Buku Profil Kab Tuban 2013

9
Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur 01 KABUPATEN TUBAN

description

Kab Tuban 2013

Transcript of Buku Profil Kab Tuban 2013

Page 1: Buku Profil Kab Tuban 2013

Potensi dan Produk Unggulan Jawa TimurPotensi dan Produk Unggulan Jawa Timur 01

KABUPATEN TUBAN

Page 2: Buku Profil Kab Tuban 2013

Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur

II. POTENSI PENGEMBANGAN WILAYAH

III. WILAYAH RAWAN BENCANA

IV. DEMOGRAFI

V. POTENSI UNGGULAN

A. PERTANIAN

Kabupaten Tuban merupakan salah satu kabupaten penyangga lumbung pangan nasi-onal di Jawa Timur. Untuk produksi padi setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cu-kup signifi kan. Pada Tahun 2008 produksi padi sebesar 559.658 ton, terdapat surplus sebesar 50 %-60%. Di Kabupaten Tuban juga dibudiday-akan penanaman PADI PENDOK, jenis padi va-rietas local yang mempunyai beberapa keung-gulan antara lain rasa yang pulen dan harum baunya.

PADI PENDOK dapat tumbuh dengan baik meskipun hanya menggunakan pupuk organic tanpa harus menggunakan pupuk kimia. Meski-pun usia produktif tanaman padi pendok relative lebih lama daripada padi umumnya, namun padi ini memiliki potensi untuk dikembangkan men-jadi varietas unggul.

I. KONDISI UMUM WILAYAH

A. Luas dan Batas WilayahLUAS WILAYAH 1.839,95 KM2

JML KECAMATAN 20 KECAMATAN

JML KELURAHAN 17 KELURAHAN

JML DESA 311 DESA

UTARA LAUT JAWA

TIMUR KABUPATEN LAMONGAN

BARAT KAB REMBANG DAN KAB BLORA JAWA TENGAH

SELATAN KABUPATEN BOJONEGORO

B. Letak dan Kondisi Geografi s

C. Topografi

D. Geologi

E. Hidrologi

F. Klimatologi

Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur 02

Page 3: Buku Profil Kab Tuban 2013

Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur

KACANG TANAHKacang tanah varietas Tuban merupakan varietas unggul

yang telah mendapatkan sertifi kat dari Departemen Pertanian No. 393 / KPTS / SR.120 /8 / 2008 Keunggulan kacang tanah ini dikarenakan tanah kekeringan dan toleran pada lahan alkanis. Ciri khas kacang Tuban stiap polong rata-rata berisi 2 biji, rasan-ya renyah dan gurih serta mempunyai kandungan minyak tinggi. Produksi kacang tanah di Kabupaten Tuban mencapai 27.945 ton. Potensi hasil 3,2 ton/ha dengan umur 90-95 hari dan tahan berbagai penyakit daun serta sesuai dengan kebutuhan industry olahan kacang.

BLIMBING TASIKMADUBlimbing Tasikmadu merupakan salah satu buah cirri khas Tu-

ban. Disebut Blimbing Tasikmadu karena awal berkembangnya varietas ini berasal dari Desa Tasikmaadu Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Blimbing Tasikmadu telah mendapatkan serti-fi kasi bibit unggul dari departemen Pertanian No. 314/KPTS/SR.120/5/2007.

Blimbing Tasikmadu memiliki cirri khas rasa buah yang manis, berair dan ukuran buahnya besar den- gan berat rata-rata 160 gram perbuah. Produksi blimb-ing di Kabupaten Tuban tahun 2008 mencapai 1.056,37 ton dengan jumlah pohon sebanyak 34.002 pohon.

DUKU PRUNGGAHANDuku prunggahan sebutan

bagi buah duku varietas asli Tuban. Tanaman ini telah dipatenkan dan mendapatkan srtifi kat dari Departemen Pertanian No. 171/KPTS/SK.120/32006 seb-agai komoditas unggulan asli Tuban. Buah duku prungga-han memiliki cirri khas dan keunggulan yaitu daging buah yang tebal dan manis. Tanaman duku ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat Desa Prunggahan Kecamatan Semanding, sebagai tananaman pekarangan rumah yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Tanaman ini belum banyak dibudidayakan oleh masyarakat luas, karena usia berbuah yang cukup lama yakni berkisar

15-20 tahun pada tanaman generative, akan teta-pi melalui m e t o d e grafting usia p r o d u k t i f dapat ditekan menjadi 3-5 tahun.

J u m l a h tanaman duku p r u n g g a h a n

yang sudah produktif di Kabupaten Tu-ban saat ini baru mencapai 345 pohon dengan produksi 26 ton. Karena tana-man ini masih dibudidayakan secara tradisional di pekarangan rumah maka populasi tanaman langka ini semakin berkurang karenakebutuhan lahan ma-syrakat untuk pemukiman.

Peluang investasi yang dapat dikembangkan untuk tanaman ini adlah

budidaya sebagai tanamn perkebu-nan, usaha pembibitan dan

perbanyakan tanaman.

JAGUNGLuasan areal

tanam komoditas jagung di Kabupaten Tu-

ban mencapai 90.019 Ha dengan rata-rata produksi sebesar

43,75 kw/ha. Produksi jagung di Kabu-paten Tuban pada tahun 2007 menca-pai 393.809 ton. Areal tanaman jagung tersebar di seluruh kecamatan Jenu dengan luas areal 72.708 Ha, Keca-matan Montong seluas 47.456 Ha dan Kecamatan Kerek seluas 43.206 Ha.

Potensi investasi yang dapat dikem-bangkan diantaranya : usaha pembeni-han, industri tepung, industri makanan ringan berbahan dasar jagung, industry pakan ternak dari limbah tongkol dan dedak jagung.

KELAPATanaman Kelapa merupakan tana-

man khas daerah tropis, tanaman mul-tiguna ini dapat digunakan sebagai bahan baku beraneka kegiatan usaha produksi makanan dan minuman,

t

tap

y g ,den- gan beratuksi blimb-008mlah

nn.an temen/32006 seb-n. Buah duku prungga-

l it d i b h

berkurang karenakesyrakat untuk pemu

Peluang invesdikembangkan untu

budidaya sebaganan, usah

perb

tajagun

ban medengan rata-ra

Potensi dan Produk Unggulan Jawa TimurPotensi dan Produk Unggulan Jawa Timur 03

Page 4: Buku Profil Kab Tuban 2013

Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur

makanan suplemen, kerajinan, serat, makanan dan pembibitan kelapa.

Produksi kelapa di Kabupaten Tuban pada tahun 2007 mencapai 11.191 ton. Tanaman ini tersebar di semua wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Tu-ban, ditanam di pekarangan, lading sebagai tanaman pelindung, maupun ditanam khusus pada area perke-bunan.

CABEJumlah produksi cabe di Kabupaten Tuban pada

tahun 2007 untuk cabe besar dengan luas areal 1.465 ha produksi panen mencapai 11.806 ton. Sedang-kan cabe rawit dengan luasan areal 1.552 ha mampu memproduksi 20.176 ton.

Peluang usaha yang dapat dikembangkan adalah pengolahan cabe pasca panen yaitu industry cabe kering giling. Produk cabe kering giling ini banyak dibutuhkan untuk mensuplai perusahaan makanan, seperti perusahaan mie instan, perusahaan saos, bumbu masakan dan berbagai usaha lainnya.

BUAH SIWALANPohon siwalan banyak sekali tumbuh di wilayah

Kabupaten Tuban, khususnya di kawasan lahan ker-

ing. Tanaman yang banyak tumbuh di dataran rendah ini memiliki banyak manfaat. Air niranya yang manis oleh masyarakat di manfaatkan un-tuk minuman dan gula merah. Buah siwalan, se-lain lezat untuk dikonsumsi langsung juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan es buah siwalan. Batang pohon dan daunnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan rumah tangga. Produk-si siwalan di Kabupaten Tuban tahun 2007 se-jumlah 5.477 ton.

Peluang usaha Nira Legen : Industri pengo-lahan legen/air siwalan menjadi minuman kaleng Nata de Bora, Gula Merah. Buah Siwalan : Distri-busi dan pemasaran ke kota-kota besar, super-market. Aneka minuman es buah siwalan Dis-tribusi dan pemasaran buah siwalan. Daun dan batang pohon siwalan : Industri dari daun siwalan seperti pembuatan soufenir ongkek dan soufenir lainnya.

TEBULuas areal tanaman tebu di Kabupaten Tu-

ban yang saat ini ditanami oleh petani adalah 1.026,71 Ha. Dari luasan areal tersebut 379 Ha meupakan tanaman tebu yang ditanam di lahan sawah. Sisanya sebanyak 647,71 Ha ditanam di lahan kering. Pemasaran produksi tebu dari Ka-bupaten Tuban selama ini melalui pola kemitraan

Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur 04

Page 5: Buku Profil Kab Tuban 2013

Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur

dengan beberapa Pabrik Gula di Jawa Timur.

Peluang usaha yang dapat dikem-bangkan adalah : perluasan areal tana-man tebu khususnya pada lahan kering. Industri dan pengolahan : destilasi : alco-hol, protein, etanol, sakarin, Fermentasi : cuka, asam asesat, asam sitrat, butanol, asam laktat, asam atonik, asam isatonik, dekstrose, monosodium glutamate. In-dustri pengolahan : bahan bakar briket dan gas, industry pakan ternak dan pu-puk.

B. PETERNAKAN SAPIKabupaten Tuban dengan karakter

kewilayahan yang ada merupakan kabu-paten penyangga produksi ternak sapi di Jawa Timur. Dengan populasi ternak sapi yang mencapai 152.656 ekor men-jadikan Kabupaten Tuban menduduki peringkat ke 5 daerah penghasil sapi po-tong di Jawa Timur. Di samping itu Kabu-paten Tuban juga mampu meraih peng-hargaan pada berbagai event kejuaraan lomba ternak sapi baik di tingkat propinsi maupun nasional. Melimpahnya bahan pakan ternak dari limbah pertanian, menjadikan Kabupaten Tuban sebagai kawasan yang prospek bagi pengem-bangan peternakan sapi potong.

Peluang usaha yang dapat dikem-bangkan adalah peternakan sapi potong, pengembangan sapi bibit dan pendirian industri pengolahan daging.

C. PERIKANAN & KELAUTAN

Kabupaten Tuban merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai wilayah perairan

laut sepanjang 65 km yang meliputi Kecamatan Palang, Tu-ban, Jenu, Tambakboyo dan Bancar. Dengan kondisi geografi s tersebut, produksi perikanan laut di Kabupaten Tuban cukup melimpah, melebihi kebutuhan konsumsi ikan oleh masyarakat. Potensi hasil laut dan pengembangan kawasan pantai lainnya adalah budidaya rumput laut, terumbu karang, padang lamun, pengembangan dan pembibitan mangrove.

Selain dari perairan laut, produksi ikan di Kabupaten Tuban juga diduking dari hasil budidaya ikan dan udang di perairan da-rat seperti tambak, sawah tambak, kolam, keramba, dan jarring apung. Produksi ikan yang dihasilkan oleh nelayan dari penang-kapan ikan di Laut Jawa dan perairan umum pada tahun 2007 mencapai 10.740,07 ton.

Peluang usaha, peluang investasi yang dapat dikembangkan adalah : pengalengan ikan, industry pengolahan tepung ikan, pindang, minyak ikan, abon, cold storage untuk produksi ikan beku, pembuatan terasi, pengeringan ikan, serta pengolahan limbah ikan untuk pakan ternak. Budidaya rimput laut, padang la-mun, pembibitan mangrove. Sedangkan peluang investasi untuk produksi perikanan darat antara lain budidaya tambak udang,

bandeng presto, usaha restoran dengan menu utama hasil laut dan ikan tambak.

05

Page 6: Buku Profil Kab Tuban 2013

Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur otensi dan Produk Unggulan Jawa Timur

D. GOA AKBARKabupaten Tuban selain dikenal sebagai Kota

Wali juga dikenal sebagai Kota Seribu Goa. Hal ini disebabkan sesuai dengan karakter wilayah yang berupa memiliki pegunungan kapur sehingga didapati goa-goa dengan kedalaman bervariasi. Salah satu goa terbesar yang saat ini menjadi obyek wisata favorit di Kabupaten Tuban adalah Goa Akbar.

Goa ini letaknya didalam kota tepatnya ber-sebelahan dengan Pasar Baru Tuban. Goa yang selalu ramai dikunjungi wisatawan ini memiliki ban-yak cirri khas antara lain lorong-lorong goa yang panjang dan saling berhubungan, terdapat mata air yang jernih di dalam goa, stalagmite dan sta-lagtit yang indah, terdapat beberapa ruangan yang cukup luas untuk beristirahat wisatawan yang menyusuri lorong goa (diistilahkan dengan pend-hapa).

Goa Akbar memiliki ornamen-ornamen yang indah di dinding dan langit-langit goa. Sebutan Goa Akbar dikarenakan goa ini besar dan memiliki banyak lorong yang saling berhubungan. Konon didalam goa ini dahulu

pernah menjadi tempat pertemuan para wali penyebar Agama Islam di tanah Jawa, hal ini ditandai adanya salah satu ruang yang berfungsi sebagai musholla dan sampai saat ini masih bisa digunakan oleh pengunjung untuk melaksanakan ibadah sholat.

E. PEMANDIAN BEKTIHARJOPemandian Bektiharjo merupakan salah satu si-

tus bersejarah yang saaat ini menjadi obyek wisata. Penamaan Kabupaten Tuban konon berasal dari kata meTU BANyu yang artinya tempat keluarnya sumber mata air. Pengambilan nama Tuban ini terjadi pada masa pemerintahan Ki Ageng Papringan untuk men-genang para punggawa dan masyarakat yang ber-susah payah mencari sumber mata air dikawasan perbukitan btu kapur yang tandus. Sejak saat itu nama Tuban dipakai menjadi nama kadipaten yang semula dikenal dengan seutan Kambang Putih.

Jernihnya air pegunungan yang seakan tiada habis-nya ini mampu menyediakan kebutuhan air, baik untuk keperluan rumah tangga maupun untuk pertanian. Di kompleks Pemandian Bektiharjo ini disediakan berb-agai fasilitas wisata seperti kolam renang dan taman

bermain menjadikan Pemandian Bektiharjo selalu dipenuhi oleh wisa-tawan terutama pada hari-hari libur. Ciri khas lain dari kolam Pemandian Bektiharjo adalah airnya yang jernih serta masih menjadi habitat alami kera yang kini sudah mulai sulit kita dapatai di alam bebas. Keberadaan kera jinak ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Potensi wisata alam Pemandian Bektiharjo masih perlu dikembangkan lagi un-tuk meningkatkan pelayanan dan jumlah kunjungan wisatawan, di-antaranya belum pengembangan kawasan wisata, pengembangan kios souvenir, jajanan dan oleh-oleh.

PPPPPo

BtCBs

Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur 0606

Page 7: Buku Profil Kab Tuban 2013

Potensi dan Produk Unggulan Jawa TimurPotensi dan Produk Unggulan Jawa Timur

F. MAKAM SUNAN BONANGKabupaten Tuban dikenal sebagai salah sau pusat

penyebaran Agama Islam di Indonesia. Peran Tuban se-bagai Bandar internasional pada masa kejayaan Maja-pahit menjadikan Tuban dikenal dan dikunjungi banyak pedagang dari berbagai belahan dunia. Dari para sauda-gar inilah kemudian Islam mulai dikenal dan menyebar di sepanjang pesisir Pulau Jawa. Toko-tokoh ulama yang berasal dari Persia, Irak, Gujarat, Campa juga ikut ber-datangan ke Tuban disamping melakukan aktifi tas perda-gangan juga mengemban misi dakwah. Seiring dengan diterimanya Agama Islam oleh penguasa Majapahit, maka penyebaran Islam semakin pesat. Bahkan Adipati Tuban, Syeh Abdurrahman atau dikenal dengan Raden Ario Tedjo menjadi bupati pertama di jajaran pemerintah-an Majapahit yang memeluk agama Islam.

Toko-tokoh penyebaran Islam yang dimakamkan di Tuban diantaranya Sunan Bonang, Syeh Maulana Ibra-him Asmorokhondi (ayahanda Sunan Ampel), Sunan Be-jagung, Syeh Abdul Jabar, Syeh Maulana Ishak Al Bagh-dadi, Sunan Geseng, Syeh Jalalludin dan masih banyak lagi makam tokoh penyebar Islam yang dimakamkan di Tuban. Sunan Kalijogo dan Sunan Bonang adlah dua tokoh dari Wali Songo yang berasal dari Tuban. Mkaam para penyebar ajaran Islam yang dipercaya sebagai au-lia tersebut ramai dikunjungi peziarah yang mencapai jutaan orang setiap tahunnya. Jumlah kunjungan wisa-tawan yang besar merupakan potensi bagi pengemban-gan industry pariwisata dan pemsaran berbagai produk unggulan.

G. AIR TERJUN NGLIRIPAir Terjun Nglirip obyek wisata alam yang berada di

sekitar kawasan hutan lindung. Air terjun Nglirip bersum-ber dari mata air di wilayah hutan kerawak (bumi perke-mahan). Airnya yang jernih kebiru-biruan dan udara yang sejuk di area wisata Nglirip membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati indahnya panorama alam dan gemuruh suara air terjun. Di lokasi obyek wisata ini pen-gunjung juga dapat menikmati keindahan alam sambil jajanan khas rujak, aneka gorengan dan minuman es ke-lapa muda. Selain sebagai obyek wisata, air terjun Nglirip juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk perta-nian, sehingga apabila musim kemarau panjang, aliran air terjun Nglirip beralih fungsi menjadi air pertanian dan keperluan rumah tangga.

Namun demikian obyek wisata yang masih alami dan belum mendapat banyak sentuhan ini saying untuk dilewatkan. Di obyek wisata ini memang belum ada kios-kios souvenir dan fasilitas wisata sebagaimana di obyek wisata lain. Peluang usaha bagi pemilik modal adalah mengembangkan kawasan wisata Air Terjun Nglirip men-jadi obyek wisata alam yang eksotis.

Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur 07 07

Page 8: Buku Profil Kab Tuban 2013

Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur

H. TERMINAL WISATATerminal Wisata merupakan salah satu terminal

multifungsi yang dibangun untuk mengantisipasi per-luasan perkotaan dan berkembangnya perindustrian di Kabupaten Tuban, sekaligus berfungsi sebagai obyek wisata laut. Lokasi wisata bahari yang menyatu den-gan Terminal Kemabng Putih menjadikan obyek wisa-ta yang saat ini sedang dalam tahap pembangunana mempunyai daya tarik tersendiri dan memudahkanwi-satawan untuk mengunjunginya. Pemandangan laut lepas perairan Laut Jawa dapat menjadi pelepas penat para pengguna jalan yang melintas di ruas pantai utara Pulau Jawa. Selain didukung madai keberadaan kios makanan dan minuman khas Tuban di komplek termi-nal. Pengunjung dapat menikmati hembusan angin laut dari gazebo-gazebo yang sudah berjajar anggun di tepi pantai.

Peluang usaha yang dapat dikembangkan adalah membuka usaha restoran, penjualan souevenir dan berbagai kebutuhan wisatawan maupun penumpang di kios-kios yang disediakan di area terminal.

I. MEUBEL JATIKabupaten Tuban merupakan salah

satu sentra penghasil kayu jati di Indone-sia. Dengan wilayah hutan produksi sel-uas 44.760,87 ha yang tersebar hampir di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Kondisi lahan di Kabupaten Tuban sebagian besar merupakan lahan kering, sangat cocok untuk jenis tanaman jati. Dis-amping hutan produksi yang dikelola oleh Perum Perhutani, saat ini minat masyara-

kat untuk menanam tanaman jati di lahan-lahan yang kurang produktif cukup tinggi. Kayu jati berkualitas ekspor dari Kabupaten Tuban meru-pakan potensi yang perlu dikembangkan, baik budidaya penanamannya maupun pengolahan kayu jati. Sentra pengrajin meubel dan ukiran kayu jati terdapat di Kecamatan Jatirogo, Bangi-lan dan sebagian tersebar di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

Jenis usaha berbahan baku kayu jati yang saat ini berkembang di Kabupaten Tuban adlah pembuatan meubel, kusen, kerajinan serta ber-bagai keperluan bangunan dan rumah tangga lainnya. Sedangkan untuk jenis ysaha pengelo-laan kayu jati menjadi barang-barang souvenir masih belum banyak berkembang.

J. BATIK TULIS & TENUN GEDUGBatik Gedog adalah salah satu batik berciri

khas pesisiran. Dengan motif yang lebih dari 100

Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur 08

Page 9: Buku Profil Kab Tuban 2013

Potensi dan Produk Unggulan Jawa TimurPoPPPPPPPPPPoPPoPoPooPoPoPoPoPoPoPPoP tttttettettttetetetetteteteteteteeteteeteteeensnsnsnsnnsnnsnnsnsnnsnnsnsnsnnsnnsiiiii iii i i i i dddddaddadadaddadaddddaadaddddddadaddddaadadadaadaan n nn nnnnn nn n n nn PrPPPrPrPPrPrPrPrPrPrPrPrPrPrPPPrPrPrPrPrrPrPPrPrPrPrPrPrPrPPrroddodddoododododdododododdddodododddddododukukukukukukukukukukukukukkkukukkkkkkkkkkkkkkkkukukkukkk U U UU U UU UUU UUUUUUUUU ngngngngngngngngngnggngngnnngnggggggguguguguguguuuguguguguguuuuguggg lalalalaaalalalaalaalalaaalaaaaaaaaaaaaaaalaaaaaaann nnnnn nn nnnnnn nn nnn nnnn JaJaJaaJaJaJaJaJaJaJaJaaJJaJJJawawawawawawawaaaawawwawawawaw TT TTTTTTTTTTTTT TTT Timimimimimmimimmimimiimiimimmmmururururururururrrururuuurr

motif dengan corak warna batik pesisiran, menjadi-kan Batik Gedog sangat diminati oleh wisatawan. Sentra pengrajin Batik Tuban ini di Kecamatn Kerek, Tuban, Semanding, Merakurak dan Palang. Pem-buatan Batik Tulis dan Tenun Gedog dikerjakan secara tradisional dan masih memerlukan sentu-han tangan-tangan terampil dari designer maupun pengusaha garment. Dengan berkembangnya Batik Tuban, selain melestarikan aset budaya nasional juga memiliki prospek pengembangan yang cerah. Diversifi kasi produk berbahan kain batik gedog perlu dilakukan untuk meningkatkan omset penjualan.

• Peluang usaha yang dapat dikembangkan :• Diversifi kasi produk berbahan dasar batik Tuban• Distribusi dan pemasaran batik Tuban

PELUANG INVESTASI1. Sektor primerA. PERTANIAN

Sub Sektor Pertanian Tanaman PanganPeluang: BudidayakacangtanahLokasi : Kecamatan palang, Montong, Merakurak, Kerekdan Semanding;

B.PERIKANANPeluang: Budidaya lobsterLokasi :

C. PETERNAKANPeluang: Penggemukan sapi I sapi potongLokasi : Tersebar di Kabupaten Tuban

D. PERKEBUNANPeluang: SiwalanLokasi : Kecamatan Palang, Semanding, Bancar,

Plumpang Tuban dan Kerek.E. PERTAMBANGAN

Peluang: Batu kapur, pasir kwarsa, tanah hat, dolomit, batu Phosphatdan trass.Lokasi : Kecamatan Montong, Widang, Soko, Semanding, Senoni, dan Parengan.

2. Sektor SekunderPeluang investasi disektor sekunder adalah manufaktur meliputi:• Industri Tekstil Industri Semen• Industri Kayu Industri meubel dan kemasan

3. SektorTersierA. PERDAGANGAN

Peluang investasi di sub sektor perdagangan adalah usah ekspor hasH perikanan laut: udang, ikan bawal, ikan teri nasi cumi-cumi, rajungan, ikan kerapu dan ikan laosan;

B. PARIWISATAPeluang investasi sektor pariwisata terdiri dan:Pengembangan wisata alam dan pantai antara lain : Panti Sowan, Wisata Djoko Tarub, Air Panas Sumber Rejo dan Pantai Boom.

4. Industri Skala Menengah dan KecilPeluang usaha di bidang usaha industri skala

menengah dan kecil meliputi : industri makanan dan minuman, bahan bangunan kapur, industri meubel, konfeksi serta batik tulis.

Pantai BoomPotensi dan Produk Unggulan Jawa TimurPotensi dan Produk Unggulan Jawa Timur 09 09