Jenis2 Kelinci

download Jenis2 Kelinci

of 24

  • date post

    21-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    1.630
  • download

    5

Embed Size (px)

Transcript of Jenis2 Kelinci

Jenis - Jenis Kelinci

1

Sunday, November 16, 2008

Kelinci Raksasa ( Flemish Giant )Seperti embel2 di belakang namanya yaitu giant ( raksasa ), keistimewaan kelinci ini memang terletak pada bobotnya yang luar biasa. Sejarah dari kelinci ini sendiri kurang diketahui secara pasti. Namun banyak yang percaya bahwa kelinci ini merupakan keturunan dari kelinci liar Argentina. Hal ini berdasarkan dari catatan bahwa sebelum abad 16 dan 17 para pedagang dari Belanda membawa kelinci raksasa dari Argentina ke Eropa dan membudidayakannya. Catatan resmi dari jenis ini sendiri baru ada pada tahun 1860. Sebelum menyebar ke seluruh dunia seperti saat ini, awalnya kelinci flemish giant hanya dikembangkan di Inggris untuk memenuhi permintaan akan daging kelinci di negara tersebut. Hal ini pernah juga dilakukan di Indonesia dimana pada th.1981 pemerintah Belanda mendatangkan kelinci ini sebagai hadiah kepada Presiden Suharto untuk meningkatkan gizi masyarakat di pedesaan. Namun usaha ini gagal total. Ciri2 umum dari flemish giant adalah : Mempunyai badan yang panjang ( lebih dari 20 inch/50,8 cm utk yang dewasa), bertulang tebal, dan dada penuh berisi. Kepala lebar, telinga panjang dan tebal serta berdiri ( panjang telinga tidak kurang dari 6 inch/15 cm utk yang dewasa), serta mempunya kaki yang besar, panjang dan kokoh. Warna dari kelinci flemish giant yang diakui adalah hitam, biru, coklat kuning muda (fawn), abu2 terang, seperti pasir (sandy), abu2 besi (steel grey), dan putih. Jadi tidak ada kelinci flemish giant yang mempunyai warna broken ( 2 atau 3 warna dalam satu tubuh ). Berat minimal setelah dewasa adalah 6,3 kg, jadi semakin berat semakin bagus. Menurut catatan ada yang mencapai berat hingga 12 kg.

2

Wednesday, November 12, 2008

Lop ( Kelinci Bertelinga Jatuh )Sesuai dengan judul diatas, kelinci jenis lop mempunyai ciri2 telinga yg jatuh/menggantung ke bawah. Sepintas jika kita melihat fotonya kelinci ini akan terlihat seperti kambing. Ciri2 yang lain dari kelinci ini adalah memiliki badan yang kompak dan padat. Sekarang ini kita mengenal ada berbagai jenis dari kelinci lop, ini terjadi karena berbagai persilangan yang dilakukan oleh para breeder. Disini saya hanya akan menjelaskan jenis dari ras2 kelinci lop yang sudah terkenal dan diakui oleh berbagai asosiasi/organisasi kelinci di berbagai dunia saja.

English Lop, mungkin kelinci ini bisa dikatakan sebagai nenekmoyang dari semua jenis ras kelinci lop yang ada. Mengapa saya sebut demikian? Karena di dalam salah satu naskah kuno hierogliph mesir ditemukan gambar dari kelinci lop ini. Jadi bisa dibayangkan sudah berapa lama kelinci lucu ini ada bukan? English lop sebenarnya merupakan kelinci lokal dari daratan afrika, yaitu tepatnya dari Aljazair. Nama english lop sendiri diberikan oleh orang2 inggris setelah mereka mengembangkan jenis ini dan mengikutsertakannya dalam kontes. Ciri2 dari kelinci jenis ini adalah telinganya yang sangat panjang ( rekor dunia yang tercatat adalah 31,125 inci ) dan tipis. Berat dari kelinci jenis ini adalah 4-4,5 kg atau lebih.

French Lop, jenis ini pertama kali dikenal di Perancis sekitar tahun 1850an. Dipercayai merupakan hasil persilangan dari english lop dengan giant normande. Ciri2nya adalah mempunyai bentuk badan yang kuat, kepala bagian atas agak kotak dan menunduk, dan telinga yang tebal. Umur hidupnya antara 5-7 tahun. Berat dari jenis kelinci ini adalah 4,5-6 kg.

Holland Lop, sejarah kelinci ini berawal di Belanda pada tahun 1951 dari seorang peternak bernama Adrian de Cock. Merupan persilangan dari english lop, french lop, dan nederland dwarf. Pada tahun 1964 jenis kelinci ini mendapat pengakuan dari badan standarisasi di Belanda. Selanjutnya jenis kelinci ini disempurnakan lagi pada tahun 1970, yaitu untuk bobot badannya. Ciri2 kelinci ini adalah mempunyai kepala yang bulat, bermuka pesek, badan yang lebar, dada penuh, dan telinga pendek yang menggantung. Sekilas kelinci ini akan terlihat seperti anjing buldog dan sangat lucu sekali. Berat standarnya adalah 1,5 kg.

3

Mini Lop, dikenal juga dengan nama german lop. Sejarah dari kelinci ini masih menjadi perdebatan. Namun yang lebih dapat dipercaya mungkin adalah kelinci ini merupakan persilangan dari french lop, holland lop, dan chinchillia. Dikembangkan di Jerman pada tahun 1972. Ciri2 kelinci ini adalah muka lebar dan montok, telinga lebar, badan kompak. Umur hidupnya bisa mencapai 12 tahun. Berat standarnya adalah 2,7 kg. American Fuzzy Lop, merupakan persilangan dari holland lop dengan french anggora. Dikembangkan di Amerika dan pertama kali diperkenalkan dalam konvensi ARBA pada tahun 1985. Mendapat pengakuan dari ARBA sebagai ras baru pada tahun 1988. Ciri2 kelinci ini adalah muka yang pesek dan lebar, bulu woll yang lebat di tubuhnya, dan telinga pendek yang menggantung.

4

HOLLAND LOP ARBA STANDARD PERFECTION (Untuk Penilaian Kontes ARBA) The ARBA is widely accepted as the organization that sets the standards for various rabbit breeds. Most competitions in the United States use these standards in judging the quality of rabbit at a rabbit show. The table below will give the specific standards for the Holland Lops.y

Body 32 points Holland lops should be short and stocky. They should look massive. The shoulders and chest should be very wide, and should be almost as big as the hind quarters. However, they should not exceed the hind quarters. The hindquarters should be wide, and should round off very nicely . Holland Lops are to be muscular in appearance, but well balanced. A small simple dewlap is permitted in does.

Shoulders with good width

Shoulder lacking width. The correct body type will show a ratio of balance. The body should be twice the length of the head. Holland Lops - Body Faults Lacking depth throughout the body; long, low, or narrow shoulders; chopped, pinched or undercut hindquarters; flatness over the hips; large dewlap in does. Cut severely for long or narrow body

y

Head 24 points The holland lops head is to be massive. It should have good width. Holland Lops should have a very short muzzle. The eyes should sit deep. The head is high and close to the shoulders. The size of the head is to be in proportion to the size of the body. The Triangle. A triangle "imposed" on the face of Holland Lops can help determine if the width between the eyes is good or poor. You want the length of the horizontal leg of the triangle to be at least equal to the length of the vertical legs. The greater the length of the horizontal leg and the shorter the length of the vertical legs, the better. Head - Faults Pinched muzzle; narrowness between the eyes; head too small to balance with the body. Cut severely for narrow or long head. 5

y

Ears 10 points The ears should hang down vertically on both sides of the head from a prominent and properly positioned crown. The ears should be positioned close to the cheeks, and should open towards the face. When looking from the front, the outline of the ears and top of the head should lokk like a horseshoe. The ears should be thick,and wide with lots of fur. The ears should sit just behind the eyes and should be no longer more than 1" below the jaw. The size of the ear should balance with the size of the head and body. Ear - Faults Pointed, narrow, thin or folded ears; poor ear carriage or placement; ear length which does not balance with the size of the anima

y

Crown 8 points The crown should be a strongly defined ridge consisting of both cartilage and prominent, dense fur which appears to sit on top of the head and add to its massive appearance. The crown should wrap from just behind the top of the eye, up over the top of the head, and down just behind the tope of the other eye. Proper side to side width of the crown allows the ears to lop vertically and proper front to back width of the crown positions the ear just behind the eye and causes the ear to open fully and lay against the contour of the head and cheek. The overall impression of the crown is derived by sight and should balance with the size of its head. A good crown will be placed just behind and even with the eye. Crown - Faults Lack of strongly defined crown; narrow side to side or front to back width; crown not positioned just behind the eye.

y

Feet, Legs & Bone 10 points The legs are to be very stocky. Holland Lops should be a big boned animal. White toenails are preferred on broken lops, however they do not get disqualified for colored or mismatched toenails. Feet, Legs & Bones - Faults Colored or mismatched toenails on Broken patterned animals. Cut severely for long legs, narrow legs or fine bone.

y

FUR 7 points

y

Color / Markings 4 points

y

Condition 5 points

TOTAL POINTS 100 Points

6

Tuesday, October 28, 2008

Kelinci Berbulu Panjang (Anggora)Seperti telah saya singgung dalam postingan sebelumnya bahwa saya akan membahas jenis ras2 kelinci satu persatu. Untuk yang pertama saya akan membahas kelinci yang memiliki bulu panjang, yaitu Anggora (english, french, german, satin, giant) dan jersey wooly. Kelinci jenis ini memang sangat menggemaskan, karena penampilannya yang seperti boneka membuat banyak orang yang jatuh cinta. Asal mula kelinci ini tidak ada yang tahu pasti, banyak teori yang dikemukakan. Namun secara umum disepakati bahwa sejarah kelinci ini bermula pada abad ke 18 (sekitar tahun 1723). Kelinci ini ditemukan oleh para pelaut yang singgah di pelabuhan Turki bernama Angora (sekarang bernama Ankara) yang kemudian kelinci ini dikembangbiakan di Perancis. Dan dari Perancis inilah kemudian kelinci anggora menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Dalam perkembangannya, kelinci Anggora terbagi lagi menjadi beberapa ras yaitu English, French, German, Satin, dan Giant. Secara umum ci