Backpacking

download Backpacking

of 16

  • date post

    16-Jan-2015
  • Category

    Travel

  • view

    772
  • download

    9

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Backpacking

  • 1. Backpacking "JAKARTA BALI LOMBOK BALI JAKARTA, 11 January 2010 18January 2010"Har ke- 1St. Jakarta Kota St. Surabaya Gubeng Gaya Baru Malam Selatan*ekonomi.Rp 33.500,- 16 Jam. 12.00 WIB 04.30 WIB*sebelum jalan, pas di loket. Ditanyain bener bener tentang gerbong dan nomer kursiyang lo dapet, jangan sampai terbohongi. Hha.*hati hati terhadap serangan lemparan batu dari luar. Sumpah! Bahaya bos! Hha.Suasana bakal jadi mencekam dalam beberapa menit. Hha.*rajin rajin nanya ini stasiun apa ya? jangan sampe kelewat. Mati aja lo kalo ampekelewat. Hha. Jangan terpengaruh akan stasiun yang baru atau lama. St. SurabayaGubeng Lama dan St. Surabaya Gubeng mereka 1 tempat!! Hha. Hampir aja klewat..*sampai di St. Surabaya Gubeng kan pagi tuh.. sangat disarankan, untuk cuci cucimuka, sikat gigi, dll.. minimal ganti kaos lah.. karena selama 16 jam, di kereta ekonomiitu, bener bener bikin lepek badan..Hari ke- 204.30 WIB, St. Surabaya Gubeng *udah di Surabaya.*ada beberapa alternative buat lo sampai ke Bali..1. Dari st. Surabaya Gubeng. Ada kereta ekonomi sampai St. Banyuwangi. Keretanya Jam2 siang, sampai stasiun banyuwangi, gak tau dah jam brapanya, yang jelas malam.. Rp20.000,- nah, dari St. Banyuwangi. Tinggal jalan kaki aja ke pelabuhan ketapang.. gakjauh kok. Sekitar 10 menitan nyebrang deh naek kapal..2. Dari St. Surabaya Gubeng. Ada kereta bisnis eksekutif sampe Terminal Ubung,Denpasar.. Rp. 120.000,- KA Mutiara Pagi jam 9 pagi 4 sore. sampe St. Banyuwangi,di jemput langsung pake bis Damri. Lanjut dah, langsung sampe terminal ubung,Denpasar *udah sama bayar nyebrang..

2. 3. Dari St. Surabaya Gubeng. Naek kendaraan umum.. rutenya. Naek angkot denganhuruf F (disurabaya, angkotnya pake huruf. ) sampe JOYOBOYO Rp 3.000,-. DariJOYOBOYO naek minibus L300, sampe terminal Bungur Asih.. Rp 5.000,- (turunnya, diseberang terminalnya, jadi, nyebrang dulu lewat jembatan penyebrangan.. hha.) 30menit sampe terminal. Total biayanya Rp 8.000,-. Dari terminal Bungur Asih naek bisantar kota SAMARINDA*ekonomi. Rp 14.000,- sampe Terminal Pobolingo (2 Jam). Dariterminal Probolingo, naek bis antar kota AKAS*eksekutif. Rp 28.000 sampai terminalKetapang (5 Jam). Dari terminal ketapang pelabuhan ketapang, naik angkot LIN(warnanya kuning..) Rp 5.000,- *mahal. Harusnya Rp 3.000,- bisa. Sial. Total perjlanan 7jam..Kita pilih alternative yang ke -3. Ya.. walaupun jauh lebih ribet dan ngebingungin tapi,percaya aja.. itu lebih efektif dibanding, lo nunggu ampe jam 9 pagi atau bahkan jam 2siang. Dan, ini lebih murah dibanding 1&2 hha. Kita jalan jam 6 pagi dari term. BungurAsih, sampe probolingo jam 8 pagi. Dari Probolingo 4 jam sampe jam 12.00 udah di ferrysiap nyebrang.! lebih cepet kan?? Hha. Trus total biaya ongkosnya. Rp 55.000,- ya..lumayan lahJam 12.00 sampai pelabuhan ketapang.. *lewatin semua calo yang ada ! lo jalan ajasendiri.. beli tiket nyebrang sendiri.. biaya tiket nyebrangnya Rp 6.000,- *5.700 itu yangdewasa.. dewasa sama anak anak beda hhi. Gua lupa berapanya.. *ubah jam lo..naikan 1 jam lebih cepat. Oke? Hii12.30 siap untuk nyebrang. *alternative 3, lebih cepet dibanding 1&2, kalo 1 & 2 jamsegini, lo blom siap nyebrang.. Hha. Nyebrang Cuma 45 menit! Ya.. sejam lah.. jamstgah 2 SUDAH SAMPAI di BALI.. hha. Sampai di pelabuhan gilimanuk, jalan aja sedikitke terminal gilimanuk. *tpi, ada pengecekan KTP dulu. Tenang aja, gk diapa2in juga kok.Gak dipungut biaya.. hhe. Dari terminal gilimanuk itu, langsung naik bis kota (kayakmetro mini/kopaja) sampai terminal Ubung, Denpasar Rp 25.000,- *harusnya Rp20.000 dapet 4 jam 16.10 19.30 WITA.. udah sampe denpasar dah.. hhaTotal ongkos yang keluarKA Gaya Baru Malam Selatan Rp 33.500Angkot F Stasiun Joyoboyo Rp 3.000Minibus L300 Joyoboyo Term. Bungur Asih Rp 5.000 3. Bis Kota SAMARINDA Bungur Asih Probolingo Rp 14.000Bis Eksekutif AKAS Probolingo Term. Ketapang Rp 28.000Angkot LIN Term. Ketapang Pelabuhan Ketapang Rp 5.000Tiket Nyebrang Ketapang Gilimanuk Rp 6.000Bis Ketapang Term. Ubung Rp 25.000TOTAL Rp 119.500Nah, Rp 119.500 belum sama makan di St. Kota beli nasi bungkus dulu Rp 7.000,-*udah sama kerupuk.. buat makan di kereta. *sebenernya di kereta ada yang jual nasibungkus, bahkan lebih murah. Tapi, gk nyaman aja. Gk tau isinya kaya apa, trus buatnyagmna, Gak aman aja.. trus, karena dikereta juga nyemil2.. pasti berasa kenyang aja,sampe besoknya.. hha. Nah mulai laper lagi, pas mau nyebrang ke gilimanuk. Emangwaktunya makan siang juga.. beli makan di kapal Rp 5.000,- nasinya sedikit.. macemnasi kucing gitu lah.. *hwah. Jangan beli makan di kapal dah. Mending pas kapalnya mautake off, kan bnyak pedagang pada masuk. Nah, beli aja.. harganya juga gak jauh.. hhii..nah.. gak makan lagi dah, sampai terminal ubung, denpasar.. hha.Jadi, totalnya adalah Rp 119.500 + Rp 12.000 = Rp 131.500,- hha. Mantap to?? Cumasegitu, bisa sampai BALI hhiii. Ini baru ongkos berangkat aja nah, kasarnya, lo kalidua aja.. buat nentuin ongkos PP nya.. Rp 131.500,- di bulatkan Rp 150.000,- x 2 = Rp300.000,-Nah jadi buat ongkos. Rp 300.000,- udah PP total perjalanan.. 33 jam. *fyi: lo akanbosen sama duduk.. kerjaan lo duduuukkk.. mulu!Oke lanjut .. dari terminal ubung.. lo bisa naek angkot lagi kalo mau ke kuta.. tarifnyapaling 10.000an.. sampe di kuta, langsung cari hotel murah dah. Banyak di Jl. Popies 1atau Jl. Popies 2. *bentuknya macem gang gitu, nyambungin Jl. Legian ke Pantai Kuta..ini surganya para BACKPACKER DI DUNIA.. hha. Banyak banget penginapan murahdisana.. tarifnya Rp 40.000 Rp 60.000/mlm dan 1 kamar bisa berdua.. nah.. lo bagi dualg deh tarifnya.. jatohnya, paling mahal, UNTUK MENGINAP DI BALI HANYA Rp30.000/org/mlm. Hhaa.. pas di kuta pula mantap dah untuk info hotelnya, bisa di caridi www.google.com gua punya sih. Lengkap sama no. telp. Tapi, lebih cepet aja kalo lolangsung searching.. hha.. nah buat makan sehari hari juga, di popies ini, banyakmakanan murah.. Rp 10.000an udah sama es teh manis.. jadi, buat makan seharinya Rp20.000 cukup. Yaa. Buat jaga jaga 25.000 lah.. *buat lo yang muslim ati ati ya.. 4. jangan sampe lo salah makan salah salah ntar daging babi lo makan hha. Carefull !hhii..Nah. Udah bisa kira kira deh. Makan sehari Rp 25.000,- hotel permalam Rp 30.000,-tinggal diatur mau berapa lama lo disana.. kalo gua sudah menganggarkan totalpengeluaran ongkos, makan, hotel selama seminggu Rp 700.000,- Ongkos Rp 150.000 x 2 = Rp 300.000,- Makan Rp 20.000 x 10 hari = Rp 200.000,- Hotel Rp 30.000 x 3 mlm = Rp 90.000,- Jalan jalan * sisanya Rp 110.000,-Nah, gua menganggarkan Cuma 3 hari di hotel, karena selebihnya gua nginep dirumahtemen di sana. Jadi, buat lo yang punya saudara atau teman, gunakan lah sebaikmungkin. HheeSip ! jadi, total yang dibutuhkan pas Rp 700.000,- *tapi belum sama lain lain ya..belanja.. water sport tattoo-an.. dll.. banyak juga kok, water sport yang murah..tapi.. ya tentu aja ada tapinya. Hha. Udah nikmatin indahnya pantai bali sama liatbule bule betebaran aja.. udah seneng kok. Wkka. Oya, kan judul TRIP gua JAKARTA BALI LOMBOK BALI JAKARTA. Nah, untuk Rp 700.000,- itu, paket non-Lombokya.. karena.. butuh ongkos agak lebih untuk ke lombok.. hhe. Ntar gua rincikan.. oke2??Nah, kalo lo mau jalan jalan.. mending sewa motor aja.. seharian, Rp 50.000,- nah. Itulo pake dah.. kemana pun lo mau.. bahkan lo bisa cari yang lebih murah. Gua dapet yangRp 80.000,- udah 3 hari !!! dan Rp 80.000,- itu masih lo bagi lagi.. paling nggak b2.. kan1 mtor b2 tuh.. jadi Rp 40.000 /org! hha. Sadis kan? Hhii.. dan, lo rajin rajin aja,searching di om google.. banyak banget blog blog para backpacker yang ceritainpengalamannya di bali.. nah, lo pelajarin aja dah dari situ.. hha. *yaa.. namanya jugabackpacker semuanya penuh dengan perhitunganNah.. udah tuh.. udah gua kasih tau rinciannya tinggal lo itung2 aja dah.. kira kira lomau bawa berapa.. hha.. usul aja.. dari awal lo mau berangkat.. uangnya udah lo pisah pisah yang buat makan ongkos PP.. sama hotel dan jangan lo sentuh sentuh,kecuali emang sesuai dengan keperluannya. Terutama ongkos PP.! Lo simpen bener 5. bener jangan lo sentuh sedikitpun selama di bali ! hha. Daripada gak bisa pulang??Bahaya.. wkka.Sip ! itu rincian hidup backpacker selama di bali ya.. sekarang gua kasih tau. Apa ajayang gua dapet selama di bali. Hhe. *curhat lah.. hhe.Lanjutan yang tadi ya. Masih HARI ke- 2.Sampe terminal ubung jam 19.30 WITA. *yang tadinya mau nginep langsung di kuta,tapi ternyata gak jadi. Gua langsung menginap di rumah temen gua. Bang ari hhe. Gualangsung di jemput oleh sang FC 2008. *Abang gua banget dah. Hha. Sampai dirumahbeliau.. kita semua langsung mandi mandi + beres beres. Hha. Oya, sebelumnya guajelaskan ya.. gua berangkat dengan siapa aja. Hha. Dimas Adi Oetama Sahupala Pria 1 taun di atas gua, Jurusan PAJAK08 UI (lajang.Wkka) Theresia Velofa Sihombing Wanita 2 taun di atas gua, Jurusan PAJAK07 UI(LAJANG!!) Elizabeth Zoraya Paskarini Wanita beberapa taun di atas gua, Jurusan SASTRACINA UI.. (yang ini, udah ada yang punya.. hhii).Jadi. Total berangkat kita b4an.. 2 pria 2 wanita. usul aja.. kalo lo mau backpack, gkusah berame2.. itu ribetnya bukan main.. b4 gini. Udah pas n cukup banget! Usahakangenap.. jangan ganjil.Oke lanjut. Oya, perjalanan dari terminal ubung ke rumah bang ari, yang kebetulanrumah bang ari itu di pusat kota Denpasar.. di panjer, deket Renon jadi, kita b4, dibawa muter muter sedikit.. kita ke pusat kota.. ke sman 1 denpasar.. baru dahkerumahnya.. *fyi: di bali, pusat kotanya jalanannya itu, gak Cuma di aspal.. tapi adayang di konblok juga.Jam Setengah 11 malam, setelah semuanya mandi.. kita langsung pergi jalan jalan..hha. Lebih tepatnya, kita cari makan malam.. kita makan SOTO CEKER.. di daerah Kuta..deket jogger.. harganya Rp 11.000,- udah sama FreshTea.. abis itu, langsung ke McdKuta beli Burger.. sambil denger ombak pantai.. Rp 9.000,-Jadi pengeluaran di Hari ke- 2.. *terhitung setelah sampai di bali ya. 6. Makan Siang Di kapal Rp