Contoh Proceeding

download Contoh Proceeding

of 22

  • date post

    30-Dec-2014
  • Category

    Documents

  • view

    741
  • download

    25

Embed Size (px)

description

untuk anda yang ingin mencoba buat proceeding, ini salah satu contohnya

Transcript of Contoh Proceeding

Directorate General of Cipta Karya Ministry of Public Works Republic of Indonesia

Proceeding Diskusi Teknis ke 3 Presentasi Laporan Akhir Konsultan Individu UIDP-USDRPJakarta, 31 Agustus 2009

Urban Institutional Development Program (UIDP) Management

Urban Sector Development Reform Program (USDRP) Loan IBRD 4786-IND PHRD Grant TF 053555-IND

KATA PENGANTARPuji syukur kehadirat Allah SWT atas ridhonya sehingga dapat terlaksana dan tersusunnya Laporan Proceeding Diskusi Teknis Komponen Urban Institutional Development Program ( UIDP ) USDRP ini. Diskusi teknis ini merupakan salah satu upaya CPMU yang diprakarsai oleh salah satu komponen USDRP yaitu Team UIDP Management, dalam rangka periodik antara Tim UIDP Management dengan para konsultan individu pendamping pemerintah daerah kota-kota peserta USDRP dalam melaksanakan agenda reformasi dasar perkotaan. Diskusi teknis ke 3 merupakan pemaparan dari hasil kerja konsultan individu bidang PBJ, PKD, GCB dalam pendampingan pelaksanaan agenda reformasi di kota kota USDRP. Diharapkan diskusi teknis ini menjadi suatu gambaran akan hasil pendampingan dari konsultan individu dan gambaran pencapian agenda reformasi di kota kota USDRP sehingga dapat menjadi acuan dalam pengambilan keputusan mendatang. Kami mengakui dalam pelaksanaan kegiatan dan penyajian laporan ini masih belum sepenuhnya sempurna, namun kami telah berupaya semaksimal mungkin dan kami harap laporan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pihak-pihak yang berkait. Semoga Laporan Proceeding Diskusi Teknis Komponen Urban Institutional Development Program Management (UIDP) tahun 2009 USDRP ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan yang terkait dan yang berkepentingan.

Jakarta,...........2009 Penyusun

i

DAFTAR ISIKata pengantar Daftar Isi.. I PENDAHULUAN I.1 Latar Belakang. I.2 Tujuan. I.3 Ruang Lingkup Pembahasan. I.4 Hasil yang Diharapkan. I.5 Peserta I.6 Waktu dan Pelaksanaan.. II PELAKSANAAN DISKUSI TEKNIS. II.1 Sesi Pembukaan.. II.1.1 Pembukaan oleh PPK.. II.1.2 Pengantar Diskusi.. II.2 Sesi II Diskusi Kelompok per Kota.. 2.2.a Kelompok A:. 1. Kota Cimahi 2. Kabupaten Barru .. 3. Kota Pare-Pare.. 2.2.b Kelompok B:. 4. Kota Palopo. 5. Kabupaten Sidenreng Rappang 6. Kabupaten Parigi Mountong 7. Kota Palangkaraya II.3 Sesi Pembahasan Kesimpulan dan Presentasi II.4 Sesi Penutup III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI III.1 Kesimpulan. III.2 Rekomendasi.. Lampiran: 1 Undangan Diskusi Teknis ke 3, Presentasi Laporan Akhir Konsultan PendampingUIDP UIDP

i ii 1 1 2 3 4 4 5 6 6 6 6 6 7 7 8 9 11 10 12 13 14 16 17 15 19 19

2 Daftar Hadir Diskusi Teknis 3, Presentasi Laporan Akhir Konsultan Pendamping 3 Materi Presentasi Diskusi Teknis ke 3, Presentasi Laporan Akhir KonsultanPendamping UIDP 4 Dokumentasi Diskusi Teknis ke 3, Presentasi Laporan Akhir Konsultan Pendamping UIDP

ii

Proceding Diskusi Teknis ke-3 Komponen UIDP Jakarta 31 Agustus 2009

BAB I PENDAHULUANI.1 Latar BelakangUrban Sector Development Reform Project (USDRP) merupakan program yang diinisiasi oleh Pemerintah Indonesia dan dibantu oleh Bank Dunia yang memiliki tujuan memfasilitasi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kemandirian daerah dalam penyelenggaraan pembangunan kawasan perkotaan yang layak huni, berkeadilan sosial, berbudaya, produktif dan berkelanjutan serta saling memperkuat dalam mendukung keseimbangan pengembangan wilayah. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka USDRP memiliki dua komponen yang diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah dalam mencapai tujuan proyek. Komponen tersebut adalah; Komponen A : Perubahan Tata Pemerintahan Dasar; dan Komponen B : Investasi Infrastruktur Perkotaan. Peserta USDRP saat ini terdiri dari 7 (tujuh)Pemerintah Daerah, yaitu, Kota Cimahi, Kota Palangkaraya, Kota Palopo, Kota Parepare, Kabupaten Sidenreng Rappang, Kabupaten Barru dan Kabupaten Parigi Moutong. Sejak tahun 2007, beberapa Pemerintah Daerah telah memulai pelaksanaan pembangunan prasarana yang merupakan bagian dari komponen investasi pembangunan perkotaan. Di sisi lain kemajuan pelaksanaan agenda reformasi di berbagai daerah cukup beragam. Secara umum, Pemerintah Kabupaten/Kota belum mencapai target yang dikehendaki dalam pelaksanaan agenda reformasi. Walau tidak bisa dipungkiri terdapat usaha - usaha beberapa Pemerintah Daerah untuk memulai pelaksanaan reformasi tata Pemerintahan atas inisiatif sendiri atau pun bantuan pihak lain. USDRP selama ini berkontribusi dalam pengenalan-pengenalan inisiatif tata pemerintahan kepada Pemerintah Daerah melalui pengadaan pelatihan, workshop dan lain sebagainya. Pelaksanaan komponen A terangkum dalam sebuah paket program yang bernama Urban Institutional Development Program (UIDP). Program ini terdiri dari beberapa kegiatan yang bertujuan meningkatkan kapasitas pemda dalam pelaksanaan agenda reformasi dan manajemen perkotaan. Sebagai bentuk fasilitasi kepada Pemerintah Daerah dan usaha meningkatkan pelaksanaan agenda reformasi, maka CPMU USDRP mengadakan penempatan Konsultan Individu guna meningkatkan pencapaian agenda reformasi di masing-masing daerah. Saat ini jumlah konsultan pendamping adalah sebanyak 26 (duapuluh enam) orang untuk ditempatkan di 7 Kabupaten/Kota peserta USDRP dengan 4 bidang reformasi yang ditangani, yaitu Pengelolaan Keuangan Daerah (PKD), Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), Transparansi Partisipasi dan Akuntabilitas (TPA), dan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan (GCB).Kegiatan ini merupakan bagian tidak terpisahkan dari program UIDP.

1

Proceding Diskusi Teknis ke-3 Komponen UIDP Jakarta 31 Agustus 2009

Dalam hal ini diperlukan suatu system pengawasan kinerja masing masing konsultan individu pengawasan dilakukan oleh pihak UIDP. Pada kegiatan Rapat Diskusi Teknis ke 3 Komponen UIDP-USDRP yang diselengarakan oleh CPMU dan diprakarsai oleh UIDP Manajemen pada tanggal 31 Agustus 2009 merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang telah diselenggarakan pada bulan agustus 2008 ( lihat : lampiran 1 : Undangan Diskusi teknis ke 3 komponen UIDP ). Pada kegiatan sebelumnya merupakan evaluasi Pihak CPMU, PPK, World Bank dan UIDP Manajemen terhadap kinerja Konsultan Individu yang berada di kota kota USDRP pada mas akhir tugasnya,sepert hal hal sbb : 1. Kemajuan agenda reformasi ditiap tiap kota peserta USDRP. 2. Kemajuan/Realisasi yang telah dicapai oleh masing masing Konsultan Individu sesuai dengan bidangnya pada masa akhir tugas. 3. Pengalian permasalahan yang ada dalam pelaksanaan percepatan agenda reformasi sehingga menjadi suatu bahan acuan bagi pihak UIDP Manajemen untuk mengambil langkah langkah / solusi yang diperlukan. 4. Penilaian/evaluasi akhir atas kinerja masing masing konsultan individu bidang PBJ, PKD dan GCB.

I.2 TujuanBerdasarkan hasil dari analisis dan evaluasi terhadap kegiatan yang sebelumnya banyak ditemukannya permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan yang antara lain ; Kurang tercapainya sasaran agenda reformasi dari masing masing kota peserta USDRP. Kurang adanya kedisplinan dari masing masing Konsultan Individu dalam pelengkapan dokumen administrasi. Penyeselasian permasalahan di administrasi. Tujuan kegiatan Diskusi Teknis sebagai berikut : 1. Sebagai bentuk pemaparan dari hasil kerja konsultan Individu selama tugas dalam mendorong pelaksanaan agenda reformasi di daerah. 2. Sebagai gambaran dalam pengambilan keputusan mendatang oleh pihak pihak yang terkait. 3. Dapat terselesaikan masalah-masalah yang ada dari masing masing individu konsultan dari segi kegiatan, pencapaian hasil dari agenda reformasi maupun masalah administratif.

2

Proceding Diskusi Teknis ke-3 Komponen UIDP Jakarta 31 Agustus 2009

I.3 Ruang Lingkup PembahasanDalam rapat Diskusi Teknis, beberapa hal yang akan menjadi pembahasan adalah sebagai berikut : 1. Pembukaan dilakukan oleh Bapak Hadi Sucahyono,PPK Jakstra Direktorat Bina Program , Departemen Pekerjaan Umum. 2. Pengantar diskusi diberikan oleh Team Leader konsultan UIDP Management 3. Diskusi teknis per Kota tersebut dilaksanakan pembahasan sbb: a. Laporan kegiatan konsultan individu (rencana kerja, proses dan pelaksanaan). b. Laporan kemajuan pencapaian Pemda dalam agenda reformasi. 4. Kesimpulan dari Diskusi Teknis Komponen UIDP disampaikan oleh bapak Hendropranoto Suselo (Team Leader UIDP Manajement). 5. Penutup oleh Bapak Ir Hadi Sucahyono, PPK Jakstra.

I.4 Hasil yang DiharapkanDalam pelaksanaan Diskusi teknis diharapkan sbb: 1. Konsultan Individu memaparkan perkembangan pelaksanaan dan pendampingan dari agenda reformasi di daerah. 2. Hasil dari pemutakhiran agenda reformasi dari masing-masing daerah peserta USDRP. 3. Terdapatnya gambaran agenda reformasi terakhir di kota kota USDRP.

3

Proceding Diskusi Teknis ke-3 Komponen UIDP Jakarta 31 Agustus 2009

I.5 PesertaDalam Acara ini hadir pihak pelaksana proyek USDRP diantaranya adalah: No Peserta Jumlah 1 2 3 4 5 6 7 8 CPMU USDRP 5 orang PPK Kebijakan dan Strategi, Direktorat Bina Program 3 orang DJCK. Konsultan MTAS 4 orang Konsultan UIDP Management & staff 7 orang World Bank 3 orang Konsultan Pendamping UIDP Bidang Reformasi PBJ Konsultan Pendamping UIDP Bidang Reformasi PKD 7 orang 7 orang

Konsultan Pendamping UIDP Bidang Pengembangan 7 orang Kapasitas Kelembagaan 43 orang

Jumlah

Dalam Rapat Diskusi Teknis tersebut, semua konsultan individu memaparkan hasil pelaksanaan dan pendampingan agenda reformasi di daerah masing masing. Terlampir dalam lampiran 2 : Daftar hadir peserta diskusi teknis ke 3 Komponen UIDP.

4

Proceding Diskusi Teknis ke-3 Komponen UIDP Jakarta 31 Agustus 2009

I.6 Waktu dan PelaksanaanTempat dan waktu penyelenggaraan Diskusi Teknis : Tempat : Ruang Rajawali I Hotel Ambhara lt.1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Waktu : 1 (Satu) hari ,Senin, 31 Agustus 2009 Jam Moderator Pembicara Notulen Hadi ------09.00-09.30 Pembukaan Sucahyono/PPK Jakstra Presentasi d