Koneksitas Transportasi dalam MP3EI - pelni.co.id ? Â· Saat ini, penumpang kapal Pelni dapat...

download Koneksitas Transportasi dalam MP3EI - pelni.co.id ? Â· Saat ini, penumpang kapal Pelni dapat mengakses jadwal keberangkatan dan informasi terkait Pelni di website pelni . Yang menjadi

of 23

  • date post

    01-Feb-2018
  • Category

    Documents

  • view

    231
  • download

    8

Embed Size (px)

Transcript of Koneksitas Transportasi dalam MP3EI - pelni.co.id ? Â· Saat ini, penumpang kapal Pelni dapat...

  • 2011 | edisi 15 | CAMAR | 1

    EDISI 15 Tahun 2012

    CARAKA MARITIMC

    Stand TerbaikPameran Gelar Wisata Bahari

    Direksi BUMNDilarang Punya Staff Ahli

    PIA Raih Sukses Di Film Pertama

    dalam MP3EIKoneksitas Transportasi

  • 2 | CAMAR | edisi 15 | 2012 2011 | edisi 15 | CAMAR | 3

    l SALAM REDAKSI

    Menyimak Program Kerja Kemenhub

    Menghubungkan Nusantara Menyatukan Indonesia

    PT PELAYARAN NASIONAL INDONESIAJl. Gajah Mada No. 14 Jakarta 10130

    2011 | edisi 14 | CAMAR | 3

    Tanpa terasa, majalah Camar telah memasuki edisi no 15. Bila dihitung, angka 15 jumlahnya belum masuk kategori luar biasa. Tapi bagi kami angka ini punya makna tersendiri. Sebab meski baru edisi 15 majalah Camar sering dirindukan oleh rekan rekan di cabang . Ada yang menanyakan melalui telepon atau SMS bila majalah belum sampai.Sidang Pembaca, dengan perhatian semacam itu kami mengucapkan terima kasih. Dan bila ada keterlambatan

    kiranya dibukakan pintu maaf sebab distribusi Camar masih menggunakan kapal untuk yang berada di luar pulau Jawa. Seperti kita maklumi bersama, kapal juga tergantung pada cuaca. Jadi bila musim tak bersahabat maka kehadirannya pun akan terkendala cuaca.

    Sidang Pembaca yang budiman, pada edisi 15 ini kami menurunkan tulisan yang perlu Anda ketahui. Diantaranya program 100 hari Menteri Perhubungan EE Mangindaaan. Tulisan yang diekspos pada rubrik Laporan Utama ini, salah satunya membahas sub tema tentang program transportasi mendukung kebijakan delapan koridor percepatan pembangunan nasional.

    Kita masih ingat ketika sertijab, Menhub yang baru EE Mangindaan mengatakan, transpotasi harus dapat mendukung percepatan ekonomi . Dalam mendukung itu harus dipersiapkan berbagai sarana. Diantaranya, pendisiplinan pegawai dan profesionalisme. Tanpa itu tak akan bisa dicapai target yang diinginkan. Dengan kata lain, apa hebatnya sarana transportasi canggih seperti pesawat, kapal, kereta dan bus bila yang menjalankan tak punya sikap disiplin dan profesionalisme. Semua tentu akan mubazir. Untuk itulah, beliau minta disiplin karyawan dan pegawai mesti ditingkatkan.

    Kami PT PELNI tentu sangat menyambut program yang digulirkan Menhub. Sebab itu pula yang yang diinginkan oleh Direktur Utama PT PELNI. Katanya, insan PELNI dimanapun harus meningkatkan diri dalam soal disiplin.

    Bukan itu saja, Camar menampilkan pula liputan Natal dan Tahun baru. Kali ini seperti tahun baru sebelumnya, kapal kapal Pelni masih tetap punya peran sigfnifikan , terutama bagi masyarakat Indonesia bagian Timur. Setidaknya terjadi peningkatan penumpang meski tak terlalu menonjol. Namun itulah gambarannya, armada PELNI masih sangat dinantikan pada moment penting seperti itu.

    Berita yang lain yang perlu anda simak adalah pembelian alat berat oleh PT SBN, anak perusahaan PT PELNI. Mengapa? SBN telah melangkah memodernkan diri untuk mengantisipasi pasar. Perlu diketahui, dari tahun ke tahun perusahaan ini selalu menyumbang keuntungan kepada PT PELNI. Diharapkan dengan adanya peralatan baru akan lebih banyak lagi menambah keuntungan lebih besar.

    Sidang Pembaca dimanapun berada, setelah menyimak hal hal berat seperti itu, kami menyuguhkan sejumlah artikel yang punya manfaat dan rileksasi. Ada rubrik manajemen, hobi, agama dan selebritas.

    Untuk hobi kali ini kami menampilkan tentang hobi pecinta mobil VW. Hobi ini unik dan menarik. Di samping itu kami juga menyuguhkan rubrik pariwisata di Pegunungan Rinjani. Nuansa eksotisme alam coba kami eksplor untuk para penikmat wisata ekstrem naik gunung.

    Jangan lupa, singkap pula tulisan tentang rubrik Selebritas dan Film. Rubrik selebritas kami hadirkan Prisia Nasution yang baru-baru ini meraih gelar Pemeran Aktris Terbaik di FFI. Demikian halnya dengan resensi film. Kami menghadirkan resensi tentang Film Sang Penari, film yang mendapat apresiasi dari banyak kalangan karena mampu mengangkat tradisi sekaligus sejarah bangsa secara bersamaan.

    Sidang Pembaca, dalam akhir catatan ini, kami menyampaikan semoga keberkahan dan keselamatan selalu menghampiri kita semua. Dan mari kita kejar target yang telah ditetapkan oleh perusahan dengan meningkatkan disiplin dan kerjasama dengan sesama rekan atau pihak lain. Selamat membaca. Mungi PR.

  • 4 | CAMAR | edisi 15 | 2012 2011 | edisi 15 | CAMAR | 5

    l TEROPONG

    Bulan lalu merupakan awal langkah menyongsong 2012. Seperti kita tahu, di tahun Naga Air ini perusahaan menargetkan kinerja jauh lebih baik dari tahun sebelumnya dalam segala bidang, sehingga manajemen tampil dengan performa membanggakan. Sudah menjadi keinginan bersama insan PELNI, perusahaan ini diharapkan hadir sebagai perusahaan laba.

    Maka untuk itu, dengan berbagai pertimbangan manajemen memproyeksikan peningkatan penambahan laba usaha dan usaha di luar perusahaan, terutama jika ada peningkatan penumpang. Bila tahun lalu bisa dicapai 4,6 juta, tahun 2012 diproyeksikan penumpang meningkat menjadi 5, 2 juta . Tidak itu saja, manajemen menargetkan pula kenaikan pendapatan 6,5 persen sehingga tercapai angka Rp 2,604 triliun.

    Dengan angka pendapatan sebesar itu, laba usaha perusahaan diproyeksi meningkat menjadi Rp 19,603 miliar, sedangkan laba diluar usaha 13,892 miliar. Dengan demikian diharapkan EBITDA 2012 sekitar Rp263,644 miliar.

    Proyeksi ini optimis bisa dicapai apabila pertumbuhan ekonomi, stabilitas keamanan dan dunia pelayaran tak mengalami guncangan apapun, baik dari dalam maupun luar negeri. Dan itu harus pula ditopang oleh kerja keras peningkatan pelayanan, efektivitas kerja dan efisiensi dengan sinergi dari pusat, cabang dan divisi kapal. Dan yang tak kalah pentingnya sinergi antar divisi. Sebab dengan kerjasama atau sinergi semacam itu, segala kerja yang tak mungkin menjadi mungkin, yang tak terjangkau menjadi tercapai. Ibarat satu orang mampu bekerja mencapai hasil baik, tapi akan jauh lebih berkualitas

    apabila bekerjasama d e n g a n

    beberapa orang. Seiring berjalannya waktu, di era transparasi publik,

    PELNI dimanapun tidak hanya dituntut efisiensi dan efektivitas. Diwajibkan pula menjalankan Good Corporate Governance sebagai bagian dari komitmen menjadi perusahaan yang bersih dari unsur KKN (Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme)

    Untuk menyambut Tahun Baru 2012, PT PELNI menyelenggarakan program pemberian hadiah bagi para penumpang kapal PELNI. Program ini dilaksanakan serempak di seluruh kapal penumpang PELNI pada malam pergantian tahun. Pemberian hadiah ini merupakan wujud apresiasi PELNI terhadap para pelanggannya. Program ini bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan kapal PELNI sekaligus sebagai bentuk perayaan malam tahun baru bagi penumpang yang sedang menggunakan jasa kapal.

    Proyeksi itu sangat mungkin dicapai dengan adanya berbagai program layanan dan promosi untuk menarik kembali penumpang yang hilang direbut oleh moda udara. Transportasi kapal masih memiliki sisi menarik untuk diekspor sebagai daya tarik. Untuk itu diperlukan kerja dan kreativitas untuk mencapai itu.

    Selain itu, 2012 ini PELNI juga sedang bersiap ambil bagian dalam masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia di enam koridor. Sebagai operator transportasi, PELNI sangat siap untuk bersinergi dengan moda transportasi udara dan darat demi tercapainya enam koridor ekonomi di tanah air. Sejauh ini PELNI sudah menjangkau 95 pelabuhan di seluruh Indonesia dengan 23 armada kapal, 53 cabang dan 400 travel agent. PELNI telah ikut pula mensukseskan kerjasama antar BUMN transportasi, salah satunya TITAM

    Hal yang lain, soal keselamatan penumpang, PELNI sudah sejak lama sangat peduli dengan itu. Namun

    soal keselamatan tak boleh lengah. Manajemen resiko dan keselamatan armada kapal tetap

    ditingkatkan meski semua telah memakai standar IMO (Solas). Dan perlu terus digalang

    bekerjasama dengan pihak pihak lain seperti Pelabuhan, Adpel dan Polisi Air RI

    dan lembaga lainnya. Semua itu intinya perusahaan ingin

    tampil sebagai perusahaan dengan peforma baik dari berbagai sisi. Dengan demikian dapat membantu Negara dengan laba dan sosial, berkinerja bersih,

    efisien. Ikut berperan aktif mendukung program master plan pemerintah dalam enam koridor ekonomi. red

    Mencapai Proyeksi 2012

    Badan Kerohanian Islam (BAKIS) PT PELNI mempunyai program kerja hasil kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Di antara program kerja tersebut antara lain santunan bea siswa putra/putri karyawan yang berprestasi dilaksanakan akhir semester ganjil dan genap. Santunan ini diberikan dari tingkat sekolah tingkat dasar, sekolah tingkat menengah pertama serta tingkat menengah atas (SD,SMP,SMA). Catatan seluruh penerimaan ZIS dari Pegawai PT PELNI, penyalurannya melalui BAZNAS. Sedangkan beasiswa untuk anak-anak keluarga besar PT PELNI ditanggung oleh BAZNAS.

    Mekanismenya bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (baznas) dengan cara dipotong langsung dari gaji sesuai dengan permintaan karyawan tersebut kepada Divisi sdm. Di samping itu bakis PT PELNI mengadakan kegiatan sosial seperti santunan anak yatim, fakir miskin, menyenguk / menengok orang sakit serta memberi bantuan bencana alam dan sunatan masal yang pelaksanaannya bekerja sama dengan Rumah Sakit PELNI Petamburan.

    bakis PT PELNI terutama bidang pengurus masjid setiap hari Senin , Rabu dan Jumat khusus ibu-ibu diadakan kajian mingguan taklim yang bertempat

    di Masjid Annur PT PELNI lantai 6. Sedangkan untuk setiap bulan di minggu ke 2 bakis PT PELNI mengadakan pengajian y