Harian Borneo Tribune 26 Maret 2010

download Harian Borneo Tribune 26 Maret 2010

of 15

  • date post

    23-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    247
  • download

    9

Embed Size (px)

description

Harian Borneo Tribune 26 Maret 2010

Transcript of Harian Borneo Tribune 26 Maret 2010

  • cmyk

    cmyk

    HARGA ECERAN HARIAN BORNEO TRIBUNE - PONTIANAK,MEMPAWAH,DAN S INGKAWANG Rp 2.000 - SAMBAS Rp 2 .200 - LANDAK,SANGGAU,KETAPANG,SINTANG DAN PUTUSSIBAU Rp 2.500 -

    Ubah Dunia 1 Jam SajaAyo matikan lampu selama

    60 menit! Demikian pernyata-an beberapa artis yang me-nyampaikan kampanyenyamelalui televisi-televisi swas-ta di Indonesia. Timbul perta-nyaan, ada apa dibalik mema-tikan lampu selama 60 menit.Lebih herannya lagi, menga-pa hanya satu hari saja, yangdilaksanakan besok, Sabtu,

    I D E A L I S M E , K E B E R A G A M A N

    www.borneotribune.comHarga Eceran Rp. 2.000,-Harga Eceran Rp. 2.000,-Harga Eceran Rp. 2.000,-Harga Eceran Rp. 2.000,-Harga Eceran Rp. 2.000,-

    DA N K E B E R S A M A A N

    Alamat Redaksi: Jln Purnama Dalam No 2 - Pontianak 78121 - Telp: (0561) 767788 - Fax. (0561) 766103

    Borneo Tribune

    Mencapai 100 TahunPasien: Dok, bagaimana caranya saya bisa mencapai umur

    seratus tahun?Dokter: Gampang. Berhentilah makan hidangan yang enak-

    enak. Dan jangan lagi bergaul dengan gadis-gadis cantik.Pasien: Apakah dengan begitu saya akan berumur seratus

    tahun?Dokter: Tidak. Tapi akan kelihatan seperti itu.

    Suara Enggang

    Jumat, 26 M M M M Mararararareeeeettttt 20102010201020102010 10 Rabiul Akhir 1431 H - 11 Jie Gwee 2561

    Belakangan di beberapa me-dia tersiar kabar artis JuliaPerez ramai disebut masuk bursaPilkada Pacitan untuk periode20102015. Saat dikonfirmasi Ka-pan Lagi.com artis yang terkenaltampil seksi itu membenarkan danmenyatakan siap maju sekaligus me-mimpin Pacitan setelah mengklaimmendapat dukungan koalisi 8 partai.

    Keinginan Jupe dapat memimpintermotivasi untuk berbuat terbaikuntuk daerah asal usulnya, walau di-kenal berdarah Betawi, sejatinyadarah asli Jupe berasal dari Jawa

    BuahBibirRisalah Generasi Pak Sekerah di Rantau Panjang (8)

    A. Alexander MeringBorneo Tribune, Pontianak

    Perantau Pulau Garamyang Tahan Banting

    ....Ke Halaman - 2

    Julia Perez

    Merah PutihSambut Boediono

    Aulia MartiREDAKTUR BORNEO TRIBUNE

    Siap PimpinPacitan

    AndryBorneo Tribune, Pontianak

    Mari Tagih JanjiPolitik Wapres

    Hari ini, Jumat (26/3) WakilPresiden RI, Boediono didam-pingi Ibu Herawati Boedionobeserta rombongan melakukankunjungan kerja di ProvinsiKalbar selama dua hari.

    Kesempatan ini merupakanmomentum tepat bagi ma-syarakat Kalbar untuk me-nanggih sejumlah janji po-litik yang sempat dige-lorakan Wapres Boedionoketika berkampanye padapilpres 2009 lalu di Bor-neo Barat ini.

    Kala berkampanye,Cawapres Boediono yangberpasangan denganCapres Susilo BambangYudhoyono (SBY) sempat men-

    ....Ke Halaman - 2

    JIKA Sarbit dan Tiyap ada-lah generasi yang lahir di pulaugaram, Supandi adalah genera-si yang dilahirkan di tanahBorneo. Tapi mereka tetaplahorang Madura. Emha AinunNadjib sebagaimana dikutiphttp://maduracenter. word press.com, pernah mengungkapkanbahwa manusia Madura meru-pakan the most favorable peopleyang watak dan kepribadiannyapatut dipuji dan dikagumi de-ngan setulus hati. Belum lagidari aspek cara berbicaranya,

    27 Maret 2010 pada pukul 20.30?Pertanyaan ini pernah timbul ketika aku bertemu de-

    ngan salah seorang aktivis WWF di Yogyakarta, ketika ituia menyampaikan bahwa pemanasan global di negara kitakian memuncak, iklim dan cuaca yang sudah tidak menen-tu telah menandakan bahwa lapisan ozon telah bocor, tidakmampu lagi menakar kondisi panas bumi saat ini.

    Hal ini diakibatkan, bukan berarti karena bertambah-nya usia zaman yang semakin tua, namun prilaku manusia

    ....Ke Halaman - 2

    Tiga GedungPengadilanDiresmikan

    Tantra Nur AndiBorneo Tribune, Pontianak

    Ketua Mahkamah Agung(MA) RI, H. Harifin A. Tumpa,Kamis (25/3) meresmikan tigagedung pengadilan yaitu Peng-adilan Agama, PengadilanMiliter dan Pengadilan TataUsaha Negara.

    Usai meresmikan ketiga ge-dung tersebut, Harifin kembalimengingatkan pentingnya ke-adilan diciptakan oleh lemba-ga peradilan.

    Dikatakannya rasa keadil-an dapat saja dicapai tanpamelalui proses peradilan da-lam menyelesaikan perkara.Masalah sebenarnya tidakharus diselesaikan melaluiperadilan.Silahkan berda-mai jika dua belah pihak yangterlibat perkara mengingin-kan perdamaian tersebut.Bahkan MA akan mendorongpenyelesaian perkara dengan

    PT. ANZON AUTOPLAZAKantor Pusat : Jl. A. Yani No. 89 Telp. (0561) 734280, Sintang : Jl. MT. Haryono No. 89, Telp. (0565) 24222, Singkawang : Jl. A. Yani No. 8,Telp. (0562) 637000, Ketapang : Jl. Letjen Suprapto No. 88, Telp. (0534) 31841, Sampit : Jl. M.H. Arsad No. 9 Telp. (0531) 31558

    3000 cc

    z Tangguh Dimedan Beratz Hadiah langsung souvenir unik dan menarik setiap pembelian unit

    Syarat dan ketentuan berlaku

    DISKUSIKristianus Atok, Pendiri Yayasan Pangingu Binua (YPB) ketikaberdiskusi dan mendampingi warga Desa Rantau Panjang beberapatahun silam. YPB menjadikan Desa tersebut sebagai tempat studibagaimana hubungan etnik, terutama Dayak dan Madura terjalindengan cukup baik sampai saat ini. FOTO Paulus F/Dok YPB.

    Hari ini Wapres Boediono dansejumlah menteri datang, warga

    Kota Pontianak dihimbau pasangbendera merah putih.

    HentakunBorneo Tribune, Pontianak

    Jumat (26/3) hari ini, wargaKota Pontianak dihimbau pasangbendera merah putih selama dua

    mediasi. Sebab menyelesai-kan perkara dengan damaijauh lebih baik daripada me-nyelesaikan perkara melaluiperadilan, ujarnya.

    Ia mengatakan kalau dise-lesaikan di peradilan makaakan memakan waktu yangpanjang.

    Kalau perkara diselesaikandengan cepat pasti disangkaada apa-apanya. Sementarajika perkara diselesaikan de-ngan lama maka masyarakatsering menilai apa yang di-tunggu oleh hakim. Perkaracepat diselesaikan disalah-kan, lambat penyelesaiannyadipertanyakan. Inilah sulitkanhakim, tegasnya.

    Harifin mengingatkan agarpengadilan harus transparandalam menyelesaikan perka-ra. Jika ada biaya yang me-mang harus dikeluarkan olehorang yang memiliki perkaramaka biaya tersebut harus

    ....Ke Halaman - 2 janjikan solusi terkait sejum-lah persoalan di Kalbar. Seper-ti, persoalan Pelabuhan Sa-mudra II, masalah perbatasan,persoalan konversi Mita kegas, mengaspirasikan putraKalbar menjadi kepala BadanNasional Pengelola Perbatas-

    an (BNPP) dan se-terusnya.

    SebenarnyamasyarakatKalbar sudah

    bosan denganStatus kawasan khusus bagiperbatasan Kalimantan Baratdengan Malaysia terus menja-di pertanyaan yang tak jelasrealisasinya. Di era PresidenRI, Megawati dan Presiden RISusilo Bambang Yudhoyono(SBY) periode pertama, kawas-an semacam otorita khusus punpernah dijanjikan.

    Wapres Harusnya Datangdengan Realisasi Perbatasan

    Hairul MikradBorneo Tribune, Pontianak

    Kini di periode kedua ke-pimpinan SBY, seharusnya su-dah direalisasikan demi kehi-dupan dan pertumbuhan eko-nomi rakyat perbatasan sertaKalbar yang lebih maju.

    Seharus Wakil Presiden da-tang ke Kalbar ini sudah mem-bawa realisasi kawasan khususuntuk perbatasan, bukan lagimembawa janji-janji yang per-nah disampaikan pemerintahpusat dua periode sebelumnya,

    ....Ke Halaman - 2

    ....Ke Halaman - 2

    FOTO: Dokumen./Borneo TribuneSy. Abdulllah Alkadrie

    ....Ke Halaman - 2

    PERESMIAN GEDUNG PENGADILANKetua Mahkamah Agung RI, H. Harifin A. Tumpa, selain meresmikan kantor pengadilan juga penanaman pohon di sekitar halaman kompleks gedung pengadilan.FOTO Ulla Asri/Borneo Tribune

  • HARI ini Wakil Presiden RI, Boediono dijadwalkantiba di Kalimantan Barat. Pendamping SBY padaPilpres 2009 lalu ini datang dengan setumpukagenda yang telah direncanakan jauh sebelumnya.

    Sebagai tokoh politik dan tokoh pemerintahan,kehadiran Wapres Boediono tentu memiliki efekresonansi yang cukup tinggi. Bagi Kalbar, ini tentusatu kesempatan untuk membicarakan sejumlahagenda dan permasalahan yang menuntut perhatianpemerintah pusat kepada Wapres. Yang terang,kedatangan Wapres memberi peluang bagi daerahyang melakukan curah pendapat.

    Perbatasan, satu dari sekian isu yang kerapdisuarakan rakyat Kalimantan Barat namun belummemperoleh respon positif. Sejak era Presiden RI,Megawati dan Presiden RI Susilo BambangYudhoyono (SBY) periode pertama, kawasansemacam otorita khusus pun pernah dijanjikan.

    Rakyat Kalbar sangat berharap keseriusanapemerintah pusat untuk menata dan mengelolakawasan perbatasan secara sungguh-sungguh danmenyeluruh. Kawasan perbatasan bagi Kalbarmemang ibarat tambang emas ekonomi yang bisamembawa kemaslahatan bagi warganya. Hubungandagang antara Indonesia dan Malaysia di kawasanini, langsung atau tidak langsung, resmi atau tidakresmi, dirasakan banyak membantu roda ekonomi.

    Momentum kedatangan Wapres Boediono jugabisa dijadikan sebagai ajang evaluasi terhadap janji-janji politik yang sempat diapungkan oleh pasanganyang diusung oleh Partai Demokrat ini. Masih segardalam memori kolektif bangsa ini terhadap janjikampanye yang pernah mereka sampaikan. Kese-jahteraan rakyat, kepastian hukum dan perbaikansistem pemerintahan merupakan deretan janji yangmereka konkritkan dalam satu semboyan, Lanjut-kan!

    Melanjutkan janji kampanye ke dalam kerja-kerjakonkrit keseharian merupakan tanggung jawab dankewajiban seorang pemenang Pemilu. Rakyat telahmemberikan kepercayaan kepada pasngan SBY-Boediono dengan harapan nasib dan kehidupanmereka akan menjadi lebih baik. Kini giliran PakWapres mewujudkan janji-janji politiknya.

    Kedatangan Wapres Boediono sangat diharapkanmembawa angin segar bagi warga Kalbar terhadapperubahan dan perbaikan kehidupan. Berbagaiterpaan kabar miring dan dinamika politik yangkurang menguntungkan Wapres beberapa waktu laludiharap tidak mengimbas pada kunjungannya kaliini.

    Sebagai warga Kalbar kita tak sabar menantikabar gembira tentang sejumlah janji-janji yangsegera terealisasi. Kita tentu sangat tidak berharapkunjungan Wapres yang menghabiskan dana yangtidak sedikit dan