KULIAH TAMU DAN LAUCHING BUKU “PROSPEK...

download KULIAH TAMU DAN LAUCHING BUKU “PROSPEK tekim.umj.ac.id/wp-content/uploads/2018/03/Bahan-Presentasi... 

of 29

  • date post

    06-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    220
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of KULIAH TAMU DAN LAUCHING BUKU “PROSPEK...

KULIAHTAMUDANLAUCHINGBUKUPROSPEKPEMANFAATAN

PEREKAYASAANPROSESDANSTRATEGIPENGEMBANGANINDUSTRIKELAPA

TERPADUNARASUMBER:WISNUGARJITO

(PRAKTISIKELAPA)LAUCHINGBUKU

KELAYAKANINDUSTRIKELAPATERPADU

TriYuni HendrawatiDosen dan Peneliti ProdiS1

dan S2Teknik KimiaBidang Ilmu Rekayasa

Prosesdan TeknoekonomiAgroindustri)Fakultas Teknik

Universitas MuhammadiyahJakarta

2

Tautan Terkait Profil:http://orcid.org/0000-0002-0331-7367https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorld=56507497800http://www.livedna.net/?dna=62.13713http://sintadev.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=111428&view=overviewhttps://scholar.google.co.id/citations?user=dEFqtKEAAAAJ&hl=id

Profil Peneliti dan DosenDr. Tri Yuni Hendrawati,MSi, IPMTempat/Tanggal lahir : Klaten, 11 Juni 1969Assoc.Profesor ChemicalEngineeringDepartment,UMJWakil Dekan IFakultas Teknik,UMJMAJELIS PENILAI BKK PII DAN WAKIL KETUA BIDANG PELATIHAN DAN SERTIFIKASI

SEKILASTENTANGKELAPA Produksi buah kelapa Indonesia ratarata 15,5 milyar butir/tahun atau setara dengan3,02 juta ton kopra, 3,75 juta ton air, 0,75 juta ton arang tempurung, 1,8 juta ton seratsabut, dan 3,3 juta ton debu sabut (Allorerung dan Lay, APCC, 2014). Kelapa merupakantanaman serba guna dapat dimanfaatkan dari akar sampai daunnya.

Tanaman Kelapa merupakan salah satu komoditas perkebunan yang telah lama dikenaldan sangat berperan bagi kehidupan masyarakat. Bila ditinjau dari aspek ekonomi,tanaman ini mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, tiap bagian dari komoditas ini dapatmenghasilkan berbagai produkproduk yang mempunyai nilai jual. Peluang bisnis yangdihasilkan oleh komoditas ini cukup banyak, mulai dari batang, daun, sabut, batok , airdan dagingnya semua mempunyai nilai bisnis yang cukup menjanjikan . Beberapa produkyang dapat dihasilkan dari komoditas ini yakni batang ( dimanfaatkan untuk bahanbangunan, furniture maupun untuk bahan interior), daun/ lidi (dianyam menjadi sapu,bahan dekorasi), daging ( diolah menjadi minyak, santan, kopra, dessicated coco, cocopowder dll), tempurung (arang tempurung, briket arang, karbon aktif), sabut ( Fibersheet, coco dust) dan air kelapa (Nata de coco).

Buku inimerupakanhasil penelitianyangmengintegrasikanengineering,ilmukelayakanteknoekonomi dalam metodologinyaMETODEPENELITIANAnalisa Kelayakan Industri1. Analisis Situasional AgroindustriKelapa2. Aspek Bahan Bakudan Pembantu3. AspekSosialdanLingkungan4. Aspek Manajemen Pengelola5. Analisa Aspek PasardanPemasaran6. Analisa finansial

Analisa Situasional AgroindustriKelapa

Luasan,ProduksiKelapaDuniadanKontribusiIndonesia(Sumber:APCC,2013)

POHONINDUSTRIKELAPA

IndustrikelapayangdikembangkanmeliputiDessicatedCoco,CocoPowder,Minyakkelapa,Natadecoco,Coirfibre danbriketarang,asapcair.

Analisa Kelayakan Teknis Teknologis

Neraca MassaKelapa Terpadu

Mesin dan Alat

Analisa Kelayakan Pasar dan Pemasaran

DesiccatedCoconutSebutan desiccatedcoconut adalah produk kelapa parut kering.Srilankaadalah Negarapertama yangmengembangkan produk kelapa parut kering.Kemudian disusul oleh Filipina,Malaysiadan Indonesia.Dansaat ini Filipinamerupakan Negarapenghasil kelapa parut kering terbesar didunia.Padatahun 1990Filipinamampu mengekspor produk ini sebanyak 75.341MT,sedangkan Srilanka hanya hanya 52.673MT.Ekspor kedua Negaraini mampumemenuhi permintaan pasar sebanyak 6065%.Indonesiasendiri hanyamampu memasok 1,98%dari totalpermintaan dunia yangmencapai 139.516MT.AsianandPacificCoconutCommunity(APCC)memperkirakan bahwapermintaan dunia terhadap kelapa parut kering akan terus meningkat seiringdengan penggunaannya yangmakin luas untuk berbagai produk makanandan lainnya.

CocoPowder Salahsatu bahan masakan yangbanyak dipakai adalah santan kelapa.Kekhasandan keunikan rasanya belum dapat digantikan oleh bahan lain(sintetik).Pembuatan santan sekarang ini senantiasa berkembang untuk menghasilkanproduk yanglebih praktis dan tahan lama.Halini mengingat santan mengandungasam lemak (minyak)yangcenderung mudah rusak (tengik)karena oksidasi.

Dewasa ini banyak dijumpai dipasar lokal maupun luar santan kelapa dalambentuk produk kering (CocoInstan)maupun cairan/pastayangdiawetkan dandikemas dalam plastik,kaleng atau tetrapack.Masyarakatpun lebih menyukaikepraktisan yangditawarkan santan olahan ini.Masyarakat yangmembutuhkansantan tidak perlu lagi membeli kelapa dan membuat santan sendiri tapi cukupdatang ke supermarketuntuk mendapatkan santan yangsiap digunakan.Olehkarenanya,industri santan olahan (CocoMilk/Powder)memiliki prospek yangcukup bagus untuk dikembangkan dengan mempertimbangkan faktor kebutuhandan kepraktisan

Minyak Kelapa

Salahsatukomponensembilanbahanpokokadalahminyakkelapa.Karenanyaolahankelapauntukminyakkelapamempunyaiporsiyangpalingbesar,baikuntukkebutuhandalamnegerimaupunekspor.DiIndonesiaprodukterbesardariminyakkelapadikonsumsisebagaiminyakgoreng.HalinisesuaidenganpernyataanTaufikKurahman,MarketingAnalystAsianandPasificCoconutCommunity(APCC),bahwadari700ribu800ributonproduksiminyakkelapaIndonesia,sekitar500ribu600ributondikonsumsisebagaiminyakgoreng(Trubus,Juli1992).Diluarnegeri,minyakkelapaIndonesiamasihharusbersaingdenganberbagaijenisminyaknabati,terutamaminyaksawitdanminyakkedelai.Meskiharusbersaingketatdenganminyakjenislainnya,namunindustriminyakkelapalebihbaikkondisinya.Sebab minyak kelapa dapat dikonsumsi untukmakanan dan bahan baku industri.

DiAmerika,sekitar 60%minyak kelapa digunakan sebagai bahan baku industri,sedangkan negaranegara diEropa justru sebaliknya yaitu sekitar 60%digunakanuntuk bahan makanan.

CoirFibre Salah satu hasil olahan kelapa yang juga dapat menghasilkan devisa negara adalah serat sabutkelapa. Dalam perdagangan serat sabut kelapa, dikenal beberapa jenis produk antara lain coirfibre, coir yarn, coir mats, mattress dan rugs. Di Indonesia serat sabut kelapa bukan bahan barulagi karena banyak digunakan sebagai bahan pembuatan sapu, keset, talitemali, dan alat rumahtangga lainnya. Dewasa ini, serat sabut kelapa sudah banyak digunakan sebagai bahan bakuberbagai produk industri seperti jok kendaraan, serat berkaret, hardboard, karpet dan lainlain.

Seiring dengan perkembangan penggunaan serat sabut kelapa, nilai ekspor dan harga serat sabutkelapapun meningkat. Meningkatnya harga serat sabut kelapa di pasar internasional disebabkanoleh meningkatnya permintaan negara Eropa dan Amerika terhadap produk serat sabut kelapatersebut. China, Amerika dan Eropa merupakan pangsa pasar terbesar bagi perdagangan seratsabut kelapa. Pada tahun 2005 tercatat nilai impor dunia terhadap produk coir fibre mencapaisekitar USD 25 juta dengan negara pengimpor utama antara lain : China (USD 9.5 juta), Jerman(USD 3.5 juta dan AS (USD 2.8 juta). Sedangkan ekspor dunia untuk produk coconut fibremencapai sekitar USD 100 jt dengan negara pengekspor utama adalah China (USD 5,4 juta),Jerman (USD 1 juta), AS (USD 0,7 juta) dan Perancis (USD 0,6 Juta). Indonesia menempatiperingkat ke 7 dengan total nilai ekspor USD 0,4 juta.

Briket Arang

Potensi pasar untuk briket arang tempurung masih terbuka lebar karenapermintaan selama ini dari 1perusahaan saja yaitu 50.000ton/tahun barudapat dipenuhi 18.000ton/tahun khusus untuk pasar Eropa saja.Darikapasitas 1,5tonbriket arang /hari yangdirencanakan maka dalam 1tahun hanya menghasilkan 450 500tonbriket arang /tahun yangmasihjauh dari kekurangan permintaan ekspor.Harga produk final(nilai kalor >7.000Kkal /kg)yangdiperkirakan Rp 2.000, /kgmarginnya masih cukuplebar dibanding dengan harga ekspor ke Eropa yangsaat ini berkisar antara0,60USD/kg FOBdan harga dalam negeri (Dept Store)yangsaat iniharganya mencapai Rp 9.550, /kg.Perbandingan harga lainuntuk briketarang tempurung dengan nilai kalor sekitar 5.000Kkal /kguntuk tujuanekspor ke Koreaharganya 0,40USD/kgsampai diKoreaatau sekitar 0,37USD/kg FOB.

Nata deCoco

Fermentasi nata decocomelibatkan bakteri Acetobacter xylinum yangmembentuk nata (krim)pada permukaan larutan/mediaairkelapa yangmengandung gula.Pembentukan nata terjadi karena prosespengambilanglukosa dari larutan gula dalam airkelapa oleh bakteri tersebut.Glukosadan asam lemak selanjutnya membentuk prekursor dan bersama enzimmempolimerisasikan glukosa menjadi selulosa diluar sel.Produk ini dapatdikonsumsi sebagai makanan berserat tinggi dan rendah kalori sehinggacocok untuk keperluan diet.

Saat ini nata decocosudah banyak dijual dipasar domestik bahkandiekspor ke luar negeri.Dengan demikian tidak menutup kemungkinanpengembangan produk dan industri nata decocomemiliki prospek yangcerah sebagai salah satu komoditi komersial mengikuti jejak produkprodukolahan kelapa lainnya.

AsapCair

Asapcair merupakan produk lainyangbisa dikembangkan dari pemanfaatantempurung kelapa (arang tempurung).Asapyangdihasilkan dari pembakarantempurung kelapa dikondensasikan menggunakan airsebagai pendingin.Asapcair yangberaroma khas bakaran arang tempurung ini dapat digunakan untukmerendam ikan untuk meningkatkan cita rasaikan tersebut bahkan juga dapatdipakai sebagai pengawet pengganti formalin.Harga asapcair berkisar antara Rp6000, Rp 15.000, perlitertergantung kualitasnya.

Didaerah pesisir pantai penghasil kelapa juga biasanya banyak menghasilkanikan.Sehingga pengembagan asapcair ini merupakan upaya yangsinergis dengankegiatan pengembangan produk olahan ikan.Sebagai contoh diLampungBaratmenghasilkan ikan lebih dari 7000tonpertahun dan pengolahannya masihbelum banyak dilakukan sehingga banyak dijual dalam bentuk ikan segar.Pengembangan asapcair ini diharapkan dapat membantu pengembanganproduk olahan ikan yangdihasilkan oleh masyarakat nelayan.

Strategi Pemasaran Produk Secara perusahaan dapat dipaparkan bahwa direksi dan pemegang saham telah menjalinhubungan secara tradisional dengan beberapa perusahaan yangbergerak dib