Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

34
ITI iPINNTfEnIA llttlt ll I \J Lf Lt-lull L BAOIA}{ IIUI{AS $MDA PI]RBAI},IOGA SUARA MEBIIEIG JUMAT, 24JULI2015 TidakRugi Sekolah di MIM PURBAIINGGA - KetuaM4ielis Dkdasinen pD Muhamnr:adi- yah Rlbalingga Fauzan Anwar menuffika& masyarakat tidak akan rugi nrenyekolahkananaknyadi MadrasahlbtidaiyahMuharnmadiyair O/mO. "Karena di MM anak-anrk diajad bajtalAn JuzAnmA Ayat Kl]Isi dan Asmaul Husna" Belum tentu bapak-ibu hafal, ' uc@ Fauzan saat silatuahmi dan wisuda puma siswa MM panican dan BAAjsyiyah Panican di BalaiDBa Panican, Kanfs @3ff Dia bangga dengan p,reslasi yang sudah ditrtrjuklan MM panican. Apalagi tahun ini berada di p€ringkat ke-7 dari 50 SDIvI] se-Kecamalatr yang generasi pinur dan " trndasnya. _KepalaMMFarid Syaiflrdinmengemukakan, uhrurinipihaknya rneluluskan 18 siswa. Mereka meruuskan pe-rdidikan ke Mfq Slvip. dan beberapa pondok pesanten 'Di I\,[l\4 Panican ada progam utrggula& yakni pembirnan dai kecil belajar baca dis A.lqu-an sejak kelas I . D ketas 3 anak dihamp kan sudahbisarnerrbacaAlquraniJenganbenar,,,papffinya- Selain itrr siswa k€las 6 wqiib.haftl juz 30. ',Kanampuariirr dita_ mpilkan anak yang membawakan surat fuinab4" kata Farid dalan keeiah yang dihadiri Bupari Sukento Rido itu. (FlG57.4g) WISWA SISWA : Siswa MIM Panir* *"#ffi surat Annaba saat wisuda purnasiswa di B;lai Desa Panican, Krmb Q3n). 67) B.\Gi]L\ HI i\IAS St'fi]A KABLiPA|EN ?IlRBAI,i\(;(]A

description

 

Transcript of Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

Page 1: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

ITI iPINNTfEnIAllttlt ll I \J Lf Lt-lull L

BAOIA}{ IIUI{AS $MDA PI]RBAI},IOGA

SUARA MEBIIEIG

JUMAT, 24JULI2015

TidakRugi Sekolah di MIMPURBAIINGGA - KetuaM4ielis Dkdasinen pD Muhamnr:adi-

yah Rlbalingga Fauzan Anwar menuffika& masyarakat tidak akanrugi nrenyekolahkananaknyadi MadrasahlbtidaiyahMuharnmadiyairO/mO.

"Karena di MM anak-anrk diajad bajtalAn JuzAnmA Ayat Kl]Isidan Asmaul Husna" Belum tentu bapak-ibu hafal, ' uc@ Fauzan saatsilatuahmi dan wisuda puma siswa MM panican dan BAAjsyiyahPanican di BalaiDBa Panican, Kanfs @3ff

Dia bangga dengan p,reslasi yang sudah ditrtrjuklan MM panican.Apalagi tahun ini berada di p€ringkat ke-7 dari 50 SDIvI] se-Kecamalatr

yanggenerasi pinur dan " trndasnya.

_KepalaMMFarid Syaiflrdinmengemukakan, uhrurinipihaknyarneluluskan 18 siswa. Mereka meruuskan pe-rdidikan ke Mfq Slvip.dan beberapa pondok pesanten

'Di I\,[l\4 Panican ada progam utrggula& yakni pembirnan daikecil belajar baca dis A.lqu-an sejak kelas I . D ketas 3 anak dihampkan sudahbisarnerrbacaAlquraniJenganbenar,,,papffinya-

Selain itrr siswa k€las 6 wqiib.haftl juz 30. ',Kanampuariirr dita_mpilkan anak yang membawakan surat fuinab4" kata Farid dalankeeiah yang dihadiri Bupari Sukento Rido itu. (FlG57.4g)

WISWA SISWA : Siswa MIM Panir* *"#ffisurat Annaba saat wisuda purnasiswa di B;lai DesaPanican, Krmb Q3n). 67)

B.\Gi]L\ HI i\IAS St'fi]A KABLiPA|EN ?IlRBAI,i\(;(]A

Page 2: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

r{ ipTNn}gEnI&llr.tll' .l-l t L, rlll-r.Lrl,( t'

BA(jIN IltII{A$ $[IDA PUNBII|{OOA

Radar Barynrmas o JUMATWAGE 24JULI 2015

Pillcades SerentakSemakin Molor

PURBALINGGA- Pelak-sanaan pemilihan kepala desa(Pilkades) di 20 desa hinggakini belum adakejelasan KetuaKomisi I DPRD Pu alingga,Hari Ani Indah P mengakui,regulasi larrg dibutuhkal dariturunan UU Nomor 6 tentangDesa seperti perda dart Iaimlabelum ada. Hingga saat ini,naskah akademik soal pe-raturan daerah itu belummasuk deltarl. Imbasnya piJ-kades semakin molor, dantahun ini kemungkinan be-Ium bisa dilaksanakan.

"INi terlepas dari adanyapitkada bupati dan wakil ditahun yang sama. kami me-niLai, buat apa dipaksakan adapilkades serentak.iika atu-ralnya belum jelas darlbelumada. Dikhawatirkan nantimalah akan menyisakan ma-salah. Nanun bukan berartimolor tenN, harus ada progresyarg lebih dalam menggarapaturannya," papar angSotaFraksi I(ebangkitan Bangsaini, Kamis (2317).

Ia kembali mengingatkan,sejak awal dew-an khususn-vakomisi I meminta agar soalpilkades dicermati serius.Termasuk penganggaran, tek-nis pelaksanaan dan imbasIainnya dalam tahapan pe-laksanaan.

"Sa1a justru mer.vacanakanagar dalam pilkades bisa nomoney politic. Periode sebe-lumnya sudah ada beberapadesa yang terlaksana tanpamoney politic. Tinggal niatbaik semua pihak te*ait saja.Misalnya dibuat aturan tegasjika terbukti melalorkan politikuang, maka disankj. berat,"teSasnla.

Beh.m siapnya regulasi di-sinydir karena banyak aspekyang harus disiapkan. Mi-

salnya soal teknis pilkades,pemberhentian perangkatdesa dan aturan baru lairmyasesuai turunan UU NoEror 6tahun 2014.

Ketua DPRD Tongat SHmengakui jika persoalan a-tudn pilkades serentakmasih

- menjadi bahan pemikiran.KarenanF, melalui Komisi Idan instansi terkait sudahberkonsultasi dengan Ke-menterian soal aturan itu."Kita ingin pelaksanaan pil-kades tidak ada yang keluardari aturanj' ujamla.

Kepala Badan Pemberda-yEan Masyarakat Desa (Ba-peimasdes) IGbupaten Pur-balingga R Imam Wahyrdimengatakan, sesuai ketentuanPP 43/2014 anggaraa Prlkadesdianggarkan dari APBD. Da-Iam peratuanyang sama iugapenggunaan alokasi dala desa( ADD) sudah ditentukanyaitu 30 persen untuk ope-rusional pemedntahan desadan 70 pelsen untuk kegiatanpembanguran dan pember-dayaan masyarakat.

"Gambarannya, saat di sua-tu desa melaksanakan pil-kades bisa saja APBDes dia-Iokasikan untuk mendukungkelancaran Pilkades. Mi-salnya untut pengkondisiankondusifitas wilayah, pen-gamanan dan sebagainya,"jglasnya.

Asisten Sekda Bidang Pe-merintahan, Kodadiyantomengakui jika pilkades sere n -

takmasihmenunggu r t'gu1as1

matang. Artinya kemungkinan digelar tahun 2015sangat kecil. Namun kedePan,saat regulasi sudah siaP, akankembali dilakukan peren-canaan dan perrsiaPan ma-tang pilkades serentak itu.(amr/bdg)

1l \(lt "\\ Hl:\t\s sl I 1ri \Aiii:L'\l i:\ Pl.1{B.\Li\GrA

Page 3: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

KLIPINGIIMDIABAOIN IIUI}{A$ $IXDA PI]RBAIil{GOA

Radar Banyumas . Jumat wase 24 Jrti 2015

Truk Masuk Parit,

Bobotsari-Karangrej a Macet

Sabtu Besolg Puncak yang terbalik di Jalur Baveman.Kecamatan Kara ngreli. Aki_batnya, polisi memberlakukansistem buka tutup arus ken-daraan sampai truk tersebutberhasil dievakuasi.

"Dari Bobotsari hingga Ka-rangreja sempat te4adi kema-cetan. Ini dikarenakan adanya

daiaan te4adt di perempalanSirongge, "Sampai saat inikendaraan masih terpantauramai lancar," katanya.

Meskipun arus balik sudahte4adi pada Senin dan Selasalalu, lonjakan arus balik dipre-diksimasih akan terjadi pada

Arus Balik I(eduaPURBALINGGA-Arus .lalu

lintas dari Bobotsari ke Ka-rangreia atau sebaiiknya padaKanis (23l7) sempat tersendat.Hal ini disebabkan karenajalanterhalang truk bemuatan tebu

truk pengangkut tebu yangmasuk ke parit di jalur Ba-),eman, " tutur Kasatlantas PolresPurbalingg4 AKP Sudamono.

Namun secara umum, aruslalu lintas di ruas jalan Purba-lingga-Pemalang, masih ter-pantau lancar seperti halnyahari sebelumnya. Antrean ken- akhir pekan ini. ke hal I

Habiskan Libur Sekolah: flul ngecek kesiapan terminal

dan kend arain dalam me-nyiapkan arus balik 2015ini-

Penyebaran personel diobyek vital seperti ialandan terminal iuga masihdisiagakan. "Kita maksi-malkan untuk membantupara pemudik yang akankembali ke tempat rantau,,,tambahnya.

Kapolres mengingatkan,untuk para pemudik baikyang menggunakan ken-daraan pribadi, sep edamotor maupun angkutanumum agar tetap waspadadan berhati-hati. Selainlalu lintas yang padat, aksikejaharan bis a re ria dj. -(iok/bdg)

Sambungan dari hat 5

Hal tersebut disebabkanberakhirnya libur anak se-kolah. "Kendaraan luarkota yang masuk dan ke-luar Purbalingga masihsama banyaknya. Sabtudan Mi nggu kepadaranmungkin teras a. Sebabmasih ada yang meng-habiskan li bur seko lah,,'kata Kapolres Purbalingga,AKBP Anom Setyadji StK.Lebih Ianjur Kap o lres

menjelaskan, langkah an-tisipasi sudah dilakukan.Baik dengan menggan-deng Dish ub maupun intansi yang lain untuk me-

<'7It\(i{\\ Itl },r.r,s slllD-\ }i-\R\rP\f1:\ P( Rlr+l1NC(1,\

Page 4: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

I

ilrl

tl

I

I

I

I

tt

ri

tl

rl

'i

ii

!!

4>9.!

E.o(odm

F

.:

'dY

E

iE

l!

E

od.

OE(i:FY

Page 5: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

ErT TPT]'ifl lrE]}YAT.llLLt-l" t-l I U Ll,.L,lyll I

XAOIAN IITIII{AS $[IDA PIIIBAII}{OffA

Banyumas . Jumat wage 24 Jvli 2015Radar

PAIIdanPKSMerapa{

qqlcePDIPPURBALINGGA- Men-

jelan8 turunnya rekomen-dasi dari DPP PDIP ter-hadap calon bupati danwakil bupati, konstelasi po-litik menielang Pilkada 9Desember mendatang se-makin hangat. Kali ini, duapartai politik yaitu,.DewanPimpinan Daerah PartaiAmanat Nasional (DPDPAN) dan Dewan PimpinanDaerah Partai KeadilanSejahtera (DPD PKS) me-nyatakan bakal menjalinkoalisi dengan PDIP.

Ketua DPD PAN Purba-lingga, Sobri Arofah usairapat pleno di Sekretadatpartai, Kamis (2317) menya-takan, partai yang dipim-pinnya sudah bulat men-ddkungcalon dari PDIP. Halitu berdasarkan rapat plenoyang juga dihadiri pengurusDPW PAN serta melaiuipertimbangan yang matang.

"Kami menjalin koatisidengan PDIP tentu penuhpeftimbangan, utamanyasecara politis untuk men-dukung suksesnya piikadatahun ini. Karena, jika ma-tih di koaiisi yang ada se-

Kami menjalin koalisi, dengan PDIP tentupenuh pertimbangan,

utamanya secara politisuntuk mendukung

suksesnya pilkada tahun

Sobri A.rofahKetua DPD PAN

belumnya, belum ada bakalcalon yang pasti yang akandiusulkanmaiu.

"Kami mengambil sikapbulat untuk mendukungcalon dari PDIP. Nleski kamimeuyadari ada konsekuensiyang harus ditanggung danitu akan dibicarakan lebihlaniut nantinya;" tegasnya,Kamis (23l7).

Ia mengakui, sebenarnyajika berbicara dampak pil-pres, PAN dengan PDIPjelas berbeda jauh arahpolitiknya. ke ha! 8

B A( il \\ tli :\t.\s sl.. I l)A KAtJl.P A.l 11\ PL RB.\LI\CGA

Page 6: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

Rekomendasi Turun pada 26luli ,

r PA]ISambungan darihal5

Namun demi menjalankandinamika politik dan men-sukseskan pilkada, maka ke-putusann masuk ke PDIPharus diambil.rnya.

Ketua DPD PKS Purba-lingga, Ustadz Wihamant'o,Kamis (2317) mengungkap-kan, PKS sudah memutuskanikut menduku.ng calon dariPDIP. Sikap politik tersebutsudah diambil dengan per-timbangan yang matang.

Sebelumnya, plhaknya su-dah mela&ukan survei inter-nal terhadap nama-namaBakal Calon Bupati (Baca-bup) dan Bakal Caion Wa-kil Bupati (Bacawabup)yang sudah muncul se-belurnnya. "Setelah me-lakukan survei dan me-lakukan pembahasandenBan intetnal partai,maka kami sepakat men-dukung dan mencalonkanpasanganda PDIP dalahpilkada mendatang," te-gasnya.

Sementara itu hinggipe-tang kemarin (2317) belurrdiketahui secala pasti me-

ngenai pasangan Cabup-Cawabup yang menda-patkan rekorpendasi dariDPP PDIP. Wakil KetuaDPC PDIP Purbalingga,Tongat SH mengatakan,pihaknya masih mendng-gu turunnya rekomendasiitu.

"Saya hanya dapat unda-ngan untuk haadir dalam

.,acara penerimaan reko-mendasi dan halal bil halaldi DPD PDIP Semarangpada Minggu (26/7) men-datang. Namur kami belummengetahui pasangan siapayang menerima rekomen-dasi itui jelasnya.Ia juga mengatakan, dua

pgrpol itu secara formalbelun menyatakan dirimenjalin koalisi denganPDIP. Kemungkinan barusebatas nienyampaikan se-cara lisan. Namun plhaknyatetap terbuka terhadap pa-rpol lairx}?ng akan bersama.

"PDIP sebenarnya sudahsiap dan bisa mencalonkanpasanSan calon.tanpa par-pol Iaiu atau koalisi. Namunkami juga tetap menghor-mati dan mempersilakansikap koalisi di partai lain-nya," paparnya. (amr/bdg)

Page 7: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

m y!]ILrn E.{.En.ltlJt-l llt\t

^lll-,r1,

BAGTN IlI][{[$ $ITDA PI]IBAII|{00A

Radar BanSnmas .Jumat wase 24 Juti 2015

ffi PURBAlrlrff# .*?l#X,:fl,;l[J],,.*Anda

memiriki uner-unet tentans berbas, Tiga Hari Cegah Pilkada DitUnda

,,,0,*nnJiiliTl,i;l',1['J-';if,[?::: jfl,l#t';.f,f\;',"ii$ii",*,Ti'J ;:-Caranya ketik PBG: unek-unek rubahan atas PKPU No 9/2015 tentang pen-

kemudian KtRtM SMS calonan pemjlihan Kepala Daerab' memberi

xe : oa r -szz-si i:ii i 3"",Y,1,T#lT:;**"J,':li,:;fl fi T"Tfixti:

Fasilitas Askes Tak Berlaku?Kepripun pak dirut, deneng fasiliias askes tdk

bedaku tg 21 juli 20'15 di RSIJ Goeteng pbg?NN 08'1542784584

sampai bitas akhir masa pendaftaran, Selasa(zsh), lnarryu ada satu pasangan calon atautidak ada pasangan calon sama sekali yangmendaftar di Pitkada Purbalingga. kehd I

KPU-RI.Ditambahkan olehnya,

apabila sampai dengan ba-tas akhir perp anjanganmasa pendaftaran, yakni 31luli, hanya ada satu pa-sangan atau tidakada yangmendaftar. Maka, KPU Pur-balingga akan mengem-baiikan semua anggaran,terkait pelaksanaan pilkada.

Selain itu, Sri Wahyunijuga menegaskan, PegawaiNegeri Sipil (PNS) dananggota DPRD, DPR danDPD yang mencalonkanharus mengundurkan dirisetelah ditetapkan KPUsebagai calon tetap."Pengunduran diri ini

harus disertai surat kete-rangan dari lembaga yangberwenang, dengan bataswaktu maksimal 60 haris ejak ditetapkan," jelasnya.

Sementara itu, berdasar-

kan pengamatan dilapa-ngan, baru ada satu partaipolitikyang dipastikan akanmengusung calon dalamPilkada 20I5 ini, yakniPDIP. Sebab, hanya partaiini yang memenuhi syaratuntuk menpalonkan calon,karena memenuhi batasminimal perolhan kursi diDPRD Purbalingga. Saat ini,PDIP masih menunggurekomendasi dari DPP PD-IP, terkait siapa pasangancalon, yang akan diusung.

Sedangkan, dua koalisipartai lainnya, yakni KoalisiBersatu dan Koalisi untukPerubahan, masih belummemastikan, apakah akanmengusung pasangan calonatau tidak. Karena hinggasaat ini, belum ada namayang akan diajukan olehdua koalisi tersebut. (tya/bdg)

IGU Siap I(embalilon AngaranI IOU

Sambungan darihal 5

Hal itu, diungkapkan olehKetua Komisi PemilihanUmum (KPU) KabupatenPurbalingga Sri WahyuniAl(S kepada Radarmas, ke.main (2317). "Kalau tetaptidak ada mendaftar atauhanya ada satu pasangancalon. Maka, Pilkada Pur-balingga terpaksa diundurdan dilaksanakan di pilkadaserentak selanjutnya. Yakni,pada tahun 2017," imbuh-nya.

Hal tersebut menurutnya,tertuang dalam Pasal 89ayat (1) ayat (2J, PKPU No12l2015. Penundaan Pil-kada tersebut, akan dikuat-kan dengan surat keputusandari KPU Purb alingga, yangakan dikirimkan kepada

it\(;l \\ Hli\lAS Si;ii),r K.\BUi'Al L\ 1'\ itll.rrl.l\CG\

Page 8: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

sT lPrr$fl tfFIliIll-Lrll !l t U Ll LL/v Ll L

BAOIN IIIiII{A$ $MDA PIIIBAI,TI{OOA

Radar Ban5rum.lS o Jumat wage 24 Juli 20'15

Senang Bertugasdi Rest Area

ARUS mudik dan arus balikmemang menyita pikiran dantenaga. Untuk mengurangi angkakeceiakaan pengendara karenakuralg konsentasi, Koramil Mre-bet menyiapkan rcst area bagi pampernudik "Bagi para pemudikyangingin be stirahat, atau menghilangkan capek, kita siapkantempat," kata Danramil MrebetKapten IDfPanut, ke hat &

Pahami Kondisi Pemudik

r sGnangSambungan dari hal 5

selamat.Adanya arus Pengalihan

dari ialur selatan ke Pur-balingga juga membuat Pe-ngendara )elah. "Di rest areaoira oemudik iuga bisa ber-ianyi tentan g jalur alternatifke iempat tujuan mereka,"rambahnva.

Panut menambahkan, se-Iain ialanan yang ramai,kesiapan pemudik setelahlebaran iuga perlu diPerha-tikan. (iok/bdg)

Menurutnya, kesiapan ba-dan dan konsentrasi di-nerlukan selama arus mudikhan balik. Selain unruk ke-selamatan did, hal tersebutjuga pcnting bagi Para Pe-ngendara lainnya. Sehingga,Dara Dennludik bisa sampaii.u r"-put tujuan dengan

R{it \\ i ill\1\S SLI D.\ k.\rii:PA l1:\ Pt Rii.'\l-i\G(j,\

Page 9: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

rT TFThTN},{ENT&rl.l.rlt lt t \, Lt[LtvLt L

BAOIA}{ }II][{A$ $[MA IIIBAIJNOfiA

Radar Banyumas . Jumat wage 24 Juli 2015

Persibangga SiaplcanLatihan perdana

PURBALINGGA-Kesebe-lasan Persibangga Purba-lingga dipastikan al<an se-gera melaksanakan latihanperdana dalam persiapanmenghadapi tumamen Pi-ala Kemerdekaan awal Agus-tus mendatang. Rencana-

n}?, para pemain akan ber-latih pada Minggu (2617)pekan ini di Stadion GeloraGuntur Darjono'Purba-lingga.

Hal ini disampaikan olehCEO sekaligus ManajerPersibangga, Rokhman

Supriyadi lewat pes ansingkat kepada Radarmas.Rokhman mengatakan,manajemen sudah me-manggil pemain yang se-lama ini memperkuat timPersibangga.

"Kita akan mulai latihan

lagi ranggal 26 juli. pemainyang kami undang adalahpemain yang selama inimemperkuat persibangga,"tutumJra,Terkait akan dimulainva

latihan perdana tersebit.Rokhman mengarakan a_

kan memanggil sekitar 22pemaih untuk m emDer_kuat Persibangga. Narirun,menurutnya 22 Demaintersebut masih bisa ku_rang sesuai denqan ke_butuhan_"Maksimal kita akan

pal].ggil 22 pemain," ka-

Persibangga kemungkinanakan dilatih oleh Subenoyan€ ditunjuk oleh Komi-sads Pelsibangga yang iugawakil Bupati Purbalingga, HTasdi SH MM-

Pada turnamen yang di-selenggarakan oleh tim tran-sisi kemenpora ini, Per-sibangga akan berada digrup C bersama PersingaNgawi, Persiba Bantul, PSIRRembang, PPSM Magelang.(rus/ttg)

BA(il {N llli\1AS S!, tDA \:\1ll,P,\IL\ Pi RB.\Li\(l(i\

Page 10: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

Y";'Y YElI....-ri lgTii| I,ll-t/-Ll ll t\J rtl-r-rt-7L( l.

NAffIAN IIIiIIIAX $TIDA IIIRNAI,I!{I'fi A

Radar Banlmmas . !!m?1lyrg9?1!!lt?91!

EPRTI

- -

CEK KELAYAKAN: Polres Purbalingga bersamaDinhut koininlo mengecek kondisi bus di terminal.

I(uota Transmigran Hanya 13 IC(PURBALINGGA - Kabu-

paten Purbalingga kembalimendapatkan kuota trans-migrasi dai pemerintah pusat. Tahun ini, KementerianPedesaan dan Daerah Ter-tinggal (IGDT) haaya mem-berikan kuota transmigrasikepada 13 kepala keluarga(l(K).lumlah kuota itu rjdal(sebanding dengan jumlahpeminat yang telah men-daftarkan diri.

Kepala Bidang PenempatanTenaga Kerja dan Transmi-glasi Dinas Sosial Tena8aKerja dan Transmigrasi (Din-sosnakertrans) Purbalingga

Budiano menjelaskan, kuotatersebut dibagi menjadi tigakabupaten tujuan-'Kabu-paten Bengkulu Ulara (Beng-kuiu), Kabupaten SumbaTimur (NTf ) dar1 KabuparenMorowali (Sulawesi Tengah)," imbuhnya-

Dijelaskan, di Bengkuluulara Purbaljngga nlenda-patkan kuota 6 I(K, SumbaI rmur 3 h-K dan !Jorowallnlmasing-masing 2 K](. "l(uotayangdidapat tahun ini, lebihbanyak dua I{( dibandin gkar.r,

tahun lalu," imbuhnYa.Menurutnya, transmigran

untul< Kabupaten Bengkulu

Utara akan ditempatkan diDesa Malakoni Pulau Enggano. Sementara bagi Yangmemilih di Sumba Timurakan ditempatkan di DesaLaindeha dan untuk tuiuanKabupaten Morowali, paratransmigran i1u akanditempatkan di KecamatanBungku Barat. "PeII)berang-katan rcncanannya akandilaksanakan pada bulanDesember mendatang. Halini dilakukan untuk men-jamin kesiapan infi astmi.turdan logistik di lokasitransmi$asi," lanjutoya. (tyalbdg)

ll \( li \i\ iii \1\S Si l l),\ (,\il! i'.f 1 i' \ i'l tlt \l 1\!i(1.\

Page 11: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

sT rprilc &,{Fni&llr.r.t-l [l t\J Lft-Lt,r' Ll L

BAflA}{ III]I{AS $MDA PUXBAIJI{IfiA

a

Ialan Makam-SumamprrPatah

REMBANG-MasFrakat diminta Salah satu pengendam asal Desaagarwaspadadan mempertambat LosariSuharfradi"mer*utuf.r".Uifulaju.kendalaan saar melalui Jalan Iaju kendaraan dari D-esa Mjcam\,laliam -Sumapir Kecamaran kencang di utu, ZO rc*Zr:_n-foKcm bang. pasalnF, sepaliang 40 dipasrikaa pengendara akan reria_mcrcr Kondtsl jatan bergelombang. tuh. pasti kagel, karena adapaia)eraru rlu, terdapat patahan ialan haIl. l(alau hilang keseimbansan)'ang bisa membahayakan pen_ bisa jatun,,, kar aniz-gendara. Seiain patahan. kondisi jaian

yang, bergelombang sampai Sffi -iIim penerangan. Sehinesa.hernoang membuatJalan tersebur ridak jarang patahan ialan ti?"atrawan Kecetakaarl Apalagi saal lalu terLihat-Untas ramai saal lebaran seperti Masyarakar berharap, kondisisekaran& jalan iersebur uri" .!e;.;;i_

Pengendara lain, asal Desa Raja- perbaiki. Sehinssa ;"";;;wana Srj wahluni. mengarakan, ngendara bisa nya"ri;;; -#;"serarn adanF patahan ialan dan saal melalui ialin rersebur.(iok7pergelomoang,alan retseburiuga bdg)

BAGI.d\ I It \1AS SUII].\ K'\BL:PAIL\ I L RI3.A].i\GCA

Page 12: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

<>9arEE5'!!5

o6E"

ltt

'aE

E

o

=;

=gEE3..!

ltg

E'

.L

CD

a'tt'=

.LCIE'I

E

E

?oo"

2F

=iE(lU i!tL o-

Page 13: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

rT TPTi\in l.fFl-llillt /-!-l lt t \J Ltr-Ll,r'll L

BAOIN IIIIII{I$ $[IDA PINBAIil{GOA

RadarBanynrmas. Jumat Wage 24 Juli 2015

KERJA BAKTI: :Warga Desa Kasih ramai:ramai membenahi rumah Sulhaniyang terbakar.

Rumah I(akek Tua TerbakarKERTANEGARA-Musibah

kjebakaran kembali terjadi diPurbalingga. kali ini, kcbakaranbesar melanda rumah Kakeksulhani (70), warga RT 3/3 DesaKasih, Kecamatan KertanegaraKamis (2317) pukul 15.30 1MB.Beruntung tidakada ko&aniiwadalam keiadianteGebut Namun,

kerugian dip erkirakan men-capai.Rp 471'uta.

Saksi mata Surono menga-takan, saatitu ia melihatkepulanasap disertai api dari rumahSulhani. Melihat keiadian ter-sebut, ia langsung berteriakmeminta tolong kepada wargasekitar,

Namun, kesulitan air saatmusim kemarau membuat apisu.lit diiinakkan sehingga apiterus membesar. 'Api baru bisadijinakkan oleh warga, TNI,Polri dan dua buah mobilpemadam kebakaran," kataDanramil KamnganFr KaptenInJ Sukamto. ke hal I

Terjunkan Dua Mobil Damkar

r numehSambungan dari hal5

dalamwaktu singkat api bisadijinalkan, " katanya.

Akibat kebakaran tersebut,rumah ukuran 7 meterx 12

meter rata dengan tanah.selain itu, 7 orang Yangmenempati rumah tersebutharus mengungsi ke tempatsaudara mereka sementarawaktu.

"Kerusakan akibat keba-karan itu masuk dalam ka-tagori rusak berat, dan ke-rugian ditaksir mencaPai RP

47 juta," katanya.(iok/bdg)

Kepala Pelaksana BadanPenanggulangan BencanaDaerah (BPBD) Pdyo Sat-moko nengatakan, sumberapi diduga berasal dari tung-gu kayu bakar yang biasadigunakan keluarga korban."Bahan rumah yang mudahterbakar menjadikan apiceDat membesar. K.ita turun-kair 2 mobil pemadam dan

i:l,\(il \\ Hl iN_l.\S S!.;11){ LABL:PAI Lr\ Pr RBA{.i\GGr\

Page 14: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

gI lErhn LfE]}rlr-rll ut\, rrt L/t-,

Fokus Pemberangkatan Haji, r fiemenag

Sambungan darihal5

Besaran pengembalian ba-gi calhaj tunda tahun 2014ditetapkansebesarSO2UsD.Sedangkan tahun sebelum-nya lagi berva asi. Semen-tara bagi calon iamaah bajikhusus Embarkasi Solo ter-masuk Purbalingga bakalmendapat pengembaliansebesar 462,90 USD. Jumlahtersebut merupakan pengu-rangan dari BPIH tahun Ialusebesar 323 t,gUSD denganketetapan BPIH sekarangyakni 2769USD.

"Prinsipnya, pengemba-lian dilakukan setelah ada-nya verifikasi dan SuratKeputusan tentang jumlahdan nama Jemaah haji lunastunda yangberangkattahun1436H/2015M," tambah-nya.

Ia merinci, pengembaliandana jemaah haji tersebutnantinya akan ditransfer kerekening masing-masing

jemaah melalui Bank pe-nerirha Seroran Biaya Pe-nyelenggaraan Ibadah Haii(BPS-BPrH).Saatini mulai dari.iajaran

pusat sedang fokus menun-taskan persiapan keberang-katan haji tahun ini. Jikasudah klir, maka kemung-kinan besar pengembaliansisa BPIH itu akan digelon-torkan."Kami belum bisa me-

mastikan kapan waktu pe-ngembalian sisa BpIH itu.Tidak usah gusar, jelas akanada pcngemba)ian, " tegas-nya.

Sementara itu, hingga saatini sudah ada 413 orangyang melunasi BPIH pem-berangkaran tahun ini. Ke-mungkinan Pu rba)inggaakan masuk dalam kloter 6dan 7 sesuai hasil undianyang adil, Sebelumnya darijumlah kuota reguler tahunini, jumlah calhaj 420 orang.Namun beberapa ada yangmengundurkan diri danlainnya mutasi ke daerah

lain."Perkiraan keberangkatan

pada 22 Agusrus mendatang.Saat ini sudah memasuliipersiapan man as ik hajihingga awal Agustus men-datang sampa i ke ringkatkecamatan," ungkapnya.Untuk pelunasan BpIH

tahap II telah dilakukan pada7-13 Iuli 2015 dan diorio-ritaskan bagi jemaah tlhappertama yang mengalamikegagalan pelunasan BplH,karena kesalahan sistemPeiunasan tahap kedua jugadlperuntukkan bagi calonhaji lanjut usia dan peng-gabungan suam j istri sertaanak yang terpisah dariorangtua.Yaitu dengan ketentuan

u sia calon ja maah ha jisudah 75 tahun dan sudahmendaftar h a;'i regulerp aling lambat I Januari2013. Mereka dapat di-darnpingi satu pendam-pingyaitu istd atau suami,anak kandung atau adikkandung. (amr/bdg)

BAfiN III]II{A$ $[IDA PIIIBAII|{OOA

Radar Banglumas . Jumat wage 24 :'uti 2015

_lGmenag Segera

I(embalikan Selisih BPIHRata-Rata 462,9 USD

PURBALINGGA- KantorKemente an Agama (Kan-kemenag) Purbalingga bakalsegera mengembalikan sisaatau hasil selisih BiayaPenyelehggaraan IbadahHaii (BPIH) bagi jamaahhaji tahun 2014 dan tahunsebelumnya. Saat ini, Kan-kemenagPurbalingga ma-sih menunggu verifikasi

dari kementerian pusat."Berdasarkan informasi

dari Dtjen PenyelenggaraanHaii dan Umrah, ielas adapengembalian BPIH itu.Namun kami belum me-nerima kep astian wakhr uangitr.r diterima calon jamaah hajiyang bersangkutan," kataKepala Kantor Keme[terianAgama Kabupaten Purba-Iingga, Rochiman, Kamis(23/7). kehdg

B.\(Ji,\Ii I11:\I.\S Si,l iJA K:\BL P]\I L\ PL.RBAI I\(](J\

Page 15: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

I/I }PIhTflTidENTAl\l. u uIv al.l-l.r.l/l.r I

BAfiN IIIIIIA$ $Ml)A PI]RBALINOOA

Radar Barylumas ' Jumat wage 24 Juli 2015

Pemolron D okumen IGPendudukan

Melonjak

. PURBALINGGA - pasca libur Iebaran,jumlah pemohon untuk membuar dokumenKependudukan di Kanror Kependudukan danLat,a t a.n Sipil (Dindukcapil) Kabupatent'urba_lingga, meningka t dibandingkan hari_hari biasa. Per hari, jumlah pemohonmencapai lebih dari 100 pemohon.

. K€marin. (23l7), rerjadi Ionjakan pemohon

oot<umen kependudukan. ke hat I

r PGmohonSambungan dari hal5

PENUH:Ruanopelayanan -Dindukcapitpenuhdengan parapemo h onakta kelahirandan suratpindah,

- RuangTunggu Penuh Sesakmohon belum mengalamipeni,gkatan. "Baru hafi ini(kemarin, red), jumlah Pem-ohon mengalami lonjakanyang cukup banyak," im-buhnya.

Dia menjelaskan, sebagianbesar pemohon dokumenkependudukan adalah Pe-mohon KIP dan surat Pin-dah. "Akibat banvaknYa Pe-mohon, saya sampai ke-sulitan masuk ke dalam rua-ngan saya. Bany'ak Pemohonyang antre di depan Pintumasuk ruangan saya," im-buhnya.

Selain mengurus KIP dansumt pindah, menurut Ha-mam, barytklugawargaYangmengajukan permohonanakta kelahiran. "Kemarin(Rabu, red) ada 75 pemohonaka kelahiran. Hari ini (ke-

marin, red), barumajukemejasava, untuk ditandatangan.i.Sibab, kemarin harus diverifikasi dan dibuatkanaktanra, " jelasnya. (t z/bdg)

Antrean mengular hinggake pintu masuk kantor Din-dukcapil. Bahkan, beberapawarga, rela menunggu didepan kantor DindukcaPil,karena tidak ada tempatuntuk menunggu.

"Sebenarnya kami sudahmelayani pemohon doku-men kependudukan, saatlibur cuti lebaranlalu, yaknipada 16 Iuli atau H-l se-belum Iebaran, sefta padatanggal 20 dan 21 IuLi, lalu.Namun, kami akui belumseramai hari ini. APalagikami hanya buka hinggapuku) 12.00," jelas KepalaDindukcapil I(abupatenPurbalingga Nur Hamamkepada Radarmas, kemarin{23 t7).

Dia menambatlkan, seharipasca libur cuti lebamn, 1'akniRabu (2217), jumLah pe-

li-\(11 \\ Hii\1AS S1: LD\ l\A!lt.P-\tL,\ PLRilAi t\Gt,\

Page 16: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

BAfiIN llt]ffiq $X[DA IIIXAM{OOA

sa,rplttp-CI-srrtitrtnr wAGE,

24 iuLl20l5

InmpatPaga\PICS

MerapatlcePDIP: Tingga[$qam KoaXts* Sersatu

r Dukrrng Pasamgam Yasdi-TiwiPURBAT.U{GCA, SATELTTPOST-PKS Purbalingga mendeklara-sikan diri keluar dari KoalisiBersatu yang dibentuk seiumlahpartai oposisi. Kemarjn partaitefsebut memutuskan akan ber-koalisi dengan PDIP di pilkadabesok.

gr rF;BJfl tfFI*1?i-t llJtl rt I \J lrLlrl-r!( r

"Kami al<an mend ukung penca-lonan H Tasdi SH MM-Dyah Ha-y:ning Pratiwi SE NEcoi (Tasdi-Tiwi) di Pilkada Purbalingga 9Desember mendatang. Kami me-miliki keyakinan pasangan iniakan maju," ujar Ketua DPD PKSPurbalingga, Wiharranto, saatdikonfirma si melalul sambungaatelepon, Kamis (23l7). Meskiprurrekomendasi PDIP belum jugatunm, namun ia tetap bulat me-nyatakan dukungannya kepadapasangan Tasdi-Tiwi.

Dengan keputusan ini, PKSsecara resmi akan berhadapandengan Golkar, PAN Demokat,dan PBB di pilkada. MenurutWihamanto, PKS meninggalkanKoalisi Bersama karena tidak adakesepakatar mengenai calon yangakan diusung. "Koalisi kan hanyadiikat oleh ikatan kepentingan,jika sudai tidak ada kesamaankepentingan maka sah-sah sajauntuk mengambil sikap sendiri,"ket, dia

-WiFarnanto menegiskar, sikappolitik ini sudah diambil densairpertimlangan yang matant: Iamengklarm sudah mensurvei na-ma-nama bakal calon bupati (ba-cabup) dan bakal calo-n wakilbupati (bacawabup) yang ke-mungkinan akan rriaiu dipilkada."Setelah melakukan surirei danmelakukan pembalasan denqaninternal partai, kami sepa-katmendukung dal mencal6nkanpasargan Tasdi-Tiwi," kata dia.

Pasangan tersebut menuruhlyajuga dianggap seja larl dengan visidan misi PKS. Pihaknya lugamemnta arahan dari pengurusDewan Pimphan Daerah (DpD)PKS Jateng."'Sikap kami iudahbtilat. Kami martap mendukunepencalonan Tasdi-Tlwi,,, uiar di.:", sementara itu hirrgga betaneKemarm belum diketahrri-secaripash_mengenai pasangan cabuo_cawabup yang mendapatkan re_K-omendasi dari Dpf pDIp WakilKetua DpC pDIp purbalineea.r ongat SH, mengatakan miiihmenunggu rekonr=endasi. Menu-rutnya saat ini ada dua bacabuomasmg-masing H Tasdi SH MIi,rdan L)rs Sul<ento fudo Marhaen_dflanto yang lolos penjaringanralrap kedua.

. "Kemungkinar tanggal 25 lulitumn, karena tanggal 26ltdi sudaimulal masa pendaftaran bakalcalon di KPU,,'kata dia

Tongat mengatakan, setelahrekomendasi turun, alcan diselarMuskercablub. Musya warah"ber_tuluan menyosialisa;ilan isi suratrekomendasi kepada jaiaran anakfantmt tungga DPC PDIP "se_

-telah disosialisasikan, kita iiaplangsung bergerak meny ulseskanpasaagan ca1on," kata Tongat.

Sem€rtara itq Sukentomasih teiapoptimistic akan dipercaya unhrk majusebagai calon bupati dari PDIP Iamengaku masih menulggu reko-mendasi karena sampai saat ini iabelum tahu siapa yang mendapatrekomendasi, I(Aika ditanya langkahyang akan dilakukan jika tak dire-komendasi, ia enggan mojawab. lahan1.a menjawab diplomatis akanbermain aman

Di luar, islr mengenai pasanganyang akan menerima rekomendasiberhemtrus kuat. Pasangan iniantara lain Tasdi-Tiwi dan Tasdi-Aman Waliudin. Tiwi merupakan.rnak sulung Triono Budi Sasong-ko, sedangkan Aman a dalahtokoh muda NU sekaligus di-rektur utama BPR Syariah Per-wira, Purbalin gga. ([email protected])

ilq(it \\ tii r\t \s sl- 1ir \ ( \iil l,A i i..\i iri Rlt \Li\GGr

lL-

-__/

Page 17: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

a'-

Page 18: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

ffi iPnIfl'A,{ENrll.rll' tlI\, lt.l-lrl/

lokasinya yang berada di Dusun Ba-wahan Desa Cunungwuled. Sebagianlagi menyebutnyd dengar nama CurugPanyalan karena air pegunungan yangmeriga[ir pada air terjun ini berasal dariSrrngai Panyatan.

Setelah puas menikmati keindahanCurug Bawahan, Anda bisa melan-iutkan perjalanan le CuruS KaliPelcyang merupakan satu rangkaian airlerjun sepanjang Kali Panyatan. Se-panjang perjalanan Anda juga aland iman jaka n dengan pe m a ndanganbeberapa air terjun kecil di dinding-

gunung Pucurg sudah lama menjadil-okasi ferkemafian seiurniah sekola}r diPurbalingga dan Banjarnegara. 5e-tidaknya di puncak gunung ini, Anda

Watu Ceong sama dengan puncaLgunung Pucung. Jadi disarankan Andamendaki dari Dusun Sidamukti naik kegunung Pucung, lalu berjalan lagi kegunung Korakar yang berada di se-belahnya. Paling lama pe rja lanarny a 30menit melewati ialan setapak.

MaBnet utama tempat ini adalahkeberadaan sebuah batu seukuranrumah yang seolah menggantung (6:e-ong-geong, dalam bahasa lawa Ba-nyumas). Dulu, batu raksasa ini kerapdiiadilan sebagai tempat bertapa ataubersemedi ultuk mencari wangsit.

Ketiga, rangkaian Air Terjun Bawahardarr Kalipete. Masyarakat sekitar me-nyebutnya dengan nama Curug Ba-wahan (Ail Terjun Bawahan) karena

BAOIIII IIUhIA$ $[II)A II]RBAII}'IfifiA

Sarsl-,nPqs!JUMAT WAGE,

24 JUL| 2015

lnyong

Menjelajahi Eksotisme GunungwulOleh: ZULFIKAR ABDULLAH IMAN HAOl0lKetua Jejaring Masyarakal lntra GunaRgwuled

DESA Cunungwuled di Kecamata nRembang Kabupaten Purbalingga pu-nya sejuhlah otyek wisata menaril.Pertama, sunnbe spot di puncak gunurgPucung. Puncak gunung Pucung de-ngan kt:indalun alamnya bisa dijargkauhinva dalam -35 menit dari DusunSidainukti Desa Gunungwuled.

Karena keindahan alamrya, puncak

tidaknya di puncak gunungbisa mendirikan beberar:a tersa mendirikan beberapa tenda.

Kedua, Watu Geong. Jalur pendalian dinding tebing.Keemoat. Sumber Air Panas KaliKeempat, Sumb,

Anget. Tak banyakAnget. Tak banyak yang tahu bahwaCunungwuled memiliki tempat pe-Gunungwuled memiliki tempat pe-mandian air panas. TemPat ini benar-benar masih ferau an dan tersenrbunyi.Ya, lokasinya berada di Dusun PentulCunu-rg.

Ketima, Si Onie. Sebrrah petihsan diGrm Lrn gw u led bemama Si On je banyaLdikunjungi orang dari luar daerah padahari-hari tertenlu. Si On;e merr"rpakansebuah hutan kecil yang asri. Di da-lamnya terdapat makam kuno ycngdiyal,ini warga sekilar sebdgai mdkdmSfeh Rubiah- Kembdng (alau RubiahSekar).

Oya, trntuJ< mencapai desa Ctln.mg-wuled Anda bisa menggunakan mikro-

bus dari terminal bus Purbalinggamenuiu Desa Losari, Rembang dengarlama perialanan 45 menit, Selaniutnyada; Desi Losari, terdapat kendaraanbak terbuka yang mengangkut Pe-numpang ke Gummgwuled. .

Tapi karena sepinya penumPans,algkutan publik ini sudai jarang ber-ooera'i kecuali pada hari pa^saran Manisdln Pon. Jika tidak, oiel heniadi alter-natit transportasi satu-satunya denganIama perjalanan 15 menit.(')

B \(iiA\ 1ll. i\l \S Sr l llA k-\iJL PA i ir\ i'i.RBAM(jG,\

Page 19: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

i.T IPINNfufENTArrgrr lll\, Llt-Llu ll L

BAOIN IIUll{A$ $ITDA IIIBAIII{O(}A

SATE1ITPSSTJUIi,IAT WAGE,24 JULr 2015

}3A(;iAN ilt i!'1,\s SL I ilA K-ABL P,\IL,N f i,Rl3c1-INCG-\

Page 20: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

-*Y }"B;};IGE"{FI}T*ll-L,[f ll' I \J ttlllt-ru I

BAOIAI'I IITI[{A$ $[]I)A flIMAUIOOI

SATELITPOSTJU'I,IAI WAGE,

24 JtLt 2015

Panai Pefindo llailil di pur[atirugaPI.'RBALINGGA, SAIELIIP T.Partai Persatuan lndonesia (Pe-rindo) kinj hadir di Purbalingga.Partai yang didirikan Hary Ta-noesoedibjo ini bahkan ielahmenggelar bakti sosial selamabulan suci Ramadan 1436 TJ

kemarin.Ketua Dewan Pimoinan Da-

erah (DPD) Purbaliniga, AgusSlamet Budijanto SSos, menga-takan, selama Ramadan, seium-lah kegiatan sosial seperti pem-bagian sembalo urtuk' peneiyuhbecak, pembagian men""birkapuasa untuk pemulung pasar>egamas oan penyectlaan iestarea di sekretadat DPD Perindo

t lo5- Dj1{ c, Perindo akan mendukune cal6nDersama tsupati yanq memiliti

"jsi dan ,rGi vanp

JAJAFAN pengurus DPD perindo purbatingga foto bersama aupati ,** ]n""rffi'rfiiiri}ut,\llllPurbalingga (tengah) usai bersilaturahmi djrumah dinas bupati, Kamis tZerZI ffi jergan*pa;,{j-;fr.(af,it

..=+----

tang. Meski masih baru, namunPerindo telal memiliki strul<turkepengurusan dari DPD, 18 DPChingga tingkat rantjng. Padaawai kepengurusan, kata Agus,Perindo akan fokus pada oEm-bentukan lembaga iirt"..til

""-perti koperasi. "Pe ndo fokuspada misi menyeiahterakan ma-syarakat melalui pemberdayaalUMKM, petani, dan buruh. Satudi antaranya melalui gerakankoperasi," kata dia.

Sementara itu, menghadapiPilkada Purbalinsea, ?erindobebas menentukiri sikaD dandukungan kepada bakal'calonyang akan maju. Agus menga-takan, Perindo tidak beradidikubu KII{ maupun KMP "Tetapi

Purbalingga di Jl Soe-karno Hatta tepatnyaruko Perumahar-r PaLmEstate, PenambongaDKalimanah.

"Bakti sosial ini me-rupakan bagian dariupaya kami mewu-judkan visi dan misipartai Perindo," kataABus usai silaturahimdengan Bupati Pur-balirlgga, Sukento Ri-do Marhaendrianto,Katrus (23/7\.

Agus mengatakan, deklarasisecara resmi rencananva akandigelar awal Agustus tr1enda-

KANTOR DPD Perindo Purbatingga diPerumahan Palm Estate Penambongan.

rr,\(ii,\}i HLrltls Sl' i ll,\ K,\Bl Pr\ i r\ Pl- RlJ,\l,l\aC \

Page 21: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

KETUA DPD Perindo Purbalingga, Agus Slamet Budijanto (kirD menyerahkan sembako kepada Para

pengayuh becak pada bakti sosial Perindo di Purbalingga , beberapa waktu lalu:

Page 22: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

rr? YtaYa:r^1 ! rFr.! Ift- : I t,i ltri: , n.i! ri. ": :\r\!.rit lt t\J LtLt-lu Ll L

BA0IAI{ Illft{l$ $HI)A IIIIRALITI{C'fiA

SATELITPOSTJUII,IAT WAGE,24 JULI 20ls

TAGAD kuliner di Purbalingga muJaiI menegeliat. Para pemain baru terus! berniunculan, menawarkan berbagaienu, dengan konseP temPdt malan mod-

ern. Semuanya demi memanjakan Parapelanggan ying didominasi anak mudakekiniaa.

EEfiai dari pengalamannya me-nrmah makan di Cheers Cafe Prrr-r dan rumah makan yang kini di-

di Bali. Selain suasana, Ragil iugamembeii perhatian khusuJ di menu ma-fianan yan! disajikan. Pada bagian ini, Ragilkanan yani disaiikar. Pada bagian ini, Ragilmeng.isun-g konsep dapur sehat keluarga.

"Kami ingin menghadirkan suasana"Kami ingin menghadirkan suasanaseperti makai di mmaF. Sekararg makananvang paling sehat adalah makanan yargaib;afdi mmah," uiar dia.

Menu yang disajikan seperti suP i8arempah,'bebik bacem, dan menu lain'dill;im bebas dari bahan berbahaya sepertivetsin. Begitu juga dengan mhumirt semuamenyehatkan dan segar

Ragil luga menggunakan jasa koki pro-fesioial yang teldh berPengalarnan. Meskitanpa berma(am bahan, rasa sehap menubisi memanla-kan lidah para pelanggamya"Kami berusaha makanan yang disajikantidak hanya enak, tetapiiuga sehat," kata dia.

Roemah Vio yangdiam6il dariputra Rdgilini bulca dari puJ<r.rl 10.00 hinfga 23.00IMB.Meski usia Roemah Vio belum genap se-bular, namun rumah malcan ini tak pemahsepi pelanggan. Bahlan saatbulan Ramadankemadn, tempat terisi penuh.

Ke depar, Ragil balal terus berinovasi,baik dari segi tata interior maupun menumakanannya. Seni grafiti alan diganti secararutin aear suasana tak monoton.

Sem&tara soal menu, Rag terus meng-hadirkan saiian baJu baiL menu bercitarasa,reslem maupun tradisonal. "lni sebagaiupava mengantisipasi karakier pelangganvini biasan-ya sekadar coba-coba, menjadi'pelJggan Jtia Roemah Vio," ujarayahiatuanak in1. ([email protected])

13.\;1Al\ I iL:\i.1S SL i L).\ L\lli l,'r I h\ Pl kli.\liiil.iG.\

Page 23: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

t4,!

/': ,v,'

Page 24: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

rT IPTNC }.{H!'}IArrtlT-l. tt t \J Lt[LtvLt I

BA(IIN I{UM,{$ $ff}A PtltBAt.[,[Ci0A

wawasan .Jumat Wage, 24 Juti 20'15

re Usai Libur Lebaran

Tim Gabungan

Pantau Kineria PNS

PURBALINGGA- Tim dari Gabungan Pemkab Pur-

balingga melakukan pemantauan terhadap kinerja Pe-

gawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai lainnya dilingkungan Pemkab Purbalingga. Setelah cuti Lebaran

sdlama tiga hari, kehadiran Aparatur Sipil Negara(ASN) di wilayah Kabupaten Purbalingga disidak TimPemantau Kehadiran.

Tim terdiri dari InsPektorat,Badan Kepegawaian Daerah(BKD), BagiarL Organisasi danBagian Hukum.

Tim terbagi menjadi tuiuh timkecil, yang akan menyisir seluruhSatuan Kerla Perangkat Daerah

tidak hadir menurut Nanangtidak mesti melalui surat, namunbisa menggunakan pesan singkatmelalui telepon genggam , yangpenting ada alasan Pemberi-ialuan kepada atasannya. "Untukvang sakit, harus melampirkaniura"t keterangan dokter," imbuh-nya.

*ili Di CilacapSementara itu, hingga hari

kedua (Kamis 23l7) masuk sete-lah libur Lebaran, Badan KePe-gawaian Daerah (BKD) Ka-bupaten Cilacap masih meman-tau tingkat kehadiran PNS diwjlayah ini. Menurut KePaiaBKD Kabupalen CilacaP, Heru

(SKPD). "Pemantauan dimulaidari kelurahan, unit pelaksanateknis, kecamatarL bagian, kantor,dinas dan badan," kata anggotaTim Pemantau, Nanang EkoWahyono, Kamis (2317)-

Keterangan pegawai yang

Harjanto, pada awal masuk kerjapascd cuti Iebaran '1436 H.tingkat kehadiran PNS mencaPai99 persen. "Dari jumlah PNS nonguru sebanyak 5.826 orang, Yanghadir sebanyak 5.768 fNS. Jum-lah PNS yang tidak hadir Padaawa I masuk keria l.ersebut men-capai 58 orang atau sebesar 1

persen" tegasnya.Dikatakan. ketidakhadiran

mereka dikarenakan berbagaikeLerangan yakni cuti sebanYak12 orang baik cuti karena alasanpenting, mauPun cuti me-lahirkan, turun Piket sebanYak41 oranB dan sakit sebanYal 5

orang PNS. ffiS'r/ AdYiF--

lJ.\GI,L\ Hi:\JiS SI.,I I)A IiAi]( P.TI L\ PLRts.\LI\GGi

Page 25: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

-ll

I

..sf

Page 26: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

rI IPIhTN TfENIArLr-rrt tltU Lt,.t-turt \

BAGIA}{ IIIil{I$ $[IDA IIIIBAIII{CiOA

wawasan

Jumat Wage, zlt )uLi 2O15

13 KK lkutiTransimigrasi KPDT

PURBALTNGGA- Sebanyak 13 Kepala Keluarga (KK)

:;il[;;;il P*balingsa akan riens*uti ppgrar,n

i'i"rr"'inrlti a"" xementerian ledesaan dan Daerah

iliiii,-Fri rkpo'rl Kuota tersebut jauh lebih.banvak

;il:T5ff; H; ;"l"t'*"nvu' vang hanva diperun-

tukkan bagi 2 KK''*i".i, "sid""e penemPatan Tenaga rep aan,]1a-1;,

ri'sf"?l**ktiI;1,*;,:ru:o1ilJrtrfi ltffi\f i&'i*"it"i-;tan dibag,i-ke 1 kabuDaten tuiuan'

ij:i[l*riti[::r,i+T.:ram,'*;'#;513r;isulawesi Tengah)''l;tr"iri ai''s""gkulu ubara kita tempatkan 6 KK'

sr-i" ii.r. i i(dan Morowali 2KK Tema hansmr-

g['ii"ii i^ i"." a"lg'",':b:r'i[":liJfiT;i"i;ilIErasi umum atau diarahkan I

B"lii i"i' p"'r."u; " *l

!1 :i -ui ?;i,*'; 5m' ?il]l- Brrdiarto iuga mengrntorm;.,;:;';;;,,1n;;'si "uiti'

t"*kuu Purbalinssa'perlu

il.iuili.;; Ni;,", Kesepahaman (Mou) dengan kabu-

; ;::Ut"tf:ilqiil'ffiTi,rkan d_i kawasan

""il'..j-t"ti "inil Kabupaten BLngkulu Utara akan

*i:tr'*:,'; ":;lHl fl I": I S*t,'i''f :l";o'i;iii"*rr*rtiai o"iu Lui"d"hu d-

'ntuk.tujyan Ka!u;

Il*^ti.i."..*"ir akan dilemPdtkan di Kecamatan

HL""ir'b"i",. ;r"mberangkatan rencanannya dkdn di-

illjXIIa,l, ria;;ian D"esember mendatins' hal ini

meniamin kesiapdn inhrasrullur dan logistil di toLasi

t u-ni^igt,ti," i;rbuhnya E ST-T/

R.\(itA\ Ht \l-\S SLf DA 1,..r3L l'.C l lL\ Pi Rli\i t\GG'\

Page 27: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

l!-LJll Lt' t \, Ll u-/u Ll L

Jumat wage, 24 Juti 2015 \4AWaSan

rl

ii

II

Pengsuna BusMenurun

rl

It

II

pURnatfNGca _ Jumlah penumpang arus mudik

dan aru_s balik yang menggrr,uku, ,u.fna trans_

l:rl1si b-us rrenurun jumlahnya cli Lebaran rahun

ffi;ffi1'il#i1?iil:, diseba.bkan ka rena pe-

lang ke kampu,g hala-rr-r."uu' roda dua untuk pu-

"Selain itu juga karena aclanr.apr,,gra m nrtrJiJ, gr"ti. nrqnq$11j,,-t..ar kcrela .rpi. penurun"airnvamen( dpdi 20 persen.,, laia Kepa'larermrrdl Bus Bobot.ari, iokur-urnonlo, K.tnts (:J /7), Mi-:kipul lumJah pentrmpanebus ddl,rm arus m udil innurril ir?ttl. sampai H+'1 Lebaran ini mens-alamj penurunan, ao-ra, ,.rr,"agen tetap nrenyjapkan ir_rmlair ar,mad.t bus yangsama deltgan tahun

I b0.000 dan harg., tiLet H_ l samparH., / diperkiraJ.,rn rn"ncapai RpinOuDu Per PenumPal)s.

I Ltrur]nyd iumialr penu mpa ngarus mudik menggun.r(an' bu:nletrbudt >ud-dna di terrninal lLrr_b,rijngg,r dan Bobotsari tak seramarLebaran tahLm sebelulnnva

, Hdl tersebut cliaLui gumlah pe_qdgdng d\ongan. Merela mene.,t,ldn Leb.rran lahrrn ini penumianeanr. mudil< dar bali( t"i sernmaiL?hun- lalu. ,,Dagangan

Lanri sepi5eha b penumErng yang datane d'a nDerangkat (-lari sir tal serdm;i Le_b,lrarr t.']hun Ialu,,kata yanlo (14)5. rlah sdnI pedagang a*ong6n.

lir Sepi

,. losko Kesthatan vang clidirilandl Lllr.i ferDrinil| tersebrri juAa sepipengunlung. S.rlah satu penjaga

sebelumnya.

, -'Ada sembilan agen bus vane

but a ketika m,.rsim Iibur Ledaraidengan lurga tilet H+J iurusanJakarta sekitar Rp 200 ribu per oe-nLlmpang," pitparnva.

Pada H+I -atau 1q Juli 2015.

unrur;urusan Jalarta dari terminalDoootsan memberangka tkan 22ous oengan nrembawa 664 oenlrm_pang. Harga tjket iurusarl'Jaka apdda H+1 d.rrr H+2 sebeiar Rp.

Po_sko Kesehatatl ternrinal tsus pur_lr.rlrngg.t dr Ratn.r pada Kanris me_ngataknn, posko kesehatan seti.rDhann)? sepj. Rata_rata pasien da'_tang ke posko kesehatar pada pacitrariatau kehka bam turuir aari t,,r".y.utg rnerrgargkuhva ddri llt,tr koi.t.

- Uarr,catalan yang ad.r >elanr,r, o\Ko Ke5ehatan membuka laVandn, tl,rny,l ada 13 orang varrjd.,_tang dengan keluhan iniara"lainpusiDg, mual, demam, dan diare.- bementara di terminal bus pur_baLn8ga dar Bobotsarj hanva serJi_krt bus Antar Kota Antar irovinsi(AKAP) vartg masuk. Dperolch intormasi dari pehrgas teimirul Bo_b,'r'.rri larmnn. J ifiL;kr# ;:_rosotnya btrs dariJaLrri, vun*,r-ru_ ]ruk tennin.ll p,rd,J K,rnris p.rrj . .i_U,'t t rr"UrI f.!-],.;;;,[i:;T

Irt-tte I

II--.j4--.-.-..7

\ ,,,

Ll tt-lu L! L

ir \Gl.t. ili \1 \S Sl. ! i)\ 1\.{iii 1, i i i \ l't !i1,,-!1 i\G(t \

Page 28: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

.

al;!::(4io

^Ed

F,:

a!

Page 29: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

I'T IPINNTIFNIAll-Lr-t-!. lltU Lt,.t-lu Ll L

BAOIN HIIII{A$ $MDA PUIBAIII{OOA

JUMATWAGE,24 JULi 2015

It,{GI.d\ IIL, \1.A.S Si, f i) \ KABLiP A IE\ PL I{BA1 ,ING(}.\

Page 30: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

I,{-t:t l.

BAOIN III]ll{A$ $[XDA NIMAilNOOA

REPUBLIKA KAMls, 23 luLr 2or 5

Minim PNSBotos Keria

r Eko widiy;rn;

Pegawai yang metanggaraturan presensi akan tetaPdiproses.

gY IPiNNrlJ-ru tr I \,

YOGYAKARTA - Pegawai ne-geri sipil (PNS) mulai kembali beker-ja selepas habis masa cuti Lebaran,ifabu 422l?). Sejumlah pemerintahdaerah mengklaim pelayanan publiksudah kembali be4alan dengan nor-ma1.

Di Kota Yog5.akarta, WaIi KotaHaryadi SuJruti mengatakan, tingkatkedisiplinan pegawai d.i lingkunganDemerintahannva cukup baik. Ia-menyebut,

tidak ida PNS yang absentanpa izin. "Pelayanan publik danadm.Lfstra si pemerintah kota sudahberjalan kernbali dengan baik," kataHarvadi. kemarin.

Kepa-ta Di.nas Sosial Tbnaga Kerjadan Transmigrasi (Disnakertrans)Kota Yogyakada Hadi Mochtar jugamenyebut, pelayanan Publik Yangada di dinasnva sudah dapat berjalandeugan baik ielepas liburan. Meski-pun, kata dia, belumbanYak masYa-rakat yang datang mengakses laYa-nan.

Adapun tr'orum Pemantau Inde-penden (Foryi) Pemefintah Kota Yog-yakarta masih melnberikan catatan.Forpi melakukan pengawasan pelak-sanaaa pelayanan umum dan tingkatkehadiran pegawai di sejumlah ins-tansi pemerirtah setempat. Dari hasilpemantauan di Dinas Kependudulandan Pencatatan Sipil Kota YogFkar-ta, dikelahui ada empat pegawaiyang menambah cuti. Sedangkan diDisDakertrans, ada enam pegawaicuti dan satu izin karena keperluankeluarga. "Di kolom absen manual,kamj. menemukan beberapa pegawaiyang sudah memberikan paraf dikolom jam pu1ang," kata AnggotaForpi Harry Cahya.

Sedangkan In$ektorat Kota Yog-yakarta menyoroti persoalan PNSyang diketahui pulang lebih awalpada hari terakhlr masuk sebelumlibur Lebaran. Menurut InspekturPemkot Yogyakarta Wahl'u Widayat,dari data di 21 satuan kerja perang-kat daerah (SKPD), diketahui ada 13pegawai yang mendahului pulang

B{Gl,!\i Hi:U\S S| I i)\K.\BL P.\l L\ Pi,RiJ\Ll\eCA

Page 31: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

---------\_

-lttanpa keterangan. InspeFt=oretEEanmemprosesnya lebih lanjut. "Kamiakari proses untuk mengetahui ala-sarueya," kata dia.

Wahyu mengatakan, Pegawaiyang mendahului pulang tanPa ke-terangan tersebut akan memperolehsan}si. Baik itu berupa sanksi disi-p1ln maupun hukuman beruPa Pe-nguraagan Pendapatan dari tunja-ngan tambahan penghasilan.

Dl Ban,'umas, Jawa Tengah, Pem-kab setempat membentuk tim Yangmelakukan inspeksi mendadak (si-dak) ke berbagai instansi Pemedn-tahan. fim yang terdiri dari unsurInspektorat, Badan KepegawaianDaerah (BKD), Bagian Hulum, danSatpol PP itu akan melakukan sidakselama tiga hari. Wakil Bupati Ba-nvumas Budhi Setiawan mengata-kan, akan memberikan sanksi bagiPNS yang membolos. "Bila ada PNSvang bolos atau telat masuk keriaikan langsung dikenai sanksi kedi-siplinan," kata dia.

Pemkab ffibamgga luga m'-enFgelar sldak. Ada tujuh tim kecil yangakan menyisir seluruh SKPD danUPT mulai dari tingkat kelurahanhingga kecamatan. Ketua Tim 7, Na-nang Eko Wahyono mengatakan, ke-beradaan tim ilri untuk memastikanpreselsi aparatur negara di wilayah-nya. Pegawai yang tidak hadir ta.npaketerangan, kata.dia, akan dil<ena-kan sanksi. Namun, menurut dia, ke-terangan pegawai yang tidak hadirini sebenarnya bisa disampaikan ti-dak hanya melalui swat. Melainkan,bisa juga menggunakan pesan sing-kat (SMS atau BBM), yang Pentingada alasan pemberitahuan kepadaatasan, "Untuk yarg sakit, harus me-lampirkan surat keterangan dokte!"kata dia.

Sidak juga berjalan di KabuPatenSleman, Daerah Istimewa Yogyakar-ta. Hasil sidak di kantor Badan Pe-nanaman Modal dan Pelayanan Peri-zinan Terpadu (BPMP?T), Disduk-capil, dan Kecamatan Mlati, mayo-dtas PNS sudah masuk kerja. Ter-kecuali yang telah mengambil iatahcuti. Di BPMPPT, tampak Pegawaltelah memberikan pelayanan kepadamasyarakat. "Empat (pegawai) cuti,tapi tidak sampai mengganggu pela-yanan,l' kata Kepala BPMPPT S1e-man PuIwatno.

I antara/c97 ed: irfan litrat

Page 32: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

ITT IPINN .}t,{Fi}TA-arI-rl-l. tl I \J Lt ,Ltv Ll L

BAffIA}{ IIIIIIA$ $[IDA IIJIBALNCOA

I

I Kamis Leqi, 16 Juti 2015

Penetapan RAPBD PeiubahanTerancam MolorPURBALINGGA- ]adwal pe-netapan Rancangan Anggaran?endapatan dan Beiania DaemhPerubahan (RAPBD) iahun2015 terancam molor. Pasalnyahingga saat ini KebijakanUmum Anggaran dan PlafonPenggunaan Anggaran Semen-tara (KUA PPAS) belum di-serahkan oleh eksekutif kepadadewan,

"Bupati memang belummenyerahkannya kepada de-wan. Makanya kami belummenjadwalkan kapan tahapanRAPBD Perubahan dibahas didewan," kata Ketua DPRD Pur-balingga, Tongat SH, Rabu05/n.

Diungkapkan pihaknyabelum mengetahui secara pastimengapa hingga saat inieksekutif dalam hal ini TimAnggaran Pemerintah Daerah(TPAD) belum menyerahkanKUA PPAS untuk dibahas didewan. Padahal masa jabatanBupati Sukento Rido Mar-haendrianto akan berakhirpada 27 JuIi mendatang.

"Waktunya memang sudahmepet. Jika hingga saat inibelum diserahkan, bisa saiananti pembahasan KUA PPASdilaksanakan setelah bupatiusai rirasa tugasnya," ung-kapnya.

Disampaikan dewan sudahmencoba bersikap pro aktildengan mengaiukan waktuuntuk konsultasi dengan TAPDterkait RAPBD Perubahan ta-hun 2015. Dewan ingin me-ngetahui sejauh mana alokasianggaran di sana sudah pro{akyat atau belum. Namunhingga menjelang libur cuiilebaran permintaan jadwalkonsultasi belum ditanggapibupati. "Bupati menjanjikankonsultasi akan dilaksanakansetelah Iebaran," tandasnya.

Tongat menambahkan pi-haknya khawatir dengan lam-bairaya pengajuan KUA PPASke dewan akan membawadampak. Salah satunya pe-netapan RAPBD Perubahanbisa molor. Jika demikian makaakan banyak ekses yang terjadi.Salah satunya pelaksanaanproyek pembangunan jugamolor. "Bisa saja akan adaproyek yang putus konhak,"laniutnya.

Tongat mengatakan pihak-nya berupaya akan pem-bahasan dan penetapan BAPBDPerubahan tidak molor terlalulama. Estimasi yang disam-paikan, penetapan palinglambat dilakukan akhirAgustus.*S

sT-Tj

BICrA\ llL \t-{S SL,IllA i,Alii P.\ ll]\ vL 1ll3-rl,l\(l(ir\

Page 33: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

rY yrlThln &,{FnIAllrJtt lt ! \, Ll!.t-lu,.l L

BA(],IN IIU[{A$ $HDl PUIBAINCi{]AI

KamisLesi, 16Juti 2ols I llawasan

Kutabangga Bantu 14 PEnti AsuhanPURBALINGGA- SebanYak14 paflti asuhan di KabuPatenPurbalingga menerima bantu-an dari paguyuban KumPulanLare Purbalingga (Kulabangga). Penyerahan bantuan dilak-sanakan di Pendapa DiPokusu-mo, Rabu (15l7).

"Kegiatan ini sudah rutinkami laksanakan setiaP tahun.Tapi nominalnya memang ber-beda-beda tiap tahun ter8an-tung berapa yang berhasil dikumpulkan," jelas Ketua Kula-bangga, Sayono.

Menurut Sayono, Pihaknvamenyalurkan uang senilai RP28 juta, sehingga masing-ma-sing panti menedma RP 2 iuta.Sayono berharap, dana terse-but berapapun nilainya tetaPbermanJaat baSi Panti.

"Alhamdulillah ini semakinmelengkapi upaya kami nrela-vani masyarakat Purbalingga,setelah kemarin kami bekerjasama dengan Pemprov danPemkab, memberangkatkanmudik gratis sebanYak 6 busberkapasitas 60 orang,"imbuhnya.

Sementara itu, Penanggung-

Baniarneeara Yang dianggaPkurang hamPu dan laYakmenerima.

Selain pembagian beras Pa-quvuban Mudzalifan Jamaahfia1i Banlart egara juga ielahmemberikan bantuan kePadapengusaha kecil Produktif be-iupi peralatan usaha "Kegiatin ini merupakan uPaYa darioasuvuban dalam rangka me-itgEnlatt un kemiskinan," tan-

iutnya.

iawab Panti Asuhan Siti Dia-m.ilah, Evi Subekti, mengakusangat bersJ'ukur Pantinyayang terbilang baru masukialam daftar Penerima ban-tuan ini.

Panti di bawah YaYasan Purba Adhi yang baru berdiri ta-hun 2013 dan berlokasi di Pur-balingga Wetan ini memangrelatif kurang dikenal dan se-

mentara masih sedikit anakasuhnya dibanding Panti -panh isuhan lainnYa di Purba-lingga.-'?rinsip kami memang bu-kan kuantitas. Meski hanYa 18,

kami berharaP marnPu mendi-dik anak-anak yatim ini meniadi pdbadi yang berkarakter,"ujamya.

Selair panti asuhan Siti Dja-milah, ada 13 Panti asuhan la-irurya termasuk iuga Panti rehabilitasi narkoba Nurul Ich-san Desa Karangsari Kecama-tan Kalimanah. BeberaPa Pantiasuhan lain yang menerimabanhran antara lain An Nur(Bungkanel-KaranganYar), AIMujahadah (Pagerandong-Mrebet), An Nadhif (Senon-Ke-

mangkon), MuhammadiYah(Bobotsari), At Khoerot (Maia-sariBukateia), Muhammadiyah (Bukateia), YusufiYah (Ci-pawon-Bukateja), Nurul Huda(Karangreja-Kutasari), Manda-ni Siwi;Darut Istiqomah (Baba

kan), Darul Hadonah (Karang-sentul-Padamara), dan NurusSholihin (Palumutan-Kemang-kon).

*$ Penambang PasirSementara itu, Paguyuban

Mudzalifah jamaah haii Banjar-negara Rabu (15/7) menYa-lw-kan pembagian berasPara Penambang pasir di Desa Se-

mampir Kecamatan Banjarne-gala.

"Masing masrnS Penambang di berikan 1 sak berasberisi 5 kilogram, mereka Yangmenerima meruPakan Penambing yang sudah diPilih unhrkmenerima bantuan tersebut,kata Pujianto Perwakilan Paguyuban Mudzalifah, Pujianto.

Selain pembagian beras diketisa desa tersebut menurut..n&na luga akan dibagikanberas kepada kaum dhuafa di

Padikesempatan yang sa-ma Penasehat Paguyuban Mu-dzalifah Jamaah haji Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomomengatakan Paguyuban Mudzalifan berdiri pada tahun2003. Nama muzdalifan sendiriditetapkan setelah melalui ke-sepakatan anggota haji kloter25 dan 26 tahun 2003. I

--Visi dan misi kami adalah

memabrurkan iema'ah haiiBanjarne8ara serta membantupemerintah dalam rangka me'ngentaskan kemiskinan mela-lui zakat yang diperuntukanuntuk kaum tidak mampu,"imbuhnya. &

ST.Ti

il.\el,\tr\ Hr ilsS Si r 1)\ 1,.\llLP\fh\ PLrRts\l,i\(;(iA

Page 34: Klipng Berita Tanggal 24 Juli 2015

I\Ifl E,/tF,'niSllt\t ltllrt/lt I

BAffIA}{ IIIII}{A$ $[IDA II]RBALI}{CIOA

llal\'ifsall . KamisLeEi' l6Juti 2o'ls

f, Pro dan Kontra SPI SMAN 1

Kornite BanfahLamggar Paasedur

PURBALINGGA - Ketua Komite Sekolah

SMAN 1 Purbalingga Hj Nurul HidayahSupriyati menegaskan, raPat PlenoKomite SMA Negeri 1 Purbalinggadengan orangtua siswa Klas X tahunpelajaran 2015/20L6 yang digelar Selasa

(30/6) lalu di Aula sekolah setemPat,

telah sesuai Standar OPerasionalProsedur (SOP).

(SK) Kepala Dinas I'endidikantentang petunjuk teknis (Juk-

nis) Penerimaan Peserta DidikBaru (PPDB) tahun pelajaran2075 /2076 di SMAN 1 Purba-lingga.

Seperti diketahui, KomisiOmbudsman Nasional Perwa-kilan Jogjakarta, Jumat (10/7)turun ke Purbalingga, me-nyusul polemik Penarikansumbangan pengembanganinstitusi (SPI) di SMAN 1

Purbalingga.Dalam rapat komite dengan

396 orangtua siswa Klas Xdisepakati bahwa sumbangansebesar Rp 4 juta,/siswa bolehdiangsur empat kali da.lam satusemester, Juli- Desember 2015

Dan bagi orang tua siswa Yangtidak mampu, sekolah mem-beri kuota 20 Persen untukmendapatkan keringanan, bah-kan gratis. Hal ini sebagai uPa-ya subsitli silang di SMAN 1

Purbalingga, sisrva yallg orang-tuanya mamPu membantu

haendrianto mengundang parakepala SMA/SMK/dan SMPNegeri se-Purbalingga diOperation Room Graha Adi-guna terkait pendanaan pen-didikan. Dalam kesempatanihr, bupati menekankan, bahwapenetuan SPI harus mengacupada Perda No 10 Tahun 2011tentang pendanaan pendidikan.

"Untuk menjabarkan Perdaitu, Perbup akan segera dibuat,dan kami minta sekolah bisamentaati hal ini, agar pendi-dikan di Purbalingga bisa lebihberkualitas dengan dukungandari pemerintah dan masya-rakat " ujar Kepala Dinas Pen-didikan Kabupaten Purba -lingga, Tri Gunawan. &

S'I-jie

I'asalnya, raPat temebutmendasari Peraturan daerah(Perda) Kabupaten Purbaling -ga Nomor 10 Tahun 2011

tentang pendanaan Pendi-dikan, dan Surat kePutusan

* PotemikBelakangan, muncul ketidak-

puasan dari salah satu orangtua sisrva di media sosial, se-hingga mengundang polemikberkepanjangan. Sampai akhir-nya kepala dinas pendidikan,bupati dan Komisi Ombuds-man Nasional perwakilan Yog-yakarta turun tangan menelisikhal ini.

Nurul Hidayah juga menje-laskan, dalam menentukan be-saran SPI, pihaknya sudahmenaati aturan, dengan me-ngacr-r pada Perda KabupatenPurbalingga No 10 Tahun2077 tentang pendanaanpendidikan. Dalam pasal VIIIPerda itu, disebutkan bahwa

mamPu.yang tidak penA anaan pendi?ikan dapatbersumber dari pemerintah,pemerintah provinsi, peme-rintah daerah dan masya-rakat-

Untuk diketahui, lanjut Nu-rul Hidayah Supriyati, sejum-1ah SMA/SMK di Purbalinggapada tahun pelajaran baru2015 /2076 irri juga sudah me-mungut SPI untuk menunjangKegiatan belajar Mengajar, ka-rena bantuan dari pemerintahmemang masih jauh dariurencukupi. Bahkan, sejum-lah sekolah itu yang nilai SPInya tidak jauh berbedadengan SMAN 1 Purbaingga,juga belum menggelar rapatkomite.

Sementara itu, Bupati Pur-balingga Sukento Rido Mar-

lt\(ii.\\ H(:\1 \S St 1t r.\ !i \Bi i,A I t\ 9t itll.{-i\cc.\