Backpacking

of 18 /18
Backpacking "JAKARTA – BALI – LOMBOK – BALI – JAKARTA, 11 January 2010 – 18 January 2010" Har ke- 1 St. Jakarta Kota – St. Surabaya Gubeng “Gaya Baru Malam Selatan”*ekonomi. Rp 33.500,- 16 Jam. 12.00 WIB – 04.30 WIB *sebelum jalan, pas di loket. Ditanyain bener – bener tentang gerbong dan nomer kursi yang lo dapet, jangan sampai terbohongi. Hha. *hati –hati terhadap serangan lemparan batu dari luar. Sumpah! Bahaya bos! Hha. Suasana bakal jadi mencekam dalam beberapa menit. Hha. *rajin – rajin nanya “ini stasiun apa ya?” jangan sampe kelewat. Mati aja lo kalo ampe kelewat. Hha. Jangan terpengaruh akan stasiun yang baru atau lama. “St. Surabaya Gubeng Lama” dan “St. Surabaya Gubeng “ mereka 1 tempat!! Hha. Hampir aja klewat.. *sampai di St. Surabaya Gubeng kan pagi tuh.. sangat disarankan, untuk cuci – cuci muka, sikat gigi, dll.. minimal ganti kaos lah.. karena selama 16 jam, di kereta ekonomi itu, bener – bener bikin lepek badan.. Hari ke- 2 04.30 WIB, St. Surabaya Gubeng *udah di Surabaya…. *ada beberapa alternative buat lo sampai ke Bali.. 1. Dari st. Surabaya Gubeng. Ada kereta ekonomi sampai St. Banyuwangi. Keretanya Jam 2 siang, sampai stasiun banyuwangi, gak tau dah jam brapanya, yang jelas malam.. Rp 20.000,- nah, dari St.

description

 

Transcript of Backpacking

Page 1: Backpacking

Backpacking "JAKARTA – BALI – LOMBOK – BALI – JAKARTA, 11 January 2010 –

18 January 2010"

Har ke- 1

 

St. Jakarta Kota – St. Surabaya Gubeng “Gaya Baru Malam Selatan”*ekonomi.

Rp 33.500,- 16 Jam. 12.00 WIB – 04.30 WIB

 

*sebelum jalan, pas di loket. Ditanyain bener – bener tentang gerbong dan

nomer kursi yang lo dapet, jangan sampai terbohongi. Hha.

 

*hati –hati terhadap serangan lemparan batu dari luar. Sumpah! Bahaya bos!

Hha. Suasana bakal jadi mencekam dalam beberapa menit. Hha.

 

*rajin – rajin nanya “ini stasiun apa ya?” jangan sampe kelewat. Mati aja lo

kalo ampe kelewat. Hha. Jangan terpengaruh akan stasiun yang baru atau

lama. “St. Surabaya Gubeng Lama” dan “St. Surabaya Gubeng “ mereka 1

tempat!! Hha. Hampir aja klewat..

 

*sampai di St. Surabaya Gubeng kan pagi tuh.. sangat disarankan, untuk cuci

– cuci muka, sikat gigi, dll.. minimal ganti kaos lah.. karena selama 16 jam, di

kereta ekonomi itu, bener – bener bikin lepek badan..

 

Hari ke- 2

 

04.30 WIB, St. Surabaya Gubeng *udah di Surabaya….

*ada beberapa alternative buat lo sampai ke Bali..

 

1. Dari st. Surabaya Gubeng. Ada kereta ekonomi sampai St. Banyuwangi.

Keretanya Jam 2 siang, sampai stasiun banyuwangi, gak tau dah jam

brapanya, yang jelas malam.. Rp 20.000,- nah, dari St. Banyuwangi. Tinggal

jalan kaki aja ke pelabuhan ketapang.. gak jauh kok. Sekitar 10 menitan…

nyebrang deh naek kapal..

 

2. Dari St. Surabaya Gubeng. Ada kereta bisnis eksekutif sampe Terminal

Ubung, Denpasar.. Rp. 120.000,- “KA Mutiara Pagi” jam 9 pagi – 4 sore. sampe

Page 2: Backpacking

St. Banyuwangi, di jemput langsung pake bis Damri. Lanjut dah, langsung

sampe terminal ubung, Denpasar *udah sama bayar nyebrang..

 

3. Dari St. Surabaya Gubeng. Naek kendaraan umum.. rutenya. Naek angkot

dengan huruf “F” (disurabaya, angkotnya pake huruf. ) sampe JOYOBOYO Rp

3.000,-. Dari JOYOBOYO naek minibus L300, sampe terminal Bungur Asih.. Rp

5.000,- (turunnya, di seberang terminalnya, jadi, nyebrang dulu lewat

jembatan penyebrangan.. hha.) 30 menit sampe terminal. Total biayanya Rp

8.000,-. Dari terminal Bungur Asih naek bis antar kota

“SAMARINDA”*ekonomi. Rp 14.000,- sampe Terminal Pobolingo (2 Jam). Dari

terminal Probolingo, naek bis antar kota “AKAS”*eksekutif. Rp 28.000 sampai

terminal Ketapang (5 Jam). Dari terminal ketapang – pelabuhan ketapang,

naik angkot “LIN” (warnanya kuning..) Rp 5.000,- *mahal. Harusnya Rp 3.000,-

bisa. Sial. Total perjlanan 7 jam..

Kita pilih alternative yang ke -3. Ya.. walaupun jauh lebih ribet dan

ngebingungin… tapi, percaya aja.. itu lebih efektif dibanding, lo nunggu ampe

jam 9 pagi atau bahkan jam 2 siang. Dan, ini lebih murah dibanding 1&2 hha.

Kita jalan jam 6 pagi dari term. Bungur Asih, sampe probolingo jam 8 pagi.

Dari Probolingo 4 jam sampe jam 12.00 udah di ferry siap nyebrang.! lebih

cepet kan?? Hha. Trus total biaya ongkosnya. Rp 55.000,- ya.. lumayan lah…

 

Jam 12.00 sampai pelabuhan ketapang.. *lewatin semua calo yang ada ! lo

jalan aja sendiri.. beli tiket nyebrang sendiri.. biaya tiket nyebrangnya Rp

6.000,- *5.700 itu yang dewasa.. dewasa sama anak – anak beda… hhi. Gua

lupa berapanya.. *ubah jam lo.. naikan 1 jam lebih cepat. Oke? Hii

 

12.30 siap untuk nyebrang. *alternative 3, lebih cepet dibanding 1&2, kalo 1 &

2 jam segini, lo blom siap nyebrang.. Hha. Nyebrang Cuma 45 menit! Ya..

sejam lah.. jam stgah 2 SUDAH SAMPAI di BALI.. hha. Sampai di pelabuhan

gilimanuk, jalan aja sedikit ke terminal gilimanuk. *tpi, ada pengecekan KTP

dulu. Tenang aja, gk diapa2in juga kok. Gak dipungut biaya.. hhe. Dari

terminal gilimanuk itu, langsung naik bis kota (kayak metro mini/kopaja)

sampai terminal Ubung, Denpasar… Rp 25.000,- *harusnya Rp 20.000 dapet…

4 jam… 16.10 – 19.30 WITA.. udah sampe denpasar dah.. hha…

 

Page 3: Backpacking

Total ongkos yang keluar…

KA Gaya Baru Malam Selatan Rp 33.500

Angkot F Stasiun – Joyoboyo Rp 3.000

Minibus L300 Joyoboyo – Term. Bungur Asih Rp 5.000

Bis Kota SAMARINDA Bungur Asih – Probolingo Rp 14.000

Bis Eksekutif AKAS Probolingo – Term. Ketapang Rp 28.000

Angkot “LIN” Term. Ketapang – Pelabuhan Ketapang Rp 5.000

Tiket Nyebrang Ketapang – Gilimanuk Rp 6.000

Bis Ketapang – Term. Ubung Rp 25.000

TOTAL Rp 119.500

 

Nah, Rp 119.500 belum sama makan… di St. Kota beli nasi bungkus dulu Rp

7.000,- *udah sama kerupuk.. buat makan di kereta. *sebenernya di kereta

ada yang jual nasi bungkus, bahkan lebih murah. Tapi, gk nyaman aja. Gk tau

isinya kaya apa, trus buatnya gmna, Gak aman aja.. trus, karena dikereta juga

nyemil2.. pasti berasa kenyang aja, sampe besoknya.. hha. Nah… mulai laper

lagi, pas mau nyebrang ke gilimanuk. Emang waktunya makan siang juga..

beli makan di kapal Rp 5.000,- nasinya sedikit.. macem nasi kucing gitu lah..

*hwah. Jangan beli makan di kapal dah. Mending pas kapalnya mau take off,

kan bnyak pedagang pada masuk. Nah, beli aja.. harganya juga gak jauh..

hhii.. nah.. gak makan lagi dah, sampai terminal ubung, denpasar.. hha.

 

Jadi, totalnya adalah… Rp 119.500 + Rp 12.000 = Rp 131.500,- hha. Mantap

to’?? Cuma segitu, bisa sampai BALI… hhiii…. Ini baru ongkos berangkat aja…

nah, kasarnya, lo kali dua aja.. buat nentuin ongkos PP nya.. Rp 131.500,- di

bulatkan Rp 150.000,- x 2 = Rp 300.000,-

Nah… jadi buat ongkos. Rp 300.000,- udah PP… total perjalanan.. 33 jam. *fyi:

lo akan bosen sama duduk.. kerjaan lo duduuukkk.. mulu!

 

Oke lanjut .. dari terminal ubung.. lo bisa naek angkot lagi kalo mau ke kuta..

tarifnya paling 10.000an.. sampe di kuta, langsung cari hotel murah dah.

Banyak di Jl. Popies 1 atau Jl. Popies 2. *bentuknya macem gang gitu,

nyambungin Jl. Legian ke Pantai Kuta.. ini surganya para BACKPACKER DI

DUNIA.. hha. Banyak banget penginapan murah disana.. tarifnya Rp 40.000 –

Rp 60.000/mlm dan 1 kamar bisa berdua.. nah.. lo bagi dua lg deh tarifnya..

Page 4: Backpacking

jatohnya, paling mahal, UNTUK MENGINAP DI BALI HANYA Rp 30.000/org/mlm.

Hhaa.. pas di kuta pula… mantap dah… untuk info hotelnya, bisa di cari

di www.google.com gua punya sih. Lengkap sama no. telp. Tapi, lebih cepet

aja kalo lo langsung searching.. hha.. nah buat makan sehari – hari juga, di

popies ini, banyak makanan murah.. Rp 10.000an udah sama es teh manis..

jadi, buat makan seharinya Rp 20.000 cukup. Yaa. Buat jaga – jaga 25.000

lah.. *buat lo yang muslim… ati – ati ya.. jangan sampe lo salah makan…

salah – salah ntar daging babi lo makan… hha. Carefull ! hhii..

 

Nah. Udah bisa kira – kira deh. Makan sehari Rp 25.000,- hotel permalam Rp

30.000,- tinggal diatur mau berapa lama lo disana.. kalo gua sudah

menganggarkan… total pengeluaran ongkos, makan, hotel selama seminggu

Rp 700.000,-

 

• Ongkos Rp 150.000 x 2 = Rp 300.000,-

• Makan Rp 20.000 x 10 hari = Rp 200.000,-

• Hotel Rp 30.000 x 3 mlm = Rp 90.000,-

• Jalan – jalan * sisanya Rp 110.000,-

 

Nah, gua menganggarkan Cuma 3 hari di hotel, karena selebihnya gua nginep

dirumah temen di sana. Jadi, buat lo yang punya saudara atau teman,

gunakan lah sebaik mungkin. Hhee…

 

Sip ! jadi, total yang dibutuhkan pas Rp 700.000,- *tapi belum sama lain – lain

ya.. belanja.. water sport… tattoo-an.. dll.. banyak juga kok, water sport yang

murah.. tapi…….. ya tentu aja ada tapinya. Hha. Udah nikmatin indahnya

pantai bali sama liat bule – bule betebaran aja.. udah seneng kok. Wkka. Oya,

kan judul TRIP gua “JAKARTA – BALI – LOMBOK – BALI – JAKARTA”. Nah, untuk

Rp 700.000,- itu, paket non-Lombok ya.. karena.. butuh ongkos agak lebih

untuk ke lombok.. hhe. Ntar gua rincikan.. oke2??

 

Nah, kalo lo mau jalan – jalan.. mending sewa motor aja.. seharian, Rp

50.000,- nah. Itu lo pake dah.. kemana pun lo mau.. bahkan lo bisa cari yang

lebih murah. Gua dapet yang Rp 80.000,- udah 3 hari !!! dan Rp 80.000,- itu

masih lo bagi lagi.. paling nggak b2.. kan 1 mtor b2 tuh.. jadi Rp 40.000 /org!

Page 5: Backpacking

hha. Sadis kan? Hhii.. dan, lo rajin – rajin aja, searching di om google.. banyak

banget blog – blog para backpacker yang ceritain pengalamannya di bali..

nah, lo pelajarin aja dah dari situ.. hha. *yaa.. namanya juga backpacker…

semuanya penuh dengan perhitungan…

 

Nah.. udah tuh.. udah gua kasih tau rinciannya tinggal lo itung2 aja dah.. kira

– kira lo mau bawa berapa.. hha.. usul aja.. dari awal lo mau berangkat..

uangnya udah lo pisah – pisah… yang buat makan… ongkos PP.. sama hotel…

dan jangan lo sentuh – sentuh, kecuali emang sesuai dengan keperluannya.

Terutama ongkos PP.! Lo simpen bener –bener jangan lo sentuh sedikitpun

selama di bali ! hha. Daripada gak bisa pulang?? Bahaya.. wkka.

 

Sip ! itu rincian hidup backpacker selama di bali ya.. sekarang gua kasih tau.

Apa aja yang gua dapet selama di bali. Hhe. *curhat lah.. hhe.

 

Lanjutan yang tadi ya. Masih HARI ke- 2.

Sampe terminal ubung jam 19.30 WITA. *yang tadinya mau nginep langsung

di kuta, tapi ternyata gak jadi. Gua langsung menginap di rumah temen gua.

Bang ari… hhe. Gua langsung di jemput oleh sang FC 2008. *Abang gua

banget dah. Hha. Sampai dirumah beliau.. kita semua langsung mandi –

mandi + beres – beres. Hha. Oya, sebelumnya gua jelaskan ya.. gua

berangkat dengan siapa aja. Hha.

 

• Dimas Adi Oetama Sahupala – Pria – 1 taun di atas gua, Jurusan PAJAK’08

UI… (lajang. Wkka)

• Theresia Velofa Sihombing – Wanita – 2 taun di atas gua, Jurusan PAJAK’07

UI… (LAJANG!!)

• Elizabeth Zoraya Paskarini – Wanita – beberapa taun di atas gua, Jurusan

SASTRA CINA UI.. (yang ini, udah ada yang punya.. hhii).

 

Jadi. Total berangkat kita b4an.. 2 pria 2 wanita. usul aja.. kalo lo mau

backpack, gk usah berame2.. itu ribetnya bukan main.. b4 gini. Udah pas n

cukup banget! Usahakan genap.. jangan ganjil.

Oke lanjut. Oya, perjalanan dari terminal ubung ke rumah bang ari, yang

kebetulan rumah bang ari itu di pusat kota Denpasar.. di panjer, deket

Page 6: Backpacking

Renon… jadi, kita b4, di bawa muter – muter sedikit.. kita ke pusat kota.. ke

sman 1 denpasar.. baru dah kerumahnya.. *fyi: di bali, pusat kotanya

jalanannya itu, gak Cuma di aspal.. tapi ada yang di konblok juga.

 

Jam Setengah 11 malam, setelah semuanya mandi.. kita langsung pergi jalan

– jalan.. hha. Lebih tepatnya, kita cari makan malam.. kita makan SOTO

CEKER.. di daerah Kuta.. deket jogger.. harganya Rp 11.000,- udah sama

FreshTea.. abis itu, langsung ke Mcd Kuta… beli Burger.. sambil denger ombak

pantai.. Rp 9.000,-

 

Jadi pengeluaran di Hari ke- 2.. *terhitung setelah sampai di bali ya.

 

Makan Siang Di kapal Rp 5.000,-

Makan Malem “Soto Ceker” Rp 11.000,-

TOTAL Rp 16.000,-

 

Hari ke -3

 

Malemnya, kita semua udah niat mau liat SUNRISE di Pantai Sanur.. tapi,

kesiangan.!! Hha. Mungkin karena kita baru tidur lagi itu jam stgah 1an..

ditambah, kita masih capek, karna baru sampe BALI. jadi tidurnya agak kebo.

Alarm sih nyala.. tapi, ya bodo amat dah… hha.

 

10.00 WITA. Kita tetep ke pantai… SHINDU BEACH.. sampai sana, ternyata

sepi.. nikmat lah… mungkin karena abis hujan.. jadi, gak rame. Bahkan, gak

ada satu orang pun yang berenang di pantai itu!! Hha. Private beach… wkka.

Kita maen Kano Rp 10.000,- SEPUASNYA ! ampe lo ketelen ombak juga.. tetep

segitu harganya.. hha. *kita Cuma sewa 1, dan itu dipakai bergantian.. hha.

Yaa.. dapet sempet kena foto lah satu – satu.. hha. Nah.. setelah berenang..

kita bilas.. tariff bilas Rp 2.000,- kamar mandinya enak ! bersih! Nyaman lah..

hha.

 

Habis dari pantai… kita ke “Monumen Perjuangan Rakyat Bali”, Renon.

Wonderful place…. Gak usah masuk ke dalem juga gppa.. cukup foto – foto di

depannya aja.. itu udah indah banget bos! Hha. Makan nasi campur Rp 6.000,-

Page 7: Backpacking

next stop. Kita pergi ke BANGLI.. disana juga ada monument yang bagus

juga.. oya, kita juga ke GUNUNG & DANAU BATUR.. wonderful place…. Berfoto

ria… haa. *fyi: ketika lo turun dari mobil.. lo akan diserbu oleh ribuan

pedagang *hwah, lebay. Mereka menawarkan dagangannya, dan lumayan

murah… lo bisa dapet gelang yang seribuan… dll.. tapi, ttep. Lo kudu focus!

Ke situ itu, untuk nikmatin indahnya Danau & Gunung Batur.. bukan belanja!

Hha. Balik dari sana, karena searah… kita berenti lagi di objek wisata SIDAN.

Disini.. lo dapet view sawah yang berbukit.. Wonderful place…. Hha. Dari

Denpasar ke BANGLI itu, makan waktu sekitar 1 – 2 jam… *naek mobil. Hha.

 

Setengah 11 malam ! kami ngebolang lagi.. hha. PASAR KERENENG .. makan

dan minum yang hangat – hangat… makan SOTO AYAM Rp 8.000,- udah sama

es teh manis.. jajan – jajan Rp 7.000,-..

 

Jadi, pengeluaran di Hari ke- 3..

 

Sewa Kano Rp 10.000,-

Bilas Rp 2.000,-

Makan Siang “Nasi Campur” Rp 6.000,-

Makan Malam “Soto Ayam” Rp 8.000,-

TOTAL Rp 26.000,-

 

Hari ke-4

 

GOES TO LOMBOK…

 

Nah.. disini kita baru sewa motor… kita sewa Rp 80.000,- @3 hari. *fyi: nyari

sewaan motor agak susah.. apa lagi kalo lo carinya pas hari dmana mau

langsung lo pake… susah… karena mungkin tuh rental, lebih mentingin bule

yang minjem daripada turis local kaya kita. Akhirnya pakai motor bang ari.

Total motor yang dipakai 3 motor. Nah, karena kita Cuma nyewa 1 motor..

jadi, yaa.. 80.000 itu dibagi 4.. jadi Rp 20.000,- /org. *murah to? Hha. Berkat

bang ari juga sih. Untuk bensin.. Rp 20.000,- juga cukup… *gantian ya

ngisinya.. kan semotor 2 orang… hhe.

 

Page 8: Backpacking

Jadi, kita ke LOMBOK pake motor… sebenernya ada tracknya kalo kita mau

naek angkot.. tapi, karena agak ribet. Jadi ya kita pakai motor aja.. itung2,

biar di lomboknya gak ribet kalo mau jalan - jalan… nah. Rutenya adalah, kita

ke pelabuhan PADANG BAI dulu, di bawah BALI.. *ya distulah pokoknya.. hha.

perjalannanya 1 – 1.5 jam.. karena kita naek motor.. disarankan untuk

membeli sarung tangan motor dulu.. ada kok, di pinggiran jalan.. *beda sama

di Jakarta ya.. gak ada yg jual sarung tangan di lampu merah,, hha.. harga

sarung tangan Rp 7.500,- *pinter nawar bos!! Awalnya, dia bilang 20.000 satu.

Ogah bener.. sarung tangannya juga yang biasa.. bilang 15.000-2. Yaa. Sedikit

perang dingin.. akhirnya dapet.. hha.

 

Sampai di pelabuhan PADANG BAI.. langsung beli tiket.. harga tiket motor Rp

86.000,-++ *udah sama ongkos nyebrang orang yang naek motornya… kalo

lo gak bawa motor.. tarifnya Rp 31.000,-.. *mahal. Tapi emang segitu.. tapi

tetep, 86.000 itu, lo bagi 2.. karna kan yang naek motor bedua.. hha. Jadi, Rp

43.000,-/org. tapi karena gua b5, dan 3 motor. Jadi beli 3 tiket x 86.000 = Rp

258.000,-/5 = Rp 51.600/org.

 

Untuk makan. Karena udah waktunya makan siang. Gua beli makan di kapal,

lebih tepatnya POP MIE, harganya Rp 10.000,- *asu bener. Emng mahal. Tapi,

yaudah lah. Beli aja. Buat ngeganjel. Nah, buat lo, mending, lo beli aja dulu

nasi di luar, jangan pas di kapal. Karena di kapal, gak ada yang jual nasi!!

Pedagang2 gk boleh ikut kapal. Hwah… ampun dah.

 

Ombak lagi besar. Jadi, goncangan kapalnya bener2 kuat!! Sumpah. Buat lo

yang mabok laut, mending minum antimo dulu, kacau dah. Atau ngak lo tidur

aja. Ada kok, ruang buat penumpang yang ber-AC + TV.. tidur aja disitu.

Perjalanan selama 5 jam! Diluar perhitungan kita. Biasanya 5 jam itu, kita

udah sampe di Lombok.. ternyta malah, kita abis 5 jam di kapal. Itu karena

cuaca yang buruk.. yasudahlah. Kita sampai di Lombok malem.. *fyi: buat lo

yang bener – bener buta akan Lombok. Lo harus punya peta Lombok, peta

yang yang bener – bener detail. Sampe nama – nama jalan. Nah, kita b5.

Semuanya buta Lombok! Wkka. Yaa. Kita rajin – rajin nanya lah.. bahkan,

sampe kita ke toko buku, buat liat peta Lombok. Tapi, inilah esensinya… hha.

 

Page 9: Backpacking

Dapet Hotel. Hotel KARTHIKA.. Rp 100.000,-/mlm kamar ini untuk berdua. Kalo

dimasukin lebih dari 2 org, kena cas Rp 10.000,-/org. karna kita b5, Jadilah

permalam Rp 130.000,-. Dapet Ex. Bed pula. Hha. Nah, di bagi 5 deh. 130/5,

Rp 26.000,-/org/mlm *gak jauh sama target awal, yg nginep di kuta 30rban…

hhii. *fyi: di Lombok banyak banget losmen2 atau hotel2 murah.. tepatnya di

CAKRANEGARA, ya.. lumayan deket sama pusat kotanya, MATARAM..

 

sip. Rp 26.000,-/mlm fasilitas yg lo dapatkan adalah,

1. kamar dengan double bed,

2. TV,

3. Kipas Angin *gk pke kipas juga udh adem, Lombok lagi dingin.,

4. Kamar mandi yang luas dan nyaman *bisa mandi b5 (^_^),

5. Light Breakfest *roti bakar,

6. Teh dan KOPI 24jam selalu stay didepan kamar.. hha.

7. + EXTRA BED !!! hha..

 

Wkka. Kebayang. Gimna enaknya bukan? Ya… terbayar lah… *kita backpack,

jd fasilitas gini udah serasa bintang LIMA ! hha. *****

 

Langsung cari makan malam.. dan kita makan AYAM BAKAR TALIWANG.. *khas

Lombok ni.. hhi. Menunya gak cuma ayam bakar aja kok, ada nasi campur, dll.

Nasi Campur 10rban.. ayam bakarnya juga macem2. Ada ayam bakar madu..

ayam bakar pedas.. ayam bakar biasa, goreng pun ada. Harga ayam bakarnya

Rp 17.000,- sama nasi jadi Rp 20.000,-. Es teh manis 2rban. Kalo Jus 4-5rban…

hhe. Gua makan, Ayam Bakar Madu +jus tomat Rp 24.000,- *agak mahal.

Tapi, yaudahlah.. skali2 makan enak. Hha.

 

Gak jauh dari tempat gua makan, ada kaya pasar buah gitu. Kebetulan karna

lagi musim duren, duren belimpah ruah disana. Hha. Kita makan duren sampe

Rp 65.000,- udah dapet 4-5 buah. Hha. Krena velo gak doyan duren, jadi 65 rb

itu dibagi 4, per orang Rp 16.000,-. Dan.. pulang ke hotel..

 

Oke, total hari pertama GoesToLombok adalah…

 

Sewa Motor Rp 20.000,-

Page 10: Backpacking

Bensin Rp 20.000,-

Bayar Nyebrang Rp 43.000,-

Makan Siang “POP MIE di Kapal” Rp 10.000,-

Hotel Rp 26.000,-

Makan Malam “Ayam Bakar Taliwang” Rp 24.000,-

TOTAL Rp 143.000,-

 

Hari ke – 5

 

Jam setengah 5 pagi, kita udah siap jalan ke Pantai SENGGIGI.. Pantainya

masih bersih.. tapi bagian pantai yang gua singgahi, kebetulan buat parkirnya

kapal – kapal nelayan.. agak jauh, buat jalan ke pantai yang sepi. Tapi, untuk

dapetin spot yang enak, ya gak masalah.. gratis biaya masuk.. Bilas Rp

2.000,- kamar mandinya kurang nyaman.. jadi agak carefull aja.. bayar parkir

motor Rp 2.000,-

Makan siang, Soto Daging Rp 11.000,- + es teh manis.. karena hari ini, hari

terakhir di Lombok. Jadi kita putuskan, untuk beli buah tangan. Pergi ke pasar.

*jangan malu buat nanya2 aja ya. Hhe. Gua menghabiskan Rp 92.500,-. Yang

gua dapatkan adalah, 1 t-shirt Lombok, 2 Daster, 2 selendang Lombok. Intinya

bisa ditawar serendah mungkin, kalo kita beli borongan… bayar parkir Rp

1.000,-

 

Abis dari belanja, kita langsung ngejar sunset ke pantai Senggigi. Karena agak

mendung. Jadi kita gk dapetin sunset yg kita mau. Ya gak apa2 lah.. bayar

parkir motor Rp 2.000,- kita beli jagung rebus buat ganjel perut. Jagung rebus

Rp 1.000,- baliknya kita makan di McD MATARAM MALL. *hha. Makan enak

lagi… Rp 15.000,-. Beli jajanan buat besok balik lagi ke bali, *urungan Rp

15.000,-/org. hotel malam terakhir di Lombok, Rp 26.000,-

 

Jadi, total pengeluaran gua hari ke-2 di Lombok adalah..

 

Bilas mandi Rp 2.000,-

Parkir motor *total Rp 5.000,-

Makan Siang “Soto Daging” Rp 11.000,-

Makan Malam “McD” Rp 15.000,-

Page 11: Backpacking

Hotel malam ke-2 Rp 26.000,-

TOTAL Rp 59.000,-

 

 

Hari ke -6

 

Wisata ke TAMAN NARMADA, LOMBOK. Tiket masuk Rp 5.000,-/ org. pake

Guide Rp 20.000,-/5 = Rp 4.000,-/org. *fyi: guide itu sangat berguna, saran

kita, pake guide aja, gak mahal – mahal amat juga.. trus, waktu kita kunjung

kesana, ternyata hujan. Tapi tenang.. kita dapet fasilitas pinjaman payung,

bagus pula. Hha. Trus, satu lagi, disini ada AIR SUCI, dipercaya.. bisa jadi awet

muda! Hha. Biayanya… Rp 20.000,-/org.

 

Makan siang.. MAKANAN KHAS MADIUN, deket Bandara SELAPARANG,

MATARAM, LOMBOK. Rp 20.000,- *udah sama jus+dibungkus buat makan

dikapal. Nyebrang kapal Rp 258.000/4 = Rp 65.000,-/org.

 

Jam 9 malam, baru sampe di Bali. Gak tahan, langsung jalan lagi !! hha. Pas

Satnite. Naek mobil bang ari, patungan bensin Rp 20.000,-. Makan di McD

KUTA Rp 23.000,-. *fyi: di bali, ada yang namanya nasi Jinggo tau? Hha. Itu

makanan macem nasii kucing. Makanannya murah, Rp 2.000,-/bgkus..

 

Jadi.. hari ke -6 ini, pengeluarannya adalah..

 

Taman NARMADA (tiket masuk+guide) Rp 9.000,-

Makan Siang “MAKANAN KHAS MADIUN” *+dibungkus Rp 20.000,-

Nyebrang Kapal Rp 43.000,-

Makan Malam “McD” Rp 23.000,-

TOTAL Rp 95.000,-

 

Hari ke– 7

 

Sunrise-an di PANTAI SANUR… sewa kano lagi.. Rp 10.000,-. Lumpia khas bali..

Rp 5.000,- bilas mandi Rp 2.000,-. *fyi: untuk motor, pas masuk ke kawasan

pantai ini, kena bea parkir Rp 2.000,-. Abis mandi, langsung ke GARUDA

Page 12: Backpacking

WISNU KENCANA (G-W-K), tiket masuk Rp 25.000,-/org. karna uang kita sudah

menipis, jadi kita gak masuk. Hha. Puter balik.. langsung pulang. Hha. Mampir

ke SURFING FACTORY OUTLET, letaknya di bypass *kalo gk salah, hhe. Disini,

lo bisa dapetin kaos2 atau apapun, merek surfing-an tentunya. Dengan harga

miring.! mereka selalu diskon. Waktu gua kesana, diskon 20%-70%. Bahkan,

kalo lagi musim akhir2 stok gitu, mreka bakal kasih diskon sampe 90% ! gua

baca di blog, celana pendek cowo, dari harga Rp 500rban, bisa dia dapetin Rp

50rban! Begitu juga kaos2 cwe! Gak sampe 20rban! Hha. Gokil.. gak usah

takut palsu! Dijamin keasliannya… hha. Yaa.. macem barang rijekan… tau

lah..

 

Langsung beli oleh2… selain PASAR SUKOWATI, ternyata ada juga kok, pusat

oleh – oleh bali.. sebenrya banyak. Tapi, salah satu yang terkenal adalah

ERLANGGA. Disitu, lo gk musti umpel2an kayak macem di pasar.. tempatnya

nyaman.. ya macem kayak dept. store gitu. Dan disni lo gk bisa nawar..

harganya udah nge pas! Tapi gk ush takut, dsini semua brgnya udh murah2…

gk boong dah… hha. Ttep gak kuat kalo gak ke SUKOWATI.. langsung pergi

lagi ke pasar itu. Hha. Serbu mati2an….. harganya bisa lo tawar sampe

seerendah yang lo mau, asal jago nawar aja.. sama pinter2 akting sok2 pergi

nunggu dipanggil. Hha. Sama, dipasar ini penjualnya suka kesel.. kalo lo

nawarnya ampe kacau, lo bakal di sorakin sama penjual2nya! Hha. Tips nya,

kalo nawar tetep pake hati ya… jangan seenak jiwa lo. Hha.

 

Makan siang.. Nasi Goreng Rp 23.000,-+soda gembira. Hha. Pulangnya, kita

langsung googling, nyari info buat pulang kita ke Jakarta… *fyi: di bali –

Lombok … rata – rata, warnetnya gak Cuma sediain jasa internet biasa aja..

mereka juga sediain jasa wifi ! tapi not free.. tetep ada biayanya.. modelnya,

kita kayak beli kupon, sesuai sama berapa jam yg pengen kita pakai, di kupon

itu isinya buat kita log-in.. rata – rata biayanya..

 

• 1 jam Rp 3.000,-

• 2 jam Rp 6.000,-

• 4 jam Rp 10.000,- dll..

 

Page 13: Backpacking

Bahkan ada yang sampe 24jam.. ya tentunya.. Cuma wifi di warnet ini aja..

gak bisa disembarang warnet… hha. beli jajanan buat di perjalanan pulang Rp

18.000,-/org*urungan. Makan malam, PECEL Rp 9.000,-+minum.

 

Setelah googling.. kita memutuskan untuk pulang malam ini juga. Jadi, setelah

sampe di rumah bang ari lagi, kita semua langsung packing, mandi, dll. Jam

21.30 WITA, kita berangkat.. diantar sama bang ari, sampai terminal ubung,

Denpasar. Rencana awal, kita mau ngeteng ke gilimanuk dulu. Ternyata gak

ada, bisnya udah abis *karna udah malam. Hwah. Tapi tenang, ternyata kita

ditawarin bis executive langsung sampe terminal BUNGUR ASIH, SURABAYA.

Kita ditawarkan oleh para calo, Rp 130.000,-. Hwah.. terlalu mahal!! Kita ogah

–ogahan.. akhirnya, mereka ngalah. Kita dikasih harga Rp 100.000,-!!! Mmh.

Boleh2… ternyata, setelah kita pegang tiketnya.. emang harga asli itu bis Rp

130.000,-!! Hha. cz, fasilitas yang lo dapetin bener2 executive abis. Ada TV,

Kamar mandi, dapet makan pula, bis nya AC, dapet bantal+slimut, langsung

sampe Surabaya juga, udah include sama biaya nyebrang.. hha. betapa

nyamannya…. Hha. *serasa bukan backpack…. Hhiii. *fyi: kita sampe terminal

gilimanuk jam 1 pagi. Ternyata, masih ada kapal yang nyebrang. Jadi, buat lo

yang mau jalan malem, gak usah takut. Masih ada kapal yang nyebrang, hha.

 

Sampai di terminal Bungur Asih Surabaya. Kita naik bis kota menuju St.

Surabaya Gubeng. Harga tiketnya, Rp 3.500,- *jauh dari perkiraan kita. Hha.

sampai di St. Surabaya Gubeng, pagi, sedangkan keretanya jam 2 siang,

yaudahlah.. kita cari makan dulu.. ke Mall-nya Surabaya, *gak jauh dari St.

Surabaya Gubeng, kita makan pagi KFC, Rp 30.000,- yaa.. makan enak lagi..

hha. *karena ini juga udah pengeluaran2 akhir, sebelum kita pulang, ongkos

masih ada sisa?? Yaa.. makan enak lah.. hhe. Trus, balik lagi ke Stasiun.. kita

jadi maen uno-an di stasiun. Hha. tiket kereta GAYA BARU MALAM SELATAN,

Rp 33.500,-. *kereta ini, gak sampe JAKARTAKOTA, cuman sampe PASAR

SENEN. Hha. beda sama kaya pas berangkat.. sampe di Jakarta pagi.. jam

7.00 WIB….. nice trip… go ahead…

 

 

Jadi, pengeluaran di hari ke- 7 sampai tiba di jakarta…

 

Page 14: Backpacking

Sewa Kano Rp 10.000,-

Bilas Rp 2.000,-

Parkir Rp 2.000,-

Makan Siang “Nasi Goreng” Rp 23.000,-

Makan Malam “PECEL” Rp 9.000,-

Tiket Bis sampai St. Surabaya Gubeng Rp 103.500,-

Makan Pagi “KFC” Rp 30.000,-

Tiket Kereta “GAYA BARU MALAM SELATAN”*ekonomi Rp 33.500,-

TOTAL Rp 213.000,-

 

Jadi.. Total Pengeluaran SEMUAAA nya..

 

Hari Pengeluaran KET

1 Rp 119.500 Keberangkatan…

2 Rp 16.000,- Terhitung dari Sampai di Bali

3 Rp 26.000,-

4 Rp 143.000,- GoesToLombok..

5 Rp 59.000,- Hari ke- 2 di Lombok.

6 Rp 95.000,- Hari Trakhir di Lombok + Balik ke Bali

7 Rp 213.000,- Kepulangan…

TOTAL Rp 661.500,- See?? WEW.. hha.

 

Notes :

 

• Untuk kereta awal, minta tmpat dduk yg hadap2an.. jgn sampe misah.. trus,

yakinin sama kondektur atau petugasnya, kalo gerbong yg lo tempatin

beneran ada.

 

• Sebelum naek kereta, pastiin semuanya udah disiapin, Nasi Bungkus, Snack,

UNO, Gaple, Remi, bahkan mau bawa gitar juga boleh..TV?? boleh.. hha. trus,

semua sampah yg ddlem perut lo, udah dikeluarkan semuanya.. yakinlah lo

gak akan make tuh kamar mandi yg di kereta. Ckk. Hha.

 

• Kalo udah di pelabuhan ketapang, lo jangan beli karcis dari calo, emang kalo

di akumulasiin harganya gk jauh beda, tp, lo gk akan tau biaya2 nyebrang..

Page 15: Backpacking

trus lo gbsa foto2 di palbuhan itu, dll.. gak seru lah klo beli dari calo… ckk.

Trus juga, kalo lo belum beli kaca mata, di sini lah tempatnya… jangan beli di

bali.. bakalan mahal.. harga kaca mata Rp 10.000,- s/d Rp 20.000,- lumayan

bagus kok, buat gaya – gaya… hha.

 

• Total – total tariff yang tertera diatas.. itu yang sesuai sama yang gua alami

ya… maksudnya.. bisa aja lo gak makan diMcD.. bisa lebih murah kan?? Dan

tariff – tariff itu semua, di luar sama hedonnya gua dsana.. hha. ya… itu biaya

hidup lo dsana lah… lumayan murah kan?? Hhe.

 

• Kalo lo perhatikan cerita gua diatas, bisa dibilang kita sama sekali gak dapet

sunrise *walaupun udah ngejar2 mtahari..brangkat jam stgah5 pagi.. hha. dan

juga, kita gak dapet sunset.. hha. kasian ya.? Itu karena.. kita kesana pada

MUSIM HUJAN! Hwah. Jadi.. usul aja.. kalo mau kesana, jangan yang pas

musim hujan.. selain susah dpet sunrise & sunset, nyebrang pulau pun arus

ombaknya bahaya… di tambah lagi kalo hujan.. lo gak bisa kemana2.. gak

enak lah.. masa udah di bali gak kemna2?? Hha.

 

• Trus juga.. kalo lo perhatikan. Kita sering banget dapetin PRIVATE BEACH…

hha. yoaa.. karena kita kesana pas banget low season.. jangan yang pas high

season.. high season itu biasanya juni – agustus… awal & akhir tahun.. ya..

pas liburan panjang, itu high season..

 

• Oya, trus juga.. tariff – tariff diatas itu non-wisata ya. Yaa. Mungkin ada

bberapa kaya Taman Narmada.. sebenernya masih banyak lagi… tapi gak

sempet kita kunjungi… karna waktunya mepet banget! Hha. fyi : 7 HARI

BERSIH DI BALI PUN NGGAK CUKUP. Hwahh..!!! min. 1 BULAN ! hha. lebay.

 

• Buat ke Lombok.. usul saya naek motor.. karena, biar pas sudah di Lombok,

gak repot kalo mau jalan2… atau lo bisa sewa mobil ketika udh di Lombok…

oya, buat motor yang disewa… usahakan motor bebek. Jangan matic.. oke2??

Hhe.

 

• Selama di perjalanan, dari Denpasar – Pelabuhan PADANG BAI, lo akan

nemuin truk2 besar yang mau ikut nyebrang juga ke Lombok.. ati2 aja bawa

Page 16: Backpacking

motornya.. dan lo jalan di pinggir laut juga… hha. di tengah perjalanan, lo

akan nemuin pura yang indah. Kalo kata orang bali nya.. (bang ari). Dia

bilang, *kalo gua salah, tolong dikoreksi ya. Tkut lupa. Intinya, di bali itu, ada

2 pura besar.. yang satunya diatas gunung, yang satunya di bawah deket laut.

Nah.. yang ini itu, yang di bawah.. deket laut.. maksudnya, ada atas, ya ada

bawah juga.. biar seimbang.. *hwah. Maap ni kalo salah.. hhe.

 

• Ketika lo naik kapal, untuk nyebrang, mau dari Pel. Ketapang – Pel.

Gilimanuk atau sebaliknya. Atau juga dari Pel. Padang Bai – Lombok atau

sebaliknya. Di kapal itu ada ruangan Ber-AC + TV, nyaman lah.. jadi, kalo lo

mau tidur nyaman, ya disana bisa… hha. *karena kita kesana pas low session,

jadi kapalnya gak ramai.. sepi.. jadi nyaman.. Gak tau ya, kalo pas high

session.. hhe.

 

Nice trip... semangat!!!!!!!!!!!!!! *duh pegel nih ngetiknya.. hhee