bulaksumur pos edisi 188

download bulaksumur pos edisi 188

of 8

  • date post

    14-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    222
  • download

    5

Embed Size (px)

description

Media Komunitas Gadjah Mada

Transcript of bulaksumur pos edisi 188

  • Selasa, 3 Mei 2011 EDISI 188www.bulaksumurugm.com

    Fokus Ensiklopedia Bicara JogjaSepeda Kampus... Toga... Nama Jalan...

    Kelangkaan clean energy atau salah satu tim pencetus program studi kendala bagi PSE. Ditambah adanya energi bersih di Indonesia belakangan ini TMEB. Dalam bidang manajerial, pengetatan penambahan program studi menjadi isu yang sering dibicarakan. Hal mahasiswa diharapkan dapat menjadi baru. Hal ini dikarenakan UGM ini pula yang melatarbelakangi pendirian manajer profesional dalam perusahaan merupakan salah satu universitas yang program studi baru oleh PSE. Selama ini, berbasis energi. Sedangkan bidang memiliki program studi terbanyak di tak banyak profesional yang menekuni teknologi lebih menekankan aspek Indonesia.bidang energi bersih secara spesifik. teknis. Misalnya mengelola bahan baru Meski begitu, PSE tetap gencar Program studi TMEB diharapkan menjadi dan terbarukan serta mengolah bahan melakukan upaya pendirian program salah satu solusi untuk mengoptimalkan baku konvensional dengan menggunakan studi TMEB. Berbagai usaha dilakukan sumber daya alam dan manusia terkait teknologi yang bersih. seperti mengadakan berbagai seminar. dengan energi bersih. Karna juga optimis bahwa program Seminar ini sebagai salah satu upaya

    studi TMEB memiliki peluang kerja yang untuk mendengarkan tanggapan Lebih spesifik terbuka lebar. Tentunya mereka stakeholder tentang pendirian program

    Isu lingkungan menjadi salah satu (mahasiswa TMEB,-Red) bisa bersaing studi TMEB. Akhirnya, pihak pascasarjana pemikiran yang mendasari pentingnya menjadi manajer handal. Karena mulai membuka pintu bagi PSE. Kalau kajian perkuliahan mengenai energi memang kita arahkan terutama ke sana kita ingin mendirikan prodi (program bersih. Ketika kita bicara energi, maka (manajemen, -Red), ungkap Karna yang studi,-Red) dari bawah itu sulit. Tapi tidak lepas dari lingkungan, jelas Prof juga menjabat sebagai manajer Biofuel, kalau ada petinggi negara yang Arief Budiman D Eng, Koordinator Katalis, dan Energi Hidrogen. memberikan rekomendasi, akan cepat, Pengembangan Energi Tidak Terbarukan jelas Karna.dan Pengembangan Software. Menurut Ide sejak lama PSE merencanakan program studi Arif, energi dan teknologi akan Sebenarnya, ide mendirikan TMEB ini paling cepat dibuka pada 2012, berdampak pada lingkungan jika tak program studi ini telah lama mengingat tahun ajaran baru tinggal dikelola secara bersih. Oleh karena itu, direncanakan tapi tak kunjung beberapa bulan lagi. Selain itu, hingga perlu adanya kurikulum tentang terealisasi. Ketika isu energi menjadi kini belum ada perizinan resmi dari pengelolaan energi secara bersih agar marak, PSE berpikir kembali untuk rektorat. Tapi paling tidak, semua tercipta keseimbangan antara pasokan segera membentuk program studi ini. persyaratan tahun ini sudah selesai. dan kebutuhan. Selain itu, pemahaman Isu-isu itulah yang mengingatkan bahwa Harapannya awal atau akhir tahun depan akan energi bersih dapat mencegah dulu kita pernah punya wacana seperti sudah bisa publikasi atau promosi ke timbulnya masalah lingkungan yang itu (pembentukan program studi,-Red), mahasiswa, tahun ajaran 2012 nanti bisa baru. tutur Karna. dimulai, tutup Arief.

    Program studi TMEB ini nantinya Namun, kewenangan untuk akan dibagi menjadi dua bidang, yaitu mendirikan program studi baru berada di Ita, Putrimanajerial dan teknologi. Hal tersebut bawah fakultas, bukan pusat studi. diungkapkan Prof Dr Karna Wijaya M Eng, Kebijakan terebut menjadi salah satu

    Pusat Studi Energi (PSE) berencana menerbitkan program studi baru bertitel Teknologi dan Manajemen Energi Bersih (TMEB) di tingkat S2 dan S3.

    Program Studi Baru yang Peduli Energi Bersih

    Foto : Eka/ Bul

  • DARI KANDANG B21

    Bersiap Menuju Perubahan

    I I 1881882

    TAJUK

    DARI KANDANG B21

    Tidak dapat disanggah lagi alat transportasi menjadi bagian penting kehidupan manusia. Ya, ketika kita ingin pergi ke suatu tempat dengan cepat, alat transportasi adalah solusinya. Kini, transportasi darat yang banyak dipilih oleh masyarakat adalah kendaraan bermotor. Dilihat dari efisiensi waktu dan tenaga, kendaraan bermotor terbukti memang lebih unggul. Sepeda seringkali menjadi pilihan terakhir.

    Seiring berkembangnya zaman, kendaraan bermotor makin memadati jalan raya. Kendaraan khususnya sepeda motor tak dapat lagi dihitung jumlahnya. Aturan lalu lintas kerap dilanggar. Pengendara motor seringkali melewati marka jalan atau tidak sabar mengantri di lampu merah. Hal ini tampaknya 'dimaklumi' oleh polisi lalu lintas dan masyarakat sendiri. Asap kendaraan bermotor menjadi permasalahan lain lagi. Asap dari knalpot menyebabkan polusi udara dan menambah panasnya udara di siang hari.

    Keadaan ini rupanya mengawali kepenatan masyarakat dalam menghadapi aktivitas sehari-hari. Tak pelak masyarakat Yogyakarta merindukan sepeda kayuh yang ramah lingkungan, tanpa emisi dan polusi udara. Setahun belakangan ini mulai banyak ditemui pengendara sepeda di jalan raya, baik hanya sekadar berolahraga maupun untuk bermobilisasi. Menanggapi hal ini, pemerintah Kota Yogyakarta menyediakan jalur khusus sepeda di sisi jalan dan membuat tempat pemberhentian khusus di sejumlah lampu merah. Selain itu, pegawai negeri yang rumahnya berjarak kurang dari 5 km ke kantor dianjurkan untuk naik sepeda setiap Jumat.

    UGM tidak mewajibkan civitas akademika untuk naik sepeda ke kampus. Namun UGM menyediakan sepeda yang dapat dipinjam untuk berkeliling di area universitas. Civitas akademika hanya perlu meninggalkan kartu identitas. Fasilitas ini cukup membawa dampak positif. Selain membuat badan lebih sehat, bersepeda di lingkungan kampus juga dapat mengurangi polusi dan kebisingan kendaraan bermotor. Jika setiap hari pengendara sepeda bertambah, maka udara di sekitar kita akan lebih segar, tanpa asap kendaraan. Jadi, tak ada salahnya mencoba bersepeda ke kampus.

    Tim Redaksi

    Salam hangat untuk pembaca!Terbitan SKM UGM Bulaksumur

    dimulai kembali setelah rehat selama UTS. Kami hadir kembali menyajikan berita-berita seputar kampus UGM kepada teman-teman pembaca. Tak hanya menyajikan berita, kami juga tengah mempersiapkan diri. Bersiap merayakan 11 tahun eksistensi hasil perjuangan turun-temurun dari para pendahulu hingga saat ini. Ya! Kami akan merayakan ulang tahun SKM Bulaksumur. Awak-awak pun bersemangat menanti dan mempersiapkan momen penting ini dalam satu acara bernama Aksi Kreasi. Acara yang akan menjadi perayaan dalam balutan keakraban, sekaligus menjadi pembuktian eksistensi.

    Bila diingat kembali, tak terasa sudah lebih satu dekade SKM UGM Bulaksumur berdiri. Di bulan Mei inilah awal mula tinta emas ditorehkan melalui terbitan pertama. Namun selama itu pula kami masih bertahan dengan bentuk yang ada, tanpa melihat apakah zaman masih berkompromi terhadap bentuk seperti ini. Kami pun berbenah dan melakukan perencanaan. Mengevaluasi diri untuk mencapai hasil lebih baik.

    Tak dapat dipungkiri, perubahan adalah sesuatu yang mutlak harus terjadi dalam kehidupan. Entah itu perubahan menuju lebih baik, maupun menjadi lebih buruk. Tuntutan zaman yang serba cepat membuat manusia juga dituntut bekerja ekstra. Begitu juga kami yang tak boleh langsung berpuas diri dengan pencapaian selama ini. Rutinitas yang sudah cukup menyita waktu harus bertambah lagi demi tercapainya perubahan yang diinginkan. Oleh karena itu, kritik dan saran dari teman-teman pembaca sangat kami perlukan. Akhir kata, selamat membaca!

    Penjaga Kandang

    Nyaman Tanpa Asap Kendaraan

    Penerbit: SKM Bulaksumur. Pelindung: Prof Dr Soedjarwadi M Eng, Drs Haryanto M Si. Pembina: Drs Ana Nadhya Abrar MES. Pemimpin Umum: Beryl Girsang Sekretaris Umum: Syefi Nuraeni F. Pemimpin Redaksi: Rifki Amelia Fadlina. Sekretaris Redaksi:Febriani. Editor: Lutfia K. Redaktur Pelaksana: Anindita I, Annisa IT, Amanatia J, Aghnia RS, Dwi AP, M Izuddin, Noor RW, Novrita H, Ontin F, Primastuti MW,

    Risa L, Salsabila S, Sarah K, Shinta DJ, Siti Alifah FD, Tifani WS, Yogi A, Yurianti D Manajer Iklan dan Promosi:Diah Sri Utari. Sekretaris Iklan dan Promosi: Gina DP. Staf Iklan dan Promosi: Ajeng P, Aprilianto S, Berta MS, Budi L, Galih R, M. Alfi, Yanuar M, Cicilia LG, F Yogi, Febrianti R, Helmi A, Indy F, Mumpuni GL, Rizka K, Rio HP, S Ardhi R, Tina TH, Yuli NS, Kepala Litbang: Sidiq Hari Madya. Sekretaris Litbang: Rizkiya AM. Staf Litbang: Aziz S, Dwi A, Junaedi G , M Shidiq, Rizal Y, Evie P, Erik BS, Satria Aji I, Safitri AP . Kepala Produksi: Remo Adhy Pradhana. Sekretaris Produksi: Arrina M. Korsubdiv Fotografer: Rizky A. Anggota: Anditya EF, Azizah LA, Hale AW, Imam S, Qholib GHS. Korsubdiv Lay-Outer: Dian K. Anggota: Addina F, Ahmad W, Pandu Wira MS, Yoana WK. Korsubdiv Ilustrator: Bayu A. Anggota: Arsoluhur. Korsubdiv Webdesain: Ali Iqbal. Anggota: Dio FA Magang: Adinda RK, Ahmad SPU, Dewi AN, Emma AM, Franciscus ASM, Indah P, Kalikautsar, Khairunnisa, Laila N, Mestika EA, Muhammad FA, Pipit N, Pipit S, Putri EJ, Resti P, Rheza RU, Sekar L, Tri P, Vinalia EW, Winny WM, Yusuf AW, Agung A, Anggrata A, Daimas, Dyta WEP, Faiz IP, Gaiety S, Hanum SN, Hardita L, Irsa NP, Lukluk S, M. Taufiq R, Oki PS, Rendi R, Ridha A, Rizky Y, Ulya A, Yong WA, Erwinton S, M.Kevin J, Isnaini R, Rahmi SF, Robertus SP, Shabrina HP, Tyas NA, Wandi DS, Ardian ABS, Ahmad FR, Novandar DPA, Zakiah I, Ardista K, Fikri RK, Irma S, Ivandhara W, Malika M, Chilmi N, Danastri RN, Geni S, Damar PW, Ferdi A, Fitri CSH, M. Rohmani, Nisa TL. Alamat Redaksi, Iklan dan Promosi: Bulaksumur B-21 Yogyakarta 55281. Telp: 085743365952. E-mail: bulaksumur_mail@yahoo.com. Homepage: http://www.bulaksumurugm.com. Rekening Bank: Bank Danamon Cabang Kusumanegara Yogyakarta 3518201938 a.n. Diah Sri Utari.

    Foto: Rizki/bul

  • 3CELETUKCELETUK

    Bersosialisasi adalah kodrat alamiah sebagian besar mahasiswa untuk mahasiswa dituntut untuk menyelesaikan manusia. Ma