Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

35
KLIPING MEDIA BAOIf, II II[}}{A$, $MDf, PURBATII{ffii -*.r* *ooira MARET 2015 ADD NtrA ik, Beban Desa Malc in Berat Terkait Pelimpahan Kewenangan ke Desa Radar Barryumas PURBALINGGA- Beban anggaran yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2015 ini di- nilai semakin berat. Pa- salnya, selain untuk sum- ber penghasilan tetap, ADD juga dikelola untuk menjalankan sejumlah ke wenangan yang diserah- kan ke desa. Seperti lem- baga PAUD, KB, tenaga pendamping kesehatan dan lainnya. Hal itu terungkap dalam diskusi Apdesi Plopinsi |ateng di Purbasari Pan- curan Mas, Desa Purba- yasa Kecamatan Pada- mara, Sabtu (r+/g) malam. Penyelenggara diskusi yang dimotori oleh Pagu- yuban I(epala Desa Wi- rapjara Purbalingga ini membahas Impiementasi UU Tentang Desa. Ketua Wirapraja Purba- lingga, Muhammad Yani mengatakan, saat ini yang menjadi pembahasan di pemerintah desa yaitu a- danya sejumlah beban yang harus dipikul angga- ran desa. Karenanya, hal itu mem- butuhkan kecermatan da- lam pengalokasian dana. "ADD diploting untuk siltap, PAUD, KB dan te- naga pendamping. Usai diambil untuk siltap, ADD masih dibagi lagi 70 dan 30 persen untuk sejumlah program pelimpahan itu. Belum lagi soal fisik atau proyek di desai' paparnya, kemarin. Ia mencontohkan, ADLdi desa yang dipirnpinnya, yaitu Munjul Kecamatan Kutasari mencapai lebih dari Rp 370 juta. Dana itu akan diterimakan sebanvak 3 termin dan kabarnya ter- min per-tamaApril atau Mei. "Dana sebesar itu kita ambil dulu untuk Siltap setahun. Artinya karena ini termin pertama iranya 40 persen. Di sisi lain, kegiatan kita yang dibiayai ADD semakin banyaki' jeiasnya. Ironisnya, khusus untuk pelimpahan kewenangan tenaga pendamping dinas kesehatan, desa tidak per- nah diajak rembugan. Ti- ba- tiba kewenangan men jadi kewajiban pemerintah desa. Bahkan sejak Januari kemarin, sejumiah pengel- ola kegiatan itu sudah me- nagih anggaran ke desa, "Kami ingin pelimpahan kewenangan ini juga diba- rengi derrgan proporsio- nalnya dana bantuan yang diterima desa. Iika ditotal paling tidak Rp 1,4 milyar per desa, baru bisa optimali' tambahnya. S ke hal 70

description

 

Transcript of Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

Page 1: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

KLIPING MEDIABAOIf, II II[}}{A$, $MDf, PURBATII{ffii

-*.r*

*ooira MARET 2015

ADD NtrAik,Beban DesaMalcin Berat

Terkait Pelimpahan

Kewenangan ke Desa

Radar Barryumas

PURBALINGGA- Bebananggaran yang bersumberdari Alokasi Dana Desa(ADD) tahun 2015 ini di-nilai semakin berat. Pa-salnya, selain untuk sum-ber penghasilan tetap,ADD juga dikelola untukmenjalankan sejumlah kewenangan yang diserah-kan ke desa. Seperti lem-baga PAUD, KB, tenagapendamping kesehatan

dan lainnya.Hal itu terungkap dalam

diskusi Apdesi Plopinsi|ateng di Purbasari Pan-curan Mas, Desa Purba-yasa Kecamatan Pada-mara, Sabtu (r+/g) malam.Penyelenggara diskusiyang dimotori oleh Pagu-yuban I(epala Desa Wi-rapjara Purbalingga inimembahas ImpiementasiUU Tentang Desa.

Ketua Wirapraja Purba-lingga, Muhammad Yanimengatakan, saat ini yangmenjadi pembahasan di

pemerintah desa yaitu a-danya sejumlah bebanyang harus dipikul angga-ran desa.

Karenanya, hal itu mem-butuhkan kecermatan da-lam pengalokasian dana."ADD diploting untuk

siltap, PAUD, KB dan te-naga pendamping. Usaidiambil untuk siltap, ADDmasih dibagi lagi 70 dan30 persen untuk sejumlahprogram pelimpahan itu.Belum lagi soal fisik atauproyek di desai' paparnya,kemarin.

Ia mencontohkan, ADLdidesa yang dipirnpinnya,yaitu Munjul KecamatanKutasari mencapai lebihdari Rp 370 juta. Dana ituakan diterimakan sebanvak3 termin dan kabarnya ter-min per-tamaApril atau Mei.

"Dana sebesar itu kitaambil dulu untuk Siltapsetahun. Artinya karena initermin pertama iranya 40persen. Di sisi lain, kegiatankita yang dibiayai ADDsemakin banyaki' jeiasnya.

Ironisnya, khusus untukpelimpahan kewenangan

tenaga pendamping dinaskesehatan, desa tidak per-nah diajak rembugan. Ti-ba- tiba kewenangan menjadi kewajiban pemerintahdesa. Bahkan sejak Januarikemarin, sejumiah pengel-ola kegiatan itu sudah me-nagih anggaran ke desa,

"Kami ingin pelimpahankewenangan ini juga diba-rengi derrgan proporsio-nalnya dana bantuan yangditerima desa. Iika ditotalpaling tidak Rp 1,4 milyarper desa, baru bisa optimali'tambahnya. S ke hal 70

Page 2: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

-/

DanaTakHanyaADDr illll tf,it,

. Sambungan dari hal 7

tuan keuangan desa dariprovinsi, bagi hasil pajak.Bahkan dalam APBN pe-rubahan, besaran danadesa akan naik signifikan.

"Desa diminta janganhanya meiihat besaranADD. Jika semua dana itumasuk dan terealisasi, ma-ka dana yang diterima desamencukupi untuk melak-sanakan pelimpahan ke-wenangan yang ke desa itu.Optimis saja dan masihada dana- dana Iain, takhanya ADD dan iru bisadigunaan, semua ada pe-tunjuftnya," rincinya, Minggu (tsls). (amr/bdg)

I(epala BapermamsdesPurbalingga, RImamWahyudi mengatakan, tidaktepat jika desa mengang-gap dana yang mas.uk kedesa saat ini terkesan keciljika dialokasikan ke se-jumlah kegiatan pelim-pahan itu. Teriihat danaitu kecil karerla merekahanya melihat ADD.

Padahal dana yang ma-suk ke desa selain ADDada Dana Desa (DD), ban

SERIUS :

berdiskusi

CAHYO'R*DARMAS

Para aparatur pemerintahan desa sedang seriussoal dana yang masuk ke desa.

Page 3: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

$: Eil tila (51< 6

t> (E

,i 1.=l

t.=1vl

lfiolololal(gi-clcIJ

rdtr)tr)

=(g-o

o-

GLEG)(L

(!l<o"

:e

ls,o'tr(Eoo-ooEI

G.E

0)F

tuU)

(,

EoolC,aotlnJJz

=.EO-UJOFYz<<o,h 5>e<.=ot=allJ so:,=trEA:

Page 4: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

.J

.:

G

E(E-l(!(g

G

EoE

s(d

G-oJL(g

(Emi(o

0)_o

i<(!o

=(!q)

i(gvoo

.(o

(!E

E(I,

(o

(g

trs(o')#tllloYo:)t

Radar Banyumas o Senin Wage '16 Maret 2015

Page 5: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

BAfr IAH I{I,I[{A$. $[1DA PIJRB,{tJilffi[

PANEN PADI: Kasdim o?02 ,l?ii;il:?i'iljfiibersama para petani Kedungbenda.

Panen Raya DukungSwasembada Pangan 20ls

PURBAIINGGA - panen ralia padi di DesaKedungbenda, Kecamatan Klmangkon,Sabru (14l3), dihad.iri langsung oleh K"epaiaStaf Kodim (Kasdim) oToZl*eurbalinggaMayor Kav Haryono. b ke nilo

Tanam Dualenis Padir Pan8n fiaya Varietas padi Ciherang

sebanyak 6,78 tom di la-han seluas 0,25 hektar danvarietas padi dempo se-banyak 1,68 ton, denganluas lahan 0,8 hektar.

Dijelaskan, kegiatan pa-nen raya padi di Purba-lingga, termasuk di DesaKedungbenda, KecamatanKemangkon, memiliki po-tensi yang besar untuk men-dukung dan mendorongProgram Pemerintah me-wujudkan swasembada pa-ngan 2015. Sebab, hasilpanennya cukup meiimpah.

Sementara itu, kegiatantersebut dihadiri langsungoleh Kepaia Dinas per-tanian,Perkebunan danKehutanan (Dintanhut-bun) Kabupaten Purba-lingga Zaenal Arifin, Mus-pika Kecamatan Kemang-kon, Kades dan perangkatdesa Kedungbenda, sertaKelompok Tani Kuncung-sari Desa Kedungbenda.(tya/bdg/adv)

Sambungan dari hal 7

Panen raya tersebut di-lakukan di lahan seluas1,05 hektar, yang terdiridari dua varietas padi.

Pasiter Kodim 07 0Z/pur-baiingga Kapten Inf ya-notama mengatakan, ke-giatan panen raya padiyang dihadiri oleh Kasdimtersebut, merupakan tin-dak lanjut dari teieponAsterkasdam IV/Dipone-goro, kepada Dandim 07-02lPurbalingga Letkol InfAgustinus Sinaga. "Ten-tang perintah untuk me-laporkan perkembangantanam dan panen di.ma-sing-masing wilayahnya,"uJarnya.

Dalam kegiatan tersebut,Kasdim yang datang me-wakili Dandim melaksa-nakan panen raya dengandua jenis varietas padi.

Page 6: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

f'dHillJkfiAfi IAH HI}h{A$ nETilA P1jRfi,tI;II{#ffi i

Radar Ban5nrmas . Senin wage 16 Maret 2015

LURBAIII{GGI EKSPRT$

D I KU KU H KA N : Dandim ozoz T',llillii,{6tijmengukuhkan pengurus FKPPI.

flandim I(ulsuhkanFKPPI PurbalinggaPURBALINGGA - Komandan Kodim

(Dandim) 0702 Purbaiingga Letkol InfAgustinus Sinaga mengukuhkan ForumKomunikasi Putra -Putri PurnalvirawanDan Purra-Putri Tlil-Poiri (FIGPD Cabang1l18 Purbalingga, di halaman Makodim0702, Sabtu (t+/S) tau. F kehal 70

Bangun Karakter l(uatr Dandim muda FI(PPI merupakan salah

satu komponen bangsa darikalangan pemuda, yang ke-beradaanla telah diakui me-miliki karakter yang kuatsebagai pengawai persatuandan kesatuan. "FKPPI jugahams terus berupaya mela-kukan pembinaan, penataandan pembaharuan. Terutamadalam mengantisipasi ber-bagai perkembangan yangrerjadi di masyarakat," im-buhnya.

Dalam kesempatan itu, Dandim berharap, organisasigenerasi muda FKPPI I(a-bupaten Purbalingga dalammelaksanakan program-pro-gramnya, dapat lebih me-nyentuh pada kepentinganmasyarakat. Selumh anggotaFKPPI juga harus mampubekerjasama secara komPakdan harmonis, dalam satu

kesatuan dengan organisasilainnya.Dandim mengingatkan,

generasi muda FIGPI harusmampu melahirkan karyanyata dan kontribusi Yangpositif dalam pembangunannasional, khususnya dibidangkepemudaan. "Di pundakgenerasi muda, bertumpukesinambungan bangsa di-masa yang akan datang," tan-dasnya.

Acara p engukuhan sekaligusdilakukan pemberangkatanpeserta Apel Besar dan Sara-sehan Kebangsaan FI(PPI danGenerasi Muda (GM) FKPPIse Jawa Tengah dan DIY diMagelang. Kontingen Yangdiberangkatkan berjumlah 70

personii, diantaranya akanmengikuti lomba peraturanbaris-berbaris. (tya/bdg/adv)

Sambungan dari hal 7

Setelah dikukuhkan, Dan-dim juga melepas keberang-katan mereka ke Magelang,guna mengikuti apel besarFKPPI dan Generasi MudaFIQPI.

Dandim, saat memberikansambutan mengatakan, pihak-nya mengaj ak generasi mud a,

khususnya anggota FKPPI,untuk mengembalikan kebe-radaan FKPPI KabupatenPurbalingga, agar kembalisemangat berorganisasi. "I(a-rena keberadaan organisasiFKPPI Kabupaten Purba-lingga vakum, sehingga perluadanlra penyegaran kembaliuntuk menghadapi tugas-tugas ke depanj' jelasnya.

Dia menjelaskan, generasi

Page 7: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

KLIPING MEDTIB,{fr IA}{ II[}H,{$ $$,IDA PURBAI;HO$i

Radar Banyumas o senin wage 16 Maret 2015*---*g

Anda memiliki unek-unek tentangbefbagai hal demi perbaikan dan

kemajuan Purbalingga yang penting tidakmenyinggung sara dan fitnah.

Caranya ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081 -327-333-778

Tumpukan Rongsok diPinggir JalanKepada dinas ierkait, di Purbalingga adapengepul rongsok di depan Sidoroso yangberada di sebelah Utar-a Bangjo Karangkabur.Tumpukan rongsok ditaruh seenaknya di pinggirjalan aspal. lni mengganggu pemakai jalanlmembahayakan dan kelihatan jorok. Mohonditertibkan'terimakasih

NN 081226392377

Satukan Seluruh I(ubr $au[an

Bukateja. "Kemudian, segerasaya akan membentuk pe-ngurus yang diniiai me-miliki kemampuan untukbersama-sama memajukantaekwondo di Purbaiingga, "katanya.

Adapun program prestasiyang terdekat adalah me-nl,ukseskan gelaran PekanOlahraga Wilayah Kedu Pe-kalongan Banyumas (PorwilDulongmas) yang akan di-gelar September mendatangdi Magelang. Sebab taek-wondo digadang-gadangmenjadi penyumbang me-dali dalam ajangitu.

"Prestasi taekwondoin kitasedang naik. Mereka ber-hasil meraih 1I medali dal-am kejuaraan taekwondo diKendal dan t7 medali diMagelang beberapa waktulalu. Nah di Dulongmas,emas menjadi incaran kita,"katanya. (tyalbdg)

Sambungan dari hal 7

StlBllT

Dia mengakr akan memper-s*ukanselurutrdojangatauidubtaekwondo yang ada di Pur-balingga, untuk mema jukantaeh,vondo Purbalingga.

'Saya tidak akan menyia-I'i4kan tanggung jawab yangtelah diembankan kepadasaya. Pada tahap ar,tal, sayaakan mempersatukan do-jangyang ada di Purbalinggauntuk menyamakan visidengan Pengkab TI," u-jamya.

Dia menjelaskan, saat iniada lima dojang yaitu per-wira Taekwondo Club (P-TC), ]agratara Mok's Pur-balingga, TI Unit Bobotsari,TI Unit SMPN I Purba-lingga dan TI Unit SMPN 2

Satukan Visi dan MisiHi lebih kuat

daripadaseba-tdnglicli, dipa-hami betul o-leh I(etua Pengurus Kabu-paten (Peng-kab) Taekwondo Indonesia(TI) Purbali-nggamasabakti 2015-20 t9,Agung Prata-ma. S$ ke haI 70

PERIBAHASA scihat

Page 8: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

KLIPING MEDTIfi iff IAU }IIJHA$ $ETD,{ PiIRB,tTII{ffii

-!"a"t n""Vu*aS . a""," *ge 16 Maret 20'15

I(epesertaan BPIS

Ketenagakerjaan RendahPURBALINGGA - Iumtah ke_

pesertaan Badan pen1,els.*r.r.Iaminan Sosial (BpIS)-* I(etenagakerjaan, tenaga kerja diperusahaanyang ada di KabupatenPurbalingga, tenlyata masih singatrendah. data terakhir, tingiatkepeserlaan tenaga kerja paaa ipISKetenagakerjaan baru mencapai 6gpersen.

Kepala Dinas Sosial Tenasa KeriaDan Transmigrasi (Din"sosni-kenra.ns) Kabupaten purbalinggaNgudiarto mengatakan, pihaknlaterus mengupayakan agar tingkatKepesertaan perusahan yang ada diPurbalingga untuk mengilutkanlenaga kerjanya dalam jamitrankecelakan kerja (|KK) ditingkatkan."Bahkan pemiiik toki yang

m empekerjakan renaga kerla lugiKamt htmbau, agar mereka me_m-asukkan pekerjanl.a dalamIJ(K," ujarnya saat pertemuandengan jajaran pimpinan cabangBadanPenyelenggara jaminan Ke-

sejahteraan Sosial (epIS) fe_tenagakerjaan provinsi JawaTengah, kemarin (IZ/3).. Dia juga mengakui, hingga saatini kepesertaan BpJS i6tena_gakerjaan di Purbalingga barumencapai 69 persen. ,,Jumiah itumerupakan tenaga kerjayang ada

ffi;wwBahkan pemilik toko yangmempekerjakan tenagakerja juga kami himbiu,

agarmerekamemasukl<an pekerjanya

dalam JKK,"

NgudiartoKepala D ins o s nakertrans

Purbalingga

di perusahaan," imbuhnya.Bupati Purbalingga Drs I{ Su_

kento Rido Marhaendrianto MMberharap agar pengusaha me_ngikutkan seluruh karyawan ataupekerjanya dalam jaminan ter_se.but. "Untuk itu, pengusaha

olmlnta, agar kepesertaan nakeragar ikut IKK terus ditingkatkanhingga mencapai 100 pirsen,,,imbuhnya. * ke hat 10

KlaimHarusMudahI l(eResenaan Kepada perwakilan BpJS

Ketenagakerjaan ProvinsiJawa Tengah, Bupari jugameminta, kerika pekerjamengalami musibah ataukecelakan kerja, dalammengurus atau mengklaimjaminan supaya dimu-dahkan. "Saya minta, agarsaat mengalami kecela-kaan. I(etika akan me-ngurus jaminan arau klaimtersebui, agar lebih di-mudahka n,' karanva. (tyalbdg)

Sambungan dari hal 7

Hal itu, harus dilakukan,karena menurut Bupatiselain memberikan kom-pensasi dan rehabilitasisaat bekerja dengan ikutf KK. tenaga kerja yang me-ngalami kecelakaan kerja,baik saat berangkat kerjamaupun sampai kembalidi rumah mendapatkanjaminan atau santunan.

Page 9: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

KLgpf,hrffi 8,,6ffiffix4

ffi &fi l&ff ffitlh'gA$ $g:Tile plIRfirtLiHilfi

'Radar Barylumas o Senrn wage 16 Maret 2015

iilBfillllG8fi 24 m]tlAnda memiliki unek-unek tentang berbagai hal

demi perbaikan dan kemajuan Purbalingga yangpenting tidak menyinggung'sara dan fitnah.

Caranya ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081-327-333-778

Jdan berlubangLirigkar Selatan Terminal Bus Bobotsari Kabupaten Purbalinggadan jalan menuju kota Pemalang banyak jalan yang berlubangd;n' banyak kecelakaan. Terakhir terjad i kecelakaa n h a ri J um'at6/3 jam 11.30 WB, korbannya siswa SMK Penerbangan karenameirghindari lubang. Mohon ditindaklanjuti. Terimakasih.

urwanto 0818202733

JuOi dan Maling di KaligondangKepada Yth Kapolsek Kaligondang, tolong diberantas judi danmalins. Sekarans wars a sangat resa h. r"r,[,i*3ilirr32o08o

URB[1I1{G&A EI(SPRES

Panusupan Harapan Perbaikan Irigasif,DMRAlic-Masyarakat Desa Panusupan mengharapkan

perbaikan saluran irigasi di desanya. Kerusakanpada tanggr:Ipengamanyang berada di sawahmereka membuat airirigasitidak maksimal mengairi sawah.

Kepala Desa Panusupan Imam Yulianto mengatakan,Akibat kerusakan tanggul pengaman, puluhan hekar sawahtidak bisa tergarap maksimal. "Saat ini memang masihrnusim hujan jadi belum terasa dampaknya. Namun bilamusim kemarau tiba, sawah bisa terbengkelai karenakurangnya pasokan airi' jelasnya.

Kdrusakan tanggul irigasi sudah berapa br:lan dikeluhkanpara pemilik sawah. Meskipun sudah beberapa kaliniendapatkan perbaikan, namun seringnya tergerus airmembuat perbaikan yang dilaktrkanwarga rusakkembali.

"Kerusakan ada diberapa titilq sehingga air bocor di sanasinf jelasnya.

Ldbih lanlut Imam menambahkan, bila irigasi tidakmehgalami kerusakan, biasanya para petani bisa melakrrkangDasa tanam dua hingga tiga kali dalam setahun. Sedangkanthag irigasi rusak para petani hanya bisa melakukan satuhingga dua kali dalam setahun.:i'Tergantung pasokan air ke sawahi' imbuhnya.Masyarakat berharap, perbaikan irigasi secara pernanen

Hsadilalekan Sehingga para petani bisa nyaman melakkanrrtusim masa tanam dan meningkatkan hasii padi me-relsa.(iok/bde)

Page 10: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

Nla-kin Nlantap denganFIaITahfidz Qu.r'an

Radar Banyumas o Senin Wage 16 Maret2015

Purbalingga

PURBALINGGA-Feserta akhlak ain .nuG.i fainnyadidik di PAUD Holistik Inreg-ratif Islam Tahfidz (tT) AuaqiaMulya Bojong, purbalinggadisiapkan menjadi genbeiisiyang berkarakter islami. pena_naman akhlak dan penge_tahuan tahfidz eur'an dite_rapkan dalam berbagai ke-giatan baik di kegiatan indoormaupun outdoor.

Kepala PAUD F{I IT AttaqiaMulya, Ruli purwaningsihmengatakan, pada kegiatanindoor. Anak-anak pAUD danTK HI IT Atraqia MUlva akanmengikuti berbagai materisentra dengan nyaman. pasal_nya, ruangan yang tersediadikemas senyaman mungkin."Di lantai atas, anak-anakdapat mengikuti kisah-kisahnabi maupun pengetahuan

dengan Iebih menyenaugkinkarena didukung fasilitas ACdan multi media,,, tutur uz_tadzah Ruili..

Ruli menambahkan, pAUDHI JT Attaqia Mulya yangberlokasi di sebelah LitariTaman Bejong tersebut meng-unggulkan pemahaman tali_fidz. dan keagamaan setiapkegiatannya. Selain tahfidzQur'an, setiap hari, para pe-serta didik diajakuntuk SholatDhuha dan Sholat Dhuhurbersama.(Kami mendatang-kan ustadz khusus yang ;u{aseorang hafiz eur'an untukmendampingi peserta didikdalam mendukung programtahfi dz tersebuti' timbatinya.

Peserta didik di PAUD HI ITjuga mendapatkan fasilitas

FOTO BARENG : Anak-anakbersama ustadz.

visite kesehatan dari doker.Hal ini diberikan untuk men-dukung kesehatan pesertadidik. Pendampingan anak-anak di TPA juga cukup ter-arah dengan didukung oleh

PAUD Attaqia MUlya berfoto

ustadzah yang berpengala-man dan profesional di bi-dangnya serta dukungan te-naga perawat.

Ruli menambahkpn, PAUDHI IT Attaqia Mulya yang

beriokasi di Utara TamanBojong Purbalingga iru kinimemiliki gedung baru duaiantai. Lantai yang bawahdigunakan untuk kegiatanpeserta didik di TK dan Ke-lompok Bermai. Di lantai satuitu,'tersedia ruangan khususyang nyaman untuk kegiatansentra balok, sentra imtaqdan sentra alam cair. "Diba-ngunnya gedung baru inimerupakan r,r,,ujud kami un-tuk mehingkatkan.p elayanankepada peserta didik. Kamiberharap, dengan gedungdan ruangan yang nyaman,peserta didik akan lebih mak-simal dalam mengikuti ke-giatan. Hal ini juga untukmemenuhi harapan dari or-ang tua peserta didik," tu-turnya. (./Uag1

Page 11: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

ffi&g}liffiffi heffiffirA

Radar BanSrumas o Senin Wage 16 Maret 2015

Dindik DimintaLebih Hati- Hati

Pengelolaan DAKSarpras LuncuranPURRBALINGGA- Belum

direalisasikannya programpemenuhan sarana dan pra-iarana (Sarpras) yang ber-sumber dari Dana Alokasi

I(husus (DAK) menuntut Di-nas Pendidikan Purbalinggaberhati- hati. Pasalnya, hal itusangat rentan memicu Per-soalan. Sekecil apapun tin-dakan yang diiakukan harustetap berpedoman pada atur;rn'main.

"l(epala Dindil< sebagai pe-nanggungjar,vab secara ke-seluruhan anggaran termasukDAK, harus benar- benar cer-mat.

Termasuk soal spesifikasi tek-nis saat ieiang kembalii di-lakukan. Karena hai ini terkait

dengan peralatan atau sa4)rasyang membutuhkan langkahdetil, harus hati- hati," jelasKetua Denan Pendidikan Purbalingga, Trisnanto Sri Hu-tomo, Minggu (1sl3).Dia meniiai, langkah Ke-

pala Dindik saat ini masih

*,o1* Lu.".,a r4engedepan-kan kehati- hatian. Apatagi

.

beberapa tahun lalu, Dindiksempat digoyang kasus ti-pikor karena soal DAK.

Karenanya, wajar jika saat iniKadindik lebih terkesan ketat.

*- kehal 10

r Dindilr bersamaan penggunannya."Menunggu kembali untuk

diberi yang baru sebenarnyatidak masalah. Daripada rer-buru- buru dan imbasnyasalah langkah, justru mem-buat masalah. Harapan ka.mitidak ada lagi kasus yang sarnadi tahun- tahun mendatangi'tegasnya.Trisnanto juga mengata-

kan, jika DAK saat ini untukgedung, mungkin sedikit ber-beda. Karena jika diperun-tukkan unnrk bangunan ataufi sik gedung sangat kelihatan.Namun ini kembali ke spe-sifi kasi p erlengkap an satprasyang kadang jika tidak di-tangani cermat, akan mudahmemicu persoalan.

Seperti.diberitakan, ke-giatan yang bersumber dari

DAK tahun 2013 hingga2015 belum juga terealisasihingga kini. Program ter-sebut seialu tidak bisa dilelangdan menjadi program lun-curan tahun berikutnya. I(e-tua FAN DPRD Purbalinggamenduga kuat ada permai-nan dalam pengeloiaan danaitu.

Direkur Institut Negri Per-lvira Purbalingga, IndaruSetyo Nurprojo menilai, per-soalan DAK luncuran iniharus disikapi bersama an-tara pihak-pihak terkait.Sehingga didapatkan gam-baran dan titik temu. Selainitu harus disikapi oleh pihakyang tepat, misalnya di DP-RD melalui Komisi yangmembidanginya. (amr/bds)

Minta Tak Buru-buruSambungan dari hal 7

"Ini soal spesifikasi danujung- ujungnya akan kekualitas dan kondisi barang-nya. |ika sampai salah lang-kah, atau berani bermain-main, maka siap- siap sajamuncul persoalan. Kamimendukung langkah Dindiklebih ketat dalam persiapanIelang ini," paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, ter-kait dampak molornya rea-lisasi sarpras seperti per-lengkapan laboratorium ba-hasa, menurutnya tidakusahdipersoalkan. Karena per-lengkapan yang ada saat inimasih bisa dipakai dan tidak

Page 12: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

g{1,$trIffiffi &,$mmlA

m.&ff ilrru rl{Je{A$ $ ilTn& PUHfi At;ffi # f,

Radar Banyumas o Senin Vv'age 16 Maret2015

i Tantangan Perawat Makin BeratPURBALINGGA-Meski pe-

Iuang berkarir di dunia ke-perawatan maiin ter-buka se-iring hadirnya Undang Un-dang tentang KeperarJatan,temyata tantangan perawat diIndonesia makin berat. per-saingan maki n rerbuka seiringdengan berlakunya ekonomiglobal dan AXC 2015.

Hal itu disampaikan oiehI(etua PPNI Jawa Tengah,Edy Wuryanto saat mengisimateri seminar bertajuk'Mengurai Benang MeiahUndang Undang Kepera-watan' yang diprakarsaiPersatuan Perawat NasionalIndonesia (PPNI) purba-lingga di Pendapa Dipo-kusumo, Sabrlr (13/3).

"Dengan adanya AEC 20-15, akan terjadi liberalisasikesehatan dengan masuk-nya rumah sakit asing, pe-rusahaan obat asing, dok-ter,bidan maupun perawatasing. Hal ini menuntut

TANTANGAN : Narasumber menyampaikanseminar keperawatan, Sabtu (13/3) kemarin.

sebuah pelayanan yang pro-fesional dan prima denganstandarkompetensi yangtinggi," tuturnya.

Edy Wuryanto menyam-paikan, selain kepastian hu-kum, Undang UndangKe-perawatan juga memberikanbanyak peluang bagi seorangperawat dalam memberikanpeiayanan, termasuk mem-buka praktek pribadi.Me-nurutnya, profesi perawatterkait dengan tiga sistemyakni sistem regulasi, sistempelayanan dan sistem pen-didikan. Tiga sistem iru pen-ting diperhatikaa unhrk men-jarvab tantangan perawat In-donesia yang semakin beratseiring dengan darangnyaekonomi global dan AEC20t5.

Pemateri lainn1,a, prof DRM Fauzan mengatakan, Un-dhng Undang Keperawatanmemberikan kepastian hu-kum bagi peralat daiam men

P U T UT/ RA DA RMAS

paparannya di

jalankan tugas pokok danfungsinya. Tanpa ada ke-pastian hukum itu, profesiperawat bisa rawan terhadappersoalan baik administratif,perdata maupun pidana.

Lahirnya Undang Undangkeperawatan tersebut mem-berikan jaminan bagi perawatdalam menjalankan tugaspokok dan fi-rngsinya sehinggaperawat dapat bekerja dengannyaman. Tentu saja,hal iniharus dibarengi dengan ting-kat pemahaman yang me-madai tentangisi dari undangundang tersebut. "Perawatdituntut cerdas dalam me-mahami undang undang itu.Termasuk memahami apayangboleh dilakukan dan apayang tidakboleh dilakukanj'tu-tur Prof DR M Fauzan.M Budi Setiyadi SH MH,

Koordinator Pidana U-mum oada Kejati Ka-Iimantan Timur menga-takan, Undang UndangKeperawatan juga berim-plikasi hukum pada pera-wat.Karena itu, berbagaiketentuan harusdipenrihiseorang perawat dianta-ranya memiliki surat tan-daregistrasi (STR), SuratIjin Praktek Perawat, Suratijin I(erja Perawat,mema-sang papan nama bagi pe-rawat yang membuka prak-tik pribadi yang didasarkanpadakode etik, srandarpelayanan, standar profesidan standar operasionalprosedur.(bdg/opl)

Page 13: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

KIgPEffiffi MffiffiMffiAfilA$ HUe{}'$ $$Ttrt PURffiAtIF;#(te

SiIf,HA TTHRUHIMsENrN, io runner zofi

Batu PurbakalaDlburu

PURBALINGGA - Tingginya nilaijual

batu akik membuat sejumlah orang gelap

mata. Batu apapun yang dikira mempunyai

nilai jual tinggi diambil. Termasuk batu

Bobotsari, menjadi sasaftu1.

Pasalnya. batu Rijang ber-wama hijau nyaris menyerupai

(Bersambung hlm28 kol 1)

disitus purbakala.

Pma pemburu bahr akik se-makin mengglla. Mereka me-nyasarjenis bebatuan yang di-yakini sebagai batu dengan ni-lai ekonomi tinggi.

fitu.lenls Rijang berada dikompleks situs Ponjen di DesaPonjen, Kecamatan Karang-anyar dan situs Limbasari diDesa Limbasari, Kecamatan

SITUS PONJEN :BaruRijangyangberada

di situs pilrbalalaDesaPonjen. Batujenis

inidikirabaruakiknogosuiyang berada

. diperbukitan.(17)

. StWArief Noegroho

Page 14: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

--"------=.-

-rr-_-:-

Batu...

(Sambungantrlm2l)

batu Klawingjenis Nogosui atau

yang dikenal pula dengan batudarah Kristus (Le Sang duChist).

Kepala Desa Limbasari,Halimah, mengungkapkan Parapemburu batu Klawing saat inisudah mencapai wilaYah hulusungai Tutung Gunung dan

Patrawangsa. Sungai itu meru-pakan bagian

.hulu Sungai

Klawing yang dikenal akan batu

bemilai ekonomi tinggi. Merekabahkan mencungkil batuan disekitar perbukitan tersebut.

"Mereka bukan warga Lim-basari. Kebanyakan Pendatangdari luar wilayah Bobosari," kata

dia di sela-sela rapat Kesela-matan Situs Purbakala di aulaDinas Kebudayaan Pariwisata

Pemuda dan Olah Raga @inbud-parpora) Pubalingga-

Halimah mengungkaPkankekhawatirannya jika Para Pem-buru batu Klawing semakinbanyak, akan merusak lingkun-gan. Batuan di sekitar situsLimbasari juga menjadi sasaran

parapencaribatu.Dia memastikan jika mereka

bukan warga Limbasari. SerPihan

batu yang tercec€r di sehtar sinrs

Limbasari juga semPat diambilpara pemburu batu.'Namun sete-

lah dijelaskan oleh Penjaga situs,

jika batuan tersebut bukan batu

untuk akik, para Pemburu me-

ngembalikan kembali," katanYa-

Petugas penjaga situs Yangmerupakan warga sekitar jugasudah mengingatkan Para Pen-cari batu akik untuk tidakmengambil batu di sekitar situs'

Jika mengambil termasuk me-

nyalahi undang-undang cagar

budaya.Hal senada juga diungkaPkan

oleh Tarso, KePala Urusan Pe-

merintahan Desa Ponjen. Me-irurut dia. damPak ramainYa batu

Klawing juga menYasar batuan'yang ada di situs Ponjen. Para

pencari batu mengira serPihan

batu Rij ang meruPakan batu j enis

Nogosui yang konon memilikinilaiekonomitinggi.

, Kepala DinbudParPora, Su-

beno, mengatakan booming batu

akik dari sisi ekonomi ada

dampakpositifrrya. Namun di sisi

lain tidak bisa dilePaskan daridampak negatif, tak terkecualibatuan di sinrs benejarah menja-

di sasaran.

"Berdasm Pengecekan Pihakkami, tidak ada situs Yang rusak

akibat banran yang diambil' Parir

penci "i batu hanYa mengambilserpih.n batu di sekitar situs,"katanya. (FlG17)

Page 15: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

ffitgpgffiffi $ffiffiffirA

SENIN , 16 MARET 2015

PURBALINGGA - Peng-esahan kepengurusan DPPPartai Golkar versi Munas An-col di bawah Agung Lakso:ro,disikapi j aj aran pengurus partaiberlambang pohon beringintersebut di tingkat daerah.Pengurus DPD Partai GolkarKabupaten Purbalingga, dipas-tikan merapat ke kubu Agungdan keluar dari Koalisi MerahPutih(IC4P).

"Keberulan Sabru (1413),

kami ada acara dengan PakAgung di Semarang dalamkap-asitas setagai Ketua Kosgoro.Kami bersama seluruh DPDGolkar Jateng, sepakat men-dukungnya. Kami juga keluardari KPM," kata Wakil Sekre-taris DPD Partai Golkar Purba-lingga Muhammad Wachyono,kemarin.

Menurutnya secara realistis,DPD harus mendukung kepen-gurusan hasil Munas Ancol.Meskipun saat ini konflik ditingkat atas masih berlangsung,Golkar versi Agung Laksonosudah diakui pemerintah.

"Partai memang harus dise-lamatkan. Hal itu karena tahunini, Purbalingga akan mengge-lar Hlkad:i. Jika terus berkonflikdan saling berebut kekuasaan,partai terancam tak bisa ikutPilkada," katanya.Berkekuatan Hukum

Jika menilik keputusanMenkumham, maka MunasVersi Ancol yang menetapkanAgung Laksono sebagai KetuaUmum Partai Golkm, memitng

memiliki kekuatan hukummengikat. Kendati demikian,kubu Aburizal Bakrie masihbelum mengakuinya.

Lebih lanjut, dalam waktudekat ini, kepengurusan DPDGolkar di Purbalingga jugaakan berakhir enam bulan lagi.Hasil diskusi dengan AgungLaksono di Semarang, kemarinmenyebutkan DPD akan dip-impin oleh Plt, karena akanmenghadapi Pilkada Desembermendatang, Pemilihan ketuaakan digelar setelah pelak-sanaan Pilkada.

Ketika disinggung menge-nai arah koalisi Partai GolkarPurbalingga pada 2015; Wach-yono inengatakan partainyamemang secara aturan tak bisamencalonkan sendiri pasanganCabup dan Cawabup. Oleh ka-rena itu pihaknya akan melaku-kankoalisi.

"Koalisinya nanti sepertiapa, itu jadi kebijakan Plt. Pltakan memaparkan langkah-langkah paling menguntungkanbagi partai dalam Pilkadananti," katanya.

Golkar saat ini memilikitujuh kursi di DPRD Purba-iingga berada di umtan kedua dibawah PDIP, yang memiliki 11

kursi. Sebelumnya, menjelangpilkada, partai ini dikabarkansudah intim dengan empatpaitailain, yaiar Partai Keadilan Se-jahtera (PKS), Partai ArnanatNasional (PAI'O, dan Partai De-mokrat (PD) dan Partai BulanBintangPBB). (H82-63)

Page 16: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

KtuXpxffiffi &.$ffiffi[&

$Affffi{}r{ffi$$ffim$flreme &{HffitrHK&SENIN, 16 MARET 2015

B rru Dui Orrng fembalikanFormulir lewat "Kubah"4$# P*ndaftaran Diperpanjang

PURBALINGGA - Meskisudah melampaui waktu pendaf-taran, baru dua bakal calonbupati yang mengembalikan for-mulir ke sekretariat penjaringancabup dan cawabup PurbalinggaKoalisi untuk Perubahan"Kubah". Keduanya mengem-balikan melalui loket PartaiKebangkitan B angsa @KB).

Masing-masing yaitu KetuaLBH Perisai Kebenaran, yangjuga sebagai fungsionaris DPCPartai Kebangkitan Bangsa(PKB) Purbalingga, Sugenguntuk bakal calon bupati danmantan anggota DPRD Purba-lingga Supo,no Mustajab untukbakal calon wakil bupati.

Kubah merupakan koalisiPartai Gerakan Indonesia Raya(Gerindra), PKB, dan Partai HatiNurani Rakyat (Hanura). Ada-pun pendaftaran bacabup-cawa-bup melalui koalisi im, mulai 7Februari hingga 20 Februari.

' Ketra kmbaga Pemenangan

Pemilu (LPP) DPC PKB Pur-balingga, Bambang Hermanto,Minggu ( I 5/3 t, mengatakan pen-

daftar yang mengembalikan for-mulir hanya sedikig karena belumada kejelasan aturan dari pusat.

" Setelah penetapan PerPu

menjadi LIU Pilkada. dan nanti

setelah penerbitan aturan dariKPU, mungkin akan banyakyang mengembalikan formulir, "katanya.Sudah Berkoordinasi

Sementara itu, bakal cabupSugeng, mengatakan dari infor-masi yang dia terima, saat ini diamenjadi satu.satunya bakalcabup dari PKB. Dia juga kem-bali menegaskan, pencalo-

nannnya melalui PKB, juga tiddkuntuk main-main. Selain suddh

berkoordinasi dengan pengurd'partai, diajuga tetap bergerdkta.eru juga memiliki rencailauntuk maju Pilkada melalui jalurindependen. e

Sementara itu, Ketua DPCPartai Gerindra Purbalinggalmam Poerseto. mengatakan dari

delapan tokoh yang mengambjlformulir, masing-masing enalnunnk bakal cabup dan dua bakal

cawabup, tak salu Pun Yar g hing-ga kemarin mengembalikan fol-miilir.

"Bakal calon masih sepeniyang dulu saat kami bau mem-buka penjari ngan. " katanva.

Mereka adalah Imam Poet-seto (Ketua DPC Partai Gerin-dra), Adi Yriwono (lMakil KetuaDPRD Purbalingga), SlametWahidin (Ketua DPC PKB),Haryanto (Ketua Partai Hanura),

Sugeng (Wakil Ketua DPCPKBt dan Suparno tpejabat diKejagungt. Kemudian dua nama

yang mengarnbil formulir Baca-

wabup masing-masing Wah-yono (anggotaDPRD) dan Sugi-min (anggota DPRD).

Meskipun demikian, pihak-nya masih menunggu jadwaltetap dari KPU Purbalingga, soal

pendaftaran calon secara resrii.Kabarnya Juni sudah mulai dibuka pendaftaran

" Kami berencana memper-panj ang waktu penj aringan bakalcalon. Mungkin akan mulai lagidari nol. Saya anggap saat inimasih belumielas dan akan kitaevaluasi. Selain itu kami masihmenunggu arahan DPD danDPP," tegasnya. (H82-63)

ti()'

1

Page 17: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

l{tugffdffiffi Btu$ffiffiX#r

ij,{{tl,ti{ I{ til{;i$ $fiTfi,q P|trHH*tfii{,{i r,

suaR4iltEE_D=E(ASENIN, 16 MARET 2015

aTersangkarigruDisidangSege

Semarang.

t&

"Klien saYa sudah me-

ngembalikan uang tersebut,sehingga kerugian negara bisa

dikatakan tidak ada. Itu dihara-

pkan jadi pertimbangan hakim.

Paling tidak agar hukumanmereka bisa diPeringan,"katanya. (H82-63) '

PURBALINGGA - Berkas kasus tiga tersangkadugaan tindak pidana korupsi dana SimpanPinjam Perempuan (SPP) Program Nasional

Pemberdayaan Masyarakat Mandiri pedesaan

(PNPM-MD) tahun 201 1 Desa Maribaya,

Kecamatan Karanganyar, segera dilimpahkanke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi(fipikor)

Kepala Kejaksaan Negeri(Kajari) Purbalingga, Martiniakhir, pekan lalu mengatakanberkas kasus tersangka, yaituAmi Munjilah, Siti Fatimah,dan Winanti itu akan dilim-pahkan pada pertengahan bulanini, untuk segera disidangkan.

' Menurutnya, ketiganyadiduga menggunakan proposalfiktif, untuk mencairkan pinja-man dari program SPP 2011 diDesaMaribaya.

Tetapi nama-nama anggotadalam kelompok SPP itu sebe-narnya tidak ada

"Kami menemukan adakejanggalan itu dan sudahmeminta konfirmasi kemasing-masing anggota j Tetapimereka mengaku tidak menda-patkan pinjaman dana terse-but." katanya.Kerugian

Rata-rata pinjaman anggotayang diusulkan fiktif itu Rp 3juta. Dari hasil pengembangan,datadi lapangan. total uangyangdrduga didapat ketiga tersangkadari proposal pinjaman SPPfik-tif iru lebih dari Rp 300juta.

"Diduga kerugian negaraversi kejaksaan, total sekitar Rp300 juta. Ketiga tersangka itudijerat Pasal3 UUTipikor. Saatini berkas pelimpahan ke pen-gadilan tipikor sedang dipersi-apkan. Jika sudah dilimpahkan,maka tinggal menunggu j adwal

sidang di Semarang," katanya.Sementara itu, kuasa hu-

kum ketiga tersangka, Sugengmengatakan pihaknya akanmengikuti proses hukum sesuaimekanisme yang ada. Beberapahal telah dilakukan oleh klien-nya yang sekiranya bisa mem-bantu meringankan hukuman

mereka.

Page 18: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

Ktugffigffiffi Mffim$-e

#AffW HU${A$ $#{fi A P $RMAffi ffi$f,fu

$UAHA MENIIEK&SENIN, 16 MARET 201\

SMK 1 Kutasari Sabet

PURBALINGGA - SMK 1 Kutasari berhasilmeraih sembilan medali pada tiga cabang olahragadalam Pekan Olatraga Pelajar (Popda) Purbalinggatingkat SMA sederajat, baru-baru ini. Masing-masing cabang renang empatemas dan dua perung-gu, cabangpencak silatduaperunggu,mdanbolavolipuffisatuperunggu. l

Medali emas renang dipersembahkan oleh atletAwal Budi Rahayu dan paunggu diraih Bobi Raifo.Medali perunggu pencak silat maSing-masingdipersembahkan Tegar A1i Subekti dan Silfia. Timvoli putri yang meraih perunggu yaitu Fitriani Fau,

Rosi Nur Afriani, Amanda Liriani, SeptiyaniAkbariyah, Eka Wahyuni, Ledy Dian4 Wiji Astuti,Siti Hanifah, Kristani, dan Riska.BahanEvaluasi

Wakil Kepala SMK 1 Kutasari Bidang Kesiswaanyang juga sebagai guru olahraga, Trisno phiantoro,mengatakan, meskipun para siswa mampu meraihprestasi. namun hal ini tetap menjadi bahan evaluasiagar ke depan prestasi tersebut bisa ditingkatkan.

Selain itu, dia berh{ap nan[i qari SMK I Kutasarimuncul atlet-atlet y4ng mampu membawa namabaiksekolah, Purbalingga, maupun Jawa Tengah. Merekabisa bertarung di level provinsi maupun nasional."Harapannya, pengcab-pengcab olahraga melirikanak didik kami, lalu dibina lagi agar bisa menjadiaflet yang lebih berprestasi," katanya.

Kepala SMK 1 Kutasari, Darimun, mengatakan,prestasi tersebgt sangat membanggakan bagi seko-lah. Selain di sisi akademik, temyata SMK 1 Kutasaribisa memiliki kemampuan di bidang nonakademik."Saya harapprestasi ini bisa ditingkatkan pada tahun-tahun berikumya," katanya. (H82-55)

. SM/dok

JUARAPOPDA: Kepala SMK I KutasariDarimun (tengah), Wakn SMK I KutasariBidang Kesiswaan Trisno Dhiantoro (ka-nan) bersama peraih medali di Popdn Pur-balingga tingkat SMA s edemj at. ( 5 5 )

Page 19: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

$ufitrs ffiHffir!ffiffie

SENIN, 16 MARET 015

FKPPIDimintaLahirkan Karya Nyata

PURBALINGGA - ForumKomunikasi Putra Putri Purna-wirawan Indonesia (FKPPI),diminta melahirkau karya nyaradan berkonlribusi posiril padapembangunan.

"Harus berkontribusi positifdalam pembangunan nasional,khususnya bidang kepemudaan.Di pundak generasi muda. ber-rumpu kesinambungan bangsa dimasa yang akan datang," kataDandim 0702 Letkollnf Agus-tinus Sinaga.

Pemlintaan itu dia sampaikansaat pengukufian FKPPI iabang1118 Purbalingga, dalam sebuahupacara di halaman Kodim 0702,Sabtu (1413). Upacara diikutimuspida.

Dandim menuturkan, gen-.erasi muda FKPPI merupakansalah satu komponen bangsadarikalangan pemuda, yang keber-adaannya telah diakui memilikikarakter kuat sebagai pengawalpersatuan dan kesanran.

FKPPI jugaharus terus beru-paya melakukan pembinaan.penataan dan pembaharrran teruA-ma dalam menganti sipasi berbagaiperkembangan yang terjadi di

masyarakat. "Pengukuhan inihendaknya dapat menjadi peryricupara generasi rnuda FKPPI, untukmengembalikan FKPPI Purba-lingga agar memiliki semangatberorganisasi." katanya.\-akum

Menurut dia. saat ini FKPPIPurbalingga dalam keadaanvakum, sehingga perlu dilakukanpenyegaran guna menghadapirugas-rugas di masa mendarang.

Dandim berharap, FKPPIRlbalingga dalam melaksanakanprogram-progamnya dapar lebihmenyentuh kepentingan ma-syarakat. Seluruh anggota harusmanlpu bekalasama secam kom-pak dan harmonis dalam salu ke-satuan dengan oryanisasi lainnya.

"Persiapkan program pem-berdayaan kader mulai dariperekutan anggota dan mernbinapara kader agar mampu menjadimanusia yang mandiri." katanya.

Dalam upacara itu sekaligusdilakukan pemberangkaran pe-serta apel besar dan SarasehanKebangsaan FKPPI dan GenerasiMuda tCMt FKPPI se-Jawa Te-ngah dan DIY di Magelang, Sab-tu-Minggu ( I 4- 1 5/3). (F10-63)

ANDA punyo keluhon,kritik otou soron sepuiorpeloyonon publik di KotoPurwokerto don seki-

Raskin Kuning dan RemukYTH Gubernur Jateng, beras raskin di purbalingga tidak

layak untuk dikonsumli, d;r;;;;#;;.;;';;remuk.(081322240865)

Page 20: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

thE t.{o.-z.92

-&aoEsi@i

-!qc\UN

\!v\J

!

.\.OO

U

"Y\)

"P

Vt\

"5c\i

vs..

+3

U'*\a

\JA<B

^rap

_ra

qJ

!

cl

t\vqegq

Page 21: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

fttrfri-.r:.a,I"fl

SUARA MERDEKASENIN, 16 MARET 2015

Skenario, Bagian Vital Sebuah Film,ii" k'.d* {1., r ; i. . .i I'.,'"i i' , t .i

SALAH satu bagian paling vital dalampembuatan film adalah skenario. Teks dialogyang disusun berdasarkan ide cerita ini jugamenjadi garapan perlama dalam proses pro-duksi.

I-antaran menjadi ujung tombalq Ismi Veradengan ketiga teman lain dari kelas penulisanskenario berusaha menyelesaikan naskahhingga menjelang subuh. Skenario ini akandiproduksi bersama yang dibagi dalam bebe-

rapa kelompok produksi."Kami harus menyelesaikan skenario film

pendek sampai sebelum teman-teman mem-produksinya. Saya baru paham. keberadaanskenario film sangat penting, karenabila tidakada skenario, tidak akan ada karya filri,'' futurlsmi.

Saat itu. Ismi dengan sehtar25 temanpeng-urus OSIS sedang mengikui worlcshop pro-duksi film pendek yang digelar di sekolahmereka di SMA Kemangkon Purbalingga.

Worl<shop ilgelar di lingkungan sekolah sela-

ma duahari, Sabtu-Minggu (1a-1513).

Selain kelas penuli san skenaio, workshopyang difasilitasi Cinema Lovers Community(CLC) Pwbalinggajuga dibuka kelas manage-

men,produsi, tata kamer4 dan penyuntingangambar atau editing.DibanjiriPeminat

Tak banyak pelajar yang berminat di kelas

penulisan skenario. Hal itu berbeda dari kelas

lain yang selalu dibanjiri peminat. Mesh sebe-

namya penulisan skenario merupakan pintumasuk sebuah karya film diproduksi.

Kepala SMA Kemangkon, Joko Widodo,mengaku telah sejak lama menginginkankegiatan perfrlman di sekolah yang dprmpinnya. Sama sepefii sekolah-sekolah lain di wila-yah Purbalingga yang memiliki ekstraku-rikuler Sjnematogmfi.

'Baru kali ini kesampaian mengundangC[,C untuk membantu. Irwat film sudah ter-

bukti, tidak hanya mengangkat nama sekolah,

tapi juga mengangkat nama Purbalingga" ujar

Kepala Sekolah yang baru beberapa bulan

menjabat ini.Pada kenvataannva. Joko Widodo terma-

'rk ;;s ya,r;,ql*..nflliiti f,rkembangan

fikn di Purbalingga, bahkan sebelum CLCberdiri.

Saat masih mengajar di SMA Bobotsari

Purbalingga. dia salah saru guru"5(ang getol

mendukurg keberadaan perfilnrfldi sekolah-

nya dan m-enginginkpp ada ekitrakurikulerSinematografi di sekolah yang baru diapunpm. ,

Menuut Manager CLC. Nanki Nirmanto.

dukungan pihak sekolah 4enjadi faldor pen-

ting keberadaan sebuah komunitas fjlm.Meiekabernrgas untukmelakukantonm.l aan

mendorong semangat para Pelajm."Namun paling penting adalah semangat

dankeriakeras anak-anak unuk menghasilkan

karya" tegasnya. (Nugroho Pandhu Sulsnono- 55)

4?

Page 22: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015
Page 23: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

KLIPNGMEDIABAfrili Hi,U{S ffiTDA PURBAIH0|T,{

t=se=+ 5:=:=======c

SENIN, 16 MARET IO15

Ilarum Gelar Kontes Batu GanrbarPLRBALI}IGGA

- Berba-eai jenis batu:ki k di PurbalinggA ser-

i,og rnembuat orang ka-

_utlm krena motif Yangmurocul unik dan me-ilariX;

"Karena itu kamiakan rrengadakan kon-

res batu gambar dan

ICa*irg Gems ExPo,"

kara pemilik SwalaYan Harum,

Dhenni Sutanto.

P:ameratr dan kontes batu

akrk ini. dilaksanakan untukmerneriahlian HI-i'[ Ke-27 swa-

iavan di Jalan Jenderal Soe-

diman, Pubaiinggaitu.\lenurut DhennY. kontes

dan parneran diadakan selama 4

ihatl (19-2213) di GriYa Harum

SM/Arief Noegroho

DhennySutanto

PendaftaranDhennY menambahkan'

untuk kontes memPerebutkanniala Kapolres. Juara I mendaPat'hadiah uang RP I juta. juara II

Rp 500.000, dan juara III RP

300.000.'.'Yang dilombakan adalah

kelas pictorial agate badar dan

kristal, kelas nogosui dan batu

akik antik atau unik Juri dari

Unsoed dan Pakar batu dari

Purbalingga-'' katan-va

Pendaft aran Peserta Pamcr-

an dan lomba. bisa dilakukan di

sekretariat di SwalaYan Harurn

Panitia akan membatasi jurnlah

stan terbatas. karena nrangao

vang tersedia j uga terbatas'' -niu menambahkan. scmuu

Desefla lomba akan mendaPa-t

sertifikat. BiaYa Pendaftaranlomba RP 150'000. "Kami ber-

harap masYarakat bisa semakin

meniintai batu akik dan Kia-

wing," katanYa. DhennY menu-

trokur, dengutt adanYa lomba rni'

masvarakat diharaPkan mensc-

tahui seluk beluk batu aHI \'ilrs

bernilai tinggl. sehinglea bi* rnrn-

iadijuara" (F1M3)

Gemstone, di sebelah

lapangan tenis indoorSamiaji, Jalan Serma

Jumiran."Harya sewa stan

berkisar RP 500.000-Ro 900.000. Ada stan

rezuler, VIP, danWIP.SJtiap stan dilengkaPi

meja, kursi, dan lis-ffik,"tutumya'

Page 24: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

KLIPINGMEDIA

ffiSlvl/Arief Noegroho

BudiWaluyoWarga Pengadegan

DEMAM batu akikmampu meningkatkanperekonomian masyarakat lapisan bawah,

tapi masyarakat jangan ngwur. Batu situs pun

diburu.(F10-17)

RosimanWarga Kaligondang

ORANG yang mengambilbatu disituspurbakala berartitidak paham soal batu

akik, tapi ingat mereka telah melanggarundang-undang.(F1 0-1 7)

SegeraAjukan Raperda i

Segera..

ANGGOTA Komisi III DPRDPurbalingga, Cahyo lusilo, memintaPemkab segera mengajukan raPerda

yang mengatur tentang batu akik. Ka-rena menyangkut daerah mana Yangboleh dan tidakboleh diambil batunya.

"Jadi situs purtrakala di Purbalingga

tidak sampai rusak akibattangan-tangan tidak ber-tanggung jawab," katapolitisi dari Partai Ke-

(Sanrbunganttlm2l)

Dia menuturkan, tingginya nilai batu akik

membuat sebagian orang kalap' tuttf.$ T:^:cari baru di mana saja yang penxng blsa dl1ual

dengan hargatinggr.'tKuluu iudatLada regulasi seperti peranran

daerah, semuanya akan terkendali' Sekarang

belum ada reguLsi. orang masih merasabebas,"katanya.

adilan Sejahtera €KS) itu.Cahyo mengingatkan masyarakat untuk

tidak tedalu benemangat d4lam membeli batuakik. Apalagikalau sampai membeli batu yangharganya mahaluntuk investasi. "Boleh mem-beli banr, tetapi tetap harus rasional. Jangansampai investasi itu nasibnya seperti demamtanaman gelombang cinta atau ikan louhandulu," katanya(Arief Noegrohe 1 7)

( Bersambung hlm 24 kol I )

f! Merupakan peninggalan zaman neolitikum

f$ Dipakai untuk membuat gelang dari batu

f$ untux serah-serahan pernikahan

ffi eanyat< ditemukan disejumlah situs purbakala

ffi Situs Ponjeng, Limbasari, Onje, Palumbungan

ffi Berwarna hijau keruh

Sfi Keoanyat<an berukuran kecil

SlvVArief Noegroho

SMiArief Nugroho

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PI]RBAi-INGGA

Page 25: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

KLIPING MEDTI

\nrfrnrasan Senin Wage, 16 Maret Z0l5

i----=-

r ffi Tukar Guting Tanah Desa DawuhanI n^ I !-: n- --:r , -FlPotisi Periksa 4 Tersangka LainPURBALINGGA- penyidikU:rit III Tindak pidana Koiupsi(Tipikor) Satuan Reserse dan

I Kriminal (Satreskrim) polres

I Purbalingga terus mengem_

I l1"Str" kisus dugaan koiupsiI tukar guling tanah Desa Da_] wuhan, Kecamatan padamara.I Kepala Unit III SatreskrimPolres Purbalingga Inspektur9:q t Made Nergo, Mingg,05 / 3) mengatakan', untuk I5r-sangka utama yaifu mantan Ke_pala Desa Dawuhan fW, berkaspllkTuly, sudah Iengkap aliasP2i. Bahkan kasusnya sudahdilimpahkan ke Kejaksaan Ne_geri dan menunggu disidan_gkan.

Sedangkan saat ini pihaknyalenga lr metakukan pei-,yia iki,terhadap empat terian[ka hinyang berperan sebagai p;emban-tu dugaan tindak p'idana terse_but. Masing-masing yaitu Se-kretaris Desa Dar.iuhan KS,Ketua BPD Dawuhan RH alias

Y5,.k",gl panitia tukar gulingSW dan Kadus Dy.

"Mereka sudah kami perik_sa. Berkas sudah lengkap dansudah diberikan ke f,ejaisaanminggu lalu. Sekarang tinggalmenunggu petunjuk dari jaksaapakah berkasnya sudah diny_atakan lengkap atau belum,,,katanva.

Kasus dugaan korupsi tukarguling tanah Desa Dawuhanterjadi pada tahun 200g-2009 di_mana tanah desa dijual kepadapihak ketiga untuk'digunakansebagar perumahan denganIeru glan pemerintah mencapaiRp 400 juta.

Sementara itu. Kalari purbal_ingga Martini melaiui KepalaSeksi Pidana Khusus (pidius)Kejari Purbalingga Ismail Fah_mr mengatakan untuk berkaskasus Jarwoto sudah lengkap,h,anya tinggal menunggu iahaptl atau perryerahan tersangkidan barang bukfi.u; ST-ad "

Page 26: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

${tgpfffiffi. }-$ffiffixA

.&fi tA,q }{LI},{A$ $ffTilit Pilft ilAiil*# {i I

SATELTTF<.:ISg@

SENIN WAGE,I 6 MARET 2015

SMA Kemangkon GelarWorkshop Film

PURBALINGGA, SATE-LITPOST-SMA Negeri 1"

Kemangkon bekerja samadengan Cinema Lovers C-ommunity (CLC) rneng-gelar worksiop produksiFilm pendek Sabtu sampaiMinggu (14-15/3) di ling-kungan sekoiah seterrLrat.Sebanyak 26 pengurus OS-IS SMAN 1 Kemangkon

X;njaai peserta workshop

Kepatra SMA Kemang-kon, Drs Joko Widodo NIPdmengatakan. sudah sejaklama sekolahnya ingin adakegiatan perfiiman sepertihalnya sekolah-sekolahiain di wiiayah Purba-lingga. "Baru kali ini ke-sampaian mengunciang

CLC untuk membantu. De-ngan film .terbukti, tidakhanya mengangkat namasekolah, tapi juga men6i-angkat nama Purbaling-ga," ujar kepaia sekolahyang baru beberapa bulanmenjabat ini.

N'fenurr-it N{anager CLC,Nanki Nirmanto, duku-ngan sekolah menjadi fak-tor penting keberadaansebuah komnnitas film disekolah. Ia rnengatakan,Joko Widodo dikenal amatmendukung kegiatan per-f'ilman, bahkan sebelummenjabat sebagai kepalasekolah. "Namun yang ter-penting ietap semangatdan kerja keras anak-anakdalam berkary a," katany a.

Bagi siswa, workshop rnrmenjadi sesuatu yang ba-ru. Mereka tampak antu-sias mengikuti setiap sesipelatihan. Ismi Vera, pe-serta peiatihan, menga-takan, di kelas penulisanskenario ia dan teman-teman ,yang lain berusahamenyelesaikan tulisan hi-ngga menjelang Subuh.Hal ini karena, kata dia,pada pagi harinya skenariomereka akan diproduksibersama yang dibagi da-lam beberapa kelompokproduksi.

"Kami harus menyele-saikan skenario film pen-dek sampai sebelum te-man-teman memproduk-sinya. Saya baru paham,

keberadaan skenario filmsangat penting, karena bilatidak ada skenario, tidakakan ada karya film," uiarIsmi.

Selain ketras penulisanskenario, workshop yangdifasilitasi Cinema LoversCommunity (CLC) Pur-balingga juga dibuka kelasmanagemen produsi, tatakamera, dan penyuntingangambar atau editing. Dikelas penulisan skenario,seringkali yang terjadi mi-nim peminat dibanding-kan dengan kelas-kelaslainnva. Namun sebenar-nya, Penullsan sKenarlomerupakan pintu masuksebuah karya film dipro-duksi. (gan)

WORKSI-IOP Produksi Film SMA Kemangkon

Page 27: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

a

KTIPINGIIMDIA

BAflAil IIIIIIA$ $[IDA PUIBAIil{OGA

ffiBany+ITI!Rt.Senin, 16 Maret 2a15

SempatVakum, FKPPI

Dihidupkan KembaliluisALrNcm- Genetasrnuoa rrPPI

merupakan salah satu komponen bangsa

dari kalangan pemuda yang keberadaanya

telah diakui memiliki karakter yang

kua! sebagai pengawal persatuan dan

kesatuan. FKPPI juga harus terus berupaya

melakukan Pembinaan, Penataan,dan pembaharuan, terutama dalam

mengantisipasi berbagai perkembangan

yang terjadi di masYarakat.

Demikian dikatakan Komandan Kodim

0702 Purbalingga Letkol Inf Agustinus

Sinaga saat pengukuhan Forum Komunikasi

Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-

Putri TNI/Polri (FKPPI) Cabang 1118

Purbalingga. Pengukuhan dilakukan dengan

menggelar upacara di halaman Markas

Kodim setemPat, Sabtu (1413).

"Pengukuhan ini hendaknYa daPat

menjali-Fe mlcu p -a ra gEnEraffi u da FKPPI

untuk mengembalikan keberadaan FKPPI

Kabupaten Purbalingga bersemangat

dalam berorganisasi. Karena saat ini

FKPPI Purbalingga dalam keadaan vakum,

sehingga perlu dilakukan penyegaran guna

menghadapi tugas-tugas kita di rnasa

mendatang," kata Agustinus Sinaga.

Dandim berharap, organisasi generasi

muda FKPPI dalam melaksanakan program-

programnya dapat lebih menyentuh pada

kepentingan masyarakat. Seluruh anggota

FKPPI juga harus mampu bekerjasama

secara kompak dan harmonis, dalam satu

kesatuan dengan organisasi lainnya'

"Persiapkan program pemberdayaan

kader mulai dari perekrutan anggota dan

membina para. kader agar mampu menjadi

manusia yang mandiri," katanYa.

Dandim mengingatkan, generasi mudaFKPPI harus mampu melahirkan karyanyata dan kontribusi yang positif dalampembangunan nasional, khususnya dibidang kepemudaan. "Di pundak generasimuda, bertumpu kesinambungan bangsa di

masa yang akan datang," tandasnya.Acara pengukuhan sekaligus dilakukan

pemberangkatan peseda Apel Besardan Sarasehan Kebangsaan FKPPI danGenerasi Muda (GM) FKPPi se-lawa Tengahdan DiY yang berlangsung di Magelang,Sabtu-Minggu {14-151 3), Kontingen yang

diberangkatkan berjumlah 70 personel,diantaranya akan mengikuti lombaperaturan baris-berbaris. Rencananya,pada 27-29 Maret mendatang akan digelarmunas yang juga akan berlangsung di

Magelang. 6t-oo;

RAGIAN HIIMAS SETDA K.ABUPATEN PURBALINGCA

Page 28: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

a

Af $lffi

Page 29: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIAil IIIJII{A$ $HI'DA IURBAINOOA

ffiBan4mf,SSenin, 16 Maret 2015

J e I a n g P e n i I ala n A d i p ui il P e n g r I a h S-a m p a h [{ u s a kSegera Perbaiki

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) ichda

Masrianto mengaku telah mengetahui kerusakan

tersebut. Pihaknya langsung tanggap untuk

segera memperbaikinya, karena dikhawatirkan

bisa mengurangi nilai pada penilaian tahap kedua

(P2) Adipura. "Biodigester iangsung kami perbaiki,

terutama dalam rangka memaksimalkan perolehan

Adipura. Meski masa perawatan instalasi oleh pihak

rekanan sudah habis, Namun mereka menyepakati

untuk memperbaikinya, sehingga perbaikan ini

gratis," ungkaPnYa.

Dia menambahkan, proses penilaian Adipura

oleh tim dari provinsi tanpa sepengetahuan

pemerintah kabupaten, Ichda memprediksi, penilaian

diperkirakan minggu ketiga Maret-April ini. Sehingga

kapan saja seharusnya seluruh kondisi lingkungan

Kota Purbalingga sudah siap. Mengingat pada P1

lalu, nilai Adipura untuk Purbalingga masih di bawah

passing grade (75), Yaitu 74,89.

Pada P2 nanti, pemkab dan masyarakat

harus bekerja keras membenahi segala sisi, agar

kgkurangan nilai tersebut bisa terbayar lunas.**ami juga bentuk 3 tim pemantau dan pengendali

lingkungan. Masing-masing tim dipimpin oleh bupati,

wabup, dan sekda. Masing-masing memiliki tugas di

daerah yang dibagi," katanya. (mg0s46)

PURBALINGGA- Pengolah sampah berupa

biomethangreen atau biodigester untuk Pasar

Segamas, diketahui rusak. Sehingga sarana

pengubah sampah organik menjadi pupuk ini

sementara mandek.Menurut sa.lah satu petugas kebersihan

Pasar Segamas yang enggan disebut namanya/

kerusakan sudah berlangsung selama sepekan

terakhir. Dengan demikian, sampah organikyang berasal dari pasar terbesar di Purbalingga

ini tidak termanfaatkan. "Karena sampah tidak

terolah, akibatnya menjadi sangat berbau.

Padahal ketika masih berfungsi, sampah yang

diolah tidak berbau," katanYa.

Beruntung, berdasarkan pantauan Harmas,

lokasi pengolah sampah ini berjarak sekitar 300

meter dari pasar. Sehingga bau busuk sampah

yang tak terolah tidak mencemari udara sekitarpasar.

Seperti diketahui, pengolah ini lebih

diutamakan untuk produksi pupuk organik cair

atau sebagai biodigester,sehingga mengurangi

pembuangan sampah ke TPA, Hasil pupuk

diperjualbelikan ke Petani." Biodigester-nya rusak akibat mampet.

Karena kadang sampah seperti biji mangga itu

sulit dicairkan," imbuhnYa'

BIOMETHANGREEN Pasar Segamas yang rusak beberapa pekan terakhir, belum difungsikan kembali.

BAGIAN HTIN4AS SETDA KABIIP.A.TEN PLIRBALII\JC,GA

Page 30: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIAI{ IIIJIIA$ $MA PURBAINOOA

ffiBaSenin, 76 Maret 2015

Pengusaha Korealngin lkut BerkiPrahPURBALINGGA- BuPati

Sukento Rido Marhaendrianto

menyambut baik keinginan '

para pengusaha asal Korea

untuk lebih banYak andil

dalam PembangunanKabuPaten Purbalingga' Hal

itu disamPaikan buPati saat

menerima kunjungan Parapengusaha Korea di Ruang VIP

Pringgitan rumah dinas buPati,

kemarin.Para PimPinan Perusahaan

Korea Yang bertemu buPati

terdiri atas PimPinan PT Sung

Chang Indonesia Kim Young

Yool dan In Chi Mo, PT Sung

Shim International Lee Ju

Hyung, PT BoYang Industrial

fi, Hong Young, dan PT RoYal

Korindah FerrY Anjar Winarto'' Mereka bertemu buPati

untuk menYamPaikan rencana

kedatangan duta besar mereka

ke Purbalingga Pada akhir Mei

atau awal Juni mendatang'

Selain itu; mereka juga

menYamPaikan sejumlah hal

terkait Pengembangan usaha

bulu mata dan rambut Palsu'

Termasuk keinginan Para

pengusaha Korea untuk lebih

berperan dalam PembangunanKabuPaten Purbalingga'

"Kami mencoba untuk

membentuk komite atau forum

pengusaha Korea agar daPat

iebih sering berkumPul dan

berdiskusi bagi kemajuan

pembangunan di Purbalingga'

Bisa terdiri atas lima

perwakilan Yang ada di sini

atau dengan Yang lainnYa,"

ujar In Chi Mo dari PT Sung

Chang Indonesia.Diakui In, selami ini ada

sedikit Perbedaan PendaPat

antara Pengusaha Korea

dengan Pemkab Purbalingga'

KarenanYa, dia berharaP

ada semacam forum Yang

memun gki nkan terjadinYa

diskusi antara Pengusaha

dengan Pihak Pemkab' "Yang

penting kami sering berbicara

dulu untuk menghilangkanperbedaan Yang ada' Mungkin

bisa dilakukan (diskusi

-red) sebulan sekali untuk

membicarakan kemajuan

Purbalingga ini," jelasnYa'

Pengenalan KesenianBuoati Sukento sangal

mendukung ide forum diskusi

itu. bahkan buPati ingin

adanya Pengenalan berbagai

kesenian dari Purbalingga

maupun Korea untukditamPilkan saat kegiatan

forum diskusi. "SaYa cocok

sekali. Nanti bisa kita adakan

makan malam bersama

atau aPalah acaranya, agar

para Pengusaha Korea

dapat bertemu denEan kami

dan berdiskusi bersama'

Selama ini Pengusaha Korea

kan sangat susah kalau

diundang ke Pemkab," kata

bupati didamPingi KePala

Dinsosnakertran Ngudiarto,

Kepala DinPerindagkoP Agus

Winarno, dan SKPD terkaitlainnya,

BuPati berharaP keinginan

pengusaha Korea tersebut

dapat segera terwujud,sebagai Pintu Pembukakomunikasi di antara kedua

belah Pihak, baik menYangkut

kepentingan PengusahamauPUn kePentingan Pemkab

dan masYarakat Purbalingga'(pt-06)

BAGIAN HUMAS SETDA KABUP.A,TEN PLTRB.AI,INGGA

Page 31: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

BAOIA}{ III]INA$ $E[DA PI]RBAIilOOA

16 Maret 2015

a TersaTigafcSe

Sidang

KTIPINGIIMDIA

PURBALINGGA - Berkas

kasus tiga tersangka dugaan

tindak pidana koruPsi dana

Simpan Pinjam PeremPuan (SPP)

Program Nasional PemberdaYaanMasyarakat Mandiri Perdesaan

(PNPM-MD) 2011 Desa MaribaYa;

Kecamatan Karanga'nyar segera

dilimpahkan ke Pengadilan Tindak

Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang.

EPALA Kejaksaan Negeri (Kajari)

Purbalingga Martini didampingi Kepala

Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Ismail

Fahmi, akhir pekan lalu mengatakan,

rencananya berkas kasus tersangkaberinisial AM, SF, dan WN itu akan

dilimpahkan pada pertengahan bulan

ini untuk segera disidangkan.Menurutnya, ketiga tersangka

dlduga menggunakan proposal fiktifitu untuk urusan pinjaman dana yang

sudah cair dari program SPP 201i di

Desa Maribaya. Dari data awal, mereka

menggunakan usulan melalui proposal

untuk mencairkan pinjaman. Namun '

nama-narna yang diusulkan itu fiktif,alias yang ada dalam daftar nama

anggota kelompok SPP itu sebenarnya

tidak ada,"Kami menemukan adanYa

kejanggalan itu dan sudah melakukankonfi rrnasi ke masing-masing anggota,

namun'mereka mengaku,tidakmendapatkan pinjaman dana tersebut,"

katanya.

tersangka dari proposal pinjaman SPP fiktif itulebih dari Rp 300 juta.

. "Diduga kerugian, negara versi kejaksaan total ,

sekitar Rp.300 juta. Ketiga tersangka itu dijeratPasal 3 UU Tipikor, Saat ini berkas pelimpahankedua itu masih dipersiapkan maju ke pengadilan

tipikor. jika sudah dilimpahkan, tinggal menunggujadwal sidang di Semarang," jelasnya.

Kembalikan UangSementa'ra itu, kuasa hukum ketiga tersangka,

Sugeng mengatakan, pihaknya akan mengikutiproses hukum sesuai dengan irekanisme yang

ada. Beberapa hal telah dilakukan oleh kliennyayang sekirinya bisa membantu meringankanhukuman mereka.

"Klien saya sudah mengembalikan uangtersebut, sehingga kerugian negara bi5a dikatakantidak ada. Itu diharapkan jadi pertimbangan hakimnantinya. Paling tidak agar hukumannya bisa

diperingan," katanya. (sMNetworuhS2-06)

Rata-rata pinjaman anggota yang ..

diusulkan nmif iiu Rp 3 juta, Dari hasil

pengembangan data di laPangan,total uang yang diduga didapat ketiga

E=--\1.-.-....-_--*---------

BAGIAN HLTMAS SETDA IIABUPATEN PURB.A,LINGGA

Page 32: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015
Page 33: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIAI{ III][{A$ $EI'DA PI]RBAIil{OGA

ffiBanylryffiSenin, 16 Maret 2015

Sudah Makan Korban

Klawing Dinilai Masih AmanPURBALINGGA- MeskiPun

sudah semPat memakan

korban penambang batu

akik, Sungai Klawing

masih dianggaP sebagai

sungai yang tenang dan

tidak begitu berPotensi

menimbulkan bencana'

Kepala Seksi Pencegahan

dan Kesiapsiagaan Badan

Penanggulangan Bencana

Daerah (BPBD) Kusno

Arifi n mengatakan, Sungai

Klawing berkarakter lePas

dan tidak berPotensi

memunculkan banjir

bandang."Menurut kami, Klawing

bukan tiPe sungai Yang

berpote;rsi banjlr bandang,jadi masih tergolong aman.

Namun bagi Para Pencaribatu akik, sebaiknYa tetaP

waspada, khususnYa jika

terjadi hujan, karena

debit air juga Pasti akan

bertambah," jelas Kusno.

Diketahui sebelumnnYa,

sungai yang kaYa akan

batu yang indah ini

seinpat memakan korban'

Seperti yang diberitakan

sebelumnya, Wendi

Suprapto (23) dan SuParno

(20) hanYut terbawa arus

Sungai Klawing Pada Selasa'

| (24102) karena terPeleset,

saat keduanYa hendak

mencari batu untuk bahan

pembuatan akik, KeduanYa

ditemukan dalam keadaan

sudah meninggal.Meskipun demikian,

pihak BPBD hingga kini,belum menentukan titik-titik bagian sungai mana

saja yang dilarang atau

dianggap berbahaYa, Kusno

menyebut, banjir bandangjarang terjadi di sungai ini.

"Menurut teori, banjirbandang sungai bisa

terjadi karena ada samPah

atau benda-benda Yangmenyumbat arus sungai.

Karena tekanan semakin

besar, sumbatan tersebuthancur dan menimbulkanarus yang besar secara

mendadak. Klawing ti€k.pernah terjadi sePerti

demikian," katanYa.

Dia menambahkan,yang bisa terjadi PadaSungai Klawing adalah

luapan akibat hujan Yang

menyebabkan sungai

semakin dalam dan berarus

kuat. "MeskiPun aman, taPi

jika di atas terjqdi hujan,

sungai tidak naik. Itu justru

yang berbahaYa berPotensi

bandang," katanya. (msos-06)

BAGIAN HI,\,{,A.S SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 34: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIWAS $[IDA PIJRBAIil{OOA

ffiBanyHmfltSenin, 16 Maret 2015

Penyerahan Bantuan Traktor

PURBAUNGGA' Bupati Sukento Rido Marhaendrianto, hari

ini (1513) pukul 10,00 rencananya akan menyerahkan bantuan

traldor keaada ketompok tani. Traktor tersebut merupakan

bantuan dari Kementerian Pertanian, ($MNetworklhS2-oo)

Penerimaan KKN IAIN PurwokertopuRBALINGGA- Beftempat di Pendapa Dipokusumo, hari ini

(16/3) pukut 09,00 akan dilakukan penerimaan mahasiswa

KKN IAIN Purwskerto, Penerimaan recananya dilakukan oleh

Bupati Sukento Rido Marhaendrianto dari'Rektor Lutfi Hamidi.

PURBALINGGA- Besok (17l3), Bupati Sukento Rido

Marhaendrianto rencananya akan menyerahkan SK kepada

CPNS di Ruang Ardilawet komplek Setda, pukul 09'00. Adapun

CPNS tersebut rnerupakan hasil dari seleksi umum 2014 latu'(SMNetwork/h82-06)

Rapat Tahunan PWRI

PURBATINGGA- Persatuan Wredhatama Republik

lndonesia (PWRI) akan menggelar rapat tahunan di Pendapa

Dipokusumo, besok (1713) pukul 09,00. Dalam rapat tenebutpara pengurus dan anggota akan membahas program kerja

selama setahun ke depan' {sMNetworklhS2-06)

PURBAIINGGA. Berbagaijenis batu akik yang ada diPur.balingga serlnE membuat orang kagum. Karena motif yang

muncul dari batu itu banyak yang unik dan menarik.'"Karenaitu kami akan mengadakan Kontes Batu Gambar dan Klawing

Gems Expo," kata pemilik Swalayan Harum, Dhenny Sutantoselaku penyelenggara kegiatan.

Pameran dan kontes batu akik ini dilaksanakan untukmemeriahkan HUT ke-27 swalayan yang berada di JalanJenderal Soedirman ini.

Menurut Dhenny, kontes dan pameran diadakan selama 4hari (19-22/3) di Griya Hirum Gemstone di sebelah fapangantenis lndoor Samiaji, Jalan Serma lumiran. "Harga sewa standberkisar Rp 500.000.Rp 900.000. Ada sfand regule6 VIP,

dan VVIP. Setiap stand dilengkapi meja, kursi, dan listrik,"tuturnya.

\\

llAGiAN FII-r\|\S SIif D,\ K-{BI.-P-\TE\ Pt RB.{Ll\(i(i,\

Page 35: Kliping Berita Tanggal 16 Maret 2015

--"--=-----ll''. ff,enn/il!,rambahkan, untuk kon"u+ memlerlb.utka[ .' -Piala Kapolres'lluara I men(apat tradlq! ugnS Rp 1 juta' Juara

ii *p iOo.oOo, dan Juara lll Rp 300;000' rSemua peserta l

iu*uu if,un minUapat sertifikat' Biaya pendaftaran lomba RF '

1s0.000.'-iinos e,to*bakan,adalah kelas pictoriat us..?i-q.b-Ltut dan

'

l<ristal, f<eias nogosui, dan batu akik yang antik atau unik' luri

;;;u;t;.; oan pakar batu dari Purbalingga," katanya'"-

;;;f;,{; ;; pai*iiu' pu *.ran me upun lomba bl sa. dil akukan

Ai setretariat Ai-swalayan llarum' Karena keterbatasan

i"*r.t, *rlruh stand ierbatas, i.l(ami harapkan rnasyarakat :

tJru't*#uk;n *encintai batu akik darl tftwingiujarnYii" ""{SMlrtetworUfi0.!6) ' '-'' . : 'r ' ,,"

Pelaku Wisata,'i[u[iFclatffi.o0tboUnd' , ' ' ''iuneirin ocA - ia;: peta t<u wisaial mEfu it<uti desiala,l,,

, biitr,r*-orirruna oi,-stnll Perkernalran :(euner) [u11yluf,t11besa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Senin-Selasa (16-

,,,iil;1,ri.rarta ylng'baijumlirr 1o oralq tidak saia berasaf,dari '

desa wisata yung ,"ng.lola outbound,-tapi juga dari pengelola

r'liLr,'r.r*uu'oLier *itatu, biro wisata, dan para pemandu

wisata. p"tatittan digelar aus,kerjasama Dihas Gbpday.aan . -',I ii'l'pariwisati Pbmuda dah Olah'na.ga (Dinbudqarpori], -dengqn , , ,

Paouvuban Wisata Purbalingga (Wisbangga)'

fepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Prayitno

".;;;;;6;;iit i n i t<eg iatan outbound ata.u .outbo.u

n d

', ",.iainig;mei'tirati',seiakin digemarioleh banyakkalail$an;'

,', n ar I i n I ta r"n ia' oatai:ii ii meru pa 16 n, sa I a h sa tu'.p.e1o!e

,'pembetajiran metalui dxperienlll'Iearning' fie i da|am

. fentut apti kasi'gamte:garne yang ringan. setlaq'Caniergalafn , ':l

,,,k"ilatun'ou tA,oinAmen gandung makna yan g dalal, fi losofis,''' :

l, , dai sarat.akan pesan-pesan simbolik yang berrnanfaa! selta ' 'i,ma*pr,*"rnbangun karakter.ke,arah'kesuksesandalamr'"'

kehidupan.' : -ruetalulkeghtan'petatlhan autbond'tn['diharapkano para :

pelaku. wisata dj'Pu,rbalingga akanterbanEun'kal'akternya': . sening ga meniadi:pelaku wisata'yang'.sukses da n ma mp u

, , meniuif desti Si 'wisat- v .diltelolan a,'l'kata Prayitno' ': , ' r

.: Minggufl5/3)',,', ,:, ---r .:rr'': : ':i'r r': ,'' '' .1,,

, ,' ''t dituta qlfiyitno,'ope wqr: o'tttbind dl n1|:batinuga, saat ",'' ini setidaknya ada enam lernbqga,,Meieka bqlum's'emuEnya' '"':

t.tgubung dalam Wisbangga, namun memiliki tuju-an yang

.. -tarfra,*qiiln,mernpromosikan wisata Pur!-qlingsal Fara ' ::i:- '-: l

:*l[p;iltoi iii:*e*Osrrrr.un' in"na iritcidrne16'e*a,!:l!":',

-.'6!11g6n:firmintaan-1onsume1,,]9ryr s*k,mellggunakgnr.area:i

': ' ,"0ntukitemFii'outbona diPurbatingga blsl menggunakan,', I

, ..'ar,ea Munjuluh,urAdveatu,r'e,2one,di,Sup-er,Munjllluhur,,.aiei,]:.':,iirtiorO Sanqqaluri Park, area outbond di Owabong, area

outbond Ol wanawisata',Sirang; atau.di dikornpteks ek.'.. 'II i

,,,,,:wisiia,Goa,tawa;' kata,irarltno:'(pt-qg :1,,':.,:':";, :