KRENOVA 07

of 38 /38
KRENOVA KREATIVITAS DAN INOVASI MASYARAKAT 0 2 7 1

Transcript of KRENOVA 07

Page 1: KRENOVA 07

KRENOVAKREATIVITAS DAN INOVASIMASYARAKAT

02 71

Page 2: KRENOVA 07

KERAJINAN KERAMIK NUANSA PORCELAINKABUPATEN BOYOLALI

Sentra keramik Lokal yg masih bertahan sampai saat ini kondisinya sangat

memprihatinkan dan sulit berkembang. Tingkat penjualannya rendah karena

produk yang dihasilkan kualitasnya kurang bagus meskipun harga jual produk

sangat murah. Mereka tidak berkembang karena kurangnya inovasi dan

sentuhan teknologi, dari sejak jaman dulu sampai sekarang metode dan cara

kerja yang mereka lakukan masih sama saja, sedangkan teknologi keramik

sudah berkembang pesat sekali. Negara kompetitor keramik seperti Cina,

Jepang, Vietnam, Thailand sudah makin maju sentra keramiknya.

Pasar produk keramik handmade masih sangat besar baik dipasar Lokal

maupun mancanegara. Jenis produk - produk Keramik Stoneware banyak

diminati oleh Market Amerika, Eropa, Australia dan Asia. Demikian juga pasar

lokal untuk memenuhi kebutuhan hotel, restoran, Café, serta resort masih

terbuka lebar. Solusinya adalah meningkatkan kualitas produk dengan

melakukan peningkatan kualitas body dan glasir, sehingga di dapatkan suatu

keramik yang berkualitas. Body di tingkatkan menjadi stoneware yang lebih

keras, lebih kuat, lebih kedap air. Sedangkan Glaze di tingkatkan menjadi

warna - warna yang menarik dan kreatif, seperti cracl glaze, reaktif glaze,

flowing glaze dan sebagainya

INVENTOR : Roy Wibisono

NO. HP : 08122521496

ALAMAT : Desa Ngadirojo,Ampel,

Kabupaten Boyolali,

Jawa Tengah.

Page 3: KRENOVA 07

Keunggulan dibandingkan dengan beberapateknik sebelumnya antara lain:a. Produknya tampak fisik akan jauh lebih

baik. b. Keunggulan produk yang tidak tampak

secara fisik antara lain microwave save, dishwasher save dan oven save.

c. Produk bisa dipakai secara higienismenjadi alat makan dan minum.

d. Harga jualnya jauh lebih mahal. e. Produk lebih kuat dan aman pada saat

pengiriman dan pemakain konsumen

Keunggulan

PERSPEKTIF

Penelitian dan pengembangan keramik stoneware ini adalahuntuk menghasilkan produk yang sesuai kualitas eksportdengan bahan baku lokal serta mensuport sentra keramiklokal yang ada agar lebih inovasf dalam produksinya danmemanfaatkan hasil tambang untuk hasil yang lebih optimal.

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Uji Lapangan multilokasiKerjasama Bisnis : TerbatasStatus Paten : Sudah Dipatenkan

PROSPEK INOVASI

Page 4: KRENOVA 07

Lampu emergency SIHEGI merupakan sebuah inovasi untukpenerangan karena sumber daya yang digunakan hanya berasal darisebuah baterai ukuran AA 1,5 Volt yang mudah dijumpai danharganya terjangkau. Selain itu lampu emergency SIHEGI juga sangataman digunakan untuk semua kalangan. SIHEGI juga ramah terhadaplingkungan karena beberapa komponennya memanfaatkanelektronik yang sudah tidak terpakai.Karena kebutuhan akan energi semakin meningkat dandimungkinkan sumber energi akan semakin terbatas, maka denganadanya lampu SIHEGI ini, diharapkan dapat menjadi energipenerangan alternatif saat sumber energi listrik tidak tersedia akibatpemadaman dan juga dapat membantu masyarakat yang daerahnyaterkena bencana maupun terisolir jaringan listrik.

Kab. Purworejo

INVENTOR : SUGENG RIYADI W

NO. HP : 085292843092

ALAMAT : SURONEGARAN,

KAB. PURWOREJO

JAWA TENGAH

Page 5: KRENOVA 07

Dibuatnya lampu emergency SIHEGI (Si Hemat Energi) inidilatarbelakangi hasrat mengembangkan dan menerapkanteknologi Joule Thief ke dalam bentuk lampu emergencyyang bernilai fungsional dan ekonomis. Membuat sebuahinovasi teknologi tepat guna di bidang penerangan untukmasyarakat umum. Dan dijadikan sebagai peluang usahayang berkelanjutan.

KEUNGGULAN

PERSPEKTIF

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Sudah Teruji dan TerjualKerjasama Bisnis : Toko Elektronik .Status Paten : Sudah Dipatenkan

PROSPEK INOVASI

Harga terjangkau, hemat energi, ramah lingkungan, sebagiankomponen memanfaatkan barang bekas, cahaya terang, tidakberesiko kebakaran, aman untuk anak-anak karena tidakterhubung ke sumber listrik tegangan tinggi, tidak perlumengisi ulang / charge, baterai mudah didapat, harga baterairelatif murah, awet / tidak mudah rusak, bersifat multifungsi:satu sumber daya SIHEGI bisa divariasi/ dipasang pilihanlampu sesuai kebutuhan, misal lampu untuk penerangan,lampu tidur, lampu belajar dan lampu pendeteksi uang palsu.

Lampu LED 2 Watt (DC),Dudukan/Fitting Lampu,Rekayasa rangkaian Joule Thief,Battery (AA) dan dudukannya sertaperlengkapan variasi lainya

SPESIFIKASI

Page 6: KRENOVA 07

LOREM IPSUM DOLOR LOREM IPSUM DOLOR LOREM IPSUM DOLOR

MESIN SERUT BAMBU 3 IN 1KAB. KARANGANYAR

Seiring berkembangnya teknologi di bidang industrikerajinan bambu yang mengalami peningkatan yang begitupesat didukung permintaan akan hasil produksi dari industridan kerajinan bambu saat ini yang sangat banyakmenjadikan usaha ini layak dikembangkan. Berdasarkanfakta yang ada di lapangan, bahwa jumlah produsen denganpermintaan pasar masih belum seimbang, dimanapermintaan hasil produksi masih jauh lebih banyak daripadajumlah produsen yang menggeluti dan memproduksi hasildari bambu yang berupa tusuk sate dan hasil olahan lain.

Faktor lain yang mempengaruhi lambatnya produksi tusuk sate dananeka kerajinan bambu lainnya yang ada di nusantara saat iniadalah kendala mesin yang digunakan oleh beberapa produsenyang masih menggunakan mesin manual, sehingga hasilnya belumsesuai dengan harapan dan belum bisa memenuhi permintaanpasar. Inovator berupaya untuk menuntaskan permasalahan tersebutdengan cara melakukan inovasi berupa alat/mesin yang hasilnya bisadibuktikan dan dirasakan manfaatnya.

Page 7: KRENOVA 07

KEUNGGULAN

1. Fungsi : Belah, cacah, serut2. Kapasitas produksi 25 kg/hari,3. Kualitas lingkar batang

sempurna,4. Finishing yang mulus, seragam

dan simetris.Hal ini didukung denganspesifikasi teknis yangmenggunakan sparepart kualitasbagus dan keahlian teknisi yangmumpuniDiameter bisa disesuaikan sesuaidengan request pasar.

PROSPEK INOVASI

1. Dinamo : ½ pk teganganlistrik minimal 900 watt;

2. Menggunakan roll karet;3. Rantai dan gear yang

didesain maju dan mundur;4. Laker / Bearing khusus 20.4.

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Sudah teruji

dan terjualKerjasama Bisnis : Pengrajin bambu

pan Pengusahasate.

Status Paten : Proses

PERSPEKTIF

Memberikan solusi cepat danpraktis bagi para pengrajinbambu dan tusuk sate sertameningkatkan kualitas agar nilaijualnya lebih tinggi.

Menjadikan masyarakat daerah danpengrajin bambu untuk melekteknologi.

SPESIFIKASI

INVENTOR : Eko Handoyo

NO. HP : 087735076075ALAMAT : Bulu Etan RT 02 RW 03,

Desa Salam,

Kecamatan

Karang Pandan

Page 8: KRENOVA 07

Desa Logandu merupakan salah satu desa di Kecamatan Karanggayam yangmenghasilkan singkong cukup besar dan mempunyai produk unggulan berupaoyek yang merupakan produk intermediate pengolahan singkong yang dikenaldengan istilah krekel. Tepung krekel tidak memiliki kadar gluten (gluten free)sehingga baik untuk pengidap autis, maupun penderita seliak dan memiliki kadarglukosa yang rendah sehingga baik sekali untuk penderita Diabetes Melitus. Untukmeningkatkan daya jual olahan produk singkong terutama tepung krekel perludikembangkan inovasi produk. Modifikasi makanan berbahan dasar tepung krekelbelum terlalu banyak keberadaanya. Mie merupakan makanan yang banyakdikonsumsi oleh masyarakat baik dari yang tingkat ekonomi rendah maupun tinggi.Kandungan mie terdiri dari karbohidrat, beberapa mineral dan energi sangattinggi, tetapi kandungan protein, lemak dan vitamin sangat rendah. Untukmeningkatkan gizi pada mie, bisa dilakukan dengan penambahan sayur-sayuranseperti bayam, wortel, kangkung, katuk, dan kacang-kacangan (kacang kedelai,kacang hijau), jagung, ubi ungu dan ikan.

INVENTOR : 1. Ery Purwati, S.Si. M.Sc

2. Umi Laelatul Qomar, S.ST, MPH, dkk

NO. HP : 081 328 064 135

ALAMAT : Jl. Yos Sudarso No. 461 Gombong,

Kab. Kebumen, Jawa Tengah

MIE BEBAS GLUTEN

KAB. KEBUMEN

Page 9: KRENOVA 07

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Sudah melakukan uji laboratorium dan

siap untuk dipasarkan.Kerjasama Bisnis : Usaha KulinerStatus Paten : Sudah dipatenkan

PROSPEK INOVASI

Pengembangan makanan olahan tepung Krekel sebagaimakanan sehat dan alami serta meningkatkan daya saingdaerah. Memberikan alternatif makanan sehat bagimasyarakat dan para penderita autis, alergi protein glutendan penderita diabetes melitus.

MIE BEBAS GLUTEN

KAB. KEBUMEN

Mie Bodin gluten free merupakan miesehat yang bebas bahan pengawet, bebasgluten dan indeks glikemik rendah sehinggasangat bagus untuk penderita autis, orangyang alergi dengan protein gluten dan parapenderita diabetes mellitus. Dengan adanyatambahan pasta daun kelor akanmenambah nilai gizi.

KeunggulanPERSPEKTIF

Page 10: KRENOVA 07

LOREM IPSUM DOLOR LOREM IPSUM DOLOR LOREM IPSUM DOLOR

OMSET PINTARKAB. BLORA

Apabila dalam sehari angin berhembus dengan kecepatan 4m/s selama 6 jam mampu menghasilkan daya 622,08 Wh danditambah dengan daya yang dihasilkan oleh 4 unit solar cell 20Watt selama 8 jam penyinaran maka menghasilkan 640 Wh,dengan daya yang dihasilkan kincir dan solar cell mampumemenuhi kebuhtuhan listrik bagi wisatawan untuk chargeataupun yang lainnya.

“Omset Pintar” adalah suatu produk yang berbentuk gasebo(tempat peristirahatan) yang dilengkapi dengan fasilitas chargerHP, laptop maupun kamera. Dengan memanfaatkan energiangin, inovator menggunakan kincir angin sumbu vertikal karenakincir angin jenis ini mudah berputar terhadap hembusan angindengan kecepatan rendah, sehingga energi angin mampudimanfaatkan secara maksimal. Penggunaan Solar Cell sebagaipengubah energi matahari menjadi listrik sangatlahmenguntungkan karena sepanjang tahun wilayah Indonesiakhususnya Blora mendapatkan penyinaran matahari yang cukuplama.

Page 11: KRENOVA 07

KEUNGGULAN

1. Dapat Memenuhi kebutuhanlistrik di Kawasan Pariwisatayang berada di wilayahbelum terjangkau listrik;

2. Mudah digunakan dan tidakberbahaya bagi anak-anak.

PROSPEK INOVASI

1. Bilah kincir2. Lengan Bilah Kincir3. Tower / Menara

Kincir Angin4. Gasebo5. Sudut Kincir6. Poros7. Gir Primer dan

Gir Sekunder

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Sudah Teruji

dan TerjualKerjasama Bisnis : Klaster dan Pengelola

Kawasan PariwisataStatus Paten : Proses

SPESIFIKASI

8. Pully Primer danPully Sekunder

9. Solar Cell10. Generator11. Regulator

Controller12. Batery/Accu13. Inverter

INVENTOR : Noer Chanief

NO. HP : 08122818050

ALAMAT : SMKN 1 Blora

Page 12: KRENOVA 07

Wayang Perca sebagai solusi alternatif reduksi limbah konveksi melalui tahap

pengenalan tokoh yang akan dibuat, membuat kerangka tubuh, pembalutan kain perca

sesuai warna kulit, pembentukan lekuk tubuh dengan balutan kain perca dan

penambahan isi tubuh dengan kapas, pemberian busana dan aksesoris sesuai karakter

tokoh, penegakan wayang perca dengan menggunaka alas bekas tutup Riso, pelabelan

dan pengemasan. Melihat keunikan dan manfaat dari Wayang Perca, tidak mustahil

karya ini dapat dijadikan sebagai salah satu souvenir khas Provinsi Jawa Tengah dan

atau pajangan di meja kerja dan serta bahan koleksi yang unik. Wayang Perca ini dapat

mendatangkan keuntungan berlipat dari modal awal sehingga pembuatan Wayang

Perca dapat digunakan sebagai salah satu bentuk ekonomi kreatif masyarakat Jawa

Tengah yang dapat dikembangkan ke depan.

DATA INVENTOR

WAYANG PERCA

Nama : Tri Harjanto, S.Si.Alamat Rumah : Tegalsari RT.01 RW 03,

Dukuh, Delanggu Klaten

No. Telepon : 085229081979Email : [email protected]

Page 13: KRENOVA 07

KEUNGGULAN

PERSPEKTIF

Peringkat Inovasi : Kreasi kerajinan tanganKesiapan Inovasi : Sudah terjualKerjasama Bisnis : Toko souvenir .Status Paten : -

PROSPEK INOVASI

• Limbah kain perca

• Kawat

• Lem CASTOL

• Tutup tinta RISO

• Limbah karpet

SPESIFIKASI

• Benang jahit

• Kapas

• Mika 0,25 mikron

Residu pembuangan limbah konveksi di Kab. Klaten dansekitarnya dapat termanfaatkan dengan baik dan menambahpendapatan masyarakat pengelola, mudah dibuat dalamhitungan jam, kreasi bentuk lekuk ahkan wajah bisadisesuaikan dengan tokoh karakter dan tidak perlu cat untukpewarnaan.

Memberikan rekomendasi ekonomi kreatif dari limbahkain perca kepada masyarakat Jawa Tengah.Memberikan rekomendasi kepada Propinsi Jawa Tengahuntuk menjadikan Wayang Perca sebagai salah satusouvenir khas Jawa Tengah.

Page 14: KRENOVA 07

FREE POWERPOINT TEMPLATE

OXIT

MESIN KRISTALISASIKOTA SEMARANG

Pembuatan alat ini bertujuan untuk menghasilkan mesin kristalisasi serbuk yang dapatmeningkatkan kualitas produk dari produk yang bermula cairan menjadi serbuk-serbukinstan. Selain itu alat ini juga hemat energi sehingga tidak mengganggu ekosistem alamsekitar. Alat ini mampu menghasilkan serbuk lebih higienis dengan menjaga kualitas gizidari cairan itu sendiri. Dengan menggunakan alat ini lebih efektif dan efisien dalam prosespengerjaannya.Metode yang digunakan dalam pembuatan alat ini adalah dengan membuat rancangan“Mesin Kristalisasi Otomatis” terlebih dahulu sebelum proses pembuatan alat tersebutberlangsung agar mengurangi terjadinya kesalahan dalam pembuatan alat tersebut. Alatini dilengkapi dengan sisem otomatis yang memudahkan dalam proses pengerjaan ketikaakan membuat serbuk.

Page 15: KRENOVA 07

FREE POWERPOINT TEMPLATE

OXIT

Spesifikasi:• Inventer (1 phase to 3 phase 1,5 kW);

• Panci Putar

• Bearing Payung

• Bearing 10mm (3pcs)

• Siku 5x5 (2 batang)

• Pipa ¾ inch (3 meter)

• Motor 3 phase (1hp, rpm900)

• Elektroda E6013 (1dus)

• Panel Listrik

• As (diameter 1,5mmdan panjang 50cm);

• Kompor

• Regulator

• Plate Penutup

• Volume alat :

• (L x W x H cm), 62 X39 X 18

• Batu Gerinda (5 pcs)

• Gerinda Poles (5 pcs)

Keunggulan :• Proses pengadukan dengan alat lebih efisien dalam

waktu dan kapasitas produksi meningkat;

• Kecepatan putaran mengaduk dapat di atur;

• Menggunakan tabung panci bahan stainlesskarena tahan korosi atau karat;

• Wujudnya yang berbentuk serbuk instan akanmemberikan kemudahan untuk dikonsumsi karenahanya menyeduh air kemudian diminum sertatahan dalam masa simpan.

Isa Bintang Antariksa; Dkk

08237163617

Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunungpati

Peringkat Inovasi : Rekayasa Teknologi Tepat GunaKesiapan Inovasi : Sudah TerjualKerjasama Bisnis : Home Industry.Status Paten : -

PROSPEK INOVASI

Page 16: KRENOVA 07

Mesin Ferment and Tester Fertilizer Electric (mesin pengolah dan

penguji pupuk organik). Mesin multifungsi, dikarenakan bisa mengolah

pupuk organik dengan sistem aerator yang telah inovator desain

dengan penyaringan sederhana supaya pupuk tidak terkontaminasi

dengan bakteri diluar reaktor. Serta mampu menguji pupuk organik

dengan cara mengukur zat elektrolit menggunakan rangkaian

sederhana sesuai dasar teori dari Svante August Arrhenius (1884).

Mesin ini inovator ciptakan dengan tujuan membantu petani dalam

membuat pupuk organik dengan cara mudah, murah, ramah

lingkungan dan berkelanjutan, serta mewujudkan kemandirian petani.

FTFEJepara

Inventor : Rizal Alansyah

No HP : 081 325 665 442Alamat :Tengguli, RT.02 RW.10,

Bangsri, Jepara

Ferment and Tester Fertilizer Electric(Mesin Pengolah dan Penguji Pupuk Organik)

Kabupaten Jepara

Page 17: KRENOVA 07

KEUNGGULAN1. Multifungsi,2. Hemat energi,3. Mudah dioperasikan,4. Harganya terjangkau untuk

petani5. Mudah direplikasi;6. Bahan bakunya tersedia luas.7. Kebutuhan pupuk organik

yang dihasilkan bisatercukupi,

PROSPEK INOVASI

1. Aerator Aquarium;2. Selang;3. Botol Bekas dan Galon

5 Liter;4. Obat Luka

(Primajangat Kalicus) ;5. Lampu 100 watt dan

Kop lampu

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Sudah TerujiKerjasama Bisnis : KelompokPertanian.Status Paten : Proses

PERSPEKTIF

Alat ini sangat potensialuntuk petani yang mandiridan aktif untuk berinovasi

SPESIFIKASI

6. Kabel;7. Volt Ultron ;8. Rangka Mesin

(Triplek)

Page 18: KRENOVA 07

INVENTOR : Roy Wibisono

NO. HP : 08122521496

ALAMAT : Desa Ngadirojo,Ampel,

Kabupaten Boyolali,

Jawa Tengah.

TEKNOLOGI PEMBUATAN TELUR ASIN 3 JAMMELALUI MANIPULASI TEKANAN OSMOTIK

KAB. SRAGEN

Menggunakan teknologi tepat guna dan berbiaya rendah.Terobosan ini dapat dilakukan dengan cara memanipulasi faktortekanan osmotik dalam proses pembuatan telur asin. Teknologipembuatan telur asin selama 3 jam melalui manipulasi tekananosmotik ini dapat dilakukan secara singkat dan daya tahan telurasin lebih lama yaitu sampai 15 hari dari proses pembuatannya.Karena proses pembuatannya tidak memerlukan air yang banyaksehingga air yang masuk relatif lebih kecil.Berdasarkan penelitian yang inovator lakukan, “TeknologiPembuatan Telur Asin Selama 3 Jam Melalui Manipulasi TekananOsmotik” terbukti mempunyai nilai produktivitas dan daya tahanyang tinggi dibanding yang sering dilakukan selama ini olehrumah produksi telur asin di masyarakat.

INVENTOR : Joko Susilo, S.Pd.

NO. HP : 081 390 315 8 44

ALAMAT : Sumberejo RT 21/4 Patihan,

Sidoharjo, Sragen.

Page 19: KRENOVA 07

a. memanipulasi kandungan garamdan lama perendaman dalam asamcuka;

b. Memberikan solusi untukdiproduksi massal terutama diwilayah sentra peternak itik;

c. Nilai produktivitas tinggi;d. Meningkatkan nilai perekonomian

masyarakat

Keunggulan

PERSPEKTIF INOVASI

Inovasi ini sudah dipraktekan dan diimplementasikandi beberapa wilaya Jawa Tengah, tingkat keamananpada penerapan teknologi ini memadai dan tidakberdampak negatif.

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Sudah diperapkanKerjasama Bisnis : UMKM KulinerStatus Paten : Sudah Dipatenkan

PROSPEK INOVASI

Page 20: KRENOVA 07

Pati memiliki potensi tanaman kopi tahun 2016 seluas 2.003,94 ha denganpotensi produksi 1.492,60 ton/th. memerlukan sentuhan tata kelola panensehingga mampu meningkatkan mutu dan kesejahteraan petani kopi. Salahsatu yang bernilai ekonomis tinggi adalah KOPI LUWAK. Tetapi ada banyakragam kajian tentang produksi kopi luwak dimana salah satunya adalaheksploitasi hewan untuk proses produksi. Intinya proses produksi KOPILUWAK adalah sebuah proses produksi fermentasi di dalam rumen luwak.Terobosan dilakukan dengan cara melakukan proses fermentasi Probotikuntuk memperbaiki mutu Cita rasa Nikmat, Mantap dan Aman Bagi Lambungtanpa eksploitasi hewan dalam proses produksi.

INVENTOR : TEGUH WIKAN WIDODO

NO. HP : 085292843092

ALAMAT : Desa Duwo RT 5/III

Tlogowungu Kab. Pati

KOPLACKOPI PROBIOTIK LACTOBACILLUSKAB. PATI

Page 21: KRENOVA 07

Menyajikan kopi dengan citarasa identik dengan kopi luwak,namun tanpa eksploitasi hewan dan harga lebih terjangkau.

PERSPEKTIF

KEUNGGULAN

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Sudah Teruji dan TerjualKerjasama Bisnis : Toko Oleh-oleh .Status Paten : Sudah Dipatenkan

PROSPEK INOVASI

Kopi probiotik adalah kopi hitam murniyang rendah caffeine sehingga amanbagi lambung dan cita rasa kopi yangkhas. Tidak adanya eksploitasi hewanuntuk proses produksi. Teknologi yangmurah dan mudah diaplikasikan olehmasyarakat.

SPESIFIKASI

Biji Kopi Kering;Cairan Mikroba Probiotik

Page 22: KRENOVA 07

Lemari ini memiliki harga jauh lebih murahdibandingkan dengan produk dipasaran.Dan bahan yang dipakai adalah bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar kita.Inovator membuatnya dengan bantuankipas angin dan hantaran panas yangdihantarkan dari seng. Inovator memilihbahan seng karena inovatormemperhitungkan seng adalah salah satupenghantar panas yang baik sehingga dapatmembantu dalam proses pengeringan.Inovator telah melakukan banyakpercobaan dengan berbagai bahan untukdapat menghasilkan panas, seperti elemenpemanas, lampu neon, kipas angin. Lemariini dapat digunakan dalam waktu yangsingkat.

Inovator berharap dengan adanya lemariini, dapat meringankan masalah rumahtangga pada musim penghujan dan efisiensiwaktu dalam mencuci sampai menyetrikapakaian. Meskipun sekarang banyak laundryyang beredar di masyarakat, tetapi tetapbanyak ibu rumah tangga yang tak puasdengan hasil laundry dan memilih mencucipakaian mereka sendiri.

INVENTOR : SMK NEGERI 2 SUKOHARJONO. HP : 0813-2972-3512ALAMAT : Desa Begajah Rt 02/02,

Kec. Sukoharjo

Rekayasa Lemari Pengering Pakaian“Cup Board Magic”KAB. SUKOHARJO

Page 23: KRENOVA 07

Alat ini digunakan sebagai alat bantu untuk para pengusahalaundry khususnya dan masyarakat pada umumnya, denganadanya alat ini masyarakat tidak lagi bergantung pada cuaca.Musim penghujan pun cucian masih bisa cepat kering dantidak menimbulkan bau yang tidak sedap

PERSPEKTIF

KEUNGGULAN

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Tahap Uji CobaKerjasama Bisnis : Online ShopStatus Paten : -

PROSPEK INOVASI

a. Hemat waktub. Praktisc. Hemat tempatd. Lebih murah

Kayu KalimantanSengBlower bekasElemen pemanasJarring nyamuk

PlipitanPegangan pintuKabelTimerSpray paint

FittingBautPakuLampu

SPESIFIKASI

Page 24: KRENOVA 07

Kesadaran masyarakat untuk mengelolasampah masih sangat rendah. Bahkan takjarang, sampah berbahan plastik dibiarkanmenumpuk, sehingga perlu adanya tindakanpengelolaan dan pengolahan sampah denganbaik dan berkelanjutan.Untuk mengatasi sampah perlu adanyakesadaran dari diri kita dan bersama samadengan warga masyarakat untukmemecahkan permasalahan tersebut. Padagilirannya muncul insiatif dan ide kreatifuntuk dapat mengatasi masalah sampah.Meskipun berat untuk merubah sebuahkebiasaan warga masyarakat yaknimembuang sampah tidak pada tempatnya,membuang sampah di sungai danmembiarkan sampah berserakan tidakterurus.Dengan kondisi tersebut menggugahinovator untuk menjaga lingkungan denganupaya mengumpulkan sampah plastik danmengolahnya menjadi PAVING.

INVENTOR : Kelompok Lestari BumiDewi Supriyanti

NO. HP : 085647890172ALAMAT : Desa Jetis RT 12 RW 04

Kecamatan KemangkonKabupaten Purbalingga

PEMBUATAN PAVING DARI LIMBAH PLASTI(SIP BANGGA)KAB. PURBALINGGA

Page 25: KRENOVA 07

Inovasi dibidang ini masih sangat jarang dan masih sangatberpotensi untuk dikembangkan. Dampak lingkungan yangdiberikan pada kelompok ini sangat lah besar, mengurangipencemaran lingkungan dan mengurangi bahaya banjirakibat sumbatan sampah plastik pada aliran sungai.

PERSPEKTIF

KEUNGGULAN

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Sudah di Uji cobaKerjasama Bisnis : Toko Matrial Bangunan;Status Paten : Dalam Proses

PROSPEK INOVASI

a. Kuatb. Tahan Lamac. Tidak Mudah Patahd. Tidak Licin

a. Tungku Pembakaran;

b. Cetakan Pavingc. Alat Pengadukd. Alat Press dan cate. dongkrak dan bak penampungan air.

SPESIFIKASI

Page 26: KRENOVA 07

Pemeliharaan burung kontes dewasaini semakin banyak dilakukanmasyarakat, hal ini karena memilikinilai kepuasan pemiliknya.Pemeliharaan burung kontes yang adasaat ini menggunakan kandangaluminium sehingga repot dan beratuntuk membawa ke arena kontes.Umbaran Lipat diciptakan sebagaiupaya dalam menjawab persoalankandang umbaran burung kontes.Keunggulan Umbaran Lipat adalahringan barangnya, mudah dibawa danpraktis karena bisa dilipat. Di sampingitu bila dibandingkan dengan kandangaluminium lebih murah umbaranlipat, pemasangannya cukupsederhana.

INVENTOR : Sam WahyonoNO. HP : 0821 3388 8399ALAMAT : Karang Gading, Kelurahan

Rejowinangun Selatan,Kecamatan Magelang SelatanKota Magelang.

UMBARAN LIPATPOLIAIR UNTUK BURUNG BERKICAU

Page 27: KRENOVA 07

Fungsi Alat ini sebagai olahraga atau latihan fisik burungkicau, agar lebih sehat dan mempunyai tarikan suara yangpanjang dan bagus.Melatih burung untuk terbang jauh dan sebagai pereganganotot pada fisik burung, membuat burung kicau lebih merasabebas.

PERSPEKTIF

KEUNGGULAN

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Sudah di Uji cobaKerjasama Bisnis : Pasar Burung, Komunitas Pecinta

BurungStatus Paten : -

PROSPEK INOVASI

a. Praktis;b. Tahan Lamac. Kuat;d. Ringan.

a. Besi Rangka;b. Jaring Kasa;c. Tali;d. Pipa.

SPESIFIKASI

Page 28: KRENOVA 07

Permasalahan gigi pada umumnya adalah gigisensitif, gigi berlubang, dan gigi kekuningan. Gunamengatasi masalah tersebut, masyarakatmenggunakan pasta gigi berbahan kimia yangberbahaya bagi kesehatan. Salah satu bahankimia berbahaya yang terdapat dalam pasta gigiadalah flouride. Flouride mengakibatkan banyakmasalah kesehatan, diantaranya menurunkanfungsi otak dan mengkorosi lapisan enamel gigi.Akibat penggunaan pasta gigi yang mengandungflouride tidak terjadi secara langsung akan tetapijangka panjang. Oleh karena itu, penulismembuat pasta gigi herbal CHANGSANG yangterbuat dari cangkang telur bebek, cangkang telurayam dan kulit pisang sebagai bahan utamanya.Pasta gigi ini merupakan solusi alternatif untukmengurangi dampak negatif dari penggunaanpasta gigi berfluoride. Penelitian dilakukanmenggunakan metode eksperimen dengan 8orang sebagai responden selama 6 hari danfrekuensi menggosok gigi 3 kali sehari. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa pasta gigi herbalCHANGSANG memiliki manfaat yang tidak kalahdengan pasta gigi yang beredar di masyarakat.Dan terbukti tidak memiliki efek samping baik dimasa sekarang maupun mendatang.

PENGGUNAAN PASTA GIGI HERBAL CHANGSANG UNTUK MENGATASI GIGI KEKUNINGAN DAN

MENCEGAH GIGI BERLUBANG

AISYAH (SMA MTA SURAKARTA)0857-2500-4812Jl. Kyai Mojo, Semanggi, Pasar Kliwon

Page 29: KRENOVA 07

PENGGUNAAN PASTA GIGI HERBAL CHANGSANG UNTUK MENGATASI GIGI KEKUNINGAN DAN MENCEGAH GIGI BERLUBANG

KEUNGGULAN

• Memperkuat gigi tanpa efek sampingbagi kesehatan

• Memutihkan gigi

• Menyegarkan dan mencegah baumulut

• Membersihkan kotoran di sela-selagigi

• Mengurangi limbah

•Cangkang telur ayam.•Cangkang telur bebek.•Gliserin.•Papermint.•Kulit pisang.•Ekstrak daun sirih.•Air.•Garam.

SPESIFIKASI

Page 30: KRENOVA 07

Pasta gigi herbal CHANGSANG yang terbuat dari bahanutama cangkang telur dan kulit pisang sebagai terobosanalternatif untuk mengurangi dampak pemaikaian pasta gigiberfluoride.

PERSPEKTIF

KEUNGGULAN

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Sudah di Uji coba dan Siap EdarKerjasama Bisnis : Apotik HerbalStatus Paten : -

PROSPEK INOVASI

a. Memperkuat gigi;b. Memutihkan gigi;c. Menyegarkan dan mencegah bau

mulut;d. Mengurangi limbah

a. Cangkang TelurBebek,

b. Cangkang Telur Ayam,c. Kulit Pisang,d. Minyak Pepermint.

SPESIFIKASI

Page 31: KRENOVA 07

Mata merupakan salah satu dari panca inderapenting bagi manusia untuk menyaksikan dunia. Namun banyakjuga fungsi mata yang tidak dapat maksimal digunakan sehinggamenjadi buta. Kondisi ini terjadi karena beberapa faktor bisabawaan, penyakit maupun kecelakaan. Upaya untuk tetapberusaha bagi manusia yang telah mengalami kebutaan menjadipenting. Salah satu cara untuk memudahkan orang buta adalahdengan memberikan alat bantu.

Alat bantu yang diciptakan oleh inovator Kampung ITini diberi nama Sepatunanetra. Sepatunanetra menggunakanSingle Board Microcomputer dalam menggunakannya untukmengenali penghalang yang ada di depan sepatu, penghalangberupa ketinggian dan halangan yang dianggap membahayakantunanetra ketika berjalan.INVENTOR : Team Kampung IT

(Evi Dwi Hastutik, Naskan,

Tris Prayogo, Wahyu Widayat)

NO. HP : 0852 0129 3777ALAMAT : Perum Depkes Blok A3 Kelurahan

Kramat Utara KecamatanMagelang Utara Kota Magelang

SEPA TUNANETRA(SEPATU UNTUK PENYANDANG TUNANETRA)

Page 32: KRENOVA 07

Sepetunanetra ini didesain untuk para penyandang tunanetrasebagai pengganti tongkat penunjuk, sepatu ini dilengkapidengan perangkat yang canggih yang berfungsi untukmemberikan tanda khusus pada penyandang tunanetra.

PERSPEKTIF

KEUNGGULAN

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Tahap Uji CobaKerjasama Bisnis : Toko Alat KesehatanStatus Paten : -

PROSPEK INOVASI

a. Dapat mendeteksi lubang yang berada dibawah sepatu;

b. Dapat mendeteksi penghalang yang berada didepan sepatu;

c. Dapat mendeteksi warna jalan raya;d. Sumber daya dapat diisi ulang;e. Terdapat mekanisme pengisian ulang mandiri

jika digunakan untuk berjalan.

• Perangkat Keras

- VCB ;

- Adruino uno;

- Kabel data;

- Sensor pendeteksi.

• Perangkat Lunak

-firmware

SPESIFIKASI

Page 33: KRENOVA 07

Lantai keramik juga perlu dirawat agar tetap mengkilat, kesatdan halus, layaknya seperti baru. Namun, banyaknya aktivitas si-pemakai lantai keramik, membuat lantai keramik lambat launsemakin kusam, berkerak bahkan mungkin berkarat. Olehkarena itu, sekarang banyak beredar cairan pembersih lantaikeramik yang berguna membersihkan kotoran yang menempeldi lantai keramik. Padahal bahan-bahan komponen yangterkandung dalam cairan pembersih lantai yang di pasaran“berbahaya” jika si-pemakai pembersih lantai tersebut seringterjadi kontak langsung dengan cairan tersebut. Oleh karena itu,perlu adanya alternatif pengganti cairan pembersih lantai kimiasintetik dengan cairan pembersih lantai alam (ecocleaner) yangterbuat dari bahan utama ekstrak belimbing wuluh dan jeruknipis. Tujuan inovasi ini adalah menemukan formula ecocleanerbelimbing wuluh yang baik untuk mengatasi kotoran, kerak ataukarat pada keramik. Rancangan percobaan yang digunakanadalah rancangan acak lengkap dengan sepuluh faktor volumeekstrak belimbing wuluh dan satu faktor massa asam sitrat.Parameter untuk menentukan formula ecocleaner yang terbaikberdasarkan sifat fisikokimia yang meliputi pH, dan karakteristikkualitatif. Sebagai kontrol untuk analisis pH dan karaktristikkualitatif digunakan porstex komersil.

INVENTOR : Tsabitah Dea AzzahraMayang Nydia Nariswari

NO. HP : (0294) 571089ALAMAT : Jl. Raya Bebengan 203 D,

Boja, Kab. Kendal

IMPLEMENTASI EKSTRAK BELIMBING WULUH (Averrhoa blimbi) DAN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) SEBAGAI ECOCLEANER KERAK DAN KARAT PADA LANTAI

KERAMIKKAB. KENDAL

Page 34: KRENOVA 07

formula ecocleaner belimbing wuluh yang baik untukmengatasi kotoran, kerak atau karat pada keramik.Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancanganacak lengkap dengan sepuluh faktor volume ekstrakbelimbing wuluh dan satu factor massa asam sitrat.

PRESPEKTI

F

KEUNGGULAN

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Siap untuk diaplikasikanKerjasama Bisnis : Toko Alat kebersihanStatus Paten : -

PROSPEK INOVASI

1. Kadar Kalsium oksalat (CaC2O4) tinggi

2. Mengandung senyawa asam organik kuat

3. Secara kualitatif, efektif dan efisien

a. Belimbing Wuluh;

b. Jeruk nipis;

c. Aquades;

d. Soda;

e. Blender;

f. Asam Sitrat;

g. Pewarna

SPESIFIKASI

Page 35: KRENOVA 07

Lantai keramik juga perlu dirawat agar tetap mengkilat, kesatdan halus, layaknya seperti baru. Namun, banyaknya aktivitas si-pemakai lantai keramik, membuat lantai keramik lambat launsemakin kusam, berkerak bahkan mungkin berkarat. Olehkarena itu, sekarang banyak beredar cairan pembersih lantaikeramik yang berguna membersihkan kotoran yang menempeldi lantai keramik. Padahal bahan-bahan komponene yangterkandung dalam cairan pembersih lantai yang di pasaran“berbahaya” jika si-pemakai pembersih lantai tersebut seringterjadi kontak langsung dengan cairan tersebut. Oleh karena itu,perlu adanya alternatif pengganti cairan pembersih lantai kimiasintetik dengan cairan pembersih lantai alam (ecocleaner) yangterbuat dari bahan utama ekstrak belimbing wuluh dan jeruknipis. Tujuan penelitian ini adalah menemukan formulaecocleaner belimbing wuluh yang baik untuk mengatasi kotoran,kerak atau karat pada keramik. Rancangan percobaan yangdigunakan adalah rancangan acak lengkap dengan sepuluhfaktor volume ekstrak belimbing wuluh dan satu factor massaasam sitrat. Parameter untuk menentukan formula ecocleaneryang terbaik berdasarkan sifat fisikokimia yang meliputi pH, dankarakteristik kualitatif. Sebagai kontrol untuk analisis pH dankaraktristik kualitatif digunakan porstex komersil.

INVENTOR : Tsabitah Dea AzzahraMayang Nydia Nariswari

NO. HP : (0294) 571089ALAMAT : Jl. Raya Bebengan 203 D,

Boja, Kab. Kendal

IMPLEMENTASI EKSTRAK BELIMBING WULUH (Averrhoa blimbi) DAN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) SEBAGAI ECOCLEANER KERAK DAN KARAT PADA LANTAI

KERAMIKKAB. KENDAL

Page 36: KRENOVA 07

formula ecocleaner belimbing wuluh yang baik untukmengatasi kotoran, kerak atau karat pada keramik.Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancanganacak lengkap dengan sepuluh faktor volume ekstrakbelimbing wuluh dan satu factor massa asam sitrat.

PRESPEKTI

F

KEUNGGULAN

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Siap untuk diaplikasikanKerjasama Bisnis : Toko Alat kebersihanStatus Paten : -

PROSPEK INOVASI

1. Kadar Kalsium oksalat (CaC2O4) tinggi

2. Mengandung senyawa asam organik kuat

3. Secara kualitatif, efektif dan efisien

a. Belimbing Wuluh;

b. Jeruk nipis;

c. Aquades;

d. Soda;

e. Blender;

f. Asam Sitrat;

g. Pewarna

SPESIFIKASI

Page 37: KRENOVA 07

Di perairan Indonesia sekarang ini sering dijumpai nelayanmenangkap ikan dengan metode penangkapan yang merusaklingkungan, seperti dengan bahan peledak, racun, listrik,cantrang, maupun obat bius. Padahal, dampak negatif dariadanya kegiatan menangkap ikan dengan metode tersebutsangat besar. Hal ini dikarenakan, tidak hanya ikan laut sajayang diambil, melainkan juga ekosistem laut yang seharusnyamenjadi tempat tumbuh biota laut lainnya juga ikut terangkutdan menjadi rusak.Larangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikat Pukat Hela(Trawls) dan Pukat Tarik (Seine Nets) telah diterapkan diWilayah Pengelolaan Perikanan Negara Indonesia. Adanyaperaturan tersebut cukup efektif untuk menyelamatkankelestarian ekosistem laut, tetapi menimbulkan keresahan bagipara nelayan karena harus mencari metode pengganti yanglebih ramah lingkungan tanpa mengurangi hasil tangkapanikan.

Dari uraian di atas, dibutuhkan solusi bagi para nelayan agartetap dapat bekerja mencari ikan tanpa menggunakan alatcantrang yang merusak lingkungan, yaitu dengan alat tangkapikan ramah lingkungan yang akan diuraikan melalui penelitianberjudul “ALAT TANGKAP IKAN RAMAH LINGKUNGAN SEBAGAISOLUSI PENGGANTI ALAT TANGKAP CANTRANG”.

INVENTOR : AZIZ TARSONONO. HP : (0294) 571089ALAMAT : Kelurahan Karangasem Utara

Kecamatan Batang Kabupaten Batang

ALAT TANGKAP IKAN RAMAHLINGKUNGAN SEBAGAI SOLUSI PENGGANTI ALAT CANTRANG

Kabupaten Batang

Page 38: KRENOVA 07

Alat ini merupakan salah satu solusi alat pengganti alattangkap cantrang, mengurangi dampak buruk karenarusaknya terumbu karang dilaut serta dapatmeningkatkan sektor perekonomian di bidang perikanan.

PERSPEKTIF

KEUNGGULAN

Peringkat Inovasi : ProspektifKesiapan Inovasi : Siap untuk diaplikasikanKerjasama Bisnis : Toko Alat perikananStatus Paten : -

PROSPEK INOVASI

(1) Besar kecilnya alat bisa disesuaikandengan kemampuan nelayan;

(2) Alat lebih praktis dan efektifdioperasikan di segala medan;

(3) Perkakas bahan dan pelengkapnyatersedia di dalam negeri.

Kerangka Alat :

• Baja anti karat

• Baja ringan

• Aluminium

• Fiber glass

• Kayu besi

• Bambu

SPESIFIKASI

Jaring Penutup Alat :a. Jaring mileniumb. Jaring por seinc. Jaring cantrangd. Jaring geel ned