Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

45
KLIPING fuIEDIA BAffIAH IIIJHAT$n,T}A PtJRBAtIHff$A ffi#i SABTU;28 MARET 201 5 Jelang P ilkado, PURBALINGGA - Menjelang Pilkada tongi restu DPPParlai Gerindra, untuk berkoalisi dengan Parpol manapun untuk menghadaPi Pilkada. Menurutnya. dinamika Poli- tik di pusat bisa berbeda dengan di daerah. Jadi konstelasi Poli- tiknya juga tidak harus sama. Senada, Ketua DPC PKB Purbalingga Slamet Wahidin Al Hanafi dan Ketua DPD Partai Hanura Purbalingga HariYanto, mengatakan pusat memberikan kelonggaran daerah untuk ber- manuver dalam menghadaPi Pilkada. PertahankanTeman Sementara itu, Partai Golkar masih mempertahankan teman Purbalingga, koalisi parpol yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP)dan Koalisi lndonesia Hebat (KlH), dapat dipastikan pecah. Sejumlah partai yang ter- gabung dalam kedua koalisi bermanuver dan membentuk koalisi sendiri untuk meng- hadapi Pi-lkada Purbal in gga. Partai Gerakan lndonesia Raya (Gerindra) sebagai motor KMP, diketahu telah menggan- drng Partai Kebangkitan Bangsa (,'r 'B) dan Partai Hati Nurani Raxyat (Hanura), yang meru- pakan anggota KIH. Mereka kemudian memben- tuk koalisi untuk Perubahan (Kubah) beberapa waktu lalu. Bahkan koalisi ini juga sudah menjaring bakal calon buPati (cabup) dan calon yakil buPati tcawabup). Ketua DPC Paitai Gerindra Purb2rlingga, Imam Poerseto, ke- marin mengaku sudah mengan- 1ama, yaitu Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Bulan Bintang @BB) membentuk Koalisi Bersatu. Ketua DPD Paftai GolkarPurba- lingga, Sudono mengatakan koalisi tersebut juga mulai mem- buka pendaftaran bakal cabup dan bakal cawabup. Di lain pihak, Partai Demo- krasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai motor KIH, memilih mandiri untuk membu- ka pendaftaran bakal cabup dan cawabup. Ketua DPC PDIP Purbaling- ga Thsdi, mengatakan PDIP bisa mengusung calon sendiri karena memenuhi persayaratan memifi- ki 20persenkursi diDPRD atiu 9kursi. I "PDIPmemiliki 11 kur iadi kami berani mencalonk sendiri. Tapi komunikasi pou- . dengan partai lainjuga tet dilakukan," katanya. Umum Purbalingga Sri Wahyu- ni, mengatakan jika mengacu aturan, hanya PDIP yang mam- pu secara mandiri mencalonkan cabup dan cawabup. Sesuai UU Nomor 1 Thh{n 2015. hanya parpol yang merqi- liki 20 persen kursi di DPRD, yang boleh mencalonkan. (HSJ- b:r- t

description

 

Transcript of Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

Page 1: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPING fuIEDIABAffIAH IIIJHAT$n,T}A PtJRBAtIHff$A

ffi#iSABTU;28 MARET 201 5

Jelang P ilkado,

PURBALINGGA - Menjelang Pilkada tongi restu DPPParlai Gerindra,

untuk berkoalisi dengan Parpolmanapun untuk menghadaPiPilkada.

Menurutnya. dinamika Poli-tik di pusat bisa berbeda dengan

di daerah. Jadi konstelasi Poli-tiknya juga tidak harus sama.

Senada, Ketua DPC PKBPurbalingga Slamet Wahidin AlHanafi dan Ketua DPD PartaiHanura Purbalingga HariYanto,

mengatakan pusat memberikankelonggaran daerah untuk ber-manuver dalam menghadaPiPilkada.PertahankanTeman

Sementara itu, Partai Golkarmasih mempertahankan teman

Purbalingga, koalisi parpol yang tergabung

dalam Koalisi Merah Putih (KMP)dan Koalisi

lndonesia Hebat (KlH), dapat dipastikan pecah.

Sejumlah partai yang ter-gabung dalam kedua koalisibermanuver dan membentukkoalisi sendiri untuk meng-hadapi Pi-lkada Purbal in gga.

Partai Gerakan lndonesiaRaya (Gerindra) sebagai motorKMP, diketahu telah menggan-drng Partai Kebangkitan Bangsa(,'r 'B) dan Partai Hati NuraniRaxyat (Hanura), yang meru-

pakan anggota KIH.Mereka kemudian memben-

tuk koalisi untuk Perubahan(Kubah) beberapa waktu lalu.Bahkan koalisi ini juga sudah

menjaring bakal calon buPati(cabup) dan calon yakil buPati

tcawabup).Ketua DPC Paitai Gerindra

Purb2rlingga, Imam Poerseto, ke-marin mengaku sudah mengan-

1ama, yaitu Partai Demokrat,Partai Amanat Nasional (PAN),Partai Keadilan Sejahtera (PKS),dan Partai Bulan Bintang @BB)membentuk Koalisi Bersatu.Ketua DPD Paftai GolkarPurba-lingga, Sudono mengatakankoalisi tersebut juga mulai mem-buka pendaftaran bakal cabupdan bakal cawabup.

Di lain pihak, Partai Demo-krasi Indonesia Perjuangan(PDIP) sebagai motor KIH,memilih mandiri untuk membu-ka pendaftaran bakal cabup dancawabup.

Ketua DPC PDIP Purbaling-ga Thsdi, mengatakan PDIP bisamengusung calon sendiri karena

memenuhi persayaratan memifi-ki 20persenkursi diDPRD atiu9kursi. I

"PDIPmemiliki 11 kuriadi kami berani mencalonksendiri. Tapi komunikasi pou-

. dengan partai lainjuga tetdilakukan," katanya.

Umum Purbalingga Sri Wahyu-ni, mengatakan jika mengacuaturan, hanya PDIP yang mam-pu secara mandiri mencalonkancabup dan cawabup.

Sesuai UU Nomor 1 Thh{n2015. hanya parpol yang merqi-liki 20 persen kursi di DPRD,yang boleh mencalonkan. (HSJ-b:r- t

Page 2: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPIN& MEDIA

TakMilikiSKDPP,Dukungan Parpol Gugur

PURBALINGGA - KeruaKomisi Pemilihan UmumIKPU) Purbalingga, Sri Wahyu-ni, Kamis (26/3), mengarakandukungan partai politik untukcalon bupati (cabup) dan calonwakil bupati (cawabup), akangugurapabila parpol tersebut takmemiliki SK kepengurusan dariDPP,

"Parpol harus menyerahkanSK kepengurusan dari Dpp,1,ang disahkan oleh Kemenkumdan HAM, saat pendaftarancalon bupatidan wakil bupati keKPU. Jika tidak, maka dukung-an parpol ke calon tidak berlaku .

dan kami coret," kata dia saatsosialisasi draft Pe.rauran KpUtahapan pencalonan dan kampa-nye pemilihan bupati dan wakilbupati. di aula Kantor KomisiPemilihan Umum (KpU) pur-balingga.

Selain itu, Sri Wahyuni jugamengatakan palpol juga harusrnenyerahkan surat keputusanDPP partai, yang berisi persetu-luan pasangan calon tersebut.Jurat itu harus diserahkan dalampendaftaran.

Jika tidak, dukungan jugaakan dicoret. Untuk parpol koal-isi, dukungan harus berasal dariDPP masing-masing parpol.tsentukKoalisi

Seperti diketahui, sejunrJahparpol saat ini sudah memben-;rrk koalisi clun membuka pen-daltaran bacabup dan cawabup.Partai Gerindra, PKB, danHanura membentuk Koalisi Un-

tuk Perubahan (Kubah). partaiGolkar, PAN, PKS, Partai De-mokrat, dan PBB membentukKoalisi Bersatu. Adapun pDIpuntuk semenLara akan majusecara mandiri.

"Adapun untuk syarat pen-calonan juga mutlak, calon ha-rus menyerahkan bukti dukung-an 20persen kursi atau 25 persensuara untuk gabungan parpol.Jika ada dukungan parpol yang'takmemenuhi

syarat, kami akantuliskan dalam berita acarapemeriksaan," katanya.

Dalam rancangan PeraturanKPU, diatur dua bulan sebelumpendaftaran. KPU akan berko-ordinasi dengan Menkum danHAM. Saru bulan sebelum pen-daftaran. diharapkan Kemen-kumdan IIAM sudah memberi-kan salinan SK. SK tersebutakanjadikan sebagai dasar ter-kait pendaftaran untuk masingpasangan calon.

Jika setelah KPU menetap-kan pasangan terdapat putusanpengadilan. terkair kepenguru-san paftai politik yang dianggapsah, hal tersebut masuk wilayahpartai.

Artinya bukan wilayah pros-es pencalonan. Sebab keputusanpengadilan tidak berlaku surut,ketika pendaftaran pencalonansudah dilaksanakan.

"Karena KPU sudah guna-kan legal lormal dari insiiiusiyang memang memegang otori_tas untuk mengesahkan," kata-nya. (H82-63)

Page 3: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KTIPINS MEMEH Aff IAH }{I]HA$ $ffi$fi PI}RBAIJMfr$II

SABTU, 28 MARET2O1s

Ke; on- on gAngtr at P o ten si Akjk

SungaiKacangan

PURBALINGGABooming batu akik menYebarmerata di Kabupaten Pur-balingga. Tak hanYa Potensibebatuan asal Sungai Klalving,kini para perajin akik dari wila-yah Kejobong mulai melirikpotensi batu dari Sungai Ka-cangan yang mgngalir di wila-yah tersebut.

l'Potensinya cukuP banYak.

Ada batu putih tembus sePertijqnjung drajat, sulaiman motif,pancawarna, badar emas, dan

nagasui: Keindahan motifnYajuga tak kalah dari batu klaw-ing,?'kata Sukirnln, perajin .

'akik,sela Raja, pesa L'amuk, ,

Kecargatan,Kejobong, Jumat'(27 t3). '

' . Dia dan belasan Perajin':mempromosikan potensi terse-"but melduipamerari batu akik '

4i'pendapa kecarnatan- Selainpamer produk, kegiatan terse-

but juga r;ntuk mengukuhkana'sosiasi perajin batu PaguYu- '

'ban Wungkal $gung Ke-ca-,matan Kejobong.TingkatkanPenbhasilan :

:Bupati Purbalingga' Su-

kento Rido Marhaendriantomenyambut baik terbentuknYa

paguyuban itu sebagai ajangasah, asih. asuh usaha kerajin-an akik di Kejobong.

Demam akik di lndonesiamenjadi peluang Yang ber-manfaat bagi masYarakat. Ba-gi perajin, akik daPat mening-katkan penghasilan sehinggadapat mengangkat kesejahte-

raan."Namun jaga lingkungan

j*gan sampai alam kita rusak.

Tol.gng . berhati-hati dalammepggunakan peralalan kerja.

Jangan sampai tidhk: meme-nuhi standar keseldmatarl Juga:untuk yang inencari batu di s11'

ngai," katanya.' Carn4tKejobong,suwardi,

mengdtakan; potensi kerajinandi wilayahnya herkemblngeukup menlngkaC saatini iaja,sedikitnya 50 perajin Yangtersebar di wilayah sejumlah,desa.

:

"Kita mengadakan kontes

memproduksi akik Yang diiku-ti para perajin dengan meng-hadirkan juri dari PaguYuban

Page 4: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015
Page 5: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KTIMNS &{ffiDIA

BAfr rLry [{IJ$&$$SU& Ft}RBAtiffi f; ff A

suAnA ItflffiffiffiffiKeSABTU, 28 MARET ]O-{5

PURBALINGGA - ImPian

Madsarwin, warga RT 5 RW 1

Kelurahan Purbalingga Lor,Kecamatan Purbalingga semasa

masih hidup. unnk mempunyairumah layak huni, akhimya dapat

diniknati oleh anak dan istrinya.

Ayah beranak tiga itu, meninggal

karena menderita penyakit nrmorganas. Selasa (24131.

"Kami atas nama pemerintah

kabupaten (pemkab) dan Guber-nur Jawa Tengah, ikut berbela-sungkawa sedalam-dalamnYa.Semoga keluarga yang ditinggal-kan, mendapatkan kekuatan dan

kesabaran,'t kata Bupati Purba-

lingga Sukento Rido Mmhaendri-anto, ketlka memberikan banuankepada ahli waris, Kamis (2613).

Dia berharap, bantuan terse-

but dapat dimanfaatkan untukpembangunan rumah tidak layakhuni yang ditempati keluargaalmarhum. Pihi*nya sudah me-

ngishuksikan pemerintah keca-

matan, untukbekerja sama deng-

an Korarnil, membangun rumaht91se'.rt.

Dekh.KandangUntuk diketahui, selama ini

keluarga almarhum menemPati

rumah tidak layak huni di atas

lahan warga lain. Rumah tersebut

bahkan berdekatan dengan Peter-nakan sapi, sehingga kondisinyasangat tidak sehat. Tetapi, sebagai

pekerja serabutan, MadsarwinAiUuntu istri dan anaknya hanYa

tidakmemitiki cukup dana unnikmemperbaiki rumah tersebut.

Istri almarhum, Sartingahmengaku terharu atas bantuanyang diberikan Bupati. Dia ber-

harap, bersama ketiga anaknYa,

Apriyadi, Jamaludin, dan GemPar

Wahluyono, dapat menemPatirumah yang lebih layak huni.

Lurah Purbalingga Lor, HeriMei Yoga Priyogi, mengatakan

berbagai pihak telah beruPaYa

membanor Madsarwin agar bisasembuh.

: Melalui Forum KesehatanKelurahan @KK) danBadan Ke-swadayaan Masyarakat @IA\4)kelurahan, warga beruPaYa mem-bantu pengobatan dan membiaYai

opemsi tumor ganas.' ?emerintahkelurahan juga mendaftarkan keBPJS Kesehatan," terangnya.

SementarauntukmemPertai-

ki rumah alrnarhurn, pemerintahkelurahan dan masyarakag bergo-tong-royong mengumpulkanbantuan. Paling tidak dibututrkandana sekitar Rp 20 juta untuk

membangun rumah layak huni.Dengan dana yang ada saat ini.dinilaicukupuntukitu.

"Sehingga dari jumlah tene-but kami rasa cukup untuk mem-

bangun rumah layak huni danmerelokasi ke lahan milik keluar-gatersebut yang sudah dibetinyadi Keluahan Kembaran Kulon,"katanya- (H82-63)

Page 6: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015
Page 7: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

ffiIffiNGI\{EilIAB,{{}IA$ }{1JHA$.$[,T}A PiJnBALiI{fi $E

,B:S'ffi,',15 X{ *

SABTU,28 MARET 2015

Dinkes Gencai Benahi FasilitasKesehatan

PURBALINGGA-DinasKesehatan gencar membenahiRSUD, puskesmas, dan fasili-tas lain, agar tahun ini Purba-lingga dapat memperoleh Adi-pura.

Di sela-sela mendampingiBupati Purbalingga memantausejumlah titik pantau ProgramAdipura 2014-201 5, Jumat(27ljl. Kepala Dinkes NonorMulyono, mengatakan bidangkesehatan juga ikut terkaitdenganAdipura.

Hal itu menuntut Dinkesuntuk terus meningkatkan der-ajat kesehatan, khususnya

kesehatan masyarakat.Upaya yang dilakukan sar

uan kerja perangkat daerah(SKPD) itu bersama jajaran-nya, antara lain menggalakkanpemberantasan sarang nyamuk(PSN) dan melakukan pe-nyemprotan secara rutin, tem-pat pembuangan akhir (TPA)Banjaran.BasmiLalat

"Siapa pun sektor yangmemimpin upaya untuk mem-peroleh Adipura, Dinkes tetapmendukung. Hal itu karenapenilaian Adipura, juga terkaitmasalah kesehatan," tutumya.

Lanjut dia, penyemprotansampah di TPA adalah unrukmembasmi lalat, agar tidakberkembang biak dan mem-bahayakan warga di seki-tamya.

"Tanpa Adipura pun, kamitetap melakukan penyemprot-an rutin, seminggu duakali. Se-hingga kami optimistis Adipu-ra selanjutnya dapat diraih,"terangnya.

Kepala Badan LingkunganHidup (BLH). Ichda Masriyan-to, menjelaskan pantauan peni-laian keduakali ini unnrkmeli-hat kesiapan semua sektor

terkait.

. "Beberapa tempat yangl<arru pantau, adalah pada saru_an kerja perangkat daerah(SKPD), rempar pengelolaanterpadu (TPST), pasar danfasilitas umum lainny4,' kata_nya.

Tim Adipura dibagi tiga,masing-masing dipimpin Bu-pati, WakilBupati, dan Sekda.Peninjauan tersebut diikutipula oleh instansi terkait.

Tim mengunjungi bebera_pa titik pantau seperti pasar,rumah sakit. puskesmas, danTPST.

Menurutnya, dalam upayameraih Adipura untuk kalikettjuh ini, kesadaran masya_rakat perlu terus didorong da_lam mengelola sampah melaluiGerakan Tiga Jari.

"Gerakan tersebut adalahmemilah sampah organik danbukan organik; mengolah sam-pah organik seperti daun,rumput, sisa makanan danbuah menjadi kompos; sertamendaur ulang sampah berba_han dasarplastik, kaleng, botol,dan kaca menjadi barang yangbisa dimanfaarkan ke;'bati..'katanya.@10-63)

Page 8: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

ir)\o

-!'r!

q)-\i

qa<

!l*

U

OO

Us..4!

!

4

!OO

\)

S

Rq\).\e

.\J,vh\

r0\Q

J

zr-i

Page 9: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPING MSDXA

B,{frIAH I{I,IHA$-$$,}DA PI]R$AII$$$*

MEBDEKASABTU,23MARET 2015

Malam hei Warga DiimbauPadamkamListrik

PURBALINGGA-Selnruhmasyarakat diminta mematikanlistrik selama satujampada Sabtu(28i3) pukul 20.30-2 1.30. knbau-an ini untuk mendukung kampa-nye Eafih Hour Indonesia 20i 5.

Kepala Bagiar Humas SetdaPurbalingga. Rusmo Pumomo,mengatakan gerakan mematikanlisffik selama 1jam, merupakanwuj ud partisipasi pemerintahdaerah terhadap dukungan ger-akan Earth Hour Ildonesia.

Gerakan ini dicanangkanGubemur Jawa Tengah, lewatedaftm nomor 7611003086 tang-gal24 Ma'et 2015. ''Unruk itukami mengimbau seluruhmasyarakat. komunitas, mediamass4 praktisi bisnis, daii SKPDagm bisa mematikan listrik, padaSabtu dari jam N.30-21.30," nlarRusmo. Jumat 12713;.

Rusmo menambahkan, me-matikan listrik ini juga bukanhanya mematikan lampu, tetapi

juga semua peralatzrn elektronikyang tersambung dengan listrik.HematBiaya

"Mematikan listrik secaraserentak dapat menghemat biayadan menghemat energi secaraserentak di seluruh sedunia,"imbuhnya.

Dia menjelaskan, Earth Houradalah sebuah kegiatan globalyang diadakan oleh World WideFund for Nature ftVWFir{), padaSabtu terakhir, setiap Maret.

"Kegiatan ini berupa pema-daman lampu yang tidak diper-lukan di rumah dan perkantoranselama satu jam, untuk mening-katkan kesadaran akan perlunyatindakan serius nienghadapiperubahan iklim." nrnrmya.

Selama memadamkan lisnihmasyarakat bisa duduk di terasdan memandang bintang di la-ngit. Atau membaca dengan pen-eftmgan lilin dan lampu mihyakseperti zaman dahulu.€l 0-63)

Page 10: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPING K$EDIA

AMBIL GAMBAR: Srswa SMA'Bukateja Purbalingga mengambil gambarfitm GugatPqat, baru-baru ini; (55)

SMA Bukateja Garup Film "Gugat Pqaf'REALITAS begitu tinggi angka perceraian di

Purbalingga beberapa tahun teAkhir ini disebabkanoleh beberapa persoalan. Salah satu persoalanutama adalah faKor ekonomi.

Uniknya, pihak yang menggugat ceraikebanyakan datang dari pihak perempuan. FaKa inidisebabkan oleh lapangan peke4aan di Purbalinggahanya terbuka lebar bagi kaum perempuan, semen-tara itu tidak berlaku bagi laki-laki.

Kenyataan itu menggelitik para pelajar SMABukateja Purlcalingga yang tergabung dalam SabukCinema Ekstrakurikuler Sinematografl untuk men-uangkannya dalam medium film pendek. Merekamemproduksi film bertajuk Gugat Pegat (GugatCerai). Rabu @5/3).RisetMedia

"Riset cerita yang kami bangun berangkat dariberita-berita media massa lokal tentang begitu tinggiangka perceraian di Purbalingga. Kami menganali-sis, banyak pabrik bulu mata dan rambut palsu tidakpernah dipehatikan efek negatifnya oleh pembuatkebijakan," tutur Laurelita Gita Prischa Maharani,penulis skenario sekaligus sutradara.

Laurelita menambahkan, keberadaan pabrikbulu mata hingga plasma yang sampai ke pelosok

desa, didominasi pekerja perempuan. Dampaksebaliknya, lelaki hanya menjadi pengangguran.

"Kami merasa, fenomena ini penting untukdiangkat dalam fi lm," jelas siswi yang masih duduk dibangku kelas X ini, kemarin.

Skenario film pendek Gugat Pegat ini berceritatentang seorang pasangan muda, Malik dan Hani.Hani bekerja di salah satu plasma rambut palsu,sementara suaminya, Malik, adalah seorang sarjanapengangguran. Setiap hari, kesibukan Malik men-gantar istrinya ke tempat kerja dan menulis lamaranpekeriaan yang tak kunlung diraihnya.

Kmdaan keluargayang demikian, membuat Hanitidak tahan, terlebih Mdik selalu membanggakanijazah kesa4anaannya, padahaldi kotamerekatinggal,gelar itu tidak bequna. Hingga suatu ketika, puncakpersoalan keluarga itu berakhirdengan talak.

Guru pembina Ekskul Sinematografi MeinurDiana lrawati mengatakan, seperli tahun-tahunsebelumnya, produksi lilm tidak hanya melibatkansiswa sebagai pemain fi lm.

"Guru dan staf pun dilibatkan. Bagi kami, filmselalu membawa pengalaman baru yang menye-nangkan," ungkap guru mata pelajaran Ekonomi ini.(Nugroho Pandhu Sukmono- 55)

Page 11: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

fi A*IAH }{|Ih{A$.$ETD$ PIIRBAI,IHfr$*

Radar Ban!rumas . sabtu Legi28 Maret 201s

dan furgrn KencangPURBALINGGA-Badan

Penanggulangan BencanaDaerah (BPBD) Purbaling-ga mengingatkan ancamanhujan diserlai angin kencangb erpotensi terjadi di wilayahPu rbalingga. Timbulnya a-ngin kencang ini harus di-waspadai oleh masyarakat

sampai akhir Maret ini.Kepala pelaksana BPBD

Purbalingga Priyo SatmokoSH MH mengatakan, Po-tensi hujan lebat disertaiangin kencang dan petirmasih terjadi. "Musim pera-lihan pdncaroba masih ber-potensi, masyarakat Perlu

waspadai'katanya.. Priyo menambahkan, baha-ya iongsor akibat hujan danangin kencang untukwilaYahpurbalingga mencakup se-

bagian besar kecamatan.Seperti wilayah longsor akibathujan meliputi, KecamatanKa ran gjambu, Karangreja,

Bobotsari, KaranganYar, Ker-

tanegara, Karangrnoncol,danRembang.

"Kecamatan lain juga me-

miliki Potensi sePerti Bu-katela, Mrebet, Boiongsa'ri,"katanya.

Selain memi[ki PotensiIongsor, wilaYah tersebut juga

memiliki Potensi angin ken-

cang. Sehingga, masYarakatdiminta unruk m eningkatkan

kewaspadaan saat terjadi hu-

ian angin diserlai Petir."Bila hujan disertai Petir

usahakan j angan beraktivi-tas di tempat terbukai' tam-

bahnya.(iok/bdg)

Page 12: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

Radar B3II* r Sabtu Legi 2g Maret 2015

Delapan Perusahaan

TerancamPidanaTak TeraPkanUMI(

PURBALTNGGA- DelaPanperusalraan Yang didomi na-

si sektor rambut bisa teran-

cam pidana karena hingga

tahun 2015 ini belum me-

nerapkan UPah MinimumKabupaten (UMK). Prosen-

tasi jumlah Pekerja Yanghelum menikmati {IN4K di

delapan Perusahaan itr'r her-

variasi, muiai dari 50 Persensampai 95 Persetr Pekerja'

Hal itu diungkaPkan Ketua

Ketua Serikat Pekerja Selumh

ir.idonesia (SPSI) kabuPaten

Purbalingga, SuPono Adi War-

sito SH, Iumat (2713). Data itu

dari hasli survei PeneraPanUMK tahun 2015 bersamaTripartit, Februari lalu.

"kot"nu tak memenuhiIIN4I(, perusahaan bersang-

kutan bisa terjerat tindakpidana kejahatan dan bisa

diproses sesuai UU Nomot'

13 Tahun 2003 tentangKetenagakeriaan Pasal 1B5i'

uirnva.'eaia pemilik Pertrsahaa n

itu bisa kena sanksi hukti-man minimal I hingga 4bulan Penjara. Atau denda

maksimal RP 100 iuta hingga

Rp 600 iuta. TentunYa jikas"m.,a Prosedur sePetti Pe-

nangguhan, dan peman- tir.rdak tegas. Iui sud-alr tidaktauan serla bukti yang ada adili'tambahnya.memenuhi. Ia berharap, hasil pernan-

"Jika sudah seperti ini, tiilianpenerapan lli'iir-i',tinggal upaya pemerintah dilaku-kan litn hici: 'liirdaerah, yaitu bupati sebagai rlal<LriLrii il iill:.Ketua tripartit harus bersi - gii perusaillatr I-'ersatgkrt'kap. Buoati harirs bisa adil tan. Namntr clcrrgair suratkepada warganYa yang be- resmi dan tahapan pemang-keria. Karena saat karyawan giian yang sesuai aturan'bekerja,tuntutannyabanyak f idak asal dipanggii dattdan saat perusahaan me- ber"ikansa|rksiatarrdiajukanlanggar aturan, tidak di- betkasperkara s ke hal.10

r llela[an 49 tahun 2004 yang mem-perhitungkan masa kerjadan jabatan. Iika semakinlama kerja, ada tambahanpenghasilan Rp 5.000 perbulan. Jika sudah 10 tahuntinggal dikalikan.

"Ironisnya, meski dulu su-dah diberikan kelonggarandengan mengajukan suratpenangguhan UMK jika tidakmampu melaksanakan, hing-ga kini tidak ada yang me-ngajukan penangguhan. Na-mun saat dilakukan survei,belum semua perusahaanmenaati UMK," tegasnya.

Data yang dihimpun Ra-darrnas dari SPSI Purba-lingga, dari 60 perusahaanyang disurvei dengan 39.-615 karyawan, masih ada7.915 atau l9 persen karya-wan yang belum menikmati

UMK. Padahal UU ketena-gakerjaan sudah lebih dari10 tahun berlaku di Indo-nesia.

Kepala DinsosnakertransPurbalingga, Ngudiarto SHmenjelaskan, melalui Api-ndo Purbalingga sudah adarapat dengan perusahaantersebut. Dinas juga sudahmenerbitkan surat tugasuntuk memerikSa pengelolaperusahaan sebagai pe-manggilan pertama.

"Iika dalam tiga kali peri-ngatan tetap belum bisamenunaikkan UMK, makakami bisa memberkas acarapidana. Namun biasanyakita peringatkan sekali, su-dah ada perubahan padatahun yang sama," ung-kapnya, kemarin (27 l3).(amr/bdg)

Dinas Segera Panggil Pengelola

Sambungan dari halaman 7

"Saat ini jika sebatas peri-ngatan, tidak ada efek jera.Sebagai pembanding, perusa-haanpribumi saja sudah adayang UMK, kenapa PMAbelum semua menerapkanUMK. Pemerintah tidak usahtakut, karena ada dasarnyadan Undang Undang berlakumenyeluruh. Pindah kema-napun, pemilik perusahaantetap bisa dijerat UU itu. Tidakada alasan takut kalau peru-sahaan akan lari dari Pur-balinggaj' tambahnya.

Supono mencontohkan,saat ini UMK 2014 sebesarRp 1.101.600, itu belumtermasuk penghasilan tam-bahan sesuai I(epmenaker

Page 13: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

;octr,o6

o-=

<'=OE

l, oro,

:1.' (E

:Gtro

.: (g

(!!gcoID

o

(El<6G

(g

EoE

vf,

HOs._

h'-I.c(uL(E

o.!(gth

!

oooLoo,!i

(E

(E

E(E

V'6

0)oEoo-

s.G-)cizdI>cJ(!YP<Etb<;(lo

.H

Radar Banyumas o Sabtu Legi 28 Marer 2015

Page 14: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

a

KLIPING MENT&BAfrI,t}{ }{I]${A$ $ETD$ PiIRBAI;I$ffft&

Radaf BanyUmaS o Sabtu Legi 28 Maret 2015

Ibu Melahirkan, BaY

Langsung DaPat NcaDewan BeberkanHasil Kunja Ke Bali

PURBALINGGA- Hasiikuniungan kerja (Kunja)oimpinin dan Komisi I

..rtu tt DPRD Purbalinggake Kabupaten Badung dan

Gianyar, Bali Pada (22-25 Ig), dibeberka n, lumat (27 1

3) siang di ruang raPatpimpinan. Dewan Yang me-

iakutan kunia didamPingiKepala DindukcaPil dan

Direktur PDAM itu me-ngaku tidak semua hasilkunja itu bisa Iangsungditerapkan di Purbalingga'wakil Ketua I DPRD Pur-

balingga, Adi Yuwono me-

Uius Akte dengan ]-emPut Bolar l[u

Sambungan dari halaman 7

DuIu di Purbalingga Per-nah ada sePerti itu, taPisekarang sudah tidak terli-hat lagii' paparnya.

Sedangkan untuk Pengelo-laan PDAM, untuk meng-hindari konflik dengan Pe-tani dalam memanfaatkansumber mata airYang sama,

ada sistem ganti rugi dariPDAM kepada masYarakatberupa uang setara harga500 kilogram beras Yangdibayar setahun dua kali.

"Jika diterapkan di Purba-Iingga setidaknya memerlu-kan pemikiran bersama.Misalnya kendaraaan oPe-rasional dewan Yang elfdigunakan sebagai kenda-raan operasional jemPutbola. Meski begitu, anggaran

ngatakan, daiam kunjunganke KabuPaten GianYar, Ko-

misi I memPelajari Penye-lenggaraan data kePendu-

dukan dimana dalam mena-

ngani validasi data Pendu-dik, ditatukan secara Pasifdi kantor dan aktif beruPajemputbola langsung ke tiaP

desa."Untuk akta kelahiran di

Gianvar, DindukcaPil beker-

iasama dengan bidan desa,

iumah sakit bersalin dan

rumah sakit lainnYa' De-

ngan sistem ini, ibu Yangmelahirkan bisa langsungmendaPatkan akta untukbayinya ketika Pulang dari

ber5alin. r ke hal.10

juga harus tetaP diPerhi-tungkani' tambahnya.

Wakil Ketua II DPRD Pur-balingga, Muhklis membe-narkan untuk jemPut boladiperlukan kendaraan oPe-rasional. Seperti di Kabu-paten Badung Yang terkenalsebagai kota wisata, dalampenanganan dokumen ke-pendudukan, DindukcaPilmelaksanakan pro gram jem-put bola dan gebYar PelaYa-nan catatan siPil Yang dila-kukan berkala di beberaPawilayah secara bergandan.

"Pemkab Badung juga me-mbuat kebijakan santunankematian sebesar RP 2,5 juta

bagi penduduk Yang me-ninggal. Dengan adanYa san-

tunan itu, kesadaran warga

mengums aka kematian sa-

ngat signifikan. Di Purba-lingga, kesadaran mengurusakte .masih membutuhkan

peningkatani' tandasnYa'

Sementara itu untuk Pe-ngelolaan PDAM, PemkabBadung pernah bekerja sa-

ma dengan pihak ketiga,setelah kuat, mereka berdirisendiri mengelola air. Ada-pun tingkat kehilangan airsebanyak 30 Persen' Se-

dangkan di Purbalinggatingkat kehilangan air iebihdari itu. Bahkan DirekturPDAM Purbalingga sempatbertanya- tanYa masih ba-nyak pipa yang bocor. Ha-rapannya, Penanganan PiPabocor lebih oPtimal.

"Kami akui PendaPatanAsli Daerah (PAD) di sana

sangat tinggi, Yaitu RP 2,8

triliun dari sektor Pariwisa-ta. PAD Purbalingga tidaksetinggi itu, namun kamimenilai kebijikan sePerti akedan PDAM bisa dijalankani'tuturnya. (amr/bdg)

Page 15: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPINS MEEX&

Radar Banyumas o Sabtu Legi 28 Maret 2015

s0$0Kluntur. Kali ini, dirinya Iebihmemilih menjadi pengge-mar pertandingan Liga Ing-gris. Tim idolanya adalahChelsea. Saking sukanyadengan tim yang berkan-dang di Stadion StamfordBridge London ini, jugamengoleksi p ernak-perniktentang Chelsea. Termasukkostum biru milikklub yangdikuasai oleh Taipan asalRusia Roman Abrahamovictersebut. (tyalbdg)

Penggemar Berat PSIS I PGnggCmAfdan Chelsea

DIAM-diam AnggotaKomisi Pemilihan U-mum (KPU) Purba-lingga Divisi BadanPenyelenggara, Logis-tik dan Keuangan Su-darmadi SIP, meruPa-kan penggemar beratsepakbola. Meski demi-kian, kesukaannya ma-sih terbatas menyaksi-kan penampilan pe-main sepak bola di te-Ievisi dan Iapangan.

Hal itu diungkapkan oleh pria kelahiran Lam-pung, 21 Mei 1981 ini kepada Radarmas saatditemui di ruang kerjanya, beberapa waku laiu."Saat masih kuliah di Semarang, saya sering datang

ke (Stadion) |atidiri, untuk menyaksikan PSIS

(Semarang) bertandingi' katanya. I ke hal. 10

Anda memiliki unek-unek tentang ber-bagai hal demi perbaikan dan kemajuanPurbalinEga yang penting tidak menying-gung sara dan fitnah.Caranya ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081 -327-333-778

Tak Diikutkan BPJSTULUNG Pak Bupati, karyawan pabrik rambulkhususe nang lndokores urung pada dimelukena BPJSkesehatan, Melasi, angger mriyang kon mbayar dwk>Go mangan be ra cukup. Terimaksih

085100739963

Gemari Liga Inggris

Sambungan dari halaman 7

Dia mengaku, hampir takpernah melewatkan setiappertandingan tim berjulukMahesa Ienar tersebut, disetiap Iaga kandangnya.

Namun, kebiasaannya ter-sebut mulai hilang sejakhijrah ke Purbaiingga.

Namun, kecintaannya ter-hadap sepak bola tak pernah

PURBAI.IilGGI EKSPRES

-Terminal TunjungmuliDitata Ulang

KAitANGI\{ONCOL-Kondisi termial Angkutan D e sa

(Angkudes) Desa Tunjungmuli muiai ditata ulang. Seiainsr-rdah tidak terawat, kondisi aspal tempat tunggupenumpang juga sudah dirasa tidaknyaman.

Kepala Desa Tunjungmuli )oko Pranoto mengatakan,kondisi terminal saat ini memang dirasa kurang nyamanoleh para penumpang ataupun angkudes yang me-ngambil penumpang. Sehingga, periu diadakanperbaikan dan penataan agar bisa terasa nyaman.

Joko menambahkan, saat ini perbaikan akan difokuskanpadapembuatan gapura. Selajuinya, perbaikan akan dilanjutkanpada aspal di dalam terminal. "Ferbaikan dilakukanbertahap.Saatini baru gapuranladulu br.rlandepanbaru akandilaiqlkanpada bagian aspal dalamterminali' katanya.

Dana pembangunan terminal angkudes Desa Tunjrurgmuliakan diambil dari Dana aset desa dan swadaya masyarakatsebesar Rp 30 juta. Meskipun dananya kecil, namun Jokooptimis hasil pembangunan terminai akan maksimal.

Setelah dilakukan perbaikan, diharapkan bisa mem-fasilitasi kendaraan hususnya koprades agar lebihnyaman dan aman. "Selama ini juga ada retribusi daripara Angkudes, jadi ini juga sebagai bentuk per-tanggung'awaban kepada angkutan dan masyarakati'jelasnya. (jok/bdg)

Page 16: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPINO MENIAB,{fi I}'}i I{IJh{,t$ $ETDA Pt]RBAtIHff*fi

Radar Banglumas o Sabtu Legi 28 Maret 2015

-F IITB AtI il G F[ EKS P B ES- niminta Iaga Lingkungan

I(eiobong Andalkan Batu

Akik Sungai KacanganPURBALINGGA - Mengikuti booming bay *I

art"i-iUttgri tr(lawing' perajin batu attk oarr

;;i;*h i".amatan Kejobong menco?1-*"-

;;.#il;;oiensi tatu akik dari sungai Kaca-

ilffiffi; il.*-u.r"r' wilavah kecamatan Kejo-

bong. Langkah awal tu"g aituttuX.".l i9illh;;;;;;";gg'lu' Pui"'"ri" batu akik di Aula

il::;;;;; KA"bong' kemarin 127 t3)'

Menurut Sukirman, 'utut''

tu"' p"rajin batu atik

sunsai Kacangan, potensi batu akik di sungai yang

#;;";i*;;ff nant ai B anj arne gara' Ji1!"is-:ffi;"grt ;ffi;nsari, sokanegara' Lamuk' Teiasart

il;ffi;',"".uk tempuran Sungai Kl::'^1?.]"t

"rtii u"tut. Sayangnya selama ini' potensi yang

l[" d.rt* ott"'uoo"*ing sepe.rti batu,lcawing'"6il;i;t; "ruP-il?"Yat' la'a Pll 11"n

tembus seperti lun1unf Jeialat' Sulaiman motif'

n an cawarna, badar emis dann a gasui' Keind aha^n

ffiffiffi;e" i"t kalah dengan batu Sungat

Klawingi' uiar Sukirman'

Sukirman mengaku, sudah hampA tiga tahunber-

mainbatu akikkhsususnya batuyaig diapUil qT::;fi (il-'* :sT{*ffi:T*ilfH"1itf,Tmotif bagus sePertr Par

;;;"i I?;."*an' unggulanva. masih j enis j asp er'

r.*ii"L J"*i"idan sulaimani' ielasnya' r ke hal' 1 0

r K8i0h0ngSambungan dari halaman 7

Seiring, menggeliatnYa bis -

nis batu akik saat ini, Diayang memiliki bengkel di RT

7i RW II Desa Lamuk, ikutmenikmati manisnYa bisnisbatu akik. Di desanYa, IanjutSukirman, kini ada tujuhperajin, namun Yang aktifbaru tiga Perajin termasukdirinya. Dibantu tiga tenagakerja pemuda setemPat, da-lam sehari masing-masingmampu membuat batu akikhingga 10 buah. "Saat inihatrya sebatas memenuhipesanan sajai' tandasnYa.

Bupati Purbalingga Drs HSukento Rido Marhaendri-anto mengatakan, boomingbatu akik di Indonesia me-rupakan peluang Yang ber-manfaat bagi masYarakat.Bagi peraiin daPat mening-katkan penghasilan sch i ng-ga dapat mengungkit kese-jahteraan di masYarakat.

"Pesan saya, jaga lingkunganjangan sampai alam kita nlsak'Yang kedua, toiong berhati-hati dalam menggunakanperalatal kerja. Jangan sam-

pai tidak memenuhi standar

keselamatan. Iuga untukYangmencari batu di sungaii' ka-

tanya.Bupati juga meminta Para

perajin untuk meminima-lisir kemungkinan terjadi-nya gangguan kesehatanakibat debu batu. "Minimalharus pakai masker danjangan sambil merokok,"tandasnya.

Sementara, Camat Kejo-bong Suwardi mengakuipotensi kerajinan di wila-yahnya berkembang cukuPmeningkat. Saat ini saja,katanya, sudah ada sedi'kitnya 50 perajin Yang ter-sebar di wilayah kecamatanKejobong. "Kita mengada-kan kontes yang diikuti Paraperajin dengan menghadir-kan juri dari PaguYubanpelestari dan pecinta batuakik Klawing kabuPatenPurbalingga," jelasnYa.

Sedikitnya ada 14 Perajinyang berpartisiPasi dalamkegiatan tersebut. Selainpamer produk akik SungaiKacangan, kegiatan tersebutjuga untuk mengukuhkanasosiasi perajin batu keca-matan Kejobong, Yang diberinarria Paguyuban WungkalAgung. (tyalUag)

Page 17: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

Radar Banyumas . sABTU LEGI2B MARET 2015

Dawuhan i1q t%!E&

Aparat Hukum Disorotr Para

Sambungan dari halaman 7

Dosen Ilmu Politik FisipUnsoed itu menjelaskan,daiam hal tukar guling, adabeberapa hal permasalahanyang biasa digunakan untukmelakukan korupsi: yakni,menyiasaati UU dan aturanmain dalam aturan. Dariyang seharusnya tidak bolehmenjadi bisa dilakukan.

Selain itu, dari data pem-biayaan, pelaksana tukarguling bisa melakukan mark-up anggaran dariyang seha-rusnya. "Potensi korupsidan penyalahgunaan wewe-nang sangat kuat dalam haltukar guling tanah desa,"jelasnya.

Ketika disinggung terkaitpengusutan sejumlah pihakyang terlibat dalam kasustukar guling tanah dawu-han, Indaru menjelaskan,kesulitannya sebenarnya diaparat hukumnya. Apakahmereka mau atau tidak me-ngungkap dan menyeretpara pendesain kebijakantersebut."Permainan di aparat,

bukti dan fakta mau dilibat-kan atau tidak, mereka pa-ham data dan fakta di lapa-ngan. Masalahnya, selalusaja ada yg harus dikor-

bankan dalam kebijakan,"terangnya.

Seperti diberitakan sebe-lumnya, Kasus dugaan pe--nyelewengan tukar gulingtanah banda Desa Dawu-han, Kecamatan padamaramemasuki babak baru. Se-telah berkas tersangka di-limpahkan ke Kejaksaan,kini giliran para tersangkamelaporkan balik mantanBupati Purbalingga, Tri-yono Budi Sasongko kePoires Purbalingga, Kamis(26/3).

Selain melaporkan mantanBupati Purbalingga, empattersangka kasus tukar gulingtanah Desa Dawrrhan, ma-sing-masing mantan Sekre-taris Desa Dawuhan KS,Ketua BPD Darvuhan RHalias MR, ketua panitia tu-kar guiing SW dan KadusDl juga melaporkan tigapejabat lain yakni mantansekda Subeno, mantan Ca-mat Padamara Yani Sutris-no, dan pengusaha RaymonLantas dari PTUsaha LantasSejahtera.

Kasus tukar guling tanahDawuhan terjadi pada ta-hun 2008-2009. Pada masakepemimpinan Kades IW,tanah desa dijual kepadapengembang untuk digu-nakan sebagaiperumahan.(jok/bdg)

Para TersangkaDimrnta TerbukaKasus Tukar GulingTanah Dawuhan

PURBALINGGA-Setelahberkas empat tersangka ka-sus tukar guiing tanah Ban-da Desa Dawuhan dilim-pahkan ke Kejaksaan Purba-lingga, empat tersangka me-Iaporkan kembali mantanBupati Purbalingga, TriyonoBudi Sasongko dan tiga or-ang lainnya ke polisi.Direk-tur Insitut Negeri Perwira(INP), Indaru Setyo Nur-projo SIP MA, menyarankanagar para tersangka kausustukar guling tanah Desa

"Siapa-siapa saja yang ter-libat, siaph yang mendesainkebijakan tersebut, katakansajai'katanya.Menurut Indaru, ada dua

hal yang harus dikritisi da-larn hal kasus tukar gulingtanah desa itu. Yakni, desaintukar guling dan penyele-wengan tidak hanya dila-kukan oleh pclaksana saja.Namun juga harus bisa me-nyeret mereka yan€J meren-canakan kebijakan tersebut.

"Kedua, kalau roh sebagai pe-Iakan4 merekatentujugapahamapalahitrrm elanggar atau tida(terjadi mark up atau tidaki'tambahnya. r ke hal. 10

Page 18: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

Radar Banyrmas o Sabtu Lesi 28 Maret 2015

PURBALINGGA- Tembok kelilingTaman Hijau Perurn Griya Abdi Ken-cana Purbalingga, sejak lebih dari se-pekan IaIu ambrol dan roboh. Materialpuing tembok masuk ke saluran irigasi.Hingga kini belum ada penanganan.

Warga setempat, Yudi rrengatakan,sebelumnya hanya posisi ternbokSelatanyang miring. Kemudian tak diketahuikarena apa, tembok iru malah ambrol

Ternbok Taman

Hijau Abdi I(encanadan r:oboh masuk ke sungai. "SaYa

tahunya sudah sepulu}r hari ini roboh'Kalau warga hanyameminta agaririgasitidak tersumbat dan menYebabkanbanjirj' ujarrrva, Jumat(27 l3).

Penghuni komPlek Perumahanlainnya, Suroto rnengakui jikakondisibangunan sudah miring. RobohnYajuga tidak bersamaan. Perlama hanya*i.ir-rg, kemudian ambrol dan robohke sungai irigasi.

"Ini kervenangan DPU Purbalingga.Saya rasa sudah dipikirkan penanga-

nannya. Tinggal menunggu pelaksanaan

perbaikannyai' katanya' I ke hal. 10

Roboh

Butuh Dana hingga RP 200 JutaI IGMbOK

Menurut Perhitungan-nya, anggaran Yang di-perlukan untuk Perbai-kan tembok itu besertapembenahan lain kisaranRp 200 juta. KarenanYaakan dialokasikan meialuiAPBD KabuPaten.(amr/

Sambungan dari halaman 7

bdg)

I'l::'&l:.,1 .a; $rSj

Kepala DPU Purbalingga,Sigit Subroto mengatakan,anggaran pemeliharaan ru-tin untuk perbaikan tamanbelum cukup. PihaknYa me-

ngupayakan perbaikan tem-bok tersebut Pada APBDPerubahan jika memung-kinkan.

"Jika tahun ini di APBDPerubahan tetaP belum bi-sa, maka akan dimasukkandi APBD mulni tahun dejpan," jelasnya.

RMASCAHYO/

ROBOH:TembokTamanHijauGriyaAbdiKencanaPurbalinggadibenahi dan dikhawatirkan dapat menyumbat aliran alr'

roboh tanPa sebab. Kini runtuhan tembok itu belum

Page 19: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPING MEDIAft ;qfr hq }{Uh{$$ $ETDA PIJRBAIIff$$A

Radar Banlrumas . Sabtu Legi 28 Maret 201

KEMENTERTAN KEUAN9AN REPUBLTK thtDSNE$rA

DIREKTORAT JEN DENAL PAJAK

KANTOR WILAYAH JAIffATENGAH II

KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA PURBALINGG,A

JALAN LETJEN S PAFIMANNO.43, PI.JRBALIT.iGGF\ 53316

TELEPON (0281)89141 9: FAKSIMILE (0281)891626;'SITUS wuryp4ish.qojd

LAYANAN INFORMASI DAN KELUHAN KRING PAJAK (021)500200

EMAIL [email protected].&!.

PENGUMUMAN

DIBERITAHUKAN KEPADA PARA WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI BAHWA KANTORPELAYANAN PAJAK PRATAMA PURBALINGGA TETAP BUKA DANMEMPERPANJANG JAM KERJA PADA:

PUKUL 1O.OO S.D 15.00 WIB.

1, SABTU TANGGAL2S MARET20152, MINGGU TANGGAL 29 MARET 2015

PUKUL 17.00 S.D 19.00 WIB

1. SENIN TANGGAL 30 MARET 20152. SELASATANGGAL3.I MARET2O15

JENIS PELAYANAN YANG DIBERII(AN KEPADA WAJIB PAJAK SELAMAPENAMBAHAN JAM KERJA ADALAH PEI.AYANAN KONSULTASI DANPENYAMPAIAN SPT TAHUNAN PPH

BAGI PARA WAJIB PAJAK YANG BELUM MENYAMPAIKAN SPT TAHIJNAN WP OPAGAH MEMANFAATI(AN PERPANJANGAN JAM KERJA TEHSEBUT,ATAS PERHATIANNYA DISAMPAIKAN TERIMAMSIH.

27 Marel2015

Tiranda1 9931 01 001

I

Page 20: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

Radar Banyumas r Sabtu Legi 28 Maret 2015

SudonoTalcAlcanCalonkanQress

PURtsALINGGA - Ketua tannya pada 6 September

DPD Partai Golkar Purba- mendatang'

lingga Sudono akhirnya "Terkait rapat pleno' saya

memenuhi janjinya, untuk jelaskantidaksemuakeput-

menjelaskanki'*"hit't""'ul usan partai harus melalui

ditubuhpartaiberlambang mekanisme rapat pleno'

pohon beringin tersebut' Rapat harian sudah cukup

Kemarin (ZitS), Sudono untuk mengambil keputu-

mengtlngkupkan, keikutser- san partai' term-asuk kepu-

taannya"dalam penand'a- tusan strategis (koalisi Pil-

tanganan koalisi bersama kada)i'bebernya'

PAN, Partai Demokrat dan Kontraktor ternama di

PKS tidak dilatarbelakangi Purbaiingga ini' juga men-

pesanan dari bakal calon' ielaskan terkait tudingan

Dia juga menegaskan, tak bahwa dirinya sudah.me-

akan mencalonkan H Cress langgar aturan organlsasl

yang saat ini menjabat Wa- dan disiplin partai' karena

kil Ketua DPRD Purbaling- terlibat kasus korupsi' Dia

ga dalam piikada 2015 ini' berkilah' hingga saat ini"Termasuk pesanan d'ari belum ada satu pun ke-

saya untuk menernpatkan putusan partai'.yang berisi

anak saya (H Cress eahi- pemecatan terhadap diri-

suseno "St)

sebagai calon nya'"BultinyamasihadaSKwakil bupati' Poiisi anak tersebut dari DPD Partai

sayasekaiangsebagairvakii Golkar Provinsi Jawa Te-

ketua DPRD" Purbllingga ngah' ladi' saya rasa tidak

sudah cukup," lanjutnya' ada masalahi' imbuhnya'

Sudono juga mengatakan, Dia juga menjeiaskan' ber-

klaimdar-ifrakilsekretarisdasarkaninstruksidariDPPBidang OKK HM WahYono Partai Golkar pimpinan

SH tid;k benar' Dia menje- Agung Laksono' dalam wak-

iaskan, posisinya saat me- tu dekat ini pihaknya akan

tnrrrrrku.t*enindatangani menggelarmusyawarahdae-

koalisi bersama dengan P- rah (musda) pembentukan

AN, Partai Demokrat dan P- kepengurusan baru' "Saat

KS, masih sah tercacat se- ini' yang sah seqara-admi-

bagai Ketua DPD Partai nistrasiadalahKetuaumum

Goikar Purbalingga' "ltu Agung Laksono' I(ami di

sesuai dengan suiat kepu- daerahhanyamengikutisaja'

tusan SPiPartai Golkar InstruksinyaDPD(termasuk

Provinsi |awa Tengah no- Purbalingga' red) yang akan

mor : KEP-33/GoiKAR/Ii menggelar pilkada' harus

IX/2012, tertanggal 6 Sep- sudah menggeiar Musda

tember 2012 teniang revi- sebelum akhir April' Tentu-

talisasi masa jabatan kom- nya' kami akan mernper-

posisi dan peisonalia DPD siapkan hal itu"' jelasnya'

Partai Golkar Purbalingga Hal itu' menurutnya kare-

masa bhakti 2010-20I5 i' nahingga saat ini posisinya

;'elasnYa. masih sah menjadi Ketua

Menurutnya, jikamerujuk DPD Partai Golkar Purba-

surat tersebut, masa kepe- lingga' "Berbeda lagi' kalau

ngurusan di bawah kepe- ada surat dari-DPP yang

mimpinannya,'bukan ber- menunjuk Pit (Ketua DPD

aUrli rO Januari lalu' Tetapi Partai Golkar)"' katanya'

baru akan habis masa jaba- (tya/bdg)

Page 21: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KTXPING MEDMfi -{fr i,{I{ I{Uh{,t$ $ET}fi PiIRB&l;lN&$$

Radar BanlnrrnaS o sabtu t-egi za uaret 2015

BayiBa

tsaAlami Alergi Susu SapiPURBALINGGA - Alergi

Susu Sapi adalah kasus yangsering diternukan pada bayiatau pada anak - anak. Kitatahu bersama bahwa pem-berian air susu ibu atau (ASI)adalah hal terbaik yang bisadiberikan kepada buah hati.Namun padabaryakkasus, ASItidak dapat diberikan, dansebagai alternatil ibu mem-berikan susu sapi atau susuformula sebagai pengganti.

Akan tetapi, yang menjadimasalah adalah apabila bayiresisten terhadap plotein yangterdapatpada susu sapi. Akibatyang ditimbulkan biasanyaadalah alergi. Pacia umumnya,ibu akan kebingungan apabilabayinya mengalami alergi pa-dasususapi.

Dokter Umum RSU Ha-rapan Ibu Purbalingga, drGandik Danu Pramiga me-ngatakan, gejala yang biasatimbul dapat beragarn, nalnunsecara urnlfin adalah mencretsembelit, rnuntah, buang airbesar berdarah dan berlendir.Untuk tahapan yang lebihlanjut, gejala alergi dapatbempa batuk pilek dan yangpaling ditaku&an adalah mun-culnl,a syok anafilaksi s.

"Cara yang paling mudahuntuk mengetahui apakahbayi mengaiami alergi pada su-su sapi adalah dengan meng-hentikan untuk sementarapemberian susu formula yang

terbuat dari susu sapi selamadua hingga empat minggu,"tutur dr Gandik

Setelah gejala berhenti, cobaberikan lagi. Apabila munculgejala yang sama, berarti bisadipastikan bahwa bayi meng-alami alergi susu sapi. Untukmengatasi alergi yang terjadipada bayi, ibu dianjurkanuntuktnenggun akan.susu for-mula asam amino dan susuprotein hidrolisat ekstensif.Kedua jenis susu tersebut telahdidesain sedemikian ruPasehingga tidak menimbrikanalergi pada bayi yang meng-konsumsinl,a.

Menurutnya, susu formulahidrolisat ekstensif adalahsuatu jenis susu yang sudahmengalami proses pemeci-han protein. Beberapa jenisprotein yang rentan menim-bulkan alergi telah dipisahkansehingga tidak ikut terkon-surnsi.

Sementara itu, susu asamamino adalah suatu jenis susuformulayang telah mengalamiproses yang lebih panjang.Susu ini dibuat dengan ber-bahan dasar asam aminoyang mengandung Proteintetapi dalam bentukyang lebihsederhana. Asam amino dike-tahui sangat berguna bagitumbuh kembang bayi. Akantetapi, susu formula jenis iniharganya lebih mahal dis-banding susu formula biasaataupun yang protein hi-drolisat ekstensif. Oleh karenaitu, sebagai tahapan avfal,digunakan susu formula hi-drolisat ekstensif, aPabilagejala alergi tidak munculmaka dapat dilanjutkan, na-mun jika muncul berarti ibuharus beralih ke susu asamamino. Dengan memberikansusu formula khusus tersebut,kondisi usus bayi dapat segera

diperbaiki. (.ifag;

dr Gandik Danu Pramiga

Page 22: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KTIPTNG MfiDIABAfr I$$ I{ilffit$.$$TilA P[IR$A[I}i{&$*

ffiBanyu.m#_Sabtu, 28 Maret 2075

DPRD PCa,.

Adminduk dan PDAAI

tajari Pelayanan

dibayar setahun dua kali.

Jemput Bola

Wakil Ketua ll DPRD Muhklis' menambahkan, di Kabupaten

Badung yang terkenal sebagaikota wisata, dal'am penanganandokumen kependudukan, Dindukcapilmelaksanakan program jemput boladan gebyar pelayanan catatan sipil yangdilakukan berkala di beberapa wilayahsecara bergantian.

"Kemudian Pemkab Badung membuatkebijakan santunan kematian sebesar Rp2,5 juta bagi penduduk yang meninggal.Dengan demikian akta kematian selaluu ptod ate, karena u ntuk mendapatkansantunan itu harus mengurus aktakematian dulu," katanya.

Sedangkan untuk pengelolaan pDAM,

Pemkab Badung pernah bekerja samadengan pihak ketiga, setelah kuat merekaberdiri sendiri mengelola air, Adapuntingkat kehilangan air sebanyak 30?ersen, lain dengan Purbalingga yangtingkat kehilangan air lebih dari itu,

"Memang untuk PAD mereka sangattinggi, Rp 2,8 triliun yang didapat darisektor pariwisata. Walau PurbalinggaPAD tidak setinggi itu, namun beberapakebijakan di atas bisa diterapkan,"katanya. (SMNetworUhS2/msOS-06)

r Laporan Hasil Kunja ke Bali

PURBALINGGA- DPRD membeberkanhasil kirnjungan'kerja Komisi I dan II ke

dua kabupaten di Provinsi Bali (22-2513),masing-masing ke Kabupaten Badung dan

Gianyar. Dalam kunjungan itu merekadidampingi oleh Dinas Kependudukan danCatatan Sipll (Dindukcapil) dan DireksiPDAM.

Wakil Ketua I DPRD Adi Yuwonodalam keterangan pers, lumat (2713)mengatakan, dalam kunjungan ke

Kabupaten Gianyar, Komisi I mempelajaripenyelenggaraan data kependudukan(adminduk) di mana dalam menanganivalidasi.data penduduk, dilakukan secarapasif di kantor dan aktif berupa jemputbola langsungke tiap desa.

"Untuk'Akta Kelahiran, di sana,Dindukcapil bekerjasama dengan bidandesa, rumah sakit bersalin dan rumahsakit lainnya. Dengan sistem ini, ibu yang

melahirkan bisa langsung mendapatkanakta untuk bayinya ketika pulang daribersalin. Dulu di Purbalingga pernah ada

seperti itu, tapi sekarang sudah tidakterdengar lagi," katanya.

Sedangkan untuk pengelolaan PDAM,

untuk menghindari konflik dengan petanidalam memanfaatkan sumber nll air

yang sama, ada sistem ganti rugi dariPDAM kepada masyarakat berupa uang

setara harga 500 kilogram beras yang

1\_____}}*--__-___=_

Page 23: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

il-'

WAKIL Ketua DPRD Adi Yuwono dan Muchlisin memaparkan hasil kunjanya dari

Bali.

Page 24: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPING MEilX&BAfri&$ I{IJHA$ $$T$A PURBAI;IHff$*

BanyUma5,Sabtu, 28 Maret 2075

Semprot TPA, Dinkes Dukung Raih Adipura

ozE

ezd

PURBALINGGA- Keinginan pemkab meraih piala

Adipura (penghargaan tertinggi bidang lingkunganhidup) ketujuh terus mendapat dukungan berbagaipihak, meskipun leading secforAdipura ada diBadan. Lingkungan Hidup (BLH). Namun pihakDinas Kesehatan (Dinkes) akan terus mendukungpenuh dengan berbagai upaya.

"Salah salah satu bentuk dukungan kami adalahdinas beserta,jajaran kantor yang ada bawahDinkes seperti rumah sakit (RS), pusat kesehatanmasyarakat (puskesmas), serta fasilitas kesehatanlainnya terus berbenah guna mendukung pemkabmeraih Adipura ketujuh," tutur Kepala DinasKesehatan (Dinkes) Nonot Mulyono di seia-selamendampingi Bupati Sukento Rido Marhaendriantopada pantauan sejumlah titik pantau program

Adipura Tahun 2014-2015, Jumat (2713).Nonot menambahkan, selain sebagai bentuk

dukungan pihaknya, melalui program Adipurayang memberikan penghargaan di bidanglingkungan hidup, dengan Adipura, bidangkesehatan juga ikut terkait di dalamnya. Sehinggahal tersebut menuntut pihaknya untuk terusmeningkatkan derajat kesehatan, khususnyakesehatan masyarakat. Saat ini, pihak Dinkes selainmenggalakkan pemberantasan sarang nyamuk(PSN), juga rutin melakukan penyemprotan sampahdi Tempat Pembuangan Akhir (TpA) Banjaran.

"Buat kami, siapa pun leading secforAdipura,Dinkes tetap harus mendukung, karena penilaianterhadap Adipura juga terkait masalah kesehatan !juga. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalamkaitan Adipura adalah dengan penyemprotan

sarnpah di TPA. Hal itu untuk membasmiberkembangbiaknya lalat yang membahayakanwarga di sekitar TPA. Tanpa Adipura pun, kamitetap melakukan penyemprotan rutin seminggudua.kali, Sehingga kami optimistis, Adipuraselanjutnya dapat diraih," terangnya.

Pantau KesiapanKepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Ichda

Masriyanto nienjelaskan, pantauan p2 kali iniuntuk melihat kesiapan semua leading sectoryang ada. Beberapa tempat yang dipantau adalahtitik pantau pada satuan kerja perangkat daerah(SKPD), tempat pengelolaan terpadu (TPST),pasar, dan fasilitas umum lainnya.

"Tim kami bagi tiga yang terdiri atas bupati,wakil bupati, asisten sekda didampingi instansiterkait mengunjungi beberapa titik pantau sepertipasar, RS, TPSI, dan fasilitas kesehatan seperti RS,puskesmas, dan lainnya," jelasnya.

Menurutnya, untuk mencapai Adipura ketujuh,kesadaran masyarakat perlu terus didorong dalampengelolaan sampah melalui Gerakan Tiga Jari."Dengan Gerakan Tiga Jari, seperti memilahsampah organik dan bukan organik. Selanjutnyamengompos sampah organik seperti daun, rumput,sisa makanan, dan buah menjadi kompos. Danmendaur ulang sampah berbahan dasar plastik,kaleng, botol, dan kaca menjadi barang yangbisa dimanfaatkan kembali. Hal tersebut, selainmenyelamatkan lingkungan dari pencemaran, jugadapat menjadi sumber perekonomian masyarakat,"terangnya. (pt-06)

Page 25: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIP{NS MEDIABAfr IA$ I{{J HA$" $E,IDA PI}RBAIiHOSA

ffiBanyHmm.Sabtu, 28 Maret 2015

Sektor PerhotelanPurbalingga Masih LemahPURBATINGGA - Masihminimnnya pengusahakhususnya sektor perhotelandirasa telah menyia-nyiakanpotensi dan kesempatanyang ada, Wakil Ketua dpRDPurbalingga Muchlis SAgmengatakan Purbalingga padadasarnya memiliki potensikunjungan dari luar daerah yangsama dengan Purwokefto.

Namun karena ivestasi sektorperhotelan yang lemah, makapotensi tersebut belum tergarapmaksimal. "Sangat ironis,banyak yang berkunjung kePurbalingga tetapi menginapnyadi Purwokerto," kata Muchlis.

Ia menambahkan potensikunjungan yang lain bisa berasaldari pengusaha asal luar negeri,khususnya Korea Selatan,Mereka seringkali datang kePurbalingga guna mengunjungiindustri usaha rambut palsudan bulu mata yang telah

berdiaspora di Purbalingga, Namun lagi-lagiyang mengambil kesempatan malah daerahlain.

"Kita mau mewacanakan, siapa saja yangingin berkunjung ke Purbalingga wajib menginapdi hotel yang ada di Purbalingga,l'tegasnya.

Namun ia menyayangkan untuk melayanipengunjung, biasanya hotel yang tersediaminimal berbintang tiga. Sementara diPurbalingga belum tersedia. Hal tersebutmenjadikan faktor pengunjung lari menginap diPurwokerto yang sudah tersedia hotel blntangtiga.

Banyaknya kunjungan juga kata Muchlisperlu adanya pengembangan di sektorwisata, hiburan ataupun atraksi. pengunjungyang berwisata ke Objek Wisata Bojongsari(Owabong) umumnnya tidak berlanjut ke wisataGoa Lawa. Ia menyebut faktor penunjangberupa infrastruktur belum mendukung.

"Saya pernah menanyakan ini kepada parabiro wisata, mengapa mereka setelah berwisatadari Owabong dan sekitarnya Udak melanjutkanke Goa Lawa. Jawabannya adalah aksesmenuju ke sana masih sempit. Ini sudah kamikomunikasikan juga ke Dinbudpar pemprovJateng agar ada pengembangan wisata diPurbalingga sebelah barat itu," ungkapnya.

Beberapa hambatan tersebut juga dianggapmasih mengurungkan minat investor untukmenanamkan modal untuk sektor perhotelan.Untuk menuju Purbalingga dari kota lain,dianggap masih memiliki jarak tempuh yanglama. Sebab Purbalingga belum memilikibandara atau stasiun. (mgo5-03)

Page 26: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPING MEDIABAfrIAI{ I{IJ$ffi$ $[,T}Jt Pt]RBAtiffffff}l. BanyUma*Sabtu, 28 Maret 2Oi5

Lagi,500

r Revitalisasi pasar Bobotsari.BOBOTSARI.

PengembanganPasar Bobotsari

harus mengorbankanpedagangnya

untuk direlokasi.pada proses

pengembangan awalsejak 2013 tatu hingga

kini, sedikitnyaS00pedagang masih

menempati badanjalan Bobotsari_

purbalingga.

Pada lanjutanpengembangan

pertengahan 2O1Snanti, dipastikan 500pedagang lagi bakalkebali ditumpahkan

ke jalan.

EPATA Seksi BinaPasar dan InformasiDinas PerindustrianPerdagangan dan

Koperasi (Dinperindagkop)Ngudiati menjelaskan, penghunikeseluruhan pasar Bobotsariadtalah 1.444 pedagang. ,'Karena

pembangunan dilanjutkandan beftahap, maka nantisekitar 500 pedagang lagi akandirelokasi ke lua4,, katanya,

Dengan demikian, pedagangyang masih tersisa di dalamtinggal 400-an. Bila perlunantinya peiiagang tersebut jugaakan dikeluarkan, jika prorei -pembangunan membutuhkanpeng0songan.

Ngudiati mengasumsikan,untuk merampungkan pasarini bisa lebih dari satu tahun.Sehingga pedagang harus bisabertahan di tempat relokasitersebut.

"Semula mereka akan kamirelokasi ke Lapangan DesaMajapura, biar tidak menutupjalan. Tapi asumsi kami,pembangunan blsa lebih darisatu tahun, tentunya akanmelewati musim hujan. Kondisi

Page 27: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

SEDIKITNYA 500 pedagang Pasar Bobotsari sudah ditumpahkan ke jalan sejak 20'13 lalu. Tahunini, 500 pedagang lagi akan kembali ditumpahkan ke jalan.

lapangan pasti becek dan tidaknyaman, sehingga kemungkinanbesar relokasi mereka akanditempatkan di jalan lagi,"terangnya.

Difasilitasi ShelterDia memperkirakan, relokasi

akan ditempatkan mulai depanKantor Kecamatan Bobotsarimemanjang ke timur. Pedagang

akan tetap difasilitasi shelter,sebagai penbung agar prosesjual-beli tetap nyaman. Seperti

yang diberitakan sebelumnya,total dana.yang disiaPkan untukmelanjutkan Pasar Bobotsaritahun jni sekitar Rp 14,2miliar.

"Rinciannya, Rp 5 miliar dari

dana Tugas Perbantuan (TP)

Kementerian Perdagangan RI, RP

7,2 miliar dari APBD 2 PemkabPurbalingga, dan Rp 2 miliar dari

Bantuan Gubernur Jateng," kataNgud iati.

Bersamaan kepastianrangkaian dana tersebut,pihaknya rrlemperkirakan akhir

Maret ini sudah melakukanpelelangan. Sementara Aprilditarget sudah memulai babakpembangunan fisik.

Ngudiati jugamenginformasikan, karena

adanya rentang waktukelanjutan, diperkirakan adaperubahan rencana anggaranbelanja (MB). Sehingga detailedengineering design (DED) yang

telah dibuat pada 2013 silamharus di-revlerv lagi dengan MBsekarang. (mg05-06)

Page 28: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPXNG KIEDIAB,lfr IIH }IIIH{$"$NTTA PtJR$trJItffi,t

ffiBanyHmRtSabtu, 28 Maret 2015

a l a a r a a + a a I a t a a a a I a l ! a a a: a I

H.ari lni, l Jem Tanpa ListrikPURBALING€A- Sebagai upaya peflurunan laju em,isi gas

buang yang dihasilkan oleh mes' diharapj<an seluruh

rnasyarakat pada Sabtu (2813) hari ini dapat mematikanlistrik selama safu jam, Imbauan,.ini rnerupakan tindak lanjutkampanye Eart Hour Indonesia 2015.

, Kepala Bagian Humas S€tda Rusmo Purnomo mengatakan,gerakan mematikan listrik selama 1 jam pada hari Sabtu

merupakan t+uj ud pa rtisi pasi pe1reri ntah daerah terha d ap

dukungan gerakan Earlh Hour. Gerakan ini dicanangkanoteh Gubernur Jawa Tengah lewat surat edaran Nornor761/003086, tanggal 24 Maret 2015.

"Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat,komunitas, media massa, praktisi bisnis, dan SKPD agar bisa

mematikan listrik,pada Sabtu, mulai jam 20.30-21.30," ujarRusmo, Jumat (2713)

Dikatakan, mematikan listrik ini juga bukan hanya

rnematikan |ampu saja, na,mun semua peralatan elektronikyang ter$ambung dengan listrik, ."Een$an fi ematikanrlistriksecara serentak, kalau dikalkulasi dengan rupiah,, maka bisamenghemat biaya," ujarnya.

Berdasarkah sumber dari Wikipgdia, Earth Hour adalahsebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide

Fund for NaturE (WWF) pada Sabtu terakhir Maret setiaptahunnya, Keg,iatan ini berupa pernadaman lampu yang tidakdipt,rlukah di rumah dan pe,*antoran setama safu jam, untukmeningkatkan kesadaran akan pertunya tindakan Seriusmenghadapi perubahan iklim. Kegiatan yang dieetuskan WWF

dan Leo Burnett ini kali pertama diselenggarakan pada 2007silam. 1ptoe1

Page 29: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KtIP{Nffi KXffiDIA

BAfr IAI{ IIIJ${A$.$E?}A P1}RBA}rl$fifi&

WBany-r;-1yrasSabtu, 28 Maret 2015

'

Sis*a Sur r Purbalingga GaraPFikn Pendek'skandal Arit'

PURBALINGGA- Smega Movie,

Ekstrakulikuler Sinematografi

di SMK 1 Purbalingga tahun

ini memProduksi film Pendekberjudul Skandal Arit Yangdiangkat dari sebuah cerita

pendek (cerPen) berjudul

sama karya MisYatun' MisYatun

merupakan Pqnulis skenario

sekaligus sutradara film Lawuh

Boled Pada 2013 Yang banYak

menyabet Penghargaan tingkat

nasional.Monica Sri Wulandari,

selaku sutradara mengatakan,

iadwal Pengambilan gambar

iitukrkan pada Selasa (2413)

di dua lokasi, Yakni sekitar

Kelurahan Mewek dan Desa

Babakan Kecamatan Kalimanah,

Purbalingga. "MeskiPun

ceritanYa sederhana, namun

dibutuhkan karakter tokoh Yang

kuat dengan dialog-dialog Yang

bernas," ungkaP siswi kelas X

jurusan Akuntansi ini.

Monica menambahkan, dia

dan kru merasa tidak mudah

mencari Pemain atau talen Yang

mempunYai dasar atau bakat

akting yang baik. "Kualitas

akting pemain film ternYata

sangat menentukan.kualitasfilm itu sendiri. Film PendekSkandal Arit ini mengisahkan

tentdng Sumirah dan Sanrikin,

dua petani Yang memiliki watak

berbeda," beber dia'

Dalam film tersebut

dikisahkan, Sanrikinkehilangan sabitnYa dan

langsung menuduh Sumirah

yang mencurinYa. Sementara

Sumirah Yang tidak merasa

mencuri Pun marah. Kemarahan

Sumirah beftambah ketika

dirinya mengetahui, Sanrikin

menggeser sebuah Pohonpembatas tanah mereka

menjorok ke ladang milik

Sumirah, Tidak samPai di situ,

Sanrikin masih terus menuduh

bahwa Sumirahlah PencurisabitnYa.

Sementara itu, Djatmiko

Andi Pratama Yang bertindak

sebagai juru kamera

menurutkan, meskiPun

sudah menjadi kegiatan

ekstrakulikuler Yang resmi di

sekolah, namun masih banYak

kendala Yang dihadaPi. "Dari

mulai mengakses dana sekolah,

hingga belum terfasilitasinYaperalatan Produksi," ujar siswa

kelas X jurusan RPL (RekaYasa

Perangkat Lunak) itu.

Sejak 2010, Smega Movie

meniadi langganan PesertaFestival Film Purbalingga (FFP)'

Tahun ini Pun, meski didominasi

kelas X, mereka berusaha

memProduksi film Pendekuntuk diikutkan Pada Program

Kompetisi Pelajar BanYumas

Raya Pada FFP bulan Mei 2015'(rhm-02)

Page 30: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPiiq& h{EDMBAfr IAH }{llMf1$'$ET}fi PURBAIIH$$E

lg-wnlw_tranyHmR;I Sattu, 28 Maret 2015

$cniman'GClar dc htungei.KlewinE

, FURBALI,NG,SA- tser*ah Sungai,Kl awln g, mengi:thafi i, pel*kisr'sekaligus penggemar akik, Chune Yulianto menggelar SedekahKali Klawing di bawah :embatan Klawing, Kelurahan Bancar,

:Keeamatan.F[ibalingga,, ]umat, {Z7j3i. rS€lafah,budaya i ni

;d,ir{+ulair n$ah: atraksir r n,B_aJnfing,bJeH,pr"ia y,arlg akrabdisapa Begawan Klawing ini.

Dengan media pasif dia melukis.di atas kanvas denganmata,tertutup" F{as,ilnyar5oso-k Miy.angga pun. muncul.' Soso.k,,,perempuan yang diper:caya oleh masyarakat sekitar sebagaipenunggu sungai ini ' %*- ...-

"sungai flawing menjadi ladang rezeki bagi masyarakaf*:',,sekitar, Selama puluhan tahun, paia penambang pasirmengambildarisungaiini'Wargajugamencariikan'Ditambah sekarang demam akik, Sungai Klawing semakinmemberi manfaat bagi masyarakat," kata Chune.

Usai melukis, kemudiin digelar doa bersama danmelarungkan sesaji ke Sungai Klawing. Gelaran ini ditutupdengan makan bersama para penambang pasir dan pera.1in.

"Selain,itu, kegiatan ini sebagai sarana nguri-uri kebudayaanJawa," katanya.

Acan itu dihadiri oleh pejabat dari Dinbudparpora, parapenam[ang pasir, para pencari batu akik, penggemar batu akikdari Purbalingga dan Purwokerto, serta para pelaji;. 1pt"oo;

Page 31: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KTIPING MEDI,&BAfr L{H }{Uh{A$$ETDA PiIRBAI;tffi

srrmllTp#sTSABTU LEG I,28 MARET 2OI5

Dinkes Optimistis Pemkab Raih Adipura;S Kami terus meningkatkan derajat

kesehatan, khususnya kesehatan masyarakat.Saat ini, pihak Dinkes selain menggalakan

pemberantasan sarang nyamuk (PSN), jugarutin melakukan penyemprotan sampah di

tempat pembuangan akhir (TPA) Banjaran. ?*

NONOT MULYONOKepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten

Purbalingga

lalat _vang metnbaharakan warga disekitar TI'A. Penvemnrntan iirr nrtinsekitar Penyemprotan itu rutin

PURBALINGGA, SATELITPOST.Dinas Kesehatan (Dinkes) terus men-dukung penuh berbagai upaya agarPurbalingga kembali meiaih pi6laAdipura (penghargaan tertinggi bi-dang Iingkunean hidup) ketujulr. Satubentuk dukungan itu membenahisejumlah fasilitai kesehatan.

_ "Kami terus meningkatkal derajatkesehatan, khususnya kesehatanmasyaraka[. Saat ini,"pihak Dinkesselain menggalakkan pemberantasansa,lang nyamuk (PSN), juga rutinmelakukan penyemprotan sampah diternpat pernbuangan akhir iTpA)Banjaran," i.rjar Kepala Dinas Ke-sehatan (Dinkes) Kabupaten Pur-balingga Nonot fu{ulyono saat men-da mpingi Bupati Purb-a I ingga meman-tau sejunJah titik peniJaian ProgramAdipura Tahun 2014-2075,|uma{e7 /3).

Menurut Nonot, selain penilaian$!iprrra. penyemprotan simpah dil-PA tcr.qcblrt ..qatu di antaranya jugaur-rhrk nremhasmi p+rkr.mbunft;utXn

dilakukan seminggu dua kali. "Kamioptimistis Adipura sglanjutnya dapatolraln/ uJamya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup(BLH) Kabupaten Puibalingga, I.-hd'afuIasriyanto, menjelaskan balirva peni-laian talrap kedua Adipura kirii iniiurtuk melihat kesiapan sem ua ieactingsektor yang ada. Beberapa temoat 1,an[kami pantau adalah satuan licrja

Page 32: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

&a##:*.

,q

x'

&

Rn

hqi'-

---\---i I

Page 33: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPING MEDIABAfr IA$ I{llh{A$. $ETilA PtIRBAI,i$ffi$

SermltrFq:),srSABTU LEGI,28 MARET 2OI5

CLC Peringati Hari Fiim NaslonaiPURBALINGGA, SATELIT. Film dokumenter Garuda

Po"wer: The Spirit Withintentang sejarah film lagaIndonesia yang telah ber-langsung lama dan memilikiketerkaitan erat dengan se-iarah negara ini sendiri. Film-film laga tersebut menjadicerminan peraSaan batin rak-yat bangsa ini. Pada ma-sanva-secara khusus di 1980-an-penonton rela memba.yardemi tokoh-tokoh pahlawanmitos yang ada di layar danuntuk sejenak melupakanketidakadilan yang merekahadapi di kehidupan sehari-ha ri.

Sementara flknflksi 7 Ma-nusia' Hari mau berkisah ten-tang Gumara (Ray Sahetapv)yang datang ke desa Ku-alayan untuk menjadi guru,di samping mencari ayahkandungnya. Sejak keda-tangannva dihari pertama, iasudah menghadapi hal-halaneh. Bahkan kunjungannyake Lebai Karat (El Manik)membuat Gurnara mengha-

lapi harimau iadi-iadian.Kemudian datanglah Har-

wati (Anneke Putri), PutriLebai Karat untuk melerai.Tanpa disadari, Cumara me-

-mihki kesaktlan Yang sama.Ifarwati jatuh cinta PadaGumara. Begitu juga murid-rrya vang terpandai, Pita Loka(Sfrihta Kartlka Dewi). (gan)

POST-Cinema Lovers Com=munity (CLC) Purbalinggaberencana memperingati Ha-ri Film Nasional (HFN). HFNyang jatuh pada 30 Maret iniakan dirayakan hari ini, Sabtu(28l3) mulai pukul 19.30 WIBsecara gratis di Markas BesarCLC, Jl Puring No 7 (be-lakang lembaga pemasya-raka tan) Purbalingga tlenganap;enda pemutaran fikn.

Manajer CLC, Nanki Nir-manto, mengatakan padakesempatan itu akan diputartiga film sekaligus, yaitupemutaran khusus fihn Ca-ruda Pow-er: The Spirit With-in yang disutradarai BastianMeiresonne berkebangsaanPerancis, 7 Nlanusia HariLnaLrsutradara [mam Tantowi ya-ng diproduksi tahun 1986."Satu lagi filrn dokumenterpendek yang dibuat oieh CLCtentang orang-orang yangpernah terlibat saat irioskopdi Purbalingga masih ber-jaya," ujarnya.

Page 34: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KI,IPING MESI,&B,{fiIAH I{U}-{A$ $ETDA PIIRBAIIH$$f,

SarnlITP{:}5Y3Rgtu [EGl,

28 MAREI 20I5

hrlatikam Listrik Sejam SajaPURBALINGGA, SATELIT-POST-Hari ini, Sabrrr (28/3),

' masyarakat diimbau untukdapat mematikan listrik mini-mal satu iam. furi diiakukanuntuk meirurunkan iaju emi-siiqas buang yang dihasilkanoleh mesin dan tindak lanjutkampanye Earf .FIour Ind one-sia 2015.

"I(ami rnengimba u sel u ruhmasyarakat, komunitas, me-dia massa, praktisi bisnis clerrkantor dinas agar bisa me-.matikan listrik pada hari inidari. prktll 20.3Q-21,30 WiB,"

ujar Kepaia Humas SetdaPurbalingga, Rusmo Pu1-nomo,Jumat (27/3).

Rusmo menarnbahkan, me-matikan listrik ini bukanhanya mernatikan lampu sajanamul semua peralatan elek-tronik yang tersambung de-ngan listrik. Menurut dia inimerupakan wujudpartisipasipemerintah daerah terhadapdukungan gerakan eafi hour.

"Gerakan ini dicanangkanoleh Bapak Gubernur ]awa

' Tengah.lewat surat edarannya.nomor 7 61 / 0fr3086" tNrygal 24

Maret 2015;" ujar dia.Berdasarkan sumber dari

Wikipedia, Earth Hour ada-lah sebuah kegiatan globhlyang diadakan oTeh WorldWi d e Fand' f or AIa firre (WWF)pada Sabtu terakhir bulanMaret setiap tahunnya. Ke-giatan ini berupa pemada-man larrr-pu yang tidak di-perlukan di rumah dan per-kantoran selama satu jamuntuk meningkqtkan kesa-daran akan perlunya tin-dakan serius rnenghadapiperubahirn iklirn. (gus)

Page 35: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPINfr MEDIAB,t$I&}{ Hllh{A$ $EY}$ p1]RBAtit{$$$

SarnlItFq:rsrySABTU I.TOI,2B MARET 20I5

Gm&$qmr danPPPTetancamAhs

ffi ffi$&ffifums'x ffimrem€ffi #mm WmMffi&

ffiwxpm€ffi ffiffiffiffiPUR.BALINGGA, SATELi}POST-Unttlk memastikanlegalitas hukum, parPol Pen-dukung bakal calorr huPatidan *,akil bupati harus rne-nyerahkan SK struktur ke-pLngurt san partai cii iingkatkahupaten / kota. Pat ta i vangbers6ngketa hingea batasrvaktu benver'.rhari ,ltr kir"ngarr te'ianiam aL,sen paclapemilukada.' "Parpoi harus menyerah-kan SKpeirgukulran strukturkepensiritrian di daerah dariOPP, t Ito, tidak ya tidaLbi.ai kut oemilu kada." kata KctuaKPU' Purbalingga, Sri \A/ah-yruri S5os.-

Setidaknya arla dua p.rrtaipolitik peserta pemilu yLrngierbelit-konliik internal hi'ngga muncul dualisme ke-penrimpinan, antdra lain I'ar-taiGolkar dan PPP MeskiPtursatu dari dua kubu teiahrnengantongi SK dari Ke-menkumham, namlin upayahukum kubu rival masihberlangsung. Kepengu r us.rndi daerahptrn dilemtis karerraterjadi tarik ulur dua kubupimpinan di levei elit partai.'

Sementara bagi bakaIc.rlorrbupati dan rvakil buPati disyaratkan melrr.lapat surat

?? Parpol harus menyerahkanSK pengukuhan struktur

kepengurusan di daerah dari DPP,' kalau tidak ya tidak bisa ikut

Pemilukada. tl

SRI WAHYUNI SSosKetua KPU Purbalingga

persel.uiuan dari pimpi:ran daerah yang menggela-r pe-'pusat pirtai poiitik pbndu- milukada agar menyeleng-Lung. ibt-utirk parpbl pada garakan musda. l\lusda ke-

iinsfaran koalisi yahg ielah irungkinan bulan April,"terbentuk. "DPP haru! tahu kata dia.dan rnenyetujui bakal calon Sementaraitu,menanggapi

-vang diusungi partainya, ter- tudingan yang.meragukaninus"uk koatisi. Harus tahu legalitas kepemimpinallnya,siapa mitra koalisi dan siapa Su-dono meniawab enteng' Ia

vang dicalorrkan bersama," mengatakan kepemimpinan-uiar"Wahyuni nya iah karena didasari SK'K"t.ru bPD Partai Golkar DPD Provinsi tentang pe-

Pr,rrbalingga, Sudono, me' ngesahan ko-mposisi DPDneaiakanliirasih menunggu Pirtai Colkar Kabupaten' SK

kEoutusan dari DPD P?6- ditandatangani Ketua danvirisi. la mensatakan, ke- Sekretaris DPD Provinsi Ja-nruns,kinan ikan digelar teng tertanggal 6 Septembermu sd"a sebelum pemilu"kad a 2012. " 9ay a m asih pem i m p ina ta u penuniukkin Plt. "l ni yang sah sampa i 6 Septembers.'suai instruksi DPP Golkar 2015," kata dia. (afgan86-vang menyebuikan DPD di @yahoo.com)

Page 36: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

BAfriA}{ }{l]KE$ $ET}jl PI]RBAIIH$dA

StrrmllrF'#s"8"SABTU ITOI28 MARET 20I5

ffimdmkah SungaiyiiF"SA i.IIq;ilI; ;"n, S &* i trl f ,,.{'il.'

lni. i' iT jr:r I,l:r,rr i'i;rrii.rii;:ltrI':,t.i,u,t" '. rJiii,.,u l.,L'r..g. ..is.:tlel.ah rali Kl;' r, ing i r i

f.iuir r{ari jenrhatan srrr"ri.riKlar,rring, Kel.*ra-ha;r Bar:,c;, ;.

i{ecar:ratan Purl,alingga, .}

r-;-

mat (27 i3). Geii..ran buclalr;ritu sebagai r,,,,ujud ras.-r syr-*.krrr rnasvarakat telhacr.roberkah sungai Klawrng.

"Allah SWT telah men-jadikan sungai Klawing men-Iadi Iadang rizki bagi rr,as-

l,ilrarkat sekitarnya. Selamai.",.ilrrir;;n 1ahun. para penam-i::rirg piisir reiigambil darislrrigni, nelayan mencari ikan,rlan dit;rmbah sekarang de-riarn akik," katanya yangL'.'r jutuk Begaltan Klawing.

Sedekah Klawing diawaliaksi meiukis di bawah terikfflatahar-i dengan mata ter-tuti'p. Dengan media pasir,Chune melukis di.atas kanvasrlenqan mata tertutup. Ha-:iln_ra. tergarnbar sosok mi-

yangga. Miyangga merupa-kan sosok flerernpuan yalgdipercaya oleh masyarakatsekitar. sebagai penun1igusungal 1n1.

Usai melukis, digeiar rtroabersama dan melarungkansesaji kc sungai Klawing.Gelaran ini ditutup denganmakan bersama para penam-bang pasir dan perajin akik."Kegiatan ini sekaligus se-bagai upaya nguri-uri kebu-dayaan ]aw'a,'" katanya. (gan)

rtd d;"**$e,-{ia! ,,&d ?r,6s! .a1*t li**ii*tre

S: : j, :,'"" ,, ;'''-W iP

BEGAWAN Klawing seusai i:eraksi melukis dengan mata tertutup pada event Sedekah SungaiKlawing di tepi Surngai Klawing, jumat (2713)

Page 37: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KTXPING KIEDIABAfi IAH I{l]h{A$ $ITilA Pt]R$EtiI,{$fi&

Sabtu Legi, 28 Maret 2015 i wrnn*san

ffipffim fmpffirkmm h$mm$[ Kn"xffijffi km ffimfifFURBALINGGA- L)I)ittr] ll'urba-J in gga it*lrrtrt-.trerkan hasil kunjr,r -ngan kerja Komisj i dan'1{ kc drrakabupatern di Provilrsi liali, il2-25 13i, masir-rgt-masing k*,Kahupa-ten Badr:ng dart {,ianv.rr'. D,ll.:rnkrinjrine-.ln itrr nrcrck* rirJnnrpi-ngi r,leh I)inas Ki.penJrrrjrik";rtdart Catalan $ipil (L)inJrrI..iiipril)rl,rn Dir*ksi PIlr\M

l'Yakil Ketria I llPRl] Pu.r:ba-lingga, Acli }'ur,!'nno, lurnat (27.i-1)rnengatakan, clalam kunjringa* keK;ibupaten (iiar:1,,:r, Xomisi l

rnempekrjari peny*k:ngg.rraan da-tia kependridukan djmana daiarnnrt--:i*l'lga ni valiclasj diit* pent1r.r-duk, dilakuk"rlr secirra pasif e{ikant*r dan aktif hrrupa jeurptil'b*l;r

Jrrngsung ke tiap rI,:sa."Llr:t*k akta kelirhirarr, rJi s;r*a,

Dindukcapil hek*rj;ts;in.ur rieuganlridan desa, rrirnah sakit hersalir"rdar'r rlrmah sakii lainnva. llr:ilgansister* jni, ibu ;,ar-rg inelahirii;ir"rbis;i iartgsunE r*enclapatkan aki;runtuk ba-,vinva keiika rrulang dariht-r'sirli*. Ilrriu cii Pnrbalingga per-

nah ada seperti itu, t;ipi sekar;tngsr-ldah ticjak terdengar Iagi,"kat.lriv,r.

$eil;ingkan untr-rk pengeloiairnIIDAi\.1, untuk menghindari kon-Llik do*galr pet,rni dalatn tl't{...rn4in-fuiathati gurnl:er rrrata ,air ,v;rngsarrur, ;rcl;r sistem gaati rrgi clariIlLlAfot kepacla masyarakat heru-l"i.) ualS:ct,ri'a lr,rrd.r :{^10 Lifu:qrnnlberas va*$ dllra-v,rr setahun dua!<.1j1 r l

5r"?i

Adi Y*u:aw* Fnfli ..SF

Page 38: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KTIPING &fIEDtrA

BAfrIIIH HIJM,{$ $ffi}E PIIRBAffH$ff&

VVZ[\ryaSan , ,"0.u Lesi,28 Maret 2015

UMKM PurbalinggaBunga Rp 500 .liria

Disubsidi

PURBALINGGA-pem.kab purbalingga mengalokasikananggaran untuk subsirti !_rlng+agi ["ehku uEaha mikro,kecil dan

rygngngah (LI\4KM") np Bob i"l, aierso zors.

AngKa rtu lebrh besar dari tahun lalu yang hanya Rp 400juta. Seperti sebelumnya, subsidi U"i,gr"it" disalurkanpem kab melalu i I 7 I embaga ke-u-a nga n" p""t;i;; ;;k;ibank miljk daerah dan sui#t

"riw"?i"rl*iiisMl); ;;:gan pembagian proporsional."Sasaran subiidi'bunga para pelaku usaha mikro dan

f:1tTs-t"rdomisiri ai; *ur;"L*u; ;;;ffi;, did*oattnggat" tutur Kabag- perekonomian pemkat purbal_ingga, Bud i Susetyonoikemarin.

, ^ :{1,t_11 y, ng. d,i tetapkan lembaga keua n gari pen ya lu r

fllli,:l,-:miliki jaminan pasar 6agi prodlknya. piafon

:::1,:T:.i:lT+Ip 50 juta, dan pem-berian subsidi bunga11:lp,::-T-Irk 5o persen dari bunga kredit yang berhfuX:ii,l:To?ga keuangan bersangkutan, aiau "setinggi_

ltqql,l1-1 I ,p9.r"1',. per bulan, Subsidi bunga ji"gaqrDerrkan maksimal hanya 72 bulan. ffi Sf_Cf

Page 39: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPING MEDI&BAfri,{$ I{|I},{A$ $ET}A PI]RBAIIru##E

Sabtu Legi, 28 Maret 2015 ?v*ffiryASAXI

Bakal Calon Wakil Bupati (Ba-cawabup) sendiri. Bahkan GE-rindra menggandeng PartaiKebangkitan Bangsa (PKB) danPartai Hanura untuk membukapendaftaran bersama.

"Kami juga bersepakat membentuk Koalisi untuk Peruba-han atau.Kubah," kata KetuaDPC Partai Gerindra, ImamPoerseto.

Diungkapkan sejumlah na-ma dikabarkan mulai merapatdan siap mendaftarkan diri se-bagai Bacabup dan Bacawabupmelalui koalisi tersebut. Ter-masuk didalamnya Wakil Ke-tua DPRD Purbalingga AdiYuwono yang notabene adalahfungsionaris Partai Gerindra'Purbalingga.

Imam PoerSeto mengaku.su-dah mengantongl restu DPPPartai Gerindra untuk berkoa-lisi dengan parpol manapununtuk pencalonan Bupati dan

Wakil Bupati, termasuk denganPKB dan Hanura yang beradadi kubu KIH.

M. PDIP SendirianSementara itu, Partai Golkar

memilih menggandeng PartaiDemokrat, PAN, PKS dan Par-tai Bulan Bintang (PBB) untukmenggalang Koalisi Bersatu.Ketua DPD Partai Golkar Pur-balingga, H Sudono ST MT me-ngatakan koalisi tersebut jugamulai mernbuka pendaftaranBacabup dan Bacawabup. Bah-kan saat deklarasi sejumlah na-ma kandidat Bacabup dan Bacawabup masing-masing SukentoRido' Marhaendrianto, SidikPurwanto dan Nurul HidayahSupriyati hadir.

Di lain pihak, PDIP memilihsendirian untuk membuka pen-daftaran Bacabup dan Baca-wabup. WakilKetua DPC PDIPPurbalingga Tongat SH menga-

iakan pend-af taran .""tutri OPC

PDIP sudah ditutuP' T'erdaPat

enam nama BacabuP dan enamnama BacawabuP Yang sudahmeirdaftarkan diri. Termasukdiantaranya H Tasdi SH MMyang saat ini menjabat WabuPserta Sekda Imam Soebijakto.

"Tasdi melamar sebagai Ba-qabup sedangkan Imam Soe-

bijakto sebagai BacawabuP,"terangnYa.

Ketua Komisi PemilihanUmum (KPU) Purbalingga Sri

Wahyuni mengatalan jika melngacu aturan hanya PDIP sajayang mampu sendiri meflca-lonkan Cabup dan Cawabup.Pasalnya sesuai UU,Nomor 1

Tahun 2015 hanya parpol yangmemiliki 207o kursi di DPRDsaja yang boleh mencalonkan."Yang perolehan kursi diba-wah itu harus melakukan koa-lisi," tandasnya. ,$ffi

sr-Ti

Parpol KMP dan KIH Terancam PecahPURBALINGGA- MenjelangPilkada Purbalingga, koalisiparpol yang tergabung dalamKoalisi Merah Putih (KMP)yang digalang oleh Partai Gol-kar, Partai Gerindra, PartaiAmanat Nasional (PAN), PartaiKeadilan Sejahtera (PKS) danPartai Persatuan Pembangunan(PPP) serta Koalisi IndonesiaHdbat (KIH) yang digalangPDIP, Partai KebangkitanBangsa (PKB), Partai Nasdemdan Partai Hanura terancampecah. Kondisi tersebut dise-babkan adanya manuver poli-tik yang dilakukan sejumiahparpol yang tergabung dalamkoalisi tersebut.

Keterangan yang dihimpunWawasan, Kamis (26 / 3) meny e-butkan salah satu parpol ang-gota KMP yaitu Partai Gerindrabeberapa waktu lalu memilihmelakukan penjaringan BakalCalon Bupati (Bacabup) dan

Page 40: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPING MEDIABACIIAIt I{IJMA$ $$IDA PI]RBAIII{O$I

Page 41: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPgNffi $-{ffimX,,E

BAfr IA}{ I{I]${A$ $ETIJE Pi]RBA[iI{$.fr*.

sabtu Lesi,28 Maret 2015 i &'S'ffi\'ry#&.ft$ffiS&

rn'ri Klawi Chune YutiantoSedekah Sungai Ktawing Petukis t

Metukis, Mata TertutUPdrn Lafung Sesaj i

Pelukis Chune yuliarto (45),nlenggehr rttttal sedeknh SungaiKlawi tt,i. Pu rboli ng,1a. Dia mito_

krknn aksi tneitikis rlrnganmola terlulup. Selain itu,y iuga dilakuknn lnrungscsalr ke srttrgai lerbesar di

r Ptrrbalinggntersebut.t

/ RITUAL yang dilaksana-

f kan Jumat tZZ yS1 Ouri iyuI menarik perhatian kha_Iayak. Chune begitu dia di_sapa, memang selama inidikenal sebagai pelukisyang sering memadukanaksi teatrikal dalam me_lukis. Termasuk kali ini.Di tepi Sungai Klawing,yang ada di KelurahanBancar, Kecamatan pur-balingga, dia mema_merkan keboiehannyamenorehkan cai di atiskanvas. "Saya melukisdengan maia iertutup

kali ini," kata pelukis yur-rg Ji-juluki Begawan Klawing itu.

Dengan media pasir ia melu-kis di atas kanvas dengan matatertutup. Hasilnya, sosok mi-yangga pun muncul. Sosok pe-

. rempuan yan6; dipercaya olehmagyarakat sekitar sebagai pe-nunggu sungai ini. Usai melu-kis, kemudian digelar doabersama dan melarungkan se-saji ke Sungai Klawing. Gelaranini ditutup dengan makan ber-sama para penambang pasirdan perajin. "Selain itu, kegiat-an ini sebagai.sarana nguri-urikebudayaan Jawa," katanya.

Celaran budaya itu sebagaiwujud rasa terima kasih ma-syarakat terhadap berkah Su-

r-Lgai Klawing. "Allah SWT te-lah menjadikan Sungai Klaw-ing menjadi ladang rezeki bagimasyarakat sekitarnya. Seiamapuluhan tahun, para penam-bang pasir mengambil dari su-ngai ini. Warga juga mencariikan. Ditambah sekarang.de-mam akik, Sungai Klawing se-makin memberi manfaat bagi

Bersambung ke hal 7 kol 7

MATATERTUTUP : PelukisChune Yulianto melukis dengan

mata tertutup dalam ritualSedekah Sungai Klawing, lumat(2713). iii lofo :loko Santoso-

yan

- Ir -->'\/

Page 42: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

-a

it

Page 43: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPING MEDXABAfr IAI{ I{ljMA$ $E-.,I},{ PtIRBAI;Il{ffifr

Sabtu Legi, 28 Maret 2015 effil&ffi${tX}

Ancam Potisi Lewat FB,Remaja Minta Maaf

PURBALINGGA- BY (15) wargaKecamatan Kalimanah, Purba-lingga harus berurusan denganpolisi. Pasalnya, dia diketahuimengan-cam akan membegal po-lisi yang dituliskan di jejaringsosial facebook.

Melalui akun facebooknya, iamenulis status "ger weruh polisiIg numpak mtor wengi", dwekanpngen tek begal bletik tanganmbi sikile, truz di jiret ng witmtore d. buang pengen bngetkya kue, tp ra tw menangi polisidwekan".

Adapun artinya, "kalau lihatpolisi sedang naik motor malam-malam, sendirian pingin tak be-gal, pelintir tangan dan kakinya,ialu diikat di pohon, motornyadibuang, kepingin sekali sepertiitu, tapi tidak pernah menemuipolisi sendirian".

Status itu ia tulis di forumGrup Info Cegatan Purbalinggadan Sekitarnya pada Rabu (18/3)pukul 20.00 WIB. Mengetahuiada status bernada ancaman ter-sebut, anggota Reskrim PolresPurbalingga kemudian melaku-

kan penyelidikan untuk mengetahui pemilik akun facebook ter-

pun ancaman hukumannya mak-simal enam tahun penjara.

Kapolres Purbalingga AKBPAnom Setyadji mengatakan,langkah bijak diambil olehpolisi dengan tidak memperkarakan kasus itu dan tidakmenahan pelaku. Alasanhya,pelaku masih di bawah umur/baru pertama melakukannyadan meminth maaf kepadaisntitusi Polri serta berjanjitidak akan mengulangi lagi.ffi

sebut."Dari hasil penyelidikan, di-

ketahui, pemilik akun tersebutadalah BY warga Kalimanah.Pada Senin (23/3) kami kemu-dian mendatangi tempat tinggalanak tersebut," kala Kasat Res-krim Polres Purbalingga, AKPDjunaedi, Kamis (26 / 3).

Tindakan pelaku telah me.langgar Pasal45 ayat 1 UU No i1Tahun 2008 tentang informasitransaksi elektronik (ITE). Ada- sr-rj

Page 44: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

KLIPINS MEDL&BAfrIA$ }{tI&{ll$ $$TD,E PijH$AII}ffi.fi$

''KEDAULAIAN RAKYAT"

SABTU LEGI,28 MARET 2015( 7 JUMADTLAKTR 1948 )

HADAPI MASYARAIGT EKONOMI ASEAN

Siaphan,P em,an du Wsata Profe sional

"SELAMAI pagi bapak,ibu, selamat datang di Kabu-paten Purbalingga, kota yangsejuk dan asri. Kami akan me-nemani Bapak ibu untuk me-nikmati objek wisata di Purba-Iingga seiama satu hari ini," tu-tur Nimas Herlia. Ifarena barupertama kali mengikuti pelatihan pemandu wisata, perem-puan itu tampak canggung.

Bersama belasdn pesertalainnya, Nimas mengikuti pe-latihan pemandu wisata yangdiselenggarakan oleh DinasKebudayaan Pariwisata Pe-muda dan Olahraga (Dinbud-parpora) Purbalingga, padaSelasa-Rabu (24-25/3).

Per:empuan itu mengakusenang mengikuti pelatihantersebut. IGrena pelatihan kaliini langsung dipraktikkan, seo-lah-olah sedang menerimakunjungan wisatawan. "sayabekerja di hotel. Saya sering di-tanya soal pariwisata di Pur-balingga oleh tamu yang da-tang, khususnya dari luar kota.Melalui pelatihan ini, saya bisamengenal lebih banyak obiek

wisata di Purbalingga. Ter-nyata tidak hanya Owabong(objek wisata air Bojongsari-red), ada banyak tuiuan wisatalain dan desa wisata yang jugapatut dikunjungi," ujarnya di-sela pelatihan. Rabu (2513).

Peserba lain, Mardiyantodari objek wisata Goa Lawaju-ga mengaku mendapat tamba-han pengalaman dan penge-tahuan tentang pemanduwisata. Selama ini Mardiyantotebih banyak bertugas dibagian penjualan tiket. Tapidengan bekal pengetahuan se-bagai pemandu pariwisata, iamenjadi lebih percaya diri bilamemandu rombongan yangberkunjung ke Goa Larva."Sa},s uL* lebih banyak bela-jar lagr. Kebetulan hampir seti-ap hari bertemu dengan wisa-tawan yang datang ke.GoaLawa. Jadi bisa langsungmempraktikkannya," ujarnya.

Instruktur pemandu wisata,Aris Widianto mengajak parapeserta mengunjungi Alun-Alun Kota, ke Pendapa Dipo-kusumo dan kompleks kabupa-

ten serta di Museum SoegardaPurbakawatja. Sehari sebe-lumnya, setelah diberikan teoritentang pemandu wisata, pe-serta diminta mencari bahansendiri tentang sejarah kotaPurbalingga, potensi wisatadan keunikan yang ada. Setiappeserta kemudian diberikanwaktu 10 menit untuk praktikmemandu.

"Secara garis besar, merekalangsung bisa memahamiteknik-teknik meqjadi peman-du wisata yang baik. Soal prak-

tiknya, memang harus terusdiasah," uj ar Aris Widianto.

Kepala Bidang Pariwisatapada Dinbudparpora, Ir Pra-yitno Msi, menuturkan pelati-han pemandu tahun ini dite-rapkan dengan konsep berbedadengan tahun-tahun sebelum-nya. Kali ini, peserta langsungpraktik di objek trv-isata atautempat kunjungan yang unik."Dinbudparpora akan terusmeningkatkan sumberdayamereka dengan mengikutser-takan pada pelatihan-pelati-

han. Pekan depan, kami akanmenggelar peningkatan SDMpemandu wisata dan pernberi-an motivasi," ujar Prayitno.

Dalam waktu yang tidak ter-lalu lama, Dinbudparpora be-kerja sama dengan HimpunanPramuwisata Indonesia JawaTengah akan mengirimkan pe-

serta pelatihan pemandu khu-sus wisata air atau menyelam.Sebelumnya, Purbalingga me-ngirimkan lima orang pelaku

,Jr _

Page 45: Kliping Berita Tanggal 28 Maret 2015

./t\.z .-s.l-t

wisata men-gikubi pelahhan pe-

mandu di Solo, dan kemudianpekan lalu dikirim 9 orang un-tuk mengrkuti pelatiha4 pe-

mandu museum di MuseumRonggowarsito Semarang.

'lbmi beipacu meningkatanSDM pelaku wisata untukmenghadapi Masyarakat Eko-nomi Asean 2015. Pemberla-kuan MEA ini menjadi taritangan berat industri pariwisa-ta termasuk para pelaku danpemandu wisata yang harusdisiapkan sumberdaya manu-sianya menghadapi persainganyang ketat," ujar Prayitno.

(IbtoRusmanto)-c

' KR-Toto Rusmanto

Pese fi a pelatihan pemandu tengah mcnjalani p;;iii -