Laporan Praktikum Analisis Data Eksploratif-Microsoft Excel

download Laporan Praktikum Analisis Data Eksploratif-Microsoft Excel

If you can't read please download the document

  • date post

    16-Apr-2017
  • Category

    Education

  • view

    134
  • download

    6

Embed Size (px)

Transcript of Laporan Praktikum Analisis Data Eksploratif-Microsoft Excel

BAB IPENDAHULUAN

1.1 DataDataadalah catatan atas kumpulanfakta.Data merupakan bentuk jamak daridatum, berasal daribahasa Latinyang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatuvariabelyang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.Dalam keilmuan (ilmiah), fakta dikumpulkan untuk menjadi data. Data kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain yang tidak langasung mengalaminya sendiri, hal ini dinamakan dekskripsi. Pemilahan banyak data sesuai dengan persamaan atau perbedaan yang dikandungnya dinamakan klasifikasi.1.2 Microsof ExcelMicrosoft excel adalah salah satu program aplikasi spreadsheet (lembar kalkulasi) yang canggih dan populer untuk membantu menghitung, menganalisia dan mempreaentasikan data dengan mudah baik dalam pembuatan tabel, manajemen database maupun pembuatan grafik.1.2.1 Menghitung dengan Rumus dan FungsiBeberapa formula matematika dan statistika yan sering digunakan.Tabel 1.1 Rumus dan Fungsi dalam ExcelFungsiKegunaanPenulisan

SUMMenjumlahkan angka pada sel atau range=SUM(angka 1, angka 2 )

MAX1Menampilkan nilai terbesar dari suatu range data numerik=MAX(angka 1,angka 2 )

MINMenampilkan nilai terkecil dari suatu range data numerik=MIN(angka 1,angka 2 )=MIN(alamat range)

AVERAGEMenampilkan rata-rata dari suatu range data numerik=AVERAGE(angka 1,angka 2 )=AVERAGE(alamat range)

COUNTMenampilkan jumlah data yangbersifat numerik dari suatu range=COUNT(angka 1,angka 2 )=COUNT(alamat range)

COUNTIFMenghitung jumlah data yang bersifat numerik yang terdapat pada range tertentu sesuai dengan kriteria yang ditentukan=COUNTIF(range,kriteria)

COUNTAMenghitung jumlah semua jenis data dari suatu range=COUNTA(angka 1,angka 2 )=COUNTA(alamat range)

SUMIFMenjumlahkan data yang bersifat numerik dalam suatu range data dengan kriteria tertentu=SUMIF(range,kriteria,sum_range)

Beberapa fungsi logika yang sering digunakan :FungsiKegunaanPenulisan

IF (satu logika)Untuk menghasilkan nilai dari satu logika yang diujikebenarannya=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)

IF (lebih dari satu logika)Untuk menghasilkan nilai darilebih dari satu logika yang diuji kebenarannya=IF(loical_test1,value_if_true,IF(logical_test2,value_if_true,value_if_false))

IF ORFungsi ini menghasilkan nilaibenar, bila beragumen benar.Hasil dari fungsi ini juga dapatmengahsilkan nilai salah jikaseluruh argumen salah=IF(OR(logical_test1,logical_test2,value_If_true,value_if_false))

IF ANDFungsi ini menghasilkan nilaibenar, bila beragumen benar.Hasil dari fungsi ini juga dapatmengahsilkan nilai salah jika salah satu argumen salah=IF(AND(logical_test1,logical_test2,value_If_true,value_if_false))

BAB IIDESKRIPSI KERJA

Pada bab ini, praktikan akan menunjukkan langkah-langkah yang dikerjakan untuk menyelesaikan kasus yang ada. Persoalan yang dibahas pada praktikum kali ini adalah menyelesaikan kasus untuk mengolah data dengan software Microsoft excel. Kasus yang akan diselesaikan sebagai berikut :1. Berikut data Nilai Praktikum Algoritma Pemrograman Statistika 2015.

Gambar 2.1 Table kasus 1Hitunglah :a. Nilai Akhir setiap mahasiswa dengan bobot: Pretest 20%, laporan 1-5: 10%, dan Responsi, 30%.b. Berikan klasifikasi pada Nilai Akhir dengan ketentuan:A : >80B : 70-79C : 60-69D : 50-59E : 80;"A";IF(J2>70;"B";IF(J2>60;"C";IF(J2>50;"D";"E"))))Kemudian klik enter dan tarik ke bawah pada garis untuk mendapatkan klasfikasi nilai semua mahasiswa/i.c. Menghitung nilai maksimum nilai akhir dengan rumus =MAX(J2:J11) Menghitung nilai minimum dengan rumus =MIN(J2:J11)d. Menghitung rata-rata nilai akhir mahasiswa/i yang berasal dari yogyakarta digunakan rumus sebagai berikut : =SUMIF(B2:B11;"yogyakarta";J2:J11)

7

Gambar 2.6 Hasil kasus 14. Untuk menambah (+5) bonus, praktikkan mencoba mengaplikasikan fungsi VLOOKUP & HLOOKUP dari data di atas.a. Buat tabel dalam format horizantal untuk pengaplikasian pada fungsi HLOOKUP sebagai berikut :

Gambar 2.7 Tabel format horizantalb. Buat tabel dalam format vertikal untuk pengaplikasian pada fungsi VLOOKUP sebagai berikut :

Gambar 2.8 Tabel format vertikalc. Buat tabel referensi sebagai tabel pengaplikasian fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP sebagai berikut :

Gambar 2.9 Tabel pengaplikasian fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP

5. 8Menghitung dengan rumus dan fungsi untuk menyelesaikan kasus 2 :a. Tunjangan adalah jika pegawai laki-laki, maka tunjangannya sebesar Rp20.000,- dan jika pegawai perempuan tunjangannya sebesar Rp.15.000,-Sebelum mulai menghitung, terlebih dahulu harus mengetahui letak sel pada worksheet. Misalkan saja pada Gambar 2.5 tunjangan untuk pegawaiChumairoh berada pada sel F2. Sesuai ketentuan diatas maka rumus yang dipakai sebagai berikut : =IF(C3>=2;"15000";IF(C3>=1;"20000"))Kemudian klik enter dan tarik ke bawah pada garis untuk mendapatkan tunjangan semua pegawai.b. Total adalah gaji pokok ditambah tunjangan. Praktikkan menggunakan rumus sebagai berikut : =SUM(E2+F2)Kemudian klik enter dan tarik ke bawah pada garis untuk mendapatkan total gaji semua pegawai.c. Gaji bersih adalah total dikurangi pajak. Praktikkan menghitung terlebih dahulu pajak 10% dari setiap pegawai, dengan rumus sebagai berikut : =E2*10%Praktikkan menghitung gaji bersih dengan rumus sebagai berikut : =G2-H2Maka didapat hasil dari kasus 2 adalah seperti pada Gambar 2.10 berikut :

Gambar 2.10 Hasil Kasus 2BAB IIIPEMBAHASANPada kasus yang telah disebutkan pada bagian bab deskripsi kerja, selanjutnya pada bab ini praktikkan akan menjelaskan hasil perhitungan dari kasus yang telah diselesaikan oleh praktikkan, berikut pemaparannya :

42

1

3

Gambar 3.1 Hasil kasus 1Pada tabel kasus pertama dapat dilihat berdarkan Gambar 3.1 bahwa pada kasus pertama ini terdapat permsalahan untuk menghitung nilai akhir, klasifikasi nilai, nilai tertinggi dan terendah serta jumlah nilai akhir dari mahasiswa/i yang berasal dari Yogyakarta. Dibawah ini praktikan akan memaparkan masing-masing permasalahan dari kasus pertama :1. Menghitung Nilai AkhirBerdasarkan syarat yang diterima yaitu : Nilai Akhir setiap mahasiswa dengan bobot: Pretest 20%, laporan 1-5: 10%, dan Responsi, 30% maka praktikkan menghitung nilai akhir menggunakan rumus :

=((20%*C2)+((10%)*(D2+E2+F2+G2+H2))+(30%*I2))

9Praktikkan ketika menginputkan suatu rumus atau fungsi, maka harus didahului oleh tanda sama dengan (=) karena jika tidak maka tidak akan terbaca sebagai suatu rumus atau fungsi tetapi hanya berupa keterangan biasa. Jika tanda sama dengan (=) itu disisipkan maka data tersebut secara otomatis berubah menjadi suatu rumus atau fungsi dan dapat melakukan perhitungan yng diminta praktikkan. Sebelum memulai perhitungan, terlebih dahulu praktikkan harus mengetahui letak sel pada worksheet yang dimaksud. Misalkan saja pada Gambar 2.4 nilai akhir untuk mahasiswi Farida F. berada pada sel J2, kemudian tarik sudut kanan bawah, maka hasilnya seperti pada Gambar 3.1.

10Berdasarkan Gambar 3.1 dapat disimpulkan bahwa nilai akhir untuk setiap mahasiswa/i berbeda. Nilai akhir tersebut selanjutnya menentukan perhitungan untuk menentukan klasifikasi nilai.2. Menentukan klasifikasi nilaiKlasifikasi pada Nilai Akhir diketahui dengan ketentuan sebagai berikut :A : >80, B : 70-79, C : 60-69, D : 50-59, E : 80;"A";IF(J2>70;"B";IF(J2>60;"C";IF(J2>50;"D";"E"))))IF merupakan suatu fungsi kondisional yang menghitung nilai dengan kriteria tertentu. Hasil dari fungsi ini bisa berupa A, B, C, D atau E. Output A jika syarat terpenuhi yaitu J2 (Nilai Akhir) lebih dari 80, output B jika syarat terpenuhi yaitu nilai akhir dari 70-79, output C jika syarat terpenuhi yaitu nilai akhir dari 60-69, output D jika syarat terpenuhi yaitu nilai akhir 50-59 dan mendapat output E jika salah satu atau lebih syarat tidak terpenuhi.Fungsi if ini sering disebut sebagai fungsi keputusan, dimana praktikkan menetapkan rule / aturan yang akan mengambil keputusan pengembalian nilai yang berbeda dari input yang masuk. Dari klasifikasi nilai akhir kasus yang pertama terdapat sepuluh mahasiswa/i dimana dapat ditarik kesimpulan bahwa rata-rata delapan mahasiswa/i mendapatkan klasifikasi nilai B dan dua orang mendapatkan klasifikasi nilai A. 3. Menghitung nilai akhir tertinggi dan terendah

11Nmax merupakan suatu fungsi untuk menentukan nilai tertinggi dari suatu range. Sedangkan Nmin merupakan suatu fungsi untuk menentukan nilai terendah dari suatu range. Berdasarkan pada kasus pertama nilai akhir tertinggi dan terendah di hitung dengan rumus :a. Nilai maksimum sebesar 86,5 dengan rumus =MAX(J2:J11)b. Nilai minimum sebesar 73,9 didapatkan dengan rumus =MIN(J2:J11)Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pada kasus pertama nilai akhir tertinggi sebesar 86,5 dan nilai akhir terendah sebesar 73,9.4. Nilai akhir dari YogyakartaMenghitung rata-rata nilai akhir mahasiswa/i yang berasal dari yogyakarta digunakan rumus sebagai berikut : =SUMIF(B2:B11;"yogyakarta";J2:J11)Pada perhitungan kali ini digunakan suatu fungsi sumif yang berfungsi untuk menjumlahkan data yang bersifat numerik dalam suatu range data dengan kriteria tertentu. Dengan menggunakan sum maka praktikkan bisa menjumlahkan data dengan cepat mulai dari satu data hingga ribuan data, cukup masukkan urutan pertama dan terakhir saja misalnya seperti data diatas mulai B2 sampai B11 maka yan