ETIKET PERGAULAN KELOMPOK 3

download ETIKET PERGAULAN KELOMPOK 3

of 17

  • date post

    12-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    346
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of ETIKET PERGAULAN KELOMPOK 3

KELOMPOK 31. 2. 3. 4. 5. 6. 7. DIANI PUTRI SANTOSO DITA EBSYAHRANI ERYNA NOERMALITASARI FARIDA FADLILAH HENI PRIHATININGSIH INNA QURYATI KARLINDA EKA P K7411046 K7411053 K7411062 K7411065 K7411075 K7411079 K7411083

ETIKA PERGAULAN PENGERTIANAturan sopan santun dan tata cara pergaulan yang baik antara sesama manusia. Etika mengajarkan kita memelihara hubungan baik, memikirkan kepentingan dan keinginan orang lain. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa kehadiran orang lain. Dan manusia dilahirkan sampai menjelang akhir hayat manusia selalu membutuhkan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Bertolak dari konteks sosial inilah manusia harus bergaul,sebab pergaulan merupakan mekanisme sosial yang harus dilalui manusia.Tanpa ini manusia belum lengkap menjalankan kehidupannya.Dengan kata lain manusia tidak dapat hidup sendiri,tetapi manusia harus bersatu.

DASAR DASAR ETIKET PERGAULANDasar - dasar etiket terdiri dari : 1. Bersikap sopan dan ramah kepada siapa saja. 2. Memberi perhatian kepada orang lain. 3. Berusaha selalu menjaga perasaan orang lain. 4. Bersikap ingin membantu. 5. Memiliki rasa toleransi yang tinggi. 6. Dapat menguasai diri, mengendalikan emosi dalam situasi apapun.

BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM ETIKET PERGAULAN1. Introspeksi

Sikap introspeksi penting sekali artinya sebab tanpa sikap ini kita bisa salah kaprah dan salah paham dalam menjalankan mekanisme pergaulan, bagaimana kita menyadari kekurangan diri kita, berterus terang terhadap kelemahan dan mencoba mengubah sikap itu sebaik mungkin agar pergaulan tetap harmonis. 2. Saling Memahami Perlu saling mengoreksi diri sendiri diantara sesama serta saling memahami. Memang sukar memahami orang lain, tetapi lebih sukar memahami diri sendiri. Itulah sebabnya sebelum memahami orang lain, ada baiknya memahami diri sendiri. Dengan demikian penilaian kita terhadap orang lain akan tetap objektif dan utuh.

E T I K A

P E R G A U L A N

3. Berjiwa besar dalam pergaulan kita akan menghadapi berbagai khararakter manusia dan permasalahan yang kompleks. Kita harus mampu menghadapi segala perbedaan yang ada dengan jiwa besar, yang akhirnya bisa menumbuhkan sikap tenggang rasa dan toleransi. 4. Saling mengisi dalam pergaulan kita harus saling mengisi, saling tukar dan saling menerima segala kelebihan dan kelemahan yang kita punyai. untuk itu dibutuhkan suatu kebersamaan.

Hal-hal yang berkaitan dengan sopan santun pergaulan, meliputi :Dalam pergaulan, sopan santun merupakan salah satu bagian yang penting dalam etiket pergaulan yang harus dipahami, dihayati dan diamalkan manusia. Yang harus diperhatikan adalah : 1. Perkenalan Adalah langkah pertama dalam pergaulan dalam ligkungan sosial. Untuk mengenal seseorang dapat menggunakan cara-cara seperti melalui perantara orang lain, langsung memperkenalkan diri sendiri, dan dengan surat (email, jejaring sosial). 2. Berjabat tangan Umumnya di kantor-kantor cara berjabat tangan dilakukan dengan menggunakan etiket barat. 3. Ucapan salam Ucapan salam dilakukan dengan sepenuh hati, perasaan yang tulus, wajah yang ceria. 4. Berfikir rasional objektif Pemecahan masalah dengan berpikir sistematis, rasional, tenang dan ditinjau dari berbagai sudut dengan lebih mengutamakan common sense dan jauhkan cara berpikir penuh emosi, statis, dan tidak sistematis.

5. Sikap duduk yang sopan Cara duduk :

a. Aturlah badan senyaman mungkin. b. Bagi wanita, jagalah lutut agar tetap rapat. c. Menyilangkan kaki-kaki karena capai duduk lurus, dapat dilakukan asal memperhatikan kesopanan. d. Hilangkan kebiasaan untuk menggetar-getarkan kaki, perbuatan ini menimbulkan sika angkuh dan tidak sopan. e. Kesopanan berjalan Bagi wanita berjalan denagn langkah pendek-pendek sesuai dengan panjang kaki, tidak terburu-buru, dan tidak membungkuk, atau miring ke kiri atau ke kanan, berjalan dengan wajar, tidak dibuat-buat sebagai penampilan seorang wanita yang feminim. f. Merokok jika anda merokok , merokoklah di tempat yang di sediakan dan usahakan tidak mengganggu kenyamanan orang lain.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pergaulan :1. Petunjuk sikap dalam pergaulan a. Sesuaikan diri anda dengan keadaan b. Keberanian penuh perhitungan c. Kesanggupan bila mendapat tugas harus selesai dengan baik d. Jangan suka menonjolkan diri untuk mendapat penghormatan walau telah berjasa e. Jangan memotong pembicaraan orang lain f. Jangan meludah disembarang tempat g. Jangan menguap di depan orang banyak Membina kelangsungan pergaulan a. Menolak tawaran dengan mengucap maaf b. Jangan terlalu egoistis c. Berilah pujian pada teman, jangan menanyakan hal-hal pribadi

2.

3.

Aspek-aspek dalam pergaulan a. Menjaga kebersamaan dan persatuan b. Menepati janji dan menjauhkan rasa curiga c. Tidak iri hati, tidak mencari-cari kesalahan d. Tidak mau dihina dan menghina 4. Aspek untuk dikenal a. Bahasa pada diri sendiri, murah sunyum b. Punya sifat bersahabat, penolong c. Baik hati, toleransi, sopan d. Bisa jadi pemimpin dan dipimpin e. Rendah hati, wajar (sesuai aturan, tidak berlebihan) 5. No-chalange Adalah sikap dan perbuatan yang dilatarbelakangi oleh kekuranganpengetahuan tentang etika, bersikap dan berperilaku, sehingga orang tersebut tidak mengerti bahwa perbuatanperbuatannya akan merugikan orang lain atau diri sendiri

ETIKET PERKENALANSuatu hubungan antar individu biasanya dimulai dengan suatu perkenalan, dan hal ini mungkin akan menjadi pertemuan pertama yang akan melahirkan 'First Image' dan hal ini akan mempengaruhi penilaian seseorang pada hubungan selanjutnya. Cara mengenalkan : a. Pada waktu mengenalkan orang, ucapkan namanya dengan jelas, dan apabila tidak terdengar jelas tanyakan sekali lagi. b. Tipe individu terdiri dari introvert dan extrovert oleh karena itu pada waktu mengenalkan seseorang berikan sedikit informasi mengenai orang tersebut c. Lakukan Personal Contact dengan cara sebagai berikut : Jabatlah tangannya dalam waktu 3 - 4 detik. - Pandanglah mata orang yang diperkenalkan pada anda. - Tersenyumlah. Tubuh sedikit dibungkukkan kedepan.

Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam suatu perkenalan :1. Orang yang lebih muda diperkenalkan kepada yang lebih tua. 2. Seorang pria diperkenalkan kepada wanita. 3. Wanita dikenalkan kepada pria, apabila pria itu orang yang perlu dihormati seperti : Kepala Negara, Menteri, Gubernur, Duta Besar, Ulama/Tokoh agama atau pria yang jauh lebih tua Lebih kurang 20 tahun. 4. Anda boleh mengenalkan diri terlebih dahulu apabila hal tersebut sekiranya diperlukan. 5. Hindari perkenalan ditempat yang ramai seperti : Jalan raya, pasar, lift, restoran, dsb.

ETIKET PERGAULAN DALAM ETIKET TIMUR DAN ETIKET BARATEtiket sangat dipengaruhi oleh adat istiadat ( tradisi ) dimana hal itupun dipengaruhi oleh budaya, kehidupan sosial, keadaan lingkungan, dsb. Jadi etiket setiap daerah tidak akan sama bahkan mungkin akan bertentangan seperti : 1. Sikap tangan ketika bersalaman. 2. Cara menatap mata sewaktu berjabat tangan. 3. Cara memberi sambutan. 4. Sikap tubuh ketika menerima sesuatu, misalnya : Menerima sesuatu dengan tangan kiri. Etiket bangsa sendiri merupakan hal yang harus anda ketahui, namun ada baiknya bila anda mengetahui etiket bangsa lain, sebab hal tersebut pasti akan bermanfaat bagi pergaulan anda, karena anda dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dimanapun berada.

Ciri seorang individu yang memiliki etiket pergaulan yang baik :a. Memiliki rasa percaya diri ketika menghadapi masyarakat dari tingkat manapun. b. Tingkah laku dan ucapannya selalu mempertimbangkan serta mencerminkan perhatian kepada orang lain. c. Bersikap sopan, ramah dan selalu menunjukkan sikap yang menyenangkan dan bersahabat dengan orang lain. d. Bisa menguasai diri sendiri dan selalu berusaha tidak menyinggung, mengganggu, menyakiti perasaan dan pikiran orang lain. e. Selalu berusaha tidak mengecewakan, membuat gusar apalagi membuat marah orang lain, walaupun diri sendiri dalam keadaan sedih, kesal, lelah ataupun jenuh.

Manfaat etiket pergaulan dalam kehidupan seorang manusia adalah :1. Membuat anda menjadi disegani, dihormati, disenangi orang lain. 2. Memudahkan hubungan baik anda dengan orang lain (Better Human Relation). 3. Memberi keyakinan pada diri sendiri dalam setiap situasi. 4. Menjadikan anda dapat memelihara suasana yang baik dalam berbagai lingkungan, baik itu lingkungan keluarga, pergaulan, dan tempat dimana anda bekerja.

NONTON DULU YAA

AKIBAT SALAH PERGAULAN