Arjuna Ardiyanto (12.04.2309)

download Arjuna Ardiyanto (12.04.2309)

of 6

description

pentium 1 dan pentium 2

Transcript of Arjuna Ardiyanto (12.04.2309)

NAMA : ARJUNA ARDIYANTONRP : 12.04.2309TEKNIK INFORMATIKA

PENTIUM IPentium pertama diluncurkan pada tahun 1993, tepatnya tanggal 22 maret 1993, intel kembali meluncurkan generasi prosesornya, Pada awalnya, prosesor ini dinamakan prosesor 80856 atau i586, namun karena Intel telah menggunakan paten penamaan i586 sehingga prosesor ini diganti menjadi Prosesor Intel Pentium I. Pentium merupakan lompatan besar dalam sejarah prosesor X86 dimana arsitektur prosesor 32-bit mengalami perubahan yang sangat besar. Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.Dimulai dengan kecepatan 60 Mhz sampai 233 Mhz, prosesor ini telah membuat revolusi baru dalam dunia PC. Pada versi awalnya ( Pentium 60 Mhz ) prosesor ini pernah membuat heboh di kalangan dunia PC karena menurut seorang profesor, prosesor ini telah melakukan kesalahan perhitungan jika dilakukan kombinasi perhitungan perkalian dan pengakaran. Hal ini diakui oleh Intel yang lalu menarik kembali seluruh prosesor Pentium 60 Mhz sekaligus menghapus armada prosesor 60 dan 66 Mhz yang lalu diganti dengan Pentium 75 Mhz.Di Indonesia, entah di negara lain, penulis mengamati kalau prosesor Pentium yang paling banyak dipakai adalah prosesor Pentium 133 MhzIntel membuat chipset Pentium ini mulai dari FX, HX, VX sampai yang mampu mendukung Pentium versi akhir dengan MMX, chipset TX , bentuk pengepakan prosesornya adalah Socket-7.Pentium mengalami sedikit perubahan arsitektur seiring dengan perkembangan teknologi dengan diperkenalkannya instruksi multimedia baru yang disebut MMX pada tahun 1994. Meskipun digemborkan oleh Intel kalau prosesor dengan kemampuan ini dapat meningkatkan pengalaman multimedia ( multimedia experience ) sampai 30-50%, tetapi pada kenyataannya kumpulan instruksi ini banyak tidak terpakai oleh para programmer multimedia ( terutama game ). Tetapi instruksi MMX ini merupakan cikal bakal dari instruksi SIMD ( Single Instruction Multiple Data ) yang sejak itu mulai dikembangkan. Instruksi 3DNow! Dari AMD sebagai contoh merupakan penyempurnaan dari instruksi MMX, demikian pula ISSE ( Internet Streaming SIMD Extension ) milik Intel sendiri.

KOMPONEN MOTHERBOARD PENTIUM 1:1.Socket ProcessorFungsi : Sebagai tempat dimana prosessor dipasang (Jenis : Socket 7, memiliki jumlah pin 321 dengan kecepatan 75-233 Mhz)

2.ISA (Industry Standard Architecture) SlotFungsi :Untuk memasang kartu non grafis (Dengan kecepatan bus 4,77 Mhz-8,33 Mhz dan kecepatan rata-rata 4,77-8,33 Mbyte/detik)

3.PCI (Peripheral Componen Interconnect) SlotFungsi :Untuk memasang kartu dengan kecepatan di bawah slot AGP/PCI Express (Memiliki jumlah pin 120, dengan kecepatan 133-528 Mbps)

4.Chipset SouthbridgeFungsi :Untuk komponen pembantu northbridge yang menghubungkan northbridge dengan peripheral lainnya (mengontrol bus IDE, USB dll)

5.Chipset NorthbridgeFungsi :Untuk mengatur lalu lintas data antara prosessor dengan system memori dan salauran utama motherboard (Menghubungkan prosessor ke system memori bus AGP, PCI)

6.BateraiCMOSFungsi :Untuk memberikan daya pada BIOS

7.Floppy Disk DriveFungsi :Untuk menghubungkan media penyimpanan yang bisa dilepas (Untuk tempat memasukkan floopy)

8.MemoriSlotFungsi :Untuk memasang memori utama computer (Jenis DIMM mempunyai jumlah 168 pin dan SDRAM, dengan kecepatan 264-528 Mbps)

9.Power ConnectorFungsi : Pin yang mengubungkan motherboard dengan power supply (Jumlah 20 pin, jenis ATX)

10.BIOS (Basic Input-Output System)Fungsi :Untuk memeriksa hardware yang ada pada CPU, untuk menyimpan konfigurasi dari sebuah motherboard seperti tanggaldll.

11.SIMM (Single Inline Memory Modul)Fungsi :Untuk memasang memori jenis EDORAM yang memiliki jumlah 72 pin, kecepatan 50 Mhz

12.Port SerialFungsi :Untuk memasang peripheral kecepatan rendah dengan mode transfer data serial

13.Port PS/2Fungsi :Untuk menghubungkan mouse (warna hijau) dan keyboard (warna ungu)

14.Port PararelFungsi :Untuk memasang printer sebelum generasi USB

15.Primary IDE (Integrated Drive Eletronics)Fungsi :Antarmuka media penyimpanan sebelum generasi SATA (menghubungkan harddisk, CD/DVD ROM dll)

16.Back PanelFungsi :Untuk menghubungkan Power LED, speaker dll

17.Jumper Clear CMOSFungsi :Untuk menyimpan dan mereset CMOS pada posisi awal atau mengembalikan setting BIOS (Jumlah 3 pin)

PENTIUM IIPentium II mengacu pada merek Intel Microarchitecture generasi keenam ( Intel P6) dan x86-kompatibel mikroprosesor diperkenalkan pada 7 Mei 1997. Mengandung 7,5 juta transistor, Pentium II menampilkan versi perbaikan dari generasi P6 pertama inti dari Pentium Pro, yang berisi 5,5 juta transistor. Namun, dengan L2 cache subsistem adalah downgrade bila dibandingkan dengan Pentium Pro. Pada awal 1999, Pentium II digantikan oleh Pentium III.Pada tahun 1998, Intel Pentium II dekat dengan keluarga yang merilis Pentium II Celeron berbasis garis prosesor untuk low-end workstation dan Pentium II Xeon baris untuk server dan workstation high-end. Celeron iniditandai dengan dikurangi atau dihilangkan (dalam beberapa kasus ada tetapi cacat) kecepatan penuh L2 cache dan 66 MT / s FSB. The Xeon ini ditandai oleh serangkaian penuh kecepatan L2 cache (dari 512 KB ke 2048 KB), 100 MT / s FSB, antarmuka fisik yang berbeda (Slot 2), dan dukungan untuk multiprocessing simetris.Mikroprosesor Pentium II sebagian besar didasarkan pada mikroarsitektur dari pendahulunya, Pentium Pro, namun dengan beberapa perbaikan yang signifikan.Tidak seperti sebelumnya, Pentium dan Pentium Pro, Pentium II CPU ini dikemas dalam sebuah slot berbasis modul daripada soket CPU. Prosesor dan komponen terkait dibawa pada daughterboard mirip dengan papan ekspansi yang khas dalam cartridge plastik. Seorang tetap atau dilepas heatsink dilakukan di satu sisi, kadang-kadang menggunakan kipas sendiri.Paket yang lebih besar ini adalah suatu kompromi yang memungkinkan Intel untuk memisahkan cache sekunder dari prosesor, namun tetap menyimpannya di dekat gabungan side bus. L2 cache yang setengah berlari di clock frekuensi prosesor, tidak seperti Pentium Pro, yang tetap L2 cache yang bekerja pada frekuensi yang sama seperti prosesor. Namun, ukuran cache yang paling kecil telah meningkat menjadi 512 KB dari 256 KB pada Pentium Pro. Off-paket cache Pentium Pro memecahkan hasil yang rendah, sehingga memungkinkan Intel untuk memperkenalkan Pentium II pada tingkat harga arus utama. pengaturan ini juga memungkinkan Intel untuk mudah memvariasikan jumlah L2 cache, sehingga memungkinkan untuk sasaran segmen pasar yang berbeda dengan lebih murah atau lebih mahal prosesor dan tingkat kinerja yang menyertainya.

Chip Set Intel Video Chip Set None Maximum Onboard Memory 384MB (EDO & SDRAM supported) Maximum Video Memory None Cache 256/512KB (located on Pentium II CPU) BIOS AMI Dimensions 305mm x 244mm I/O Options 32-bit PCI slots (5), floppy drive interface, green PC connector, IDE interfaces (2), parallel port, PS/2 mouse port, serial ports (2), IR connector, USB connectors (2), ATX power connector, AGP slot NPU Options None6