Cover Kania 29 Agustus 2014

download Cover Kania 29 Agustus 2014

of 10

description

COVER SKRIPSI

Transcript of Cover Kania 29 Agustus 2014

PERBANDINGAN ANTARA ALAT ORTODONTI LEPASAN DENGAN ALIGNER

STUDI PUSTAKA

SKRIPSI INI DIBUAT SEBAGAI KARYA TULIS ILMIAH PROGRAM SARJANA KEDOKTERAN GIGI STRATA 1

FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI

UNIVERSITAS TRISAKTI

KANIA KARLINDA

NPM : 04011103

UNIVERSITAS TRISAKTI

FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI

JAKARTA

2014

COMPARISON BETWEEN REMOVABLE ORTHODONTIC APPLIANCE AND ALIGNERLITERATURE REVIEW

THE PAPER IS WRITTEN TO ACHIEVE

THE BACHELOR IN DENTISTRY DEGREE

FACULTY OF DENTISTRY

TRISAKTI UNIVERSITY

KANIA KARLINDA

STUDENT REGISTERED NUMBER : 04011103

TRISAKTI UNIVERSITY

FACULTY OF DENTISTRY

JAKARTA

2014

PERBANDINGAN ANTARA ALAT ORTODONTI LEPASAN DENGAN ALIGNER

STUDI PUSTAKA

Skripsi ini telah diperiksa dan disetujui pada

Pembimbing Utama

Dr. Himawan Halim, DMD,MS, SpOrt

Modul

:605

Mata kuliah

:Ortodonti

PERBANDINGAN ANTARA ALAT ORTODONTI LEPASAN DENGAN ALIGNER

STUDI PUSTAKA

Skripsi ini telah diperiksa dan disetujui pada

Pembimbing Utama

Dr. Himawan Halim, DMD,MS, SpOrt

Modul

:605

Mata kuliah

:Ortodonti

PRAKATA

Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dengan berkat dan pertolongan-Nya saya dapat menyelesaikan skripsi ini dengan tepat waktu. Pembuatan skripsi ini adalah salah satu syarat untuk menyelesaikan tugas akhir di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, Jakarta.

Dalam penyusunan skripsi ini, banyak pihak yang turut membantu sehingga skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik. Untuk itu penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada:

1. Prof. Dr. drg. Tri Erri Astoeti, M.Kes selaku dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti yang telah memberikan kepercayaan serta kesempatan bagi saya untuk menjunjung ilmu kedokteran gigi difakultas yang dibinanya.

2. Dr. Himawan Halim, DMD, MS, SpOrt yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan skripsi ini, sehingga dengan bantuan, arahan dan nasehatnya saya menjadi lebih mengerti.

3. Para dosen pengajar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti yang telah membimbing dan mendidik penulis selama menjalani pendidikan.

4. Seluruh staf perpustakaan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti yang telah membantu penulis dalam menyediakan buku panduan untuk menyusun skripsi ini.

5. Orang tua saya : drg. Robert H. Dharma dan drg. Susianty I. Soetandy yang telah memberikan doa, semangat, serta dukungan moral dan finansial kepada penulis, juga kepada kakak saya Rosalyn Citta yang telah memberikan semangat kepada penulis selama menyusun skripsi ini.

6. Teman teman Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti angkatan 2011, khususnya Agnes Kentjana, Felita Clarissa, Felita Sucipto, Godelatia Jesslyn, Holie Gracia, Jessica Gozal, serta Tasya Dusemma yang telah membantu dan memberikan dukungan.7. Teman teman diluar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti angkatan 2011 yang telah memberikan dukungan moral dan bantuan dalam bentuk ilmu dan waktu dalam mewujudkan tercapainya tujuan pembuatan skripsi.Akhirnya semua saya kembalikan kepada Tuhan yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat- Nya saya dapat menyelesaikan pembuatan skripsi ini. Semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat pada perkembangan ilmu pengetahuan kedokteran gigi terutama di FKG Universitas Trisakti.

Jakarta, 24 Mei 2014

Kania Karlinda

DAFTAR ISIPRAKATA

vDAFTAR ISI

viiDAFTAR GAMBARviiiABSTRAK

ixBAB I. PENDAHULUAN1BAB II.TINJAUAN PUSTAKA :4

A.Teori Pergerakan Gigi5

1. Teori "Pressure Tension"5

2. Teori "Fluid Dynamic Mechanisms"7

3.Teori "Bone Bending" / "Piezoelectric"8

B. Alat Ortodonti Lepasan10

C. Komponen Alat Ortodonti Lepasan serta Mekanismenya11

1.Komponen Aktif12

2.Komponen Retentif16

3.Penjangkaran18

D.Sistem Aligner Invisalign19

E.Komponen Aligner Invisalign serta Mekanismenya24

1.Movement Attachment25

2.Retention Attachment26

3.Auxiliary Attachment26BAB III. PEMBAHASAN27BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN34DAFTAR PUSTAKA

35DAFTAR GAMBARHALAMAN

Gambar 1. Proyeksi teori Pressure Tension6Gambar 2. Perubahan selular teori Pressure Tension7

Gambar 3. Mekanisme teori Fluid Dynamic8

Gambar 4. Diagram teori Bone Bending9

Gambar 5. Komponen aktif alat ortodonti lepasan : S Spring13

Gambar 6. Komponen aktif alat ortodonti lepasan : Finger Spring14

Gambar 7. Labial Wire15

Gambar 8. Expansion Screw16

Gambar 9. Komponen retentif alat ortodonti lepasan : Cengkram Adam17

Gambar 10. Alat ortodonti lepasan dengan base plate akrilik19

Gambar 11. iTero Intra Oral Light Scanner23

Gambar 12. Simulasi software aligner23

Gambar 13. Aligner transparan Invisalign26ABSTRAK

Perawatan aktif ortodonti dimana diperlukan penggeseran posisi gigi geligi dalam lengkung rahang telah lama dicapai menggunakan alat ortodonti lepasan. Kemajuan teknologi dalam perkembangan praktik ortodonti melahirkan sistem aligner Invisalign transparan dimana rencana perawatan dapat dilakukan secara digital yang dapat disimpan, ditelaah, dan diubah melalui perangkat komputer dengan tampilan 3 dimensi. Keuntungan dalam penggunaan aligner transparan adalah kemudahan perawatan aktif ortodonti dimana dokter gigi tidak perlu melakukan penyesuaian manual seiring berjalannya perawatan layaknya alat ortodonti lepasan konvensional melainkan menentukan pergerakan gigi diawal perawatan secara digital 3 dimensi melalui perangkat komputer serta memiliki tampilan fisik alat yang lebih estetik yang dapat meningkatkan minat pasien dalam menggunakan alat tersebut sesuai jangka waktu yang ditentukan agar dapat menghasilkan hasil yang diinginkan. Studi pustaka ini bertujuan membuka wawasan tentang perkembangan teknologi dalam melakukan perawatan aktif ortodonti selain menggunakan alat ortodonti lepasan konvensional melalui literatur - literatur yang telah tersedia. Kata kunci : ortodonti, alat ortodonti lepasan konvensional, aligner, InvisalignABSTRACT

Removable orthodontic appliance has been used to move teeth from their original positions in arch line in active orthodontic treatment. Advances of technology in clinical orthodontics brings Invisalign aligner to the forefront of malposition teeth treatment where dentists can save, learn, and change the course of treatment digitally using computer and 3D imaging. Benefits of using clear aligner is the ability to easily adjust the end result of an active orthodontic treatment from the beginning using a computed 3D software where conventional removable orthodontic appliances need manual adjustment by a skilled orthodontist in each step of treatment. Clear aligner also increase patients interest in using the aligner as long as recommended due to its high esthetic value. This literature review aim is to broaden the readers knowledge about the advances of technology in active orthodontic treatment besides using conventional removable orthodontic appliance from past literatures.

Key words: orthodontics, conventional removable orthodontic appliance, aligner, Invisaligni