Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

37
i{htrptffiffi },ffiffiffituq ili:i,{ru }{ll}fA$ $HTfirt FirHfiAHi$# r JUMAT,13 Maret ZOtg Peraiin Akik Bisa Peroleh Jaminan BPJS PURBALINGGA - Bupati Sukento Rido Marhaendrianto mengemukakan, keselamatan kerja para perajin akik dapat memperoleh jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan. Syaratnya, para perajin itu bergabung dalam paguyuban dan terdata secara resmi. "Sekarang kan ada pagu- yubannya. Silakan bergabung. Nanti, saya kapan ada waktu akan bertemU dengan perwakilan paguyuban. Saya harap semua perajin bisa bergabung sehingga keselamatan kerja mereka ter. jamin," mgkapnya di prnggltan rumah dinasny4 setelah beraudi- ensi dengan para petugas dari BPJS Ketenagakerjaan dan Dinsosnakertrans, Kamis ( 12l/3) pas. Bupati berharap, paguyuban didampingi dinas-dinas terkait seperti Dinsosnakertrans dan Dinperindagkop mau menge- dukasi para perajin akik untuk menguthmakan keselamatan kerja- Pertam4 agar hati-hati meng- gunakan alat-alat ke{a. Kedua, agar menggunakan peralatan standar. Dan ketiga, bersedia bergabung dalam BPJS Ketena- gake{ aan melalui kepesertaan paguyuban. "Karena untuk peke{a non- formal bisa tertangani BPJS Ketenagakerjaan hanya jika terdaftar dalam paguyuban," tegasnya. menekankan. pihaknya masih mengkaji peringkat risiko dari setiap pekerjaan yang memu- ngkinkan mendapat dana sosial.(H82-57) Bupati akan beraudiensi dengan paguyuban perajin akik dalam waktu dekat. Harapannya dengan makin banyak perajin akik yang bergabung, akan makin banyak yang terjamin kesela- matan kerjanya. Takziah Sore hariny4 Bupati Sukento berkunjung ke rumah duka Supriyanto, perajin akik yang meninggal karena kecelakaan kerja akibat pisau gerinda pecah beberapa waktu lalu di Jalan Rubiah Sekar atau Stabelan, Kelurahan Purbalingga Wetan, Kecamatan Purbalingga. "Kalau dilihag peralatan milik kortan memang tidak standar. Ini sangat be6ahay4" tandas Bupati Sukento. Bupati memohon maaf kepa- da isti ko$an baru sempat takzi- ah karena Bupati baru pulang dari tugas luar kota. Dalam lawatan- nya, Bupati juga menyerahkan sejurnlah uang duka kepada istri Sementara itu, sejauh ini untukbantuan sosial dari Pemkab Purbalingga sudah menjamin penderes kelapa. Bupati

description

 

Transcript of Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

Page 1: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

i{htrptffiffi },ffiffiffituq

ili:i,{ru }{ll}fA$ $HTfirt FirHfiAHi$# r

JUMAT,13 Maret ZOtg

Peraiin Akik Bisa Peroleh

Jaminan BPJS

PURBALINGGA - Bupati Sukento Rido

Marhaendrianto mengemukakan, keselamatan

kerja para perajin akik dapat memperolehjaminan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Syaratnya, para perajin itu bergabung dalam

paguyuban dan terdata secara resmi.

"Sekarang kan ada pagu-yubannya. Silakan bergabung.Nanti, saya kapan ada waktu akanbertemU dengan perwakilanpaguyuban. Saya harap semuaperajin bisa bergabung sehinggakeselamatan kerja mereka ter.jamin," mgkapnya di prnggltanrumah dinasny4 setelah beraudi-ensi dengan para petugas dariBPJS Ketenagakerjaan danDinsosnakertrans, Kamis ( 12l/3)

pas.Bupati berharap, paguyuban

didampingi dinas-dinas terkaitseperti Dinsosnakertrans dan

Dinperindagkop mau menge-dukasi para perajin akik untukmenguthmakan keselamatankerja-

Pertam4 agar hati-hati meng-gunakan alat-alat ke{a. Kedua,agar menggunakan peralatanstandar. Dan ketiga, bersediabergabung dalam BPJS Ketena-gake{ aan melalui kepesertaanpaguyuban.

"Karena untuk peke{a non-formal bisa tertangani BPJSKetenagakerjaan hanya jikaterdaftar dalam paguyuban,"tegasnya.

menekankan. pihaknya masihmengkaji peringkat risiko darisetiap pekerjaan yang memu-ngkinkan mendapat danasosial.(H82-57)

Bupati akan beraudiensidengan paguyuban perajin akikdalam waktu dekat. Harapannyadengan makin banyak perajinakik yang bergabung, akan makinbanyak yang terjamin kesela-matan kerjanya.

TakziahSore hariny4 Bupati Sukento

berkunjung ke rumah dukaSupriyanto, perajin akik yangmeninggal karena kecelakaankerja akibat pisau gerinda pecahbeberapa waktu lalu di JalanRubiah Sekar atau Stabelan,Kelurahan Purbalingga Wetan,Kecamatan Purbalingga.

"Kalau dilihag peralatan milikkortan memang tidak standar. Inisangat be6ahay4" tandas BupatiSukento.

Bupati memohon maaf kepa-da isti ko$an baru sempat takzi-ah karena Bupati baru pulang daritugas luar kota. Dalam lawatan-nya, Bupati juga menyerahkansejurnlah uang duka kepada istri

Sementara itu, sejauh iniuntukbantuan sosial dari PemkabPurbalingga sudah menjaminpenderes kelapa. Bupati

Page 2: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015
Page 3: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

iulI"ryffiffi l\4ffiffilA

fi fl H-qff }trlIh{A$ $HTilA PIIRilAIIffi#ff$

JUMAT, 13 MARET2O15

I IshakAkan Dimintai Keteranganw tugaan Fenyinlpsn$ffin Per*bangunan TK

PURBALINGGA- Penyi-dik Unit Itr Tindak pidana Ko-rupsi (Tipikor) Satuan Resersedan fGminal (Saneskrim) PolresPurbalingga akan meminta ke-terangan terhadap mantan KepalaDinas Pendidikan @indik) Pur-balingga Ishak pada pekan depan.

Hal ini terkait dengan penye-iidikan kasus dugaan penyimpan-gan pembangunan TK PembinaPadamara.

Kepala Unit Itr SatreskrimPolres Purbaiingga hrpektur DuaI Made Nergo, Kamis (1213),mengemukakan. dalam kasus iniIskak belum ditetapkan sebagaiapa-apa. Pihaknya hanya akanmeminta keterangan seputarproses pembangunan TK terse-but yang saat itu Ishak masihduduk sebagai Kepala BidangPendidikanAnak Usia Dini danPendidikan Nonformal (PAUDdan PNF) Dinas PendidikanRubalingga.

"Suratrya sudah kami kirimke LP Kedungpane Semaranguntuk meminta izin memintaketerangan dari yang bersang-kutan. Selama ini, beliau kanbelum tersentuh dalam prosespenyelidikan," ujarnya kepadaSuara Menlelcn.. Dari hasil keterang* y*gdihimpun, ujarnya, penyidikdapat mengambil kesimpulanapakah ada keterlibatan Iskakatau tidak dalam dugaan penyim-pangan dalam pembangunan TKPembina Padamara itu. Pem-bangunan sekolah ini dilalekan

secara swakelola dan atap bangu-nan ini arnbmkpada 19 Febmari2014 setelah dua tahun pgman-faatan. Adapun Ishak saat inimasih mendekam di LP Kedung-pane Semarang karena terbuktitedibat kasus korupsi DanaAlo-kasi Khusus @AK) Pendidikan2012.Ujit aboratorium

Da divonis oleh PengadilanTindak Pidana Korupsi Se-marang pada26 Februari 2014dengan penjara du4 tahun sepu-luh bulan atau 34 bulan.

' Sementara itu, saat ditanyasoal hasil uji laboratorium ter-hadap material bangunan TK

. Pembina Padamara oleh TimAhli Konsfuksi dari PoliteknikSemarang, Nergo mengatakan,hingga saat ini pihaknya belummendapat hasilnya.

"Rencananya pada Seninmendatang, saya ke Semaranglagi untuk meminta hasilnya.Sekalian itu, meminta keterangandari lskah" ungkapnya-

Seperti diberitakan, at4pgedmg TK Negeri Pembin4 Ke-camatan Padamara- Rlbalinggapada 19 Februari 2014 tanpVsebab. Gedung itr dibangun awalDesember 2011 dan pertamadigunakan Jili 2012. Gedurgseluas 757,Q2 meter persegidibangrur di atas tanah kas DesaPadamara. Adap* pembangu-nan menggunakan kontuksi bajaringan dengan anggaran Rp 5Q0juta dariAPBNdan Rp 58 jutadariAPBD. (H82-57)

Page 4: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

---'---------PURBALINGGA

Anggota badan pembinaan kea-

manan dan ketertiban masYarakat

(babinkamtibmas) di Polsek-

li[,trpfffiffi tugffif,]re

$i:fu1ry }itl}#,q$ $MTNE PiiH$ALIffi##$

ffie$effie ffiffi$Be$ffiffie

JUMAI,13 MARET 2015

B abinlrnmfibwtas Uj ung Tbmb ak

P e mb eranftN ai It{ arkob a

polsek di Polres Purbalingga se-

harusnya menjadi ujung tombak

pemberantasan Peredman gelaP

narkoba

Harapan itu disamPaikan oleh

Kepala Baidan Narkotika Nasi'o-

nal Kabupaten (BNNK) EdYSantosa saat sosialisasi Pencegah-

an Pemberantasan PenYalahguna-

an danPeredaran GelaP Narkoba

(P4GI.[) dengan anggota babin-

kamtibmas dan kanit humas dari

semua polsek di aula MaPolres,

Kamis,(12/3)."B abinkamtibmas diharaP-

kan menjadi garda terdePan da-

lam program P4GN di lurba-lingg4"ujamya.

Da berharaP, anggota babin-

kamtibmas itu menYamPaikaninformasi dengan cePat kePada

masyarakat tentang bahaYa nar-

koba. Dengan demikian, kalau

ada masyarakat Yang melaPorbisa melalui babinkamtibmas.

SinergiPolri-BNNK"Anggota yang bisa mem-

bawa seorang pemakai narkobake BNNK, akan kami beri RP

100.000. Bila yang dibawa 10

pecandu, maka daPat RP 1 jut4"ungkapnya

Demikianpuladengan Pecan-du yang dibawake BNNK akan

diberi Rp 100.000. "Karena susah

untuk mencari pecandu dan men-

gajaknya untuk direhabilitasiBNNK"katanya-

Edy mengingatkan anggota

kepolisian untrk tidak bunr-buntmemproses jika menangkaPpengguna narkoba, taPi diser-ahkan dahulu ke BNNKuntukmenjalani asesmen.

'Nanti ada tim asesmen ter-

padu (TAI) yang terdiri atas

banyak unsur. Tim ini akan me-

mastikan apakah orang itu hanYa

pengguna atau Pengedar," ujar-

nya.Jika pengedar, dilanjutkan

proses hukum. Namun, bila dia

hanyapenggun4maka dilanjutkan Proses reha-

bilitasi. Jadi, PenYalah gunanarkoba lebih baik direhabilitasidaripadadipenjar4"tandasEdY' i

Kapolres AKBP AnomSetyadji mengemukakan, Polriharus bersinergi dengan BNNK'Karena masalah narkoba iniadalah tanggung jawab bersama

dan Indonesia sudah daruratnarkoba (F1G57)

Page 5: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

1 ,. .OlwfltrBllruts$ulu

fiX,opar"i:Axnr eno* sgqg: n seOcu nxNx nay saniosa"i,e@ sosiattiad. r4ONAi ru,mu";;wlres, f*it Q2R1

Page 6: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

}i:,IFIIru }dffifl}I,EL)

I 4i,{1: UIi} gqff flS$f'rf nI?EnlI Tthtfr i, ii-rrri tlJirriiil!&IUfl f Ui\i}riLjitUHti

StIAffiE #Bffiffiffiffiffi&

JUMAI 1 3 MARET 201 5

Sidang Gugatan Ka-araoke Bintang

PURBALINGGA- Gugaran perdata pemilik tempat karao.keBintang kepada t€rgugat Satu-an Polisi Pamong Praja (SatpolPP) dan Kantor Penanaman Mo-dal dan Perizinan Terpadu(KPMPT) Purbalingga segeramemasukibabakbaru.

Pengadilan Negui @N) Pur-balingga telah melayangkan suratpemanggilan sidang atau mediasipertama kepada mereka. Renca-nanya sidang akan digelar padaSelasa ( 1 7/3) pekan depan.

PekanDePan

Kepala PN PurbalinggaTotokSapto Indrato. kemarin, menge-mukakan, pihaknya telah meneri-ma surat pengaduan gugatan per-data dari pemilik karaoke Bin-tang, Agus Pumoto, melalui kuasahukumnya Pahotna Butar Butar.Sur$ pemanggilan sudah dila-yangkan kepada penggugat atau-pun tergugat pekan lalu.

"Mekanismenya karena inipeftara perdata maka akan dibe-rikan waktu 4O hari untukmedia-si. Tempatrya di PN Rubalingga

Rencanany4 Selasa pekan depankedua pihak diiadwalkan bertemudi PN Pwbalingga untuk mediasi.Dengan mediator dari hakim.''

Prinsipnya semua tahapanakan ditempuh. PN hrbalinggasiap memfasilitasi. Pelayananjuga tansparan dan prrima dalammelaksanakan persidangan atau-puntahapannya-DaftarkanGugatan

Buntut penyegelan tempatkaraoke Bintang di Jalan Komisa-ris Noto Sumarsono Rrbalingg4

Senin (16/2,1 silam, pemilikmelalui kuasa hukum pahotmaButar Butar mendaftarkan gugaran perdata melalui PN purba-lingga" Kamis (5/3) lalu.

Pahofrna menekankan, suratbernomor 02lpdt.G/2.01 5 itumenggugat langkah Satpol ppyang telah menyegel ternpat usa-hakliennya.

Padahal, tempat usaha itutidak pemah menerima penolakanizin dari pihak terkait dan masihmenunggu atau berproses.

"Saat klien kami sedangmenunggu kepastian izin opera-sional karaoke iru nrrun atau tidahSat Pol PP melalrukan penyege-lan. Kami tidak terima, karenamasih dalam waktu tunggu danbelum ada kepastian izin ditolakatau bagaiman4" papffiny a-

Di sisi lain, beberapa waktulalu Satpol PPjuga melaporkanpemilik tempat karaoke Bintangkarena diduga melakukan tin-dakan perusakan segel ke PolresRlbalingga- (I{82-57)

Page 7: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

JUMAT, 13 MARET 2015SUARA MERDEKA

oo

\)M

!

o\S*Y

*\aEU\J

!oo

U

-sN

't-\)

qJ

RML-

.\e

4Fq!

!0o0O

f,l!S

qJ

\)"\a

=Nt t-,

A!_\e >M.*S.S

\i*S!

s'.p".c:HC0SooNhsa_%s<r=aa.ES

O^S

*r)AI

Atq.-00-LGaGa.-A

-,YGat)tdECE

-Gl-

+

Page 8: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

}{tutrtr[ffiffi tugffiffim

ffiA}ffi }{IJ&{A$ $&TilJl PiJRffAL}ffitrffi$

JUMAI 13 MARET 2015

Pelatihan Motivasi Psikolqgi

MREBET - Tim Psikologi Polies Purbalingga awal pekan inimenggelar pelatihan nfotivasi psikologi di SMP 4 Mrebet. Kegiatan inidipimpin oleh Kepala Ragian Sumber Daya Manusia (Sumda) PohesPurlcalingga Komisaris Mugiman. Antusiasme terhadap ini terbuktidengan keikutsertaan 135 siswa dari kelas sembilan. Dari kegiatantercebut banyak hal positif yang dapat didapat oleh para siswa, antaralain motivasi belajar meningkat, bed<arakter positif , serta menjauhkan diridari kenakalan remaja. (H82-57)

Empat Sentra Pelayanan Polrcs Dirotasi

PURBALINGGA - Empat sentra pelayanan Polres Purbalingga,yaitu Polsek Purbalingga, Klinik Kesehatan Psikologi, KoperasiPrimkopol, dan Unit Kecelakaan Lalu Lintas Satlantas PolresPurbalingga, dirotiasi, Kamis (123). Mapolsek Kota akan dipindah keklinik. Klinik 4kan digeser ke koperasi. Koperasi ditarik ke kantorLakalantas. Dan, kantor Lakalantas akan beftantordi bekas MapolsekKota. Kepala Polres PurlcalinggaAKBPAnom Setyadji mengemukakan,rotasidilakukan agar pelayanan masyarakat lebih maksimal. (H82-57)

SM/Ryan Rachman

KANTOR BARU : Kapolres Purbalingga AKBP AnomSetyadji membahtu pindahaiin kanni Anit Lakalantasyang sebelumnya menjadi kantor Polsek Purbalingga,kemarin. (57)

Page 9: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN III]il{A$ $IMA PI]IBAIil{OOA

Radaf BanyffmaS o Jumat Legi 13 Maret 2015

DPDGolkarBelum

Dampak KisruhMunas Ancol

PURBALINGGA- PengurusDPD Partai Golkar Purba-lingga belum menentukansikap atas konflik internalpartai berlambang PohonBeringin di tingkat Pusat itu.Sejumlah pengurus mengakumasih melihat dan menunggusitrrasi yang berkembang. Halitu dikatakan Wakil SekretarisDPD Partai Golkar Purba-lingga M WachYono SH,Kamis (1213).

Seperti diketahui, disah-

kannya kepengurusan DPPPartai Golkar versi MunasAncol dibawah komandoAgung Laksono masih me-nyisakan persoalan samPai ke

tingkat daerah. Disisi lain,kubu Aburizal Bakrie jugamasih melakukan langkah-lan gkah memperjuangkanhasil Munas di Bali beberaPawaktulalu.

Wachyono yang juga KetuaKogoro Purbalingga ini me-ngatakan, partai harus dise-lamatkan. Pasal-nya tahun iniPurbalingga akan menggelarPilkada. "Iika terus berkonflikdan saling berebut kbkuasaanpartai terancam tak bisa ikut

Pilkadaj'ujamya.Meski belum memberikan

pernyataan sikap mendukungkepemimpinan ketua umumhasil Munas Bali atau Ancol,namun sejumlah PengurusDPD Golkar Purbalinggabesok (13/3) bakal datang ke

Semarang. Yaitu menghadiriMusyawarah PimPinan Dae-rah (Muspinda) Kosgoro]ateng.

Pada acara itu, Agung l"ak-

sono akan hadir dan mem-berikan pengarahan sebagaiKetua Kosgoro Pusat. DariPurbalingga Ketua Kosgorodan Sekretaris serta KetuaDPD Partai Golkariuga diun-

dang. "Yang jelas kami siapdatang. Namun bukan berartidikatakan mendukung ke-pemimpinan Agung laksono.Karena Agung sebagai ketuapusat Kosgoro, jadi kami jugaakan ketemu dan menerimapengarahan dari beliaui' tam-bahnya.Wachyono berharaP,

konflik internal segeraberakhit. Pasalnya tahunini dan selanjutnya masihada pekerjaan rumahmenghadapi Pilkada. Nan-tinya akan banyak tugasdan pekerjaan yang me'nuntut kondusifnya ke-pengurusan partai.

Sementara itu ketika di-singgung mengenai arahkoalisi Partai Golkar Pur-balingga di Pilkada tahun2015, i4 mengatakan secaraaturan partainYa tak bisamencalonkan sendiri Pa-sangan Cabup dan Cawa-bup. Partainya harus me.lakukankoalisi.

"Golkar memiliki 7 kursi diDPRD Purbalingga, berada diurutan kedua dibawah PDIPyang merniliki 1I kursi. Tar-get kami tentu mengincarposisi terbaik Namun secaraterperinci akan kami bahassepulang dari Semarangi'tutumya. (amr)

RA(iiAN HLIMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 10: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

}itugpflffii} rdffixlreril : i,Lq }ilJ$,t{$ $t;Til,q f ffiffiAl;lrurJt}$

Radar Banyumas .lrmuir-ugi rg rvar"tzors

WoIPPGandqng

Bagian

Hukum SetdaHadapi Gugatan

Dia menjelaskan, sebagaiwarga negara yang baik,pihaknya dan KpMpT bakalntengikuti seluruh piosedurhukum, yang bakal diha-diapi di Pengadilan Negeri(PNJ Purbalingga. "Gugatanyang dilakukan (pengelolaBintang, red), merupakanhak setiap warga negara.Demikian pula kami, se-bagai warga negara yangbaik, tentunya kami akanmengikuti semua proseshukumi' lanjutnya.

, Suroto menjelaskan, pi-haknya tetap yakin seluruhprosedur yang dilakukanterkait p ermasalahan karaokeBintang, sudah ditempuh.sesuai peraturan yang ada."Kami adaiah penegak perda(peraturan daerafi). Iadi apayang kami lakukan sudal-tsesuai prosedur, untuk pe-negakan Pc,.ta. l(alrri jugabergerak atas perintah bu-pati," ujamya.

Dalam menghadapi gu-gatan perdata pengelolakaraoke Bintang, pihaknyatidak melakukan persiapankhusus. 1 kehal i0

Karaoke Bintang

PURBALINGGA - SatuanPolisi Pamong praja (satpolPP) Kabupaten purbalinggadan Kantor PenanamanModal dan Perizinan Ter-padu (KPMPT) purbaling-ga, lrakal menggandeng BI-gian Hukum dan FIAM SetdaPurbalingga, untuk meng-hadapi gugaran pengelolakaraoke Bi ntang. Kepastianitu, diungkapkan oleh Ke-pala Satpol PP PurbalinggaSuroto kepada Radarmas,ditemui di ruang kerjanya,kernarin (t2/3).

"Kami tidak menggunakanpengacara dari luar. Kamialcan menggunakan ban-tuan hukum yang ada diPemkab Purbalingga, yakniBagian Hukum dan HAM.Di bagian tersebut ada bi$dang yang menjadi penga-cara bagi pemkab. kam{?sudah mengirimkan notaodinas kepada Sekda, terkaithal itui' ujar Suroto.

Page 11: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015
Page 12: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

g{t'IPlP{ffi }df,ffiffim

ili:i,qi{ }{lJ}'{A$ $ffiTNA PtjRBAI;IHfiffiE

Radar Ban5nrmas e Jum'at Lesi 13 Maret 2015

PURBAIII{GGA EKSPRT$

KernentrianPerhubungan Mulai

Survei WirasabaPURBALINGGA - Sinyal positif diberikan

Kementrian Perhubungan RI, terkait rencanapengembangan Bandar Udara Wirasaba; men-jadi bandar udara komersial. Kemarin (6/3),tim ahli dari Kenentrian perhubunganmelakukan survei lapangan di Bandar UdlraWirasaba, untuk mengetahui apakah bandarudara tersebut layak berubah status rnenjadibandar udara komersial. r ke hal 1o

udara komersial sudah dise-tujui. Hal itu, menurutnyamerujuk dari janji PresidenRI Joko Widodo kepadanya,yan gakan memberikanbantuan dana Rp 120 miliar,untuk pengembangan ban-dar udara wirasaba.

"Saya sudah dua kali ke-temu dengan presiden. Se-cara prinsip presiden me-nyetujui. Kemungkinan sur-vei ini dilakukan sebagaisalah satu prosedur saja,"katanya.Gubernur |awa Tengah

Ganjar Pranowo menam-6ahkan, berdasarkan in-formasi yang diterirria oleh-nya, pengembangan bandarudara hanya tinggal me-nunggu AMDAL (analisismengenai dampdk lingku-ngan, red) saja. "Selasapekan depan, saya akanmengundang lima kepaladarerah disekitar bandar u-dara Wirasaba, untukrneng-gelar rapat di Semarang.Setelah itu bisa diketahuiIangkah apa yang akan di-Iakukani' imbuhnya.

Gubernur sendiri menar-getkan 2017, sudah mulaidilakukan pengeriaan fisik.Sehingga pada 2018 bandarudara Wirasaba sudah siapdigunakan. "Tahun depan,saya targetkan sudah me-Iakukan tahap-tahap per:siapanpengembangan. Sayajuga akan bertemu denganpresiden, untuk membahasini," ujarnya. (tya/gus)

Ting$al Tun-ggu AMDALr KGmGnterian

Sambungan dari hal 7

Staff Ahli KementerianPerhubungan Dr Agus EddySusilo SE MSc kepada Ra-darmas mengatakan, surveiyang dilakukan oleh Ke-mentrian Perhubungan itu,merupakan tindak lanjutdari surat yang dikirimkanoleh Bupati Purbalingga, DrslI Sukento Rido Marhaen-drianto MM kepada i']re-siden RI Joko Widodo. "Me-lalui survei ini, nantinyaakan diketahui apakah diPurbalingga layak dibangunbandar udara (komersial)atau tidald' katanya ditemuidi kompleks Griya UMKMPurbalingga, pekan lalu.Namun, dia iidak me-

nyebutkan detail apa sajayang disurvei oleh tim, yangdibawa olehnya dari Ke-menterian Perhubungan.Dia hanya menyebutkan,jika merujukp ada kebutuhanmasyarakat, di KabupatenPurbalingga sudah layakdibangun bandar udara ko-mersial. "|ika merujuk ke-butuhan masyarakat di Pur-balingga dan sekitarnya.saya rasa layak dibanguni'ujarnya.

Bupati Purbalingga Drs HSukento Rido Marhaen-drianto mengatakan, secaraprinsip sebenarnya pening-katan status bandar udaraWirasaba men jadi bandar

Page 13: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

ffittrpgffiffi heffiffin&

fii:kq }{[I&{A$ $fiTilA piJR$AtI$##*

Radar Banyumas o Jumat Legi 13 Maret 2015

-*-JURBAII 1I GGA TKSPBTSDewan Diminta Segera

Fasilitasi Dindik Terkait DAKPURBAIINGGA - Komisi III DPRD purbalingga diminta

mengambil alih persoalan yang saat ini menjadi polemikantara Ketua Pansus LKPI-AMI dan Dinas pendidikanPurbalingga. Seharunya komisi terkait segera memfasilitasiataududukbersamadanmembahassoaldana alokasikhusus(O.af) -saralq

prasarana (Sarpras) tahun 2013-20 15 1angbelum bisa dilelang iru.

_Hal itu diungkapkan Direktur Instirut Negri perwiraPurbalingga, Indaru Setyonurprojo, Kamis (12l3J. Iamenilailangkah Dindik masih dalam batas wajar. pasalnya tahun-talTl*lelrylya dinas itu pemah diguncangkasus tipikorsoalDAK Disisilai4 pemyataandewanmelaluiketuapansusjuga kurang pas, karena itu ranah komisi terkait.

"Saat iniyang harus ditempuh agarpersoalan ini bisa lebihterbuka, melalui komisi terkait dilakr:kan rapat bersama. ]ika

.memungkinkan juga melibatkan instansi terkait maupunUnit t-ayanan Pengadaan (ULp)l' papamya.

Ia juga meminta semua pihaJ< transparan dan tidak adatendensi apapun dalam menyikapi perioalan DAKluncurantahun-bersangkutan. Pasalnya, langkah dinas dimungkinkanlebih hati- hati karena mengnglnkan rekanan yan{benar-benarvalid dalam persyaratan dan tidakmain- main.

"Selama syarat atau petunjuk teknis yang disajikan dindiksaat akan tayang lelang tidak aneh dan neko-neko sertamasih dalam koridor yang sesuai, maka sah saja dindikmemasang slarat ituj' tegasnya

Dosen Fisip Unsoed ini juga mengatakan masih adaIg\1n* Vglg sebpnamya tidak bonafid namun tetap lolos.Hal iniyangharus diwaspadai dan disikapi. Sehamsnya saatverifikasi berkas usai lelang diterima, harus cermat din adabuki faktual proflle rekanan itu.

Ketua Dewan Pendidikan purbaiingga, Trisnanto SriHutomo lebih memilih untuk segera berkoordinasi dengan?i"4! Agar diketahui duduk persoalan yang sebenamyadan tidak salah pemahaman.

Seperti diberitakan, pernyataan Ketua Fraksi AmanatNasional DPRD Purbalingga, Suharto yang menengarai aclapermainan Dindik mengarahkan kepada satu iekanandibantah keras Kepala Dindik purbalingga, Tri Gunawan S.I-1.ryenilai pemyataan itu mengada- ada dan tidak pernahdllakukannya.

Sebelumnya Suharto mengatakan, realisasi DAK pen-didikan tahun 2013- 2075belum juga terlelang hingga tahunini. Ironisnya selalu tidak terlelang dan menyadiprogramluncuran di tahun berikuurya. (amr)

Page 14: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

KTIPINGMEDIA

BAflA}{ IIUIIA$ $[IDA PINBAIil{OOARadar Banyuinas . Jumat t-egi 13 Maret 2015

Felcan Depan Mantan

I(adindik DiperiksaPoires Purbalingga, IPtu IMade Nergo, Kamis (1213)

menjelaskan, dalam kasusambruknya TK Padamara,pihaknva belum menetap-tan stanrs pada Iskak. Pihak-nya hanya akan memintaketerangan sePutar Prosespembangunan TK tersebutdimana saat itu lshakmasihduduk sebagai KePala Bi-dang Pendidikan Anak UsiaDini dan Pendidikan Non-formal (PAUD dan PNF)Dindik Purbalingga.

"Pemanggilan Ishak ter-kait penyelidikan kasus du-gaan penf impangan.Pem-bangunan TK Pembina Pa-

damara. Apakah ada unsurketerlibatan mantan kePalaDindik Purbalingga itu atautidak. a kehallo

Hasil tJji Lab Belum Turunr PGIAn

Sambungan dari hal 7

Suratnya sudah kami kirimke LP Kedungpane, Semaranguntuk meminta izin memintaketerangan dari yang bersang-kutan, Selama ini beliau kanbelum tersennrh dalam prosespenyelidikani' terangnya.

Dari hasil keterangan yangdihimpun nanti, lanjut I MadeNergo, keterangan dari Iskakakan digunakan penyidikdalam mengambil kesim-pulan. 'Apakan ada keter-libatan Iskak atau tidak dalamdugaan penyimpangan dalampembangunan TK PembinaPadamara itu"katanya.

I Made Nergo menjelaskan,daiam kepanltian pemba-ngunan TK Padamara ketuapanitia dijabat oleh Iskhak.

Kasus Dugaan KoruPsi

TKPadamara

PURBALINGGA - ProsespengusuLan kasus TK Pa-damara terus dilakukan olehPenyidik Unit III TindakPidana Korupsi (TiPikor)Satreskrim Polres Purba-lingga. Pekan dePan mantanKepala Dinas Pendidikan(Dindik) Purbalingga Ishakakan dimintai keteranganoleh polisi. Seperti dike-tahui, Ketua pembangunanTK Padamara sendiri di-tangani secara swakeloladengan ketua panitia lskhak'

Kapolres Purbalingga AK-BP Anom Setyadji SIK me-Ialui Kasat Reskrim diwakilioleh Kanit III Satreskrim

Saat itu, Ishakmasih menjabatsebagai Kabid PendidikanAnak Usia Dini (PAUD) danPendidikan Nonformal (PNF)Dinas Pendidikan Purba-lingga seketaris Kepala tlPTDindik Padamara Hadi Pur-nomo (alm), sedangkan ben-dahara panitia dipegang KasiPAUD Widiantoro.

Adapun Ishak saat ini inasihmendekam di LP KedwrgpaneSemarang karena terbuktiterlubat kasus korupsi DanaAlokasi ICtusus (DAK) Pen-didikan tahun 2012. Dia di-vonis oleh Pengadilan TindakPidana Korupsi Semarang,Rabu (26 I 2 / 201 4) p enj ara duatahun sepuluh br-rlan atau 34

bulan.Sementara itu saat ditanYa

soal hasil uji laboratoriumterhadap material bangunanTK Pembina Padamara oleh

Tim Ahli Konstruksi dariPoliteknik Semarang, Nergomengatakan, hingga saat inipihaknya belum mendapat-kan hasilnya. "RencananYapada senin mendatan& saya

akan ke Semarang lagi rmtukmeminta hasilnya. Sekalianitu, meminta keterangan dariIskalq'katanya,

Seperti diketahui, gedtrng TKNegeri Pembina, KecamatanPadamara, Purbalingga Am-bruk, Rabu (19/2) pagi tanPa

sebab. Gedung itu dibangunawal Desember 201I danpertama digunakan JuIi 2012.

Gedung seluas 757,02 mpersegi dibangun di atas tanahkas Desa Padamara. AdaPunpembangunan menggunakankontruksi baja ringan dengananggaran Rp 580 juta dariAPBN dan Rp 58 juta dariAPBD. (iokigus)

BAGIAN HUMAS SETDA IIABUPATEN PURBALINGGA

Page 15: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

ffiIIffiT'$ffi MffiffiXA

r!I, 1tAffi l{ii}i,{$ $fiYne rljRmAt}ffi#ffi*

srprya, bekerja di durria broad_castharusmeleklT"Mdai da-ri pC, Laptop dan

ponsel yang saat ini tersediabisa kita gunakan. Dengansyarat menunjang kebutuhankita dan membantu menun_taskan pekerjaan. Muaranyabisa menyajikan suguhanyang apik bagi pendengar danmasyarakat luasi, tutur pe_rempuan muah senyum ini.

Sebagai salah satu media

Radaf BanyUmaS o Jum'at Legi -13 Maret 2015

MudahkanKerja

denganMelekllMEMILIKI profesi yang ber-

kecimpung di dunia hiburandan informasi, tak bisa lepasdari kemajuan perlengkapaninformasi dan telorologi (II)"Bahkan melalui gadget danperalatan IT yang ada saat ini,menjadi hdyangwajib diikutiuntuk memudahkan peker-jaan dan menunjang krea-tifitas. a kehall0

Dituntut Harus Melek ITr llludalilan

Sambungan dari hal 7

Kem ajuan teknologi itulahyang diambil oleh program_mer sekaligus Music Directordan penyiar LppL Radio Ar_dilawet FM purbalingga, Anita\MR. Thk ranggung- tanggun&namprr semua pekeriaansetiap hari tak bisa lepas dariperalatan maju saat ini. prin-

hiburan musik, sebuah ra_dio FM harus bisa mem_berikan pelayanan sajiansuara yang memuaskan pen_dengar. Tak jarang selainprogram siaran yang di_sesuaikan dengan sasaranpendenga4, juga sajian musikmaupun lagu yang diperde_ngarkan. Karenanva, mela_lui peralatan IT yang ada, ta_hapan membentuk tujuan i_tu sangatmembantu. (amr)

Page 16: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

KTIPINGIIMDIA

BAOIN IIII[{A$ $MDA PUIBAINOGA

Aq

Dindik KebutRegulasi PAIII)

Tak Melarang TapiMengatur Iumlah

PURBALINGGA - Lem-baga Pendidikan Anak U-sia Dini (PAUD) non for-mal di kabupaten Purba-lingga semakin banyak.Dinas Pendidikan Pur-balingga sedang meng-kebut adanya regulasi yangdibahas bersama institusiterkait. Regulasi itu untukmengatur agar masing-masing Iembaga tetap bisamemberikan pendidikanyang nyaman dan meng-hindari persaingan taksehat.

Kepala Dindik Purbaling-ga, Tri Gunawan SH MH

mengatakan hal itu saatmemberikan sarnbutan Mu-syawarah Daerah II Him-paudi Purbalingga tahun2015, kemarin. "Kita bahasbersama Dewan Pendidi-kan, penyelenggara PAUDdan pihak terkait untukmembenahi munculnyaPAUD yang berpotensi me-micu persaingan tak sehat.Iika ada persaingan tak se-hat, .imbasnya anak didikakan tercerai berai," te.gasnya.

Regulasi itu sangat men-desak direalisasikan me-ngingat disinyaiir tanpapersyaratan yang ketat akanmuncul PAUD non formalyang tidak awet. I ke hal 10

Regulasi Diperketat

r Bindilr Gunawan kembali mene-gaskan, jika tidak dip erketatPAUD bisa asal berdiri de-ngan menyewa lokasi rumahorang. Kemudian saat se-dang berjalan dan sewahabis serta tak diperpan-jang, siswa akan bubar dantidak baik bagi perkem-bangan anak didik usia dini.Karena PAUD lebih kepadamenanaman pendidikanyang mudah, gembira na-mun tetap ada unsur pem-bentukan karaker.

"Harus disadari muncul-

nya PAUD non formal-da-tam jumlah banYak biasilPYa

menjelang tahun ajaranbaru. Mereka saling me-ngajukan izin dan tak sam-pai sebulan bisa samPai 14

PAUD/'rincinYa.

Sambungan dari hal 7

Artinya yang penting su-dah ada tempat dan lem-baganya, lalu mengajukanizin dan tidak lama akandisetujui Dindik. Namundalam perjalanannya men-dadak hilang atau tak ber-operasi lagi.

"Kedepan, usai regulasiitu, kita lebih ketat danselektif menyaring pen-dirian PAUD non formal.Misalnya dengan mene-rapkan persyaratan jarakantar PAUD dan syarat lainyang mengantisipasi mun-culnya persaingan tak sehat,miealnya sangat berdekatandan berhadapan langsungantar PAUDi' tambahnya.

BAGI,,\N HUMAS SETDA KABT]P;\TEN PI-RB,{I,INGGA

Page 17: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

.z 1(_

Page 18: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

3{rlp[ffiffi iegffiffim

ffii:ti,}{ }{UffiA$ $[T],{ pTJftfrAt]tr#,.*

Radar Banlrumas . Jumat Legi 13 Maret 2015

Iftnik -Disulup Menj adi Map olsek l(otaKapolres Purbalingga, AKBP

Anom Setyadji SIK, menga-takan, rotasi atau penataandilakukan agar pelayananmasyarakat lebih maksimaldan mudah dijangkau ma-syarakat. "Kita utamakan Pe-Iayanan ke masyarakat lebihdului'katanya.

Menurut eks Kapolsek TanahAbang ini, Lakaiantas Yanghanya beringgotakan delaPanorang dan satu kendaraandinas akan lebih tePat jikaditempatkan di Mapolsek Ko-ta. Selain itu, lokasi eks Ma-polsek Kota ini juga strategiskarena berada di peremPatan

r lflinilrSambungan dari hal 7

Sementara itu, Iokasi Ma-polsek Kota yang baru jugasangat strategis karena de-kat dengan pusat kota, an-tara lain GOR GoentoerDarjono dan Alun-alun Pur-balingga. Selain itu, tem-patnya juga lebih luas se-hingga lebih memadai. "Lo-kasinya startegis, dekat de-ngan pusat keramaian, GORdan alun-alun, sehinggalebih mudah pengepdalian

PURBALINGGA - SebanYakempat sentra pelaYanan PolresPurbalingga, Polsek Kota Pur-balingga ditata ulang, yakniKlinik Kesehatan Psikologi,Koperasi Primkopol dan UnitKecelakaan Lalulintas Sat-lantas Polres Purbalingga,Kamis (t213).

Mapolsek Kota akan dipin-dah ke Klinik, Klinik akandigeser ke Koperasi, Koperasiditarik ke kantor Lakalantas,dan Lakalantas akan berkan-tor di bekas Mapolsek Kota.Penataan unit pelayanan di-lakukan guna mempermudahpelayanan ke masyarakat.

ialan besar di tengah kota.' "Lakalantas memiliki fungsi ke

Iuar, karena itu untuk men-dekatkan pelayanan, kita dorongkeluarj'kataAnom. t kehal 10

Lebih Strategiswilayahi' ujar dia.

Sedangkan Klinik Kese-hatan dan Koperasi yanghakikatnya merupakan pe-layanan internal Polres,ditarik ke dalam. Menu-ruinya, penarikan dua pe-Iayanan ini ke dalam ber-tujuan mendekatkan pe-layanan bagi anggota Polres.

"|adi untukpelayanan ma-syarakat kita dorong ke luar,sedangkan pelayanan inter-nal kita tarikke dalam: Mua-ranya satu, mendekatkanpelayanan kepada masya-rakat," kata dia. (jok/gus)

lrtl

-l

.\*\ ._--_------.."'----""""-

Page 19: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

BOYONG :

Prosespemindahan

barang diseRtra

pelayananPolres

Purbalingga,Kamis (12l3).

. PUNBIIIIIGGA24 IIM

ffi memiliki unek-unek tentang b.erbagai hal

aemioernaitan dan kemajuan Purbalingga.yang

oentinq tidak'menyinggung sara dan.lltnan'CaranYa ketik PBG: unel(-uneK

kemudian KIRIM SMS

KE: 081 -327-333-778

Tertibkan KoPerasi Abal-abalPBG :Di pbg bnyk sekali lmbga keuangan non pmrth

;#;;i;;;makan.kopirasi vg sbnrnva adalah'rJnt"nii vo kalo nagih tdk tau wkt dan krang

#;;;il; ting oinai terkait utk menertibkan krn

menyengsarakan masyarkt a "? 028176485g4

Page 20: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

ItLIfiHil }dfffi[]tut

ffi i ]tt$ Itii&'ffi$ $et il$, ${jHfiAffffi $$$

BaffyffmaS o Jumat Legi 13 Maret 2015

Baru 69 Persen Tenaga l(erja

Radar

nan{ecelakaan I(eIkufi Iami rl4PURBALINGGA - Ium-

lah kepesertaan BadanPenyelenggara JaminanSosial (BPIS) Ketenaga-kerjaan, tenaga kerja diperusahaan yang ada diKabupaten Purbalingga,ternyata masih.sangatrendah. data terakhir,tingkat kepesertaan tenaga

kerja pada BPIS Ketena-gakcrjaan baru mencapai69 persen.Kepala Dinas Sosiai Te-

naga Kerja Dan fransmi-grasi (Dinsosnakertrans)Kabupaten PurbalinggaNgudiarto mengatakan,pihaknyq terus mengupa-yakan agar tingkat kepe-

sertaan perusahan yangada di Purbalingga untukmengikutkan tenaga ker-janya daiam jaminan ke-celakan kerja (JKK) terusdilakukan.

'lDengan berbagai upayamulai daris sosialisasi danmendatangi para pengu-saha, terus diiakukan. Bah-

karr pemilik trt o yurlg *" provirxi Jawa Tengah, ke-mpekerjakan tenaga kerja rnarin (12111).juga kami himbau. agar Diajugamengakui,hinggamereka mernasukan pe- saat ini kepesertaan BFjSkerjanya dalam ]KI(," u- Ketenagakerjaan di pur-jarnya saat pertemnan de- balingga baru mencapai 69ngan jajaran pimpiitar.r ca- persen. "Iurnlah itu rne-bangBadanPenyelenggara rupakan terlaga kerjayangIaminan Kesejahteraan So- acla di perrsihaan,,,-irnlsial (BPJS) Ketenagakerjaan buhnya. a ke hana

ittl pengusaha diminta, agarkepesertaan naker agar ikutfKK terus ditingkatkan hinggamencapai 100 perseni' im-buhnya.Hal itu, harus dilakukan,

karena menurut Bupati selainmemberikan kompensasi danrehabilitasi saat bekerja de-ngan ikut |KK. Tenaga kerjayang mengalami kecelakaankerja baik saat berangkat kerjamaupun sampai kembali dirumah mendapatkan jami-

nan atau santunan.Kepada perwakilan BP)S

Ketenagakerjaan Provinsi|awa Tengah, Bupati jugameminta, ketika pekerja me-ngalami musibah atau ke-celakan kerja, dalam me-ngurus atau mengklaim ja-minan supaya dimudahkan."Saya minta, agar saat me-ngalami kecelakaan. Ketikaakan mengurus j aminan atauklaim tersebut, agar lebihdimudahkani' katanya. (tya)

-)r

Bupati Terus Dorong Pengusahar Batil

Sambungan dari hal 7

Bupati Purbalingga Drs HSukento Rido Marhaendrian-to MM mengungkapkary ter-kait minimnya kepesertaantenaga kerja dalam program|KK ataupun BPfS Ketenaga-kerjaan, dia berharap peng-usaha mengikutkan seluruhkaryawan atau pekerjanya da-lam jaminan tersebut. "Untuk

/,..\---.-"--

Page 21: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

c,

o)::-o

o-

R'

$o)

r!

.!<

(v

:=(tLo

o(E

'tE:(!(!

=oE

(!(!oo(E:a.- (E;bco_C'6t!+6ao='5,oEEc&goE6cll<V::-U'C

(EGC<ttrc6(!((-o >'f(g(LE._Gistr

d]dI "oI v-ClaP1061.4_E

itI

Tt A'iI .\N HI T\f .1S SF,TD.4 K.ARI IP A'I'F,N PI TRBAT.I\(iG.{

Page 22: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

<E=(tr<coorz=< E),

;(g

=<Ei'E'

Gl<oUI

tug)

o

o

Eo-')

(!o(lG

O)

(!g;E

G

(E

o

Eo)

Gll.Y(!0,E

(!!Eoo.

.;

($

(g

f

Ed<B(,tr.gEo.-o

.go.fi,-'= qt

o6o. o.t'}=!Yo'= (r,

br=r-:"o-(E<trZ6su.l cmcil.4tu 6imcD

Radar Barryumas o Jum'at Legi 13 Maret 2015

Page 23: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

h{ffiffinFs

fi i :l,{}i l{ |jii{,{$ $fi Tnlt pliR$,{ilru#il}$

ffiBanyHm3tlumat, 13 Maret 2015

t 't Ti t?1.?r"tj'.".,"-.; i;. t\J

nyidiLMinta HasilPe

PURBALINGGA- Selain akan meminta

keterangan terhadap mantan Kepala Dinas

Pendidikan (Dindik), lshak, pekan depan,

Penyidik Unit lll Tindak Pidana Korupsi(Tipikor) Satuan Reserse dan Kriminal

(Satreskrim) Polres Purbalingga iuga meminta

hasil uji laboratorium guna mengungkapkasus ambruknya TK Pembina Padamara'

ASUS ambruknya TK Pembina Padamara masih dalam

proses penyelidikan. Kanit III Satreskrim Polres Purbalingga

inpektur Dua I Made Nergo, pihaknya akan mendatangi

tim ahli konstruksi dari Politeknik Semarang yang telah

mengkaji secara ilmiah kesesuaian material"gedung'

tl-urgo ,.ngutakan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan

hasilnyi, "Kami berencana, Senin mendatang akan ke Semarang lagi

untuk meminta hasilnya," katanya, Kamis (12l3).

Di samping itu, pihaknya juga akan meminta keterangan terhadap

mantan Kepaia Dinas Pendidikan (Dindik), Ishak, pekan depan' Hal

ini terkait penyelidikan kasus dugaan penyimpangan pembangunan

'-'tff:Jl'il;1i[Ti.' r, d itetapkan sebasa i u ru -uru' Pi ha knva

hanya ikan meminta. keterangan seputar proses pembangunan TK

tersebut, di mana saat itu Ishak masih duduk sebagai Kepala Bidang

Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (PAUD dan PNF)

,Dindik Purbalinggai' jelasnYa.

Belum Tersentuh. Surat untuk izin meminta keterangan dari Ishak sudah

dilayangkan ke LP Kedungpane, Semarang. Sebab, selama ini Ishak

belum iersentuh dalam proses penyelidikan. Adapun Ishak saat ini

masih mendekam di LP Kedungpane Semarang, karena terbukti

terlibat kasus korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan 2012'

"Harapannya, dari hasil keterangan yang dihimpun nanti, penyidik

dapat mengdmbil kesimpulan, apakah ada keterlibatan Iskak atau

tidak dalam dugaan penyimpangan dalam pembangunan TK Pembina

Padamara itu,r' ungkaP Nergo.

Seperti diketahui, atap gedung TK Negeri Pembina Padamara

ambui< pada 19 Februari 2014 lalu. Padahal sekolah itu baru selesai

dibangun 2012. Akibat kejadian tersebut, tiga ruang kelas, yakni

kelas A2, 81, dan 82 serta satu unit gudang rusak parah' Anggaran

yang digunakan dalam pembangunan TK Pembina Padamara

mencapai Rp 580 iuta dan dikerjakan secara swakelola' (mg05-06)

Page 24: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

ffiffiffiF$ffi h$ffiffi[A

$i :l,i,li I{ I]ht{il$ ffi illl pii

Rfl ,{ff t{*#$

ffiBanyumAstumat, 13 Maret 2015

SampahTrk Tertato,Pasar Mandiri Dapar Nilai Merah

PURBALINGGA' Pasar Mandiridi Kelurahan Purbalingga Lormendapat nilai buruk dalampenilaian tahap pertama (P1)Adipura periode 2074-2A15ini. Persoalan tersebut bukandisebabkan oleh kebersihanpasar, melainkan pemilahan danpengolahan sampah yang tidaktertata,

Menurut Kepala BadanLingkungan Hidup (BLH) IchdaMasriyanto, penilaian AdipuraP1, Purbalingga mendapatkanskor yang masih di bawahambang batas atau passinggrade, yaitu 74,89. Padahalpassing grade untuk meraihAdipura setidaknya mendapatskor 75.

Berdasarkan dokumen hasilpenilaian; skor paling burukmenunjuk pada pasar tersebut,"Bisa diakui Pasar Madiri inikan bangunannya sudah tua.Sementara sampah umumnyadibuang di depan, di belakangkurang difungsikan," kata Ichdasaat ditemui Harmas, Kamis(t213).

Tercatat skor dari tim penilaiAdipura, indikator pemilahansampah untuk Pasar Mandirimendapat nilai 40, saranapemilahan sampah mendapat

skor 50, dan proses pemilahansampah mendapat skor 30.

"Tempat sampah terpilahorganik dan anorganik sudahada. Hanya saja isinya masihtercampur, sehingga mendapatnilai yang jelek," ungkapnya.

Kerja EkstrakerasMenjelang penilaian tahap

kedua (P2), pemkab harusbekerja ekstrakeras gunamempertahankan perolehanAdipura yang sudah didapatnyaselama 6 kali berturut-turut.Ichda menjelaskan, adasejumlah kegiatan yang akan

. guna mengevaluasi perolehan' P1 yang masih di bawah'standar,

"Persiapannya, kita galakkanbank sampah, yang organikbisa diolah menjadi pupuk,sedangkan yang anorganikbisa dimanfaatkan untuk dijualkembali, MemaksimalkanTPS! per:an tenaga pemilah.djTPS juga perlu dioptimalkan,"ujarnya.

Selain masalah pemiJahandan pengolahan sampah diPasar Mandiri, sejumlah 717indikator penilaian di tempatlain terbilang sudah cukupbaik. Seperti yang diketahui,

skor tertinggi di indikatorpemilahan sampah diperoleh diPerumahan Griya Abdi Kencana,

5:,fy:t:l j,r.barinssa Kuron,

lul,u.IgnAupat skor 8i. ,,Uniukmeraih Adipura, kita harus

nqglot. paling tidak kita bisaraih ikor: s0,; ucapnyi.-

-'""

_ (ms0s_06)

\l--.:\ \\ !_-.=-- .

\F

Page 25: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

SUASANA Pasar Mandiri Purbalingga Lor, y-ang mendapat skor merah dari sisi pemilahan sampah

iJ'G'6",i ir

" i".-ta h a p pe rta m a ( p 1 fAd i p u r a 20 1 5' ke m a ri n'

RAriIAN LII I-[,{AS IFTNA KARIiPATFN PIIRRAT,INGGA

Page 26: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

l';;f:i],ffi f\,$ffiffiIA

ffilBanyqmf,sJumat, 73 Maret 2015

lfff#ffiHl::i::::'polsek-polsek di Polres Purbalingga diharapkan menjadi

ujung tombak pemberantasan peredaran gelap narkoba'

Harapan itu disampaikan Kepala Badan Narkotika

Nasional Kabupaten (BNNK) Edy Santosa saat sosialisasi

Baru 69 P.ersen [:ffi'^ij,ffiti%i,T::ilff:l1x:iJ[Hilfl:[ffi[::'.'.Pekeria Terrindungi

Htl]i{jtr,#hffilffii1*jjfu;,l1ik*PURBALINGGA: Kepesertaan tenaga keria, khususnya '-

;;;";;"6, unig;tu Uubin[urtiu*ir iir'para peke4a/buruh perusahaan di Purbalingga untuk masuk ,r.nyampaikan informasi dengan cepat kepada rnasyarakatdalam Jaminan lGcelakan (erja {JKK) baru mencapai 69 tentang bahaya narkoba. Sehingga kalau ada masyarakatpersen" *runtuk itu, pengusaha saya minta agar kepesertaan yang melapor bisa melalui babinkamtibmas,pekerja dalam JKt{

!e1uy ditingkatka'n hingga mencapai 100 "inggoiu yang bisa membawa I orang pemakai narknba

persen,'kata Bupati Sukenbo Riilo Maihaendrianto, ke BNN]{, mat<a it<an kami beri Rp 100.000. Jika yangDia melOqta$n hal itu saat peftemuan dengan jajaran dibawa i'0 pqcandu, maka dapat Rp i juta,, ungkapnya.

pimpinan Sadan Penyelenggara Jaminan Kesejahteraan Demikian pula dengan pecandu yang dl6awf ke ANNi(Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Pro_vinsi Jawa Tengah di akan diberi Rp 100.00b, "Karena susah untuk mencariPendapa Dipokusumo; 166;s (1213). pecpndu dan mengajaknya untuk direhabilitasi BNNK,"

Sukento menambahkan, karena selain memberikan tuturnya,kompensasi dan rehabilitasi saat beker;a, dengan ikut Edy mengingatkan kepada anggota kepolisian untukJKK, pekerja yang mengalami kecelakaan kerja, ba.ik tidak buru-buru memproses jika menangkap penggunasaat berangkat kerja maupun sampai kembali di rumah narkoba. Melainkan diserafrfan dulu ke elqnlf untutmendapatkan santunan. menjalani asesmen. ,-Nanti ada tim asesmen terpadu (TAT)

Sukento juga meminta, ketika pekerja mengalami yang terdiri atas banyak unsur. Tirn ini akan memastikankecelakan kerja, dalam mengurus atau mengajukan klaim apa[an orang itu hanya pengguna atau pengedar,"jaminan supaya di,mudahkan. "Saya minta agar.saat terangnya.

-

mengalami keceta,kaan, ketika akan mengurus jaminan atau likl pengedar, maka dilaniutkan proses hukum,klaim tersebut, agar lebih dimudahkan," pintanya kepada frfu*rn jiLu jiu hanya pengguna, maka dilanjutkanjajaran BPl.s itu. _ _ proses retraOititasl. iadi penyalahguna narkoba lebih baik

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi direhabilitasi daripada dipenjara," ujarnya.(Dinsosnakertrans) Ngudiarto menuturkan, pihaknya Kapolres AKBp Anom Setyadji mengatakan, Polri harusterus mengupayakan agar kepesertaan perusahan yang bersinergi dengan BNN, Karena masalih narkoba ini adalahada di Purbalingga untuk ikut JKK ditingkatkan. "Dengan tanggung lawab bersama dan Indonesia sudah daruratberbagai upaya mulai dari sosialisasi dan mendatangi nar[oOa. tsrrrr,retworkffl0-06)para pengusaha, terus dilakukan. Bahkan pemilik tokoyang mempekerjakan tenaga kerja juga kami imbau agar'

memasukan pekerjanya dalam JKK," katanya.Sedangkan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan di

Purbalingga yang baru 69 persen, menurut dia, merupakantenaga kerja yang ada di perusahaan. (SMNetworkJfl0-06i

Page 27: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIAI{ IIIIIIA$ $[I'DA }UTBAINOOA

ffiF,"nyHmaHBisa Dapateselamatan

ikK

AKan

Perajin-'Jamih

PURBALINGGA- Keselamatan kerja para perajinakik bisa dijamin dengan Badan PenyelenggaraJaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan,Syaratnya, para perajin itu bergabung dalampaguyuban dan terdata secara resmi.

"Sekarang sudah ada paguyubannya. Jadisilakan bergabung. Nanti saya kapan waktuakan bedemu dengan perwakilan paguyuban.

Saya harap semua perajin bisa bergabung,sehingga keselamatan kerja mereka ter;'amin,"kata Bupati Sukento Rido Marhaendrianto diPeringgitan Rumah Dinas Bupati, usai beraudiensidengan petugas dari BPJS Ketenagakerjaan danDinsosnakertrans, Kamis (12l3).

Bupati berharap dinas-dinas terkaitseperti Dinsosnakeftrans dan Dinperindagkop

mendampingi paguyuban untukmengedukasi para perajinakik dalam mengutamakankeselamatan kerja. Pertama,agar hati-hati menggunakanalat-alat kerja, kedua agarmenggunakan peralatan yangstandar, dan yang ketigauntuk bergabung dalam BpJSKetenagakerjaan melaluikepesertaan paguyuban."Karena untuk pekerjan'onformal bisa menjadi pesertaBPJS Ketenagakerjaan hanyabila terdaftar dalam paguyuban,"ujarnya.

Bupati berencana dalamwaktu dekat akan melakukanaudiensi dengan paguyubanperajin. Karena dengan semakinbanyak perajin akik yangbergabung, akan semakinbanyak perajin akik yangterjamin keselamatan kerjanya.

Usai beraudensi denganpetugas BPJS, Bupati Sukentoberkunjung ke rumah dukaalmarhum Supriyanto, perajinakik yang meninggal karenakecelakaan kerja akibat gerindapecah beberapa waktu lalu.Bupati Sukento juga melihatlangsung peralatan pengasah akikmilik korban. Istri korban, Tutimenuturkan, peralatan gerindapenghalus akik milik suaminya itumemang buatan sendiri.

"Kalau dilihat, peralatan milikkorban memang tidak standar.Dan ini sangat berbahaya," ujarSukento.

Bantuan SosialUntuk bantuan sosial, sejauh

ini pemkab sudah menjaminpenderes kelapa. Pemkabmasih mengkaji peringkat risikodari setiap pekerjaan yangmemungkinkan mendapatkandana sosial.

"Karena semua profesiitu ada risikonya. Sopir bis,tukang becak, tukang paculada risikonya. Kalau'semuanyadijamin oleh pemkab, jelas tidakakan mampu. Ini harus dikajioleh Dinsosnakertrans, populasipekerja itu dan peringkatrisiko dari tiap profesi. Nantiyang berisiko paling tinggidengan jumlah kecelakaankerja terbanyak, akan kamiprioritaskan untuk mendapatkanbantuan sosial,', ungkapnya.

Saat ini Bupati juga tengahmemikirkan keselamatankerja para karyawan pemkabyang berstatus non-SK Bupati.Karyawan non-SK Bupati meliputiguru Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD), guru non-PNS di sekolahnegeri dan sebagainya juga perlumendapatkan prioritas perhatianpemerintah. (pt46)

\r

B,{GIAN I{UMAS SETDA KABLiPATEN PURRALINCXiA

Page 28: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

:rij llti.t]ril.,*g;1*;",r-:r rr;11::llr ;rAlt+ lqilff:f+ .;.,:l' i;ri:rrii lr;t :, I ::..1*.;":i: ;rrr:i i

i,.rr : t+::rrr #fr

BUPATI Sukento Rido Marhaendrianto (kiri) me.lihat langsung peralatan kerajinan akik.maut

mitik almarhum supriyanio-, k#;; k;""lakian kerja aki[at g-erinda pembelah batu akik yang

digunakannya Pecah.

Nnp'OfnESr puruatingga :AKep- Anom: Setyadiimembantu oindahan liantor Unit Lakalantas yang

sebetumnyi menjadi kantor Polsek Purbalingga, kemarln

E1r p .Sentie PeHYanenF:bl,i6s Dii'otasiFu'nflUUOsF Empat,.sentia pelayanan Polres I '

iuirirtr,rgOa,,vaitu Poise.k Puiba'tinggi,'xtlnik'iKesehatan l

Psikologi Koperasi Primkopol, dan Unit Kecelakaan

t-alu[intis Sailantas Polres]Furbaljngga' dirotapi, rKamis

tiilij. pruporrek Kota akan'dipihdah,ke klinik,r klinik akan

ii ges., ke koperasi, koperasi. ditar:ik,ke kantor. Lakalantas,

Ain:,lif aruntis, a kan ber.ka ntor di be kas Ma polsek l(ota',,

Kepala Polres Purbalingga AKBP Anom Setyadji

*"ngutak.n, rotasi ditakuhan agar pelayanan masyarakat:lebih=rnaksimal.- "ilntuk pelayaRan masy-arakat kita'

Coiong ke tuar:;.sedanqtin petalranan ihtern al kita'tarik ke

de I a ml, uuarunyh, 6at0. m endekatkan pe layaran kepada'

rnasyarakati' ucapnYa. (SMNehrorf/!r82.06) : :'

Page 29: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIA}{ III]MA$ $[XDA PURBAINOOA

ffiH,anyHmas

PURBALINGGA-Disahkannya kepengurusan

DPP Partai Golkar versi

Munas Ancol di bawahkomando Agung Laksonodisikapi oleh jajaranpengurus partai berlambangpohon beringin tersebut di

tingkat,daerah. Sejumlahpengurus DPD Partai GolkarKabupaten Purbalinggamengisyaratkan akanmerapat ke kubu AgungLaksono.

"Kebetulan Sabtu (1413)

kami ada acara denganPak Agung di Semarang

dalam kapasitas sebagaiKetua Kosgoro. Kami akanberkomunikasi untukmembahas nasib paftaike depan," kata Wakil

Sekretaris DPD Partai Golkar

Purbalingga M Wachyono,Kamis (1213).

Ketika disinggungapakah de,ngan demikiandia akan mendukungkepengurusan Golkarversi Munas Ancol, Ketua

Kosgoro KabupatenPurbalingga tersebut

mengatakan, dia masihakan bersikap wait andsee. Namun menurutnYa,partai memang harusdiselamatkan. PasalnYa,tahun ini Purbalingga akan

menggelar pilkada. "Jika

terus berkonflik dan salingberebut kekuasaan, partai

terancam tak bisa ikutpilkada," ungkapnya.

Saat ini jika menilikkeputusan Menkumham,Munas versi Ancol yang

menetapkan Agung Laksono

sebagai Ketua Umum Partai

Golkar pemang memilikikekuatan hukum yang

mengikat. Kendati demikian,kubu Aburizal Bakrie masih

belum mengakuinya. "Kamiberharap konflik ini segera

diakhiri. Karena banyaktugas yang menunggu, di

antaranya. pelaksanaanpilkada serentak 2015 di

Jateng," lanjutnya.Ketika disinggung

mengenai arah koalisi Partai

Golkar di Pilkada 2015,Wachyono mengatakan,paftainya memang

secara aturan tak bisa

nnencalonkan sendiripasangan cabup dan

cawabup. Oleh karena itu,pihaknya akan melakukankoalisi, ')Golkar memiliki 7kursi di DPRD Purbalingga,berada di urutan kedua di

bawah PDiP yang memiliki11 kursi. Target realistiskami tentu mengincar Posisiwabup, Namun secaraterperinci akan kami bahas

sepulang pertemuan dengan

Agung Laksono," tandasnya.Sekretaris Kosgoro

Purbalingga Sudhafto yangjuga fungsionaris DPD

Partai Golkar Purbalinggamenegaskan, mau tidakmau Partai Golkar harusmendukung kepengurusanMunas Ancol, Pasalnya,kepengurusan tersebutyang diakui pemerintah.Secara pribadi dia juga akan

mendesak jajaran pengurus

untuk segera berkoordinasidengan kepengurusanAgung Laksono. "Kita siaP

merapat ke sana," katanya.(pt-06)

BAGI.AN HI IN4AS SETDA LABLIPATEN PLIRBALINGGT\

Page 30: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IItIll{A$ $[IDA PIIIBAINGGA

SarnlrrFq:isslumnr LEGI,

I3 MARET 2OI5

Pqin@rHffiIkutPryyrban

ffi ffimrym€ ffiffi-$SKm€mffiffiffiffiker9ffiffiffi

PURBALINGGA, SATELru.POST-Bupa ti Purbatj ngga,Su kento Rido Marhaeridrian-to, mengatakan keselamatankerja para perajin akik dapatdijamin dengan nf;S fete-nagakerjaan. Syara tnya, parapera jin itu bergabung dJiampaguyuban dan terdata se-cara resmi.

"Sekarang kan ada pagu-yubannya, silahkan berga-bung. Nanti saya kapan wIk-fu a.k.1n bertemu dnegan per-wakilan paguyuban yangdipimpin Mas Jojo. Say,.1 ft3irap semua perajin bisa ber-gabung sehingga keselama-tan kerja mereka terjamin,"ujarnva di Peringgitan Ru-mah Dinas Bupati,-usai me-Iakukan audiensi denganpara petugas dari BplS ke-tenagakerlaan dan Dinsos-nakertrans, Kamis p.:gi (12l5).

. Bupati berharap paguyu-ban dan Dinsosnai<.eririnsserta, Di nperindagkop maumemberi..pema haman agarpara perajin akik tetap meng-uta makan keselamatan kerja.Pertama, agar hati-hati me-nggunakan alat-alat ker;'a,Kedua ag;lr menggunakanperalatan yang standar danIulg k*_tig1 uniuk bergabungdala m BPJS Ketenaga-kerjaaimelaluj kepesertaan pagu-vuDan.

"Karetra untuk pekerja nonformal bisa terCover BpJSKeten-agaker.jaan hanya jikaterdaftar dala m paguyuban,',ularnya.

Bupati berencana akan me-lakukan audiensi denganpaguyuban peraiin akik -da-

lam waktu dekai. Harapan-nya, dengan semakin banyakperaf in akik yang bergabung,akan semakin bahyaliperaji"na kik yang terjam in keJela ma-tan ker;anya-

Sore harinya, Bupati Su-kento berkunlr-rng ke rumahd u ka Supriyal rto, perajin akikyang meninggal karena ke-

l? Sekarang kan adapaguyubannya, silahkan bergabung.

Nanti saya kapan waktu akanbertemu dnegan perwakilan

paguyuban yang dipimpin Mas Jojo.Saya harap semua perajin bisa

bergabung sehingga keselamatankerja mereka terjamin. ??

SUKENTO RIDOMARHAENDRIANTO

Bupati Purbalingga

celakaan kerja akibat gerindapecah bcberapa wakiu laju.Bupati Sukento iuga melihatlangsu ng peral a tan"pen gasahakik milik korban.-Istri kor-ban, Tuti menuturkan pera-latan gerinda penghalus akikmilik suaminya itu memangbuatan sendiri.

"Kalau dilihat, peralatanmilik korban meming tidakstandar. Dan ini sangat ber-bahaya," ujar Bupafi Sikento.Kemarin, Bupiti Sukentoiuga menyerahkan sejumlahuang duka kepada isiri kor-ba n. ([email protected])

BAGIAN HUMAS SETDA IIABL1PATEN PLTRBALINGGA

Page 31: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

KTIPINGMEDIABAOIAI{ IIWA$ $XMA PUNBAIilOOA

SarplrrPclsrJUMAT LEGI,

I3 MARET 20I5":ryY-

-Baru 69 Persen Naker.

Punya BPJSPURBALINGGA, SAIELIT-POST-Kepesertaan ten agakeria (naker), khususnya parapekeria atau buruh perusah-aan untuk masuk dalam ja-minan kecelakan kerja (JKK)baru mencapai 69 persen.Pengusaha diminta agar kar-yawannya diikutkan dalamjaminan tersebut.

"Agar terus ditingkatkanmencapai 100 persen," ujar

BLrpati Purbal ingga SukentoRido Marhendrianto, di Pen-dapa Dipokusumo, Kamis(11/3) saat pertemuan de-ngan lalaran plmplnan ca-bang Badan Penyelenggaraja mfnan Keseiahteraan Sosial(BP]S) Ketenagakerjaan Pro-pinsi ]awa Tengair.-

Sukento juga meminta, ke-tika pekerja mengalami mu-sibah atau kecelakan keria,

dalam mengurus iaminansupayq dimudahkan. "sayaminia, ketika akal mengurusjaminan atau klaim tersebut,pekerja lebih dimudahkan,-"ujarnya... Kepala Dinas Sosial TenagaKerja Dan Transmigrasi (Din-sosnakertra ns) Kabu patenPurbalingga menutu'rkan,pihaknya tcrus nrengupa-yaKdn aga!- Kepeseridan peru-

sahan yang ada di Purbali-ngga untuk ikut JKK me-$ng]<at. imbauan itu jugaberlaku k6pada pemilikio[oyang mempekerjakan tena gakerfa.

"Kepesertaan BPIS Kete-nagakerjaan di Purbalingga .

yang baru 69 persen ma-s-ihmerupakarr tenaga kerja na-ker yang ada di perusaha-an,"ujarnya. (gus)

BAGIAN HIJMAS SETDA IIABLTPATEN PIIRBALINGGA

Page 32: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

SarelruFssr IJUMAT [EGt,i l3 MARLT 20t5

Sejumlah PengusahaA SOw&i

PURBALINGGA, SATEIJTPOST-Bu pa tiPurbalingga Sukento Riao tvlartraen-drianto menyambut bJik keinginan parapengusaha asal Korea untuk leSih banyakandil dalam pembangunan daerah. Halitu disampaikqn Bu!ati Sukento saatmenerima kunjungan para pengusahaKorea di ruang VIP Pringgitan rumahclinas Bupati, Kamis (12.r3).

Para pimpinan perusahaan Korea ihuterdid dari Kim Young Yool dan In ChiMo (PT Surg Chang Indonesia), Lee JuHyung (PT Sung Shim lnternational),Kim Hong Young PT Boyang Industrial,!an Ferry Anjar Winarto (PT Royal

Mereka menyampaikan adanya ren-cana iruta f'esar Korea untuk Indonesia(l-,:.-r'rg ke 7,,,'balingga pada akhir lVleiatar.r awal Juni mendalang. Selain itu,meleka juga menvampaikan seiumlah halterkait pengembangan usaha bulu matadan rambrrt palsu. Ierrnasuk keinginanpara pengusaha Korea untuk lebih bcr-peran*cialam pembangunan di Kabu-paten Purbalingga..'.- ll Hu rnt, **r,"?u*, *ui;,*..*; U#"t*komite atau forum pengusaha Korea agardapat lebilr sering berkumpul dan hir-

ptnP.$[tPu$a]in $ukemo$ido l\{arhadndrianio menblimakunjungan paiaoengusaha,Koiea.'di, ang VlP Pringgitan lrumair-dinap B'Upati, Karnis tl ?S).

disk',.si bagi kemajrran pembangunan diPurbaiingga. Bisa terdiri dari lima per-wakilan yang ada di sini atau denganyang lainnya," ujar In Chi Mo dari PTSung Chang Indonesia.

Dia mengakui, seiama ini ada perbe-daan pendapat antara pengusaha bloreadengan Pemkab Purba lingga. Kaienan j,a,ia berharap ada semacam forum yangmemungkinkan terjadinya disk usi anta rapengusaha dengan pihak oemkab."Mungkin bisa dilakukan diskusi se-bulan sekali untuk membicarakan ke-maiuan Purbalingga ini," ujarnya.

Bupati Sukento sangat mendukung ideforum diskusi itu. Bahkan Sukento inginadanya pengenalan berbagai keseniandari Purbalingga maupun Korea untr.ikditampilkil saat kegiatan forum diskusi.Sukento mengakui selarna ini pengusahaKorea sangat susah kalau diundang kePernftabi :'r:'= il'rrr :' ,

"Saya berharap pengusaha Koreadapat memindahkan status domisilipr'rusahaannya ke Purbalirrgga. Karenastafus domisilinya diJakarta, selama iniyang dapat pajak ya Pak Ahcrk, bukankita. Padahal aktifitas usahanva diPurbalingga, " ujar Bupati Sukenta.'(gus)

Page 33: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

KLIPINGMEDIA

BAffAI{ IIIIII{A$ $[IDA PI]RBAINOOA

Sarpltrp*,:rsuJUMAT LEGI,

I3 MARET 20I5

BNN Rangkul BinmasPURBALINGG"A', SATELITPOST-Ba-dan Narkotika Nasionai (BFIN) Prirba-linssa menvarnpaikall pcsan Pcirce-erfin dan i'emberantaiarr l'r'n1 alah-Eut uan dan Peredaran Celap Narkotika[n+CN1 pada Pelatiharr Fungsi BinmasPolres Purbalingga di Aula Loka Anin-dhita Mapolres Furbalingga, Kamis (12l3). Melalli jajaran Binmas di Pulsek disetiap kecam.rtan, diharaP\an I-rY?informasi antara masyarakat dan BNNbisa lebih optimal.

Kepala BNN Purbalingga, AKBP EdiSantosa, menqatakan, Indonesia mena r-getkan 100 ribu rehabilitasi penyalah-

[una Narkoba. Ulrtuk mencapa.i targeti-tu, peran Binmas yang kerap bersen-trrhan densan masvarakat dinilai amatpenting.'lVasyara (at bisa lebih m udahmeng,akses informasi dan iuga me-nya nipa ikan informasi terkait penyalah-qiLna narkoba," kata dia." Ia mengatakan, BNN Purbalingga

*? Mlasyarakat bisa lebih mudah mengaksesinforrnasi dan ji.lga menyarnpaikan informasi

terkait penyalahguna narkoba. ,?

AKBP EDI SANTOSAKepala BA/N P u rbalingga

yang wilayah kerjanya rneliputi Brebes,Banyuma.s, Purbalingga, dan Banjar-

AKP Purwanto, mengatakan, pelatihanrru merupakarr agenda rutin tiap bulanuntuk setiap fnngsi satuan tugas. PadapelatiJ.ran ini, tema bahasannya tentane!1!apan Pemilu kada Purbalingga 20151"Ma terinya anta ra la in tahaparipem i lu-kada, penanganan TI,TK'P, problemsolv i ng, bela d iri, pengaturan lalu I in tas,dan teknik ktrnjLrngan keluarga," kata-nya. (gan)

nega ra, d itarget mampu merehabi I itasi524 pecandu. Purbalingsa sendiri rlit:r-524 pecandu gga sendiri ditar-get sedikitnya 54 peiandu. ,,Untukmencapai target- ini, kita harap kerjasama berbagai pihak, salu di an[aranyaiaiaran Binmas Polres Purbalinsga ini "jalaran Binmas Purbalingga ini,"kata dia.

Kasat Binmas Polres Purbalingga,

BAGIAN I{UMAS SETDA KABLTPATEN PLTRBALINC,GA

Page 34: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN III][{A$ $[MA PIJIBAIINOGA

SerrulttF*::'s:l:JUMAT [EGI,

]3 MARET 2-C)I5

l'l: 11 r"

dL *., ..

iili;''::'......{Ds;

a..G;:J

SATELITPOST/RUDAL

KAPOLRES Purbalingga, AKBP Anom Setiadji SIK (bertopi) turut membantu proses pemindahan perlengkapanKota Purbalingga ke lokasi yang baru, Kamis (12l3).

w1layah," ujar dia.Sedangkan klinik kese-

hatan dan koperasi yanphakikatnya merupakan pe-lavanan internal polres,ditarik ke daiam. N4enu-rutnya, penarikan dua pe-lavanan ini ke dalam ber-tujuan rrrendekatkan pe-layanan bagi anggota pol-res. "Jadi untr.rk pelayananmasyarakat kita dorong ke1uar, sedangkan pelayananinternalkita tarik ke dalam.Muaranva satu, mendekat-kan peiayanan kepada mas-yarakat," kata dia. (gan)

t@ **4ll

:s:&:: t:;i;il;ui .,-&

;&1

:s.lIri::t:ffi

W

;.,. ffi.l;im.'

.E'$'-''

E#&IE

f;xtitsB;

#"d-

ll

,fr'

^#/.+ilil:::-

H:

,:F, B,v #€^

{@#r* ' aM#r sg

I

't

BAGIAN HLT\4AS SETDA KABLIPATEN PURBAI,I.NIGGA

Ennpat Sentra PelayananPolres Dirotasi

PURBALINGGA, SATE-LITPOST-Empat sentra pe-layanan Polres Purbalingga,Polsek Kota Purbalingga,Kl ir i k Kesehata n Psikologi,Koperasi Primkopol, danUnit Kecelakaan LalulintasSatlantas Polres Purbali-ngga, dirotasi, Kamis (12l3). Nlapolsek Kota akandipindah ke klinik, klinikakan digeser ke koperasi,koperasi ditarik ke kantorlakalantas, dan lakalantasakan berkantor di bekasmapolsek kota setempat.

Kepala Polres Purba,

lingga, AKBPAnom SetiadjiSIK, mengatakan, rotasidilakukan agar pelayananmasyarakat lebih maksimal.Menurut eks Kapoisek Ta-nah Abang ini, lakalantasyang hanya beranggotakandeJapan orang clan satukendaraan dinas akan lebihiepat jika ditempatkan dimapolsek kota. Selain itu,iokasi eks mapolsek kota inijuga strategis karena beradadi perempatan jalanbesar ditengah kota. "Lakalantasmemeliki fungsi ke luar,karena itu untuk n'rende-

katkan pelayanan, kita do-rong ke luar," kata Anomkepada Satel i tPost, Kamis(12/3).

Sementara itu, lokasi ma-polsek kota yang baru jugasangat strategis karena de-kat dengan pusat kota, an-tara lain COR CoentoerD.rrjono dan Aiun-alun Pur-balingga. Selain itu, tem-patnya juga lebih luas se-hingga lebih memadai. "Lo-kasinya startegis, dekat de-ngan pusat keramaian, GOI{dan aiun-aiun, sehinggarlebih mutiirh pengenclalian

Page 35: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

KLIPINGIUEDIA

BAGIAI{ IITI[{A$ $E[DA PIJIBAINGGA

. 'fi&,"ffi3.r&rffi$&X? f ..rrr"t Lesi, 13 Maret 2015

Golkar Purbalinggalsyaratkan ke AgungPURBALINGGA - Disahkannya kepengurusan DPP Partai Golkarversi Munas Ancol di bawah komando Ag.r.g Laksono disikapijajaran pengurus partai berlambang pohon beringin tersebut ditingkat daerah. Sejumlah pengurus DPD Partai Golkar KabupatenPurbalingga mengisyaratkan akan merapat ke kubu Agrrg."Kebetu-lan Sabtu (74/3) kami ada acara dengan pak Agung diSemarang dalam kapasitas sebagai Ketua koigoio. Kami akanberkomunikasi untuk membahas nasib partai ke depan," kataWakil Sekretaris DPD Partai Golkar Purbalingga M Wachyono SH,Kamis (12l3).

Ketika disinggung apakah dengan demikian dia akanmendukung kepengurusan Golkar versi Munas Ancol, KetuaKosgoro Kabupaten Purbalingga tersebut mengatakan dia masihakan bersikap wait and see. Namun menurutnya partai memangharus diselamatkan. Pasalnya tahun ini Purbalingga akanmenggelar Pilkada. 'Jika terus berkonflik dan saling berebutkekuasaan partai terancam tak bisa ikut Pilkada," ungkapnya.

Saat ini jika menilik keputusan Menkumham, Munas VersiAncol yang menetapkan Agung Laksono sebagai Ketua UmumPartai Golkar memang memiliki kekuatan hukum yang mengikat.Kendati demikian kubu Aburizal' Bakrie masih belummengakuinya. "IGmi berharap konflik ini segera diakhiri. Karenabanyak tugas yang menunggu diantaranya pelaksanaan Pilkadaserentak di tahun 2015 di jateng," lanjutnya.

Ketika disinggung mengenai arah koalisi Partai GolkarPurbalingga di Pilkada tahun 2015, Wachyono mengatakanpartainya memang secara aturan tak bisa mencalonkan sendiripasangan Cabup dan Cawabup. Oleh karena itu pihaknya akanmelakukan koalisi.

"Colkar memiliki tujuh kursi di DPRD Purbalingga, berada diurutan kedua dibawah PDIP yang memiliki 11 kursi. Target realistiskami tentu mengincar posisi Wabup. Namun secara terperinci akankami bahas sepulang pertemuan dengan Agung Laksono,"tandasnya.

Sekretaris Kosgoro Purbalingga Sudharto SAg yang jugafungsionaris DPD Partai Golkar Purbalingga, menegaskan mautidak mau Partai Golkar harus mendukung kepengurusan MunasAncol. Pasalnya kepengurusan tersebut ying aia[ui pemerintah.Secara pribadi clia juga akan mendesak jajaran pengurus untuksegera berkoordinasi dengan kepengurusan Agung Laksono. "Kita;iapa merapat kesana,.' imbuhnya.lffi ST-sa

BAGIAN HIJMAS SETDA IiABLTPATEN PLTRBALINGGA

Page 36: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

wffiwasalt

ffiI"lx3xl,{ Mffiffiffsffi J, : J,Lq fi Uf,{A$ $[TDjt TLIRf;AI}tr#I}$

I

I

] -.lumat Legi, 13 Maret 2015

Smr*tnm ffimLayanan PG[resffiunhreL$r*ggm ffi[rctasiPURBALINGGA- Empat sentra pelayanan Polres Purbalingga,Polsek Kota Purbalingga, Klinik Kesehatan Psikologi, KoperasiPrimkopol dan Unit Kecelakaan Lalulintas Satlantas PolresPurbalingga, dirotasi, Kamis (1.2/3). Mapolsek Kota akan dipin-dah ke Klinik, Klinik akan digeser ke Koperasi, Koperasi ditarikke kantor Lakalantas, dan Lakaldntas akan berkantor di bekasMapolsek Kota.

Kepala Polres Purbalingga, AKBP Anom Setiadji SIK, me-ngatakan, rotasi dilakukan agar pelayanan masyarakat lebihmaksimal. Menurut eks Kapolsek Tanah Abang ini, Laka-lantas yang hanya beranggotakan delapan orang dan satukendaraan dinas akan lebih tepat jika ditempatkan di Ma-polsek Kota. Selain itu, lokasi eks Mapolsek Kota ini jugastrategis karena berada di perempatan jalan besar di tengahkota. "Lakalantas memeliki fungsi ke luar, karena itu untukmendekatkan pelayanan, kita dorong ke luar, " katanya,Kamis (22/3).

Sementara itu, lokasi Mapolsek Kota yang baru juga sa-ngat strategis karena dekat dengan Pusat kota, antara lainGOR Goentoer Darjono dan A1un-alun Purbalingga. Selainitu, tempatnya juga lebih luas sehingga lebih memadai."Lokasinya sta.iegls, dekat dengan pusat keramaian, GORdan alun-alun, sehingga lebih mudah pengendalian wila-yah," ujar dia. ri"ii

ST_Tj

PIND AHKAN PERLENGKAPAN : Kapolr es P urb aling gaAKBP Anont Setiadji memantau pemindahan perlengkapanMapolsek Kota yang kantornya dipindah. Empat sentrapelayanan dirotasi untuk meningkatkan pelayanan krpadamasyaraknt. iliit: Foto : foko Santoso-Tj

Page 37: Kliping Berita Tanggal 13 Maret 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN HII[{A$ $frIDA PIIIBAM{OOA

,,KEDAULATAN RAKYAT"

JUMAT LEGI, 13 MARET2015

(22 JUMADTLAVVAL 194S )

PerajinAkik Bisa DaPat BPJSPIIRBAL;INGGA (KR) - Keselamatan ker-

ja para perajin akik bisa dijamin dengan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)

Ketenagakerjaan. Syaratnya, para perajin

bergabung dalam paguyuban dan terdata se-

cara reslTl-I.

"sekarang sudah ada paguyrbannya. Jadi

silakan bergabung. Nanti saya kapan waktuakan berbemu dengan perwakilan paguyuban'

Saya harap semua perajin bisa bergabung se-

" hingga keselamatan kerja mereka terjamin,"tutur Bupati Drs Sukento Rido Marhaen-drianto MM, di Peringgitan Rumah Dinas

Bupati usai bertemu dengan petugas dari

BPJS Ketenagakerjaan dan Dinsosna-

kertrans, Kamis (1ZB).

Bupati berharap dinas-dinas terkait seperhi

Dinsosnakertrans dan Dinperindagkop men-

dampingi paguyuban untuk mengedukasipara perajin akik dalam mengutamakan kese-

lamatan ker{a. Pertam a, agat hati-hati'meng-gunakan alat-alat kerja, kedua agar menggu-

nakan peralatan yang standar dan yang keti-ga untuk bergabung dalam BPJS Ketenaga-

., kerjaan melalui kepesertaan paguyrban.'Xarena unhrk pekerja nonformal bisa menja-

r.di peserta BPJS Ketenagakerjaan hanya bila

terdaftar dalam paguyuban," ujarnya.Bupati berencana dalam waktu dekat akan

melakukan perbemuan dengan paguyuban pe-

rajin. Karena dengan semakin banyak perajin

akik yang bergabung akan semakin banyakperajin akik yang terjamin keselamatan ker-janya.

Usai bertemu dengan petugas BPJS, Bupati

Sukento berkunjung ke rumah duka al-

marhum Supriyanto, perajin akik yang

meninggal karena kecelakaan kerja akibatgerinda pecah beberapa waktu lalu. BupatiSukento juga melihat langsung peralatanpengasah akik milik korban. Istri korban, Thti

menuturkan peralatan gerinda penghalus

akik milik suaminya itu memang buatansendiri. 'Xalau dilihat, peralatan milik korban

memang tidak standar. Dan ini sangat berba-

haya," ujar Sukento.Saat ini Bupatijuga tengah memikirkan ke-

selamatan kerja para karyawa4i.PemkabPurbalingga yang berstatus Non-SK Bupati'

Karyawan Non-SK Bupati meliputi guru

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), guru

non-PNS di sekolah negeri dan sebagainyaju-ga perlu mendapatkan prioritas perhatian pe-

merintah. (RusFm

BAGL\\ HI-II\4AS SETDA KABLTPATEN PURBALI^I\C'GA