFAATKAN SEPENUHNyA HARGA KOMODITAS TINGGI BAGI PEMBANGUNAN INDoNESIA OlEH: syamsu RaHaRDja

Page 23: LIONMAG JULY 2011

21LIONMAG JULI 2011

dibelanjakan kurang produktif, seperti subsidi bahan bakar minyak yang berlebihan yang sebagian besar dinikmati penduduk yang bukan miskin, dan bukan pada peningkatan investasi infrastruktur publik. Indonesia seharusnya dapat mengingat keberhasilannya di era ‘70an dalam menggunakan penerimaan sektor komoditas untuk investasi publik khususnya infrastruktur pertanian dan perhubungan.

Dilain pihak, beberapa masalah iklim investasi di Indonesia belum sepenuhnya membantu peningkatan investasi di beberapa sektor komoditas seperti pertambangan dan minyak bumi yang pada gilirannya mengurangi respon sisi produksi terhadap peningkatan harga dunia komoditas . Sebagai contoh, di tengah tingginya minta investasi di sektor pertambangan, Undang-Undang tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba) tahun 2009 tampaknya masih menyisakan ketidakpastian hukum bagi investor baru dan investor yang telah beroperasi selama bertahun-tahun.. Menggunakan prospek tingginya harga dunia komoditas, kejelasan aturan di sektor pertambangan juga dapat memicu respon yang lebih antusias dari investor dalam dan luar negeri.

Tantangan lain adalah meredam dampak negatif gejolak harga komoditas khususnya pangan terhadap penduduk miskin. Dalam jangka pendek hal ini dapat dikurangi melalui upaya bantuan langsung tunai yang tepat sasaran. Namun dalam jangka menengah, perlu upaya serius untuk meningkatkan diversifikasi dan produktivitas sektor pertanian yang memungkinkan peningkatkan pendapatan petani. Termasuk dalam upaya ini adalah memangkas biaya transaksi dan hambatan birokrasi yang mengekang transportasi barang-barang dengan cepat dan murah.

Pemerintah juga dapat mengurangi masalah-masalah ketimpangan pemerataan dan pengelolaan yang berhubungan dengan produksi komoditas yang lebih tinggi juga dapat melalui redistribusi keuntungan yang diperoleh dari tingginya harga komoditas dengan cara yang mendukung stabilitas sosial dan politik. Lonjakan naik sumber daya alam dapat meningkatkan ketidakmerataan pembangunan antar daerah di Indonesia dan makin terbukanya celah bagi praktek kolusi dan korupsi. Pemerataan bagi hasil antar daerah, mereformasi sektor publik untuk memberikan layanan masyarakat yang lebih baik, dan menyelenggarakan sistem kesejahteraan sosial untuk mendukung kaum miskin akan membuat pertumbuhan yang lebih melibatkan dan lebih bermanfaat untuk menurunkan potensi ketidakstabilan politis.

Mempertimbangkan seluruh faktor-faktor tersebut, strategi menyeluruh untuk sepenuhnya memanfaatkan tingginya harga komoditas akan memberikan manfaat bagi Indonesia melalui memaksimalkan penerimaan dari peningkatan produksi sumber daya alam sementara menggunakan sebagian dari keuntungan yang diterima untuk membangun ekonomi bersaing berskala luas yang dapat memberikan lapangan kerja jangka panjang bagi rakyat Indonesia untuk keluar dari kemiskinan.

SyamsuRahardja,ekonomseniorBankDuniayangberkantordiJakarta.Sejaktahun2006iaberkonsentrasipadatopik-topikyangberkaitandenganperdagangandansektorprivat

Page 24: LIONMAG JULY 2011

22 LIONMAG JULI 2011

DESTINATION | MuseuM Bahari

di gudang reMpah

museum BAhAri JAkArtA

nafas laut

Page 25: LIONMAG JULY 2011

23LIONMAG JULI 2011

DaHulunya aDalaH guDang REmpaH-REmpaH mIlIk VOC, lalu DIjaDIkan guDang sEnjaTa jEpang,

HIngga jaDI musEum baHaRI. lanTaI bawaHnya kInI mElEsak TuRun 80 Cm.

Setelah ratusan tahun berlalu, tentu banyak yang berubah di kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa dan sekitarnya. Tapi ada juga yang tidak berubah. Meski lalu-lintas sudah sedemikian ramai. Teknologi transportasi pun sudah berubah. Hanya, menara pengawas pelabuhan yang dibangun

Belanda itu masih berdiri tegak. Demikian pula dengan galangan kapal VOC, yang kini diberi nama “Galangan VOC” dan dimanfaatkan untuk kafe dan restoran. Sementara satu bangunan lagi, yang dulu berfungsi sebagai gudang rempah-rempah kini menjadi museum. Museum Bahari.

Ya, sebelum zaman pendudukan Hindia Belanda, VOC (Vereningde Indische Compagnie), perusahaan dagang Belanda yang merintis, mengaduk-aduk hasil bumi Nusantara, lalu mendirikan basis di Pelabuhan Sunda Kelapa, hingga muncullah kemudian kastil Batavia. Belanda kemudian membagi komplek bangunan-bangunan tersebut. Bangunan-bangunan di sisi timur

TEks: gEgEn fOTO-fOTO: wIsnu RIDwan

digunakan untuk gedung-gedung VOC. Sementara bangunan di sisi barat untuk gudang rempah-rempah, kayu dan tekstil. Di tengahnya adalah kanal yang bermuara ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Inilah kawasan perniagaan yang penting, sibuk dan dijaga ketat. Kapal-kapal besar dan kecil hilir-mudik mengangkut rempah-rempah seperti cengkeh, buah pala, lada, kayu manis, kayu putih, tembakau, kopra, daun teh, biji kopi dan lain-lain untuk diangkut ke Eropa dan beberapa negara lain di dunia.

Gudang rempah itu sendiri dibangun pada tahun 1652, dengan konstruksi tiga lantai, menghadap ke Teluk Jakarta. Di sebelah kanan, tak jauh dari gudang itu dibangun Menara Syahbandar pada tahun 1839. “Sebenarnya, pembangunan gudang ini sempat terhenti, ketika Belanda sedang berperang melawan Sultan Hasanduddin dari Gowa atau Sultan Ageng Tirtayasa dari Banten, dana pembangunan sudah tersedot habis ke urusan perang,” cerita Muhammad Isa, Bagian Koleksi di Museum Bahari Jakarta ketika ditemui LIONMAG.

Page 26: LIONMAG JULY 2011

24 LIONMAG JULI 2011

Kemudian, pada era Jepang, gudang itu digunakan sebagai depo perbekalan alias logistik perang. Kemudian, setelah Indonesia Merdeka difungsikan untuk gudang logistik PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan PTT (Pos Telepon dan Telegraph)

Pemda DKI kemudian mengambilalih bangunan ini lalu merenovasinya. Pada tanggal 7 Juli 1977, Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin meresmikannya sebagai Museum Bahari.

Di dalam museum bisa kita temukan berbagai benda peninggalan VOC Belanda, replika perahu, foto-foto dan berbagai lukisan, alat bantu navigasi pelayaran hingga para pahlawan Indonesia yang bernafaskan kebaharian.

Kalau mau dihitung, terdapat sekitar 125 koleksi benda-benda sejarah kelautan, terutama kapal dan perahu-perahu niaga tradisional. Di antara puluhan miniatur yang dipajang terdapat 19 koleksi perahu asli dan 107 buah miniatur, foto-foto dan biota laut lainnya. Termasuk di dalam koleksi yang penting adalah perahu tradisi asli Lancang Kuning (Riau), Perahu Phinisi Bugis (Sulawesi Selatan), Jukung Karere (Irian) berukuran panjang 11 meter.

Mulai dibangun tahun 1652, pembangunan gudang rempah-rempah ini sempat terhenti beberapa kali, lantaran perang Belanda melawan Sultan Hasanuddin Raja Gowa, lalu Sultan Ageng Tirtayasa dari Banten. Seluruh kekuatan dan dana pembangunan tersedot untuk perang.

ADA SEKITAR 125 KOLEKSI BENDA-BENDA SEjARAH KELAUTAN,

ADA 19 KOLEKSI PERAHU ASLI DAN 107 RELIKA MINIATUR.

“DESTINATION | MuseuM Bahari

Page 27: LIONMAG JULY 2011

25LIONMAG JULI 2011

Page 28: LIONMAG JULY 2011

26 LIONMAG JULI 2011

Arsitek kolonial Belanda mempersiapkan bangunan berlantai tiga itu agar dapat bertahan lama terhadap serangan badai laut tropis yang mengandung garam. Tembok sekeliling gudang sangat tebal dengan tiang-tiag penyangga langit-langit yang kokoh menggunakan kayu kayu ulin (kayu besi) berukuran besar sehingga tak gampang keropos dari gangguan cuaca maupun rayap.

Tiang-tiang penyangga itu masih kokoh menopang tiap lantai ruangan hingga kini. Sirkuasi udara di dalam ruangan boleh dibilang baik, sehingga rempah-rempah yang tersimpan bisa bertahan lama. Disain pengaturan sirkulasi udara menjadikan seluruh ruangan terasa sejuk dengan puluhan jendela besar pada tiap ruangan –terbuka siang-malam sepanjang masa. Sehingga rempah-rempah tetap segar sebelum dikirim.

Namun sebenarnya museum ini tidak sepenuhnya aman dari gangguan alam. Terjangan badai tropis dan pasang-surut air laut membuat gedung museum melesak 80 cm ke dalam tanah. Akibatnya, pintu-pintu di lantai bawah tampak jadi lebih pendek. Plafon ruang pamer di lantai bawah menjadi lebih pendek, sehingga wisatawan asing yang bertubuh jangkung mesti menundukkan kepala saat masuk.

Untuk ukuran sebuah museum, Museum Bahari ini tergolong agak sepi pengunjung. Sesekali wisatawan asing datang. Angin laut yang menerobos dari jendela dan sela-sela bangunanlah yang menemani benda-benda koleksi sejarah yang kesepian itu. Meniupnya semilir dari tahun ke tahun.

Kini bangunan museum telah amblas 80 cm ke dalam tanah akibat terjangan badai dan tekanan pasang-surut air laut. Plafon ruang bawah jadi lebih pendek.

BANGUNAN TIGA LANTAI MEMILIKI PULUHAN jENDELA YANG SENANTIASA TERBUKA, MENGATUR

SIRKULASI UDARA DI DALAM RUANGAN AGAR REMPAH-REMPAH TAHAN LAMA.

DESTINATION | MuseuM Bahari

Page 29: LIONMAG JULY 2011

27LIONMAG JULI 2011

Page 30: LIONMAG JULY 2011

28 LIONMAG JULI 2011

TRAVELING | BroMo

A WAll of ASH, SMoKE AND STEAM coNfRoNTS yoU oN THE fINAl clIMB UP To THE cRATER of BRoMo;

28 LIONMAG JULI 2011

Page 31: LIONMAG JULY 2011

29LIONMAG JULI 2011

The result of this major eruption was chaos. Ash and other debris spewed from the volcano, blanketing the

land for kilometres around. Trees and crops were destroyed, houses severely damaged, and the risk of damaging lava flows, mudslides, and rainy season related flooding dramatically increased. Authorities issued specific warnings for Perahu Ravine, Nganten Ravine and the Sukapura River, especially around Cemorolawang, Ngadisari and Ngadirejo.

The problems associated with eruption were not confined to the ground. The large amounts of ash and dust thrown high and the atmosphere by the volcano caused mayhem with airline scheduling in eastern Indonesia, particularly around Bali. With an ash cloud extending over 300 kilometres east of Bromo at an altitude of 6000 metres, many international and domestic flights from many carriers were cancelled.

Having been to Bromo some seven years earlier, I still have vivid memories of Bromo Tengger Semeru National Park. The spectacle of the Tengger caldera, steaming Bromo and other volcanoes in the foreground, and Semeru lording over all of them, remains one of the most

BromojOuRnEy InTO THE RIng Of fIRE

extraordinary geological spectacles on this earth. I was keen to go back in March 2011 for many reasons, including seeing for myself the effect of the January eruption.

The road from Surabaya follows the coast, then slowly climbs through villages, rice fields and then vegetable gardens before the last steep ascent to the volcanoes. Even many kilometres from the volcano, it was abundantly clear that the January 2011 eruption was a major event. The roads leading towards the volcanoes were severely damaged in places, or were subjected to both large and small landslides with large amounts of ash and soil dumped on the steep hillsides by the eruption. Large boulders as well as damaged and destroyed trees were still being cleared from the roads.

The steep climb to the southern caldera crater rim at Cemoro Lawang involves skirting steep gullies and stream courses strewn with boulders and obviously badly affected by flooding and landslides. The green verdant market gardens which I recall so well from my previous visit were now fields of black dust and soil, mercifully with plenty of fresh vegetables already showing through the blanket of ash and debris. With bent and twisted trees, and a coating of black

In januaRy 2011

afTER TwO

nEaRly mOnTHs

Of COnsTanT

TREmORs anD

RumblIng, mOunT

bROmO ExplODED.

wHIlE THE bEsT-

knOwn anD mOsT

aCCEssIblE VOlCanO

In EasT jaVa HaD

bEEn THREaTEnIng

a majOR ERupTIOn

by THROwIng OuT

VOlCanIC asH anD

OTHER buRnIng

maTERIal sInCE

DECEmbER 2010, IT

fInally ERupTED

VIOlEnTly On 21

januaRy 2011.

TExT & pHOTOs: CampbEll bRIDgE

Page 32: LIONMAG JULY 2011

30 LIONMAG JULI 2011

and grey ash over everything, the whole scene on approach to Bromo looked far more sinister than on my previous visit.

With my car struggling at times on the road through the landslides and intermittent heavy rain, my arrival at Cemoro Lawang in search of the panorama there was less than confidence inspiring. Instead of the wonderful spectacle of Bromo and Semeru which I recall so well from years earlier, I was met with a thick fog and visibility no more than about 15 metres. The almost dark surreal atmosphere was exacerbated by the Tengarrese locals protecting themselves from the damp cold by sitting in small tight huddles reminiscent of penguins in Antarctica.

I told myself as I stood in the freezing air that this was supposed to be Java - described by Alfred Wallace as “that noble and fertile island—the very garden of the East, and perhaps upon the whole the richest, the best cultivated, and the best governed tropical island in the world”. What I saw when I arrived may well have been Java, but it certainly did not appear either rich, well cultivated or tropical.

You can always rely on Indonesia for a surprise and Java is no different. In the late afternoon, the clouds parted - leaving the spectacle of a steamy still angry Bromo right before my eyes. While on

my previous visit Bromo was docile, with Semeru regularly pumping out clouds of steam and ash, on this occasion there was so much smoke and steam coming out of Bromo that Semeru in the distance was almost totally obscured.

No trip to Bromo is complete without the journey to the viewpoint at Mount Penanjakan. The complete Bromo predawn ritual involves either walking or taking a jeep to the high vantage point giving an unparalleled view of the Tengger Caldera. The January 2011 eruption severely damaged the road providing access to this point. On the theory that when one door closes, another door opens, the closure of the road provides yet another form of business for the Tengger horsemen who desperately try to rent you a pony for more than the market rate to carry you the last few hundred metres up the steep track to the high lookout.

However often one sees it, you never tire of the sunrise spectacle from Penanjakan. Bromo still belching smoke and steam dominates the scene. The towering cone of Semeru in the distance also puffs away. To the east and its dazzling sunrise, thin layers of cloud and almost iridescent purple light cover the rippling ridges of East Java and the Lamongan and Iyang- Argapura volcanoes.

The area immediately surrounding the crater is even more like a desert, this time a mixture of colours between grey and gun barrel black. A somewhat optimistically built stairway up to the actual rim of the crater of Bromo itself is almost entirely buried in ash.

TRAVELING | BroMo

(LEFT) THE SEA OF SAND AND THE TEMPLE OF PURA LUHUR; (TOP) YOU CAN CROSS THE SEA OF SAND ON HORSEBACK

Page 33: LIONMAG JULY 2011

31LIONMAG JULI 2011

Page 34: LIONMAG JULY 2011

32 LIONMAG JULI 2011

a treacherous history of erupting violently without any warning. Mercifully, on this day the dark and destructive side of Bromo remains deep inside the mountain.

When the time comes to leave the summit, the best choice is an exhilarating sprint down the steep volcanic sands which fall away for hundreds of metres on all sides of the crater. Drawing breath at the bottom, I wander a couple of kilometres on foot through the ash and dust desert with the horsemen transporting people back across the Sea of Sand from the very foot of Bromo, then past the surreal looking Tenggarese Hindu temple of Pura Luhur Poten right under the slopes of the Batok volcano. Behind me Bromo continues to belch smoke and steam hundreds of metres into the air above the crater rim. There is nowhere quite like this extraordinary place.

TRAVELING | BroMo

TraveL InforMaTIonLION AIR HAS MANY DAILY NONSTOP FLIGHTS

TO SURABAYA’S jUANDA INTERNATIONAL

AIRPORT FROM jAKARTA, MAKASSAR,

MANADO, YOGYAKARTA, DENPASAR AND

OTHER CITIES. BROMO IS A FOUR HOUR DRIVE

FROM THE AIRPORT.

PAK RONI AT jAVACANCES TOURISM

ARRANGES ExCELLENT BROMO TOURS,

AS WELL AS CAR (AND HORSE) HIRE. THE

COMPANY IS HIGHLY RECOMMENDED.

CONTACT DETAILS ARE:

JavaCanCes TourIsM servICe neTworkDARMO TRADE CENTRE SURABAYA LANTAI

DASAR ATAS BLOK A/K NO. 168-169 & 503-504.

EAST jAVA - INDONESIA

SMS CENTRE: +6281703032333

CELL PHONE: +6285730555530

EMAIL : [email protected]

MAIN WEBSITE :

http://www.javacances.com

http://www.semerutours.com

http://www.bromo-tours.com

After taking in the sunrise as only Penanjakan can present it, the pilgrimage en masse of visitors from the high lookout across the sea of sand begins. Descending into the caldera and the Sea of Sand, the damage from the January eruption is readily apparent. Trees not unlike Australia’s tall stately casuarinas have been bent and deformed by a combination of heat and ash. There are cracks in the ground and deformed hillsides. Unlike my previous visit the Sea of Sand on this occasion is covered with a deep layer of fine dark grey ash. Many large boulders scattered around to remind us of the damage or destruction which has fallen like missiles from the crater of Bromo just a few hundred metres away.

The area immediately surrounding the crater is even more like a desert, this time a mixture of colours between grey and gun barrel black. A somewhat optimistically built stairway up to the actual rim of the crater of Bromo itself is almost entirely buried in ash. To ascend to the crater, small pieces of stairway protruding from the ejected eruption debris offers a little support while you gasp with the altitude, and your feet slip and slide in the steep loose surface.

On the rim of the crater itself, you can peer straight down almost vertical walls right into the volcano’s deep heart. As I said on the edge, Bromo intermittently rumbles, roars and belts out vast quantities of steam and smoke as if to express displeasure at its privacy being invaded. While it is said to be safe, I know that historically Bromo has

(TOP) DAWN FROM PENANjAKAN TO THE EAST IS A

DAZZLING KALEIDOSCOPE OF COLOUR;

(BOTTOM) BROMO AND ITS STEAMING CRATER

DOMINATE THE LANDSCAPE

Page 35: LIONMAG JULY 2011

33LIONMAG JULI 2011

EVENT | Chingay

Sejarah panjang membawa kutai kartanegara menjadi kerajaan hindu tertua

di nusantara. Seiring dengan berjalannya waktu kutai kartanegara menyimpan

kekayaan adat dan budaya adiluhung yang luar biasa. kekayaan budaya itu

terangkum dalam Festival adat erau dengan berbagai acara seperti Upacara Adat

Kesultanan Kutai. Dan dimeriahkan dengan Festival Seni Budaya, Kirab Budaya,

Lomba Permainan Olah Raga Tradisional, Lomba Perahu Naga dan Perahu Motor,

Pawai Kapal Hias, Erau Expo & Pasar Rakyat, serta Festival Kuliner Khas Kutai.

Festival Adat Erau kuTaI karTanegara

DATANG&SAKSIKAN

huMaS daN pRotokoLpeMkaB kutaI kaRtaNeGaRa

Rita Widyasari, S.Sos, MMBupati kabupaten kutai kartanegara

ERAU TEPONG TAWAR DI TANAH KUTAI (ET3K)TENGGARoNG-KAlIMANTAN TIMUR, 3 - 10 JUly 2011

Page 36: LIONMAG JULY 2011

34 LIONMAG JULI 2011

DESTINATION | BanTul

JALAN-JALAN KE DUSUN PANDES

nOstalgia Masa belia

TEks Dan fOTO:: TOTO sanTIkO buDI

Dusun InI sECaRa HIsTORIs DIkEnal sEbagaI pEngHasIl DOlanan (maInan) anak-anak TRaDIsIOnal, sEbagIan bEsaR DIbuaT DaRI bambu Dan kERTas/kaRTOn bEkas.

Page 37: LIONMAG JULY 2011

35LIONMAG JULI 2011

DUSUN PEMBUAT MAINAN TEMPO DOELOEHijau pepohonan nan rindang sepanjang jalan, sawah dan

kebun masih tampak menghias lansekap, membuat udara masih segar, itulah suasana yang penulis rasakan saat tiba di Dusun Pandes meski hari telah beranjak siang Minggu itu. Secara administratif daerah yang bernama lengkap dusun Pandes Sompokan ini berada di wilayah desa Panggungharjo, kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Apa yang menarik dari tempat seluas 500 ha lebih ini? Dusun ini secara historis dikenal sebagai penghasil

dolanan (mainan) anak-anak tradisional, sebagian besar dibuat dari bambu dan kertas/karton bekas. Kabarnya di masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono VIII atau sekitar pertengahan abad XVIII mayoritas masyarakat Pandes hidup dari membuat dolanan ini.

Dolanan yang dimaksud antara lain adalah klunthungan, othok-othok, kitiran, glindhingan, kacamata bangjo, payungan, manukan kurung, wayang kertas, dan wayang angkrek. Kenalkah anda dengan semua mainan tempo doeloe di atas?

Hingga awal tahun 1980an jenis-jenis mainan itu masih populer dikalangan anak-anak. Tidak hanya di Yogyakarta dan sekitarnya saja dolanan ini dulu pernah sangat populer (dolanan serupa sempat dikenal penulis yang tinggal di Surabaya semasa kecil). Kala itu anak-anak akan dengan sukacita menyambut

pedagang yang ngider (berkeliling) dan menjajakannya dalam gendongan dan pikulan.

Bentuk dan bahan baku pembuat dolanan itu memang sangat sederhana, namun anak-anak jadi banyak berimajinasi untuk menghidupkan permainan. Keakraban dan kebersamaan dalam keriaan pun senantiasa muncul karena semua permainan anak pada masa itu memang bersifat kolektif.

Kehadiran listrik masuk desa beserta kotak ajaib yang bernama televisi ditambah serbuan dolanan plastik dari Jepang dan Cina di awal tahun 1980-an perlahan tapi pasti sukses merebut hati anak-anak kala itu. Peminat dolanan yang terus menerus berkurang membuat para pembuat mainan kalang kabut. Profesi ini tak bisa lagi jadi andalan penghasilan. Jumlah pembuat dolanan pun menyusut tajam, mereka memilih hijrah dan menjadi buruh di kota. Akhir tahun 1990-an hingga kini pembuat dolanan di dusun Pandes hanya tersisa sekitar 8 pengrajin saja yang hebatnya semuanya perempuan lanjut usia.

Mbah Karto Utomo salah satunya, ‘maestro’ pengrajin dolanan anak dengan spesialisasi membuat dolanan wayang kertas. Beliau masih mampu membuat karakter sosok wayang secara detail tanpa pola, karton bekas kemasan langsung digunting begitu saja hingga tercipta tokoh-tokoh wayang tertentu. Usia Mbah Karto disebut-sebut telah 105 tahun dan paling senior di antara pembuat dolanan lain di Pandes.

H.34 (ATAS) PENjUAL MAINAN TRADISIONAL SAAT SEKATEN, BERTAHAN DI TENGAH KEPUNGAN

MAINAN ASAL NEGERI TIRAI BAMBU. (BAWAH) WAYANG ANGKREK.

H.35 (KIRI ATAS) MBAH REjO UTOMO MENYELESAIKAN PEMBUATAN MAINAN KLUNTHUNGAN.

(KIRI BAWAH) MBAH KARTO UTOMO TETAP BERKARYA DI USIA LEBIH DARI SEABAD. (KANAN) MBAH

ATEMO WIRYO DAN KITIRAN KERTAS WARNA-WARNI KARYANYA.

Page 38: LIONMAG JULY 2011

36 LIONMAG JULI 2011

Mereka mempunyai misi melestarikan dan merevitalisasi nilai dan budaya lokal yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat Pandes Sompokan. Serangkaian kegiatan pendidikan komunitas bagi anak-anak lalu dikembangkan. Selain materi pendidikan yang umum seperti pengetahuan umum hingga budi pekerti, mereka juga mengajarkan ketrampilan tangan membuat dolanan untuk melestarikan keberadaan dolanan khas setempat. Adanya semacam workshop yang menghadirkan si mbah maestro pembuat dolanan adalah salah satu caranya.

Tak hanya untuk anak-anak warga desa setempat, misi pelestarian nilai-nilai tradisi setempat pun coba disebarluaskan. Komunitas ini kemudian menawarkan paket “Dolanan Neng nDeso”. Selain menikmati panorama desa, menyusuri sawah, melihat kolam lele, peserta nantinya juga akan belajar cara membuat berbagai dolanan, atau memainkan berbagai permainan tradisional yang dulu sangat populer seperti gobak sodor, kasti, boy-boyan, benthik, egrang dan masih banyak yang lainnya. Silakan berkunjung ke dusun Pandes untuk bernostalgia.

Ada juga Mbah Rejo Utomo, dirumahnya rutin ia membuat dolanan klunthungan, mainan serupa tambur kecil yang dibuat dari bahan utama berupa bambu dan kertas minyak. Tidak sekedar membuat, Mbah Rejo setiap dua hari sekali juga menggendong, memikul dolanan buatannya (beliau juga membawa dolanan karya pengrajin lain) dan memulai perjalanan panjang menuju Pasar Gamping.

Keterampilan Mbah Karto, Mbah Rejo, Mbah Atemo, Mbah Joyo, dan mbah-mbah yang lain yang lain dalam membuat dolanan telah mereka kuasai sejak bocah dan didapat turun-temurun dari orang tua masing-masing. Dahulu membuat mainan bagi mereka adalah profesi dan sandaran nafkah mereka. Meski saat ini uang yang diperoleh dari membuat dan berjualan dolanan sudah tidak mampu menghidupi, bagaimana bisa bila setiap mainan itu harga jualnya hanya Rp 1.000,- saja, toh hingga kini mereka masih setia dan penuh cinta membuatnya.

KOMUNITAS POJOK BUDAyAJika para nenek-nenek pembuat dolanan masih setia

dengan terus membuat dolanan tempo doeloe itu lalu bagaimana dengan anak-anak disekitarnya? Masihkan mereka memainkannya atau jangan-jangan mereka tidak lagi tertarik dolanan tempo doeloe itu.

Wahyudi Anggoro Hadi atau akrab dipanggil Yudi, salah seorang anak muda dusun Pandes kemudian bercerita tentang sebuah wadah yang dibentuk oleh beberapa anak muda yang bernama Komunitas Pojok Budaya.

DESTINATION | BanTul

Keakraban dan kebersamaan dalam keriaan pun senantiasa muncul karena semua permainan anak pada masa itu memang bersifat kolektif.

(ATAS KIRI) OTHOK-OTHOK (ATAS KANAN) DI DUSUN PANDES, ANAK-ANAK MASIH MEMAINKAN MAINAN TRADISIONAL SEPERTI MANUKAN KURUNG INI. (BAWAH) KITIRAN KERTAS WARNA-WARNI.

““

Page 39: LIONMAG JULY 2011

37LIONMAG JULI 2011

Page 40: LIONMAG JULY 2011

38 LIONMAG JULI 2011

SPECIAL | Tuak nias

Menanti setetespenghantar Mimpi

fOTO & TEks : RaHmaD gunawan

Page 41: LIONMAG JULY 2011

39LIONMAG JULI 2011

ALUNANMUSIKTERDENGARMENGHENTAKDI

ANTARASUASANAHENINGPEDESAAN,SEOLAHTERUS

MENGAJAKKAMIKEALAMMIMPI.SIANGYANGTERIK,DI

SEBUAHwARUNGYANGTERLETAKDIDESAHILIHAO,

GUNUNGSITOLI,BEBERAPAORANGTERLIHATSEDANG

ASIKMENIKMATIMINUMANKHASNIAS.MIMPIINDAH

SEBENTARLAGIHADIRMENGHIASIOBROLANMEREKA

SAMBILMENIKMATISETIAPTEGUKGELASBERISITUAK

NIRA.YA’AHOwU..!,SAPAMEREKADALAMBAHASA

NIAS.KAMIPUNMEMBALASNYADENGANSALAM

YANGSAMA,SAMBILMEMBERISENYUMPERTANDA

PERSAHABATAN.SUASANASEMAKINHANGATKETIKA

KITASUDAHSALINGBERTUKARCERITA,TERLEBIH

SETELAHMEMBAHASTENTANGRASATUAKYANG

MENJADIMENUUTAMASIANGITU.

39LIONMAG JULI 2011

Page 42: LIONMAG JULY 2011

40 LIONMAG JULI 2011

Tuak Nias adalah minuman lokal khas yang terkenal di Sumatera dan memiliki beberapa jenis. Namun tuak nira dan kelapa adalah yang paling populer dikalangan masyarakat Nias. Seperti yang dilakoni bapak Töna Aro warga desa Hili Hao, sejak dua puluh lima tahun lalu

berprofesi sebagai penyadap getah nira. Berbekal sebilah pisau yang selalu terselip di pinggangnya, bapak kelahiran tahun 1958 ini dengan lihainya memanjat pohon nira untuk mengambil selongsong bambu berisi getah nira yang sudah didiamkan selama kurang lebih dua belas jam sebagai proses fermentasi. Agar mendapatkan rasa tuak yang segar, pak Töna membubuhkan kulit kayu pohon Golikhe ke dalam selongsong bambu agar bercampur pada saat proses fermentasi tersebut.

Dari lima pohon yang dimilikinya, tuak nira yang dihasilkan kurang lebih mencapai 30 botol untuk setiap harinya. Tuak nira sudah siap untuk dipasarkan, pak Töna pun bergegas pergi membawa jerigen besar berisi tuak dengan sepeda motornya untuk ditawarkan ke beberapa warung di sekitar desa dan beberapa rumah penyulingan tuak tradisonal. Harga jual setiap botolnya seharga Rp. 1.000,-. Salah satu pelanggannya adalah pak Yurman Gea, warga asal desa Simanaere, Gunung Sitoli, yang memiliki rumah penyulingan tradisional tuak nira.

Bapak Yurman Gea (30 tahun) adalah salah satu mata rantai dari proses adanya tuak khas Nias ini. Sudah kurang lebih lima belas tahun profesi ini dijalaninya. Dengan peralatan yang sangat sederhana, mampu menghasilkan tuak yang sangat berkualitas. Melihat proses kerjanya pun sangat sederhana, pertama tuak nira dimasak hingga mengeluarkan asap. Setelah itu, uap air dalam tungku kaleng disuling melalui bambu untuk dimasukkan ke dalam botol kaca, sehingga tuaknya keluar setetes demi setetes. Konon, tuak yang pertama kali disuling ini memiliki kadar alkohol hingga 40%. Sedangkan tuak yang sudah dicampur dengan air biasanya memiliki kadar alkohol 20%. Setiap 1 botol yang dihasilkan berasal dari 20 botol tuak nira sebelum melalui proses penyulingan dan harga jualnya pun relatif murah berkisar antara Rp. 50.000,- Rp. 70.000,- per botolnya.

Menyadap nira dan menyulingnya telah menjadi jalan hidup keduanya, walaupun hasil yang didapat hanya cukup untuk memenuhi kehidupan sehari-hari bersama keluarga. Tetes demi tetes mereka nanti dengan penuh kesabaran. Semangat hidup memang tidak boleh berhenti, walaupun rayuan gombal iklan dan sinetron yang kerap kali mereka saksikan melalui televisi tetangga terus membombardir benak mereka. Setidaknya nira adalah setetes harapan yang dapat menghantarkan mereka meraih mimpi tentang kehidupan yang lebih layak dan bermartabat.

SPECIAL | Tuak nias

Page 43: LIONMAG JULY 2011

41LIONMAG JULI 2011

Page 44: LIONMAG JULY 2011

42 LIONMAG JULI 2011

Dari ketiganya, Siladen lah yang paling kecil, dengan luas

31,25 hektar. Namun keindahan taman laut berikut biotanya

sulit ditandingi. Keindahan taman lautnya dapat dilihat pada

lokasi yang disebut Siladen 1 dan Siladen 2. Baik Manado Tua,

Bunaken dan Siladen bisa ditempuh dengan speedboat dari

dermaga Marina sekitar 30-60 menit. Sebenarnya ketiga pulau

tersebut adalah bagian dari gugus lima pulau dalam kawasan

Taman Nasional Bunaken. Kedua pulau lainnya adalah pulau

Mantehage dan pulau Naen.

“Kawasan Bunaken memang jadi primadona kita. Tapi,

belajar dari pengalaman lima tahun terakhir, kalau hanya

Bunaken yang kita dorong-dorong terus, bisa jenuh. Mereka

yang datang ke Manado sebenarnya bisa melihat seni dan

budayanya. Tidak hanya taman laut di bawah air. Manado juga

punya hutan. Persoalannya bagi kita bagaimana meningkatkan

kualitas dan kuantitas objek wisata tanpa menimbulkan

kerusakan besar. Umpama, kalau kita mau membangun

gedung-gedung pencakar langit seperti di Singapura,

kami pikir mereka sudah terlalu jauh di depan. Jadi kita

kembali saja kepada alam lingkungan, ekologi,” papar Dr. Ir.

Godbless Sofcar Vicky Lumentut, DEA, Walikota Manado saat

ditemui LIONMAG, didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan

Kebudayaan Manado, Hendrik Warokka S.Pd, DEA. Itulah

alasan di balik pencanangan konsep Manado sebagai kota

model ekowisata 2011.

“Kita kembalikan kepada lingkungan awalnya yang asli,

tetapi diberikan sentuhan. Bunaken kita pelihara, tapi kita

kembangkan juga daerah-daerah yang lain. Termasuk kita

melakukan penanaman kembali karang-karang laut. Di

kawasan pantai yang kita reklamasi ini kita lakukan transplantasi

karang. Karena setelah diamati, terjadi pertumbuhan karang-

karang muda. Itu diamati oleh para penggemar diving, bahwa

itu ternyata bisa tumbuh. Makanya sekarang kita lakukan

A da atmosfer yang berbeda ketika kita menginjakkan

kaki di kota Manado. Udara pantai yang segar. Lalu,

meski matahari bersinar, tetapi tak menyengat

seperti di kota-kota besar industri di daerah

lainnya, terutama di Pulau Jawa. Terletak di salah satu tepi utara

Indonesia, kota peraih Adipura lima kali berturut-turut ini seperti

salah satu angin segar dalam perkembangan industri pariwisata

di Indonesia. Kalau kita berdiri di kawasan pinggir pantai

Manado, melalui bentangan utama Jl. WR Monginsidi di selatan

lalu ke arah utara Piere Tendean (Boulevard), atau dari kawasan

Malalayang di selatan hingga Wenang Utara, memang kita akan

merasakan atmosfer dan angin laut yang segar.

Persis di bibir pantai, ada tiga pulau utama di hidung kita:

Manado Tua, Bunaken dan Siladen. Boleh dibilang, inilah tiga

serangkai pulau yang menjadi andalan wisata alam, khususnya

bahari di Manado. Letaknya saling berdekatan, bahkan

berurutan. Yang paling luar adalah Manado Tua. Di pulau

Manado Tua, aktivitas diving bisa dilakukan di perairannya.

Bahkan sebagai tambahan, pulau berbentuk kerucut gunung

ini punya satwa khas seperti kera hitam Sulawesi dan kuskus.

Sementara pulau Bunaken adalah ikon wisata Manado yang

telah mendunia. Perairan Bunaken memiliki taman laut

yang indah, terdiri dari terumbu karang, ikan hias, biota laut

lainnya yang secara internasional diakui memiliki salah satu

biodiversitas kelautan tertinggi di dunia. Belum lagi ikan-ikan

besar seperti ikan pari dan sebagainya. Luas pulau Bunaken

yang 887,5 hektar setara Manado Tua. Hanya, bentuknya

berbeda, mirip huruf “L”. Kebanyakan dari 12 titik selam di

Pulau Bunaken berada di bagian tenggara hingga barat laut

pulau, di mana terdapat terdapat under water great walls, atau

hanging walls, yakni dinding-dinding karang raksasa yang

berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Yang sekaligus jadi

sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan tersebut.

SETELAH DIcANANGKAN JADI KOTA WISATA DUNIA, MANADO BERGERAK MENJADI KOTA MODEL EKOWISATA. DI SISI LAIN, KOTA INI TELAH JADI SATU DARI LIMA KOTA MIcE DI INDONESIA.

SANG PRIMADONA & EKOWISATA

MANADO

s P e C I A L A D V e R t o R I A L

Page 45: LIONMAG JULY 2011

43LIONMAG JULI 2011

penanaman kembali secara besar-besaran, mulai dari selatan,

melintasi kawasan teluk hingga ke utara. Diawali oleh TNI-AL,

lalu yang sekarang gencar adalah Polda Sulut, lalu LSM-LSM

tertentu yang peduli dengan terumbu karang. Jadi seperti ada

pembagian wilayah. Pemkot juga ada. Mangrove juga ada, kita

pertahankan dan tanam lagi. Ini akan kami teruskan hingga

masa kepemimpinan 5 tahun kami,” tambah Vicky lagi.

Selain itu, dari pengamatan LIONMAG di Manado,

didampingi Selvie JS Paat, SP M.Si yang menangani

Pemasaran dan Promosi pada Dinas Pariwisata dan

Kebudayaan Manado, sebenarnya kota ini sudah berkembang

menjadi kota internasional untuk wisata dan MIcE. “Ya kita

tahu Manado sudah beberapa kali menjadi tuan rumah event internasional, banyak kepala negara pernah datang kesini,

bahkan 9-13 Juli ini menjadi tuan rumah Pertemuan Menteri-

menteri Ekonomi ASEAN. Setelah itu, 14 Juli-nya ultah kota

Manado ke-388. Industri jasa dan fasilitas akomodasi di

Manado mendukung untuk hal-hal seperti itu,” ungkap Selvie.

Vicky sendiri kemudian menegaskan, “Di Indonesia ada 10

kota yang ditetapkan sebagai destinasi wisata. Namun hanya

5 kota yang ditetapkan sebagai kota MIcE, Manado salah

satunya. Ini kita dorong terus karena menjadi pemicu bagi

pariwisata. Event-event seperti itu adalah tempat berpromosi.

Jadi selain meeting, pengunjung juga kita ajak mengunjungi

objek-objek wisata. Perlu diketahui, Manado ini dilintasi empat

sungai. Pada kota-kota wisata dunia, saya lihat sungai punya

daya tarik tersendiri. Sungai-sungai di Manado sedang kami

perbaiki lingkungannya. Ada satu sungai yang sedang kami

lengkapi untuk fasilitas diving dan arung jeram, yakni sungai

Bahu. Tahun ini saya harap sudah bisa dijual. Warga Manado

ini sebenarnya majemuk, bukan cuma orang Minahasa,

tapi semuanya bisa hidup berdampingan. Itu merupakan

dukungan yang baik bagi ecotourism.” TEks: a gEnER wakulu

Di inDonesia aDa 10 kota yang

Ditetapkan sebagai Destinasi wisata.

namun hanya 5 kota yang Ditetapkan

sebagai kota miCe, manaDo salah

satunya.

Dr. Ir. GS Vicky Lumentut, DEA. WALIKOTA MANADO

Page 46: LIONMAG JULY 2011

44 LIONMAG JULI 2011

s P e C I A L A D V e R t o R I A L

Page 47: LIONMAG JULY 2011

45LIONMAG JULI 2011

Page 48: LIONMAG JULY 2011

46 LIONMAG JULI 2011

DESTINATION | Bali

PetitengetPermaiTeks Dan FoTo: Paul i.ZaCharia

Page 49: LIONMAG JULY 2011

47LIONMAG JULI 2011

BELUMBOSANKEBALI?MUNGKININIYANGBELUMAKANTERJADIPADA

PENGUNJUNGPULAUYANGTELAHMEMENANGIJAwARADESTINASIwISATA

TERBAIKDUNIASAMPAIEMPATKALIINI.

TAPITENTUANDAINGINTAUKAwASANBARUYANGMUNGKINJARANG

ATAUBELUMPERNAHDIKUNJUNGI.TERNYATAMEMANGBALIMASIHJUGA

MENYEDIAKAN!

Page 50: LIONMAG JULY 2011

48 LIONMAG JULI 2011

Kawasan Petitenget adalah sebujur pantai dan kawasan ikutannya yang sedang hot dan in saat ini. Berada di utara kawasan Seminyak - yang ada di utara Legian, yang ada di utara Kuta - kawasan ini

sedang memancing atensi pengunjung karatan dari Bali. Tentu kita mudah mencibir, bahwa namanya pantai tidak akan jauh berbeda dari yang lainnya.

Mungkin benar atau kurang benar. Di Petitenget misalnya, tempat ini terkenal karena pura Petitenget yang sudah sejak dulu menjadi situs keramat umat Hindu. Di tepi pantai setiap tiga bulan umat setia mengadakan upacara yang asesori dan ornamentasinya nampak cantik menangkap desir angin yang berhembus segar. Di pantai nampak turis berkuda untuk menikmati segarnya udara dan hangatnya mentari pagi.

Disini pula ombak lebih tinggi dari kawasan di selatannya. Karena itu para peselancar merasa menemukan tantangan lebih besar, tanpa harus pergi jauh dari pusat keramaian.

(ATAS) UPACARA TEPI PANTAI DI DEPAN PURA PETITENGET. (KANAN ATAS) FAçADE TOKO

YANG LEBIH MODERN DAN UPPER CLASS (KANAN BAWAH) BALAI-BALAI BERPENERANGAN

MALAM MENEDUHI PENGUNjUNG

DESTINATION | Bali

Page 51: LIONMAG JULY 2011

49LIONMAG JULI 2011

(ATAS) PURA PETITENGET YANG SAKRAL DAN BERSEjARAH (BAWAH) AKTIFITAS PAGI DI

PANTAI LANDAI NAN PERMAI.

Di kawasan ini, kerapian dan kebaruan suasana lebih mudah diciptakan. Dimana-mana arsitektur nampak lebih bersih dan tidak bising tumpang tindih model keruwetan rambu di Legian misalnya. Bukan saja beachfront café-café yang dipelopori oleh Café KU DE TA, perhotelan dengan The LEGIAN yang minimalis dan meluas, tapi juga pertokoan memiliki gaya yang individual yang penuh pesona dan karakter.

Menuju kawasan ini, kita hanya perlu mengambil jalan lurus ke utara dari Seminyak. Bila memilih ke kanan kita akan memasuki kawasan Kerobokan, tapi kalau ke kiri kita memasuki kawasan Petitenget dengan puranya sebagai orientasi.

Untuk menikmati ketenangan yang segar, cobalah sesekali menikmati kawasan yang elegan ini.

Page 52: LIONMAG JULY 2011

50 LIONMAG JULI 2011

SPECIAL | sePeDa

50 LIONMAG JULI 2011

Page 53: LIONMAG JULY 2011

51LIONMAG JULI 2011

VELIB : SISTEM TERBESARBagaimana para pengguna sepeda

di Tanah Air, terutama di kota-kota besar menghadapi lalu-lintas? Harus dilihat bahwa sebagian masih menganggapnya sebagai permainan dan olahraga. Sebagiannya sudah ada yang masuk ke katagori “bike to work”, menggunakan sepeda untuk bekerja, meski menempuh jarak yang jauh, dari rumah ke kantor. Di Jakarta, ini agak berat, karena menghadapi tekanan transportasi yang berat, yakni kepadatan lalu-lintas serta faktor lingkungan –polusi udara yang berat. Belum lagi faktor kultur pemakai jalan lainnya, yang kurang menghargai pemakai sepeda, hukum rimba jalanan ibukota. Nyaris tak ada ruang lega untuk sepeda.

Ada potret lain tentang bersepeda di kota besar? Ada. Di Prancis umpamanya, sebagai contoh adalah Paris.

DI kOTa bEsaR, ORang bERsEpEDa unTuk alasan pERmaInan Dan OlaHRaga –mEskI sEbagIan juga unTuk akTIVITas kERja aTau sEkOlaH. kInI, fakTOR lIngkungan juga jaDI baHan pERTImbangan. unIknya, banyak pabRIk mObIl IkuT mEmbuaT sEpEDa.

TREND BERIKUT KAUM URBAN

FENOMENA BERSEPEDA

TEks: gEgEn, RIDwan fOTO: makHfuDZ sappE

SETIAP STASIUN PENYEWAAN VELIB MENYEDIAKAN BELASAN SEPEDA, DIAKSES DENGAN ABONEMEN.

Page 54: LIONMAG JULY 2011

52 LIONMAG JULI 2011

sendiri diluncurkan pada 15 Juli 2007. Saat itu digelontorkan 7.000 unit sepeda yang tersebar pada 750 stasiun penyewaam otomatis yang masing-masing bisa menyimpan lebih dari 15 sepeda. Tahun berikutnya, tercatat ada 20.600 sepeda yang disebar pada 1.450 stasiun penyewaan, sehingga menjadikan Velib sebagai sistem terbesar untuk jenisnya di dunia. Untuk mendukungnya, peta stasiun-stasiun penyewaan bisa didapatkan pada gerai-gerai ritel.

Nah, menggunakan Velib juga mudah. Calon penyewa cukup memasukkan kartu Navigo (semacam abonemen transportasi), kartu kredit atau kartu berlangganan tahunan ke dalam mesin yang ada di setiap stasiun penyewaan untuk mengidentifikasi calon penyewa. Setelah itu, sepeda pun tersedia untuk Anda pakai. Untuk mengembalikan sepeda tadi, cukup dengan meletakkan kembali dengan mengunci di tempat yang sudah disediakan di stasiun Velib dimanapun. Masing-masing sepeda diberi tempat penguncian lengkap dengan kode untuk membukanya.

Masa sewa sepeda ini dimulai dengan 30 menit pertama yang gratis. Setelah itu baru dikenakan biaya tambahan. Namun jangan berleha-leha seenaknya dengan sepeda ini karena semakin lama digunakan, tarifnya progresif. Tapi kebijakan itu baik tampaknya, agar lebih banyak orang bisa mengakses sepeda tersebut karena memang memerlukannya.

Dengan disain yang “unisex”, sepeda ini diperuntukkan bagi orang yang minimal berusia 14 tahun dan bertinggi badan 1,5 meter. Sepeda berwarna abu-abu ini diproduksi di Hungaria oleh manufaktur sepeda Prancis, Mercier. Setiap sepeda dengan bobot sekitar 22,5 kg itu dilengkapi dengan keranjang di depan hingga sistem pengunci. Kini beberapa kota di Prancis telah menerapkan sistem Velib.

Di kota ini bersepeda adalah alternatif transportasi sehari-hari. Dan untuk itu pemerintah Prancis telah secara serius memfasilitasinya. Ada jalur untuk orang bersepeda. Tertib. Lebih dari itu, pemerintah memang mendorong orang untuk menggunakan sepeda untuk aktivitasnya, antara lain dengan menerapkan sistem penyewaan sepeda yang dikenal dengan nama “Velib”.

Inisiatif ini diambil oleh Walikota Paris saat itu, Bertrand Delanoë. Sistemnya

Pemerintah Prancis memang mendorong orang untuk menggunakan sepeda untuk aktivitasnya, antara lain dengan menerapkan sistem penyewaan sepeda yang dikenal dengan nama “Velib”.

“ “KINI TERDAPAT LEBIH DARI 20.000 UNIT

SEPEDA SEWA DARI VELIB DI PARIS PADA LEBIH

DARI 1.400 STASIUN PENYEWAAN.

Page 55: LIONMAG JULY 2011

53LIONMAG JULI 2011

Page 56: LIONMAG JULY 2011

54 LIONMAG JULI 2011

SPECIAL | sePeDa

PABRIK SUPERCAR BUAT SEPEDA

Seperti halnya gerakan bersepeda yang menjangkiti dunia –banyak didorong oleh faktor pelestarian lingkungan global dan ikhtiar untuk hidup sehat, pihak industri juga ikut dalam arus ini. Salah satunya adalah industri otomotif, yang amat berkepentingan dengan penggunaan kendaraan bermesin untuk alat transportasi. Padahal, jika dipikir lebih jauh industri otomotif dianggap oleh sebagian orang sebagai industri yang kurang berkepentingan soal kepedulian terhadap lingkungan. Apalagi malah membuat sepeda --yang notabene tak pakai mesin. Tapi nyatanya, beberapa manufaktur otomotif memang tercatat membuat sepeda, atau merilis sepeda

dalam rentang produk mereka. BMW, Mercedes-Benz hingga Honda juga membuat sepeda. Uniknya, salah satu manufaktur superexotic car dari Italia juga ikut serta, yaitu Maserati.

Untuk itu Maserati bekerjasama dengan pabrikan sepeda terkenal dari Sisilia, Montante Cicli, menciptakan sepeda Montante dengan label Maserati 8CTF. Sepeda eksklusif dengan gear tunggal ini dibanderol US$ 5,200. Namun maaf, untuk seluruh dunia Maserati

hanya membuat 200 unit sepeda Fixie ini, semuanya dengan registrasi khusus yang limited. Dan lagi, sepeda ini bisa dibeli dengan on-line.

Pihak Maserati mengungkapkan bahwa nama yang mereka pilih sebagai peringatan ke-70 atas kemenangan Wilbur Shaw pada balapan Indianapolis 500. Saat itu Shaw berlaga menggunakan Maserati 8CTF –sebenarnya Shaw memenangkan balapan tahun 1939 dan 1940.

fOTO: TOTO sanTIkO

fOTO: TOTO sanTIkO

fOTO: DOk.

DI INDONESIA, KULTUR PEMAKAI jALAN BELUM MENGHARGAI

PEMAKAI SEPEDA. MASIH BERLAKU HUKUM RIMBA.

SEPEDA BUATAN MASERATI (KANAN)

Page 57: LIONMAG JULY 2011

55LIONMAG JULI 2011

Page 58: LIONMAG JULY 2011

56 LIONMAG JULI 2011

fungsi sepeda sebagai alat transportasi yang murah, sehat, dan ramah lingkungan dengan fashion.

Untuk mendapatkan sepeda Fixie bisa dengan dua cara, yakni beli jadi ataupun merakit sendiri. Tentunya dengan kisaran harga yang terjangkau. Bagi Anda yang tak ingin repot silahkan beli yang sudah jadi, pastinya tak perlu merogoh kocek yang begitu dalam. Harga sepeda Fixie frame lokal untuk minimum dengan komponen seadanya mencapai Rp 1,5 juta. Jika pakai velg bagus sekitar Rp 2 juta. Harga sepeda Fixie yang cukup lumayan dari standar umumnya sekitar Rp 2,5 juta atau lebih. Sedangkan harga sepeda Fixie rakitan dengan komponen cukup baik mencapai Rp 2,5 juta - 3 juta. Tipe sepeda Fixie bermerek umumnya berada di atas 4 juta, bergantung pada komponen yang diinginkan.

SPECIAL | sePeDa

FIXIE: PRAKTIS DAN GAyAKini, sepeda juga menjadi salah

satu trend dunia. Menggunakan sepeda tidak hanya sebagai alat transportasi, selain sehat juga untuk gaya hidup. Dari banyaknya jenis sepeda yang beredar dikalangan remaja, sepeda Fixie bisa dibilang salah satu sepeda Favorit buat anak-anak zaman sekarang. Lebihnya lagi tidak hanya anak-anak remaja saja yang bisa memakai sepeda fixie, fixie juga bisa dipakai semua golongan.

Melihat fenomena yang ada, sepeda Fixie memang sangat berbeda dari sepeda-sepeda gaul sebelumnya seperti BMX. Sepeda Fixie memiliki keunikan tersendiri dibanding sepeda-sepeda lainnya. Sepeda Fixie identik dengan sepeda tanpa rem, tanpa gear dinamis belakang. Semua dibuat fix, artinya roda berputar maka pedal ikut berputar. Mengerem sepeda Fixie hanya mengandalkan kekuatan pedal dengan menahan laju atau mendorong pedal ke belakang serta dibantu dari roda depan. Ban sepeda Fixie juga tipis, sehingga ringan ketika di genjot. Dan yang lain menarik pada bagian stang, dimana stang atau handlebar sepeda Fixie dibuat dengan tegak lurus. Tak hanya itu, dari warna-warnanya yang cerah sepeda ini juga sangat minimalis, ringan dan gampang di bawa kemana saja.

Selain unik, sepeda Fixie memiliki dua macam karakter, yaitu sepeda Fixie track dan trick. Artinya Fixie untuk track adalah sepeda Fixie yang digowes untuk balap track atau untuk perjalanan di dalam kota, sedangkan Fixie untuk trick adalah sepeda Fixie yang digunakan untuk melakukan trick-trick seperti yang biasa kita lihat pada atraksi-atraksi sepeda BMX. Memang sepeda Fixie tak selincah BMX, tetapi bukan berarti Fixie tak mampu bermanuver.

Jika dilihat, sekilas sepeda ini tak ubahnya seperti sepeda biasa. Namun

jika diteliti lebih lanjut ada detail yang berbeda. Seperti, bentuk dudukan roda belakangnya vertikal, berbeda dari sepeda biasa yang biasanya horizontal. Selain itu, dengan gigi roda yang sudah fixed (tetap), maka putaran pedal selalu selaras dengan putaran gir belakang. Mekanisme ini membuat pedal tidak bisa dalam posisi bebas coasting (meluncur), sehingga kaki penunggangnya harus selalu bergerak. Untuk mengurangi laju atau melakukan pengereman, penunggangnya tidak harus bergantung pada rem tangan, melainkan bisa dengan mengayuh pedal mundur.

Dari keselarasannya, bisa dibilang Sepeda Fixie termasuk tunggangan kesayangan yang penampilannya dibuat begitu modis. Para pencinta sepeda Fixie pun tak hanya bersepeda layaknya sepeda biasa melainkan memadukan

fOT

O: R

IDw

an

PADA SEPEDA FIxIE, BILA RODA BERPUTAR, PEDAL IKUT BERPUTAR. UNTUK MENGEREM, MENGANDALKAN KEKUATAN PEDAL DENGAN

MENAHAN LAjU ATAU MENDORONG BALIK PEDAL KE ARAH BELAKANG.

Page 59: LIONMAG JULY 2011

57LIONMAG JULI 2011

Jl. Jendral Sudirman No. 389Pekanbaru 28116 RiauT. +62 761 7891818F. +62 761 7891919, 7891838E. [email protected]

PEKANBARU Jl. Jendral Sudirman No. 389 +62 761 7891818

PEKANBARU Jl. Gatot Subroto No. 39B +62 761 854899 Zuri Express Palembang, Padang

Jakarta, Bali, Lampung, Malang, Makasar, Balikpapan,Bangka, Batam

COMING SOON IN 2011:FUTURE DEVELOPMENT:

PEKANBARU Jl Teuku Umar No.7 +62 761 857888 DURI Jl Hang Tuah No.26 +62 765 598899DUMAI Jl Jendral Sudirman No.88 +62 765 31999 JABABEKA Jl Niaga Raya Kav.AA-2Cikarang +62 21 8984 2355 PALEMBANG Jl Rajawali No.8 +62 711 313800

Grand Zuri BSD Tangerang, YogyakartaCOMING SOON IN 2012:

www.grandzuri.com

168 rooms and suites . lcd tv . complimentary wi-fi internet access . zuri dream by kingkoil . 24h the café restaurant . the premiere lounge . executive floors . the premiere executive club lounge . the premiere ballroom for events/ weddings up to 3000 pax. 11 meeting rooms with various sizes and layouts . business center . hydro pool . gym. De vata spa . meeting rooms . parking building . major credit cards accepted

ROOM RATESSTART FROM

IDR 525.000 NETTINCL BUFFETBREAKFAST FOR TWO

Page 60: LIONMAG JULY 2011

58 LIONMAG JULI 2011

MEMILIH SEPEDA yANG TEPAT

BERIKUT BEBERAPA TIPS DALAM MEMILIH SEPEDA yANG TEPAT :

Pilihlah jenis sepeda sesuai dengan ·

kebutuhan, baik dari segi bermanuver maupun segi kenyamanannya.

Pilihlah jenis sepeda yang mudah dalam ·

mencari sparepart nya.

Pilihlah sepeda yang kuat dan kokoh ·

agar tidak mudah rusak dan hancur.

Pilihlah jenis sepeda yang memiliki ·

fungsi praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Pilihlah sepeda yang mudah saat ·

dikendarai dan pastikan memiliki rem yang berfungsi.

S epeda kini bukan sekedar alat transportasi. Selain sehat juga menjadi bagian dari gaya hidup, sehingga banyak yang menjadikan sepeda sebagai sarana berekspresi dan beraksi. Dalam memilih sepeda,

pilihlah sepeda yang sesuai dengan postur tubuh anda dan pastikan sepeda yang anda pilih adalah sepeda yang sangat cocok dengan selera anda.Dalam hal ini, ada beberapa jenis sepeda. Kemungkinan salah satunya adalah sepeda yang tepat untuk anda :

SEPEDA BMX: Pengguna sepeda ini biasanya orang yang sangat energik, luwes dan memiliki manuver yang tinggi. Sepeda ini biasanya banyak digemari oleh kawula muda, tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk semua golongan.

SEPEDA MINI: Sepeda ini tepatnya untuk kaum hawa, dengan desainnya yang simpel membuat leluasa dalam menggoes/menggenjot.

SEPEDA ONTHEL: Sepeda ini merupakan sepeda warisan yang tak kalah handalnya. Sepeda klasik ini tepatnya digunakan untuk berjalan santai serta beriringan, bahkan masih banyak orang yang mengoleksinya.

SEPEDA BALAP: Sepeda ini tepatnya untuk mereka yang terbiasa dengan kecepatan tinggi, jalan yang dilalui pun seperti jalan aspal mulus dan tidak macet.

SEPEDA FIXIE: Sepeda ini bisa dibilang salah satu sepeda favorit buat anak-anak zaman sekarang, tetapi bukan remaja saja yang bisa memakai sepeda Fixie, Fixie juga bisa dipakai semua golongan.

TIPS

Page 61: LIONMAG JULY 2011

59LIONMAG JULI 2011

Page 62: LIONMAG JULY 2011

60 LIONMAG JULI 2011

AUTOMOTIVE

Penggemar “James Bond” dari buku orisinal karya Ian Flemming sebenarnya tahu bahwa Bond lebih identik menggunakan Bentley

ketimbang Aston Martin. Namun pada film James Bond “Goldfinger” yang dirilis tahun 1964, “Q” –ahli senjata di dinas rahasia Inggris itu memperkenalkan Aston Martin DB5 kepada James Bond.

Tapi dalam film “From Russia with Love” (1963) dan “Thunderball” (1965), James Bond menggunakan mobil Bentley Mark II Continental dan Bentley Mark IV –Mark IV sesungguhnya tidak pernah diproduksi oleh Bentley. Kemudian dalam novel Moonraker dan Casino Royale Bond juga dikisahkan menggunakan

sETElaH bERpasangan DEngan asTOn maRTIn Dalam bEbERapa fIlm TERakHIR, nOVEl jamEs bOnD 007 TERbaRu, CaRTE blanCHE mEngIsaHkan pETualangan bOnD DITEmanI bEnTlEy COnTInEnTal gT. sEsuaI aspIRasI Ian flEmIng Dulu.

BOND GANTI MOBIL

nOVel Carte blanChe

Page 63: LIONMAG JULY 2011

61LIONMAG JULI 2011

Bentley. Hanya, pada beberapa film Bond belakangan ini, secara berturut seperti pada “The Living Daylight” (1987), “Goldeneye” (1995), “Tomorrow Never Dies” (1997), “Day Another Day” (2001), “Casino Royale” (2006) hingga “Quantum Solace” (2008), Bond menggunakan Aston Martin. Pada dua film terakhir, Bond menggunakan Aston Martin DBS V12. Nah kini, pada novel terbaru James Bond, “Carte Blanche” yang ditulis Jeffrey Deaver yang mengambil setting di Dubai masa kini, Deaver melansir Bentley Continental GT.

Perlu diketahui, Ian Fleming sendiri telah meninggal pada tahun 1964, dengan menulis 14 kisah James Bond dan berbagai buku. Pada tahun-tahun

berikutnya, kisah-kisah James Bond ditulis bergantian oleh berbagai penulis, termasuk Kingsley Amis hingga Sebastian Faulks. Pada 26 Mei lalu, kisah James Bond terbaru karya Deaver itu dirilis oleh penerbit Hodder and Stoughton, Inggris.

Ya, meskipun James Bond 007 dan Aston Martin telah seperti sepasang ikon yang tak tergoyahkan, namun para pencinta James Bond sebenarnya memendam kerinduan Bond kembali menunggangi Bentley, seperti yang dimaksudkan oleh Fleming dulu. Pertanyaannya, apakah pada filmnya nanti kita akan melihat Bond mengendarai Bentley? Rasanya itu bergantung kepada deal bisnis produser film itu ketimbang sesuai seperti yang ditulis Ian Fleming.

Meski banyak yang berharap Daniel Craig tampaknya lebih keren menggunakan Bentley. Aslinya, Bentley Continental GT adalah sebuah Supercar yang jantungnya adalah mesin berkapasitas 5.998 cc yang mampu menyemburkan tenaga 567 hp dan torsi maksimum 700 Nm. Paduan tenaga dan torsi itu, didukung transmisi otomatis 6-speed bisa melenjitkan Conti GT dalam akselerasi 1-100 km/jam dalam 4,6 detik dan melajukannya hingga kecepatan 318 km/jam.

Pada “Carte Blanche”, untuk pertama kalinya isyu-isyu diplomasi internasional abad ini dikemukakan. Bond dikisahkan baru pulang dari tugasnya di Afghanistan dalam kapasitasnya sebagai perwira pada Royal Naval Reserve.

Aslinya, Bentley Continental GT adalah sebuah Supercar yang jantungnya adalah mesin berkapasitas 5.998 cc yang mampu menyemburkan tenaga 567 hp dan torsi maksimum 700 Nm.

TEks: gEgEn

Page 64: LIONMAG JULY 2011

62 LIONMAG JULI 2011

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-484 Kota Jakarta, berbagai atraksi seni budaya kembali semarakkan

Jakarta Karnaval ke-13, pada Minggu 26 Juni 2011 di Jakarta.

Acara yang merupakan agenda tahunan ini digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, sekaligus menyambut HUT DKI Jakarta. Pada acara ini dipadati oleh beberapa kelompok masyarakat, yang mana ikut memeriahkan acara tersebut. Rute Jakarta Karnaval dimulai dari depan kantor Balai Kota Jakarta - melintasi jalan MH Thamrin - Bunderan HI dan ke Monas.

Sejumlah peserta pawai yang terbagi dalam beberapa kelompok, secara beriringan meramaikan pawai Jakarta Karnaval dengan ragam atraksi seni budaya. Masing-masing kelompok menunjukkan kebolehannya dalam sebuah

kelompok mobil. Diantaranya sekelompok mobil antik dan beberapa mobil dinas pekerjaan umum yang konvoi dalam menyemarakan acara tersebut.

Jakarta Karnaval ke-13 ini cenderung lebih ramai dan meriah dibanding tahun sebelumnya, pasalnya jumlah peserta yang terdaftar kini bertambah. Acara ini mengundang ribuan warga Jakarta dan sekitarnya sehingga memadati ruas jalan. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi kreatifitas masyarakat dalam bidang Kebudayaan dan Kesenian.

bERagam pEnTas buDaya sEmaRakkan jakaRTa kaRnaVal kE-13

EVENT

JaKarta KarnaVal 2011

TEks: RIDwan

pertunjukan yang merupakan kesenian tradisional. Kelompok tersebut meliputi, Lembaga Kebudayaan Betawi, Reog Ponorogo, Tarian Tradisional Papua, Persatuan Organisasi Kesenian Jawa, Grup Marching Band dan Sejumlah Sanggar Binaan Disparbud DKI Jakarta.

Selain seni budaya, pada acara ini juga diramaikan dengan iring-iringan beberapa

fOT

O: m

ak

Hf

uD

Z

Page 65: LIONMAG JULY 2011

63LIONMAG JULI 2011

Page 66: LIONMAG JULY 2011

64 LIONMAG JULI 2011

POSTCARD Kirimkan foto Anda beserta cerita di balik foto tersebut ke email : [email protected]

Page 67: LIONMAG JULY 2011

65LIONMAG JULI 2011

Kota

Toulouse

atau biasa

juga disebut

kota Orange,

lantaran nyaris semua

bangunan di sini berwarna

oranye --warna bata bangunan

itu sendiri. Salah satu tempat

yang menarik untuk dikunjungi

adalah sepanjang Sungai

Garonne yang membelah kota

ini. Ada beberapa jembatan

yang melintasi sungai ini. Salah

satunya yang paling menarik

adalah Pont Neuf, artinya

Jembatan Baru. Dibangun

pada abad ke-16. Pada

malam hari, bias berbagai

warna dari lampu memberi

warna khas pada permukaan

sungai sehinga menambah

indah suasana.

pont neufToulouse, Perancis

Pont- Neuf jembatan yang melintasi sungai Garonne, Toulouse menjadi salah satu tempat pavorit menikmati senja.

Makhudz Sappe

puBLISheR LIONMaG

Page 68: LIONMAG JULY 2011

66 LIONMAG JULI 2011

POSTCARD

Pelancong bermain

catur di depan Hard Rock Cafe di pusat kota Amsterdam

Belanda saat musim panas mulai. Bila tidak sedang digunakan, bidak-bidak catur tersebut disimpan dalam kotak dibawah bangku taman dan digembok yang kuncinya dipegang secara khusus oleh seorang petugas. Permainan catur jalanan ini dihentikan pada pukul 22.00 tepat waktu setempat.

Matahari belum menampakkan dirinya dengan

utuh, ketika saya berangkat dari Kota Ambon menuju Pulau

Seram Bagian Barat. Tidak lebih dari empat jam perjalanan lewat jalur darat. Dilanjutkan dengan kapal feri menuju Kota Piru. Keesokan harinya, pun ketika matahari masih belum terasa menyengat di kulit, perjalanan dari Kota Piru saya lanjutkan menuju Pulau Kelang. Sebelum memasuki Pulau itu, kita akan menemukan banyak satwa liar berkeliaran di hutan bakau dan di sekitar teluk, terutama burung laut. Mereka bermain di teluk dan mencari makanan. Dengan mode continue, saya mengabadikannya mulai burung ini berenang menyelam hingga terbang meninggalkan laut. Inilah salah satu momen yang Anda bisa nikmati.

Catur Raksaksa

sesaat mencari makan di Teluk

Amsterdam, Belanda

Pulau Kelang, Maluku

Menikmati permainan catur raksasa di pusat kota Amsterdam Belanda .

Kepak sayap seekor burung laut sesaat setelah menyantap ikan di sebuah teluk yang masih hening pada pagi hari.

akBaR FaISaL

aNGGOTa dpR RI

YuSuF ahMad

FOTOGRaFeR ThOMSON ReuTeRS

Kirimkan foto Anda beserta cerita di balik foto tersebut ke email : [email protected]

Page 69: LIONMAG JULY 2011

67LIONMAG JULI 2011

C

M

Y

CM

MY

CY

CMY

K

materi OKE LIONMAG.pdf 1 6/21/11 10:07 AM

Page 70: LIONMAG JULY 2011

68 LIONMAG JULI 2011

MenCegah KeriputDEngan baHan alamI

PISANG, buah ini termasuk yang paling efektif dan alami untuk dijadikan krim anti keriput. Caranya, lumatkan satu atau dua buah pisang sampai hancur dan lembut menyerupai krim. Selanjutnya balurkan krim pisang tersebut ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

Dari penjelasan di atas, tentunya anda menginginkan hal tersebut. Ingin kulit wajah tetap terlihat kencang dan halus..? Untuk itu, selamat mencoba.

MINyAK KELAPA, minyak kelapa murni mampu mengangkat kulit kering yang menimbulkan keriput. Caranya, dengan membalurkan minyak kelapa hangat ke permukaan wajah.

MADU, madu adalah hasil industri rumah tangga yang banyak tersedia dan ternyata mampu menghilangkan keriput. Caranya, dengan membalurkan sedikit madu ke wajah dan membiarkan selama 25-30 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat lalu segarkan dengan es batu dan diusapkan ke seluruh kulit wajah.

K eindahan pada wajah tentunya merupakan pandangan yang menarik. Bicara soal wajah, pastinya banyak kalangan orang menginginkan kulit wajah yang kencang dan halus, hal ini tentu saja menjadi idaman semua orang. Selain membuat kita tampak

lebih muda juga terlihat segar. Untuk menjadikan kulit yang kencang dan bebas keriput tidaklah sulit, pasalnya banyak sekali bahan-bahan alami yang mudah ditemui di sekitar kita, yang mana bermanfaat untuk mencegah timbulnya keriput di wajah. Berikut beberapa tips mencegah keriput dengan bahan alami

TIPS | kesehaTan

Page 71: LIONMAG JULY 2011

69LIONMAG JULI 2011

Page 72: LIONMAG JULY 2011

70 LIONMAG JULI 2011

ITWIN UNLIMITED STORAGE CAPACITY

Kebutuhan akan penyimpanan file komputer membutuhkan hard disk eksternal yang memadai dan mencukupi, dimana terkadang kita butuh sebuah back up dalam menyimpan sebuah file yang sangat penting. Untuk itu tak perlu membawa ukuran yang cukup besar dalam kebutuhan tersebut. Kini telah hadir iTwin dengan bentuk yang minimalis sekaligus memiliki akses ke file melalui koneksi internet maupun di dalam komputer. Selain memiliki kapasitas yang tak terbatas juga terdapat plug in dalam satu iTwin yang membawa perangkat ini ke dalam komputer kantor maupun laptop di rumah, hanya melalui drag dan drop file melalui Windows Explorer jika ingin mengakses. Melalui iTwin memiliki akses folder yang aman tidak menggunakan kanel sehingga dapat mengakses serta menggapai file dengan mudah melalui akses internet.

TOPEAK BIKAMPER PERSONAL CANOPyUntuk anda yang gemar berpetualang tentunya lebih nyaman

menggunakan mobil dibanding motor apalagi sepeda. Ya, wajar saja dengan mobil cuaca atau hujan sekalipun tidak akan berpengaruh besar terhadap aktifitas dibanding mereka yang menggunakan sepeda atau motor. Nampaknya hal tersebut tak perlu anda cemaskan lagi, karena berita gembira kali ini justru ditujukan untuk anda petualang sepeda, pasalnya kendala untuk berteduh kini sudah terakomodir dengan adanya Topeak Bikamper Personal Canopy.

Topeak Bikamper Personal Canopy merupakan sebuah sepeda yang dirancang dapat menjadi sebuah tenda untuk berteduh. Dalam membangun tenda sepeda ini, rangkanya menggunakan frame sepeda itu sendiri dan ban depan dicopot sebagai pengganti tiang tenda (pasak) lalu beberapa kaitan lain ditancapkan langsung ke tanah. Bicara soal ketahanan, tak perlu diragukan karena bahan tenda ini terbuat dari nilon tahan air dengan variasi jendela jaring yang apik.

PICNIC TIME VULCANTAS PIKNIK INOVATIF

d alam berpergian atau piknik pastilah membutuhkan sebuah tas yang bisa menampung banyak barang bawaan.

Terutama untuk membawa persiapan makanan demi menunjang kegiatan piknik maupun liburan. Pilihan yang tepat dalam hal ini yaitu menggunakan Picnic Time Vulcan, merupakan Tas Piknik Iinovatif dengan Trolley Black yang memiliki paduan warna antara gray dan silver.

Tas yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan piknik ini memiliki fitur yang inovatif, dapat membawa baberque mini serta dilengkapi pendingin yang berukuran 16x8x7 inci dan mampu menampung hingga 14 minuman kaleng.

Kelebihan lain yang dimiliki tas ini yakni memiliki fitur kantong saku dan didalamnya terdapat pengkait yang aman untuk menaruh perlengkapan baberque, serta aplikasi tali yang nyaman jika digunakan secara mobile dan dilengkapi dengan trolley sehingga dengan mudah di tarik atau didorong seperti tas travel.

GALLERY

Page 73: LIONMAG JULY 2011

71LIONMAG JULI 2011

ON TIME CLOCK

Dalam menjalani aktifitas mungkin anda sering mengalami kemacetan di jalan, sehingga aktifitas anda terhambat akibat hal tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, siasatilah dengan jam dinding yang mampu mengajarkan anda menjadi orang yang tepat waktu. Dengan munculnya On Time Clock, yang mana merupakan sebuah inovasi jam dinding terbaru dengan desain jarum jam yang sedikit tertekuk, sehingga mengarah tiga menit lebih cepat dari jam dinding sebenarnya.

Jam dinding On Time Clock ini diyakini mampu memberikan informasi akurat mengenai waktu on time. Selain itu, jam dinding unik ini didesain dengan warna kontras antara putih dan hitam pada jarum jamnya. Juga dengan permukaan kaca yang bersih, sehingga memudahkan dalam penglihatannya. Jam ini meliputi paduan materi antara kaca dan baja dengan ukuran diameter 210 mm dan mengenakan satu baterai AA.

USB BOMBSHELL MP3 PLAyERMaraknya sebuah teknologi kini telah mengalami

kemajuan yang begitu pesat, seperti hadirnya sebuah USB yang memiliki bentuk unik. USB Bombshell MP3 Player bukan sekedar perangkat portabel melainkan terdapat MP3 Player dan fitur Radio.

Selain bentuk desainnya yang unik serupa seperti bom, USB Bombshell juga dilengkapi slot kartu SD/MMC memori card yang mampu menyimpan file MP3 maupun WMA. Selain itu perangkat portabel ini juga memungkinkan untuk terhubung dengan semua ipod, MP3, MP4, MD, CD player, notebook, PC, PDA, PSP, ponsel dan produk digital lainnya dengan built in konektor audio 3.5 mm.

USB ini mengandalkan baterai Lithium Ion yang dapat bertahan lebih lama, dengan desain retro mampu menjadi hiasan yang menarik dengan dimensi 114 x 114 x 174 mm dengan bobot 874 gram.

Page 74: LIONMAG JULY 2011

72 LIONMAG JULI 2011

gallery New

Pusat Pengobatan tradisional dan klinik sPesialis Pria dan wanita

Informasi selengkapnya: Mangga dua Square Jl.Gunung Sahari Raya No.1,Road Level 2a,2B,2C,3 Jakarta utara

telp: 1. untuk Informasi PENGOBATAN TRADISIONAL: (021)6231 3520 2. untuk Informasi PENGOBATAN BARAT/MEDIS: (021)6231 8500

Fax:(021)6231 3519 | [email protected]

Pengobatan Barat Spesialis Penyakit Pria: Satu kali pengobatan langsung mengatasi ejakulasi dini sampai ke akarnya, kulit alat vital terlalu panjang, operasi plastik alat vital versi korea, pembesaran alat vital, pembesaran

prostat(hypertrophy prostat), radang prostat, sering buang air kecil dan buang air kecil tidak tertahan, saluran kencing menetes cairan putih, tidak ada tenaga untuk buang air kecil, kesulitan buang air kecil, infeksi mikroba Mycoplasma dan Chlamydia, penyakit Mangga(Gonorrhea), herpes, Condyloma(kutil), Syphilis, gangguan fungsi seksualitas dan penyakit Menular Seks(pMS) lainnya.

Fu ShOu TANG PuSAT PENGOBATAN GABuNGAN METODE TIMuR & BARAT SPESIALIS PENyAkIT PRIA DAN WANITAuntuk mengatasi keluhan masyarakat luas mengenai penyakit pria dan wanita yang pengobatannya lama tetapi tidak sembuh, saat ini telah resmi dibuka pusat pengobatan

Gabungan Metode timur dan Barat Spesialis penyakit pria dan wanita yang pertama di Indonesia , dengan bergabungnya beberapa ahli berpengalaman dari China, menggunakan perlengkapan dan teknologi kedokteran berstandar internasional yang terkini, membantu anda mengatasi berbagai macam gangguan penyakit.

Pengobatan Barat Spesialis Penyakit Wanita: hanya dengan satu kali tindakan penanganan mengatasi penyakit Cervical Erosion(pengikisan leher rahim), tumbuh daging pada leher rahim, dan kista leher rahim, perbaikan selaput dara, mengecilkan organ intim, memperindah bibir dalam organ intim.Mengobati keputihan yang berlebihan, keputihan bercampur darah, dan berbau; peradangan

organ intim seperti:terasa terbakar, pedih, gatal, bengkak, merah, dan tumbuh daging; gangguan menstruasi seperti: haid tidak teratur/terlambat haid, terasa menyiksa dan sakit yang luar biasa waktu haid, sakit saat berhubungan seksual, pendarahan organ intim di luar masa haid, penurunan libido, radang panggul, appendagitis(memasang dan melepas spiral), kemandulan menahun,kista ovarium(indung telur), myoma, kista dan benjolan berisi nanah pada vestibular gland, dan penyakit kelamin seperti:syphilis, gonorrhea, condyloma acuminatum(kutil), dan herpes.

Buka setiap hari, hari Minggu & Libur tetap BukaJam praktek : 09.30-13.00wIB, Siang 14.00-18.00wIB, Istirahat : Jam 13.00-14.00wIB

Tempat terbaik mengobati penyakitEJAkuLASI DINI, kELENJAR PROSTAT DAN MASALAh BAu BADAN

dalam mengobati penyakit pria dan wanita, kami paling profesional!

Page 75: LIONMAG JULY 2011

73LIONMAG JULI 2011

Prof Dr Zhang Wei hua, lulusan universitas pengobatan tradisional Beijing China, merupakan murid terbaik pen-emu metode pengobatan spesial “Zhen Dao”(Acuphotomology) dan pernah be-lajar di universitas pe ngobatan Jordan. dalam mena ngani penyakit tulang, nyeri(pegal) dan saraf, Beliau mempunyai pandangan tersend-iri dan cara pengobatan yang baru dan ajaib.khusus mengobati pusing yang disebabkan

oleh sakit leher yang membandel, sakit kepala, leher, pundak, tangan, punggung, pinggang, dan pinggul, tangan kesemutan, bantalan tulang pinggang keluar(LDP), saraf kejepit, pengapuran, tulang keropos, radang sendi lutut, pembengkakan dan sakit pada kaki, ber bagai jenis penyakit saraf, kesemutan(baal), mengobati sakit bahu dan pinggang pada remaja yang disebabkan oleh tulang punggung mir-ing atau tidak lurus. pasien yang belum mendapat hasil dari akupuntur dan tui Na , Silakan datang ke klinik kami untuk mendapatkan hasil pengobatan yang terbaik.

SpeSialiS TCM

Sinshe Senior han Jian Fang.dilahirkan dalam keluarga yang berprofesi di bidang pengobatan tradisional sehingga dari usia muda sudah belajar tentang pengobatan tradisional. Beliau lulusan universitas pengobatan tradisional Beijing China pada tahun 1964, pernah berguru kepada “Shi Jin Mo” yang merupakan salah satu dari 4 sinshe terkenal di Bei Jing. dengan penelitian

klinis selama 40 tahun berhasil menyimpulkan “Cara menguatkan dan menormalkan fungsi ginjal sebagai patokan utama untuk mengobati penyakit diabetes, stroke, lever, ginjal dan memadukan obat-obatan herbal dan akupuntur, dengan cara melakukan pengobatan dari dalam dan pengobatan dari luar, serta mengutamakan penyembuhan sampai ke akar penyakitnya. dengan pengalaman praktek selama 40 tahun lebih menjadikan beliau memiliki sistem pemikiran dan teori ilmu tersendiri.

Menggunakan obat minum dan rendam dari herbal serta akupuntur untuk mengobati penyakit yang sering ditemui yang hasilnya sangat efektif. Mempunyai keahlian khusus dalam mengobati penyakit diabetes yang menyebabkan luka (borok), pembengkakan, nyeri, kesemutan pada kaki, fungsi ginjal menurun (gagal ginjal), ureum dan kreatinin tidak normal . Juga ahli dalam mengobati alergi pada hidung, radang tenggorokan

akut dan kronis, bronkitis, radang paru-paru, berbagai macam penyakit lambung, radang usus besar, fungsi ginjal menurun(gagal ginjal), dan ginjal bocor yang diakibatkan dari gangguan organ ginjal, linu/ngilu pada pinggang yang disebabkan dari lemah ginjal, batu ginjal, batu saluran kencing, penyakit lever (hepatitis) dan empedu, SGot dan SGpt tinggi, pembengkakan di perut yang diakibatkan dari pengerasan lever, fatty lever (lemak hati), radang kandung empedu, rasa pusing, sakit kepala, insomnia / susah tidur, jantung berdebar yang disebabkan oleh kolesterol, trigliserida, hypertensi (darah tinggi), dan gula darah tinggi serta penyakit pembuluh darah jantung dan otak yang disebabkan dari kekurangan darah pada jantung, jantung koroner, kekurangan suplai darah ke otak, stroke dan pasca stroke.Menggunakan metode akupuntur dan obat kompres pada 6 titik akupuntur untuk mengobati penyakit reumatik, imunitas tubuh menurun, maag, sakit kepala, insomnia (susah tidur) , radang hidung, asma dan sistem pernafasan.

penyakit anak-anak yang sering ditemui, penyakit menstruasi, pendarahan akibat ketidaknormalan fungsi rahim, gejala menopause pada wanita, penyakit kelenjar payudara, flek pada muka serta gatal-gatal pada kulit yang semua pengobatannya mempunyai khasiat yang sangat bagus. untuk penderita tumor digunakan cara pengobatan dengan” Memperkuat daya tahan tubuh dan Menghilangkan faktor perusak” untuk memperpanjang usianya.

SinShe SpeSialiS Tulang dan nyeri

Pusat Pengobatan tradisional dan klinik sPesialis Pria dan wanita

SpeSialiS TCM

TESTIMONI PASIEN SINShE ZhANG WEI huASaya Nina umur 36tahun, saya telah berobat di Fu Shou tang( welas kasih Sehat) dengan metode zhen dao( acuphotomology), Chiropraktik, dan minum ramuan. Sakit di leher, tulang belakang dan pinggang saya sudah ada 10 tahun lebih, dikarenakan pekerjaan kantor saya yang kebanyakan duduk dan pakai komputer. Setelah diobati 3 kali dengan jarak seminggu sekali, keluhan saya hilang semua dan tidak pernah kambuh lagi… Saya sudah referensi banyak teman-teman ke situ dan hasilnya pada memuaskan. terima kasih Fu Shou tang! No. hp saya : 08568326111.

TESTIMONI PASIEN SINShE hAN JIAN FANGSaya Bambang umur 45 tahun, di tahun 2008 saya kena stroke, diagnosa dari dokter ada pendarahan di otak. Selama 35hari saya pakai kursi roda dan tangan saya tidak bisa angkat tinggi, bahkan makan aja disuapin karena jari tangan kaku sekali.Saya menderita sekali sampai akhirnya ada teman kenalin berobat ke Fu Shou tang( welas kasih Sehat). di sana saya cuma diobati 1,5bulan dengan cara diakupuntur dan diurut 2-3hari sekali serta minum ramuan, perkembangan penyakit saya semakin bagus sehingga saya sudah bisa jalan sendiri dan gerakan tangan pun normal kembali.Saya sangat berterimakasih kepada Fu Shou tang, Sin She han Jian Fang yang sudah mengobati penyakit saya. Nomor hp saya : (021)8005678.

Page 76: LIONMAG JULY 2011

74 LIONMAG JULI 201174 LIONMAG JUNI 2011

terbang perDana Di tahun 2000 Dengan 1 unit boeing 737-200

sebelas tahun menghubungkan kota-kota Di nusantara

memasuki tahun ke-11, lion air menerbangkan penumpang Dari ujung ke ujung tanah air Dengan 50 pesawat boeing 737-900 er Dari total 178 unit yang telah Dipesan Dari boeing, seattle, as. bahkan Dengan boeing 747-400 ikut mengangkut para peziarah ke tanah suCi paDa rute jakarta - jeDDah, lalu maDinah.

kini, ratusan flight lion air setiap hari Dari ujung ke ujung inDonesia telah menghubungkan tanah air ini seperti rantai yang kuat.

Selamat ulang tahun ke-11 lion air.

Page 77: LIONMAG JULY 2011

75LIONMAG JULI 2011

Page 78: LIONMAG JULY 2011

76 LIONMAG JULI 2011

Page 79: LIONMAG JULY 2011

77LIONMAG JULI 2011

MENINGGIKAN BADANMemiliki postur tubuh yang tinggi ideal adalah impian setiap orang. Dalam karir dan pekerjaan, orang dengan postur tinggi ideal memiliki lebih banyak pilihan profesi, karena beberapa pekerjaan menggunakan tinggi badan minimum. Ini menunjukkan bahwa memiliki tinggi badan ideal adalah penting. Selain penting dalam menunjang karir dan pergaulan, bagi kaum pria memiliki postur tinggi ideal juga menunjang penampilan, karena terlihat lebih gagah, dewasa dan berwibawa. Pada umumnya masa pertumbuhan secara alami terjadi sebelum melewati usia 21 tahun. Pertumbuhan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain keturunan, faktor asupan nutrisi, olahraga dan faktor lainnya.

Di Klinik Mahardhika, kami dapat membantu Anda untuk mewujudkan keinginan untuk memiliki tinggi badan ideal dengan cara yang aman dan terjamin (MAKSIMAL 21 THN). Obat yang kami gunakan diformulasi oleh Apoteker yang sekaligus merupakan Ahli pengobatan tradisional.KAMI SIAP MEMBANTU ANDA! VIBELEcTRIc METHOD + INFRA RED & HERBATERAPI (DILENGKAPI DENGAN AKUPUNKTUR)

TERAPI KESEHATAN PROSTATKlinik MAHARDHIKA menyediakan program terapi KESEHATAN PROSTAT bagi pria di atas 45 tahun. Bila Anda merasa perlu merawat kesehatan, maka pertimbangkan untuk terapi ini. Tidak harus menunggu sampai ada keluhan baru Anda menjalani terapi ini. Terapi ini juga boleh dijalani sebagai terapi tambahan ataupun komplementer untuk pria yang telah didiagnosis dan sedang diterapi dokter menderita pembesaran prostat (BPH = Benign Prostate Hyperplasia) ataupun prostatitis.

IXANTHINTM - treatment by MahardhikaRambut adalah mahkota bagi setiap insan dan memberi kontribusi lain terhadap penampilan anda. Jika rambut anda indah dan terawat rapi maka anda akan merasa lebih nyaman baik bagi wanita maupun para pria, tetapi jika anda mengalami sesuatu pada rambut, misalnya kerontokan, pecah, patah-patah, kusam, dan lain-lain, akan membuat anda cemas terhadap penampilan anda.

Dengan teknik akupunktur yang dilakukan SATU KALI di klinik kami, dapat mengurangi rambut rontok Anda. Selanjutnya Anda hanya perlu melakukan perawatan dengan HAIR TONIc herbal sendiri di rumah. Selain itu kami juga dapat membantu untuk menyuburkan kumis, cambang, jenggot, bulu dada, dan lainnya.

merupakan sebuah klinik kesehatan

tradisional dengan ahli pengobatan

tradisional yang berpengalaman

lebih dari 17 tahun mengatasi

masalah seperti ejakulasi dini,

disfungsi ereksi, sulit memperoleh

keturunan, meninggikan badan,

menyuburkan rambut, dan lainnya.

Dengan cara yang aman tanpa

menggunakan obat kimia.

KlINIK KESEHATAN TRADISIONAl

MAHARDHIKA

BintArO JAyA sektOr 3A - Jl. mAndAr Xv BlOk de 6 nO 32 tAnGerAnG selAtAn (dekat Jakarta selatan)

t. +62 21 7357639 | 73883519 • www.klinikmahardhika.com

KLINIK KESEHATAN TRADISIONAL

MAHARDHIKAaCuPunCTure • aCuPressure • PhYToTheraPhY • MoXiBusTion

Drs. I. Yongky Sugiarto, Apt., Acp.apoteker & ahli pengobatan tradisional.

BERPENGALAMAN LEBIH DARI 17 TAHUN

MeMBanTu anDa unTuk MengaTasi Masalah-Masalah BerikuT:

Tinggi BaDan•

raMBuT ronTok•

eJakulasi Dini•

DisFungsi ereksi•

suliT MeMPeroleh keTurunan•

A D V e R t o R I A L

sebelumnya saya sulit

hamil, setelah mengikuti terapi di klinik maharDhika oleh pak yongky, saya akhirnya mendapat kehamilan. saat ini (saat iklan ini mulai dicetak), anak saya sudah berusia 3 bulan. puji syukur kepada tuhan, amin. - indah novitasari -

Page 80: LIONMAG JULY 2011

78 LIONMAG JULI 2011

AIRCRAFT FLEET

TOTAL 2 UNITS484 SEATS (ALL ECONOMY)22 SEATS BUSINESS

Boeing 747 - 400

TOTAL 9 UNITS. 168 SEATS (ALL ECONOMY)

Boeing 737 - 400

TOTAL 2 UNITS. ECONOMY CLASS 149 SEATS (ALL ECONOMY)

Boeing 737 - 300

TOTAL 4 UNITS. 166 SEATS (ALL ECONOMY)

MD 90

50 UNITS IN SERVICE128––– UNITS ON ORDERTOTAL 178 UNITS213 SEATS (ALL ECONOMY)195 SEATS ECONOMY. BUSINESS CLASS 10 SEATS.

Boeing 737 - 900 eR

Page 81: LIONMAG JULY 2011

79LIONMAG JULI 2011

PONSELSemua ponsel dan peralatan elektronik yang menggunakan pemancaran radio tidak diperbolehkan selama berada didalam pesawat, hal ini sangat mengganggu sistem navigasi dan komunikasi dengan menara pengawas setempat.

PERALATAN ELEKTRONIKUntuk penggunaan Laptop dan PDA boleh dipergunakan setelah fasten seatbelt “OFF” dengan menggunakan flight mode. Setelah fasten seatbelt “ON” untuk persiapan mendarat maka penumpang harus mematikan pengguna laptop dan PDA tersebut.

BARANG -BARANG BERBAHAYA LAINNYABarang- barang yang mudah terbakar (seperti korek api), meledak (petasan), material yang mengandung magnet, baterai, tabung gas, tidak diperbolehkan untuk dibawa.

MEROKOKPeraturan Pemerintah melarang kegiatan merokok selama dalam penerbangan, Terdapat detektor asap di semua toilet dan akan dikenai sanksi bagi yang melanggar peraturan.

PERJALANAN DENGAN ANAK-ANAKLion Air tidak menyediakan makanan bayi untuk rute domestik dan popok tidak disediakan dipesawat. Lion Air hanya menyediakan air panas untuk susu bayi.

BAGASIBarang atau benda tajam harus di pak dalam bagasi dan tidak diperkenankan untuk dibawa kedalam bagasi kabin.Bawalah benda berharga dalam tas yang anda bawa sendiri.Perhatikan berat bagasi anda.

- Bagasi untuk Rute Domestik Kelas Ekonomi : 20 kg Kelas Bisnis : 30 kg

- Bagasi untuk Rute Internasional Kelas Ekonomi : 20 kg Kelas Bisnis : 30 kg

UTAMAKAN KESELAMATANSabuk pengaman harus selalu terpasang sewaktu take-off dan landing. Dianjurkan untuk selalu memasang seat belt selama penerbangan.

Barang bawaan harus diletakan di atas kepala atau dibawah kursi di depan anda.

Silakan membaca kartu instruksi keselamatan yang terdapat di dalam kantung kursi. Di kartu tersebut anda bisa mengetahui pintu darurat dan letak jaket pelampung.

Perhatikan baik-baik demo keselamatan dan instruksi yang diberikan oleh cabin crew.

Apa yang harus anda ketahuiTentang keamanan, kenyamanan dan keselamatan Anda didalam pesawat

SelamatDatang...

Page 82: LIONMAG JULY 2011

80 LIONMAG JULI 2011

Madinah

Jeddah

ARAB sAUDI

RoUte MAP | LIon AIR & WInGs AIR

Page 83: LIONMAG JULY 2011

81LIONMAG JULI 2011

Merauke

Page 84: LIONMAG JULY 2011

82 LIONMAG JULI 2011

LADY IN THE AIR

M aurin Thania. Di siang bolong Jakarta, pada musim yang tak menentu. Banyak yang terkecoh dengan penampilannya. Kebanyakan menyangkanya berasal dari Manado atau Palembang. Meleset. Ayahnya berasal dari Cilacap, Jawa Tengah. Sedang ibunya berasal dari Jombang Jawa Timur. Tapi wajar bila

meleset, sebab penampilan Thania cenderung demikian, dengan wajah oriental, kulit putih terang. Juga dengan rambut kecoklatan –cenderung kemerahan—yang terurai panjang hingga ke punggungnya. “Ya, soalnya kalo kuning nanti dibilang main panas-panasan,” jawabnya ketika ditanya soal warna rambutnya, sambil tertawa kecil.

Metamorfosis Tantan memang nyaris lengkap. Ketika masih bersekolah di SMA, ia mengenakan kerudung saat di Al-Hikmah, Jl. Bangka, Jakarta Selatan. Masa itu pulalah ia berusaha melihat banyak sisi keras kehidupan kota besar, sampai menyoroti kehidupan pengamen. Namun ia juga melewatinya dengan warna-warna lain, termasuk ikut dalam aktivitas event organizer. Ketika masuk Lion Air dua tahun lalu, penampilannya lagi-lagi berbeda, dengan rambut hitam pendek. “Ada masa di mana orang berpikir kehidupan kita penuh hura-hura. Tapi bukan itu kehidupan saya. No smoking, no drink, at all. Better have a bad face instead of bad character,” aku putri bungsu pasangan H Mudasir dan Ummi Nurhidayah ini.

Tantan sendiri –panggilannya di kabin—lahir di Jakarta, 11 April. Aries pastinya. Dengan karakter special, terlalu ‘care’ pada orang lain, tapi kadang agak ‘careless’ dengan dirinya sendiri. Life is full of surprise; orang mungkin terperanjat melihat foto Tantan dengan seorang anak kecil yang memang diklaim sebagai anaknya. “Ya, ceritanya setelah tiga tahun menikah kakakku belum punya anak, maka mereka mengangkat seorang anak dari keluarga jauh kami. Namun satu setengah bulan setelah itu, istrinya hamil. Aku langsung ambil anak itu,” tuturnya. Anak itu diberinya nama Keytaro Yusuf Fathan Alfaris, berusia 1 tahun 9 bulan.

Nekad? “Orang boleh bilang begitu, tapi ini soal pilihan. Dunia kerja menjanjikan banyak hal dari penghasilan yang diterima seseorang. Tapi sebenarnya itu menuntut tanggung jawab. Sekarang aku punya motivasi lebih kuat dalam bekerja, karena ada tanggung jawab itu. Itu keberanianku membuat komitmen,” argumen Tantan lagi. Tidak takut dengan bayangan rencana pribadi di masa depan?

“Hidup itu soal antara takdir atau pilihan. Ada yang aku lihat sebagai takdir, ada yang pilihan. Ini pilihanku, dan sudah aku ambil. Ya mungkin ada risikonya. Tapi aku yakin Tuhan punya rencana baik yang belum aku lihat. Hadapi saja,” tutur gadis berpostur 173 cm/58 kg ini. Mengaku kerap mengidap insomnia belakangan ini, Tantan membagi filosofinya, “Hidup bagai membaca buku, lembar demi lembar, tapi baru pada bagian akhir kita bisa menyimpulkan isinya.”

MAURIN THANIA

taKdir atau pilihan?

TEks: gEgEn fOTO: makHfuDZ

Hidup itu soal

antara takdir

atau pilihan. ada

yang aku lihat

sebagai takdir,

ada yang pilihan.

Ini pilihanku, dan

sudah aku ambil.

ya mungkin ada

risikonya. Tapi

aku yakin Tuhan

punya rencana

baik yang belum

aku lihat.

Page 85: LIONMAG JULY 2011

83LIONMAG JULI 2011

Page 86: LIONMAG JULY 2011

84 LIONMAG JULI 2011

Page 87: LIONMAG JULY 2011

85LIONMAG JULI 2011

Page 88: LIONMAG JULY 2011

86 LIONMAG JULI 2011