Cover Pedoman PPL 2013

6
PEDOMAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Transcript of Cover Pedoman PPL 2013

MATERI PEMBEKALAN

PEDOMAN

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGANUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

PUSAT PENGEMBANGAN PPL

LEMBAGA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PROFESIUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

TAHUN 2012/2013PRAKATA

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan Rahmat dan Karunianya, sehingga penyusunan revisi buku Pedoman PPL Unnes ini dapat diselesaikan. Penyempurnaan buku ini disesuaikan dengan adanya perubahan dibidang pendidikan, terutama disesuaikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan penyempurnaan pengelolaan PPL berbasis IT. Buku ini juga memuat suplemen sebagai pengayaan yang berkaitan dengan PPL, yaitu : 1) Pembelajaran PAIKEM, 2) Pendidikan Karakter Bangsa, 3) Pengembangan KTSP, 4) Tugas dan Peran Guru Sekolah, 5) Menejemen Sekolah, 6) Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran

Buku pedoman PPL ini telah ditetapkan Rektor melalui Peraturan Rektor Unnes Nomor Tahun 2011 tentang Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan bagi mahasiswa Program Kependidikan Universitas Negeri Semarang.

Buku ini tidak dapat diselesaikan dengan baik, tanpa bantuan berbagai pihak, untuk itu disampaikan terima kasih kepada:

1. Rektor Unnes yang telah memberikan dukungan terhadap penyusunan buku ini.

2. Tim penyusun yang dengan tekun dan bekerja keras menyelesaikan buku ini.

3. Pihak-pihak lain yang membantu terlaksananya penyusunan buku ini.

Semoga buku pedoman PPL ini berguna bagi mahasiswa yang menempuh PPL dan pihak-pihak lain yang terkait dalam pengelolaan PPL Unnes.

Semarang, 18 Maret 2012Pusat Pengembangan PPL

Kepala,

Drs. Masugino, M.Pd.

NIP 19520721 198012 1 001SAMBUTAN REKTORAssallamualaikum W W

Salam sejahtera bagi kita semua

Puji syukur selalu kita panjatkan kepada Ilahi, yang telah memberi rahmat, hidayah, inayah, serta bimbinganNya, sehingga semua kegiatan yang telah dirancang berjalan sesuai harapan.

Unnes salah satu fungsi utama adalah mendidik calon guru dan tenaga kependidikan yang profesional. Calon guru profesional dalam melaksanakan tugas profesi kependidikan mampu menunjukkan keprofesionalannya yang ditandai dengan penguasan kompetensi akademik kependidikan dan kompetensi penguasaan substansi dan atau bidang studi sesuai bidang ilmunya. Kompetensi calon guru dimaksud meliputi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Dalam rangka menyiapkan calon guru yang profesional, maka mahasiswa perlu melakukan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), sebagaimana diamanatkan dalam kurikulum.

Program PPL adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 kependidikan agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sehingga dapat memperoleh pengakuan tenaga pendidik profesional, yang mampu beradaptasi dan melaksanakan tugas profesi pendidik yang unggul, bermartabat, dan dibanggakan lembaga pendidikan pengguna, masyarakat dan bangsa Indonesia.

Agar penyelenggaraan kegiatan PPL berjalan dengan baik dan bersistem, diperlukan pedoman pelaksanaan PPL sebagai acuan pihak-pihak yang terkait dalam penyelenggaraan kegiatan PPL. Pedoman PPL perlu terus dievaluasi dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi dibidang kependidikan, maka saya menyambut baik perubahan atau revisi buku pedoman yang telah ada dengan mempertimbangkan kegiatan PPL di dalam dan luar kota serta pengelolaan PPL berbasis IT.

Dalam kesempatan ini saya sampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada:

(1) Dosen pembimbing dan guru pamong yang dengan ikhlas dan komitmen yang tinggi untuk melakukan bimbingan kepada mahasiswa PPL, (2) Pengelola PPL yang telah melakukan pengembangan PPL melalui perubahan dan revisi pedoman PPL tahun 2011, dan (3) Sekolah mitra yang memberi ijin dan dukungan pelaksanaan kegiatan PPL.

Dengan terbitnya buku pedoman PPL tahun 2011, saya berharap layanan dan pelaksanaan PPL semakin meningkat, dan pada gilirannya berdampak kepada peningkatan kualitas lulusan.

Wassalamualaikum WW

Rektor,

Prof. Dr. H. SUDIJONO SASTROATMOJO, M.Si

NIP 19520815 198203 1 007

DAFTAR ISIHALAMAN JUDUL ............................................................................................. iPRAKATA.. ii

SAMBUTAN REKTOR. iii

DAFTAR ISI... iv A. Peraturan Rektor Nomor Tahun 2011 tentang Pedoman PPL Unnes ............ 1B. Lampiran-lampiran ............................................................................................ 13 C. Suplemen ........................................................................................................... 621. Kode Etik Mahasiswa PPL Unnes .................................................................. 632. Implementasi Kurikulum 2013 ....................................................................... 683. Pengembangan Perangkat Pembelajaran ........................................................ 76

PAGE iv

_1082543275.doc