Draf Program Kerja Humas

download Draf Program Kerja Humas

of 22

  • date post

    12-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    386
  • download

    51

Embed Size (px)

description

HUMAS

Transcript of Draf Program Kerja Humas

LEMBAR PENGESAHANPROGRAM KERJA

WAKIL KEPALA MADRASAHURUSAN HUBUNGAN MASYARAKAT

(HUMAS)MAN PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMURTahun Pelajaran 2015/2016Kepala MAN Peureulak H. Syarifuddin, S.Pd.INIP. 19620802 199905 1 001Peureulak, ....................................Wakil Kepala MadrasahUrusan Hubungan Masyarakat,

Dra. MaryamahNIP. 19651215 199803 2 001

KATA PENGANTAR

Puji syukur hanyalah kepada Allah SWT. Yang senantiasa melimpahkan rahmat, taifiq hidayah-Nya kepada kita semua khususnya keluarga besar MAN Peureulak Kabupaten Aceh Timur sehingga Program Kerja Wakil Kepala Madrasah urusan Hubungan Masyarakat (Humas) ini dapat terwujud.

Program Kerja ini dibuat untuk dapat dijadikan pedoman penyelenggaraan pendidikan dalam proses hubungan yang sesuai dengan melalui musyawarah Tenaga Edukatif, Administratif, dan Komite Madrasah.

Sesuai dengan definisi tugas dan tanggung jawab yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Pada bagian B tentang Pelaksanaan Rencana, pointer 9 berisi Kerja Budaya dan Lingkungan Madrasah dan pointer 10 berisi Peran serta Masyarakat dan Kemitraan Madrasah.

Akhirnya ucapan terima kasih selayaknya disampaikan kepada semua pihak yang telah bekerja secara optimal dalam penyusunan Program Kerja ini. Semoga Allah SWT. Tetap memberikan petunjuk agar mutu pendidikan di MAN Peureulak Kabupaten Aceh Timur ini semakin meningkat sehingga dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dan bangsa melalui para out put dan out comes nya. Amin.

Peureulak, .....................................Wakil Kepala MadrasahUrusan Hubungan Masyarakat,Dra. Maryamah

NIP. 19651215 199803 2 001DAFTAR ISI

Halaman

Lembar Penetapan

iKata Pengantar

iiDaftar Isi

iiiBAB I PENDAHULUAN1.1 Dasar Pemikiran

1.2 Landasan Program

1.3 Tujuan dan sasaran Program

1.4 Ruang Lingkup Bidang Kerja Humas

BABIIPROFIL MADRASAH2.1 Identitas Madrasah

2.2 Visi, Misi dan Tujuan Madrasah

2.3 Prestasi yang pernah di capai sampai tahun 2012-2013

2.4 Keadaan Guru dan Karyawan

2.5 Kondisi Orang Tua Siswa

2.6 Daftar Guru dan Karyawan beserta tugasnya

2.7 Potensi di Lingkungan Madrasah yang diharapkan mendukung program Madrasah

BAB IIIINDIKATOR KEBERHASILAN INTELETUAL, EMOTIONAL,

SPIRITUAL, QOUTIENT DALAM UPAYA PENCAPAIAN

TARGET DARI VISI, MISI MADRASAH DAN BUDAYA

MADRASAH3.1 Indikator Emotional Qoutient

3.2 Spiritual Qoutient

3.3 Intelektual Qoutient

BAB IV PROGRAM KERJA HUMAS4.1 Target Bidang Humas

4.2 Program Kerja Humas

4.3 Rencana Kerja/Action Plan

BAB VRENCANA ANGGARAN BIAYA PROGRAM HUMAS

BABVIPENUTUP6.1 Kesimpulan

6.2 Penutup

LAMPIRAN LAMPIRAN

SK Kepala Madrasah tentang Pembagian Tugas Pokok dan Tambahan Tahun Pelajaran 2014/2015 Struktur Organigram Madrasah Struktur Organigram Komite Madrasah Program Kerja Komite Madrasah AD dan ART Komite Madrasah dllBAB IPENDAHULUAN1.1 Dasar Pemikiran

Dengan semakin kompleksnya manajemen Madrasah yang selalu berkembang dan padatnya kegiatan kepemimpinan di Madrasah, maka semakin banyak pula masalah-masalah yang perlu penanganan, dan melibatkan warga Madrasah, baik guru, orang tua, karyawan, siswa mapun pemerintah setempat sama-sama menyadari perlunya terobosan-terobosan yang positif agar mampu meningkatkan nilai jual Madrasah, meningkatnya kepercayaan masyarakat dan semakin kondusifnya kegiatan belajar mengajar sehingga akan menghasilkan lulusan yang baik dan bisa menempati perguruan-perguruan ternama seperti yang diharapkan oleh masyarakat.

Keterlibatan seluruh warga Madrasah Civitas keluarga besar MAN Peureulak Kabupaten Aceh Timur serta masyarakat yang peduli akan pendidikan, serta saling mengisi diantara kelebihan dan kekurangan yang ada akan menjadikan kegiatan proses belajar mengajar akan berlangsung dengan baik dan efektif, masyarakat merasa memiliki dan merasakan manfaat dengan adanya Madrasah yang berada dilingkungannya.

Dalam hal ini wakil kepala Madrasah sebagai perantara hubungan dengan masyarakat tidak mungkin dapat bekerja sendiri tanpa ada kerja sama dengan berbagai pihak, Humas menjadi unsur penyambung komunikasi dengan berbagai pihak dan berbagai kegiatan informasi-infirmasi yang berhubungan dengan kinerja guru, pembuatan perangkat guru, dengan orang tua siswa, dengan dinas instansi dan berbagai permasalahan yang dengan tepat bersama kepala Madrasah dan unsur pimpinan yang lain saling bekerja sama dalam menjalankan kepemimpinan di Madrasah.

Semua warga Madrasah, warga masyarakat dan tokoh-tokoh pemerintah daerah setempat selalu bekerja sama untuk kemajuan pendidikan di daerah tersebut, karena kita juga menyadari bahwa tidak semua peserta didik mampu untuk mencukupi kebutuhan Madrasah sehari-hari, buku, alat tulis dan buku-buku paket lain untuk belajar sehari-hari. Terobosan-terobosan baru, kerjasama dengan berbagai pihak dan menggali informasi-informasi untuk bea siswa, BKM maupun bantuan-bantuan lain. Sehingga bagi yang kurang mampu dapat terus bisa berMadrasah.

Bagaimanapun juga Madrasah tidak bisa terlepas dari lingkungan masyarakat dimana Madrasah tersebut berada, hubungan harus tetap dibina dengan baik, kultur dan budaya masyarakat tidak boleh bersinggungan. Bantuan dan silaturahmi dengan warga setempat, harus terus dibina, sumbangan dan santunan bagi masyarakat sekitar yang kurang mampu, adanya musibah, kematian dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya terus dibina sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh Madrasah.

Kerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat, Kepala Desa sangat diperlukan dan ditingkatkan lagi karena dengan kerjasama yang baik dan saling pengertian maka akan terciptanya kondisi yang tertib, keamanan terjaga dan situasi selalu kondusif karena masyarakat merasa ikut memiliki dan peduli dengan keberadaan Madrasah tersebut.

Bekerja sama dengan komite Madrasah untuk mencari solusi-solusi yang terbaik bagi peningkatan mutu pendidikan, menggalang dana, dan mencari terobosan-terobosan dana untuk menunjang program Madrasah yang telah dispakati bersama dalam rapat-rapat Komite, sehingga masyarakat tidak merasa terbebani dengan pembiayaan Madrasah dalam upaya peningkatan Madrasah yang berkualitas dan menghasilkan lulusan SDI yang dapat bersaing di era globalisasi.

Dengan Perguruan-perguruan tinggi kerjasama juga terus ditingkatkan agar mampu menambah wawasan yang luas bagi peserta didik, penempatan mahasiswa PPL dari perbagai perguruan tinggi, kunjungan-kunjungan ke Perguruan tinggi, penandatangan MoU saling pengertian merupakan bentuk kerjasama yang terus ditingkatkan sehingga mampu menciptakan generasi yang berpikir rasional dan ilmiah dalam kehidupn dimasyarakat nantinya.

1.2 Landasan Program

1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,2) Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 Tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil,3) Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,4) Peraturan Pemerintah RI Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, Dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/ Kota,5) Peraturan Pemerintah RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah,6) Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2010 tentang standar Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan,7) Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 135/U/2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan,8) Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah,9) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Organisasi Tata Kerja Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah,10) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22, 23, dan 24 tahun 2006 tentang Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, dan Petunjuk pelaksanaannya serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor Nomor 6 Tahun 2007 Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor No 24 Tahun 2006,11) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 22, dan 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Pelaksanannya, dan telah diubah dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nomor: 47 Tahun 2008;12) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 8 Tahun 2007 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan,13) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah,14) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Kepala Sekolah,15) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru,16) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 18 tahun 2007 Tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan,17) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan,18) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan,19) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana,20) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses,21) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 48 Tahun 2007 tentang Standar Pendanaan,22) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 50 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan oleh Pemerintah Daerah,23) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah,24) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 25 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah,25) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 26 Tahun 2008 Tentang Standar T