Kliping berita tanggal 31 juli 2015

51
KLIPINGMEDIA JUMAISI JUL| 2015 BAflA}{ Ht]}{A$ $XMA N}IMMffiGA PIG Trnggu Sikap $uLnnmmr*y[$m*g Pemohon KTP Elektronik Membeludak - PURBALINGGA - Pemo- hcn perekaman KTP elektronik di Dinas Kependudukan dan Ca- taran Sipil (Dindukcapit) puba- lingga membeludak. Hal ini membuat petugas kewalahan. "Karena pemohon yang mau perekaman KTP elelrrronik tidak datang sendirian melainkan diantar olang tua atau saUdara, sehingga ruangan penuh sesak," ujar Kepala Dindukcapil Nur Hamam. Agar pelayanan bedalan lan- car dan suasana di dalam ruangan tidak penuh sesalg petugas kemu- dian meminta para pengantar menunggu di luar ruangan. ' kri kan hanya pengarnbilan foto, sidikjari, dan iris mata. Tidak perlu ditunggui di dalarn. Setelah diberi pengertian, para pengantar mau menunggu di luar," ujamya. Menunrt Haman! pemohon perekaman itu membeludak teru- tamapada Kamis (2217) dan Jum- at (2317). Mereka kebanyakan pemohonpemulayangbaruberu- sia 17 tahun. 'Dalam dua hari itu mtr-ratr kami melayani 100 pemohon. Mereka adalah perantau y.ang sedang pulang kampung. Rata- ratayangdimtaadalahpemohon remaja puhi," ujamya- Hamam menyebutkan, pi- haknya menyiapkan petugas p! - ketpada H- I kbarrn. Pelayanan dibuka mulai Senin (2018). Namun, hingga dua hari (20- 2ll7) yang datang perekaman KTP elektronik klrang dari l0 pemohon. Blangko tlabis '?adahal kami sudah mengi- rimkan surat pemberitahuan ke desa-desa, kami membuka Ia- yanan penuh mulai Senin itu. . Namun beberapa hari sepi dan membeludak pada Kamis- Jumat " papamya" Hamam mengemukakan, pemohon perekaman tidak bisa mendapatkan KTP elektronik saat itu juga. Sebab, persediazm blangko di Dindukcapil Purba- lingg habis. "Iidak hanya di Purbalingga tetapi seluruh Indonesia. Kami sedang menunggu penge&opan blangko dari pusaf Namun, sam- pai sekarang belum ada penge- drop lagi dari pusa!" katanya- Meski tidak mendapat KTp elektronik, para pemohon men- dapat surat keterangan dari Dindukcapil bahwa mereka sudah melakukan perekaman data- "Surat keterangan bukti perekaman KTP elektronik itu menjadi bukti sementara. Jika blangko sudah datang, mereka akan meidapat pemberihhuan,,, imbuhnya" @10-57) BAGTAN HUIIIAS SETDA I({BI.]PAfEN PURBALINCGA

description

 

Transcript of Kliping berita tanggal 31 juli 2015

Page 1: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

KLIPINGMEDIAJUMAISI JUL| 2015

BAflA}{ Ht]}{A$ $XMA N}IMMffiGA

PIG Trnggu Sikap$uLnnmmr*y[$m*g

Pemohon KTPElektronik Membeludak

- PURBALINGGA - Pemo-hcn perekaman KTP elektronikdi Dinas Kependudukan dan Ca-taran Sipil (Dindukcapit) puba-lingga membeludak. Hal inimembuat petugas kewalahan.

"Karena pemohon yang mauperekaman KTP elelrrronik tidakdatang sendirian melainkandiantar olang tua atau saUdara,sehingga ruangan penuh sesak,"ujar Kepala Dindukcapil NurHamam.

Agar pelayanan bedalan lan-car dan suasana di dalam ruangantidak penuh sesalg petugas kemu-dian meminta para pengantarmenunggu di luar ruangan.

' kri kan hanya pengarnbilanfoto, sidikjari, dan iris mata.Tidak perlu ditunggui di dalarn.Setelah diberi pengertian, parapengantar mau menunggu diluar," ujamya.

Menunrt Haman! pemohonperekaman itu membeludak teru-tamapada Kamis (2217) dan Jum-at (2317). Mereka kebanyakanpemohonpemulayangbaruberu-sia 17 tahun.

'Dalam dua hari itu mtr-ratrkami melayani 100 pemohon.Mereka adalah perantau y.angsedang pulang kampung. Rata-ratayangdimtaadalahpemohonremaja puhi," ujamya-

Hamam menyebutkan, pi-haknya menyiapkan petugas p!

- ketpada H- I kbarrn. Pelayanandibuka mulai Senin (2018).Namun, hingga dua hari (20-2ll7) yang datang perekamanKTP elektronik klrang dari l0pemohon.Blangko tlabis

'?adahal kami sudah mengi-rimkan surat pemberitahuan kedesa-desa, kami membuka Ia-yanan penuh mulai Senin itu.

. Namun beberapa hari sepi danmembeludak pada Kamis-Jumat " papamya"

Hamam mengemukakan,pemohon perekaman tidak bisamendapatkan KTP elektroniksaat itu juga. Sebab, persediazmblangko di Dindukcapil Purba-lingg habis.

"Iidak hanya di Purbalinggatetapi seluruh Indonesia. Kamisedang menunggu penge&opanblangko dari pusaf Namun, sam-pai sekarang belum ada penge-drop lagi dari pusa!" katanya-

Meski tidak mendapat KTpelektronik, para pemohon men-dapat surat keterangan dariDindukcapil bahwa merekasudah melakukan perekamandata-

"Surat keterangan buktiperekaman KTP elektronik itumenjadi bukti sementara. Jikablangko sudah datang, merekaakan meidapat pemberihhuan,,,imbuhnya" @10-57)

BAGTAN HUIIIAS SETDA I({BI.]PAfEN PURBALINCGA

Page 2: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

e

6

=

Rg5AJ

s

$(J

.Sa\

-e

s

st!vB\

N

o-

t\

k

\a

F'a.,

BA(]IAN III]\4,AS SI:fD\ PI IRBAI I\GC,{

Page 3: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

BA[r{l{ [i[x[Ii:[niA^rs s!\, rtrsv

IlT$ $[MAMJ

JUMAT,31 JULI 201;

DuaPasang Calon

Berpeluang Muncul

PURBALINGGASesuai dengatr Surat EdaranKPU RI Nomor 4O2 dan 4O3,Komisi Pemiliha-n Umum(KPU) Kabupaten Pubalinggaakhimya memtruat surat kepu-tusan perpanjangan masapendaftaran. Masa pendafa-taran dibuka lagi pada 1-3Agustrls.

Ketua KPLI PurbalinggaSri Wahyuni AKS menge-mukakan, sejauh ini baru limapartai yang diakui KPU ataspernyataan dukungan dankoalisi terhadap pasangancalon Tasdi-Dyah Hayuninghatiwi (Ilwi).

Kelima partai itu adalahPartai Demokrasi Indonesia

Perjuangan (PDIP), PartaiKeadilan Sejahtera (PKS),Partai Amanat Nasional(PAN), Partai GerakanIndonesia Raya (Gerindra),dan Partai Nasiona Demokat(rlasdem).

Sementara itu, partai lainmasih bebas berkoalisi, yaituPKB dengan lima kursi diDPRD, Partai Penatuan Pem-bangunan (PPP) dua kursi,Partai Golkar tujuh kursi,Partai Hanura dua kursi, danPartai Demokrat dua kursi.Dengan demikian, juga masihsisa 18 kursi atau masihmemungkinkan membentukdua pasangan calon lagi.

Adapun syarat untuk men-

gusung pasangan calon, partaisecara mandiri atau koalisiharus memiliki sembilan kursidi DPRD.

Dia menegaskan, khususuntuk partai yang lengah tefte-lah kepengurusannya, yakniPartai Golkar dan PPR harusmendapatkan dua surat reko-mendasi dari DPPdari masing-masing versi dan menunjuksatu pasangan calon.Rekomendasi

Misalkan untuk Partai Gol-kar harus mendapat surat reko-mendasi dari DPP versi AgungLaksouo dan juga versi Abu-rizal Bakrie untuk menunjuksatu pasangan ca]on.

Demikian pula dengan

illiii

Illi!

PPP veni Romahurmuzy danveni DjanFaridz.

Komisioner KpU DivisiKampanye, Hukum, penca-lonan. dan Pengawasan.Sukhedi mengemukakan, par-ta yang relah dinyatakan sahmendukung salah satu pasar_gan calon dilarang mencabutrekomendasi dukungan terse-but atau membuat rekomen-dasi dukungan ke pasanganca.lon lain.

"KPU hanya memandanedari segi administrasinvalentah di belakang itu maubagaimana (mendukungpasangan calon lain-Red)sudah di luar ranah KplJ-"uJamya"

Dia juga menyampaikan,atas perpanjangan masapendaftaran ini, ada sedikitperubahan jadwal tahapanpemilu.

Di antaranya untuk teskesehatan pasangan calonyang seharusnya dilaksanakanpada Rabu (2917) diundur iadiSelasa (4/8).

Selain itu juga peneliriandan verifikasi syarat pencalo-nan yang seharusnya dimulail4Agustus diundurmenjadi 22Agustus.

'Yang tidak diubah adalahpenetapan pasangan calon,yait r tetap 24Agusttrs dan sete-lahnya juga tidak ada peruba-haa" tandasnya. (II82-57)

I

rl

Page 4: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

EIT lE-}}=jg= 3..9EF;E;i:iiiii i.i i i, Liit- it t

P[I}JAII!{:[UA

Sosialisasi diikuti 60 orang adalah Bendung Sudirman didari dinas fustansi terkaitPemkab Sub-DAS Mrawu, BendungPrubalingga BPDAS SOBpetu- TulisdiSub-DASTulis;Bendunggas pendamping dan kelompok G4jahllling di SuUDAS Sapi.pelaksanakegiatan. "Bendung Gerak Serayu di

Menurut Anxng. kerusakan Su$DAS Serayu Hilir senahutan dan lahan DAS mempun- Danau Nggarung di Sub-DASyai dampak negatifbaikterbadap :' Serayu Hilir. Kondisi faktualkondisisetempatmaupunkondisi DAS Serayuberupalahankitistempat lain yang berhubungan sefla indeks erosi tergolongs€cara hidrologis, buru("ucapnya"

"sosialisasi ini dilatarbe- Saat inilahan kitis di DASlakangi peningkatan peman- SeraJu seluas 91.344,18 hektarefaatan sumber daya alam karena (24,52 persen), indek kualitaspenambahan penduduk dan per- sumber daya aimya tergolongkembanganekonomi,"papamya- sedangdengannilai53,52. (FlG

D sanping itu, ada konflik 57)

SUARA MERIIEKAJUMAT,3l .JULI2O15

Penanganan DAS Serayu -PerluDidukung

PURBALINGGA - kepentingan serta kurang ketei-Penangananpengeldalianerosi paduanantaneldorantarwilayahdan sedimentasi di Daerah Aliran _hulu-tengah-hilirjuga melaurbeSungai (DAS) Serayu perlu lakangisosialisasirenebur:-. ...-,

didukung semua. "Dengan ldeLsErmi Burukdemikian, DAS Serayu menjadi "DAS Serayu dengan luasDAS yang sehat," ujar Kepala 372.448,72 hektare sesuaiBalai Pengelolaan Aliran Sungai dengan klasifikasi adalah DASSerayu Opak Progo (BPDAS yang dipulihkan. DDAS SerayuSOP) Anang Widicahyono. terdapai empat bendungan vital

Dia mengemukakan hal inr dan sa$ danau yang perlu ditan-saat sosialisasi qro?k wins dtau gani karena sedimentasi tinggi,"langkah percepatrn penanganan ungkap dia.DAS Serayu di aula Hotel Bendung yang perlu ditan-Kencan4 Kamis (30/7). gani karena sedimentasi tinggi

Page 5: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

BA{IIN IIIIIIAS MA PIIIBI.TN{1{}A

Radar Banyumas . Jumat Legi 31 Juri 2015

igrc4qlssa SigpTantang Persinga

PataiPerdarn

PialaKemudekaan

PURBALINGGA-Kesebe-lasan Persibangga Pubalinggaakar mengar,r,ali lzg, perdanaGrup CTumamenPialalGmer-dekaan dengan menantangPersinga (Ngawi). Pertandi-ngan sendid alan digelar diSradion Srdtan Agung Bann4Minggu (16/8) mendatang.

. "iadwalpertandingansudah hadapipenibadisultanAgun&karnitedmadadTimTransisi" "Duapertandinganterikhfikata Seketaris Persibangga, penibanggamerrirta:rgleniiIrnarn S& Rabu_(2gr) petan8. di kandan8nf Minggu (23lB)

. Persibangga akar berlaga di dan pSlR nemUang? eann:t

dxa kota. Selain Banrii, per- Selasa (25l8)l,pupinrya.

$bangga juga akan berlaga di tmam mengitakan pengwr-

Stadion Manaha{r Solo. Di duranjadruatiumamdnyuitrupartaikedua,Penibanggaakan menguntungkan.menjajal kemampuan PPSM "Dengan mundumya jadwal!4agelgngdiStadionManahan, membuatpersiapankarniakanSelasa(l8/B).Selanjumya, Ium- tebih marang' Gdopn).ar (2tlB) Persibangga meng- Semenrari itu peiatitr Sis-

wanto memimpin Iatihan pakan pemain yang terbiasadengan pemain PersibanSSa bemain dengan jadwal langpetang kemarin. Walaupun padat. Menghadapi Piala Ke-Lelum firll team, namun Sis- merdekaan 1ang ditekankanwarto tetap menggeniotpara adalahbagaimanapernainbisapemain dengan Iatihan pe- Iebih kompak dan memilikiningkatantehnikdangarne. polapermainanyangjelas.

Siswanto menambahkan "Mereka ini adalah pemainmuadumla jadwal membuat yang sudah lama jadi satu tim.dia akan peniadwat ulang ladi tinggal melatih kerjasama

tahapan dan metode latihan. agarlebihkomp&IniakanmlaSecara umum pemain meru- fokrkanpadalatihansepekan

t-lt

ltlrJ.Lf .Lt t \J Ll l.L,l9 ll L

il

ilfi

I!!

II

II

U

il

I

ll

ir

il

Mereka inl adatah pemainyang sudah tama jadi satu

tim. Jadi tinggal melatihkeriasama agar lebihkompak. Akan sava

fokuskan pada tatih;hkerjasama sepekan ini.

SISWANTOPelatih Persibangga

Purbalingga

it-iGi-ir iii ,ii,rs;i,i t-i iliitijirii Li ri nDrat,r,-r^,,r

Page 6: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

ll t--r-Lf ll I llJ Lf,uu,. L

B{fillJ Ill[,lAS $TItl UBll.LNfi{u

Q^AcL, /.>"y"fi..,s . Jurrat les , SrJuli :",tr

. KOI\,IISI PEMILIHAN UMUM

MBUPATEN PURBAL]NGGA .

PENGUMUMANNomor : 263 /KPUKab/01 2.329398Ar'llITahun 201 5

TENTANG

PERPANJANGAN PENDAFTARANGALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI PADA

PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI PURBALINGGArAHUf{ 2015

Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten PurbalinggaNomor: 38/ Kpts/ KPU-Pbg-o12.329398/ 2015 tentang PerpanjanganPendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Bupatidan Wakil Bupati Purbalingga Tahun 2015, Komisi Pemilihan UmumKabupaten Purbalingga membuka perpanjangan pendaftaran bagi WargaNegara lndonesia dapat menjadi Bupati dan Wakil Bupati dengan memenuhipersyaratan sebagai berikut :

a. Perolehan jumlah kursi minimal untuk Syarat Pengajuan Pasangan CalonBupati dan Wakil Bupati. Purbalingga Tahun 2015 oleh Partai Politik atauGabungan Partai Politik adalah sebesar 20 % (dua puluh persen ) dari 45(empat puluh lima) kursi = 9 (sembilan) kursi.

b. Perolehan suara sah minimal untuk Syarat Pengajuan Pasangan CalonBupati dan Wakil Bupati Purbalingga Tahun 2015 oleh Partai Politik atauGabungan Partai Politik adalah sebesar 25 % ( dua puluh limapersen ) dari500.199 (lima ratus ribu seratus sembilan puluh sembilan) suara =125.049,75 dibulatkan menjadi125.050 (seratus dua puluh lima ribu limapuluh )

c. Perpanjangan Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati pada PemilihanBupati dan Wakil Bupati Purbalingga dilaksanakan di KPU KabupatenPurbalingga, mulai tanggal 1 Agustus s/d 3 Agustus 201 5 pada jam kerjapaling lambat pukul 16.00Wib.

Untuk lebih jelasnya tentang Pengumuman ini dapat dilihat di Web KPU KabPurbalingga (www.Kpud-Purbalinggakab.go.id) atau di kantor KPU Kab.PurbalinggaJl. Kalikajar Km.02 Kaligondang Purbalingga.

Purbal:ngga, 29 Juli 2015

Page 7: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

ll-ul1 rt I tl

BA{}III H]I[{A$ MA PIInBA${](IA

Radar Banyumas . Jumat Legi 31 Juli 2015

PU RBAIIIIGEI TI(SPRT$

-BPDAS SOP Siap Pulihkan DAS Serayu

PURBALINGGA - Dalam rangka mempercepat pe-ngendalian erosi dan sedimentasi di daerah aliran sulgai(DAS) Sem1u, serta peran berbagai pihak agar dapat ber-peran akif, Balai PengelolaanAliran Sungai Semyu OpakProgo (BPDAS SOP) mengadakan sosialisasi QuickWins.Sosialisasi QuicklMns d.iikuti 60 orang dari dinas instansite*ait Pemkab Pu.rbalingga BPDAS SOP, petugas pen-danping dan kelompokpelalcana kegiatan berlangsuagsehari di Hotel Kencana Purbalingg4 Kamis (30/7).

"Kegiatan ini dilakukan-untuk mempercepat pe-nanganan DAS Serafr agar mendapat dukungan semuapiha( sehingga DAS serryu menjadi DAsprgsehati'kataKepala BPDAS SOP Anang !\,idicahyono.

Menurut Anang, kerusakan hutan dan lahan DASmempunyai dampak negatif, baik terhadap kondisisetempat, maupun kondisi tempat lainya yang ber-hubungan secara hidrclogis.

"Selain itu, adanya peningkatan pemnafaatan sum-berdaya alam (SDA) karena perrambahan penduduk danperkembangan ekonomi, konflik kepentingan sertakurangnya keterpaduan antar sekor antarwilayah hulu-tengah-hil.ir juga melatarbelalangi sosialisasi inii'tr,rtumya.

Anang menambahkan, DAS serayu dengan luas372.44g,72hektar sesuai dengan klasifikasi adalah DASyang dipulihkan. Sedangkan di DAS Seralu terdapatempat benduntan vital dan satu danau yang perluditangani karena sedimentasin;a tinggi.

"Bendung yang perlu ditangani karena tingginyasedimentasi adalah, Bendung Sudirman di Sub DASMrar,r,,u, BendungTi-rlis di Sub Tirlis, BendungGajah tlingdi Sub DAS Sapi dan Bendung Gerak Serayr di Sub DASSeralu Hilir sefta Danau Nggarung di Sub DAS SerayuHiliC'teranSnya.

Anang menandaskan, kondisi faktual DAS Sera,'uberupa lahankitis sertaindek erosinla teryolong buruk.

"Saat ini kondisi lahan kritis di DAS Serayu seluas9134a,18 hekar (24,52 persen), indek kua.litas sumberdaya airnya tergolong sedang dengan nilai 53,52.Sedangkan indek penggunaan lahan tergolong sedangdengan nilai 3,31 serta nilai indek erosinya tergolongburuk dengar nilai 4,76j'tandasnya.

Pelaksana Tugas (PLI) Bupati Purbalingga dalamsambutamya yang dibacakan Asisten Perekonomiia,Pembangunan Dan Kesejahteraan Sekda PurbalinggaSusilo Utomo mengatakan, adanyapenrbahanildim duniadan degradasi hutan serta lahan perlu mendapatperhatidn semua pihak

"Kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadapkerusakan hutan serta lahan pedu kita tingkatkanl'tu-tump. fiok/bdg)

rr.ri :r. r i, i ilii;i i .i i Lr i i nii ri.r .rtu r

Page 8: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

- : :-::'.:: . :'!,'::i: :: r:tl-u-Ll rf t \J Lt luy ll L

APBD Perulahan

BA{illI IIIMIS mA PIIRBAI"N,{I0ARadar Banyrmas . Jumat Legi 31 Juli 2015

Terancam Moloriuireuucce - ninggu

aldrir Juli ini, pembahasanAPBD Perubahan Tahun2015 belum iuga rampung.jajaran legeslatif dan ekse-kutif belum memiliki Per-samaan pe$epsi dan koor-dinasi yang matang soalKebijakan Umum AnggaranPrioritas dan Plafon Ang-garan Sementara (KUA PP-AS). Padahal, waktu Pem-bahasan tersebut sangatmepet.

Terkiat hal itu, Ketua DP'RD Purbalingga, Tongat SHmeminta waktu untuk kon-sultasi dengan Tim An8-garan Pemerintah Daerah(TAPD). Ia meniamin usaikonsultasi itu, penetaPanAPBD Perubahan bisa di-

kebut dan tidak akan molor."Meski Sekda selaku Ketua

TAPD puma Agustus men-datanS, namun konsultasikita lakukan dengan ang-gota tim anggaran lainn)"a,;eperti DPPKAD. Kita su 'dah jadwalkan dalam waktudekat ini," uiarnya, Kamis(30 t7).

Dewan belum mengeta-hui secara pasti Penyebabhingga saat ini eksekutifdalam hat ini TPAD belummenverahkan KUA PPAS,ntr'k dibuhu. di dewan.Saat konsultasi mendatang,dewan akan melihat posturanggaran yang ada. Nan-rinva harus disesuaikanderigan titik berat kerak-yatan. > ke hd 10

Rawan Putus l(ontrakr APBII

Sambungan dari halT

"Waktunya memang su-dah mepet. Kami berupayaproaktif. Kita akan lihataspirasi masyarakat daribawah terakomodasi atautidak" jelasnya.

Harapannya, dengan ce-patnya RAPBD Perubahanterwujud, maka pelaksanaansejumlah proyek fisik bisasegera jalan. Namun harusbenar-betlzir proyek yangtidak memakan waktu Iama,agar tidak teriadi putuskontrakdengan alasanwak-tu yang mepet.' "Kami telah mengimbauagar kegiatan proyek Yangsekiranya besar dan mem-butuhkan waktu, dimasuk-kan ke APBD murni tahun

2016 saja. Jadi tidak rawanputus kontrak. Kalau proyekyang bisa dilaksanakan cepatdan mencukupi, bisa sajatetap dianggarkan di APBDperubahani' tegasnya.

Ia iuga mengatakan, Pem-kab tidak akan mendapat-kan sanksi jika APBD Pe-rubahan sedikit moiol. Ke-cuali untuk penetapan AP-BD Murni tahun 2016,harus bisa ditetapkan palingtidak November menda-tang.

" S aya yakin j ika konsultasisudah klir dan anggaran bisadisepakati, maka akan se-gera dilakukan penetapan.Sehingga tidak meniadibeban untuk melakukankegiatan maupun penyu-suflan RAPBD tahun beri-kutnya," ungkapnya. (amr/bds)

Page 9: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

TUNGGU ANGGARAN: Sejumtah ruas jatan yang rusak menunggu angg"."" p"rb:il:il::i,TiiJalan Panican-Kembangan, Bukateja.

q ^a! ^\I

HI r\,r ^.s

s.ETD^ P! r!?g

^! !,\lca.^

Page 10: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

tl

ii

ii Radar Ban5rumas . Jumat Legi 31 Juti 2015

Bll',JAN IIUUA$ ml U[Xil"tt{l,i(}l

Hendalc Wudhu,Nenek Tua Jatuh ke Sumur

KARANGANYAR - Ne-nek Katinah (zS) warga{T 02101 Desa Maribayaterpaksa harus dilarikan kePuskesmas kamis (30/7).Diduga, Nenek Katinahterjatuh ke dalam sumursaat sedan€i mengambil airuntuk r,'.udhu.

Dzrnrarnil Karanganyar,Kapten Inf Sukamto me-ngatakan, dari informasikeluarga, biasanya pukul04.00 pagi, Nenek Kar-tinah masih b eribad ahDzikir malam. Namun,saat anakDya bangun, kor-bar tidak. terlihat di tem-pat ibadah.

rtL-rll r-f I t Lr tut-t t L

Sehingga, anggota ke-Iuarga dibantu para te-tangga berusaha mencariKatimah.

Namun, setelah dicad kes emua ruangan rumahdan tempat yang biasanyadikunjungi Katinah. Ang-gota keluarga dan tetanggatidak menemukan Kati-nah.

Setelah lama dicari, ne,nek Katinah sudah beradadi dalam sumur rumahyang terletak di dapur."Anggota keluarga me-rpinta tolong tetangga un-tuk mengangkat nenektersebut dan dibawa ke

Puskesmas Karanganyar,,,katanya.

Diduga, Katinah pergi keSumur untuk mengambilair wudhu. Namun, saatsedang mengambil ai1Katinah terjatuh dan be-rada di dalam sumur. Be-runtung, air sumur tidakdalam. Sehingga, Katinahbisa langsung diselamat-kan.Kepala Puskesmas Ka-

. ranganyar, dr WahvudiWD niengatakan, seGlahdibawa ke Puskesmas ke-mudian korban dirujuk keRSUD untuk memperolehperawatan. (jok/bdg)

ii ii.irin iii iii 1- -i- i iii i\ii;i i \ i i-ii ir nDr\r,rrr\^t_1

Page 11: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

t'IItil

yanS kita pegang. Prinsipnyamengutamakan calon dari

- kader NU," jelasnya kepadaRadarmas, Kamis (30/7).

Usai ada kejelasan keputusanTim Siasah NU soal calondalam Pilkada, maka penguusPKB lebih menyerahkan ke-pada masing-masing calonyang dituniukpara lvai. YairuSugeng SH MSi, AmmanWaliyudin, dan KH SuponoMustarab.

"Tergantung para calon dariNU itu yang bergerak. fikamereka bisa merangkul pasa-ngan dari partai lain, kamimempersilakan. I ke hat 15

,Plt Bupati Berharap Muncul satu Paslon Lagill' prn ^

m#""J;ffilm;ulllril'Hs1',T;*Tfi*i,;* :gr;nl":tr*ym,m'iiil Sr61orno"n oa,i rrat I balinggibisa digelar tahun ini aiisung oleh Partai Demo- penonton," katanya, illl - - atau dirurda. Sebab, junrJah krasi lndonesia Perjuangan Budi menambahkan, mes' !!

ir Saat ini karena masih me- kursi PKB di DPRD tidak (PDIP), Padai Keadilan Se- kipun tugas ini tidak rcmrlis, .jlnr11szu per1embangan pen- mencukupi untuk mengu- jahrera (PKS), Paraj Amanat hal itu sudah menjadi ke-j'll aaniin te-Uati, maLa stkap sung calon send[i dan harus Nasional (Ptu\), Pafiai !em- u]aiibannvasebagaiPltBupati

ll!lkamitranwdiaml'tambahryz. berkoalisi dengan partai lain. kan Indonesia Raya (Ge- untuk bisa mendorong agarii.. laiusatjdakmemDersoalkan "Bukan kunci, tapi ikut rindra) dan Partai N*asional muncul satu paslon lagi. Se-,,

linif-t]"&ut,t"a*,ianatahunmenenrukan.PanailainjugaDemokat(NasDem). hingga masyarakar bisa me- iill)otS uru, dirunda hingga menentul€n. Ada juga panai Sekrelafis DPD Partai De- niknasti pestademohasidan llll rahun 2012. Iika dituna;, hiny"ngbelummendapatkan mokat Purbalingga Sunarko bisa menentukan btrpati de- il

ii otomatis konstelasi politik rekomendasi dadpusar' Nah, mengatakan, hingga kemarin finidf ,i

ii uk n .uneu, berbeda dan sa- apakah pilkada diSelar nanti pihaknya belum mendapat- "Siapapun omngnya mong- llll ngur -uigin banyak peru- atau ditunda, terganrung se- kan rekomendasi dari DPP go, saya hanya berharap par- ll

,l bihan fesir daa- i<oalisi. cara administrasi di KPU Sebelumnya partai pimpinan tai-partai politik bisa me-;:I pria vans suka bLa]<-blakan nandj' ungkapnya. SBY ini memutuskan untuk manfaarkan peluang pesta rl

ll daiam'ber:bicara ini iuga me- Ketua Tlm Siasah PC \U mengusurg pasangan Tasdi- demokrasj ini unruk men- ll

!! neineatkan, yung'--"n"n- Purbalingga, Drs Akhmad Tiwi. calonkan sebagai kepala da- lr

: tuiai pitlaaa ait"unda atau Khotib MFd mengatakan, "lika ditunda hingga 2017, erahl'ujamya.

I uaJi.,Gi^v"A feu. tatidak piha.lmya sudah menenruIan makapaapolitilcryajelasakan Dia menjeiaskan,lila hingga ll

ll akan berandai andai atau sosok yang dinilai mampu berubah. Unruk saat ini kami baras akhir masa perpan- ll!l mensiasati agar pilLada lanjut r.mtukmaju dalam Pilkada ini. masih .menunggunya. Jika jangan pendataran paslon 3 li

,. arau dirundirahun 2012. Artinya bola sudah berada di rekomendasi DPPturun, akan Agustus mendatang tetap ha- ,,

li .'t<amiremstan, plcmanur tangan PKB untuk n:eng kiususulkanke KPUj'ujamF. ny'a ada satu paslon yang men- ij

ll au*.lt tiii Vane rudah me- giringnya. Sementara itu, pelaksana daftar, maka Pilkada Pur- lli. nentukan orang-orangnyu. Seperti diketahui, dari se- tugas (Plt) Bupati Purbalingga balingga akan dirundahingga :

rr Tingsal mereka ieperti apa? puluh parpol pesefta Pilkada Drs Budi Wibowo MSi akan Pilkada serentak selaniulnla, ri

ll tue;';nnrk pakfenrb (Sukento ada lirna parpol yang belum mendorong kepada paltai yakni pada 2017. Il

ll Riio Varhaendrianto-red), menurunkan rekomendasi politik (parpot) yang belum "Sudah menjadi tugas saya ll

iileingintetapmaiule.w?rPKB terhadap pasangan calon. menentul<ancalonagarsegera selaku Plt Bupa$ ulttrk me- :

I' la hari-rs Uerini t6tal. Karena Masing-masing PKB, Panai msngu5vng paslon bupali ngupayakan di Kabupalen rl

ll btC Uaal.rt p tursi unmkPersatuan Pembangunan dan wakil bupati. Purbalingga tidakketinggalan ll

!! *"rr*urun* calon sendiri, (PPP), Partai Golkar, Partai Menurulnya, hal itu dila- dengan daerah-daerah lain l!'culon"ituiuiaharusmencariHanuadanPanaiDemokat.kukanunnrkmenyelematkandalampenyelenSgaraanPil- rl

ll ilk ;;;e;;r;uiGi ruin;' Di tingkat kabupaten, PPP, pslatuzn2ar Pilk;da Purba- kada srireniat rair-gga.s oe- llll pup*"1". Golkar; Hanura dan Demokat lingga agar bisa tetap digelar sember nantil'jelasnya. (amr/

llll ^ siamit juga ridak mau me- sudahmenyatakandulongan tahurini. "langansanpaisaat tyalsus) :l

PIG Tunggu Keputusan IgaiRadar Banyumds o.lurn21 Legi 31 Juti 2015

I

tl

Iri

il

ll

flII

,l

I

I

han dan keputusan para kyai,yaitu dalam Tim Sjasah NU.Keputusan Tim Sl?sah NU

tlrJaf tl I \J rtr-Lrl/!]t l.

x4fillMlL,lls $11'U UinXlINf#A

Isyaratkan CalondariKaderNUPURBALINGGA - Betum

jelasnya pasangan calon bupatidan wakil bupati dad koalisiIain ditanggapi datar olehPartai Kebangkitan Bangsa(PKB).

Ketua DPC PKB Purbaling-ga Slamet Wahidin Al Hanafimengaku mengambil sikapdiam sembari melihat perkem-bangan politik pasca perpan-jangan pendaftaran menda-tang. "Sikap PKB Purbalinggasaat ini tetap tergantung ara-

Page 12: Kliping berita tanggal 31 juli 2015
Page 13: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

Diduku@Dana-Fatusan Iutar Madrasah ada sebanyak tI RKB akan

dicairnya. Namun selamajuklak dan iuknis belumturun, maka tidak bisa di-nikmati. Pihaknya memiliki180 MI, 36 MTs dan 9 MA.Namun meski jumlah usu-lan RKB mendesak, ang-garan belura bisa semuanyamencukupi.Untuk gambaran solusi,

mgndrasah biasanya ber-naung pada yayasan, makadirembug dahulu denganyayasan dan komite man-drashh. Sehingga tidak se-mua harus ditanggung Ke-menag, Selain itu peme-rintah daerah juga diha-rapkan ada dultungan ang-garan untuk membantunva.

"Besaran dana yang ii-terima per RKB rata- rata Rp100 juta lebih. Kami jugaberharap bisa segera ada anginsegar pencaiEn itu/' katanF.

Dia juga mengungkapkan,selama ini banyak madrasahyang sudah melakukan swa-daya. \amun dia mengi-ngatkan jika akan ditang-gung swadaya dan meli-batkan orangtua siswa, agartidak memberatkan. "Bolehsaja swadaya, namun janganmemberatkan," randasnya.(amr/bde)

Sambungan dari halT

"Harapan kami sebelumkenaikan kelas tahun ajaranini, sudah ada kejelasanRKB," tambahriya.

Saat ini untuk memenuhikebutuhan ruang kelas, M-IM Penaruban mengubahsebuah ruangan menjadikelas, Ke depan, pihaknyamenginginkan ada fasilitasidari Kemenag Purbalinggauntuk mempercepat rea-lisasinya. "Minimal adakepastian, karena lahannyamasih dan siap dijadikanRKBI'tururnya.Kepala Kemenag Kabu-

paten Purbalingga, Rochi-man menjelaskan, realisasianggaran untuk RKB se-benamya sudah ada di ka-bupaten. Namun untukpencairannya masih harusmenunggu juklak dan ju_krrisdari Kanwil Kemenag pro-pinsi Jareng. Sehingga pi-haknya tidak bisa berbuatbanyak selain menunggu."Dana sudah ada, namuntidak bisa dicairkan, karenajuklak dan juknis itu," te-gasnya, Kamis (30/z).

Tahun 2015 ini sedianya

n^DIroll^Ilxl.-l/:^

Page 14: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

MencintaiPersibangga

SEPAK bo Ia mem angmenjadi olahraga rakvar-Selain banyak yang meng_gemari olahraga tersebui,sepak b ola juga bisamenjadi alat pemersarumasyarakat.',Karena itu,saya gemar bermain mau_pun menonton sepak bo_la. > kehd 10

LI A'J'J L' Lt lli,tt I-l.taJ

BALTAil H]L{IS $TII)A III,[.IAI.III(]{}.I

Radar BanyUmas . Jumat Legi 3i Juti201s

Halaman 7

memberikan dukungan,,,katanya.Joko menceritakan, in-

spirasi dari klub sepak bo-lanya tersebut juga mem-berikan semangat dan mo-tivasi lersendiri baginya.Terutama untuk sepak boladi desa. Karena ia berharap,sepok bola di desa bisaberkembang.

Ia mengaku saat ini secararutin Iatihan sepak bolaseperti tim kesayangannya,"lkut latiha n sepak bola,meski tidak ahli tapi bisamenambah teman," jelas-nr.a. (iok/bds)

Rutin Latihan Bolar MGncimai

Sambungan darihalT

Tim yang saya sukai per-sibangga," tutur perangkatDesa Majapura Joko Wa-luyo.

Kecintaan terhadap per-sibangga kata loko meru-pakan bentuk kecintaanterhadap daerah sendiri.Namun, lebih dad itu, selaintalenta pemainyang baik, iayakin Persibangga akan'maiu dan berprestasi.

"Kalau ada pertandingansaya dan suporter lain siap

Page 15: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

llrJll rltu rtl-L,t/!, I

BA{IIN III]UAS $MA PIIIMINIJ}A

Radar BanyuInS.S o Jumat Lesi 31 Juli 2015

Pembahasan I(]A PPAS

Ditarget Awal AgustusPURBALINGGA - peme-

rinrah Kabupaten (pemkab)Purbalingga menargetkanawal A€ustuS mendatang,pembahasan draf KebiiakanUmum Anggaraa (KU,{) danPiafon Prioritas AnggaranSementara (ppAS) peru_bahan tahun 20t5, selesai.Hal itu, ditegaskan olehPelaksana Tugas (plt) BupariPurbalingga Drs Budi Wi-boso MSi kepada wanawan.di ruang kerjanya, kemarin(30/7). > ke hd 10

Plt Bupati Undang Pimpinan Dernan

Sambungan dari hal 7

Dia mengatakan; renca-nanva hbrr lnr (3Il /1, pl-haknya akan mengundangpimpinan DPRD Purba-lingga, untukmemaparkandraft KUA dan PPAS. likadisetujui paparannya, ma-ka pihaknya akan menye-rahkan draft KUA dan PP-AS pada hari itu juga,kepada pimpinan DPRDPurbalingga.

Dia menambahkan, pe-

, nyerahan KUA PPAS men-

r Pem[anasan desak segera dilakukan ka-rena menurtnya sudahmemasuki bulan Agustus.Ia menargetkan awal A-gustus KUA dan PPAS tun-tas sehingga bisa langsungmembahas RAPBD pe-rubahan.

"Saya harap bisa iang-sung disetuiui PimpinanDewan, sehinga programkerja bisa bejalan sesuairencana," ujarnya.

Sebab, menurutnya ke-terlambatan pembahasananggaran APBD perub a-han akan berdampak padasederet kegiatan. Dian-

taranya proyek fisik, pe-ringatan HUT RI, HariIadi Kabupaten dan HariIadi Provinsi. Semua pro-yekPemkab juga terancamterlambal iika anggarantelat digedok.

Selain itu, Budi iuga ber-niat menggelar tu lamentenis lapangan berskalanasional di Purbalingga.Turnamen ini sebagai a-walan sebelum para atlettenis berlaga di PekanOlahraga Nasional. "Kalautidak level nasional Yainternasional," katanya.(tyalbds)

Page 16: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

l\rJ.Lf .Lt t !\l Ll LLly Ll L

BA(lJIl\[ IIIJI!{A$ $-EIDI PI I"MIJI!{.{I.'fi A

Radar Banlnrmas . JumatLegi 31 Juli2o15

dalam proseS lelang di ULP > kehd 10

Mrl a oo res DJ'ua"rgoa

Teniang Ta l Palkr dr (ota Pu.balrngga diinbok Juga oleh masy.rakalrerarulFB Porres t lrba ngga da. ulk nrasalai Parkir adarah

Ke$enangan Pemda yg b€(?itan d6ngan PERoA

Kamimenbanl! ftneruskan tepada Gub€nrurJalelg Bpk GanjarPrano$o meralui Tlitre, & Eelrau menorllp Twier Polres Pu.Daringga

djsamprikan keP.da Homas Penkab Puoaxnlga semogamendapaIanggapan r9 senus man kla pa.iauserama nlenjara.kan ba.3n Flrasa

'aiiARr JAGA KESUCIAN Bll!-Arl ROIIADHON tlr OG iiEMP€RBANYMB,qOAH TANPA t.i|R''s. TANPA SUNY PE'ASAT]. TANCA TA!1L1MI'I &

LUI€nk uema.dea6onze suilrvan !i{ Rrdho AEhadt 6eila aaad as Kang

Ras\Yo Clc Fllrbarlngga ori /ta!o eu!h! k.'con-!:n lmun lllnong Yogl

Nrviani. 0* a.nlrc $ras Randu cec. ocrl: so6kaf'r Ard ca$ ltulon

DITERUSKAN GUBERNIJR: Keluhan mahalnya parki.diteruskan ke Gubernur Jawa Tengah.

PUNBAUIIGGATI(SPRE$-

Lima Kegiatan BelumTerlelang

PURBALINGGA - Pemerintah Kabupaten (Pem-kab) Purbalingga masih memiliki pekeriaanrumah, terkait Ie[4nt kegiatan APBD Purbalingga20I5. Hingga akhir Juli ini, masih ada limakegiatan yang belum terlelang.Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Ka-

bupaten Purbalingga \eni Sutrisno UN me-ngatakan, kelima kegiatan itu, adalah pengadaanbahan praktek pengelasan, pemeliharaan pe-ralatan kedokteran, pembangunan RKB SMP SatuAtap 4 Karangmoncol, studi kelayakan penentuanTPA Sampah Kabupaten Purbalingga, sertapembangunan atau pengembangan Poliklinik.Tiga kegiatan yang pertama disebut saat ini

sudah dilelang ulang di ULP. Sedangkan duakegiatan yang disebut tdrakhi! saat ini masih

Page 17: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

--^--

-llPoliklinik Dikucur Rp 1,5 Mr lima Dua kegiatan tersebut,

dikembaiikan kepada SKPDterkait, karena berbagaihal."Seperti pengadaan mesinbatu akik, ada perubahanrekening, iadi dikembalikanke SI@D,' jelasnya.

Yani juga menjelaskan, to-tal kegiatanyang sudah ma-suk ke ULP hingga saat ini,ada 128 kegiatan. 121 ke-giatan diantaranya sudahterlelang. "Tiga kegiatandileiang ulang, dua kegiatandalam proses, serta dua ke-giatan dikembalikan ke SK-PD," imbuhnya.Dari sejumlah kegiatan

yang terlelang, Yani men-jelaskan, Pemkab Purba-Iingga berhasil melakukanpenghematan, Rp 20,44Gmilisr lebih. (tf"lUag;

Sambunqan dari halT

Dad kelima kegiatan ter-sebut, pembangunan ataupengen:bangan Poliklinikmemiiiki biaya kegiatan pal-ing besar yakni Rp 1,503miliar lebih. Selain duakegiatan yang belum ter-lelang, juga ada duakegiatanyang dikembalikan kepadasatuan kerja perangkatdae-rah (AKPD)."Yakni penyusunan A-

MDAL Eandara Wirasaba,s erta p engadaan mesinatau peralatan produksiIKM batu akik," imbuhnyaditemui di Gedung SetdaPurbalingga, kemarin (29l7).

PURBIIIII|IGA24 tltrl

, Anda memiliki unek-unek tentang oerbagaihaldemi

perbaikan dan kemajuan purbaringga yang p;nting tidakmenyinggung sara dan. fitnah.. Caranya ketjk pBG: unek_unek

kemudian KtRIM SMS

KE: 081-321-313-7tB

Pilkada Jangan Main CurangSedulur sing arep melu caron bupati\.vakit bupatr pd a;gIurus bae aja pd main curang mending duwite'dirgg;I?,anj!.,worlS slng kekurangan, net arep malu ra iitrmarn ttok mduwur di orak arjk nglsor di obrak a6flk walahpa-oa , ya. alloh berilat htdayah bagi orang2 yg me,n ticlksmpunr dia sadarkar dia berilsh ialan yg lurus, amin.

NN 089528327840

B 141.4l.l I.! l 8.,115 SFTI]^ ril rRE 4l II.]CC.^

Page 18: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

rr.lJi-1 1l I \J rrl-LlJt a I'

BA{IIN I[llUA$ mA lltnBllrrf#tRadar Banyrmals . Jumat Legi 31 JuI 2015

Medsos Polies Dise-rouKeluhan lVlahalnya ParkirPURBALINGGA - Kapolres Purbalingga AIGp Anom

Setyadji SIK menceritakan, sebelum dan sesudahlebaran, akun media sosial (facebooh twwiter) pohesPurbalingga diserbu keluhan mahalnya biaya parkir dipurtralingga. Polres mengaku telah menyampaikan halih.l ke dinas rerkait.

- "I(eluhan parkir bukan domain polisi, namunkeluhan tersebut kitarampungdan sampaikan ke dinasterkait," ielasnlz. -

,*:ilfr", il,"fl$l3i,'ffi M e diasi dengan P emdajugamasih masukke medsosmilik Pohes Purbalingga.

"Sebagian juga ada yangdisampaikan Iangsung kesaya, atau melalui ponselmilik saya," ceritanya.

Dad keluhan tersebu! seper-ti tarifyang parkL untuk mo-tor yang biasanla dan menu-rut aturan hanlE Rp 500 ma-sydrakat ditarik Rp 1000.2000sekaliparkir > ke hd 10

r MedsosSambungan dari hal 7

Hal tersebut juga terjadipada kendaraan rcda empat.

"Kita terkendala peraturanMA bila polisi yang me-nindak" tambahnya.

Sehingga, mantan Kapol-sekTanah Abang, Iakarta itumelanjutkan, keluhan yangada sifatnya hanya ditam-pung dan dilakukar mediasidengan pemda. Sehingga,

pemda dan intansi terkaitbisa menindakhal tersebut.

Berdasarkan PeraturanDaerah nomer 4 tahun2014 di Kabupaten Pur-balingga hanva dikenakantarif Rp 500 untuk ken-daraan roda dua, Rp I000untuk kendaraan roda em-p ai. Unhrk truk dan bus ro daempat dikenakan tarif Rp3000 serta kendaraan s€pertitruk gandeng dan trailerdikenakan parkir Rp 5000.

0ok/bdg)

Page 19: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

i= i ::--::_=:: .tlrJtl .Lt t llJ Lllutt t-l L I

ri

lllti;

lt

Iil

::

II

fl

!t

II

ll.:

II

Besoh,

Pendaftaran

CabupKemhali

DibukaPURBAI-INGGA - Komisi

Pemilihan Umum (KPU)I(abupaten Purbalingga,akan kembali membukapendaft aran pasangan calon(paslon) bupati dan wakilBupati Purbalingga, Pilkada2015, lumat (1i 8) besok.Pendaftaran kembali di-buka, setelah I(PU Purba-lingga menyelesaikan masa

RIIJAN IIIIMiI $MI UINRAII}JIJ}A:ii il-ri i1: j iir!.iij i!:

sosialisasi selama tiga had,pada harr ini [31/7).

"KPU kembali membukap endaftaran, setelah melaku-kan sosialisasi selama tiga ha-ri, mdai 29 Juli hingga 31 luli

DIPERPANJANGT KPu akhirnya memastikan perpanjanganmasa pendaftaran calon bupati dan wakil bupati.

(hari ini). Sehingga pendaf-taran kembali dibuka pada 1

Agustus hingga 3 Agustusmendatangl' jelas Ketua KPUPurbalingga Sri \{ahyuniAKS, kemarin. > kehd 10

KPU Undang Pimpinan Parpolr Bes0[ yang mendaftar. Sehingga, mulai 29 Juli hingga 31

Pilkada Purbalinggabisa te' Juli mendatang.tap digelar tahun ini. Kegiatan tersebut, ber-SambunOan dari ha 7

Sosialisasi yang dila -kukan oleh KPU diantaraadalah dengan mengun-dang pimpinan partai po-litik (parpol), yang belummencalonkan p as a ngancalon bupati dan wakilbupati, hingga penutupanpendaftaran, Selasa (28l7)lalu. Lima parpol tersebutadalah Partai Golkar, PPBPartai }{anura, PKB danPartai Demokrat.Selain itu, KPU Purb a -

lingga juga kembali mengurnumkan perpanj anganpendaftaran, di media mas-sa lokal. Selain itu, juga di-up ioad di website KPUPurbalingga. Diharapkandengan dilaksan akan nyamasa sosial jsasi selama tigahari, pada saat pendaftarankembali dibuka, ada paslon

Perpanjangan masa pen-daftaran itu sendiri, ter-tuang dalam Pasal S9 ayat(1) ayat (2), PKPU No 12l2015. Penundaan Pilkadatersebut, akan dikuatkandengan surat keputusandari KPU Purbalingga,yang akan dikirimkan ke-pada KPU-RI.Apabila sampai dengan

batas akhir perpanjanganmasa pendaftaran, hanyaada satu pasangan atautidak ada yang mendaftar.Maka pendaftaran pasa -ngan calon bupati danwakil bupati diperyanjang,selama tiga hari.

Sebelum p erpanianganm asa pendaftaran, akandiawali dengan kegiatansosialisasi selama tiga ha-ri, setelah b e rakhirnyamasa penddftaran. Yakni,

tuiuan untuk menyam-paikan informasi kepadapublik dan parpol, bahwasampai dengan berakhir-nya m a s anp e n d aftar anhanya terdapat satu pa-sangan calon atau tidakada pasangan calon yangmendaftar.

Sehingga, dapat mem-perikan waktu kembalikepada parpol atau ga-b ungan parpol atau pa-sangan calon perseora-ngan yang telah mengikutimasa penelitian dokumen,untuk mendaftarkan pa-sangan calon.

Si:telah masa sosialisasiselesai, KPU akan mem-buka kembali pendaftarans elama tiga hari. Yaknimulai tanggai t Agustushingga 3 Agustus men-datang. (tya/bdg)

Page 20: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

=;= 3-=-1 z --iv : ! --! l--:iirr. rt -rrtu

BIflAlr[ I{l[,lAt t[mA llruU,Urf'{iA

Legi 31 Juli 2015Radar Ban5rumas . l'mut

WaigaKelu!1\an

IatanfurtarDusun,ffir{urtut#r'}l Hil'$}t3ffi#Jfn trffiflHl-j]lili:*l

*ffi;,ffi,rffiffififfiffi*Iusak Parah

fmt#S#**,u ttrf;#1ilFffi

u;,5*;*'rup$**ffiDesa sudahment

u

II

.l!

lll,!!

II

n

!!

II

ti

tl

fl

Page 21: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

J

a,

cl!

dflt,EEL

c!

EttEIE

4.Fil,

:-J-

E6Eg.I

E

6gg

P

=FYCI

-tUJY

--

q !4! !\t t{l \! 1( SfTn1 PI PP1Il.:CCr

Page 22: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

Yrf TnnT/.1ll.ai.aa li I U

BAflAl{ HIII{AS $IMA ruMAM{OOA

ffiPanY+lmf,t

6.573,IaPUsor15 WadukMGn$efingdi Agustus

i Purbalingga Banjarnegara, Banyumas Terancam

SEMARANG - Hingga pekan terakhir bulan Iuli, sudah

ia" s.sze hektare tanaman padi di sawah tadah[ri"" ai Jateng mengalami puso. Lim-a wa-duk skala

["iil Ai Jateng-mengiring. Jika prediksi BMKG Jateng

tepat, El ttino menambah paniang f-'lT kemarau,mika akan ada 15 waduk skala kecil di Jatengmengering di bulan Agustus.

EPALA Dinas Pengelolaan

Sumber Daya Air (PsDA)

Jateng Prasetyo Budie YulYono

menjelaskan saat ini lima waduk

kecil mengering, volume air di 13 waduk

kecil di bawah rencana, volume empat

waduk sesuai rencana dan delapan

lainnya diatas rencana.Ia mencontohkan, volume waduk

Gembong Kabupaten Pati hanya 1,4juta meter kubik dari rencana 7 juta

meter kubik. Volume-Waduk Nglangon

Grobogan 0,426 juta meter kubikdari rencana 0,554 juta meter kubik

Sementara volume Waduk Mulur

sukoharjo 1,672 meter kubik dari

rencana 876 ribu meter kubik.

Tiga dari lima waduk Yang kering

berada di Sragen, Waduk Brambang,

Blimbing dan Botok. Dua waduk lain yang

mengering Waduli Gunungrowo Pati dan

Waduk Sanggeh Grobogan.

Darj delapan waduk skala besai volume

dua waduk sesuai rencana, lima di atas

rencana dan satu waduk di bawah rencana

yakni Rawa Pening Volume Rawapening

saat ini 62 persen dari rencana 75 persen

yang direncanakan. "Kalau kondisi seperti

_11..----.--=.--___-_--------l

Page 23: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

ini, belum turun hujan, maka 15 wadukkecil akan mengering di bulan Agustus. Di

antaranya di Rembang, Pati, Grobogan,

Wonogiri.dan smgen. Kalau waduk besa[sekemarau apapun, belum ada sejachsampai mengerlng," kata Prasetyo,

kemarin.Akibat keringnya sejumlah waduk,

saat ini beberapa daerah mengalamidampaknya. Kekeringan berat dengan

ketersediaan alr lvaduk dibawah 30persen terjadi di 1,116 hektare,wilayah terbesar di Kabupaten Brebes.

Kekeringan ringan dengan ketersediaanair waduk dibawah 50 persen terjadi di

2.793 hektare yang meliputl Kabupaten

Pekalongan, Pemalang, Tegal dan Brebes

Untuk wilayah yang terancam kekeringanada 11.377 hektare meliputi Purbalingga,Banjarnegara, Banyumas, Demak dan

Kendal. Ditambah sebagian wilayahBrebes, Tegal, Pemalang dan Pekalongan.

"Kalau yang sudah panen, berhentinanam dulu. Tunggu hujan. Untuk Musim

Tanam pertama (MT I) bulan oktober,

cadangan air dari waduk-waduk besa'masih mencukuPi," kata Prasetyo.

Meski ada 6.578 hektare lahanpertanian puso, namun menurut Kepala

Dinas Pertanian Tanaman PanOan dan

Hortikultura, Provinsi Jawa Tengah,

Suryo Banendro, tak mengurangi capaianproduksi padi. Hasil produksi tergantikanoleh areal persawahan lain. Untukwilayah terbesar ydng mengalami puso

ada di Grobogan dan Cilacap,

Suryo menjelaskan wilayah Yangmengalami puso 0,2 persen dari total1,771juta hektare total lahan pertanian

Jateng. Sesuai data BPS, mdsih katanya,produksi padiJateng meningkat dari 9,6j[ta ton pada 2014 menjadi 10,6 juta

ton pada tahun ini. "Wilayah-wilayahyang mengalami kekeringan diupayakanpengairan menggunakan sumur pompa

dan irembuatan embung dangkal yang

kemudian disedot ke areal peftanian,"

kata Suryo. (st NetworklHs1,J8/05)

n^ DrrDp ^r

Arr1l ^

Page 24: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

It-,, :j i :*: ::.. t-ln L : :: :ll ll-r-rl!. t-L t \J 1tll/-l/lra I.

XI(IIIT IlJruN Sru UBXAI"]!{.{J(jA

I\orlon Don1,.,wu.r

JuYvrht , ,t Joti ool'

urbalingga Teracam Ru

Rp 5 Miliar

T

I

PURBALINGGA-'pemitihan Kepata Daerah (pilkada)

{aiuq.aten Purbatingga tak semulus pitkada kabupaten/kotalain di Jawa Tengah. pasalnya hanya daerah ini yang masih

. . kekurangan jumlah pasangah ca.lon, sehingga kpJ belumbisa melanjutkan ke tahapan berikutnya. Hingli Kamis (30f/)

masih belum ada tanda.tanda kemunculan pasangan calonpesaing Tasdi - Tiwi yang sebelumnnya sudah mendaftar.

enurut Ketua KpUPurbalingga, Sri W;hyuniAKS menjelaskan sejauh

I I ini KPU telah mengeluarkanbanyak anggaran guna membiayai setiaptahapan pemilu. Seandainya hingga padatanggal 3 Agustus nanti masih belum adapasangan calon yang mendaftar makaPilkada Purbalingga bakal diundur 2tahun lagi yakni pilkada serentak 2017.

Pemilihan Kecamatan (ppK)/ perekrutanPanita Pemungutan Suara (pps), petugasPemutakhiran Data pemitih (ppDp)serta berbagai macam bentuk Bjmtek,publikasi dan sosialisasi.

"Mau tidak mau kalau ternyata tidakada yang mendaftar lagi maka kamiakan segera membuat surat keputusanpenundaan Pilkada. Termasuk prosespemutakhiran data yang sekarangsedang berlangsung oleh ppDp jugaharus kita hentikan semuanya.Kemudian pada Pilkada 2017 nantiproses itu harus diulangi lagi sebabDP4 juga pastijumlahnya sudahberubah lagi," katanya.

Sementara untuk perpanjangan masapenddftaran ini/ ia menlai tidak adadampak signifikan terhadap tahapanataupun anggaran. Atas perpanjanganmasa pendaftaran ini maka ada sedikit

"Sangat disayangkan kalaudiundui sebab sejauh ini kamj sudahmengdluarkan banyak dana. Kurang lebihya seperempat dari alokasi anggaranRp 19,9 miliar. Anggaran yang sudahdikeluarkan itu akan jadi sia-sia iikaPilkada ditunda," katanya.

Ia menambahkan sejauh jni, anggaranyang telah termakan dalam pilkada 2015ini diantaranya untuk perekrutan panitia

perubahan jadwal tahapan pemilu. Diantaranya untuk tes kesehatan pasangancalon yang seharusnya dilaksanakanP€bu (2917) dirubah menjadi Selasa(4/8) depan.

Selain itu juga peneliuan danverifikasi syarat pencalonan yangseharusnya dimulai 14 Agustus diundurmenjadi 22 Agustus. "yang tidak dirubahadalah genetapan pasangan calon yaitutetap 24 Agustus dan setelahnya jugatidak ada perubahan," katanya,

Sementara Ketua panwaslu

Purbalingga sendiri mengaku belummengkalkulasl kerugian jika akhirnyaPilkada ditunda. "Secara nominalnyakami belum menghitung, yang jelas kamisudah mengeluarkan dana untuk honorPanwaslu tingkat kabupaten 3 bulan,Panwascam 2 bulan dal ppl 1 bulan,,,katanya. (mgos)

i;ia,iri:r rii ri-io nt! ! i;.i nrtDi r.r i Li ii

Page 25: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

<>

cERBANG DtPoKUsUMo: pendapa Dipokusumo purbatinssa seo"*i1ll1lri3lil,r'"pusat kegiatan pemeriniah daerah, iaat ietang kemarin. pifii"o" FrrO?i,ilit-"'riii"if,belum pasti. apakah akan digelar Dese;ber arau dtundur 20.t7.

n,^ rrl toD,{r Ir\r/l/r A

Page 26: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

<>

cERBANG DTPOKUSUMO: pendapa Dipokusumo purbatingga set"*i1}l,Llff'pusat kegiatan pemerintah daerah, ;aat ietang kemarin. piffija" prO?i"g; r";J,belum pasti. apakah akan digelar Dese;ber arau drundur 2017.

D^.:l,{r\r IJInnAC CETnI DI IDo/\I lrva:alA

Page 27: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

!.L!rlr lt ! lJ LI!.Lltt rl I

xt[AI !{rrurl $[II)A plltxtl,I!{fi0,4

ffiPanyumas

Belum Jelasr JaminanKesehatan Ap aratur

DesaPURBALINGGA- KePastian iaminan

kesehatan bagi aParatur desahingga saat ini masih belum ada

kejelasan. Sebagian dari merekamasih ada Yang mengandalkan

fasilitas dari Pemerintahkabupaten, namun ada juga Yang

sudah mendaftarkan secara, mandiri dengan menggunakan

anggaran dari APBDes.

EPALA Badan PemberdaYaan l4asyarakat

Desa (Bappermasdes) Imam Wahyudi

menjelaskan, pemkab belum memilikidasar hukum soal fasilitasi kesehatan

kepada perangkat desa ini. Namun demikian,pihaknya akan berkonsultasi dengan pihak Badan

Penyelenggara Jaminan Sosial (BPiS).

"Jadijawaban yang kami dapat adalah biaya

iuran BPJS Kesehatan bagi aparatur desa, sementara-ditanggung

oleh APBDes," katanya kepada

wartawan, kemarin.Dikatakan, iuran kepesertaan program BPlS

Kesehatan bagi apalatur desa, maupun pihak yang

bekeda di bawah lembaga pemerintahan non-pegawai negeri sipil (PNS) adalah lima persen darigaji bulanan yang diterima. Darijumlah itu, tigapersen dibayarkan oleh pemberi kerja (APBDes),

sementara yang dua persen dibayar peserta yang

diambit dari penghasilan tetap (siltap).

Layanan Kelas UBPiS Kesehatan akan menanggung lima anggota

keluarga dari perangkat desa bersangkutan,sepanjang program tersebut berjalan. Nantinya,perangkat desa bisa memanfaatkan layanan kamarperawitan kelas II yang ditanggung BPJs Kesehatan,jika mereka sakit dan dirawat di rumah sakit,

Selain soaljaminan kesehatan, pihaknya iugamulai mendorong aqar desa mulai mandiri terkaitpembiayaan program yang lain. Di antaranya pelatihan

penanian dan industri, penyelenggaman Posyandu,

dan perbaikan infrastruktur yang berskala desa.

"NilaiADD (alokasi dana desa -red) sudah kamitingkatkan, terlebih lagi sekarang ada sumber.pendapatan lain di antaranya Dana Desa dari APBN,

Bantuan Gubernut dan bagi hasil retribusi danpajak," terangnya. (sMNotwork/h82.06)

Page 28: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

TlT IIIIf,TN }.trNAE--iJi-{ iiiu iii iJiU i,*t

BAOIN IUIIA$ $[MA IIJXBAIil{OOA

Gedung

ffi,Banyumffi

mbina Terancam MangkrakTK Pe

GEDUNG TK Pembina padamara kini rnangkrak, dipenuhi semak belukar.

PADAMARA:. Robohnyagedung TK Pembina, Februari2014 sampai saat ini secarafisik belum diperbaiki kembati,Demikian pula Dinas pendjdikanbelum berani mengajukananggaran melaluiAPBDPerubahan maupun APBD murni2016 untuk membangun kembaliTK Pembina.

Sesuai rencana, gedungyang ambruk atapnya ituakan dibangun kembali dariawal untuk menjaga kualitasbangunan. "Kami belumberani mengajukan anggaranpembangunan kembali, karenastatus tanah belum jelas.Apakah hibah dari desa atauseperti apa," jelas Kadindik TriGunawan S, kemarin (30/7).

Tri Gunawan mengatakan,dari taksiran sementara,anggaran yang dibutuhkansebanyak Rp 800 juta. Danatersebut bukan hanya untukmembangun fislk bangunanatap yang rusak, melainkanjuga untuk mengganti bangunanlainnya yang rusak. "Kamimemetakan, kondjsi bangunan

saat ini sudah seharusnyadibangun kembali demi kualitasdan kenyamanan belajar-mengajar," tambahnya.

Tempat sementarapenggganti TK tersebut, yaknidi belakang kantor kecamatan,dianggap kurang nyamanjuga tidak pas. Dia berharapagar segera ada kejelasanstatus tanah, sehjngga dinasakan merealisasikan kembalipembangunan gedu.ng TK.

Dia juga membenarkan jikakepolisian sudah mempersilakanuntuk dinas bergerakmerenovasi atau rnembangunkembali. Saat ini, kasus itumasih beialan dan menunggusampaj tuntas di persidangannantinya.

Ikuti AturanPada September 2014 lalu,

pihaknya sudah berharap bisadibangun kembali secepatnya.Namun karena pihak penyidikbelum mengizinkan, makadinas mengikuti aturan yangada. Padahal saat jtu jikaSeptember sudah ada kejelasan

tanah, maka anggaran bisadisesuaikan. "Saat ini karenastatus tanah yang belum jelas,kami tetap mengantisipasimunculnya persoalan Iain.ladi sementara kami tungguperkembangannya dulu,,,ungkapnya.

Pihaknya tak mau mengambilrisiko hanya memperbaikisetengah-setengah saja, Namunjika memungkinkan dan terusdiupayakan, harus dimulai lagidari awal, Pasalnya, banqunanitu nantinya diharapkan tidakberpotensi mengalami kejadianserupa,

Seperti diberitakan, polres

Purbalingga menargetkan bisamenetapkan tersangka maksimalakhir tahun ini, sehingga di awal2016 sudah bisa melimpahkanperkara ini ke kejaksaan.Data yang dihimpun, atap TKPembina ambruk tanpa sebabpada Februarl 2014 lalu. polisj

saat itu menduga adanya tindakpidana korupsi pada tahapanpembangunan TK itu, yangmenyebabkan kerugian materialmencapai Rp 280 juta. (ms0s_06)

a;,:i: iA:i i iL:ii;; ;ii;; /r iiAi i- a.i i ir;\ i i" iis,ii-l:i L i,.1

Page 29: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

-\=.a- \--.--..-=--

B ACI, I.] SI-E.{ S SF.TDA PI IR B,A I NCCA

Page 30: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

Il-fl

rl' lJla Lf ! !u ltllJ!r.L l

llfllx IIIl!{Al [mA Plrnxluilf/]Af-\ooion tA '{r*o ! . yonn rob )t Jpt) 6ors

Page 31: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

tl-lJlf 11!Ll L!.!.lturl L

BAfiIAl{ Illllt{As $[IDA Pll-lBlJll{lifi A

fiorion $on l ovnos

Jurvr'ol . a('Yoti edtf

PURBALINGGA- Kepala Balai

Pengelolaan Aliran Sungai Serayu

Opak Progo (BPDAS SOP) Anang

Widic'ahyono mengungkapkan,Daerah Aliran Sungai (DAS) Serayudengan luas 372.448,72 hektaretermasuk DAS yang harus dipulihkan.Sepanjang DAS Serayu terdapatempat bendungan vital dan satudanau yang perlu ditangani, l€renasedimentasinya tinggi,

"Bendung tersebut yakni Bendung

Sudirman di Sub DAS [4rawu, BendungTulis di Sub Tulis, Bendung Gajah Uling

di Sub DAS sapi, dan Bendung Gerak

Serayu di Sub DAS Serayu Hilir sertaDanau Nggarung di Sub DAs SerayuHilir," kata Anang pada sosialisasi

Quick Wins atau Langkah Percepatan

Penanganan DAS Semyu di Hotel

Kencana, Kamis (30/7).Anang mengatakan, kondisi

faktual DAS Serayu berupa lahankritis sefta indeks erosinya tergolongburuk, "Saat ini kondisi lahan kritis diDAS Serayu seluas 91.344,18 hektare(24,52 persen), indeks kualitassumber daya airnya tergolong sedangdengan nilai 53,52, Sedangkan indekpenggunaan lahan tergolong sedangdengan nilai 3,31 serta nilai indekerosinya tergolong buruk dengan nilai4,76," kalanya.

Anang menambahkan, kerusakanhutan dan lahan DAS memunyaidampak negatif, baik terhadap kondisi

setempat maupun kondisi tempatlainnya yanq berhubungan secarahidrologis,

"selain itu, peningkatanpemanfaatan sumberdaya alam (sDA)karena pertambahan penduduk danperkembangan ekonomi, konfl ikkepentingan serta kurangnyaketerpaduan antarsektor antarwilayahhulu-tengah-hilir juga menyumbangkerusakan DAs," bebernya.

Sement€ra Asisten Perekonomian,Pembangunan dan Kesejahteraansekda Susilo Utomo mengatakan,adanya perubahan iklim dunia dan

degradasi hutan serta lahan perlumendapat perhatian semua pihak.

"Nlengingat sumber kehidupan kitasangat tergantung kondisl lahanyang kita kelola. kesadaran dankepedulian masyardkat terhadapkerusakan hutan serta lahan perlu.kita tingkatkan. Untuk itu, sayaapresiasi tinggi terhadap kegiatanini," tuturnya.

Kelangsungan HidupDengan jumlah penduduk

semakin banyak, kata Susilo,juga membutuhkan lahan untukpermukiman atau budidaya guna

mencukupi kelangsungan hidup."Namun kita tetap harus bijaksanadalam mengelola SDA, agar berbagaibencana alam yang ditimbulkanakibat kerusakan hutan dan lahan

SOSIALISASI Quick Wins yang digelar BPDAS SOP Yogyakarta di HotelKencana, Kamis (30/7).

dapaf kita tekan sekecil mungkin,'ujarnya.

Susilo menambahkan, saat ini

bebempa kegiatan sudah dilakukanuntuk mendukunq Quick Wins di

DAS Serayu. Salah satunya adalahgerakan menanam Satu Orang

Satu Pohon (One Man One Tree).Maksud dari gerakan tersebut untukmeningkatkan kepedulian berbagalpihak akan pentingnya penanaman

dan pemeliharaan pohon yang

berkelanjutan dalam memerangipemanasan suhu dunia untukpembangunan Indonesia yang bersih.

"Kegiatan lainnya adalahGerakan Nasional Rehabilitasi Hutan

dan Lahan (Gerhan), kampanyeIndonesia Menanam, Kecil Menanam

Dewasa !lemanen (KMDNI), Aksi

Penanaman Serentak lndonesiadan Gerakan Perempuan Tanamdan Pelihara Pohon serta kegiatanpenanaman yang melibatkan swadaya

masyarakat," ujarnya. (pr{6)

ii.;i.i r iir iiis Si,i it.i i!\DL rl

Page 32: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

t.l-u-Lf l-l t \J:-:.--=:l: i.= :LI''JL'

'I L

BAflIX IlI!l!!A$ $ml ru.rxAll}{fi{il

WBanyHmR_s--l

Calon Tunggal Mestinya DiakomodasiSEMARANG - DPD ikut memantaupelaksanaan Pilkada serentak Desember

mendatang. Hal itu diungkapkan salah

seorang anggotanya dari Jateng, Bam-

banE sadono, Kamis (30/7). Ditemuidiruang kerjanya, Bambang menegaskan,pihaknya berharap pesta demokrasi ini taktersanderd dengan prosedural s€mata.

"Yang lebih oenting, pemilu tersebutdiharap bisa menghasilkan pemimpinyang benar-benar baik. Kami akan ikutmemantau, meski tak membentuk timkhusus. Salah satu yang kami tekankanadalah upaya menqhapus kultur buruk,yakni politik uang," jelasnya.

14enur,.rt Bambanq, selama ini politik

uang selalu menjadi isu yang menyertaipenyelenggaraan pemilu. Karena itu,dia berharap Pilkada serentak nanti bisa

berjalan tanianya. Kepada masyarakat,dia mengajak untuk berperan aktif me-

merangi, Sebab, pelaksanaan secara

langsung merupakan salah satu per-juangan masyarakat pula yairg menolak

pelaksanaan secara tak langsung, "Seka-rang, pemilu sudah dijalankan secara

.langsung. [1aka masyarakat semestinyaikut menjaganya untuk bersih dari politikuang," terang Bambang.

Saat ditanya soal munculnya bakal

calon tunggal, Bambang menegaskan,

mestinya ada aturan yang mengakomo-

dasi mereka, Dia menegaskan, menjadi

bakal calon merupakan hak warga negara.

Kalau tak ada bakal calon yiing lain, mesti-nya proses itu tetap sah dan pilkida tetap

berjalan. "Seperti di pemilihan kepala

desa, calon tunggaljuga bisa. Saya ber-harap ada solusi ketentuan tentang hal ituyang lebih baik, Seperti yang saya sebut

tadi, jangan sampai pilkada serentak nanti

hanya menjadi pesta demokrasi prose-

aural saja," tambahnya.Lebih lanjut, Bambang juga menyam-

but baik, munculnya bakal calon kepala

daerah perempuan. Hal itu menunjukkanperan perempuan di Jateng dan negeri

ini sangat signifikan. (H35)

Page 33: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

l.l-L/!-t T-tt\J Llu-Llvlr L

Bl(illN 11t191-1 SITDI ?lllJ[IlrrnA

Jurnat, 3t Juti 2015

royek Belurn Terlel1ng,2 Dikembalikan

*:.illis,:s^,IH,,T#ili:iJlTHl,t::;,f lnff :1 jI j,il,:fl H1x#:i;,rurDatrn9ga 2015 yang belum terlelar

*lilTfift:ff :#ilrirrlrir'" xx[Hii,#f,;}:,:; ffi *[[ii',:tr:l,"_.[.#iX,;X tffi.ti:"_l]?#", .,,",;T j:i,:jillT.il;Til".,.f

;[,,i;,,mensatakan, r'r. t"gl.i;'ii;";"ilj- lll,,_i:o:!9fl o* kesiatan yans disebut

tr5:*[,j.,f:,#l;.ilHilT,flfi] *;fu ;.1mni.iff*3",fj:i_._"p0tiktinik memitiki pagu anggaran kegiatai_.

palrn^9-besar, yajtu Rp l,5O3.miliar,, katanya.selain dua kegiatan yars U.til,t*[]#].

juga ada dua kegiatan tl;rg aiGbiti#';:,SKpD. Masins-mising p".yusu;;"--^-,^.jlmpak tinskunsan (Ailroatl ei;u;

_, .,"wimsaba dan pengadaan mls-ii.ailu" peratatanproduksi Indusrri iecit M"*rgrh (Iiti,iffi",,akik. "Dua kegiatan terseUut O_it<emOatiiJikepada sKpD terkait, karena ilffiffi]Sepertj pengadaan meiii, Uut, utit]..a

_..

perubahan rekening, jaat Oilembaiilan -te

SKPD,,, ujarnya. (sM o,*".vr,ez.oij--. .'

5.I)

Page 34: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

NN,ITENTAI-tlv lttlrlrrll I

BAOIN HII[{A$ $[IDA ruRBAIil{OOA

ffi.nvHmos

Plt BupatiDorong Pil\adaTidak Diundur

PURBALI GGA - Melihat Perkemban-oan oemilihan kepala daerah serentak

iabupaten purbaiingga periode 2016- -'

2021 hanva terdapat satu pasangan

Plt BuDati Purbalingga, Budi Wibowo

mendorong kepada partai yang belum

menentukan calonnya agal segera men-

ousunq calon Bupati dan Wakil Bupati'- audi Wibowo menqatakan kalau

masih terdapat satu pasangan sampai

denqan 3 Agustus, sesuai dengan pera-

turan KPU maka, pilkada serentak akan

di tunda sampai tahun 2017, itu artinya

daerah belum siap, dan ini tidak sesuai

dengan napas demokrasi. "Sudah men-

iadiiuoas sava selaku Plt Bupati untuk

menou-oavakin di Purbalingga tidak

ketiriqqalan dengan daerah-daerah lain

dalam penyelenggaraan Pilkada seren-

tak tangqal 9 Desember nanti," ujarnya

di ruang kerjanYa, Kamis (30/6)'

Budi menambahkan, meskiPUn tugas

ini lidak tertulis, telah menjadi tagung-

iawab Plt BuDati untuk bisa mendorong

iqar partai politik yang ada di Purbal-

ingga bisa mencalonkan sel(urang-Kur-

anova satu calon lagi. Dengan demlklan

mJwarakat bisa menikmasti Pesta

aembkrasi, dan bisa menentukan bupatl

definitif.Masih adanya Partai Yang belum

merekomendasikan calonnya, Yakni

PKB. Partai Golkar, PPP, Partai Hanura

- dan Partai Demokrat, Budi.berharap

kepada agar partai-partai bisa duduk

barenq menentukan Pasangan calon

Bupati dan Wakilnya.

"siaoaoun oranggnya mangga, saYa

hanya beiharap partai-partai politik

hisa memanfaatkan Peluang Pesta

demokrasi ini untuk mencalonkan seba-

gai kepala daerah. langan sampai kita

jadi penonton, padahal kita seharusnya

menyelenggamkan,' pungkasnya (pr)

Page 35: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

TTIPIhTN...L.lr.ll ^L

i tr'!T\r IL'' LI L

rulBAt[t0(iABAGINflIIIIA$ $IXDA

,,H._qanyumas

PKB Tunggu Sikap ParaGatonPURBAU GGA - Partai KebangkitanBangsa (PKB) masjh menunggu sikappara calon bupati yang akan majumelalui partai ini. pasalnya, partai initidak bisa mengajukan calon sendiri,karena hanya memiliki lima wakil diDPRD.

Ketua DPC PKB purbalingga, SlametWahidin Al Hanafi, Kamis (30/7)mengemukakan, pihaknya akan men-gusung calon-calon yang sudah ditetap-kan oleh Tim Siasah pC NU purbalinggayang dinilai memiliki kapabilitas, yaituSugeng sebagai calon bupati (cabup)serta Aman Waliyudin dan SuponoMustajab sebagai calon wakil bupati(cawabup),

"Kamj manut dhawuh kiai yang su-dah menentukan orang-orangnya. Ting-gal mereka seperti apa? Juga untuk pakKento (Sukento Rido Marhaendrianto-Red)t jika ingin tetap maju lewat pKB

ya harus beranj total. Karena pKB tidakcukup kursi untuk mengusung calon-sendiri,

calon itu juga harus mencaridukungan dari partai Iain," paparnya.

Lebih lanjut, Slamet juga tidak rnaumengungkapkan, jika pKB menjadikunci apakah Pilkada purbalingga bisadigelar tahun ini atau ditunda, Sebab,jumlah suara PKB di DPRD tidak men-cukupi untuk mengusung calon sendiridan harus berkoalisi dengan partai lain.

Sementara itu, Ketua Tim SiasahPC NLJ Purbalingga KH Akhmad Khotibmengemukakan, pihaknya sudah me-nentukan sosok yang ma.mpu untukmaju dalam pllkada ini.

Sebagaimana diberitakan, dari sepu-luh parpol peserta pilkada ada lima par-pol yang belum menurunkan rekomen-dasi terhadap pasangan calon, yaituPKB, PPB Partai colkai partal Hanura,dan Partai Demokrat. (H82/SMNetwork)

Page 36: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

t-fl

liII

BIfiITN IIIII!{IS $".IT[)A IIrul'tN{](}ASATELITPOST

.lutl,lat trgr,31 JULI 20I5

Plt BrpatiTidalc

Pilliada MunduriiDorong parpol Maju Lawan yasd*-y$wi

ll

))xamisudah datang keKejaksaan Negeri, ke Kodim, kePolres dan ke partai politik. Kitakomunikasikan agar pilkada tetapberlangsung tahun ini. ggBUDIWIBOWOPelaksana Tugas Bupati Purbalingga

PURBAI.JNGGA. SATEI.XT-POST-Pelaksana tugas BupatiPurbalingga, Budi Wibowo,tak ingin Pilkada Purbalingga2015 ditunda sampai pilkadaserentak tahun 2017. Demikelangsungan Pilkada 2015ini, Budi medorong berbagaipihak agar mengupayakanpilkada bisa berlangsungtanpa penundaan sesuai pe-ran masmg-masrng.

"Kami sudah datang keKejaksaan Negeri, ke Kodim,ke Polres dan ke partai po-litik. Kita komunikasikanagar piJkada tetap berlang-sung tahun ini," kata Budi diruang kerja bupati, Kamis(30 /7).

Budi mengaku optimistis,jika setiap pihak bersama-sama mendorong keberlang-sungan tahapan pilkada, pe-.milihan bupati tak akan di-uldur. Dari proporsi syaratdukungan, masih memung-

kinkar beberapa parpol me-ngusung calon lain selainTasdi-Tiwi. Jikapun Golkardan PPP tak ikut serta Dadapilkada, masih ada tiga'par-pol yakni PKB (Lima kursi),Demokrat (dua kusi) danHanura (dua kursi) yang bisamengusunt satu pasangancalon.

"Siapapun orangnya mong-go, saya hanya berhamp par-tai-partai politik bisa me-manfaatkan peluang pestademokrasi ini untuk men-calonkan sebagai kepala da-erah. Jangan sampai kita jadipenonton padahal kita se-harusnya menyelenggara-kan," uiar Budi yang gemarbermain tenis lapargan ini.

Budi mengatakan, ia akandilantik menjadi Peiabat Bu-pati Purbalingga pada 5 A-gustus mendatang. Pelan-tikan akan dilakukan ber-sama lima pejabat bupati/wali kota lain di Semarang.Seielah dilantik sebagai pe-

jabat bupati, Budi memilikikewenangan yang sama de-ngan bupati definitif, ter-masuk mengambil kebijakanstrate8is seperti kebijakananggaran.

"Beda Plt dengan Pi, kalauPlt tidak perlu dilantik se-dangkan Pj dila-ntik. Kemu-dian Plt hanya mmjalanlantugas harian bupati, kalau Pikewenangannya sama sepertibupati definitit" kata ayahtiga orang anak ini.

Usai dilantik, Budi mulaibekerja sesuai tugasnya se-bagai bupati hingga pasa-ngan calon bupati terpilihdilantik Maret 2016. Setelahusai tugasnya sebagai peiabatbupati, Budi akan kembalimenjabat Assisten BidangKesra Pemprov Jawa Tengah."Namun demikiar! iila pit-kada sampai diundur 2017,sayapun siap menjalankantugas sebagai bupati," katapria kelahiran Baniamegaraini. ([email protected])

Page 37: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

-l

n^ Drrpa ,! I rir^/-: A

Page 38: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

KLIPINGMEDIA

BAflAli Ht]l[A$ $[MA flNBAIIIOGA

SarnltrP,osrJUMAI LEGI, i

3l luLl2015 i

BACIAN }IUII-AS SIiIDA KABI.]PAI'I'\ PTiRB-{LIi\iC(;A

Page 39: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

I:!l

fl

llrJrl l-l I \J rtLut/!, I

men-&sak segera dilakukankarena menurutnya sudahmemasuki bulan Agustus. Iamenargetkan awal AgustusKUA PPAS tuntas sehinggabisa langsung membahasRAPBD perub_ahaa. "Sayaharap bisa langsungdisetujui Pimpinan Dewan,sehinga program kerja bisabejalan sesuai rencala," katadia.

Keterlambatanpembahasan anggaranperubahan akan berdampakpada sederet keg_iatan.Antara lain proyek fuil9peringatan HUf RI, had iadi

kabupaten danhari jadiprovinsi. Semuaproyek pemkabiuga terancamterlambat jikaangtaran telatdigedok.

Dari data

Bagian PembangrmanSekretariat DaerahPurbalingga, masih ada linaployek yang belumterlelang. Lina proyek iniantara lain pengadaanbahaa praktik pengelasanuntuk SMK 3 Purbalingga,pemeliharaan peralatankedokteran di RSUDpembangunan RKB SMPsatu atap 4 Karangmoncol"studi kelayalan perrentuantempat pembuangan akhi!sampah KabupatenPurbalingga, danpengembangar poliklinikRSUD. Sekarang Iimaproyek ini masih dalamproses lelang ulang.

Selain itu, Budi iugabemiat men8gelar tumamentenis lapangan berskalanasional di Purbalingga.Ttmamen ini sebagaiawalan sebelum para atlettenis berlaga di Pekan

Olahraga Nasional. "Kalautidak level nasional yaintemasional," kata Budi diruang kerjanla, Kamis (30/8).

Ketua DPRD Purbalingga,Tongat SH, mengatakan,dewan akan membahaskebiiakan anggaran yangdiajulan pemlab gunamemastikan prioritasangtaran yang disusnntelah prorakyat. Ia inginanggaran belania daerah

digunakan untuk keperluanmasyarakat sesuai aspirasiyang diserap. "Kita akancermati untuk memastikananggaran sudah prorakyat,,,uiar dia.

Sebelumnya, pembahasanKUA PPAS sempatdiagendakan beberaoa kati.Namun, agenda ini iitundakarena hal teknis.Pembahasan dia gendakankembali hari ini, Jumat (31/7). (Ban)

BUNN IIIII!{N MA PIInBI*IN{I{}A

Sa POSTJUNAAT [EGI,

3l JULI20l5

KUAPPASDitargetkan Awal Agustus

PI'RBALINGG"SAIBLITPOST-PemerintahKabupaten Purbalinggaakan membahas drafKebiiakan Umum Anggaran(KUA) Plafon PrioritasArggaran Sementara (PPAS)Peruballan tahun 2015bersama Badan Anggaran(Banggar) DPRD KabupatenPurbalingga, ]umat (31/7).Jika Banggar menyetuiui,KUA PPAS akan langsungdiserahlan ke PimpinanDPRD hari itu juga.

Plt Bupati Purbalingga,Budi Wibowo, mengatakan,penyerahan KUA PPAS

Page 40: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

rr-rJ_Lr, _Lf t !\l Ll L_Ll.p tt L

BAfiIII I|III!{A$ SMA PIIIBI.II{{!{}I

Sarsr-,ttP,$srJumm tisl,31 JULI 2015

DEWAN Pimpinan Partai Kebangkitan dukungan dari partai lain," uiarnya'Banesa (PKB) Purbalinsea b6rniat Langi<ah PKB dianggap sangat me-

;;"";;; k;;; ir,t"t,ifi v"ne di- nentuk-an keberlanjutan-tahapanpilkadatrnifL ti*"Sius"f, PCNU Purbaliigga tahur ini. Sebab, dari lima Partai yanti.rntijk maiu pada Pi.lkada Purbalingga belum merekomendasikan Pasanganioii. N"#-i prn membutuhkan iil- calon, hanya tiga yang paling-ber-rrat kursi lasi untuk mencaDai svarat peluang. Sementara dua laimya.l'artalfu;;;i;k;;';.;;;ul.iton 6,rprfi d- ilotka r-dan PPB "tersandera" a kibat

-iLfl d""util satu dari dua kubu rnasinS-masinglni dirlnekapkan Ketua DPC PKB parpol mendulung PDlf Sedantkan

pr*u"fi...i. Sfi^"t Wahidin AI Hanafi, iesilasi mensharuskan kedua kubu darixamis (5r5'/z). Ia mengatakan, calon- parpol berselisih bersepakat mengusung

calon vang ditetaplan TiIn Siasah PC- calon yang sama'wu, aritarilain Suireng SH sebagai calon Meskipr:r demikian, Slamet en-tgan;;;;ti ;;;i; Aoi;t'"w"liv"iin dan dianggip sebasai penentu PilkadaSuio"o MustulaU sebaeai iakilnva. Purbii-infga bisa diSelar tahun ini atau-'rxii

i;rrrrii aiiifvtaiyang'sudah ditunda.-Sebab, minurut dia jumlahmenentukan orane-otans;vuluntuk suara PKB di DPRD tidal mencukupi;rk K;a;. iiL" i."1" tetai iuiu lewat untuk mengusung calon sendiri dan'pxs Lir"l'L"ru-.f total. kareha PKB harus berkoitisi dengan partai lain'tiauk ""t"p iursi untuk mengusung "Bukan kunci, tapiikut menentul<an,

.}r" "-."Jii, "iio" 1"g" rtur* i "".afi partai lain juga mi'nentukan' Apakah

PKB Berniat Maiu

pilkada digelar nanti atau diundur, yaiersantuns" secara adminstrasi di KPUnaf,ti. Kaliu ada calon tandingan bera-rtidigelar, kalau memang tidak ada Yadiundur," katanva.

Sementara it'u, Ketua Tim SiasahPCNU Purbalingga, KH Akhmad Kho-tjb meneatakan, tim telah menenhrkanbakal calon yang dinilai mamPu untukmaiu dalam-pillada ini. Setebihnya, iamenverahkan keDada PKB. "Artinyabola 'sudah berada'di tangan PKB lrn tirkmeneqirinsnva," uiar dia,

teHisufr] *t .ti.is DPD Partai De-mokrit Purbalingga, Sunarko menga-takan, Demokraibelum mendaPatkanrekomendasi dari DPP SebelumnYaDemokrat Purbalingga mendukungDasanqan Tasdi-Tiwi. "Kami masihin"n,rriecu. Nanti katau rekomendasiturun, X[an disusulkan ke KPU," ka-tanya. (gan)

Page 41: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

1!r, rJrr ir ! \J Ll turr Lt I

RrflaN rr[[lAl ffirllt plipnrllNlJ]i

SatlBr-ttFe:'sTJUMAT LEGI,

3i tut 2015

Page 42: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

T7T rnnTr.lilii.r.i' ,-,. ! \,

$AOIAN HU[{A$ $EIDA PIilBAIilIO(iA

lryaW&San I .tumat Lesi,:r Juri zols

Tandingi

Pasangan Tasdi-Tiwi

PURBALINGGA - Partai Kebangkitan Bangsa(PKB) Purbalingga mulai menyiapkan Pasangan

Calon (Paslon) Cabup dan Cawabup untuk majudi Pilkada Purbalingga. Paslon tersebut sedang

dibahas bersama para kiai sepuh.

Kefua DPC PKB Purbaliagga,Slamet Wahidin Al Hanafi, Ka-mis (30,/2 mengatakar, pihaknyaakan mengusung calon-calonyang sudah ditetapkan oleh TimSiasah PC NU Purbalingga yangdinilai memiliki kapabilitas.Masing-masing Sugeng sebagaicabup serta Aman Walindir danSupono Mustaiab sebagai cawa-brP.

"Kami manut dawuh kiaiyang sudah menentukan orang-orangnya. Tinggal mereka sepertiapa? Juga untuk Pak Kento(Sukento Rido Marhaendrianto-

red), jika Lrgin tetaP maF lewatPKB wa harus berani total. KarenaPKB'tidak cukup kursi untukmengusung calon sendiri, calonitu juga harus mencari dukungandari partai lain " terangnya.

Lebih lanjug Slamet juga tidakmau mengatakan iika PKBmenjadi kunci apakah PilkadaPurbalingga bisa digelar tahun iniatau diturda. Sebab, iumlah suaraPKB di DPRD tidak mencukupiunhrk mengusung calon sendiridan harus berkoalisi denganpartai lain. "Bukan kunci, tapiikut menentukary partai lain,uga

Page 43: Kliping berita tanggal 31 juli 2015
Page 44: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

Jumat Legi, 31 Juti 2015

T'T IPINN L{EnIA.t ri/ a ttIv rriliiir.. I

BAGIN flt]t{A$ $[I!A HIBAIil{OGA

'Jangan Tunda

PURBALINGGA - Melihat per-kembangan pemilihan kepaladaerah serentak Kabupaten Pur-balingga periode 201&2021 hanyaterdapat satu pasangan. Plt Bu-

-pati Purbalingga, Budi Wibowomendorong kepada partai yangbelum menentukan calonnyaa8ar seSera men8usunS Pasa-ngan Cabup dan Cawabup. BudiWibowo mengatakan kalaumasih terdapat sahr pasangansampai dEngan 3 Agustus, sesuaidengan peratumn KPU makapilkada serentak akan ditundasampai tahun 2012 itu artinyadaerah belum siap dan ini tidaksesuai dengan nafas demolcasi.

"Sudah menjadi tugas saya

selaku Plt BuPati urtuk mengu-paYakan di i(abuPaten Purba-iinirea tidak keiinggalan dengandaErlh-daerah lain dalam Pe-nvelensgaraan Pilkada seren-takg'Desefiber nanti," ujar Budi,Kamis (30/7).

Budi menambahkan, meski-pun tueas ini tidak terhiis, telahmenjad-i tanggung iawab PltBuoati untuk bisa mendorongagir pa*ai Polihk Yang ada.diKabupaten Purbalirgga blsa

mencalonkan sekurang-kurangyasatu calon lagi. Sehingga ma-svarakat bisa

-menikmati Pesta

d'emokrasi dan bisa menmtukan

bupati definitff.Masih adanva Partar Yang

belum merekomendisikan calon-

nva vakni PKB, Partai Golkar,Pi'P,'Partai Hanura dan PartaiDemokrat. Budi berharaP agar

partai-Partai bisa dudul barengmenentu-kan Pasan8an calonbupati dan wakil:rY

"Siapa pun oranggnya ms a-

kan. sava hanYa berharaP Partat-partai fo[tik 6isa rrtemlnfaltkaloeluang Pesta demolcasr lruirntuk " niencalonka n sebagai

kepala d.aerah. ]angan samPaikita iadi penonton Padahal kitaseharusnYa menyelenggara kan,-'

imbuhnya. & ST--+z

Page 45: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

r7Y TnTIT/rl I tTlT\r lJ'ltiir ij' i v Ll i.LiY ti 1

BAOIA}{ HIIilA$ $[IDA PIIIBAII'IGGA1{{fWaSaff i Jumat Lesi,31 Juti 2015

KUA PPAS Belum Dibah&S,Ptt Bupati KeLirnpungan

PURBALINGGA- Pelaksa-na Tugas (Plt) Bupati Purba-lingga, Budi Wibowomerasa kelimpungan, Pa-salnya sejak menjabat pada27 lluli lal,a, banyak agendayang harus dilaksanakan.Salah satu persoalan yangrhembuat Asisten BidangKesra Pemprov ]ateng iniharus bergerak cepat adalahkarena Kebijakan UmumAnggaran dan PlafonPenggunaan Anggaran Se-mentara (KUA PPAS) untuk$APB Perubahan tahun2015, belum diserahkan dandibahas dengan DPRD.

"Ini jad i masalah serius.

Jika KUA PPAS belumdiserahkan, bisa berdampakpada penetapan RAPBDPerubahan tahun 2015. Jikapenetapan molor, banyakyang terkena dampak.Termasuk pelaksanaan pro-yek fisik juga akan molorbahkan bisa terlambat,"katanya kepada wartawan,Kamis (30/7).

Oleh karena itu ren-cananya Jumat (31l7) inidia akan mengundangPimpinan Dewan (Pimrran)untuk membicarakan ma-salah tersebut. Dia men-targetkan pada awalAgustus KUA PPAS bisa

Fob:5r

BudiWibowo

diserahkan dan dibahas diDPRD.

Dia enggan menang-Sapr mengaPa Penyera-han KUA PPAS ke DPRD' terkesan terlambat. Hing-ga masa iabatan BupatiSukento Rido Marhaen-drianto berakhir, doku-rnen tersebut memangbelum diserahkan keDPRD.

Menurutnya yang ter-penting saat ini adalahbagaimana eksekutif danlegislatif bisa duduk ber-sama untuk segeramentuntaskan pem-bahasan KUA PPAS.

Ketua DPRD Purba-lingga, Tongat SH me-ngatakan keterlambatanpenyerahan KUA PPASkarena tim anggaran be-lum menyerahkannya keDPRD. Pihaknya tidaktahu mengapa hal terse-but bisa terjadi.

Disampaikan, DPRDsudah mencoba bersikapproaktif dengan menga-jukan waktu untukkonsultasi dengan TAPDterkait RAPBD Peru-bahan tahun 2015.ffi

sT-'IiTongat

t,i\,iA,i iiL!in1; -Li

Page 46: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

gT IPi.n'IC LIEI)IAri.L.ii ii I v L'LL,U,T L

BAGIAI{ HU[{A$ $[IDA HIIBATNOGA

Jumat Lesi,31 Juri 2o1s i wul\ xasan

Kendatikan Erosi Serayu,

Quick Wins DiscsialisasikanPURBALINGGA- Dalam rangka memPercePat Pengendalianerosi dan sedimentasi di daerah aliran sungai (DAS) SeralT r, Balai

Pengelolaan Atiran Sungai Serayu Opak Progo (BPDAS SOP)

men"sadakan sosialisasi Quick Wi't' alau program percePatan"

Sosia'iisasasi dijkuti 60 orang dari dinas instansi Ler(ait PemlabPurballngga, BPDAS SOP, letugas pendamping

-dan. kelompok

pelaksanl" keqialan berldngsung sehari di Hotel Ketrcana

i'urbalingga, Kimi5 (30/4, teitdnSlangkah-langkah memPercePat

oenaneanin anlisipasi erosi dan sedimentasi.' "Triiuan sosialisasi ini adalah agar percepalan penanganan DAS

SeralTr mendaDat dukurrgan semua pihak, sehingga DAS serayu

menjadi DAS'yang sehit," kala Kepala BPDAS SOP, AnangWidlcahvono, kemarin.

M"nu'rut Anane, kerusakan hutan dan lahan DAS mempunyaidampak neea tiJ, blik terhddaP kondisi setemPaL, maupun kondisi

tempat lain"ya yang berhubungan secara hidrologisBindun{ ying pe.lu ditangani karena tingginya sedimentasr

menurut d'iJ aditil, nendun-g Sudirman di Sub DAS Mrawu,Bendurre TuLis di Sub TuJis, Bendung Gaiah Lting di Sub DAS SaPi

dan Benfung Gerak Serayr: di Sub DAS Seray"u Hilir serta Dandu

Nssaru e disub DAS SeraYu Hilir,?elalslna Trsas IPLT) Bupati Purbalnlgga Budi Wibowo dalam

sambutannva v"ang dibacalan Asisten Perekonomian Pem-

bansunan 6an" Keieiahteraan SeLda Purbalingga Susilo Utomomen-satakan, adanva perubahan iklinr dunia dan degradasi hutan

sert.ilahan perlu mendapat perhatian semua Pihak e 5T-Tl

Page 47: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

rI IPINN MENTA.r.lrLa.l i iv Lli,.L)vtL,

BA0IN flIIiIA$ $IMA PUXBAIII{OGAt_--

Jumat Leqi,31 Juti 2015 114\1asanI

Ujicoba Perdana,

Persibangga Be[um NYete[iunnluNcce - Pemain Per-sibangga (Purbalingga) Yangdiperiiipkan menghadaPi Tur-namen Piala Kemerdekaan,Kamis (30/7) melakukan uiicoba perdana menghadaPi PS

Perwira Timw, di StadionGoentoer Darjono, Purbalingga.Gol Persibangga masing-mas-ing dicetak Anggi Prabowo,Khosim darr Faizol Arif.

Kendati maurPu menangbesar 3-0, namun anak asuhanPelatih Siswanto masih terlihatbelum nyetel satu sama lain."Mereka' masih belum Padubenar. Namun uji coba Perdanaini akan saya jadikan bahanuntuk mengevaluasi dan mem-bentuk keiangka tim," kataSiswanto usai laga uii coba.

Turun dengan komPosisi 442, pemain Persibangga masihcarggung. Duet stliker Gunaryodan Anggr Prabowo masih be-lum mampu menuniukkar ke-lasnya.

Sementara itu Pemain PS

Perwira Timur Yang usianyamasih lebih muda mamPutampil lepas.

"Iola 4-4-2 memang Polayang baru diterapkan di Per-sibangga. Para Pemain belum irbenar dengan pola ini. Namunnanti lama-lama tentu akan ter-triasa." uiar Siswanto.

st ik"i Ti-nit U 19, Bema-dus Fernando juga semPat di-mairrkan di babak kedua.Kendati tidak mencetak gol,namun permainannYa cukuPmenjanjikan.

ffi Uji Coba KeluarRencananya Persibangga iu-

ga akar mmggelar uji coba den-ean tim luar daerah. Namuni"rkt rnva masih dibicarakan.-Termaiuk melakukan uri cobamalam hari. Pasalnya di Per-tandirgan Piala Kemerdekaan.Persibangga .iuga mendaPatkanjadwaluntuk bermain di malam

hari," ungkaPnYaPersibangqa akan berada dr

Grup C Trirnamen Piala Ke-meriekaan. Persibangga satu

s,:up dengan Persis (So1o),

Feriinqa tl',l"gawil, PPSM (Mage-

lanq),- ISIR (Rembang) dan

Periiba tBalikPaPan). Manaje-men Persibangga mentargetkarbisa lolos dari PenYisihan gmP'

"Kekuatan masing-rnasingkontesian merata. Kami Yakinbisa lolos dari fase gruP bahkanbisa menang dan berianding dipartai puncak," ujar Manageri'ersibdngga, Rohman SuPri-yadi.8 ST-did

-==_:---

Page 48: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

F- !':S.= i? FS i'l P El1 -rF{- fr}<:PEp.l - ^"o- * i(.Y &$p€ Es- -HSI.f':$!FSEE-*g'!F! E{ stmFr*:.i*^f

(^ X i .-^'

Page 49: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

lar -- E!:!;"r! ti -ll.-/tt t[ t v Lt Luu Lt L

1r/&1&?&5Ax?

Bt0rAN III|IIJ,X mA [inXAI N,0{jA

Kamis Ktiwon, 30 Juti 2015

Calon BonekaBayangi Pilkada

PurbalinggaPURBALINGGA - Pelaksanaan Piikada Purba-lingga dibayangi munculnya isu akan adanyacalon boneka. Hal itu karena hingga menjelangbatas akhir pendaftaran hanya ada satu pasangancalon. (Paslon) yang mendaftarkan diri yaitupasangan H Tasdi SH MM-Dyah HayuningPratiwi (Tasdi-Tiwi).

Keterangan yang dihimpur.rWawasun, Rabu (29 /7) r11gr:rys-butkan, isu calon boneka.ber-hembus kencang karena apabilahanya ada satu paslon makaPilkada terancam diundur hhgga2017. Dikabarkan di masa per-panjangan pendaftaran yangdibuka Sabtu (1/8) akan adapaslon boneka yang sengajamendaJtar. Tujuannya agar adadua paslon yang mendaftar, se-hingga Pilkada tidak diundur.Paslon tersebut sengaja mendaf-tar namun siap unhr& dikalah-

tersebut. Namun menurutnyamasih ada parpol lairl yaitu PartaiKebangkitan Bangsa (PKB) yangsecara resmi belum memun-culkan paslon.

Divisi Sosialisasi KPU Purba-lingga, Mey Nurlela mengatakanpihaknya telah mengumpulkan

plmpinan f,aiflol ut"l menyo-sisalisasikan nrcngenai perpan-jangan pembukaan pendaftaranpaslon. Secara organisasi menu-rutnya PKB dan Partai Golkarbelum mendaftarkan paslon. Se-

Iain itu €mpat. parPol. Yangmendukung dar ikut mendaf-tarkan pasangan Tasdi-Tirvi,

'Mdngacu Peraturan KIUmemang Pilkada harus diikutiminimal dua paslon Jika hanyasatu maka pendaftaran dibukakembali. Jika di masa pendaf-taran tambahan tetap satu paslonyang mendaftar, maka pilkadadiundur pelaksanannya padatahun 2017," kata Ketua KomisiPemilihan Umum (KPU) Pur-balingga, Sri Wah1.uni.

Pasangan Tasdi-Tiwi diusungPDIP bersama parpol penclukungyang terdiri atas Partai KeadilanSejahtera (PKS), Partai AmanatNasional (PAN) dan Partai

dasi resmi dari pimpinan pusat.Perpanjangan pendaftaran

paslon akan dilakukan mulaiSabtu (1/8) hingga Senin (3/8).Menurutnya berbagai kemungkinan masih terbuka. Bisa sajaparpol di luar koalisi denganPDIP memunculkan danmendaftarkdn jagonya unh.&bertarung di pilkada. Ketua DPDPartai Golkar Purbalingga,Sudono ST MM engganmernbeberkan mengenai sikapparpolnya di pilkada. Termasukterkait rencana koalisi denganPKB yang santer dihemlruskan. iiST-sn

l

Iit

kan.Gerindra. Sefain itu fungsionadsPartai Persatuan Pembangulan(PPP), Partai Demokrat (PD),Partai Hanura dan Partai Golkarsecara pribadi juga ikut mem-berikan dukungan tertulis.

Namun isu calon bonekadibantah. oleh \etua Tim Peme-nangan Tasdi-Tiwi, HR BambangIrawan SH. Menurutnya pihak-nya masih menunggu lawan. Diayakin parpol lain di masaperpanjangan pendaftaran akanmemurculkan calonnya.

Diungkapkan mayoritas par-pol yang ada di Purbalilgga me-mang merapat dan mendukungpasangan yang mendapatkar.rrekomendasi dari DI']P PDIP belum mendapatkan rekomen-

iir\(iii\ t1\ \i.\S Si: i lii !'AiJl l'iti\ ir'L.i{ii\i,i\(i(r_\

Page 50: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

EJG[,fEnIAiiIv rrtar.arll I

BAUAI{ HU[{A$ $XMA flJIBAIil{OOA

Kamis Kriwon, 3o Ju[ zo15 i watrasan

w Belum Ada ParpolPengusung

Kento-Aman-Meraptt ke PKB& oolkar

PURBALINGGA - BuPdti PetJ- rus harian PanaiCotkardan PKB'

i Jnr- sJunro Rido iiy'arliaen- "Saya masih mempertimbangkan

clrianto vang berencana meng- diri unhrk malu Masm menJaun

orn.lenl ca'irabup Aman Wali- komunikasi den8dn ParPol ydng

i-i i" *itLl, f .U'i dengal lartai memungkinl.an u ntuk men gu-

kebanekitin Bangsa (FKB) dan sung calon Kita lilrat perkemba-

iritu; "cotru. tFGr' Langkah ngannya"' ungkapnyu .^,,oolitik rersebut diambil menlu- Koalisi PKB dan ltrtdt ColKar

ili 'ilt

",,-;;;; Lendaraan memang memungkinr'dn untuk

vans akdn digunakan urrtuk mengusung pasdngan cdbuP oan

meicalont*an dii di Pilkada Pur- cawabup Kedua paTol,*:^l'obalin88a. !2 kursi di DIRD l\rtualmgP'a'

Sui-enlo sebelumnya iuga te- Ketua DPD lartai GolLar Pur-

f"f-l rlJ"irf* lomrinitul de- balingga H-Sudono ST.yJ I*npan Partai Demokrat (lD) ngat'dkan Pihalnya maslh belum

N"amun belum membuahkan memutuskan untuk mengusung

fr"rli. S"*frt *"a"ftaran di Ko- siapa di Pitkada- Purbaling6a'

misi Pemilihin Umum (KlU) "Nunggu Perkembangdn \anrr

Purbalingga ditutuP, Sukento kami informasikan'" ungkapny'l-'

,'l"irJi?i kdntor bPD Pdrtdi Sementara itu Sekretaris DPC

G;k";. Di"t"", terdaPat Pengu- PKB Purbalingga Miswanto

mengatakan sejak awal memangada peluang untuk mengusungpasangan Kento-Aman di PikadaPurbalingga. Pasangan tersebutakan bersaing dengan pasanganyang diusung PDIP besertaparpol koalisi yaihr H Tasdi SHMM -Dyah Hay.uning Pratiwi SEEcon (Tasdi-Tiwi). "Namun se-mua masih dalam tahap pem-bicaraan. Kami juga lihat per-kembangan politik terbaru," ung-kapnya.

Ketua DPC Patai DemokratKabupaten Purbalingga, YudhaDiardja mengatakan pasanganKento-Aman juga sempat mela-kukan komurrikasi dengan par-tainya. Dia mengakui rekomen-dasi dari pengurus pusat belumturun, namun kader dan pe-

ngurus di tingkat kabupatenmenginginkan agar partai me-rapat ke pasangan Tasdi-Tiwi."Makanya pinangan Kento-A-man karni tolak,"ujamya.

Hingga pendaft aran berakhirhanya pasangan Tasdi-Tiwi yangtelah resmi rnendaftarkan diri keKPU Purbalingga. Pasangan ter-sebut diusung PDIP berkoalisidengan Partai Keadilan Seiahtera(PKS), Partai Gerindra dan PartaiAmanat Nasional (PAN). Pasa-ngan itu iuga didukung pel1gurusHanura, PPP dan Partai De-mokat. "Karena baru satu pasa-ngan yang mendaftarkan diri,maka pendaftaran diperpan-iang," imbulnya.;i!

i,-ri;i.iii iiLii;.ir ir;r ii].r i*iiUPAitrir PUiii;.Lii'.i;i.,'i

Page 51: Kliping berita tanggal 31 juli 2015

I7T TNiiii.al

/.'t I |T!T\T l\, lia.ailral l

BAOIAI{ HIIIilA$ $XMA PIIRBAI,NOOA

Vlrdl'VasanlKamis xtiwon, ro jutt 2015

Gubug Pintar DitombakanfUnnlffNCCe- C.,U.rgPintar Desa Sokanegara,Kecamatan Kejobong dini-lai jrui iingkat Propinsi. Pe-nilaian ini berkaitan deganlomba pemuda peloportingkat Jawa Tengah tahun20i5. Gubug Pintar dipelo-pori oleh Ega FirgiawanAnggita bersama BadanPenggerak Pemuda Daerah(BPPD) Pulbalingga.

Ega mengatakan tujuandidirikarurya gubung pin-tar untuk mencerdaskananak-anak desa, seperti

halnya di perkotaan. Se-

lain itu juga agar diha-rapkan dapat mendorongaktifitas pemuda desaagar bisa berperan untuklingkungannnya khy-susnya di dunia Pendi-dikair.

"Kegiatan yang telahkita taku-kan selama. inimembangun taman bacamasvarakat serta rumal1peiuda sebagai basc camP

bagi pemuda, serta ke-giatan ramadan lalu, " ujarEga pada saat Peniurian.

Dengan masuknya gu-bung pintar sebagai salahsatu nominator peniudantingkat propinsi, Ega ber-harap Gubug Pintar iniiidak hanya ada di DesaSokanegara namun bisamelebar ke desa-desayang lainnya.

Tim terdiri dari duaorang yang berasal dariUniversitas Negeri Sema-rang (UNNES) dan Per-kumpulan Guru RepublikIndonesia (PCRI). Peni-laian dilakukan dengan

metode survey- dan wa-wancara kepada masya-rakat sekitar.

Tim disambut deneankesenian tek-tek Ban;1-rnasan yang dipersem_bahkan oleh pemuda desaSokanegara. kegiatan ter-sebut juga dih;dir olehperwakilan dari Dinas Ke_budayaan, Pariwisata, pe-muda dan OIah Raea(Dinbudparpora) dinperwakilan Dinas pen-didikan Kabupaten pur-balingga. s STlskh