Kata pengantar · Web viewBUKU PANDUAN KPM UNISBA 201 8 1 BUKU PANDUAN KPM UNISBA 201 8 1 BUKU...

download Kata pengantar · Web viewBUKU PANDUAN KPM UNISBA 201 8 1 BUKU PANDUAN KPM UNISBA 201 8 1 BUKU PANDUAN KPM UNISBA 201 8 1 BUKU PANDUAN KPM UNISBA 201 8 1 BUKU PANDUAN KPM UNISBA 201

If you can't read please download the document

  • date post

    27-Jun-2019
  • Category

    Documents

  • view

    233
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of Kata pengantar · Web viewBUKU PANDUAN KPM UNISBA 201 8 1 BUKU PANDUAN KPM UNISBA 201 8 1 BUKU...

Kata pengantar

Bagian I

Identitas Universitas

Dalam bab ini:

Sejarah singkat

Identitas (Nama, Lambang, Bendera, Asas, Visi, Misi, dan Tujuan)

Yayasan Penyelenggara

Pimpinan Universitas Islam

Fakultas, Program Studi, Jurusan, Dekan, dan Bendera

Senat Unisba

U

niversitas Islam Bandung adalah sebuah universitas yang secara filosofis terkandung harapan melaksanakan ajaran Islam dalam arti yang seluas- luasnya, terutama dalam menyiapkan manusia Indonesia yang berpendidikan tinggi, bertanggung jawab terhadap bangsa, negara, dan umat manusia dalam rangka mencapai ridha Allah Swt.

Dalam bab ini anda dapat melihat mengenai sejarah singkat Unisba Identitas (Nama, Lambang, Bendera, Asas, Visi, Misi, dan Tujuan), Yayasan Penyelenggara, Pimpinan Universitas Islam, Fakultas, Program studi, Jurusan, Dekan, Bendera dan Senat Unisba.

Sejarah Singkat

Sekitar tahun 1957-1958, sejumlah tokoh umat Islam Jawa Barat bersama beberapa ulama dan zu'ama yang pada saat itu menjadi anggota Konstituante, melahirkan gagasan kaderisasi pimpinan umat yang faqih fiddin di masa mendatang. Gagasan ini diwujudkan pada tanggal 15 November 1958 dalam sebuah kesepakatan yang melahirkan Perguruan Islam Tinggi (PIT), yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) dan sekarang berganti menjadi Yayasan Unisba.

Secara filosofis, di balik semua itu terkandung harapan melaksanakan ajaran Islam dalam arti yang seluas-luasnya, terutama dalam menyiapkan manusia Indonesia yang berpendidikan tinggi, bertanggung jawab terhadap bangsa, negara, dan umat manusia dalam rangka mencapai ridla Allah SWT.

Untuk mewujudkan harapan di atas, didirikanlah Fakultas Syariah pada tahun 1958, kemudian Fakultas Ushuludin (sekarang Fakultas Dakwah) dan Fakultas Tarbiyah (sekarang Fakultas Tarbiyah & Keguruan) pada tahun 1961.

Kehadiran perguruan tinggi tersebut selaras dengan kebutuhan masyarakat Jawa Barat akan adanya perguruan tinggi yang bernafaskan Islam di tengah-tengah berdirinya berbagai perguruan tinggi dengan bermacam corak dan ragam pada waktu itu.

Pembentukan perguruan tinggi ini, didukung sepenuhnya oleh masyarakat Jawa Barat yang dituangkan dalam keputusan DPRD Propinsi Jawa Barat pada saat itu.

Untuk pertama kalinya, kegiatan perkuliahan diselenggarakan di Gedung Muslimin Jalan Palasari Nomor 9 Bandung. Kemudian pada tahun 1960 kegiatan akademik dipindahkan ke Jalan Pungkur (Jalan Abdul Muis) Nomor 73 Bandung. Selanjutnya, sejak tahun 1972 seluruh kegiatan universitas diselenggarakan di kampus baru Jalan Tamansari Bandung.

Kampus Tamansari dibangun secara bertahap di atas lahan seluas 10.808 m2 yang disediakan Pemerintah Daerah Kotamadya Bandung. Berbekal swadana dan swadaya kaum muslimin, didirikan bangunan-bangunan semi permanen untuk ruang kuliah dan kantor, perpustakaan dan fasilitas akademik lainnya, serta Masjid Al-Asya'ri dan aula serba guna.

Memperhatikan jumlah mahasiswa yang semakin bertambah dan program akademik semakin banyak, maka pada tahun 1980 dibangun kampus II di desa Ciburial Dago, sekitar tujuh kilometer dari Kampus Tamansari. Kampus II tersebut dibangun pada lahan sumbangan dari H. Amir Machmud, (Menteri dalam Negeri pada waktu itu). Melalui berbagai pertimbangan, terutama kelancaran transportasi, sejak tahun 1987 seluruh kegiatan akademik dan kemahasiswaan dipusatkan kembali di Kampus Jalan

Tamansari.

Pada tahun 1966 berdiri Fakultas Ekonomi dalam upaya merintis PIT menjadi universitas, tetapi fakultas ini tidak dapat bertahan lama.

Pada tahun 1969 PIT diganti menjadi Universitas Islam Bandung (Unisba) dan selanjutnya berturut-turut didirikan Fakultas Hukum (1971), Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (1972) sekarang Fakultas MIPA, Fakultas Psikologi (1973), Fakultas Teknik (1973), Fakultas Ekonomi (1979) sekarang Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Ilmu Komunikasi (1982). Pada tahun 1979, Fakultas Ekonomi dibuka kembali dengan Jurusan Manajemen dan Akuntansi, yang kemudian tahun 1986 dibuka Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Fakultas Ilmu Komunikasi merupakan pengembangan dari Akademik Cinematografi dan Perfilman yang didirikan tahun 1982 dengan tiga jurusan yaitu Ilmu Hubungan Masyarakat, Ilmu Penerangan, dan Ilmu Jurnalistik. Pada tahun 1972-1979, Unisba memiliki Akademi Bahasa Asing, namun karena semakin kurangnya peminat, program ini terpaksa dihentikan. Tahun 1979, atas saran Direktorat Perguruan Tinggi Swasta, beberapa program pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Muslimin bergabung dengan Unisba. Program pendidikan tersebut adalah Akademi Pimpinan Perusahaan dan Akademi Seketaris dan Manajemen yang kemudian diintegrasikan ke Fakultas Ekonomi, Akademi Teknik Manajemen Industri diintegrasikan ke Fakultas Teknik menjadi Jurusan Teknik dan Manajemen Industri. Sementara itu, pada tahun 1982 Akademi

Cinematografi dan Perfilman berkembang menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi dengan jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Ilmu Penerangan, dan Ilmu Jurnalistik.

Tahun akademik 1996 atau 1997 Fakultas Psikologi membuka Program Profesi Psikologi. Berdasarkan Keputusan

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 235/DIKTI/Kep/1998 tanggal 9 Juli 1998, Unisba membuka Program Pascasarjana Magister (S2) Ilmu Hukum, konsentrasi Hukum Islam dan Hukum Pidana.

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Islam Departemen Agama Nomor E/335/99 tanggal 20 Oktober 1999, dibuka Program Pascasarjana (S2) Ilmu Agama Islam Program Studi/Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam. Pada tanggal 27 Oktober 2004 Unisba membuka program studi pendidikan dokter berdasarkan SK Dikti Nomor: 4224/D/T/2004. Tahun 2006 dibuka program Magister Profesi Psikologi. Pada Bulan desember 2006, Program Pascasarjana UNISBA membuka program studi Doktor (S3) Ilmu Hukum, berdasarkan SK Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Depdiknas RI. Pada tahun 2006 Unisba melengkapi program studinya dengan berdirinya Farmasi di bawah Fakultas MIPA, dan tahun 2013 Prodi PG PAUD di bawah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Berbagai sarana dan prasarana belajar, praktek dan penelitian sebagai penunjang proses pendidikan di Unisba, disediakan secara lengkap, antara lain: laboratorium, perpustakaan, pusat pembinaan dan laboratorium bahasa, pusat pengolahan data, internet, serta berbagai pusat penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Unisba adalah salah satu Perguruan Tinggi yang telah memenangkan berbagai hibah kompetisi baik dari Diknas maupun Depag.

Unisba didukung oleh dosen-dosen yang sudah banyak memperoleh hibah kompetisi dibidang penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Diknas dan Depag. Serta dosen-dosen yang mempunyai kualifikasi akademik ratarata Magister.

Di samping itu, berbagal prestasi diraih para mahasiswa di antaranya; menjuarai MTQ Hafalan Hadits tingkat ASEAN, LKTI Beasiswa Djarum tingkat regional, MTQ Hafalan Al-Quran tingkat nasional, Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Nasional, dan Presentasi Terbaik Karya Ilmiah pada The 63rdAnnual Congress of the Japan Society of Obstetrics and Gynecology tingkat Internasional.

Identitas (Nama, Lambang, Bendera, Asas, Visi, Misi, dan Tujuan)

Nama

Universitas bernama Universitas Islam Bandung disingkat

UNISBA, dalam Bahasa Arab disebut Jamiah Bandung AlIslamiyyah dan dalam Bahasa Inggris disebut Bandung Islamic University.

Lambang

Lambang Unisba adalah gambar Kabah berwarna hitam berbentuk bujur sangkar, terdiri atas tiga bagian dengan susunan 3/16 bagian atas berwarna hitam, 1/16 bagian tengah berwarna putih, dan 12/16 bagian bawah berwarna hitam; dilingkari tulisan UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG, berwarna hitam.

Bendera

Bendera Unisba berukuran panjang berbanding lebar adalah 3 : 2 berwarna dasar biru ultra marine, ditengahnya terdapat bulatan putih bergambar lambang UNISBA.

Asas, Visi, Misi, dan Tujuan

Asas

Universitas Islam Bandung berasaskan Islam.

Visi

Menjadi Perguruan Tinggi Islam yang mandiri, maju, dan terkemuka di Asia.

Misi

1) Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, bertakwa, dan berakhlakul karimah sebagai mujahid, mujtahid, dan mujadid.

2) Melaksanakan penelitian yang menghasilkan pemikiran dan teori-teori baru bagi kemaslahatan umat.

3) Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan.

Tujuan

1) Menghasilkan insan terdidik yang berpotensi mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti) dan mujaddid (pembaharu).

2) Menghasilkan lulusan yang berakhlak karimah dan kompeten di bidang Iptek serta mempunyai jiwa kewirausahaan,

3) Menghasilkan temuan-temuan ilmiah dan menerapkannya untuk memperbaiki kesejahteraan umat manusia,

4) Menjadikan Unisba sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mampu menegakkan nilai-nilai Islam dan budaya Islami,

5) Membangun sistem manajemen perguruan tinggi yang berkarakter kewirausahaan, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Yayasan Penyelenggara

Badan Pengurus Yayasan

Universitas Islam Bandung

Periode 2019

Pembina

Ketua: Prof. Dr. H. Bagir Manan, SH., M.CL.

Wakil Ketua : Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si.

Sekretaris: H. Sulaeman Baihaki, SE.

Anggota: Prof. Dr. H. E. Saefullah W, SH., L.L.M.

H. Abdullah Cholil

Prof. Dr. H.M. Abdurrahman, MA.

Pengawas

Ketua : Dr. H. M. Faiz Mufidi, SH., MH.

Wakil Ketua : Aup Amrullah, SH.

Pengurus

Ketua Badan: Prof. Dr. K.H. Miftah Faridl

Wakil Ketua: H. Ramlan Sasmita, Drs., M.pd.I