kuisioner napza

Click here to load reader

  • date post

    22-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    64
  • download

    5

Embed Size (px)

description

kuisioner napza

Transcript of kuisioner napza

PENGARUH NARKOTIKA TERHADAP PERGAULAN REMAJA

Karya Tulis ini disusun sebagai salah satu syarat dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah

DISUSUN OLEH:OBER SIREGAR

DIREVISI OLEH:A.RIZKA SYAMSUL BAHRI &A.RIZKI SYAMSUL BAHRI

SMA NEGERI 12 MAKASSARTAHUN AJARAN2010-2011HALAMAN PENGESAHANJudul : Pengaruh Narkotka terhadap Pergaulan Remaja KotaMakassarDisusun oleh : Ober SiregarDirevisi oleh : 1. A. Rizka Syamsul Bahri2. A. Rizki Syamsul BahriNIS / NISN : 1. 086171 / 9935316099 2. 086172 / 9935316100Asal Sekolah : SMA Negeri 12 Makassar

MENGETAHUI

Kepala SMA Negeri 12 Makassar Guru Pembimbing

Drs. Abbas Pandi, MA. Dra.Herlina Sulaiman NIP. 19541231 198303 1 231 NIP. 19621018198032012

Tanggal Pengumpulan26 Februari 2011ABSTRAK

PENGARUH NARKOTIKA TERHADAP PERGAULAN REMAJA KOTA MAKASSAR

Karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh narkotika terhadap pergaulan remaja.Pokok permasalahan yang dibahas adalah seberapa besar pengaruh narkotika terhadap pergaulan remaja.Penelitian ini dilaksanakan dengan cara penyebaran angket kepada masyarakat kota Makassar dari tanggal 22 Januari 2011 sampai 1 Februari 2011.Metode penarikan sampel yang digunakan adalah Sampling Sistematis. Data dianalisis secara kuantitaif dengan menggunakan teknik analisis stalitis infrensional korelasional.Hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara narkotika dengan pergaulan remaja. Sebagian besar remaja mengetahui dampak dari penggunaan narkotika. Akan tetapi, mereka tetap menggunakannya atas dar coba-coba, stress, dan solidaritas sesama teman.

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan hidayah dan pertolongannya, sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan, guna memenuhi salah satu persyaratan dalam mengikuti proses belajar mengajar di SMA Negeri 12 Makassar.Berbagai rintangan dan hambatan yang penulis alami selama merevisi karya tulis ini, namun Alhamdulillah akhirnya dengan penuh keuletan dan kesungguhan penulis, sehingga dapat terselesaikan dengan judul, Pengaruh Narkotika terhadap Pergaulan Remaja.Penulis menyadari bahwa untuk mencapai hasil yang memuaskan tidaklah mudah, karena keterbatasan kemampuan penulis baik dari segi ilmu maupun literatur, sehingga karya ilmiah ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu saran dan kritik yang bersifat membangun, penulis sangat harapkan untuk menuju ke arah penyempurnaan karya tulis ini.Karya tulis ini dapat terselesaikan berkat bantuan dari berbagai pihak, maka sepatutnya penulis menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada:1. Bapak Drs. Abbas Pandi, selaku Kepala SMA Negeri 12 Makassar.2. Ibu Dra. Herlina Sulaiman, selaku guru pembimbing dalam penyusunan karya tulis ini.3. Ober Siregar, selaku penulis dari Karya Tulis yang kami revisi ulang dan melakukan penelitian ulang dari teori-teorinya.4. Kedua orang tua kami yang memberi motivasi, dorongan, semangat dan doa yang tidak henti-hentinya.5. Rekan-rekan se angkatan, atas segala dorongan, saran dan komentar yang diberikan selama praktikum yang kami lakukan hingga penyelesaian karya tulis ini.Bantuan dan pengorbanan semua pihak semoga mendapat pahala yang setimpal dari Allah SWT, semoga karya tulis ini bermanfaat bagi pembangunan, khususnya dalam pembangunan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Makassar, 15 Februari 2011

Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL....iHALAMAN PENGESAHAN ... iiABSTRAK .... iiiKATA PENGANTAR... ivDAFTAR ISI ......viDAFTAR TABEL viiiBAB I PENDAHULUANA. Latar Belakang......1B. Rumusan Masalah ........... 2C. Tujuan Penelitian ................ 2D. Manfaat Penelitian....... 3E. Sistematika Penulisan.. 3BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PIKIRA. Tinjauan Pustaka... 4B. Kerangka Pikir......15BAB III METODE PENELITIANA. Lokasi Penelitian...16B. Populasi dan Sampel.....16C. Jenis dan Sumber Data..16D. Metode Pengumpulan Data..17E. Variabel Penelitian....17F. Istrumen Penelitian.......18G. Metode Analisis....19BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASANA. Hasil Penelitian.........20B. Pembahasan..27BAB V PENUTUPa. Kesimpulan...28b. Saran ....28DAFTAR PUSTAKALAMPIRANBIODATA PENULISRIWAYAT HIDUP

DAFTA TABEL

Tabel 4.1 Distribusi Statistik Deskriftif Variabel x dengan Variabel ydengan Presentase Faktor Disrtibusi Hubungan PengaruhNarkotika terhadap Pergaulan Remaja ... 20Tabel 4.2 Distribusi Pengaruh Narkotika (Variabel X) ....... 21Tabel 4.3 Distribusi Penggunaan Narkkotika di Kalangan Remaja(Variabel Y)..... 22Tabel 4.4 Distribusi Pengaruh Narkotika terhadap PergaulanRemaja.. . 23Tabel 4.5 Data dan Tabel Korelasi antara Variabel X dan Y . 23Tabel 4.6 Persentase Pengaruh Narkotika (Variabel X) . 25Tabel 4.7 Persentase Pergaulan Remaja (Variabel Y) 26

BAB IPENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANGUsia remaja adalah usia dimana anak membutuhkan perhatian lebih dari orang tua. Sebab di usia seperti itu anak berusaha mencari identitas diri. Jiwa remaja penuh gejolak dan pemberontakan. Gejolak ingin mendapatkan pengakuan atas keberadaannya, ingin mendapatkan kepercayaan, ingin mendapatkan penghargaan, ingin berprestasi, ingin menunjukkan keberanian, dan ingin mendapatkan kebebasan dan kemandirian.Kecenderungan anak melakukan penyalahgunaan narkotika tidak dapat dilepaskan dari peran dan tanggung jawab orang tua. Sekalipun lingkungan seperti keluarga, sekolah dan teman sebaya, mempunyai pengaruh yang besar bagi anak, tetapi apabila orang tua dapat melaksanakan peran dan tanggung jawabnya, maka pengaruh lingkungan tersebut dapat ditekan seminimal mungkin.Di masa modern sekarang ini peredaran narkotika sudah tidak bisa ditolerir, tidak memandang lingkungan dan usia. Banyak anak-anak yang masih memerlukan bimbingan dalam proses peralihan menuju kedewasaan, terserang atau tergoda oleh narkotika. Walaupun telah diadakan penyuluhan-penyuluhan beberapa kali di sekolah-sekolah tapi narkotika tetap merasuki pikiran para pelajar yang masa depannya masih dipertanyakan. Masa depan yang seharusnya menjadi tujuan atau akhir dari perjuangan para pelajar dimasa-masa sekolah kini dipertanyakan statusnya. Jika narkotika terus berkembang dan menggoda para pelajar agar mengalihkan pandangannya pada narkotika maka para pelajar yang akan menjadi penerus bangsa akan kandas di tengah jalan.Sekolah merupakan tempat yang tepat bagi para pelajar untuk melakukan berbagai kegiatan yang positif, mengembangkan bakat dan minatnya agar tidak terjemurus kepada penyalahgunaan narkotika. Akan tetapi, tentunya pelajar jauh lebih lama berada di keluarganya dibandingkan dengan berada di sekolah.Oleh sebab itu, orang tua jauh lebih berperan untuk menjaga, dan mengawasi anaknya agar tidak terjerumus kepada penyalahgunaan narkotika.Generasi muda saat ini perlu memiliki kesadaran akan pentingnya manusia dan nilai-nilai kemanusiaannya, serta kesadaran akan pentingnya pengembangan potensi setiap individu untuk membentuk Indonesia yang bermartabat, maju, dan bebas dari narkotika.Dari permasalahan di atas, maka kami tertarik untuk membuat karya tulis yang berjudul Pengaruh Narkotika terhadap Pergaulan Remaja Kota Makassar.

B. RUMUSAN MASALAHBerdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.1. Seberapa jauh tingkat pengetahuan para remaja atau pelajar tentang narkotika?2. Apakah penyebab para remaja atau pelajar menggunakan narkotika?3. Apakah dampak penggunaan narkotika di kalangan remaja atau pelajar?

C. TUJUAN PENELITIANAdapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut.1. Untuk mengetahui tingkat pengetahuan para remaja atau pelajar tentang narkotika.2. Untuk mengetahui penyebab para remaja atau pelajar menggunakan narkotika.3. Untuk mengetahui dampak penggunaan narkotika di kalangan remaja atau pelajar.

D. MANFAAT PENELITIAN1. Manfaat AkademikMemberikan pemahaman kepada para remaja tentang pengaruh narkotika terhadap pergaulan remaja.

2. Manfaat PraktisSebagai bahan masukan kepada segenap pihak yang berminat untuk meneliti tentang pengaruh narkotika terhadap pergaulan remaja.

E. SISTEMATIKA PENULISANSistematika penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut.Bab I merupakan bab pendahuluan yang mengungkapkan latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat penelitian dan sistematika penulisan.Bab II merupakan bab tinjauan pustaka dan kerangka pikir yang menguraikan tentang tinjauan pustaka dan kerangka pikir.Bab III merupakan bab metodologi penulisan yang menjelaskan sumber data, metode pengumpulan data.Bab IV merupakan bab pembahasan yang berisi tentang narkotika di kalangan remaja.Bab V merupakan bab penutup yang menguraikan kesimpulan dan saran.

BAB IITINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PIKIR

A. TINJAUAN PUSTAKA1. Narkotikaa. Pengertian NarkotikaNarkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bunga tanaman baik sintesis maupun semisintesis yang dapat menyebabkan penurunan perubahan kesadaran , hilangnya rasa, sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulakan ketergantungan serta kecanduan.

b. Jenis-jenis Narkotika yang sering Disalahgunakan1) Opioda yaitu nama segolongan zat alamiah, semisintetik maupun sintetik yang diambil dari bagian pohon POPPY, pertama kali ditemukan di Asia Kecil , digunakan untuk pengobatan oleh bangsa Mesir, kemudian akhirnya menyebar ke Yunani. Selain digunkan sebagai obat Opioda juga digunkan sebagai alat untuk menimbulkan rasa senang. Yang termasuk Opioda adalah: Opiat/Oipium Morfin Heroin Kodein Opiat Sintetik2) Kokain merupakan zat yang sangat kuat berupa bubuk Kristal putih yang disuling dari daun Coca (Erythroxylan Coc) yang tumbuh di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sedangkan Kokain freebase adalah kokain yang diproses untuk menghilangkan kemurnian dan campurannya sehingga dihisap berbentuk