Banjarmasin Post edisi cetak Selasa, 26 Juni 2012

download Banjarmasin Post edisi cetak Selasa, 26 Juni 2012

of 28

  • date post

    06-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    324
  • download

    21

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post NO. 14683 TH XL/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Selasa, 26 Juni 2012

  • Banjarmasin Post26 JUNI 2012/

    6 SYABAN 1433 H

    SELASA

    NO. 14683 TH XL/ ISSN 0215-298728 HALAMANRP 3.000DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Anang Gayam

    12:21 18:2015:45 19:34

    - Anak pajabatnya masuk jalur reguler SMA, Lak ai+ Tatap haja bubuhannya pasti lulus, Nang ai

    Hal 6 kol 1-3

    04:59

    Rihal ka MuhaPALUI wan Tulamak bakawan kadahanyar ini haja, tapisudah akrab matanhalus. Nangkaya itu jua wayah bujang,bubuhannya ini sama mangaji Alip-alipan hingga sampai ka Quran, belajarwan Ustad Haji Abulasan. Kakawan-

    Wahid-Husairi di Atas AnginHASIL PEROLEHAN SUARA SEMENTHASIL PEROLEHAN SUARA SEMENTHASIL PEROLEHAN SUARA SEMENTHASIL PEROLEHAN SUARA SEMENTHASIL PEROLEHAN SUARA SEMENTARAARAARAARAARA

    NO. 1 NO. 1 NO. 1 NO. 1 NO. 1 NO. 2 NO. 2 NO. 2 NO. 2 NO. 2 NO.3 NO.3 NO.3 NO.3 NO.3 NO.4 NO.4 NO.4 NO.4 NO.4 NO.5 NO.5 NO.5 NO.5 NO.5NO KEC HAS-MAL SYAH-DI GAZ-FAH MUK-HUS WAH-HUS1. DANAU

    PANGGANG 2,918 455 322 2,445 3,4652. BABIRIK 2,115 518 493 3,241 2,062

    Hal 6 kol 4-7

    Unggul Perhitungan SementaraAMUNTAI, BPOST - Pasangan Cabup-Cawa-bup nomor urut 5, Abdul Wahid-Husairi Abdiuntuk sementara memimpin perolehan suaramengungguli empat pasangan lain dalamPemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yangdigelar serempak, Senin (25/6) sejak pukul08.00 Wita.

    Berdasarkan hasil perhitungan sementaradi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) HSU hinggapukul 19.00 Wita, pasangan Wahid-Husairi memperoleh35.144 suara atau 33,27 persen dari total suara sah yangmasuk.

    Pasangan Hasib Salim-Maliki Djarkasi menyusul diurutan kedua dengan perolehan 30.546 suara (28,91 persen).Posisi ketiga ditempati pasangan Mukarram Fikri-HusainiSuni dengan perolehan suara 28.707 (27,17 persen).

    Hal 6 kol 1-3

    On The Spot

    Battle of Europe

    HUSEIN SANUSIJurnalis Tribunnews

    (Group BPost)

    HASANUDIN MURADBupati Baritokuala

    17-21HalamanKhususKanal EURO 2012 di www.banjarmasinpost.co.id

    Hal 6 kol 4-7

    SEBAGAI juara Eurokali ini saya memfa-voritkan Jerman. Untukpertandingan perem-patfinal, Jerman bakal

    unggul karena mainsecara tim. Semen-

    tara, Spanyolmengandalkanpermainanindividu. Walauhanya menangtipis, tapi sayapercayaJermansanggupmengatasiSpanyol. (don)

    SI PALUiiiii

    Gabung di Pages BPost OnlineKitaLIMA pasang calon bupati-calon wakil bupati HSU menanti

    hasil penghitungan suara pemilihan langsung.

    Achyin ChusnaBwt yg mnang,

    selamat dan tepatijnji2mu!!! Bwt yg klah,sabaaar... Dan tetapsemangat!

    Romieae NatySupaya rakyat hsu

    smakin makmur ..dankpala daerah jujur danadil.memberi per-

    ubahan yang baik bgi rakyat HSU

    Komentar lain di halaman 14

    Dua KaliKecepatanConcorde Hal 6 kol 4-7

    LONDON, BPOST - Badan anta-riksa AS, NASA, yang bekerja-sama dengan Boeing, LockheedMartin dan Gulfstream telah mem-bangun suksesor Concorde, yangmemiliki nama kode X-54.

    Sumbang Gajiuntuk Gedung KPK

    Hal 6 kol 4-7

    JAKARTA, BPOST - Senin(25/6) pagi, Ketua KomisiPemberantasan Korupsi (K-PK) Abraham Samad mene-rima amplop putih dari Sek-retaris Jenderal PersatuanPedagang Kaki Lima Indone-sia, Junaedi Sitorus.

    Di dalamnya terdapat se-puluh lembar duit seratus

    ribuan yang masih tampakbaru.

    Jumlahnya Rp 1 juta itu,kata adalah hasil saweransejawatnya yang miris me-lihat rencana KPK memba-ngun gedung baru, tapi belumterpenuhi, ujar Junaedi.

    Saidi TungguSantunan KematianBANJARBARU, BPOST - Santunan kematian bagi warga KotaBanjarbaru yang berlaku sejak 2004 silam, kini dipertanyakan.Pasalnya, dana yang diharapkan bisa meringankan keluargayang ditinggalkan lamban pencairannya.

    Hal 6 kol 4-7

    Spanyol-Jerman Final FavoritLAGA puncak Euro 2012

    tinggal menunggu hari. Em-pat tim terbaik akan berta-rung di babak semifinal untukberebut tiket ke final, Kamis(28/6) dini hari dan Jumat (29/6) dini hari.

    Spanyol akan ditantang ne-gara tetangga, Portugal. Ini

    akan menjadi perang Iberia.Sedangkan Jerman harus me-nghadapi Italia. Inilah pertaru-ngan dua tim raksasa Eropa.

    Siapa lolos ke final? Spanyoldan Jerman menjadi favorit.Pengamat, eks pelatih, ataupemain hingga bursa taruhanmenyebut pertarungan Spanyol

    kontra Jerman sebaga final ideal.Mantan Pelatih Inggris, Fa-

    bio Capello, memprediksi Jer-man dan Spanyol bakal ber-temu di final. Menurutnya,Spanyol vs Jerman adalah fi-nal ideal yang patut ditunggu.

    Hal 6 kol 1-3

    Hooligan Sudah DewasaHOOLIGAN Inggris ter-

    kenal dengan kebrutalannyadi setiap event sepak bola du-nia. Namun stigma itu sudahharus dicabut. Belakangnpendukung fanatik dariNegeri Ratu Elizabeth itusudah sangat dewasadengan tidak mem-

    Dahlan IskanNET

    DOK UMEN BPOST

    Kapolda SiapBertanggung Jawab

    Tragedi Bhayangkara Offroad Seruduk PenontonBATULICIN, BPOST - Kapolda Kalsel Brigadir Jenderal PolisiSyafruddin menyatakan tetap bertanggung jawab terhadap parakorban kecelakaan maut pada gelaran Bhayangkara Interna-tional Extreme Offroad Competition 2012, baik yang tewasmaupun mengalami luka-luka.

    Hal itu ditegaskan orangnomor satu di jajaran Kepo-lisian Daerah Kalsel tersebut,saat menghadiri pemakamansalah satu dari tiga korbanmeninggal dunia, Karyawan-sah (37) di Pekuburan Musli-min, Jalan Transmigrasi DesaBarokah, Simpangempat Ta-nahbumbu, Senin (25/6) seki-tar pukul 13.00 Wita.

    Kita berbelangsukawadan perihatin dengan kejadi-an ini. Walaupun peristiwa inidi arena lomba olahraga. Ya,tentunya tidak ada yang bisadisalahkan, katanya.

    Menurut Syafruddin, seba-

    gai pemimpin di Polda Kalsel,sekaligus penanggung jawabgelaran olahraga otomotif ini,pihaknya tidak akan lepastangan terhadap para korban.

    Hal 6 kol 4-7

    Foto Bikin GusarPASCATRAGEDI kemanusiaan saat pelaksanaan

    Bhayangkara International Extreme Offroad Competitiondi Batulicin, Minggu (24/6), beredar foto-foto kejadian viablackberry messenger (BBM).

    Hal 6 kol 4-6

    GRAFIS : BAYU

    2606/B01

  • 2Banjarmasin Post

    SELASA 26 JUNI 2012

    TIM K

    REATIF PA

    SAR

    : FAH

    RU

    AD

    I (AD

    I IKLA

    N); M

    SYAFR

    UD

    DIN

    ; BU

    DI H

    AR

    TATI

  • 3Banjarmasin PostBanjarmasin BungasSELASA 26 JUNI 2012

    EMAIL:BUNGAS@BANJARMASINPOST.CO.ID

    Banyak Orangtua Salah Pilih SMPN

    PENAMBANGAN tanpaizin (Peti) yang marak terjadidi Kalimantan Selatan, jugamenjadi perhatian dari aktivislingkungan. Mereka pun ber-harap Pemerintah dan Kepo-lisian bisa bertindak tegas.

    Aktivis Lingkungan, BerryNahdian Forqan mengatakankegiatan penambangan liarbisa berdampak negatif terha-dap hilangnya kekayaan negaraseperti pajak dan royalti.

    Mereka tahunya menggalisumber daya alam saja tanpamemperhatikan lingkungandan pemasukan bagi daerah,kata mantan Direktur Ekse-kutif Wahana LingkunganHidup Indonesia (WALHI)2008- 2012, Jumat (1/6).

    Menurut dia kegiatan pe-nambangan yang dilakukansecara liar dan membabi butajuga berdampak terhadap ke-rusakan lingkungan. Bagipenambang liar, biasanyasetelah menambang akan di-tinggalkan begitu saja sehing-ga berdampak pada kerusakandan pencemaran, tambah dia.

    Untuk mengurangi aktivi-tas para penambang liar inilanjut warga asli Banua initindakan tegas dari aparatKepolisian sangat diperlukan.

    Aturan dan tindakan tegasdari Polda dan Polres setempatharus dijalankan. Jangan sam-pai aktivitas mereka dibiarkankarena akan berdampak keru-gian, tegasnya.

    Mengenai alasan aktivitasPeti dilakukan malam hari danlokasi jauh dari jangkauan halitu bukan halangan. Kalaumereka ilegal dan merusaklingkungan kenapa harusdibiarkan, tandas dia.

    Gubernur Kalsel, Rudy Arif-fin, berjanji akan memantau le-bih lanjut aktivitas yang meru-gikan negara ini. Berkaitandengan maraknya Peti di Ka-bupaten Tanah Laut, Kabupa-

    Pajak dan Royalti Pun Hilang Peti Tak Perhatikan Lingkungan Belum Ada Tindakan Tegas

    ten Tanah Bumbu dan Kabupa-ten Kotabaru, Rudy mengakusegera mengkoordinasikannyakembali dengan tim penega-kan hukum (Gakkum).

    Aktivitas Peti di ketigaKabupaten terebut setali tigauang dengan pelanggran terha-dap Perda No. 3/2008 yangmengatur larangan angkutanhasil tambang (batu bara) dan

    DOK ARUTMIN INDONESIALokasi Peti yang menambang di areal PT Arutmin di Pandansari, Asam Asam.

    perkebunan yang melintasijalan negara itu yang berlakusejak tahun 2010.

    Dinas Perhubungan danKomunikasi Informasi (Dis-hubkominfo) Provinsi Kalselmengaku sedikitnya terdapat200 pelanggaran yang didomi-nasi di kawasan Kintap, AsamAsam, Kabupaten Tanah Lautdan Sungai Danau KabupatenTanah Bumbu.

    Kepala DishubkominfoProvinsi Kalsel, M Tahkimmenjelaskan tingginya angkatersebut, membuat Tim ter-padu penegakan dan penga-wasan Perda No.3 menggelarrapat pada akhir Mei lalu. Ter-lebih lagi selama Mei 2012ternyata ada 60 pelanggaran.Lebih tinggi dari bulan sebe-lumnya.

    Atas maraknya pelanggar-an Perda No.3 tersebut akhir-nya Tim sudah menggelar ra-pat. Rapat yang dihadiri Wadir-lantas Polda Kalsel sebagaiKetua Pengendali Pengawasandi lapangan. Hasil rapat mene-kankan agar kami mengeva-luasi dan lebih meningkatkankinerja petugas di lapangan,katanya, Minggu (3/6).

    Sementara itu, KepalaDinas Pertambangan dan Ener-gi Provinsi Kalsel, Ali Muzaniemengatakan, setiap aktivitaspenambangan yang tidakmengantongi izin namanya pe-nambangan tanpa izin (Peti).Setiap pengusaha atau penam-bang saat ini dinilainya sudahmelek terhadap peraturanperundang-undangan terkaitpertambangan.

    Pertambangan sekarangada yang namanya otonomi danberada tingkat Kabupaten/Kota. Kalau ada Peti di tiga Ka-bupaten, maka Dinas Pertam-bangan dan Energi Kabupaten

    setempat yang lebih mengeta-huinya dan yang bertindak,katanya, Selasa (5/6).

    Men