Efek diaspora dan migrasi sebagai ancaman perubahan

of 20/20
Efek Diaspora dan Migrasi Sebagai Ancaman Perubahan
  • date post

    10-Aug-2015
  • Category

    Documents

  • view

    612
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of Efek diaspora dan migrasi sebagai ancaman perubahan

  1. 1. Efek Diaspora dan MigrasiSebagai AncamanPerubahan
  2. 2. Diaspora berasal dari bahasa Yunani Kuno yangmengandung arti penyebaran atau penaburan benih.Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempatke tempat lainnya.Migrasi merupakan pergerakan atau mobilitas yang terarahatau sistematis dari sekelompok masyarakat dari suatutempat ke tempat yang lain. Artinya, migrasi atau diasporissecara substansial masalah sumber daya manusia yangmelibatkan seorang individu atau kelompok.
  3. 3. ContohPada abad ke -20 telah terjadi krisis pengungsi etnis besar-besaran, karena adanya peperangan dan bangkitnya pahamnasionalisme, fasisme, komunisme, dan juga rasisme. Hal ini jugamengakibatkan kehancuran ekonomi dan berbagai bencanaalam. Di awal abad ke-20 ini banyak pengungsi yangmeninggal dunia akibat kelaparan dan peperangan.Kebanyakan pengungsi berpindah ke bagian Eropa, Asia, danAfrika Utara.
  4. 4. Diaspora dan migrasi di IndonesiaBangsa Maluku yang melakukan perpindahan besar-besaranke Eropa pada tahun 1952 karena menolak bergabungdengan Indonesia. Selain itu banyak yang mengungsi karenaPerang Dunia II dan konflik bernuansa SARA pada tahun 1999-2003. Kini dapat dijumpai dalam jumlah besar di negara-negara Eropa baratseperti Belanda, Belgia, Perancis kemudian Portugal, AmerikaSerikat,Jerman dan beberapa negara lainnya.Permasalahan migrasi di Indonesia sudah merupakan skalabesar. Indonesia merupakan Negara ke-4 terbesar denganjumlah penduduk sekitar 226 juta jiwa. Dengan angkapertumbuhan 1,24 % setiap tahunnya atau sama dengan 2,8juta jiwa. Migrasi di Indonesia terjadi akibat adanya konflikdan ketenagakerjaan.
  5. 5. Diasporasi
  6. 6. Migrasi
  7. 7. Dampak dan Implikasipada permukimanDiaspora dan migrasi akan berdampak pada perekonomian,sosial, kebudayaan serta lingkungan pada suatu tempat.Dampak tersebut dapat berupa dampak yang positif maupundampak negatif tergantung dari masing-masing orang atauindividu didalamnya.
  8. 8. PerekonomianDiasporasi dan migrasi akan berdampak positif jika menjadikanperekonomian membaik secara kapital maupun nasiopnal.SosialAkan terbentuk kelompok minoritas dan bagi kalangan minoritas yang adadisuatu tempat yang baru akibat dari diasporasi dan migrasi akan timbulkesenjangan sosial berkaitan permasalahan berbau HAM.BudayaAkan timbul suatu usaha untuk mempertahankan eksistensi kebudayaanyang ada.LingkunganLingkungan merupakan dampak yang mutlak akan mengalami perubahanbaik fisik maupun non fisik.
  9. 9. Dampak Sosial untuk kalangan minoritas
  10. 10. Dari dampak lingkungan tersebut akan terbentuk PLACE and IDENTITYTempat dan identitas adalah dua terminologi kata yangmemiliki arti yang saling terkait satu sama lain.Tempat adalah bagian dari ruang sedangkan identitasmerupakan sebuah hal yang dapat membangun suatukarakter di suatu tempat.Tempat dan identitas seringkali disebut dengan karakterlingkungan, karakter perkotaan, atau karakter local.
  11. 11. Selain dapat memberikan ciri khas, identitas juga membuatorang yang ada didalamnya merasa memiliki control ataukendali dalam kehidupan. Perubahan yang ada di luarkendali di kehidupan globalisasi ini akan terasa lebih amandan berdaya dengan adanya suatu kekuatan identitas didalamnya.ContohKampung Betawi yang memiliki identitas kuat dengankebudayaan Betawinya memiliki daya yang kuat dalammelestarikan kebudayaan tradisional betawi yang merekamiliki di kehidupan yang terus berkembang ini.
  12. 12. Identitas tempat selama ini dikenalsebagai hasil dari kognisi (pemikiran)manusia terhadap tempat tinggal yangdilihatnya (Prohansky, 1983).Hal ini terlihat dari aktivitas yang ada,fasilitas, status sosial masyarakat dansuasana atau kondisi lingkungannya.
  13. 13. Etnis Cina di Surabaya
  14. 14. Kawasan wisata , Kuta - Bali
  15. 15. Kawasan Perkantoran Soedirman
  16. 16. Kawasan Elit, Pondok Indah
  17. 17. Terimakasih..